ARTIKEL PILIHAN

GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Inilah Empat Pesan Nabi Sebelum Tidur

Written By Situs Baginda Ery (New) on Sabtu, 28 September 2013 | 17.24

by: http://syafiqb.com/2013/07/13/4-pesan-nabi-sebelum-tidur/
Rasulullah SAAW berpesan kepada Siti Fatimah az-Zahra (as), putri tercintanya: ”Hai Fatimah, jangan engkau tidur sebelum melakukan empat perkara, yaitu:
http://1.bp.blogspot.com/-YoCu54pPK6s/UYNq7A0BkhI/AAAAAAAABR8/EajVujuEu-Q/s1600/image_cbf3a27176f3c6fee3da4854ac599c87.jpg
  1. Sebelum mengkhatamkan Al-Qur’an
  2. Sebelum membuat para Nabi memberimu syafaat di Hari Akhir
  3. Sebelum para Muslim meridhaimu
  4. Sebelum kau laksanakan Haji dan Umrah”
Sang putri yang Sayyidatun Nisa I’ll ‘Alamin itu bertanya kepada ayahnya: ”Ya Rasulullah.. Bagaimana aku dapat melaksanakan empat perkara seketika?”
Terima kasih kepada Kang Abdi Ole Leho, yang mengijinkan saya membagi tulisan beliau di Facebook-nya ke dalam blog ini.
Rasul yang mulia tersenyum dan bersabda: “Sebelum engkau tidur (lakukan ini):
  1. Bacalah Surat Al-Ikhlas tiga kali, dengan begitu seakan-akan kau mengkhatamkan seluruh Al-Qur’an.” [Bismillaahir rahmaanir rahiim, Qulhuallaahu ahad' Allaahushshamad' lam yalid walam yuulad' walam yakul lahuu kufuwan ahad' (3x)].
  2. Bacalah solawat untukku dan para Nabi sebelum aku, maka kami semua akan memberi syafa’at di hari kiamat“. [Bismillaahir rahmaanir rahiim, Allaahumma shallii 'alaa  Muhammad wa aali  Muhammad (3x)].
  3. Beristighfarlah (memohonkan ampunan) untuk para Muslimin, maka mereka semua akan meridhaimu“.[(Astaghfirullaahal 'adziim aladzii laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyuum, dzul jalaali wal ikram wa atuubu ilaih (3x)]
  4. Perbanyaklah bertasbih (menyucikan Alla), bertahmid (mensyukuri Allah), bertahlil (mentauhidkan Allah) dan bertakbir (mengagungkan Allah), maka seakan-akan kau telah melaksanakan ibadah Haji dan Umrah“. [Bismillaahir rahmaanir rahiim, SubhanAllaahi alhamdulillaahi walaa ilaaha illa Allahu wAllaahu akbar (3x)]
Al-ikhlas – salah satu surat terpenting dalam Al-Quran
————–
Selanjutnya, Nabi SAAW juga mengajarkan kepada the Lady of Light ini satu hal yang jauh lebih penting dari permintaan sederhananya melalui suaminya, Imam Ali bin Abithalib (as).
Ceritanya begini.
Suatu hari Imam Ali melihat Sayyidah Fatimah kepayahan menumbuk gandum, mengerjakan pekerjaan rumahnya sambil memomong Imam Hasan dan Imam Husain yang masih kecil. Imam Ali melihat tangannya luka-luka karena pekerjaan yang begitu berat. Beliau selanjutnya mengusulkan untuk memohon bantuan Rasulullah dengan meminjamkan tawanan/sahaya untuk membantu Fatimah.
Fatimah malu untuk melakukan itu dan akhirnya Imam Ali menyampaikannya sendiri. Namun Rasulullah yang terharu dengan penderitaan putri tercintanya tak dapat mengabulkan permohonan Sayyidah Fatimah. Imam Ali pulang dengan tangan hampa.
Malam hari menjelang tidur Baginda Rasul SAAW menyambangi rumah Ahlul Bayt ini dan bersabda kepada Fatimah. “Hai Fatimah, inginkah engkau kuberi sesuatu yang jauh lebih baik daripada apa yang engkau minta hari ini?”
Tentu saja Sayyidatun Nisa I’ll ‘Alamin ini mengiyakan. Rasul selanjutnya bersabda, “yaitu engkau membaca ‘Allahu Akbar‘ 34x, ‘Alhamdulillah‘ 33x dan ‘Subhanallah‘ 33x, sebelum tidur dan sesudah salat.”
Wirid di atas selanjutnya disebut ‘Tasbih Az-Zahra‘.
Pada waktu Rasulullah wafat, Siti Fatimah (as) merasakan kehilangan yang luar biasa. Setiap hari beliau mengunjungi makam ayahnya, sang ‘Kekasih Allah’ itu, biasanya sambil memeluk dan menggenggam kubur Baginda Rasul.
Suatu saat beliau mengambil tanah dari kubur tersebut dan membuat butiran-butiran tanah yang selanjutnya digunakan sebagai alat untuk menghitung Tasbih Az-Zahra di atas. Inilah asal muasalnya tasbih yang kita kenal sekarang. Tasbih mengunakan butiran-butiran itu sunnah Keluarga (Ahlul Bait) Rasulullah SAAW.
17.24 | 0 komentar | Read More

600 ribu Kalimat. Pesan Rasulullah kepada Syaidina Ali

by: https://www.facebook.com/notes/-bidadari-dunia-itu-wanita-muslimah-/600-ribu-kalimatpesan-rasulullah-kepada-syaidina-ali/305941642752806
600 ribu Kalimat.Pesan Rasulullah kepada Syaidina Ali
http://4.bp.blogspot.com/-ogcuzpCpm8E/UB20Ov4KY8I/AAAAAAAAAD4/0rdMrFOv2WE/s1600/imam_ali.jpg

Rasulullah saww bersabda : Wahai Ali apakah engkau menginginkan 600 ribu kambing, 600 ribu dinar atau 600 ribu kalimat ? Lalu Imam Ali as menjawab : "Wahai Rasulullah saww aku menginginkan 600 ribu kalimat." Lalu Rasulullah saww bersabda : "Wahai Ali! Aku akan
meringkas 600 ribu kalimat itu dalam enam kalimat.

