ARTIKEL PILIHAN

GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

PELUANG USAHA YANG MASIH BANYAK DIGEMARI: Cara Bisnis Mendirikan Usaha Cuci Mobil dan Sepeda Motor

Written By Situs Baginda Ery (New) on Sabtu, 27 Juli 2013 | 22.13

Usaha Cuci Mobil dan Sepeda Motor ini merupakan salah satu usaha yang mudah dengan modal yang tidak begitu besar dan pengelolaannya tidak terlalu rumit. Sehingga usaha ini dapat digunakan sebagai alternatif penambah penghasilan kita.
1042653009p Tips Mendirikan Usaha Cuci Mobil dan Sepeda Motor
Karena mencuci mobil atau sepeda motor menurut banyak orang adalah sebuah pekerjaan yang membosankan, selain itu jika mencuci tanpa kompresor hasilnya kurang bersih. Sehingga kita dapat memanfaatkannya dengan mendirikan usaha cuci mobil dan sepeda motor.
Berikut ini beberapa tips yang bisa anda terapkan untuk mendirikan usaha cuci mobil dan sepeda motor :
a. Tempat yang Strategis
Untuk mendirikan usaha ini harus mempunyai tempat yang strategis atau di tempat yang ramai, agar banyak orang yang melihat tempat usaha kita. Selain itu tempatnya harus luas agar dapat dimasuki mobil dan mempunyai tempat  parkir yang memadai agar konsumen atau pelanggan merasa nyaman dan akan kembali lagi. Agar kita tidak mengeluarkan modal yang besar, untuk sementara kita dapat menyewa gedung untuk usaha kita ini.
b. Promosi yang menarik
Agar orang tertarik kepada usaha kita ini, kita harus melakukan promosi yang menarik agar para konsumen mencuci kendaraannya di usaha kita ini. Promosi dapat kita lakukan dengan memberi diskon setiap kali pencucian atau cuci gratis kepada pelanggan yang sudah lima kali melakukan pencucian di usaha kita ini.
c. Mengangkat Pegawai yang Ahli dan Ramah
Angkat pegawai yang mempunyai keahlian di bidang ini dan mempunyai keramahan yang baik. Karena hasil pekerjaan dan keramahan pegawai kita merupakan kunci penting kepuasan pelanggan. Sehingga dengan hasil pekerjaan yang baik dan pelayanan yang baik pelanggan akan kembali untuk mencucikan kendaraan mereka.
d. Memakai Peralatan yang berkualitas
Untuk proses pencucian mobil ini gunakanlah alat – alat yang berkualitas. Hal ini dikarenakan jika kita memakai alat – alat yang berkualitas maka hasil dari pekerjaan ini juga memuaskan. Selain itu, alat – alat yang bagus dan berkualitas tidak gampang rusak, sehingga kita tidak akan sering – sering untuk mengeluarkan modal lagi untuk membeli alat- alat yang rusak tersebut.
e. Kelola Keuangan dengan Baik
Semua jenis usaha pengelolaan keuangannya harus dikelola dengan baik, termasuk juga usaha cuci mobil dan sepeda motor ini. Catat seluruh pengeluaran dan pemasukan, sehingga kita dapat mengetahui usaha kita itu untung atau rugi.
Demikian Tips Mendirikan Usaha Cuci Mobil dan Sepeda Motor, semoga tips diatas dapat bermanfaat. Terima Kasih.
by: http://tips-tutorial.com/tips-mendirikan-usaha-cuci-mobil-dan-sepeda-motor/
22.13 | 0 komentar | Read More

PELUANG BISNIS YANG ASYIK DAN MENJANJIKAN: Tips Membangun Bisnis Ikan Hias

Bisnis Ikan Hias merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan. Pada bisnis ikan hias ini kita tidak memandang umur sebagai target penjualan. Karena mulai dari anak kecil hingga orang dewasa banyak yang menyukai ikan hias.
arowana 25 300x183 Tips Membangun Bisnis Ikan Hias
Selain itu pengelolaan bisnis ikan hias ini tergolong mudah, semua orang dapat melakukannya. Jika kita serius dalam usaha ikan hias ini kita dapat memperoleh hasil yang lumayan besar.
Namun, sebelum memulai bisnis ikan hias ini anda harus mengetahui tips – tips atau hal – hal yang harus dilakukan untuk Membangun Bisnis Ikan Hias. Berikut ini beberapa Tips yang mungkin dapat anda gunakan untuk Membangun Bisnis Ikan Hias.
Cara Membangun Bisnis Ikan Hias :
1. Memilih Tempat Usaha
Untuk memilih tempat usaha Ikan Hias ini usahakan berada ditempat yang ramai. Atau jika anda mempunyai modal anda bisa menyewah tempat yang menjadi pusat penjualan ikan hias. Namun, jika tidak ada anda bisa gunakan teras anda. Jika anda menggunakan teras rumah sebagai tempat usaha anda harus memasarkannya lebih keras lagi agar orang dapat mengerti usaha anda, kecuali rumah anda di daerah yang ramai.
2. Peralatan
Untuk mendirikan Bisnis ikan hias minimal anda harus mempunyai beberapa peralatan yang digunakan untuk memelihara ikan hias ini seperti Aquarium, Asesoris, Pompa, Filter dan Jaring ikan. Gunakanlah alat – alat yang berkualitas, khusunya pada Aquariaum, pompa dan Filter. Hal ini dikarenakan agar dengan Pompa dan Filter yang berkualitas baik maka kebersihan air akan terjamin dan Ikan tidak mudah mati.
3. Target Pemasaran
Untuk memulai usaha ini tentukan target pemasarannya, meskipun ikan hias ini disukai oleh semua kalangan anda juga harus menentukan target pemasaran anda. Jika yang anda targetkan adalah semua kalangan maka anda harus menyediakan ikan hias mulai dengan harga yang mampu untuk dijangkau atau dibeli kalangan bawah hingga kalangan atas. Selain itu anda juga harus menyediakan ikan yang disukai oleh anak – anak dan orang dewasa.
4. Jenis Ikan
Untuk memilih jenis ikan yang ingin anda jual, maka anda harus menyesuaikannya dengan target pemasaran anda. Jika anda ingin menjual ikan kepada kalangan menengah kebawah anda dapat menjual ikan dengan jenis ikan cupang, ikan koi dan ikan koki. Sedangkan untuk kalangan menengah keatas anda dapat menjual ikan dengan jenis ikan Louhan dan Ikan Arwana.
5. Perawatan
Untuk perawatan ikan hias sebenarnya tidak terlalu sulit, yang penting dalam merawat ikan adalah kita selalu menjaga kebersihan airnya dan tidak terlambat untuk memberi makan. Dengan begitu ikan akan tidak akan mudah mati.
6. Promosi
Dalam mempromosikan Bisnis Ikan Hias ini anda dapat menggunakan papan yang ditaruh di depan tempat usaha anda, membuat brosur yang disebarkan kepada orang – orang dekat kita seperti teman atau tetangga. Selain itu karena dunia internet yang semakin canggih kita dapat mempromosikannya lewat jejaring sosial sepert Facebook, twitter atau blog.
22.11 | 0 komentar | Read More

PELUANG BISNIS MENJANJIKAN DAN BIKIN SUKSES: Panduan Cara budidaya ikan lele

Cara budidaya ikan lele - memilih usaha nyatanya tidak mesti dari suatu hal yang wah. banyak kesempatan besar dapat anda dapatkan justru dari suatu hal yang terlihat sepele. semisal beternak ikan lele. ikan berkumis ini memanglah tetap dilihat sebelah mata oleh pelaku bisnis. walau sebenarnya, rejeki yang ia janjikan cukup besar. gerai supermerket besar sampai warung tenda tepi'>di tepi jalur perlu pasokan lele didalam jumlah banyak dengan teratur.

Mungkin kita tak pernah menggubris warung tenda yang menjajakan menu pecel lele yang berderet di sepenjang jalan. Padahal, kontinuitas kebutuhan lele di warung tenda umumnya lebih pasti bila dibanding dengan kebutuhan lele di supermarket. Warung-warung seperti itu banyak tersebar di setiap kota.

Memulai bisnis lele tidah harus selalu diawali dengan hitungan yang jelimet serta bikin pusing. Anda bisa memualinya dengan sekedar bejlan-jalan santai, nongkrong sambil iseng mencicipi menu ikan lele. Dari kegiatan itu Anda bisa memetakan pasar ikan lele. Jumlah kebutuhan ikan lelepun bisa Anda peroleh secara pasti.

“Ya…. Kira-kira saya bisa habis lele 7 –8 kg setiap malam,” begitulah pengakuan Sarah pedagang pecel lele di bilangan Jakarta Barat. “Ikan saya beli dari pasar Kebayoran Lama. Tiap kilo harganya Rp 12.000. Jika dihitung-hitung, Sarah butuh lele yang tidak sedikit. Paling tidak ia harus mendapat pasokan 210 – 240 kg lele segar secara rutin.

Keterangan di atas bisa memberi gambaran kasar bagi Anda bahwa peluang berbisnis lele berprospek cerah. Pengalaman manis berbisnis lele juga dimiliki oleh Ivan, peternak lele di Parung. Usaha ini mulai ia tekuni sekitar dua tahun yang lalu.
Ikan Lele Raksasa
Awalnya usaha itu ditekuni oleh kakaknya. Karena saudaranya harus bertugas keluar negeri lantas usaha kolam lele itu dihibahkan kepada Vian. Pemuda yang masih kuliah di salah satu Universitas Suwasta di Jakarta itu merasa masih perlu banyak belajar di bidang perlelean. Saat ini ia dibimbing oleh Sueb, orang kepercayaan kakaknya.

Berkat ikan bernama latin Clarias sp itu, Vian bisa menanggung biaya kulah secara mandiri. Saat ini Vian memiliki kolam sebanyak 15 petak. Tiap kolam berukuran luas 300m. Menurut Sueb, menjual ikan lele itu enak. Kita tidak perlu lagi repot-repot mencari keterangan pasar. Pembibitan memang lebih cepat untung. Tapi, kapasitas keuntungannya lebih kecil bila dibanding dengan pembesaran.

Usaha pembesaran memang butuh modal lebih besar bila dibandingkan dengan pembibitan. Namun, untung yang bisa diraup lebih menjanjikan. Masa panen ikan lele memang relatif lebih cepat bila dibandingkan dengan jenis ikan konsumsi yang lain. “Kalau gurami baru bisa dipanen sekitar 8 bulan. Sedangkan lele sudah bisa dipanen sekitar 50 hari,” terang Vian sambil memegangi serokan yang dipenuhi ikan lele siap panen.

Kondisi pasar ikan lele mamang cenderung lebih tidak stabil bila dibanding dengan kondisi pasar ikan jenis lain. “Kadang-kadang harganya naik sangat tinggi, Tapi kadang-kadang pula merosot,” ungkap Sueb. “Pokoknya jangan jual lele pada bulan-bulan yang tidak ada huruf “R”nya (Mei, Juni, Juli, dan Agustus),”sahut Vian memaparkan pengalamannya. Sebab. Pada kisaran bulan itu banyak petani lele yang mengobral lelenya dengan harga murah. Alasannya, mereka sangat butuh biaya untuk keperluan sekolah anak-anak mereka. Harga jual ikan lele akan mencapai puncak termahal pada bulan Januari. Sebab, pada waktu itu pasokan ikan lele cenderung berkurang. Hal itu disebabkan karena pada bulan itu pembibitan lele banyak yang gagal. Banyak telur yang gagal menetas lantaran pengaruh musim hujan. Menurut pengalaman Vian, air hujan bisa menurunkan derajan keasaman (pH) air kolam.

Jika Anda memiliki jumlah kolam lebih dari satu, Maka periode panen bisa dirancang bergantian. Berkat cara seperti ini, periode panen bisa menjadi lebih cepat dari 50 hari.

Budidaya lele tidak direpotkan dengan masalah air. Daya tahan ikan lele sangat baik “Asal air selalu penuh dan cukup pangan, itu sudah beres,”jelas Sueb di dalam saung tempat menjaga kolam lele. Supaya bisa untung, ikan yang dipelihara minimal haru berjumlah 10.000 ekor. Jumlah ikan sebanyak itu butuh paka sebanyak 35 karung. Setok pakan sebanyak itu dipakai dalam satu kali periode usaha. Setiap karung berisi pakan seberat 30 kg. Harga pakan perkarung adalah Rp 160.000.
Gambar Ikan Lele
Masalah pakan bisa diatasi dengan oplosan pakan yang berasal dari jerohan ayam. Harganya Cuma Rp 1500/ kg. kwintal jerohan bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan pakan lele selama 1 – 1,5 hari. Satu kolam butuh 2 karung pelet setiap hari. Pemberian pakan dilakukan 2 kali dalam sehari. Jadi, satu karung pelet digunakan untuk sekali pemberian pakan. Berkat menu tambahan, ukuran ikan bisa semakin besar. “Kalau biasanya ikan sekilo ada 7 ekor, setelah diberi pakan tambahan berat ikan sekilo cima 6 ekor. Keuntungan lain yaitu bisa lebih irit biaya Rp 510.000 setiap bulan.

