GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Artikel Misteri Terbaru 2013: Misteri Makanan Penyebab Kematian 600 Hewan

Written By Situs Baginda Ery (New) on Kamis, 24 Oktober 2013 | 19.42

KOMPAS.com — Hampir 600 hewan peliharaan dilaporkan mati dan lebih dari 3.600 hewan lainnya masih sakit hingga Selasa (22/10/2013) waktu Amerika Serikat. Pengawas kesehatan hewan AS belum dapat memastikan penyebab kematian tersebut, tetapi menduga kasus tersebut terkait dengan makanan hewan asal China.

Kasus terbanyak terjadi pada anjing semua keturunan, usia, dan ukuran. Selain itu, kasus juga terjadi pada 10 kucing. Sakitnya hewan-hewan tersebut dimulai setelah mereka mengonsumsi makanan hewan dengan komposisi ayam, bebek, dan ubi.

Laju kasus tersebut dilaporkan sudah melambat. Namun, pengawas makanan dan obat AS (FDA) kini masih mencari bantuan ekstra dari dokter hewan dan pemilik hewan untuk memecahkan misteri tersebut.

"Hingga kini, pemeriksaan kontaminan (zat yang tidak pada tempatnya) dalam makanan hewan masih belum menunjukkan penyebab penyakit. Karena itu, kami masih melakukan penyidikan terhadap laporan penyakit ini pada anjing ataupun kucing," kata Martine Hartogensis, deputi direktur bagian kedokteran hewan FDA.

Jumlah kematian bertambah sejak 500 kematian dan 3.200 kasus penyakit dilaporkan pada Januari, tetapi lajunya menurun tajam. Diperkirakan, hal itu terjadi lantaran pencabutan izin edar dua produk yang dinyatakan mengandung antibiotik terlarang.

Sebelumnya, FDA tidak mengira residu antibiotik merupakan masalah besar. Namun nyatanya, sejak tahun 2007, para pemilik hewan mulai melaporkan kasus penyakit pencernaan dan ginjal yang dialami hewan peliharaan mereka setelah mengonsumsi sejumlah produk makanan hewan.

Faktanya, FDA masih belum yakin dengan sumber permasalahan yang memicu sejumlah laporan penyakit setelah mengonsumsi makanan hewan dari China. "Kami masih melakukan sejumlah pemeriksaan terhadap makanan tersebut," kata Hartogensis.

Kendal Harr, dokter hewan bagian patologis klinis, mengatakan, tidak ada kandungan spesifik yang menyebabkan penyakit dalam makanan hewan tersebut. "Sepertinya ada kandungan yang tidak dianggap racun, tetapi ternyata bersifat racun, meski belum diketahui apa," ujarnya.

Langkah FDA selanjutnya adalah mengirimkan surat terbuka bagi dokter hewan untuk melacak dan mengirimkan informasi detail tentang hewan yang sakit karena makanan hewan, termasuk hasil pemeriksaan darah dan urine. Hal itu semata untuk mengungkap penyebab sebenarnya dari penyakit tersebut.

Hartogensis mengatakan, jika FDA tidak dapat menemukan kandungan yang terbukti berbahaya dari produk, maka mereka tidak berwenang melakukan pencabutan izin edar. Karena itu, dia hanya memperingatkan agar pemilik hewan lebih waspadai lagi dalam memilih makanan hewan dan perubahan kesehatan yang terjadi pada hewan mereka.
Sumber :
www.nbcnews.com

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...