Jika engkau melihat manusia berlomba-lomba mengerjakan yang bukan kewajiban mereka, maka sibukkanlah dirimu dengan menyempurnakan kewajibanmu.
Jika engkau melihat manusia berlomba-lomba dalam urusan dunia, maka sibukkanlah dirimu dengan urusan akhirat.
Apabila manusia sibuk mengurusi aib (cela) orang lain, maka uruslah aibmu sendiri.
Jika manusia saling memperindah dunianya, maka hiasilah akhiratmu.
Dan jika engkau melihat manusia sibuk dengan memperbanyak amal, maka beramallah yang ikhlas.
Dan ketika engkau melihat manusia menjadikan makhluk sebagai perantaranya, maka jadikanlah Allah sebagai perantaramu."
Mengapa aku menyaksikan kecintaan kepada dunia telah benar-benar menguasai banyak orang, sehingga kematian tidak digariskan kecuali untuk yang selain mereka dan kebenaran seakan-akan hanya diwajibkan kepada orang lain ? Tidak, sungguh tidak sedemikian itu, tidakkah mereka mengambil pelajaran dari umat yang terdahulu ?
Tuhanku mewasiatkan (mewajibkan) kepadaku tentang sembilan perkara :
• Agar ikhlas dalam segala amal, baik yang kulakukan secara sembunyi ataupun terang-terangan.
• Bertindak adil dalam keadaan rela atau marah.
• Sederhana dalam keadaan kaya atau miskin.
• Memaafkan orang yang menzalimiku.
• Memberi orang yang menyetop pemberiannya kepadaku.
• Menyambung tali kekeluargaan dari orang yang memutuskan hubungan kefamilian denganku.
Menjadikan diamku sebagai waktu untuk berpikir.
• Pembicaraanku sebagai zikir.
• Pandanganku sebagai ibrah (mengambil pelajaran dari selainnya).
Wahai Ali! Janganlah engkau marah. Dan apabila engkau marah, maka duduklah sembari memikirkan kekuasaan Allah atas hamba-hamba-Nya dan kelembutan-Nya pada mereka.
Tiada seorang yang mengikhlaskan amal perbuatannya (semata-mata karena Allah) selama empat puluh hari, kecuali akan memancar sumber hikmah dari lisannya sebagai luapan dari apa yang terkandung dalam hatinya.
Wahai Ali! Semua mata akan berlinang (menangis) pada hari kiamat, kecuali tiga mata :
Mata yang semalaman dipakai di jalan Allah.
Mata yang tercegah dari apa-apa yang diharamkan Allah (untuk dipandang).
Mata yang berlinangan karena takut kepada Allah.
17.22 | 0 komentar | Read More

Larangan Dalam Islam: Mengapa Seorang Muslim Tidak Boleh Meniup Makanan dan Minuman


by: http://assalaam-bdg.or.id/mengapa-seorang-muslim-tidak-boleh-meniup-makanan-minuman/
Makan dan minum bagi seorang muslim sebagai sarana untuk menjaga kesehatan badannya supaya bisa manegakkan ibadah kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Karenanya dia berusaha agar makan dan minumnya mendapatkan pahala dari Allah. Caranya, dengan senantiasa menjaga kehalalan makanan dan minumanya serta menjaga adab-adab yang dituntunkan Islam.
Makan dan minum seorang muslim tidak sebatas aktifitas memuaskan nafsu, menghilangkan lapar dan dahaga semata. Karenanya, seorang muslim apabila tidak lapar maka dia tidak makan dan apabila tidak haus, dia tidak minum. Hal ini seperti yang diriwayatkan dari seorang sahabat.
Kita (kaum muslimin) adalah kaum yang hanya makan bila lapar dan berhenti makan sebelum kenyang.
Dari sini, maka seorang muslim dalam makan dan minumnya senantiasa memperhatikan adab Islam yang telah dicontohkan Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam agar bernilai ibadah. Dan di antara adabnya adalah tidak bernafas dan meniup minuman. Hal ini didasarkan pada beberapa hadits, di antaranya dari Abu Qatadah, Nabishallallahu ‘alaihi wasallam bersabda
Jika kalian minum maka janganlah bernafas dalam wadah air minumnya. (HR. Bukhari no. 5630 dan Muslim no. 263)
Dari Ibnu Abbas, Sesungguhnya Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam melarang untuk bernafas atau meniup wadah air minum. (HR. Al-Tirmidzi no. 1888 dan Abu Dawud no. 3728, dan hadits ini dishahihkan oleh Al-Albani)
Dan juga hadits Abu Sa’id al-Khudri radliyallah ‘anhu, Bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam melarang untuk meniup di dalam air minum.” (HR. al-Tirmidzi no. 1887 dan beliau menyahihkannya)
Dalam Syarah Shahih Muslim, Imam Nawawi mengatakan, Larangan bernafas dalam wadah air minum adalah termasuk etika karena dikhawatirkan hal tersebut mengotori air minum atau menimbulkan bau yang tidak enak atau dikhawatirkan ada sesuatu dari mulut dan hidung yang jatuh ke dalamnya dan hal-hal semacam itu.
Dalam Zaadul Ma’ad IV/325 Imam Ibnul Qayyim mengatakan, “Terdapat larangan meniup minuman karena hal itu menimbulkan bau yang tidak enak yang berasal dari mulut. Bau tidak enak ini bisa menyebabkan orang tidak mau meminumnya lebih-lebih jika orang yang meniup tadi bau mulutnya sedang berubah. Ringkasnya hal ini disebabkan nafas orang yang meniup itu akan bercampur dengan minuman. Oleh karena itu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam melarang dua hal sekaligus yaitu mengambil nafas dalam wadah air minum dan meniupnya.
Apa Hikmahnya?
Apa hikmahnya, sering menjadi pertanyaan kita sebelum mengamalkannya. Padahal dalam menyikapi tuntunan Islam hanya sami’na wa atha’na (kami mendengar dan kami taat), tanpa harus terlebih dahulu mengetahui hikmahnya. Hal ini sebagaimana yang dikatakan oleh Umar bin al-Khathab sesudah mencium hajar Aswad, “Sesungguhnya aku tahu engkau hanya seonggok batu yang tidak bisa menimpakan madharat dan tidak bisa mendatangkan manfaat. Kalau seandainya aku tidak melihat Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam menciummu, pasti aku tidak akan menciummu.” (HR. Al-Bukhari no. 1494 dan Muslim no. 2230)
Namun yang jelas bahwa setiap yang disyariatkan dan dituntunkan oleh Islam pasti mendatangkan kebaikan dan setiap yang dilarangnya pasti mendatangkan madharat. Dan apabila seorang muslim mengetahui hikmah dari sebuah syariat, maka dia akan semakin mantap dalam mengamalkannya. Dan apabila belum mampu menyingkapnya, maka keterangan dari Al-Qur’an dan Sunnah sudah mencukupi.
Di antara hikmah larangan meniup minuman yang masih panas adalah karena nanti struktur molekul dalam air akan berubah menjadi zat asam yang membahayakan kesehatan.
Sebagaimana yang diketahui, air memiliki nama ilmiah H20. ini berarti di dalam air terdapat 2 buah atom hidrogen dan satu buah atom oksigen yang mana 2 atom hidrogen tersebut terikat dalam satu buah atom oksigen. Dan apabila kita hembus napas pada minuman, kita akan mengeluarkan karbon dioksida (CO2).
Dan apabila karbon dioksida (CO2) bercampur dengan air (H20), akan menjadi senyawa asam karbonat (H2CO3). Zat asam inilah yang berbahaya bila masuk kedalam tubuh kita.
Senyawa H2CO3 adalah senyawa asam yang lemah sehingga efek terhadap tubuh memang kurang berpengaruh tapi ada baiknya kalau kita mengurangi masuknya zat asam kedalam tubuh kita karena dapat membahayakan kesehatan.
Dari sini juga semakin jelas hikmah dari larangan Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam agar ketika minum seteguk demi seteguk, jangan langsung satu gelas sambil bernapas di dalam gelas. Hal ini karena ketika kita minum langsung banyak, maka ada kemungkinan kita akan bernapas di dalam gelas, yang akan menyebabkan reaksi kimia seperti di atas.
17.18 | 0 komentar | Read More