Harga jual ikan lele di tingkat petani saat ini adalah Rp 11.000 / kg. Persentase kematian ikan lele biasanya mencapai 10%. Kondisi seperti itu umumnya terjadi sehabis ikan lele dilepas ke dalam kolam. Terutama ketika cuaca sedang panas. Setiap kolam bisa menghasilkan lele seberat 7 – 8 kuintal.

Kedalaman kolam lele minimal 1 m. Air yang terlalu dangkal menyebabkan ukuran lele menjadi terlalu pendek. Sebab ikan menjadi kurang gerak. Jumlah bibit yang ditaburkan 50.000 ekor dalam setiap kolam. Bibit lele itu masih seukuran rokok. Satu bulan setelah dilepas, iakan lantas disortasi. Ikan yang sudah sebesar batu baterai dipindah kolam yang lain. Tujuannya supaya ukuran ikan seragam. Sebab jika tidak disortir, ikan yang ukurannya lebih kecil akan dimangsa oleh lele yang berbada lebih gede. Biasanya setelah disortir ikan tinggal 12.000 ekor. Atau sekitar 3 kwintal.
by: http://garoblogs.blogspot.com/2013/07/cara-budidaya-ikan-lele.html
22.10 | 0 komentar | Read More

Bisnis sayuran & buah-buahan Untung Melimpah Berkat Sedekah


FOTO: DOK SAHID

Bermula dari penjual jamur di pasar, kini ia menjadi pemasok sayur di sejumlah supermarket besar. Omzetnya Rp 6 miliar setahun. Adakah hubungan antara rajin ibadah dan kesuksesannya? Tahun 1996, di suatu hari. Muhammad Maulud menenteng sebuah kantong plastik berisi 3 kg jamur merang. Tanpa malu, jamur tersebut ditawarkan ke para pedagang. “Tolong, beli jamur ini. Dari saya harganya Rp 4 ribu. Terserah bapak mau menjualnya berapa,” ujar Maulud. Tak begitu lama, jamur tersebut pun habis dibeli pedagang.
Dari penjualan tersebut, pria asal Lawang, Malang ini meraup laba Rp 3 ribu. Sedikit memang. Apalagi uang selebihnya dikembalikan pada pemilik jamur. Kendati begitu, Maulud rela melakoni hal tersebut selama tiga pekan. “Mau gimana lagi Mas. Daripada nggak ada kerjaan, lebih baik ya jualan jamur,” katanya.
Tak pelak, usaha Ilud, panggilan akrab Maulud, sempat mengundang cibiran tetangganya. Apalagi Ilud seorang sarjana pertanian. Hingga suatu ketika ada tetangganya bilang, “Sarjana kok jualan jamur. Masa tak malu.” Tapi, cemoohan itu tidak dihiraukannya.
Seiring perjalanan waktu, langganan jamur Ilud kian banyak. Hingga suatu ketika, ada seorang pedagang yang meminta jamurnya. Karena tidak ada stok, Ilud pun mencari ke Sidoarjo meski hanya bermodal uang Rp 15 ribu. Dengan uang sebesar itu, dia hanya bisa membeli 5 kg jamur merang. Ilud pun merasa rugi karena sudah jauh-jauh datang tetapi jamur yang didapat hanya sedikit saja. Lantas, dia pun memutar otak. Akhirnya, dia bisa membawa 20 kg jamur asal meninggalkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) sebagai alat jaminan.
Sejak itu, pesanan jamur Ilud kian banyak. Melihat potensi tersebut, tiba-tiba ide kreatif Ilud muncul. Jika ditambah jenis barang lain, kata Ilud, akan lebih untung. Akhirnya, dengan uang Rp 100 ribu hasil jualan jamur merang, Ilud mencari barang lain. Pilihannya jatuh pada jagung manis. Dari situ, Ilud mulai memasok jagung ke para pedagang di pasar dan sejumlah pedagang lain.
Waktu terus berputar. Sekitar tujuh bulan kemudian, alumnus Universitas Islam Malang (Unisma) tahun 1990 ini sudah bisa nyicil motor baru. Setiap hari, motor tersebut dipakai membawa sayuran dan buah-buahan. Sayang, karena barangnya terus bertambah maka tidak bisa mengangkut semua pesanan.
Lima bulan kemudian, Ilud memberanikan diri mengambil kredit mobil. Karena masih butuh dana Rp 2 juta untuk uang muka, maka terpaksa motor barunya digadaikan. Kontan, Wiwik Wahyuwulandari, istrinya, khawatir atas keputusan tersebut. “Kok Bapak berani kredit dua kendaraan sekaligus?” ujar Ilud mengenang kalimat istrinya itu. “Berani saja. Allah Maha Kaya. Kita harus nekat,” jawab Ilud optimis.
Keputusan Ilud ada benarnya. Dengan mobil baru tersebut, Ilud mampu memperluas segmentasi pasarnya. Tidak saja para pedagang di pasar, tapi mulai merambah ke toko-toko besar dan hotel. Bahkan, barang dagangannya pun semakin variatif. Tidak hanya jamur dan jagung manis, tapi jenis sayuran lain serta puluhan jenis buah. Total, ada sekitar 200 jenis. Dengan begitu, Ilud termasuk pemasok sayur dan buah terkomplit.
Hingga suatu saat, ada seorang petugas Hero Supermarket menawarinya menjadi pemasok di tempatnya. Betul, akhirnya Ilud dipercaya sebagai pemasok untuk Hero Supermarket dan juga Giant Supermarket.
Yakin Janji Allah
Usaha Ilud terus menunjukkan kemajuan. Empat tahun kemudian, Ilud sudah mampu menunaikan ibadah haji bersama ibunya. Padahal, omzet usaha waktu itu belum begitu besar. Kendati demikian, karena demi memenuhi panggilan Allah, maka dia rela lakukan. Ia sangat yakin dengan janji Allah. “Barangsiapa yang berangkat haji karena Allah, maka akan diganti oleh-Nya dengan berlipat.” Di Makkah, janji tersebut betul-betul diresapinya. “Masa sih Allah mau berbohong,” ujarnya.
Benar saja, sepulang dari ibadah haji, tiba-tiba direktur Matahari Supermarket datang ke rumahnya. Dia meminta agar Ilud mau menjadi pemasok di tempatnya. Ilud pun menyanggupinya.
Pangsa pasar Ilud pun semakin luas. Bukan saja Malang dan sekitarnya, tapi sudah memasok ke daerah-daerah di Jawa. Bahkan, hingga ke Indonesia bagian timur. Seperti Bali, Banjarmasin, Makassar, Menado, Balikpapan, dan Lombok. Jumlah pengirimannya tergantung pesanan. Paling sedikit satu mobil. Untuk daerah di luar Jawa, pengirimannya menggunakan pesawat.
Lalu, berapa omzetnya? Ternyata, sebagai pemasok Hero dan Giant saja cukup menggiuarkan. Belum ditambah dengan omzet usaha dari penyuplaian barang ke Matahari. Selain itu, Ilud juga memiliki swalayan Indofresh, yang per harinya beromzet sekitar Rp 10 juta. “Total semuanya kurang tahu. Tapi yang jelas, dari Hero dan Giant bisa mencapai 6 miliar rupiah per tahun,” tuturnya.
Kiat Usaha
Agar tidak kalah dengan pesaingnya, Ilud memiliki sejumlah kiat. Di antaranya kualitas barang terjaga, stabilitas harga, menyenangkan konsumen, ketepatan waktu, dan kekomplitan barang. “Jika hal itu tidak dilakukan, bisa jadi kita ditinggal pelanggan,” tegasnya.
Semakin lama naluri bisnis Ilud semakin terasah. Ia cukup kreatif. Selain menjadi pemasok, ia juga mendirikan swalayan Indofresh. Karena memiliki banyak ladang usaha, kini Ilud memiliki sekitar 56 karyawan tetap, 40 karyawan suplai barang, dan 16 karyawan Indofresh.
Untuk mengatur usaha dan karyawannya, Ilud mempunyai kiat tersendiri. Terlebih untuk karyawan yang bertugas mengantar barang. Sebab, bidang ini paling riskan; sering kecelakaan, dan kecurian. Karena itu, Ilud mewajibkan setiap karyawannya shalat lima waktu. Tidak hanya itu, di lingkungan kerja, karyawan tidak boleh merokok. Menurutnya, ada korelasi antara orang rajin ibadah dengan ketenangan dalam bekerja.
Kata Ilud, pernah beberapa kali karyawaannya celaka. Namun, setelah diwajibkan shalat dan diberi nasihat, kejadian tersebut jarang terjadi lagi.
Peraturan tersebut juga direspon baik para karyawan. Suyono contohnya. Karyawan asal Banyuwangi ini merasakan nikmatnya kerja dengan kewajiban shalat lima waktu. “Enak Mas, lebih tenang dan nyaman. Sudah dapat kerja, diajak masuk surga pula,” katanya.
Untuk memotivasi para karyawan, setiap yang berprestasi dan tidak melanggar diberi hadiah uang Rp 75 ribu per bulan.
Tidak Lupa Allah
Ayah dari tiga anak ini berasal dari keluarga sederhana. Orangtua Ilud hanya sopir andong dan pedagang kecil-kecilan. Tak pelak, Ilud harus bekerja keras membantu keluarga.
Ketika di bangku kuliah, ia sudah kerja serabutan. Selepas kuliah ia sempat bekerja di bidang pengelolaan tanaman. Tapi, selalu gagal. Penyebabnya ditipu orang. Kendati begitu, ia tetap berperasangka baik pada Allah. “Di setiap kegagalan, ada rencana Allah yang terindah bagi saya,” ujar pria kelahiran 3 Januari 1966 ini.
Hal yang menarik dari Ilud adalah keistikamahan. Dulu, ketika tidak mampu, ia selalu rajin ibadah; puasa Senin-Kamis, shalat Dhuha, shalat Tahajud. Kini, setelah sukses, ibadah tersebut masih dikerjakan.
Sebagai ungkapan syukur kepada Allah, Ilud pun senantiasa bersedekah. Setiap bulan, ia mengeluarkan uang Rp 10 juta untuk membantu para janda dan anak yatim piatu di sekitarnya. Selain itu, setiap sore, di rumahnya menyediakan tempat mengaji anak-anak. Ada sekitar 150 santri. Biaya operasional dan guru ditanggung Ilud. *Syaiful Anshor/Suara Hidayatullah MEI 2010

22.08 | 0 komentar | Read More

PELUANG BISNIS TERKINI: Kiat Johny Suyanto Membisniskan Sayuran Segar

http://api.ning.com/files/c3NX1Zm--md*ZMqIc3fQh-mOYtZzefkvBQXPCYQOxeY0gZ22H1u-NwCFuc*5FiK7lgI-6ugYXTDmxVT23f0ClVe2hsJunkMQ/jualsayuranbuahsegardimagelang.jpg
Sesuai dengan namanya, hampir semua produk yang dijajakan di BFS berasal dari Bandung. Mulanya, bisnis ini memang dirintis di Kota Kembang oleh Suyanto (almarhum) sejak 1960-an. Nama yang diusungnya ketika itu adalah The Bandung Man. Cara menjajakan sayuran segarnya cukup unik, yakni berkeliling menggunakan mobil setelah mengambil barang dagangan dari Lembang. Mulanya, target pasarnya adalah kalangan ekspatriat yang tinggal di daerah Cihampelas. Namun, lambat laun jangkauan pasarnya terus meluas hingga ke Cilegon, Bogor dan Jakarta.
Masuknya Johny Suyanto – anak tunggal Suyanto – ke bisnis ini pada 1994 membawa perubahan. Selain mengubah nama The Bandung Man menjadi Bandung Farm Shop, Johny juga menawarkan konsep berjualan baru, yakni membuat toko khusus sayur-mayur segar. Sayuran segar cukup diambil dua kali dalam seminggu, kemudian disimpan di sebuah ruangan pendingin (chiller room) dengan suhu 5 derajat Celcius, supaya kualitas sayuran tetap terjaga. Sayur-mayur yang dijual di BFS itu tidak dibiarkan terbuka, melainkan dibungkus plastik, sehingga terjamin kebersihannya.
Berapa biaya membangun satu gerai? Tentu berbeda-beda. Sebagai gambaran, untuk membangun toko berukuran 5 x 20 meter seperti yang ada di Jl. Margasatwa Raya, dana yang dibenamkan mencapai Rp 300 juta, sudah termasuk untuk membeli mesin pendingin.
Menariknya, Johny mengarahkan para karyawannya agar bisa memberikan layanan personal, tetapi melarang mereka menerima tip. Contohnya, membawakan barang belanjaan hingga ke mobil pembeli. BFS juga menyediakan layanan pengantaran bagi pelanggan yang tinggal di sekitar gerai. “Cara layanan yang kami lakukan terkesan sepele, tapi sangat efektif. Kalau mereka puas, tidak perlu promosi, karena mereka akan menyebarkannya dari mulut ke mulut,” papar pria kelahiran Bandung pada September 1964 ini.
Klaim Johny dibenarkan Yenny, salah seorang pelanggan setia BFS. Wanita muda berparas manis ini mengaku rutin berbelanja sayuran di BFS Margasatwa Raya. “Saya biasanya belanja ke BFS setiap pulang kerja. Ya, lebih praktis, tidak mesti ke supermarket,” ia menuturkan. “Selain itu, sayuran yang dijual di sini selalu segar, berkualitas, dan pelayanannya cukup bagus,” tambahnya.
Selain layanan yang bersifat personal, keragaman produk dagangan juga diperhatikan Johny. Saat ini, selain menjual beragam sayuran, daging (ayam dan sapi), ikan dan seafood segar, BFS menjual pula aneka ragam produk khas Bandung lainnya, seperti yoghurt segar aneka rasa, serta beragam camilan seperti gepuk Ny. Yong, molen Kartika Sari, dan sebagainya.
Boleh dibilang, bisnis yang sejak tahun 2000 dikemudikan langsung oleh bapak dua putra ini berkembang pesat. Setelah gerai di Margasatwa Raya, pada 2001 BFS membuka gerai di Bintaro Jaya, disusul pada 2003 di BSD, dan setahun kemudian di Alam Sutera.
Johny mengklaim kinerja gerai-gerainya itu cukup oke. Ia menyebutkan, berdasarkan data dari cash register, dalam sehari rata-rata gerainya dikunjungi lebih dari 100 orang. Omsetnya? Menurutnya, pada hari biasa berkisar Rp 8-10 juta per hari; sedangkan pada Sabtu-Minggu dan hari libur lainnya omsetnya bisa mencapai Rp 15-20 juta per hari. “Margin keuntungannya sih lumayan besar, bisa mencapai 40%-60%,” katanya terus terang. “Tapi, risikonya juga besar. Kalau barang tidak terjual, ya harus dibuang,” tambah Johny sambil menyebutkan margin produk lainnya seperti camilan hanya 20%-30%.
Tak puas sampai di situ, lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Indonesia ini juga memasok sayuran segar ke beberapa resto siap saji di Jakarta, seperti Papa Ron Pizza, Pizza Hut, Bakmi Japos, dan Kafe Oh La La. Ia juga memasok kebutuhan sayuran untuk sekitar 10 perusahaan katering. Secara keseluruhan, dari BFS dalam sebulan Johny mampu meraup omset sebesar Rp 500 juta.
Di luar bisnis gerai sayuran segar dan camilan khas Bandung, Johny sebenarnya masih memiliki usaha lain, yakni resto. Sekarang, ia telah membuka resto seafood di Bintaro Jaya, dan resto masakan khas Sunda – bernama Pondok Kabita – di Alam Sutera.
Masih ada lagi obsesinya? “Mungkin dalam satu-dua tahun ke depan, saya ingin mengembangkan bisnis BFS dalam bentuk franchise,” kata Johny yang mengaku sudah mempekerjakan lebih dari 30 karyawan.
A. Mohammad B.S.
by: http://swa.co.id/listed-articles/kiat-johny-suyanto-membisniskan-sayuran-segar
22.07 | 0 komentar | Read More

HATI-HATI DENGAN BISNIS DI INTERNET: Mengenal Ciri-Ciri Situs Penipuan Online

Apakah anda pernah mendapatkan SMS yang berisi, “GEBYAR Telkomsel Poin 2013, Nomor Anda mendapat hadiah ke-1 Pin d377hi8, silahkan verifikasi Pin Pemenang di situs resmi http://t-selbagihadiah.webs.com”?
SMS tersebut nyasar ke ponsel saya pada tanggal 19 April 2013 yang lalu, tepatnya pukul 20.54 WIB atau 10 menit setelah saya membeli pulsa elektrik di sebuah counter pulsa kaki lima. Dengan sangat sadar saya memahami bahwa itu adalah sebuah SMS penipuan. Sudah sangat sering nomor ponsel saya dikirimi SMS serupa. Biasanya saya tidak menghiraukan hal tersebut, namun kali ini saya tertarik juga untuk menelisik lebih dalam “situs resmi” tersebut.
Pertama saya klik situs yang dimaksud (http://t-selbagihadiah.webs.com), saya dibuat terkesima dengan sambutan foto agnes monica yang dipajang di cover web dengan begitu menyakinkan. Seperti kita ketahui bahwa agnes monica adalah artis yang digandeng telkomsel untuk mempromosikan program nada sambung pribadi (nsp)  telkomsel. Iklan agnes untuk program tersebut juga sangat sering muncul di layar kaca. Secara psikologis seolah-olah itu memperkuat bukti bahwa web tersebut memang “situs resmi” telkomsel poin.
1366602116659854181
Gambar 1. Cover Depan situs penipuan online (sumber: http://t-selbagihadiah.webs.com)
“Blink!” namun ada yang janggal dalam website tersebut. Desain web terkesan norak dan alay. Beberapa tulisan tambahan pada web tersebut ditulis dengan ukuran font yang tidak seragam membuat kesan tidak resmi sedikit memunculkan keraguan terhadap “keresmian” dari “situs resmi” tersebut.
Namun saat halaman dijelajahi (scroll) lebih ke bawah, disana anda akan disuguhi nomor pin dari para pemenang dan nomor pin yang disebut sebagai “nomor pin anda” (d377hi8) tertulis sebagai pemenang nomor 1 dengan hadiah berupa toyota alphard. Bagi korban yang gelap mata dan sedang ngebet ingin punya mobil baru, dengan berbagai alasan psikologis, akan semaki tergiur dengan display gambar hadiah-hadiah yang dijanjikan. Di samping kanan halaman web dipasang foto-foto para pemenang, kantor telkomsel dan kantor SAMSAT untuk semakin meyakinkan para korban. Jebakan psikologis kembali ditebar oleh “situs resmi” tersebut dengan menampilkan beberapa foto tokoh-tokoh berpengaruh seperti mantan menteri keuangan Agus Martowardojo, Dirjen Pajak Ahmad Fuad Rahmany dan Menkominfo Tiffatul Sembiring. Pengunjung web akan semakin diyakinkan dengan tulisan yang diflashlight merah berbunyi “Hati-hati terhadap penipuan mengatasnamakan PT. TELKOMSEL”.
Web ini akhirnya ketahuan belangnya dengan sebuah clue yang tersamar. Pada pojok kiri bawah website tersebut tertulis sebuah kalimat samar berbunyi “Create a free website at webs.com”. Jadi webs.com yang merupakan bagian paling akhir alamat “situs resmi” http://t-selbagihadiah.webs.com adalah sebuah situs penyedia domain dan server internet gratis seperti blogger.com atau blogspot.com. Ketidakpopuleran webs.com, setidaknya bagi saya, mungkin menjadi alasan pelaku penipuan online untuk memilih penyedia layanan blogging gratis tersebut. Sesuatu yang sangat tidak lazim sebuah perusahaan besar sekelas PT TELEKOMUNIKASI SELULER mengumumkan pemenang program undiannya melalui website gratisan. Padahal seperti kita ketahui, Telkomsel memiliki website resmi sendiri yaitu telkomsel.com.
13666022611555972647
Gambar 2. Situs penipuan online menggunakan jasa blogging gratisan (sumber: http://t-selbagihadiah.webs.com)
Pengunjung situs selanjutnya digiring untuk masuk ke link Cara Pengambilan Hadiah pada bagian paling atas website. Setelah membaca dengan cermat dan seksama, anda akan mendapati dua informasi penting yaitu hadiah hanya bisa diambil setelah “pemenang telkomsel poin” membayar uang administrasi sebesar Rp. 2.700.000,- dan hadiah akan hangus bila uang tersebut tidak segera dibayarkan dalam tempo dua hari setelah SMS diterima. Tempo singkat (dua hari) memberikan efek gegabah dalam pengambilan keputusan dari para korban. Sayang disana tidak dijelaskan bagaimana cara pembayaran uang administrasi tersebut, “pemenang” diminta untuk menghubungi call center untuk informasi pembayaran. Saya menyudahi penyelidikan sampai tahap itu. Saya tidak tertarik untuk menelpon call center lebih lanjut. Saya rasa kejanggalan-kejanggalan dalam web tersebut sudah memberikan bukti yang cukup bahwa “situs resmi” tersebut ternyata adalah situs abal-abal dengan motif penipuan online.
Biasanya situs penipuan online memiliki 3 ciri: 1. Alamat situs yang “tidak resmi”. Pelaku penipuan online sering menggunakan layanan domain gratisan: blogger, blogspot, webs. 2. Konten web yang cenderung berlebihan dalam upaya meyakinkan pengunjung bahwa web tersebut asli. Penggunaan foto orang-orang terkenal dan berpengaruh menjadi modus penipuan website online untuk membujuk korbannya. 3. Keharusan untuk membayarkan sejumlah uang dalam tempo singkat. Langkah ini diambil untuk mencegah korbanberfikir jernih dan memaksa korban mengambil keputusan gegabah dalam kondisi gawat darurat semu.
Pesan saya kepada kawan-kawan kompasianer cuma satu: teliti sebelum membeli, cermat sebelum bertransaksi^^
Salam sehat lahir batin^^
by: http://teknologi.kompasiana.com/internet/2013/04/22/mengenal-ciri-ciri-situs-penipuan-online-553463.html
22.02 | 0 komentar | Read More

Kenalilah Ciri ciri Sms berkedok Penipuan

http://3.bp.blogspot.com/-L6YbzMhR3xA/UKG0ccvVzSI/AAAAAAAAAko/H7UjSwwMCMk/s1600/SMS+tipu.jpg
Selamat siang sobat blogger dimanapun anda berada.. Setelah sekian lama melewati berbagai kerjaan yang datang menghadang *lebay*,akhirnya datang juga hari ini.aku bisa , update blog ini lagi..*biggrin* :D

oke sobat blogger,kali ini aku akan membahas salah satu pengalaman yang pernah dialami oleh hape ku yang ku cinta.. *apaan neeh geje aja* oke langsung aja aku mulai..

Mungkin sobat blogger sudah sering menerima sms sms yang entah siapa pengirimnya dan darimana asalnya.. biasanya , isi dari sms sms tersebut berupa, iklan penjualan , promosi barang , hingga modus modus penipuan. salah satu sms yang pernah saya terima ialah seperti ini

"Mengenai pembayaran ansuran anda harap menghubungin pimpinan finance kami dulu di 08138185xxx . masalahnya ada sedikit perubahan terima kasih"
Untuk sobat sobat blogger, jangan mudah terjebak dengan isi sms ini. karena sms ini bisa saja termasuk ke dalam modus penipuan. Mungkin banyak sobat blogger yang bertanya tanya mengapa sms seperti ini bisa termasuk ke dalam modus penipuan... nah berikut ini akan aku bagikan kepada sobat blogger beberapa ciri ciri yang aku temukan dari sms sms penipuan yang pernah aku dapatkan

1. Membawa Nama sebuah Instansi/Perusahaan
   biasanya, sang penipu selalu mengirimkan sms yang dihubungkan dengan event atau instansi tertentu,contohnya Gebyar hadiah dari pt xxx . padahal jika kita cek kepada instansinya, instansi tersebut tidak mengadakan acara seperti itu.

2. Menggiurkan anda dengan hadiah hadiah yang menarik
   Para pelaku biasanya selalu mengirim sms dengan mengiming imingkan anda dengan hadiah hadiah yang menarik. misalkan saja anda mendapatkan hadiah sebuah mobil atau voucer 100 juta.