Larangan Dalam Islam: Mengapa Seorang Muslim Tidak Boleh Meniup Makanan & Minuman


by: http://assalaam-bdg.or.id/mengapa-seorang-muslim-tidak-boleh-meniup-makanan-minuman/
Makan dan minum bagi seorang muslim sebagai sarana untuk menjaga kesehatan badannya supaya bisa manegakkan ibadah kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Karenanya dia berusaha agar makan dan minumnya mendapatkan pahala dari Allah. Caranya, dengan senantiasa menjaga kehalalan makanan dan minumanya serta menjaga adab-adab yang dituntunkan Islam.
Makan dan minum seorang muslim tidak sebatas aktifitas memuaskan nafsu, menghilangkan lapar dan dahaga semata. Karenanya, seorang muslim apabila tidak lapar maka dia tidak makan dan apabila tidak haus, dia tidak minum. Hal ini seperti yang diriwayatkan dari seorang sahabat.
[quote type="large" align="left"] Kita (kaum muslimin) adalah kaum yang hanya makan bila lapar dan berhenti makan sebelum kenyang.[/quote]
Dari sini, maka seorang muslim dalam makan dan minumnya senantiasa memperhatikan adab Islam yang telah dicontohkan Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam agar bernilai ibadah. Dan di antara adabnya adalah tidak bernafas dan meniup minuman. Hal ini didasarkan pada beberapa hadits, di antaranya dari Abu Qatadah, Nabishallallahu ‘alaihi wasallam bersabda
[quote type="large" align="left"] Jika kalian minum maka janganlah bernafas dalam wadah air minumnya. (HR. Bukhari no. 5630 dan Muslim no. 263)[/quote]
Dari Ibnu Abbas, [quote type="large" align="left"] Sesungguhnya Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam melarang untuk bernafas atau meniup wadah air minum. (HR. Al-Tirmidzi no. 1888 dan Abu Dawud no. 3728, dan hadits ini dishahihkan oleh Al-Albani)[/quote]
Dan juga hadits Abu Sa’id al-Khudri radliyallah ‘anhu, [quote type="large" align="left"] Bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam melarang untuk meniup di dalam air minum.” (HR. al-Tirmidzi no. 1887 dan beliau menyahihkannya)[/quote]
Dalam Syarah Shahih Muslim, Imam Nawawi mengatakan, [quote type="large" align="left"] Larangan bernafas dalam wadah air minum adalah termasuk etika karena dikhawatirkan hal tersebut mengotori air minum atau menimbulkan bau yang tidak enak atau dikhawatirkan ada sesuatu dari mulut dan hidung yang jatuh ke dalamnya dan hal-hal semacam itu.[/quote]
Dalam Zaadul Ma’ad IV/325 Imam Ibnul Qayyim mengatakan, “Terdapat larangan meniup minuman karena hal itu menimbulkan bau yang tidak enak yang berasal dari mulut. Bau tidak enak ini bisa menyebabkan orang tidak mau meminumnya lebih-lebih jika orang yang meniup tadi bau mulutnya sedang berubah. Ringkasnya hal ini disebabkan nafas orang yang meniup itu akan bercampur dengan minuman. Oleh karena itu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam melarang dua hal sekaligus yaitu mengambil nafas dalam wadah air minum dan meniupnya.
[notice]Apa Hikmahnya?[/notice]
Apa hikmahnya, sering menjadi pertanyaan kita sebelum mengamalkannya. Padahal dalam menyikapi tuntunan Islam hanya sami’na wa atha’na (kami mendengar dan kami taat), tanpa harus terlebih dahulu mengetahui hikmahnya. Hal ini sebagaimana yang dikatakan oleh Umar bin al-Khathab sesudah mencium hajar Aswad, “Sesungguhnya aku tahu engkau hanya seonggok batu yang tidak bisa menimpakan madharat dan tidak bisa mendatangkan manfaat. Kalau seandainya aku tidak melihat Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam menciummu, pasti aku tidak akan menciummu.” (HR. Al-Bukhari no. 1494 dan Muslim no. 2230)
Namun yang jelas bahwa setiap yang disyariatkan dan dituntunkan oleh Islam pasti mendatangkan kebaikan dan setiap yang dilarangnya pasti mendatangkan madharat. Dan apabila seorang muslim mengetahui hikmah dari sebuah syariat, maka dia akan semakin mantap dalam mengamalkannya. Dan apabila belum mampu menyingkapnya, maka keterangan dari Al-Qur’an dan Sunnah sudah mencukupi.
Di antara hikmah larangan meniup minuman yang masih panas adalah karena nanti struktur molekul dalam air akan berubah menjadi zat asam yang membahayakan kesehatan.
Sebagaimana yang diketahui, air memiliki nama ilmiah H20. ini berarti di dalam air terdapat 2 buah atom hidrogen dan satu buah atom oksigen yang mana 2 atom hidrogen tersebut terikat dalam satu buah atom oksigen. Dan apabila kita hembus napas pada minuman, kita akan mengeluarkan karbon dioksida (CO2).
Dan apabila karbon dioksida (CO2) bercampur dengan air (H20), akan menjadi senyawa asam karbonat (H2CO3). Zat asam inilah yang berbahaya bila masuk kedalam tubuh kita.
Senyawa H2CO3 adalah senyawa asam yang lemah sehingga efek terhadap tubuh memang kurang berpengaruh tapi ada baiknya kalau kita mengurangi masuknya zat asam kedalam tubuh kita karena dapat membahayakan kesehatan.
Dari sini juga semakin jelas hikmah dari larangan Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam agar ketika minum seteguk demi seteguk, jangan langsung satu gelas sambil bernapas di dalam gelas. Hal ini karena ketika kita minum langsung banyak, maka ada kemungkinan kita akan bernapas di dalam gelas, yang akan menyebabkan reaksi kimia seperti di atas.
17.18 | 0 komentar | Read More

Meninggal dalam kondisi bertato

by: http://syariahonline.com/v2/masalah-umum/2765-meninggal-dalam-kondisi-bertato.html