3. Mencantumkan informasi tambahan
  Agar lebih menjebak para korbannya, biasanya para pelaku mencantumkan sebuah nomer kedalam sms tersebut. ini di maksudkan agar para korban segera menghubungi nomer tersebut dan para penipu mulai melakukan aksinya.. oia,tambahan. biasanya, untuk lebih meyakinkan lagi modus penipuannya,para penipu mencantumkan website buatan mereka yang dibuat serupa dengan aslinya. biasanya website website yang di gunakan para penipu ialah website gratis yang dengan mudah penipu dapat membuatnya. tapi kelemahan dari website gratis ini ialah, dalam nama website tersebut pasti ada nama penyedia layanan web gratis tersebut. beberapa contohnya ialah http://sidomuncul47.blogspot.com/ atau http://telkomsel-th2013.jimdo.com/daftar-pemenang/ .
dalam situs tersebut bisa kita liha ada nama penyedia layanannya seperti blogspot.com dan jimdo.com.

4. Tidak pernah mencantumkan Informasi yang spesifik
  Mungkin banyak yang tidak menyadari,bahwa sms penipuan yang kita dapatkan tidak pernah mencantumkan nama kita secara jelas ataupun nomer kita secara pasti. Karena , para penipu biasanya mengirimkan sms tersebut secara acak (random) kepada nomer nomer yang bisa mereka dapatkan dengan mudah dengan mencarinya di internet. oleh karenanya,para pelaku hanya bisa mengetahui nomer kita dan regional kita.namun mereka tidak pernah mengetahui nama kita,alamat kita. dan baru lah mereka mengetahui informasi anda ketika anda sudah terjebak oleh mereka. jadi hati - hati kawan.


jadi sobat blogger.ditengah tengah teknologi yang canggih ini , banyak sekali cara orang untuk melakukan modus penipuan . yang sudah saya sampaikan di atas, hanyalah beberapa hal yang saya cermati dari pengalaman pengalaman saya mendapatkan sms modus penipuan. ini bukan lah sebagai acuan ataupun tolak ukur.ini hanyalah pengalaman dan pengamatan yang sudah saya lakukan dari sekian banyak sms yang pernah saya dapatkan. untuk kekurangannya silakan sobat blogger mencermati sendiri dan sobat blogger rasakan dengan perasaan sobat blogger dan logika sobat blogger sehingga sobat blogger tidak akan terjerumus dengan modus modus penipuan seperti ini..
akhir kata,terima kasih.. dan semoga artikel ini bisa bermanfaat :D
salam
by: http://tsukiyamai.blogspot.com/2013/04/ciri-ciri-sms-berkedok-penipuan.html
22.01 | 0 komentar | Read More

HATI-HATI DENGAN DUNIA BISNIS ONLINE: Jangan Mudah Tergiur Harga Murah Pada Transaksi Online

http://ekoeriyanah.files.wordpress.com/2012/07/bingung.jpg 
Beberapa waktu lalu, saya menemukan iklan lama yang menawarkan sebuah frame sepeda pada sebuah situ jual-beli online. Karena saya sedang mencari frame  model tersebut dan menurut saya cukup murah dibanding harga pasaran, saya menghubungi pemasangnya  dan kebetulan barang tersebut masih ada. Akhirnya saya janji ketemuan di sebuah mall di Bekasi dan saya mendapat barang tersebut. Saya cukup senang karena mendapat barang yang harganya sangat murah tersebut.
Pada kesempatan berukitnya saya menemukan beberapa iklan di situs jual-beli yang menawarkan sepeda gunung baru merk “x” dengan harga 1 juta. Karena di pasaran sepeda tersebut harganya hampir 5 juta, saya terpancing untuk mengamati iklan tersebut meskipun sedang tidak berencana membeli sepeda baru.  Setelah berkomunikasi sebentar, saya berkesimpulan bahwa ia adalah penipu yang berharap ada pembeli emosional yang akan segera mentransfer uangnya.
Pada kesempatan lain, sebuah iklan tentang sepeda seken yang akan dijual juga menarik perhatian saya,  kali ini sepertinya cukup realistis sehingga pada kesan pertama tidak curiga sebagai penipuan. Namun masalahnya adalah saya yang akan menjadi pembeli berada di Bogor sedangkan penjualnya ada di Karawang.
Setelah dikalkulasi kalau mengambil sendiri barangnya ke Karawang masih lebih murah dibanding dengan harga pasaran, saya mengontak pemasang iklannya via SMS untuk menanyakan kemungkinan pembelian sepeda tersebut.   Tak berapa lama, ia menelpon saya dan mengatakan “sesama tukang gowes, kita saling percaya saja, anda transfer uangnya setengahnya dulu, setelah sepedanya sampai baru transfer sisanya, biarlah saya yang tanggung biaya pengirimannya”.
Mengamati profil terbatas pemasang iklannya, memang saya menemukan kesan bahwa ia adalah pehobby sepeda seperti saya. Namun kalau saya mentransfer uang, artinya saya melepas kendali terhadap uang tersebut. Sayapun tidak akan bisa mencari orang tersebut jika ia ingkar janji tidak mengirimkan sepedanya. Ketika saya bersikukuh untuk mengambil sendiri sepeda tersebut ke karawang, ia bahkan menghilang tidak bisa dihubungi lagi.
Yaa… jual-beli di dunia maya memang memerlukan kehati-hatian. Jika kita harus mentransfer sejumlah uang untuk transaksi tertentu, pastikan bahwa si penerima adalah lembaga legal yang bisa dituntut. Jangan sekali-kali mentransfer uang sekecil apapun meskipun iming-imingnya adalah harga super murah dari produk yang sedang kita butuhkan. Karena setelah anda transfer, anda akan kehilangan kendali terhadap uang tersebut.
Jika anda merasa cocok dengan suatu barang yang ditawarkan pada iklan-iklan di dunia maya, rancang saja pembelian langsung, baik anda datang ke tempatnya atau COD (cash on delivery) yaitu meminta pembeli mengirimkan barang ke tempat kita lalu kita bayar tunai. Jika kedua skenario itu memungkinkan tetapi si penjual tidak mau kedua opsi itu, lupakanlah karena kemungkinan itu adalah penipuan…..
by: http://lifestyle.kompasiana.com/hobi/2013/04/21/jangan-mudah-tergiur-harga-murah-pada-transaksi-online-549012.html
21.57 | 0 komentar | Read More

BELAJAR BERBISNIS ONLINE 2013: Cara Membuat Toko Baju Online dan Cara Pemasarannya

http://female.store.co.id/images/Image/images/online%20shop%20jakarta.jpgMembuat toko online seperti baju, celana, jaket, jilbab, tas, dan yang lainnya sekarang bisa kita buat sendiri kok gan. Kamu bisa memilih, membuat yang gratisan atau yang profesional. Meskipun gratisan, tapi kualitasnya tetap bagus lho. Sebelumnya, kamu bisa lihat contoh toko baju online yang sudah saya buat, lihat di www.kios-baju.com. Untuk membuat yang seperti itu mudah kok. Kalau kamu sudah punya yang seperti itu kan kamu bisa memasang beraneka macam model baju dan pakaian, seperti baju muslim modern, baju anak anak, baju batik, baju bayi, baju pesta, baju kerja, baju anak perempuan, dan baju wanita atau cowok lainnya. Atau bisa juga kamu memasang berbagai model tas terbaru, seperti tas laptop, tas wanita, tas branded, tas sekolah, tas import, tas kerja, dan tas cantik lainnya. Nanti akan saya ulas secara umum bagaimana cara membuatnya. Di sini kita akan membuatnya dengan blogger, yang sudah kita kenal kehebatannya, tidak kalah dengan wordpress berbayar, karena blogger adalah milik google, jadi mesin pencari google juga sering memprioritaskan blog-blog yang berbasis blogger.

Membuat toko online sendiri dengan blogger lebih irit, karena kita tidak akan membayar tiap bulannya untuk sewa hosting. Nah, untuk domainnya, kamu bisa milih, mau pakai yang berbayar atau tetap blogspot aja? Kalau berbayar, kamu bisa membelinya di berbagai penyedia domain, saya sendiri memilih idwebhost, soalnya dulu saya gak bisa menghubungkan sendiri domain yang dibeli dengan blogger, jadi meminta bantuan penyedia domain untuk menghubungkannya, idwebhost mempunyai customer service online yang bisa kamu mintai tolong kapan saja. Langkah-langkah dalam membuat toko online:

  1. Pertama, buatlah sebuah blog di blogger. Kalau belum bisa, ketik di google "cara membuat blog di blogger".
  2. Ubahlah template/tampilan blog kamu dengan template toko online. Kamu bisa mencari dan mendownloadnya di google dengan mengetik "template blog toko online". Setelah kamu download template itu, uploadlah di blog kamu agar tampilannya menjadi toko online.
  3. Jika kamu bisa otak-atik html, berikanlah sedikit modifikasi agar blog kamu terlihat profesional.
  4. Kalau kamu mau mengubah domainnya dari blogspot.com menjadi .com, cobalah beli di penyedia domain, harganya rata-rata sekitar 90rb per tahun. Kalau lebih dari itu, menurut saya itu termasuk mahal.
  5. Untuk produknya, kamu bisa pakai produk sendiri atau menjual produk orang lain. karena saya tidak punya produk yang bisa dijual, maka saya menjual produk orang lain saja. Kamu bisa mencari perusahaan-perusahaan dropship di google dengan mengetik "dropship baju" atau "dropship tas". Bagi yang belum tahu apa itu dropship, kamu bisa membaca artikel sebelum ini di Cara Membuat Usaha Bisnis Online Pakaian Tanpa Modal. Di situ akan dijelaskan bagaimana sistem dropship ini bekerja pada toko online kita.
  6. Setelah kemu selesai memasang semua produk-produknya, sekarang tinggal memasarkannya.
Membuat toko online seperti yang saya jelaskan itu memang agak susah bagi yang sama sekali belum pernah membuat blog, karena saya menjelaskan secara umumnya saja. bagi yang pernah otak-atik blogger pasti sudah bisa memahami. Lalu untuk memasarkannya, kamu bisa memilih dua cara, pertama dengan optimasi blog di mesin pencari google, kedua dengan beriklan. Yang pertama mungkin agak susah, karena para master-master SEO sudah berebut di halaman pertama google. Yang kedua inilah yang sering menjadi alternatif para pemilik toko online. Kamu bisa mengiklankannya di toko bagus. Saran saya, beriklanlah secara berbayar. Dengan membeli point, kamu bisa menempatkan iklanmu di urutan paling atas. Harga untuk beriklan agar iklan kita bisa diurutan paling atas adalah 25 point (atau 25 ribu). Lihatlah, contoh iklan yang saya ambil dari toko bagus, sudah ada 4.458 orang yang melihat iklan itu sejak 2 hari terakhir.

toko baju
Lebih mudah dan langsung mengenai sasaran. Selain toko bagus, kamu juga bisa mengiklankan di google. Iklan kamu akan berada di hasil pencarian google atau di website-website yang berhubungan dengan iklan yang kamu pasang. Lihatlah iklan yang dipasang di google.

toko baju

Membuat toko online dengan beriklan di google juga akan mengenai target siapa yang akan melihat iklan kita. Karena iklan akan muncul dengan kata kunci yang sesuai dengan hasil pencarian, seperti baju murah, grosir baju, tas murah, jual tas, tas online, grosir tas, toko tas, dan lain sebagainya. Klo contoh gambar di atas tadi, aku mengetikkan di google dengan kata kunci "baju murah", kamu bisa melihatnya. Begitulah sedikit penjabaran dari saya mengenai Cara Membuat Toko Baju Online dan Cara Pemasarannya. Semoga bermanfaat, selamat beraktifitas.
21.53 | 0 komentar | Read More