Assalamu alaikum wr.wb.
Dalam hadits disebutkan bahwa Allah melaknat orang yang mentato dan minta ditato. Karena itu tatto yang merupakan kebiasaan jahiliyah dan dijadikan sebagai salah satu perhiasan kala itu dilarang di dalam Islam. Di dalamnya terdapat penyiksaan terhadap tubuh dan pengubahan terhadap ciptaan Allah.
Namun demikian, orang yang sudah menyadari dosanya dalam masalah tato, cukup baginya melakukan tobat dengan taubatan nasuha. Yaitu dengan menyesal, menjauhi perbuatan tersebut, serta bertekad untuk tidak mengulanginya. Ia tidak wajib membersihkan tato yang terdapat di tubuhnya jika memang sulit dibersihkan, sebab itu akan menyiksa diri untuk kedua kalinya. Yang penting ia menyesali diri dan menutupi tato yang terdapat di tubuh.
http://fc04.deviantart.net/fs70/i/2010/230/b/4/tatto_skull_metal_2_by_tattooloko.jpgKalau kemudian ia meninggal, maka diperlakukan sebagaimana muslim lainnya dengan dimandikan, dikafani, dishalatkan, dan dikuburkan.
Wallahu a'lam
Wassalamu alaikum wr.wb.
17.14 | 0 komentar | Read More

Tato Dalam Islam: HUKUM MEMAKAI TATO DAN SEJENISNYA DALAM ISLAM

by: http://multazam-einstein.blogspot.com/2013/01/hukum-memakai-tato-dan-sejenisnya-dalam.html

I. PENDAHULUAN

Saat ini banyak umat muslim yang mulai tergoda untuk bertato. mereka mengganggap hal ini adalah seni, sungguh disayangkan, remaja muslim Indonesia baik pria maupun wanita mulai menganggap hal ini adalah perbuatan seni dan hak asasi manusia. Tidak tahukah kita bahwa Tubuh kita ini adalah Hak Milik Allah? kelak kita akan mempertanggung jawabkan semua perbuatan kita kepada titipan Allah di akhirat nanti. padahal hal tersebut merupakan hal yang dilaknat oleh Rasulullah Nabi Muhammad SAW.

http://th03.deviantart.net/fs71/PRE/i/2011/079/4/9/tatto_japanese_snake_by_dany360-d3c1zet.jpg
Begitu kurangkah pengetahuan agama masyarakat muslim? sehingga masalah seperti ini menjadi trend positif bagi masyarakat muslim. Untuk itu disini akan kami sajikan pembahasan mengenai hukum bertato dan sejenisnya, Semoga kita bisa menjaga keluarga, anak dan orang-orang yang kita sayangi dari hal yang dilaknat Allah SWT.

II. RUMUSAN MASALAH

     A.Bagaimanakah hukum bertato dalam Islam ?

III.LANDASAN HUKUM


       A. Al-Qur’an


وَلَأُضِلَّنَّهُمْ وَلَأُمَنِّيَنَّهُمْ وَلَآمُرَنَّهُمْ فَلَيُبَتِّكُنَّ آذَانَ اْلأَنْعَامِ وَلَآمُرَنَّهُمْ فَلَيُغَيِّرُنَّ خَلْقَ اللهِ وَمَنْ يَتَّخِذِ الشَّيْطَانَ وَلِيًّا مِنْ دُوْنِ اللهِ فَقَدْ خَسِرَ خُسْرَانًا مُبِيْنًا

“Dan aku benar-benar akan menyesatkan mereka, dan akan membangkitkan angan-angan kosong pada mereka dan akan menyuruh mereka (memotong telinga-telinga binatang ternak), lalu mereka benar-benar memotongnya, dan akan aku suruh mereka (mengubah ciptaan Allah), lalu benar-benar mereka mengubahnya. Barangsiapa yang menjadikan setan menjadi pelindung selain Allah, maka sesungguhnya ia menderita kerugian yang nyata. (An-Nisa`: 119)

       B.Hadits


Menurut hadits sahih riwayat Bukhari dan Muslim (muttafaq alaih):

لعن الله الواشمات والموتشمات ، والمتنمصات ، والمتفلجات للحسن ، المغيرات خلق الله

Artinya: Allah melaknat wanita yang menyambung rambutnya, melakukan tato di wajahnya (mutawasshimah), menghilangkan rambut dari wajahnya, menyambung giginya, demi kecantikan, mereka telah merubah ciptaan Allah.

IV.  PEMBAHASAN

Bertato yang dalam Bahasa Arab disebut al wasym ( الوشم ) adalah perbuatan yang hukumnya haram dalam agama Islam, berdasarkan beberapa hadits shahih, yang diantaranya hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhori dan Imam Muslim dari Abdullah ibnu Mas’ud,

لعن الله الواشمات و المستوشمات

“Allah melaknat wanita-wanita yang menato dan meminta untuk ditato”

Tatto adalah menusuk-nusukkan jarum atau yang sejenisnya kepada kulit sehingga mengalirkan darah kemudian diberikan alkohol atau yang sejenisnya sehingga menjadi biru. Tato ini biasa dilakukan di tangan, wajah, badan bahkan kaki dan juga di bagian tubuh lainnya. Melakukan tato pada kulit adalah perbuatan yang diharamkan Allah swt, sebagaimana disebutkan didalam sebuah hadits yang diriwayatkan dari Alqomah bahwasanya Rasulullah saw bersabda, ”Allah melaknat orang-orang yang mentato dan yang minta untuk ditato.” (HR. Bukhori)

Hal itu dikarenakan bahwa tato termasuk perbuatan yang merubah ciptaan Allah swt serta menjadikan ditempat tato itu najis dengan membekunya darah dikarenakan warna bahan tato itu.

- Menurut pandangan para ulama :

  • Ibnu Hajar rahimahullahu mengatakan:
"Membuat tato haram berdasarkan adanya laknat dalam hadits, maka wajib menghilangkannya jika memungkinkan walaupun dengan melukainya. Kecuali jika takut binasa, (tertimpa) sesuatu, atau kehilangan manfaat dari anggota badannya maka boleh membiarkannya dan cukup dengan bertaubat untuk menggugurkan dosa. Dan dalam hal ini sama saja antara laki-laki dan wanita."
  • Fatwa Asy-Syaikh Abdul Muhsin Al-'Abbad

عَنْ عَبْدِ اللهِ قَالَ: لَعَنَ اللهُ الْوَاشِمَاتِ وَالْمُسْتَوْشِمَاتِ وَالْمُتَنَمِّصَاتِ وَالْمُتَفَلِّجَاتِ لِلْحُسْنِ الْمُغَيِّرَاتِ خَلْقَ اللهِ تَعَالَى، مَالِي لاَ أَلْعَنُ مَنْ لَعَنَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَهُوَ فِي كِتَابِ اللهِ: {وَمَا آتَاكُمْ الرَّسُوْلُ فَخُذُوْهُ

Disini diterangkan bahwa melaknati perempuan-perempuan yang mentato dan yang minta ditato, yang mencabut atau mencukur rambut (alis), dan yang mengikir giginya untuk memperindah. Yaitu perempuan-perempuan yang mengubah ciptaan Allah.
Beliau mengatakan: "Tato itu haram dan bertambah keharamannya ketika seseorang menggambar sesuatu yang haram seperti hewan-hewan. Barang siapa melakukannya lalu tahu hukumnya hendaknya beristighfar kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala. Dan jika bisa menghilangkannya tanpa menimbulkan mudarat maka semestinya itu dihilangkan".