TIPS INGIN JADI PEBISNIS SUKSES: Lima PR yang Harus Dikerjakan Sebelum Buka Toko Online

http://businessblog.winweb.com/wp-content/uploads/2010/03/Online-shop.jpg 
Sebelum membuka toko online, ada lima buah PR alias ‘pekerjaan rumah’ yang sebaiknya diselesaikan oleh calon penjual. Jawaban yang dihasilkan oleh calon penjual bisa dijadikan kesimpulan sekaligus pedoman untuk membuat strategi penjualan dan menjalankan toko online tersebut.
Jawaban dari pertanyaan-pertanyaan berikut ini sebetulnya dapat ditemukan sembari membuka toko online. Biasanya, hal tersebut lebih efektif karena si penjual dapat melihat dan merasakan secara langsung bagian mana atau strategi apa yang cocok maupun tidak cocok untuk toko online.
Dari mana datangnya pengunjung toko online?
Pengunjung toko online tidak datang begitu saja dengan mengetik alamat situs toko online yang baru dibuka. Kecuali, toko online tersebut telah memiliki popularitas via offline. Oleh karena itu, sebaiknya penjual perlu memikirkan dari mana datangnya pengunjung ke toko online-nya.
Denny Santoso, pemilik toko online Sportindo.com, mengatakan, penjual perlu memikirkan bagaimana cara mendapatkan pelanggan selain teman-teman yang ia punya. Artinya, pelanggan di luar teman Facebook, kontak di email, dan followers di Twitter. Selain itu, ia juga menyebutkan bahwa ada dua jenis traffic ke sebuh situs. Yaitu, traffic berbayar dan gratis.
Traffic berbayar bisa didapatkan lewat jasa Google AdWords atau banner Ads misalnya. Sedangkan, traffic gratis dapat dimunculkan dengan ‘bermain’ search engine optimization (SEO), menggunakan media sosial dan juga saling bertukar tautan dengan industri sejenis.
Berapa persen pengunjung yang mau jadi pembeli?
Tidak semua pengunjung yang datang ke toko online pasti menjadi serious buyer. Pengunjung memiliki kendali penuh terhadap keputusan pembelian. Apakah ia mau menjadi pelanggan dari toko online tersebut. Perbandingan antara jumlah orang yang datang ke sebuah situs toko online dengan jumlah orang yang melakukan transaksi pembelian bisa disebut dengan conversion rates.
Menurut Denny, conversion rates yang baik berkisar antara dua sampai empat persen. Artinya, jika ada 100 orang yang berkunjung ke sebuah toko online untuk melihat-lihat produk yang dijual, ada satu atau dua orang yang pasti membeli produk-produk tersebut. Kalau kenyataannya tidak seperti itu, sebaiknya penjual segera mengevaluasi toko online.
Seberapa baik layanan pelanggan dari toko online?
Selain itu, Denny juga berpendapat bahwa kalau belum bisa merespon cepat setiap pertanyaan maupun pemesanan dari pembeli, sebaiknya calon penjual ini jangan membuka toko online terlebih dahulu. Salah satu kunci sukses dari jalannya sebuah toko online adalah pelayanan terhadap pembelinya.
Terlebih lagi, di era internet seperti sekarang, cukup banyak mindset pelanggan yang terbentuk tentang click. Artinya, ketika mereka meng-click sesuatu, responnya harus segera muncul di hadapannya. Jika lama, mereka tidak ragu untuk meninggalkannya dan menekan simbol ‘X’ di sudut kanan atas. Dalam kasus toko online, ketika pengunjung sudah menekan tombol ‘beli’ atau mengirimkan SMS pemesanan, artinya mereka berharap pesanannya langsung ditangani secepat mungkin.
Seperti apa toko online di mata pelanggan?
Punya positioning dalam menjalankan bisnis online adalah sesuatu yang penting. Alasannya, dengan adanya positioning yang kuat, maka akan tercipta top of mind yang kuat juga pada pelanggan. Sehingga, toko online akan selalu diingat.
Penjual sebaiknya menentukan, mau seperti apa toko online-nya akan diingat oleh masyarakat, khususnya pelanggan. Misalnya, toko online yang menjual batik tulis dengan harga mahasiswa atau toko sepatu yang punya desain orisinal.
Punya apa untuk pelanggan?
Jawaban atas pertanyaan ini merupakan salah satu aspek paling penting dalam menjalankan sebuah toko di internet. Jawaban ini menunjukkan bahwa seorang penjual memang menyediakan sesuatu yang dibutuhkan oleh target pasarnya. Sehingga, toko online tersebut menjadi solusi atas kebutuhan pelanggannya.
***
(psr)
sumber: http://netpreneur.co.id/5-pr-yang-harus-dikerjakan-sebelum-buka-toko-online/
21.50 | 0 komentar | Read More

BISNIS ONLINE TERBUKTI DAN HEBOH DI TAHUN INI: Daftar PTC Terpercaya 2013 TerbuktiBukan Scam

PTC adalah sebuah program bisnis online yang terpopuler sampai sekarang, dimana cara kerja dari bisnis ini yaitu : dengan mengklik iklan yang disediakan oleh pihak pemilik PTC. Jika anda ingin mendapatkan penghasilan tentu anda harus menjadi membernya dan "Mengklik Iklan" jika anda tidak mengklik iklannya, maka anda tidak akan mendapatkan bayaran, dengan persyaratan-persyaratan yang harus anda penuhi sebagai membernya.
Apa saja Persyaratan-persyaratannya (Disini kami hanya menjelaskan pengalaman yang pernah kami dapatkan) :

  1. Daftar Terlebih dahulu sebelum anda mulai menghasilkan uang + dapat Dollar $$$
  2. Persyaratan Bayaran yang akan anda dapatkan tergantung dari Policies Payment dari tiap-tiap jenis member, misal : standard payout min. $2, Premium Payout min. $1, dan sebagainya.
  3. Menjaga Perkataan pada saat komentar di Forum yang disediakan oleh pihak PTC.
  4. Ada beberapa PTC yang mengharuskan kita untuk upgrade member dan atau invest jika kita akan menarik bayaran/request payout.
Bagaimana ciri-ciri PTC itu Scam.??

  1. Hati-hati dengan klik ads/hari sebesar $1 atau $10, karena PTC disini adalah sebuah perusahaan online yang menawarkan jasa untuk meningkatkan traffik website, agar website yang akan diklik akan lebih berguna & meningkatkan jumlah pengunjung untuk situs website tersebut tentunya. Biaya yang ditawarkan bervariatif untuk menayangkan websitenya agar meningkat traffik websitenya.
  2. Memiliki Forum dan Proof of Payment dari dua disamping adalah salah satu ciri-ciri melihat PTC itu  Scam !!! Mengapa ????... Karena jika ada Forum , maka tentu ada Proof of Payment(Bukti Pembayaran ke Membernya). Selain itu anda bisa menilai PTC ini Scam dari membernya, jika membernya berkomentar belum mendapatkan bayaran selama 1 minggu atau lebih dari batas waktu, maka siap-siap bagi anda untuk meninggalkan PTC tersebut. Karena PTC tersebut sudah mengalami krisis dalam hal pembayaran.
  3. Jika tidak ada Forum dan atau Proof Of Payment lebih baik jangan membuang waktu anda mengklik iklan yang ada, karena anda akan terjebak dalam bisnis PTC Scam dan saat anda akan payout, anda tidak akan menerima bayaran.  
Tentu anda akan bertanya, Mengapa PTC rawan dengan Scam?? Dari pertanyaan ini anda sudah dapat menyimpulkan penjelasan kami diatas nomer 1. Bahwa PTC ini merupakan jasa untuk meningkatkan traffik website, jika tidak ada atau kurangnya seseorang melakukan pemasangan iklan websitenya dan investasi di PTC tersebut dibandingkan dengan membernya yang begitu banyak sebagai pengunjung website yang juga butuh bayaran, maka PTC akan mengalami Krisis Pembayaran ke membernya. Hal ini bisa di tandai dengan dihapusnya Forum sebagai tempat komentar membernya ke pihak PTC tersebut.
Disini kami akan memberikan Tips & Trik dalam memilih PTC yang legit dan benar-benar membayar :

  1. Selalu melihat forum dan juga bukti pembayaran yang dilakukan, hal ini digunakan untuk melihat aktifitas PTC ini masih benar-benar membayar membernya atau tidak ...!!! 
  2. Adanya admin dan atau moderator sebagai pemberi informasi apa saja yang akan anda butuhkan dan apa saja yang akan anda tanyakan tentang PTC tersebut.
  3. Pilih PTC yang terpercaya atau Legitimasi dari Membernya. Biasanya PTC Legit mempunyai Forum dan memiliki banyak member didalamnya, seperti Daftar PTC Dibawah ini.
Sekarang kami akan memberikan Daftar PTC Terpercaya 2013, Sebagai berikut :
  • Clixsense/(Queen Of PTC) (Payout $8 For Standard Member)
  • Probux (Payout $5 For Standard Member) 


    Neobux (King of PTC)(Payout $2 For Standard Member)
21.44 | 0 komentar | Read More

ARTIKEL ZAMAN INI: jauhilah penyakit Riya’ dan Gila Popularitas

http://darussalamnews.files.wordpress.com/2011/08/sumah.jpg
Ketenaran (popularitas) memang mahal harganya. Betapa banyak orang yang rela mengorbankan banyak harta benda hanya karena untuk memperoleh ketenaran. Sebagaimana yang telah dilakukan oleh para penyanyi, ataupun para bintang film. Mereka selalu berusaha tampil beda agar bisa menarik perhatian umat dunia. Bahkan ada yang rela untuk melakukan hal-hal yang aneh dan yang diharamkan oleh Allah hanya untuk memperoleh popularitas (sebagaimana penulis membaca pengakuan seorang wanita yang rela untuk berfoto setengah telanjang -bukan setengah lagi, tapi 90%, karena hanya tersisa beberapa utas benang atau secarik kain yang menutupi tubuhnya, “awas jangan dibayangkan!!”-, padalah dia hanya dibayar sangat rendah. Dia mengaku bahwasanya semua itu agar dia menjadi tenar. Na’udzu billahi min dzalik), yang toh setelah perjuangan dan pengorbanannya tersebut dia belum tentu tersohor. Kalaupun terkenal, toh belum tentu bertahan lama. Namun bagaimanapun popularitas merupakan sesuatu impian yang didambakan oleh banyak manusia (kafir maupun muslim).

Sebagaimana yang kita saksikan sekarang ini. Hampir seluruh keanehan-keanehan yang dilakukan oleh manusia sesungguhnya dikarenakan cinta popularitas. Kita lihat ada orang yang mengecet rambutnya bewarna warni, ada yang kepalanya setengah gundul dan setengahnya rambutnya panjang hingga bahunya dan dicat hijau (sebagaimana yang pernah dilihat oleh Syaikh Abdur Rozaq), ada yang rambutnya cuma ditengah saja panjang adapun sisanya gundul (sebagaimana penulis pernah lihat seorang dari tanah air yang model cukurannya seperti itu padahal dia lagi umroh), ada yang dipotong seperti warna macan tutul (botak gundul, botak gundul), ada yang tengahnya gundul dan kanan kiri kepalanya ada rambutnya, ada yang seluruh kepalanya gundul namun tersisia satu pelintiran yang panjang sekali, dan model-model yang lainnya yang banyak sekali dan aneh-aneh. Ini, padahal baru masalah rambut, belum masalah telinga, hiasan leher, apalagi model pakaian. Yang semua ini hanyalah dilakukan demi ketenaran. Demi Allah, seandainya salah mereka itu tinggal di hutan yang tidak ada manusianya sama sekali kecuali dia sendiri, dan dia hanya berteman binatang dan pepohonan, demi Allah dia tidak akan melakukan hal-hal aneh yang telah dia lakukan, karena tidak ada manusia yang memperhatikannya. Kalau dia tetap aneh juga maka dia akan terkenal diantara para hewan. Popularitas merupakan kenikmatan dunia yang mahal harganya.

Penyakit cinta ketenaran ternyata tidak hanya menimpa orang awam saja yang tidak mengetahui perkara-perkara agama, namun juga menjangkiti para ahli ibadah dan para penuntut ilmu syar’i. Walaupun memang bentuknya berbeda, namun hakekatnya sama adalah cinta popularitas. Ahli ibadah juga pingin kesungguhannya dalam beribadah diketahui oleh para ahli ibadah yang lain, ahli ilmu pun ingin orang lain tahu bahwasanya dia adalah seorang yang pandai, sehingga akhirnya martabatnya tinggi dihadapan manusia. Penyakit inilah yang dalam kamus agama disebut penyakit riya’ (pingin dilihat orang) dan sum’ah (pingin didengar orang).

Manusia begitu bersemangat untuk menutupi kejelekan-kejelekan mereka, mereka tutup sebisa mungkin, kejelekan sekecil apapun, dibungkus rapat jangan sampai ketahuan. Hal ini dikarenakan mereka menginginkan mendapatkan kehormatan dimata manusia. Dengan terungkapnya kejelekan yang ada pada mereka maka akan turun kedudukan mereka di mata manusia. Seandainya mereka juga menutupi kebaikan-kebaikan mereka, -sekecil apapun kebaikan itu, jangan sampai ada yang tahu, siapapun orangnya (saudaranya, sahabat karibnya, guru-gurunya, anak-anaknya, bahkan istrinya) tidak ada yang mengetahui kebaikannya- , tentunya mereka akan mencapai martabat mukhlisin (orang-orang yang ikhlas). Mereka berusaha sekuat mungkin agar yang hanya mengetahui kebaikan-kebaikan yang telah mereka lakukan hanyalah Allah. Karena mereka hanya mengharapkan kedudukan di sisi Allah. Berkata Abu Hazim Salamah bin Dinar “Sembunyikanlah kebaikan-kebaikanmu sebagaimana engkau menyembunyikan kejelekan-kejelekanmu.” (Berkata Syaikh Abdul Malik Romadhoni , “Diriwayatkan oleh Al-Fasawi dalam Al-Ma’rifah wa At-Tarikh (1/679), dan Abu Nu’aim dalam Al-Hilyah (3/240), dan Ibnu ‘Asakir dalam tarikh Dimasyq (22/68), dan sanadnya sohih”. Lihat Sittu Duror hal. 45).