V. ANALISIS

    Berdasarkan penjelasan mengenai tato dan hadist diatas, maka jelaslah bahwasanya Allah SWT, melalui Rasulnya Muhammad SAW, telah melarang setiap muslim (orang Islam) untuk menyambung rambut, merenggangkan gigi termasuk mengikir atau memotong gigi serta membuat tato (rajah) di bagian tubuh manapun, karena perbuatan seperti ini termasuk perbuatan yang menyakiti diri sendiri, merubah apa yang Allah karuniakan kepada kita dan termasuk tidak mensyukuri apa yang Allah telah berikan dan amanahkan kepada kita.
17.09 | 0 komentar | Read More

Cara Menghilangkan Tato Permanen dan Cara menghapus tato di tangan

by: http://kumpulan-resepsehat.blogspot.com/2013/05/cara-menghilangkan-tato-permanen-cara.html

Cara Menghilangka tato, Ada beberapa orang yang sangat menggemari tato, ketika memutuskan mentato tubuhnya secara permanen sudah pasti mereka tahu risiko yang harus diterima, namun seiring berjalannya waktu beberapa orang menyesal dengan tato yang telah dibuatnya dan memutuskan untuk menghapusnya, padahal tato di tubuhnya adalah tato permanen. Pertanyaan yang sering muncul adalah apakah tato permanen dapat dihapus? Adakah efek dari penghapusan tato? Pada artikel ini akan dibahas beberapa tips yang dapat dilakukan sebagai usaha untuk menghapus tato permanen.http://fc06.deviantart.net/fs36/f/2008/244/4/e/Tribal_tatto__upper_left_chest_by_RonJH.jpg
  1. Cara menghapus tato dengan laser. Metode pengahapusan tato dengan laser dilakukan beberapa kali, itupun tidak dapat mengembalikan kulit seperti sedia kala. Metode laser ini membutuhkan beberapa sesi pelaseran, setiap sesi membutuhkan dana yang tidak sedikit. Cara kerja laser dalam menghapus tato dengan mengurai partikel tinta di bawah permukaan kulit sehingga dapat larut oleh sistem kekebalan alami tubuh.
  2. Menggunakan cairan nitrogen cair untuk menghapus tato permanen, cara kerjanya dengan meneteskan cairan tersebut pada kulit yang bertato tujuannya untuk menghancurkan jaringan kulit luar agar dapat menjangkau tinta tato di kulit agar dapat beku dan hancur kemudian luluh. Cara ini cukup berbahaya karena cairan ini termasuk zat yang berbahaya jika digunakan secara berlebihan.
  3. Mengamplas lapisan kulit luar dengan butiran pasir khusus. Cara ini meski murah namun Anda harus siap menahan rasa sakit. Cara kerjanya kulit lapisan luar diamplas hingga mengelupas, selanjutnya tinta tato dikikis hingga bersih. Cara ini akan meninggalkan bekas, bahkan keadaan kulit akan menjadi lebih buruk daripada sebelum dibersihkan.
  4. Teknik mengiris kulit juga dapat dilakukan sebagai usaha untuk menghapus tato permanen. Teknik ini harus dilakukan oleh dokter, kulit yang bertato diiris sampai tintanya habis terkikis, seringkali teknik ini digunakan untuk menghapus tato permanen yang ukurannya kecil, namun pada beberapa kasus yang memungkinkan teknik ini juga diterapkan untuk menghapus tato yang ukurannya besar dan tinta tato terlanjur meresap terlalu dalam pada kulit, mengiris kulit menjadi cara yang bisa dipilih.
Mengingat begitu sulitnya menghapus tato permanen, sebaiknya bagi Anda yang beniat membuat tato untuk memikirkan ulang keputusan Anda. Berpikirlah secara bijaksana untuk mengambil keputusan membuat tato permanen di tubuh Anda. Menghapus tato cukup sulit dilakukan, biayanya pun mahal bahkan lebih mahal daripada biaya membuat tato, kulit bekas tato permanen tidak dapat kembali seperti semula, keadaannya akan terlihat lebih buruk dari sebelumnya. Dalam proses menghapus tato juga sangat menyakitkan, mengingat tato permanen tidak terhapus hanya dengan sekali sesi, namun membutuhkan proses dan memakan waktu yang cukup lama. Selain itu, ada beberapa profesi yang tidak mengizinkan karyawannya bertato. Demi kebaikan diri Anda, putuskan segala sesuatu secara bijaksana. Semoga bermanfaat.
17.07 | 0 komentar | Read More

Belajar Menyambung Pipa Saluran Air: Cara Aman Menyambung Pipa Saluran Air





by: http://kompiancur.blogspot.com/2012/09/cara-aman-menyambung-pipa-saluran-air.html

Instalasi air dan instalasi listrik di rumah adalah hal yang wajib dan di desain sebaik mungkin agar tidak ada problem di kemudian hari, mari kita belajar cara menyambung pipa dari jenis PVC yang benar, penyambungan yang asal akan membuat usia dan fungsi pipa PVC di rumah anda menjadi kurang awet. Berikut ini tips pemasangan / penyambungan pipa tersebut:

1. Potong pipa dengan gergaji sesuai ukuran panjang yang dibutuhkan melalui pengukuran.
2. Gunakan sambungan pipa dengan kualitas yang baik.
3. Bersihkan dan kasarkan bidang yang akan disambung dengan cara diamplas dua bagian yang nanti akan diasmbung.
4. Oleskan lem pipa PVC pada kedua bidang, lalu satukan dan ditekan beberapa saat.
5. Biarkan sambungan sampai kering, kenudian baru dialiri air.

Cara mencegah kerusakan instalasi air bersih di rumah, baik dari jaringannya maupun dari segi keawetan kran2 nya lebih baik untuk menggunakan bahan yang sedikit lebih mahal tapi kualitas baik, jangan beli produk murahan yang akhirnya akan merepotkan anda, untuk pipa yang ditanam sangat disarankan tidak menggunakan PVC melainkan lebih baik menggunakan pipa dari besi. Jalur pipa air sendiri lebih baik dilewatkan pada daerah yang tidak terlalu banyak di urug, bisa melalui jalur selokan di sisi rumah selama masih dalam area tanah sah kita itu tidak masalah. Demikian tipsnya semoga bermanfaat untuk anda dalam memasang sambungan pipa air pvc agar tidak terjadi problem pada pipa pvc saluran air anda
13.22 | 0 komentar | Read More