Dalam riwayat yang lain yang diriwayatkan oleh Al-Baihaqi dalam Syu’ab Al-Iman no 6500 beliau berkata, “Sembunyikanlah kebaikan-kebaikanmu sebagiamana engkau menyembunyikan keburukan-keburukanmu, dan janganlah engkau kagum dengan amalan-amalanmu, sesungguhnya engkau tidak tahu apakah engkau termasuk orang yang celaka (masuk neraka) atau orang yang bahagia (masuk surga)”.

Berkata Syaikh Abdul Malik, “Namun mengapa kita tidak melaksanakan wasiat Abu Hazim ini?? Kenapa??, hal ini menunjukan bahwa keikhlasan belum sampai ke dalam hati kita sebagaimana yang dikehendaki Allah” (Dari ceramah beliau yang berjuduk ikhlas).

Oleh karena itu banyak para imam salaf yang benci ketenaran. Mereka senang kalau nama mereka tidak disebut-sebut oleh manusia. Mereka senang kalau tidak ada yang mengenal mereka. Hal ini demi untuk menjaga keihlasan mereka, dan karena mereka kawatir hati mereka terfitnah tatkala mendengar pujian manusia.

Berkata Hammad bin Zaid: “Saya pernah berjalan bersama Ayyub (As-Sikhtyani), maka diapun membawaku ke jalan-jalan cabang (selain jalan umum yang sering dilewati manusia-pen), saya heran kok dia bisa tahu jalan-jalan cabang tersebut ?! (ternyata dia melewati jalan-jalan kecil yang tidak dilewati orang banyak) karena takut manusia (mengenalnya dan) mengatakan, “Ini Ayyub” (Berkata Syaikh Abdul Malik Romadhoni: “Diriwayatkan oleh Ibnu Sa’ad (7/249), dan Al-Fasawi dalam Al-Ma’rifah wa At-Tarikh (2/232), dan sanadnya shahih.” (Sittu Duror hal 46)).

Berkata Imam Ahmad: “Aku ingin tinggal di jalan-jalan di sela-sela gunung-gunung yang ada di Mekah hingga aku tidak dikenal. Aku ditimpa musibah ketenaran”. (As-Siyar 11/210).

Tatkala sampai berita kepada Imam Ahmad bahwasanya manusia mendoakannya dia berkata: “Aku berharap semoga hal ini bukanlah istidroj”. (As-Siyar 11/211).

Imam Ahmad juga pernah berkata tatkala tahu bahwa manusia mendoakan beliau: “Aku mohon kepada Allah agar tidak menjadikan kita termasuk orang-orang yang riya”. (As-Siyar 11/211).

Pernah Imam Ahmad mengatakan kepada salah seorang muridnya (yang bernama Abu Bakar) tatkala sampai kepadanya kabar bahwa manusia memujinya: “Wahai Abu Bakar, jika seseorang mengetahui (aib-aib) dirinya maka tidak bermanfaat baginya pujian manusia”. (As-Siyar 11/211).

Berkata Hammad, “Pernah Ayyub membawaku ke jalan yang lebih jauh, maka akupun perkata padanya, “Jalan yang ini yang lebih dekat”, maka Ayyub menjawab: “Saya menghindari majelis-majelis manusia (menghindari keramaian manusia-pen)”. Dan Ayyub jika memberi salam kepada manusia, mereka menjawab salamnya lebih dari kalau mereka menjawab salam selain Ayyub. Maka Ayyub berkata: “Ya Allah sesungguhnya Engkau mengetahui bahwa saya tidaklah menginginkan hal ini !, Ya Allah sesungguhnya Engkau mengetahui bahwa saya tidaklah menginginkan hal ini!.” Berkata Syaikh Abdul Malik: “Diriwayatkan oleh Ibnu Sa’d (7/24  dan Al-Fasawi (2/239), dan sanadnya shahih”. (Sittu Duror hal 47).

Berkata Abu Zur’ah Yahya bin Abi ‘Amr, “Ad-Dlohhak bin Qois keluar bersama manusia untuk sholat istisqo (sholat untuk minta hujan), namun hujan tak kunjung datang, dan mereka tidak melihat adanya awan. Maka beliau berkata: “Dimana Yazid bin Al-Aswad?” (Dalam riwayat yang lain: Maka tidak seorangpun yang menjawabnya, kemudian dia berkata: “Dimana Yazid bin Al-Aswad?, Aku tegaskan padanya jika dia mendengar perkataanku ini hendaknya dia berdiri”), maka berkata Yazid :”Saya di sini!”, berkata Ad-Dlohhak: “Berdirilah!, mintalah kepada Allah agar menurunkan hujan bagi kami!”. Maka Yazid pun berdiri dan menundukan kepalanya diantara dua bahunya, dan menyingsingkan lengan banjunya lalu berdoa: “Ya Allah, sesungguhnya para hambaMu memintaku untuk berdoa kepadaMu”. Lalu tidaklah dia berdoa kecuali tiga kali kecuali langsung turunlah hujan yang deras sekali, hingga hampir saja mereka tenggelam karenanya. Kemudian dia berkata: “Ya Allah, sesungguhnya hal ini telah membuatku menjadi tersohor, maka istirahatkanlah aku dari ketenaran ini”, dan tidak berselang lama yaitu seminggu kemudian diapun meninggal.” Lihat takhrij kisah ini secara terperinci dalam buku Sittu Duror karya Syaikh Abdul Malik Romadloni hal. 47.

Lihatlah wahai saudaraku, bagaimana Yazid Al-Aswad merasa tidak tentram dengan ketenarannya bahkan dia meminta kepada Allah agar mencabut nyawanya agar terhindar dari ketenarannya. Ketenaran di mata Yazid adalah sebuah penyakit yang berbahaya, yang dia harus menghindarinya walaupun dengan meninggalkan dunia ini. Allahu Akbar.. ! inilah akhlak salaf (Berkata Guru kami Syaikh Abdul Qoyyum, “Adapun orang-orang yang memerintahkan para pengikutnya atau rela para pengikutnya mencium tangannya lalu ia berkata bahwa ia adalah wali Allah maka ia adalah dajjal”). Namun banyak orang yang terbalik, mereka malah menjadikan ketenaran merupakan kenikmatan yang sungguh nikmat sehingga mereka berusaha untuk meraihnya dengan berbagai macm cara.

Dari Abu Hamzah Ats-Tsumali, beliau berkata: “Ali bin Husain memikul sekarung roti diatas pundaknya pada malam hari untuk dia sedekahkan, dan dia berkata, “Sesungguhnya sedekah dengan tersembunyi memadamkan kemarahan Allah”. Ini merupakan hadits yang marfu’ dari Nabi, yang diriwayatkan dari banyak sahabat, seperti Abdullah bin Ja’far, Abu Sa’id Al-Khudri, Ibnu “Abbas, Ibnu Ma’ud, Ummu Salamah, Abu Umamah, Mu’awiyah bin Haidah, dan Anas bin Malik. Berkata Syaikh Al-Albani: “Kesimpulannya hadits ini dengan jalannya yang banyak serta syawahidnya adalah hadits yang shahih, tidak diragukan lagi. Bahkan termasuk hadits mutawatir menurut sebagian ahli hadits muta’akhirin” (As-Shohihah 4/539, hadits no. 1908).

Dan dari ‘Amr bin Tsabit berkata, “Tatkala Ali bin Husain meninggal mereka memandikan mayatnya lalu mereka melihat bekas hitam pada pundaknya, lalu mereka bertanya: “Apa ini”, lalu dijawab: “Beliau selalu memikul berkarung-karung tepung pada malam hari untuk diberikan kepada faqir miskin yang ada di Madinah”.

Berkata Ibnu ‘Aisyah: “Ayahku berkata kepadaku: “Saya mendengar penduduk Madinah berkata: “Kami tidak pernah kehilangan sedekah yang tersembunyi hingga meninggalnya Ali bin Husain” Lihat ketiga atsar tersebut dalam Sifatus Sofwah (2/96), Aina Nahnu hal. 9.

Lihatlah bagaimana Ali bin Husain menyembunyikan amalannya hingga penduduk Madinah tidak ada yang tahu, mereka baru tahu tatkala beliau meninggal karena sedekah yang biasanya mereka terima di malam hari berhenti, dan mereka juga menemukan tanda hitam di pundak beliau.

Seseorang bertanya pada Tamim Ad-Dari “Bagaimana sholat malam engkau”, maka marahlah Tamim, sangat marah, kemudian berkata, “Demi Allah, satu rakaat saja sholatku ditengah malam, tanpa diketahui (orang lain), lebih aku sukai daripada aku sholat semalam penuh kemudian aku ceritakan pada manusia” (Dinukil dari kitab Az- Zuhud, Imam Ahmad).

Tidak seorangpun diantara kita yang meragukan akan kesungguhan para sahabat dalam beribadah. Namun walaupun demikian, mereka tidaklah ujub, atau memamerkan amalan mereka kapada manusia, jauh sekali dengan kita. Adapun sebagian kita (atau sebagian besar, atau seluruhnya (kecuali yang dirahmati oleh Allah), Allahu Al-Musta’an, sudah amalannya sedikit, namun diceritakan kemana-mana (Bahkan kalau bisa orang sedunia mengetahuinya). Ada yang berkata, “Dakwah saya disana…, disini…”, ada juga yang berkata,”Yang menghadiri majelis saya jumlahnya sekian dan sekian…” (padahal kalau dihitung belum tentu sebanyak yang disebutkan, atau memang benar yang hadir majelisnya banyak tetapi tidak selalu. Terkadang yang hadir dalam sebagian majelisnya cuma sedikit, namun tidak dia ceritakan, atau yang hadir banyak tapi pada ngantuk semua, juga tidak dia ceritakan. Pokoknya dia ingin gambarkan pada manusia bahwa dia adalah da’i favorit), ada yang berkata, “Saya sudah baca kitab ini, kitab itu.. hal ini sebagaimana termuat dalam kitab ini atau kitab itu…”(padahal belum tentu satu kitabpun dia baca dari awal hingga akhir, atau bahkan belum tentu dia baca sama sekali secara langsung kitab itu. Namun dia ingin gambarkan pada manusia bahwa mutola’ahnya banyak, agar mereka tahu bahwa dia adalah orang yang berilmu dan gemar membaca). Yang mendorong ini semua adalah karena keinginan mendapat penghargaan dan penghormatan dari manusia.

Lihatlah Tamim Ad-Dari tidak membuka pintu yang bisa mengantarkannya terjatuh dalam riya, sehingga dia tidak mau menjawab orang yang bertanya tentang ibadahnya. Namun sebaliknya, sebagian kaum muslimin sekarang justru menjadikan kesempatan pertanyaan seperti itu untuk bisa menceritakan seluruh ibadahnya, bahkan menanti-nanti untuk ditanya tentang ibadahnya, atau dakwahnya, atau perkara yang lainnya.

Ayyub As-Sikhtiyani sholat sepanjang malam, dan jika menjelang fajar maka dia kembali untuk berbaring di tempat tidurnya. Dan jika telah terbit fajar maka diapun mengangkat suaranya seakan-akan dia baru saja bangun pada saat itu. (Diriwayatkan oleh Abu Nu’aim dalam Al-Hilyah 3/8).

Berkata Muhammad bin A’yun, “Aku bersama Abdullah bin Mubarok dalam peperangan di negeri Rum. Tatkala kami selesai sholat isya’ Ibnul Mubarok pun merebahkan kepalanya untuk menampakkan padaku bahwa dia sudah tertidur. Maka akupun –bersama tombakku yang ada ditanganku- menggenggam tombakku dan meletakkan kepalaku diatas tombak tersebut, seakan-akan aku juga sudah tertidur. Maka Ibnul Mubarok menyangka bahwa aku sudah tertidur, maka diapun bangun diam-diam agar tidak ada sorangpun dari pasukan yang mendengarnya lalu sholat malam hingga terbit fajar. Dan tatkala telah terbit fajar maka diapun datang untuk membagunkan aku karena dia menyangka aku tidur, seraya berkata “Ya Muhammad bangunlah!”, Akupun berkata: “Sesungguhnya aku tidak tidur”. Tatkala Ibnul Mubarok mendengar hal ini dan mengetahui bahwa aku telah melihat sholat malamnya maka semenjak itu aku tidak pernah melihatnya lagi berbicara denganku. Dan tidak pernah juga ramah padaku pada setiap peperangannya. Seakan-akan dia tidak suka tatkala mengetahui bahwa aku mengetahui sholat malamnya itu, dan hal itu selalu nampak di wajahnya hingga beliau wafat. Aku tidak pernah melihat orang yang lebih menymbunyikan kebaikan-kebaikannya daripada Ibnul Mubarok” (Al-Jarh wa At-Ta’dil, Ibnu Abi Hatim 1/266).