Belajar Masalah Instalasi Listrik: Mengenal Kelengkapan Instalasi Listrik

by: http://19design.wordpress.com/2012/11/21/mengenal-kelengkapan-instalasi-listrik/
Membangun rumah bukan sekedar mendirikan dinding dan memasang atap sebagai pelindung.  Rumah membutuhkan sistem utilitas sebagai pelengkapnya. Salah satu sistem untuk menyempurnakan keberadaan sebuah rumah adalah instalasi listrik. Saat ini listrik sudah menjadi kebutuhan utama mengingat hampir sebagian besar perabot rumah tangga memerlukan energi listrik.  Agar energi listrik tersebut memiliki daya guna yang tepat, kita perlu mengenal  apa saja kelengkapan  instalasi listrik pada rumah tinggal.
Kelengkapan instalasi listrik yang terdapat dalam rumah diantaranya :
  • Bargainser
Kita lebih mengenal Bargainser ini dengan sebutan “meteran listrik”.  Alat ini terpasang di setiap tempat yang mempergunakan jasa listrik dari Perusahaan Listrik Negara (PLN). Bargainser biasanya dipasang di depan rumah agar petugas PLN mudah melakukan pencatatan. Bargainser mempunyai beberapa fungsi, diantaranya:
-          Pembatas daya yang masuk ke dalam rumah
-          Pengukur serta pencatat daya yang dipergunakan oleh konsumen (dalam satuan kWh : kilowatt hour)
-          Saklar utama untuk memutus aliran listrik
Bargainser analog
Bargainser analog

Di dalam bergainser terdapat beberapa komponen utama, antara lain:
-        Circuit Breaker
Circuit breaker lebih dikenal dengan sebutan MCB (Miniature Circuit Breaker). MCB merupakan komponen yang berfungsi untuk memutuskan aliran listrik secara otomatis bila terjadi pemakaian daya berlebihan. MCB dapat pula berfungsi sebagai sakelar utama dalam rumah.  Sakelar inilah yang biasanya dimatikan saat kita melakukan perbaikan instalasi listrik di rumah.
-        Meter listrik atau kWh meter
Alat ini berfungsi untuk mengukur besaran daya yang digunakan oleh konsumen dalam satuan kWh (kilowatt hour). Deretan angka-angka pada indikatornya ini yang akan dicatat oleh petugas PLN setiap bulannya.
-        Spin Control
Spin control merupakan komponen yang bekerja dengan cara berputar serta memiliki fungsi sebagai alat kontrol penggunaan daya listrik konsumen. Alat ini akan berputar semakin cepat bila daya listrik yang digunakan semakin besar begitu pula sebaliknya
Bargainser digital
Bargainser digital
Ada 2 macam bargainser yang lazim kita temui yaitu analog dan digital. Model analog sering kita temui di rumah-rumah, sedangkan model digital merupakan model baru yang diperuntukan  bagi pelanggan PLN pra-bayar atau pengguna voucher.
  • Pengaman Listrik
Faktor keamanan merupakan hal paling utama dalam perencanaan sebuah sistem. Instalasi listrik yang terpasangpun memerlukan pengaman agar pengguna merasa tenang. Pengaman ini lazim dikenal dengan sebutan “sekering”, istilah yang berasal dari bahasa Belanda “Zekering”.Fungsi utamanya untuk mengamankan instalasi listrik bila terjadi gangguan, misal terjadi hubungan singkat (short circuit) atau kita kenal dengan istilah korsleting.
Ada cara agar keamanan listrik di rumah Anda lebih terjamin. Caranya adalah dengan membagii instalasinya dalam beberapa grup berdasarkan areanya, misalnya:
-          Jika terdiri dari 1 lantai dan memiliki luasan rumah yang cukup besar, Anda bisa membaginya dalam 2 bagian. Misal bagian depan dan belakang atau sisi kiri dan sisi kanan rumah
-          Jika terdiri dari 2 lantai, Anda bisa membaginya berdasarkan lantainya
-          Mengelompokannya berdasarkan alat yang menjadi beban daya listik, misal lampu, stop kontak dan AC menjadi 1 grup sedangkan pompa air dibuat terpisah
Keuntungan pembagian berdasarkan grup adalah bila terjadi masalah pada intalasi yang terpasang, misal terjadi hubungan singkat maka tidak seluruh aliran listrik di dalam rumah akan terputus. Hal ini akan memudahkan mencari sumber penyebab putusnya aliran tersebut. Di sisi lain kondisi ini juga akan meningkatkan faktor keamanan instalasi listrik yang terpasang. Namun perlu dicatat pula bahwa pemasangan berdasarkan grup ini akan berdampak pada tingginya biaya pemasangan.
Secara garis besar ada dua jenis pengaman listrik pada instalasi listrik rumah tinggal, yaitu:
  1. Pengaman lebur biasa atau biasa disebut sekering (fuse)
Ada dua jenis sekering (fuse) yang dikenal di pasaran yaitu tipe kawat lebur dan tombol. Tipe kawat lebur bekerja  memutuskan rangkaian listrik dengan cara meleburkan kawat yang ditempatkan pada suatu tabung apabila kawat tersebut dialiri arus listrik dengan ukuran tertentu. Sedangkan untuk tipe tombol mempunyai prinsip kerja bila terjadi masalah hubung singkat maka arus listrik akan terputus dan untuk menormalkan kembali cukup dengan menekan tombol yang besar tersebut. Tombol kecil berfungsi untuk memutus aliran listrik
Pengaman lebur
Pengaman lebur

2.   Pengaman listrik thermal atau biasa disebut MCB (circuit breaker)
Pengaman listrik thermal merupakan alat pengaman yang akan memutuskan rangkaian listrik berdasarkan panas. Jenis ini sering dipakai oleh pengguna.
Circuit breaker
Circuit breaker