Wahai saudaraku, ketahuilah… sesungguhnya ikhlas adalah sesuatu yang sangat berat, penuh perjuangan untuk bisa meraihnya. Pintu-pintu yang bisa dimasuki syaitan untuk bisa merusak keikhlasan kita terlalu banyak. Tatkala kita sedang beramal maka syaitanpun berusaha untuk bisa menjadikan kita riya’, kalau tidak bisa menjadikan kita riya’ di permulaan amal, maka dia akan berusaha agar kita riya’ di pertengahan amal. Kalau tidak mampu lagi maka di akhir amalan kita. Oleh karena itu kita dapati para salaf dahulu memngecek niat mereka ditengah amalan mereka, apakah masih tetap ikhlas atau sudah berubah?. Diriwayatkan dari Sualaiman bin Dawud Al-Hasyimi: “Terkadang saya menyampaikan sebuah hadits dan niat saya ikhlas, (namun) tatkala saya sampaikan sebagian hadits tersebut berubahlah niat saya, ternyata satu hadits saja membutuhkan banyak niat” Disebutkan oleh Al-Khotib Al-Bagdadi dalam Tarikh beliau (9/31), Al-Mizzi dalam Tahdzibul Kamal (11/412), dan Ad-Dazahabi dalam Siyar (10/625), lihat Jami’ul ‘Ulum wal Hikam hal 83, tahqiq Al-Arnauth).

Lihatlah bagaimana hati-hatinya salaf dalam menjaga niat mereka, untuk bisa menyampaikan satu hadits saja (yang mungkin hanya beberapa buah kata) dia memperhatikan niatnya berulang-ulang. Bagaimana dengan kita sekarang? Bukan cuma berpuluh-puluh kata yang kita lontarkan, bahkan beribu-ribu kata (tatkala mengisi pengajian, atau memberi pendapat atau nasehat tatkala diminta, atau yang lainnya…) pernahkah kita mengecek niat kita disela-sela pembicaraan kita??. Terkadang seseorang di awal sedang mengisi pengajian, dia mendapati niatnya ikhlas. Namun tatkala di tengah pengajian, disaat dia memandang bagaimana para pendengarnya terkagum-kagum dengan kefasihannya melontarkan dalil disaat itulah syaitan berperan aktif untuk merubah niatnya. Waspadalah wahai para saudaraku… sesungguhnya hanya sedikit yang selamat dari tipu daya syaitan.

Sungguh benarlah perkataan Sufyan Ats-Tsauri, “Saya tidak pernah menghadapi sesuatu yang lebih berat daripada niat, karena niat itu berbolak-balik (berubah-ubah)” (Hilyatul Auliya (7/ hal 5 dan 62), lihat Jami’ul ‘Ulul wal Hikam hal 70, tahqiq Al-Arnauth).

Kalau seseorang telah selamat dari tipu daya syaitan hingga selesai amalnya, ingatlah…syaitan tidak putus asa. Dia mulai menggelitik hati orang tersebut dan merayu orang tersebut untuk menceritakan amalan solehnya pada manusia, dan syaitan menipunya dengan berkata, “Ini bukanlah riya…, supaya kamu bisa dicontohi manusia…”. Akhirnya terjebaklah orang tersebut dan diapun mengungkapkan kebaikan-kebaikannya dihadapan orang, maka bisa jadi diapun menceritakan kabaikan-kebaikannya pada manusia karena riya’, maka ini merupakan kecelakaan baginya, atau kalau tidak maka minimal pahalanya berkurang. Karena pahala amalan yang sirr (disembunyikan) lebih baik daripada amalan yang diketahui orang lain.

Allah berfirman, yang artinya:
“Jika kalian menampakkan sedekah kalian maka itu adalah baik sekali. Dan jika kalian menyembunyikannya dan kalian berikan kepada orang-orang fakir maka menyembunyikanya itu lebih baik bagi kalian. Dan Allah akan menghapuskan dari kalian sebagian kesalahan-kesalahan kalian, dan Allah maha mengetahui apa yang kalian kerjakan” (QS. Al-Baqoroh: 271).

Berkata Ibnu Kasir dalam Tafsirnya, “Asalnya isror (amalan secara tersembunyi tanpa diketahui orang lain) adalah lebih afdol dengan dalil ayat ini dan hadits dalam shohihain (Bukhori dan Muslim) dari Abu Huroiroh, beliau berkata: “Berkata Rasulullah : “Tujuh golongan yang berada dibawah naungan Allah pada hari dimana tidak ada naungan kecuali naungan Allah, Imam yang adil, dan seorang yang bersedekah lalu dia menyembunyikannya hingga tangan kirinya tidak mengetahui apa yang diinfakkan oleh tangan kanannya” Diriwayatkan oleh Al-Bukhori (1423) dan Muslim (2377). Berkata Imam Nawawi: “Berkata para Ulama bahwanya penyebutan tangan kanan dan kiri menunjukan kesungguhan dan sangat dismbunyikannya serta tidak diketuhinya sedekah. Perumpamaan dengan kedua tangan tersebut karena dekatnya tangan kanan dengan tangan kiri, dan tangan kanan selalu menyertai tangan kiri. Dan maknanya adalah seandainya tangan kiri itu seorang laki-laki yang terjaga maka dia tidak akan mengetahui apa yang diinfak oleh tangan kanan karena saking disembunyikannya.” (Al-Minhaj 7/122), hal ini juga sebagaimana penjelasan Ibnu Hajr (Al-Fath 2/191).

Rosulullah bersabda: “Tatkala Allah menciptakan bumi, bumi tersebut bergoyang-goyang, maka Allah pun menciptakan gunung-gunung kalau Allah lemparkan gunung-gunung tersebut di atas bumi maka tenanglah bumi. Maka para malaikatpun terkagum-kagum dengan penciptaan gunung, mereka berkata, “Wahai Tuhan kami, apakah ada dari makhluk Mu yang lebih kuat dari gunung?” Allah berkata, “Ada yaitu besi”. Lalu mereka bertanya (lagi), “Wahai Tuhan kami, apakah ada dari makhlukMu yang lebih kuat dari besi?”, Allah menjawab, “Ada yaitu api.”, mereka bertanya (lagi), “Wahai Tuhan kami, apakah ada makhluk Mu yang lebih kuat dari pada api?”, Allah menjawab, “Ada yaitu air”, mereka bertanya (lagi), “Wahai Tuhan kami, apakah ada makhlukMu yang lebih kuat dari pada air?”, Allah menjawab, “Ada yaitu air” mereka bertanya (lagi), “Wahai Tuhan kami, apakah ada makhlukMu yang lebih kuat dari pada air?”, Allah menjawab, “Ada yaitu angin” mereka bertanya (lagi), “Wahai Tuhan kami, apakah ada makhlukMu yang lebih kuat dari pada angin?”, Allah menjawab, “Ada yaitu seorang anak Adam yang bersedekah dengan tangan kanannya lalu dia sembunyikan agar tidak diketahui tangan kanannya”. Diriwayatkan oleh Imam Ahamad dalam Musnadnya 3/124 dari hadits Anas bin Malik. Berkata Ibnu Hajar, “Dari hadits Anas dengan sanad yang hasan marfu’” (Al-Fath 2/191).

Sungguh benar orang yang berkata, “Jangan heran kalau engkau melihat seorang yang bisa jalan di atas air, karena syaitan juga bisa berjalan di atas air. Janganlah heran kalau engkau melihat seorang yang berjalan terbang diudara, karena syaitan juga bisa terbang di udara. Tapi heranlah engkau jika engkau melihat seorang yang bersedekah dengan tangan kanannya namun tangan kirinya tidak mengetahuinya, karena syaitan tidak bersedekah (apalagi dengan ikhlas) (Untaian kalimat ini, penulis tidak mengetahui siapa yang mengucapkannya. Namun penulis pernah mendengarnya dari seorang petugas penjaga mushola dikapal laut, tatkala menyampaikan nasehat pada awak penumpang kapal. Mungkin saja dialah yang mengucapkan perkataan ini pertama kali. Namun bagaimanapun perkataan ini benar maknanya jika ditinjau dari kacamata syar’i, Wallahu A’lam).

Ingat perkataan Ibnul Qoyyim, “Tidaklah akan berkumpul keikhlasan dalam hati bersama rasa senang untuk dipuji dan disanjung dan keinginan untuk memperoleh apa yang ada pada manusia kecuali sebagaimana terkumpulnya air dan api…” (Fawaid Al-Fawaid, Ibnul Qoyyim, tahqiq Syaikh Ali Hasan, hal 423). Wahai Dzat yang membolak-balikan hati-hati (manusia) tetapkanlah hatiku di atas agamaMu.
Para ulama menjelaskan bahwa keutamaan menyembunyikan amalan kebajikan (karena hal ini lebih menjauhkan dari riya) itu hanya khusus bagi amalan-amalan mustahab bukan amalan-amalan yang wajib. Berkata Ibnu Hajar: “At-Thobari dan yang lainnya telah menukil ijma’ bahwa sedekah yang wajib secara terang-terangan lebih afdhol daripada secara tersembunyi. Adapun sedekah yang mustahab maka sebaliknya.” (Al-Fath 3/365). Sebagian mereka juga mengecualikan orang-orang yang merupakan teladan bagi masyarakat, maka justru lebih afdhol bagi mereka untuk beramal terang-terangan agar bisa diikuti dengan syarat mereka aman dari riya’, dan hal ini tidaklah mungkin kecuali jika iman dan keyakinan mereka yang kuat.

Hukum menyembunyikan amal

Imam Al-Iz bin Abdus Salam telah menjelaskan hukum menyembunyikan amalan kebajikan secara terperinci sebagai berikut. Beliau berkata, “Keta’atan (pada Allah) ada tiga:

Yang pertama, adalah amalan yang disyariatkan secara dengan dinampakan seperti adzan, iqomat, bertakbir, membaca Quran dalam sholat secara jahr, khutbah-kutbah, amar ma’ruf nahi mungkar, mendirikan sholat jumat dan sholat secara berjamaah, merayakan hari-hari ‘ied, jihad, mengunjungi orang-orang yang sakit, mengantar jenazah, maka hal-hal seperti ini tidak mungkin disembunyikan. Jika pelaku amalan-amalan tersebut takut riya, maka hendaknya dia berusaha bersungguh-sungguh untuk menolaknya hingga dia bisa ikhlas kemudian dia bisa melaksanakannya dengan ikhlas, sehingga dengan demikian dia akan mendapatkan pahala amalannya dan juga pahala karena kesungguhannya menolak riya, karena amalan-amalan ini maslahatnya juga untuk orang lain.

Yang kedua, amalan yang jika diamalkan secara tersembunyi lebih afdhol dari pada jika dinampakkan. Contohnya seperti membaca qiro’ah secara perlahan tatkala sholat (yaitu sholat yang tidak disyari’atkan untuk menjahrkan qiro’ah), dan berdzikir dalam sholat secara perlahan. Maka dengan perlahan lebih baik daripada jika dijahrkan.

Yang ketiga, amalan yang terkadang disembunyikan dan terkadang dinampakkan seperti sedekah. Jika dia kawatir tertimpa riya’ atau dia tahu bahwasanya biasanya kalau dia nampakan amalannya dia akan riya’, maka amalan (sedekah) tersebut disembunyikan lebih baik daripada jika dinampakkan.

Adapun orang yang aman dari riya’ maka ada dua keadaannya:

Yang pertama, dia bukanlah termasuk orang yang diikuti, maka lebih baik dia menyembunyikan sedekahnya, karena bisa jadi dia tertimpa riya’ tatkala menampakkan sedekahnya.