  • Sakelar
Sakelar atau switch adalah komponen listrik yang paling banyak ditemui di dalam rumah. Kita busa menjumpainya hampir di setiap ruangan. Fungsi utama sakelar adalah menyambung atau memutus aliran listrik. Ada berbagai macam sakelar yang bisa dijumpai di pasaran. Berdasarkan tempat dan pemasangannya, sakelar dapat dibedakan menjadi dua yaitu in-bow (sakelar yang ditanam dalam tembok) serta out-bow (sakelar yang dipasang pada permukaan tembok).
Saklar in-bow
Saklar in-bow
Jika ditinjau dari fungsinya, sakelar terbagi menjadi dua jenis yaitu sakelar on-off (seperti sakelar pada lampu) maupun sakelar push-on, biasanya dipergunakan pada bel rumah.  Berdasarkan jenis per unitnya, sakelar dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu sakelar tunggal (hanya terdiri dari satu tombol) serta sakelar majemuk yang memiliki tombol lebih dari satu.
Saklar on-off (kiri) dan saklar push on (kanan)
Saklar on-off (kiri) dan saklar push on (kanan)
  • Stop Kontak
Stop kontak atau outlet merupakan bagian terminal akhir dari instalasi listrik yang terpasang secara permanen sebagai penghubung energi listrik ke peralatan listrik. Disebut permanen karena letaknya terpasang pada dinding. Ada dua bentuk stop kontak yaitu stop kontak kecil, biasanya dimanfaatkan untuk menyalurkan listrik daya rendah ke alat-alat listrik serta stop kontak besar yang digunakan untuk peralatan yang membutuhkan daya listrik besar. Stop kontak besar telah dilengkapi dengan lempeng logam pada sisi atas dan bawah yang berfungsi sebagai ground.
Berdasarkan tempat pemasangannya, stop kontak dibedakan menjadi dua jenis, yaitu stop kontak yang dipasang pada tembok disebut stop kontak in bow serta stop kontak yang dipasang di luar tembok atau sekedar ditempelkan pada permukaan tembok dan lazim disebut stop kontak out bow.
 Stop kontak in-bow (kiri) dan stop kontak out-bow (kanan)
Stop kontak in-bow (kiri) dan stop kontak out-bow (kanan)
  • Steker
Steker atau kita mengenalnya dengan sebutan colokan merupakan komponen yang berfungsi untuk menghubungkan alat listrik dengan aliran listrik. Steker memiliki hubungan erat dengan stop kontak sebab sebuah alat listrik akan berfungsi bila steker yang ada padanya ditancapkan pada kanal stop kontak.
Steker terbagi menjadi dua jenis yaitu steker kecil dan besar. Steker kecil digunakan untuk alat-alat listrik berdaya rendah seperti lampu, radio dan sebagainya. Sedangkan steker besar   dipergunakan untuk alat-alat listrik yang membutuhkan daya besar seperti lemari es, mesin cuci dan sebagainya. Steker besar  biasanya  sudah dilengkapi dengan lempeng logam yang berfungsi sebagai ground atau pengaman.
Steker besar (kanan-kiri) dan steker kecil (tengah)
Steker besar (kanan-kiri) dan steker kecil (tengah)
  • Kabel Listrik
Salah satu kelengkapan instalasi listrik yang tidak boleh terlewatkan adalah kabel, mengingat fungsinya sebagai penghantar arus listrik ke peralatan listrik. Jika kita telaah kabel ibarat pembuluh darah pada manusia. Di pasaran banyak kita jumpai berbagai macam kabel, namun ada beberapa jenis kabel yang lazim dipakai pada rumah tinggal diantaranya:
a.      Kabel NYA
Kabel NYA merupakan kabel berisolasi yang memiliki inti kawat tunggal. Ciri yang bisa dikenali adalah isolasinya yang berwarna merah, kuning, biru dan hitam.  Kabel jenis ini tidak cocok bila ditanam. Mengingat isolasinya hanya  terdiri dari 1 lapisan maka untuk menghindari terjadinya  pengelupasan, maupun gangguan dari luar seperti  gigitan tikus, gencetan dan sejenisnya, biasanya pada saat pemasangan dimasukan ke dalam pipa PVC tipis yang berfungsi sebagai conduit (selubung pelindung).
Kabel NYA
Kabel NYA
b.      Kabel NYM
Ciri yang mudah dikenali dari jenis kabel ini adalah isolasi luarnya yang berwarna putih serta adanya selubung karet yang menyelubungi inti kawat tunggal (jumlahnya antara 2 sampai 4 inti). Kabel ini relatif lebih kuat dibandingkan jenis NYA karena memiliki dua pelindung yaitu isolasi di bagian luar serta selubung karet di dalamnya. Pemasangan kabel jenis ini bisa dilakukan tanpa conduit kecuali jika ditanam dalam tembok. Seperti juga kabel NYA, kabel NYM bukanlah kabel yang cocok untuk ruang luar (outdoor).
Kabel NYM
Kabel NYM
c.       Kabel NYY
Penanda kabel NYY yang mudah dikenali adalah bagian luarnya berwarna hitam serta memiliki isolasi ganda sehingga lebih kuat, tahan terhadap tekanan dan air. Kabel jenis ini cocok dipakai untuk ruang luar (outdoor) maupun ditanam  dalam tanah sehingga sesuai jika dipakai untuk lampu taman.
Kabel NYY
Kabel NYY
Listrik bukanlah hal yang perlu ditakuti dan dihindari. Sebuah instalasi listrik jika dikerjakan dengan baik dan benar akan memberi manfaat secara maksimal. Semoga tulisan ini bisa membantu Anda untuk mengenal serta memahami bagaimana instalasi listrik pada sebuah rumah direncanakan dan dirancang  (dari berbagai sumber).
13.21 | 0 komentar | Read More

Belajar Masalah Kabel Listrik: Mengenal Jenis-jenis Kabel Listrik Instalasi Rumah Tinggal

by: http://teknologi.kompasiana.com/terapan/2013/08/24/mengenal-jenis-jenis-kabel-listrik-586637.html
Kabel listrik adalah media untuk menyalurkan energi listrik melalui konduktornya. Dalam sebuah kabel listrik terdiri dari Isolator dan Konduktor. Isolator adalah bahan pembungkus kabel yang biasanya terbuat dari PE dan PVC, sedangkan Konduktor terbuat dari tembaga dan aluminium, tergantung type kabelnya.
Kemampuan hantar arus dalam sebuah kabel listrik di tentukan oleh KHA ( Kemampuan Hantar Arus ) yang dimilikinya dalam satuan Ampere. Kemampuan hantar arus di tentukan oleh luas penampang konduktor yang berada dalam kabel listrik. Sedangkan tegangan listrik dinyatakan dalam Volt, besar daya yang diterima dinyatakan dalam satuan Watt, yang merupakan perkalian dari :
“Ampere x Volt = Watt”
Pada tegangan 220 Volt dan KHA 10 Ampere, sebuah kabel listrik dapat menyalurkan daya sebesar 220V x 10A = 2200 Watt.
Sementara dalam postingan ini type kabel yang saya bahas hanya kabel yang biasa dipakai di instalasi rumah tinggal ( NYA, NYM dan NYY ).
Kabel NYA
13773142271921847483
Gbr. Kabel NYA Jenis RM
Gambar diatas adalah kabel listrik NYA konduktor jenis ( RM ), sedangkan yang biasa di pakai di instalasi rumah tangga yang konduktornya jenis pejal ( RE ).
Kabel Listrik NYA biasanya digunakan untuk instalasi rumah dan sistem tenaga. Dalam instalasi rumah digunakan ukuran 1,5 re dan 2,5 re. Berinti tunggal, berlapis bahan isolasi PVC, dan seringnya untuk instalasi kabel udara. Kode warna isolasi ada warna merah, kuning, biru, hitam dan hijau kuning. Kabel tipe ini umum dipergunakan di perumahan karena harganya yang relatif murah. Lapisan isolasinya hanya 1 lapis sehingga mudah cacat, tidak tahan air dan mudah digigit tikus. Agar aman memakai kabel tipe ini, kabel harus dipasang dalam pipa/conduit jenis PVC atau saluran tertutup. Sehingga tidak mudah menjadi sasaran gigitan tikus, dan apabila ada isolasi yang terkelupas tidak tersentuh langsung oleh orang.
Kabel NYM
1377319666388567904 
Gbr. Kabel NYM, dok.(www.encrypted-tbn3.gstatic.com)
Kabel listrik NYM sering di gunakan dalam instalasi rumah tangga, atau gedung dan juga sistem tenaga. Kabel NYM terdiri dari konduktor berinti lebih dari 1. Memiliki isolasi layer luar ( Outersheath ) dan Innersheath warna Putih dan Abu-Abu. Di karenakan memiliki isolasi double jacket kabel listrik NYM ini lebih mahal dari kabel listrik NYA, serta tingkat keamanannya lebih baik pula dari kabel listrik NYA.
Kabel ini dapat dipergunakan dilingkungan yang kering dan basah, namun tidak boleh di tanam.
Kabel NYY
1377321254156038183
Gbr. Kabel NYY dok.(bangkokcable.com)
Kabel listrik NYY merupakan kabel listrik yang isolasi layer dalam ( innersheath ) dan  layer luar ( Outersheath ) warna hitam. Kabel jenis ini bisa berinti 1x, 2x, 3x, 4x dan bahkan bisa 5x. Aplikasi jenis kabel ini bisa di tanam dan lebih kuat dari pada kabel NYM, dan harganya juga lebih mahal dari kabel NYM.
Demikian sekilas tentang kabel listrik instalasi rumah tangga.
13.17 | 0 komentar | Read More