Yang kedua, dia merupakan orang yang dicontohi, maka dia menampakan sedekahnya lebih baik karena hal itu membantu fakir miskin dan dia akan diikuti. Maka dia telah memberi manfaat kepada fakir miskin dengan sedekahnya dan dia juga menyebabkan orang-orang kaya bersedekah pada fakir miskin karena mencontohi dia, dan dia juga telah memberi manfaat pada orang-orang kaya tersebut karena mengikuti dia beramal soleh.” Qowa’idul Ahkam 1/125 (Sebagaimana dinukil oleh Sulaiman Al-Asyqor dal kitabnya Al-Ikhlash hal 128-129).

Tentunya kita lebih mengetahui diri kita, kita termasuk orang yang aman dari riya atau tidak.

=================================

Mengobati penyakit cinta ketenaran

Berkata Abdullah bin Mas’ud, “Seandainya kalian mengetahui dosa-dosaku maka tidak ada dua orangpun yang berjalan di belakangku, dan kalian pasti akan melemparkan tanah di kepalaku, aku sungguh berangan-angan agar Allah mengampuni satu dosa dari dosa-dosaku dan aku dipanggil dengan Abdullah bin Rowtsah”. (Al-Mustadrok 3/357 no. 5382).

Berkata Syaikh Sholeh Alu Syaikh, ((”Untaian kalimat ini adalah madrasah (pelajaran), dan hal ini tidak diragukan lagi karena tersohornya seseorang mungkin terjadi jika orang tersebut memiliki kelebihan diantara manusia, bahkan bisa jadi orang-orang mengagungkannya, bisa jadi orang-orang memujinya, bisa jadi mereka mengikutinya berjalan di belakangnya. Seseorang jika semakin bertambah ma’rifatnya kepada Allah maka ia akan sadar dan mengetahui bahwa dosa-dosanya banyak, dan banyak, dan sangat banyak. Oleh karena tidaklah suatu hal yang mengherankan jika Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam mewasiatkan kepada Abu Bakar –padahal ia adalah orang yang terbaik dari umat ini dari para sahabat Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam – yang selalu membenarkan (apa yang dikabarkan oleh Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam-pen), yang Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam telah berkata tentangnya, “Jika ditimbang iman Abu Bakar dibanding dengan iman umat maka akan lebih berat iman Abu Bakar”, namun Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam mewasiatkannya untuk berdo’a di akhir sholatnya, “Robku, sesungguhnya aku telah banyak mendzolimi diriku dan tidak ada yang mengampuni dosa-dosa kecuali engkau maka ampunilah aku dengan pengampunanMu”. Yang mewasiatkan adalah Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam dan yang diwasiatkan adalah Abu Bakar As-Shiddiq. Semakin bertambah ma’rifat seorang hamba kepada Robnya maka ia akan takut kepada Allah, takut kalau ada yang mengikutinya dari belakang, khawatir ia diagungkan diantara manusia, khawatir diangkat-angkat diantara manusia, karena ia mengetahui hak-hak Allah sehingga dia mengetahui bahwa ia tidak akan mungkin menunaikan hak Allah, ia selalu kurang dalam bersyukur kepada Allah, dan ini merupakan salah satu bentuk dosa.

Diantara manusia ada yang merupakan qori’ Al-Qur’an dan tersohor karena keindahan suaranya, keindahan bacaannya, maka orang-orangpun berkumpul di sekitarnya. Diantara manusia ada yang alim, tersohor dengan ilmunya, dengan fatwa-fatwanya, dengan kesholehannya, kewaro’annya, maka orang-orangpun berkumpul di sekelilingnya.

Diantara mereka ada yang menjadi da’i yang terkenal dengan pengorbanannya dan perjuangannya dalam berdakwah maka orang-orang pun berkumpul di sekelilingnya karena Allah telah memberi petunjuk kepada mereka dengan perantaranya. Demikian juga ada yang terkenal dengan sikapnya yang selalu menunaikan amanah, ada yang tersohor dengan sikapnya yang menegakkan amar ma’ruf nahi mungkar, dan demikianlah… Posisi terkenalnya seseorang merupakan posisi yang sangat mudah menggelincirkan seseorang, oleh karena itu Ibnu Mas’ud mewasiatkan kepada dirinya sendiri dengan menjelaskan keadaan dirinya (yang penuh dengan dosa), dan menjelaskan apa yang wajib bagi setiap orang yang memiliki pengikut…

Hendaknya setiap orang yang tersohor (dengan kebaikan) atau termasuk orang yang terpandang untuk selalu merendahkan dirinya diantara manusia dan menampakkan hal itu, bukan malah untuk semakin naik derajatnya di hadapan manusia namun agar semakin terangkat derajatnya di hadapan Allah, dan ini semua kembali kepada keikhlasan, karena diantara manusia ada yang merendahkan dirinya di hadapan manusia namun agar tersohor dan ini adalah termasuk (tipuan) syaitan. Dan diantara manusia ada yang merendahkan dirinya di hadapan manusia dan Allah mengetahui hatinya bahwasanya ia benar dengan sikapnya itu, ia takut pertemuan dengan Allah, ia takut hari di mana dibalas apa-apa yang terdapat dalam dada-dada, hari di mana nampak apa yang ada disimpan di hati-hati, tidak ada yang tersembunyi di hadapan Allah dan mereka tidak bisa menyembunyikan pembicaraan mereka di hadapan Allah.

Ini adalah pelajaran yang berharga bagi setiap yang dipanuti dan yang mengikuti. Adapun pengikut maka hendaknya ia tahu bahwa orang yang diikutinya itu tidak boleh diagungkan, namun hanyalah diambil faedah darinya berupa syari’at Allah atau faedah yang diambil oleh masyarakat, karena yang diagungkan hanyalah Allah kemudian Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam. Adapun manusia yang lain maka jika mereka baik maka bagi mereka rasa cinta pada diri kita. Dan hendaknya orang yang tersohor untuk selalu takut, rendah, dan mengingat dosa-dosanya, mengingat bahwa ia akan berdiri di hadapan Allah, ingat bahwasanya ia bukanlah orang yang berhak diikuti oleh dua orang di belakangnya.

Oleh karena itu tatkala Abu Bakar dipuji di hadapan manusia maka ia berkutbah setelah itu dan riwayat ini shahih sebagaimana diriwayatkan oleh imam Ahmad dan yang lainnya ia berkata: “Ya Allah jadikanlah aku lebih baik dari apa yang mereka persangkakan dan ampunkanlah apa-apa yang mereka tidak ketahui”, ia mengucapkan doa ini dengan keras untuk mengingatkan manusia bahwasanya ia memiliki dosa sehingga mereka tidak berlebih-lebihan kepadanya. Apakah hal ini sebagaimana yang kita lihat pada kenyataan dimana orang yang diagungkan semakin menjadi-jadi agar diagungkan dirinya??, orang yang mengagungkan juga semakin mengagungkan orang yang diikutinya?? Ini bukanlah jalan para sahabat radhiallahu ‘anhum, Umar terkadang ujub dengan dirinya -dan dia adalah seorang khalifah, orang kedua yang dikabarkan dengan masuk surga setelah Abu Bakar-, maka ia pun memikul suatu barang di tengah pasar untuk merendahkan dirinya hingga ia tidak merasa dirinya besar.

Diantara kesalahan-kesalahan adalah sifat ujub (takjub dengan diri sendiri), yaitu seseorang memandang dirinya waw (hebat). Ada diantara salafus shalih yang jika hendak menyampaikan suatu (mau’idzoh) dan jika ia melihat orang-orang berkumpul maka iapun meninggalkan majelis tersebut, kenapa?, karena keselamatan jiwanya lebih utama dibandingkan keselamatan jiwa orang lain, karena ia melihat ramainya orang yang telah berkumpul dan ia menyadari bahwa dirinya mulai merasakan bahwa dirinya senang karena kehadiran mereka, yang pada diam memperhatikannya, dan memperhatikannya, maka iapun mengobati dirinya dengan meninggalkan mereka maka merekapun membicarakannya akibat hal tersebut, Namun yang paling penting adalah keselamatan jiwa dan hatinya dihadapan Allah. Dan keselamatan hatinya lebih utama dibandingkan keselamatan hati orang lain…”)). (Dari ceramah Syaikh Sholeh Alu Syaikh yang berjudul Waqofaat ma’a kalimaat li Ibni Mas’ud).

======================================

Riya itu samar

Sungguh benar sabda Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam bahwasanya riya itu samar sehingga terkadang menimpa seseorang padahal ia menyangka bahwa ia telah melakukan yang sebaik-baiknya. Dikisahkan bahwasanya ada seseorang yang selalu sholat berjama’ah di shaf yang pertama, namun pada suatu hari ia terlambat sehingga sholat di saf yang kedua, ia pun merasa malu kepada jama’ah yang lain yang melihatnya sholat di shaf yang kedua. Maka tatkala itu ia sadar bahwasanya selama ini senangnya hatinya, tenangnya hatinya tatkala sholat di shaf yang pertama adalah karena pandangan manusia. (Tazkiyatun Nufus hal 15).

Berkata Abu ‘Abdillah Al-Anthoki, “Fudhail bin ‘Iyadh bertemu dengan Sufyan Ats-Tsauri lalu mereka berdua saling mengingat (Allah) maka luluhlah hati Sufyan atau ia menangis. Kemudian Sufyan berkata kepada Fudhail, “Wahai Abu ‘Ali sesungguhnya aku sangat berharap majelis (pertemuan) kita ini rahmat dan berkah bagi kita”, lalu Fudhail berkata kepadanya, “Namun aku, wahai Abu Abdillah, takut jangan sampai majelis kita ini adalah suatu mejelis yang mencelakakan kita “, Sufyan berkata, “Kenapa wahai Abu Ali?”, Fudhail berkata, “Bukankah engkau telah memilih perkataanmu yang terbaik lalu engkau menyampaikannya kepadaku, dan akupun telah memilih perkataanku yang terbaik lalu aku sampaikan kepadamu, berarti engkau telah berhias untuk aku dan aku pun telah berhias untukmu”, lalu Sufyan pun menangis dengan lebih keras daripada tangisannya yang pertama dan berkata, “Engkau telah menghidupkan aku semoga Allah menghidupkanmu”. (Tarikh Ad-Dimasyq 48/404).

Perhatikanlah wahai saudaraku… sesungguhnya hanyalah orang-orang yang beruntung yang memperhatikan gerak-gerik hatinya, yang selalu memperhatikan niatnya. Terlalu banyak orang yang lalai dari hal ini kecuali yang diberi taufik oleh Allah. Orang-orang yang lalai akan memandang kebaikan-kebaikan mereka pada hari kiamat menjadi kejelekan-kejelekan, dan mereka itulah yang dimaksudkan oleh Allah dalam firman-Nya.

“Dan (jelaslah) bagi mereka akibat buruk dari apa yang telah mereka perbuat dan mereka diliputi oleh pembalasan yang mereka dahulu selalu memperolok-olokkannya.” (QS. Az Zumar: 48).

“Yaitu orang-orang yang telah sia-sia perbuatannya dalam kehidupan dunia ini, sedang mereka menyangka bahwa mereka berbuat sebaik-baiknya.” (QS. Al Kahfy: 104).

Maroji’:

Fathul Bari, Ibnu Hajar Al-‘Asqolani, dar As-Salam, Riyadh, cetakan pertama Tahun 2000 masehi

Al-Minhaj syarh Sohih Muslim, Imam Nawawi, Dar Al-Ma’rifah

Jami Al-‘Ulum wa Al-Hikam, Ibnu Rojab, tahqiq Al-Arnauth

Sittu Duror min Ushuli Ahlil Atsar, Syaikh Abdul Malik Romadhoni, maktabah Al-Asholah

Tafsir Ibnu Katsir, tahqiq Al-Banna, dar Ibnu Hazm, cetakan pertama

Fawaid Al-Fawaid, Ibnul Qoyyim, tahqiq Syaikh Ali Hasan, Dar Ibnul Jauzi

Al-Ikhlash, Sulaiman Al-Asyqor, dar An-Nafais

Silsilah Al-Ahadits As-Sohihah, Syaikh Al-Albani

Aina Nahnu min Akhlak As-Salaf, Abdul Aziz bin Nasir Al-Jalil, Dar Toibah

Waqofaat ma’a kalimaat li Ibni Mas’ud, transkrip dari ceramah Syaikh Sholeh Alu Syaikh

Tazkiyatun Nufus, Ahmad Farid

dikutip dari: Penyakit Riya’ dan Gila Popularitas (Hadits ke-1 Arba’in An-Nawawi)

Judul Asli: Ikhlas dan Bahaya Riya

Penulis: Ustadz Firanda

http://opi.110mb.com/haditsweb/download.htm

Sumber:

http://muslim.or.id/?p=190
21.38 | 0 komentar | Read More

YANG TERBARU DARI BAGINDAERY

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...