BELAJAR INSTALASI LISTRIK: Belajar Merangkai instalasi Listrik(lampu+saklar)

by: http://listrikbloggue.blogspot.com/2012/05/belajar-merangkai-instalasi-listrik.html


                                           Gambar 1 (saklar engkel)



    Keterangan:
    Kabel biru dari line(kabel utama) dihubungkan langsung ke lampu.
    Kabel hitam dari line dihubungkan ke saklar(alat putus-hubung arus)
    untuk kemudian diteruskan ke lampu.
    Jika menginginkan dua lampu terpasang bisa di rangkai dengan cara paralel
    yaitu dengan menyambung dari lampu yang sudah ada.




                                          Gambar 2 (saklar seri)



    Keterangan:
    Rangkaian ini serupa dengan yang di atas hanya saja di tambah satu kabel
    penghantar arus dari saklar ke lampu kedua, dengan mengambil nol di jalur terdekat.
                                  





                                         Gambar 3 (saklar hotel)


    Keterangan:
    Rangkaian ini biasa digunakan pada ruangan dua lantai dan posisi lampu terletak
    di atas tangga, dengan saklar di tiap lantai.
    Seperti rangkaian lainnya, nol langsung terhubung ke lampu.
    Strum masuk ke salah satu saklar, kemudian di keluarkan pada saklar yang lainnya
    Berikan dua kabel penghubung antar saklar
13.14 | 1 komentar | Read More

Tentang Kelinci: 18 Fakta Unik dan Menarik tentang Kelinci yang Perlu Diketahui

by: http://www.amazine.co/26970/18-fakta-unik-menarik-tentang-kelinci-yang-perlu-diketahui/
Anda memiliki hobi memelihara hewan?
Fakta Unik Kelinci 300x270 18 Fakta Unik & Menarik tentang Kelinci yang Perlu DiketahuiKelinci merupakan salah satu hewan lucu yang bisa dijadikan sebagai hewan peliharaan di rumah.
Bila Anda penggemar kelinci atau sekedar ingin tahu lebih banyak tentang hewan lucu ini, berikut akan disajikan beberapa informasi dan fakta menarik tentang kelinci:
1. Kelinci merupakan hewan yang termasuk ke dalam kategori lagomorphs, bukan rodensia (pengerat).
2. Dalam bahasa Inggris, kelinci jantan disebut sebagai buck, sementara kelinci betina disebut doe. Sedangkan, anak-anak kelinci disebut sebagai litter.
3. Gigi kelinci sangat kuat dan tidak pernah berhenti tumbuh.
4. Saat ini terdapat 45 jenis kelinci yang sudah dikenal.
5. Bila dipelihara dengan baik, seekor kelinci bisa hidup hingga 10 tahun.
6. Kelinci dapat membuat suara yang sangat mirip dengan kucing.
7. Uniknya, kelinci tidak bisa muntah!
8. Untuk mencegah terbentuknya gulungan bulu dalam perut, kelinci membutuhkan jerami untuk membantu pencernaan mereka.
9. Induk kelinci memberi makan atau menyusui anaknya hanya sekitar lima menit dalam sehari.
10. Kotoran kelinci banyak digunakan sebagai pupuk untuk berbagai macam tanaman.
11. Daging kelinci bukan berwarna merah seperti kebanyakan daging hewan lain, melainkan berwarna putih.
12. Kelinci mudah terkena heat stroke, oleh karena itu mereka lebih memilih tinggal di tempat yang sejuk.
13. Kelinci memiliki mata dengan posisi melebar, sehingga dapat dengan mudah melihat sesuatu yang ada di belakang mereka.
14. Tubuh kelinci hanya mengeluarkan keringat dari telapak kaki.
15. Saat merasa senang, kelinci akan melompat dan memutar tubuh mereka yang dalam bahasa Inggris disebut sebagai “binky”.
16. Kelinci memiliki 28 gigi untuk makan.
17. Kelinci sudah mulai bisa berkembang biak pada usia tiga sampai empat bulan.
18. Sama seperti manusia yang bisa merasa ketakutan, kelinci juga merasa ketakutan bila didekati oleh predator saat mereka tidak menyadarinya.
12.53 | 0 komentar | Read More

Inilah 43 Fakta Unik dan Menarik Tentang Kucing

by: http://popopetshop.wordpress.com/kucing/info-kucing/43-fakta-unik-tentang-kucing/
Kucing memang salah satu hewan peliharaan yang paling banyak dipelihara oleh manusia, tapi sayangnya justru sebagian pemelihara kucing tidak tahu apa saja fakta-fakta tentang keadaan kucing.
http://www.dunckelvet.com/clients/2144/images/Cat_pictures2.jpg
Kalau kamu memang pecinta kucing, silahkan baca fakta-fakta unik tentang kucing di bawah ini :
  1. Kucing memiliki 30 ruas tulang belakang, yaitu 5 kali lebih banyak dari manusia
  2. Kucing memiliki 230 tulang, yaitu 24 kali lebih banyak dari manusia
  3. Kucing tidak memiliki collarbone, sehingga memungkinkan masuk melewati celah selebar kepalanya
  4. Kelenturan tubuh kucing sangat menakjubkan, kaki depannya dapat diputar ke segala arah dan setengah bagian tubuhnya dapat bergerak ke arah yang berlawanan
  5. Pendengaran kucing lebih sensitif dari manusia dan anjing. Batas pendengaran kucing 65 khz, sedangkan manusia 20 khz
  6. Kucing memiliki mata terbesar dibandingkan dengan mamalia lainnya (dalam hubungannya dengan besarnya tubuh)
  7. Kucing tidak dapat melihat pada kegelapan total, akan tetapi ketajaman matanya pada malam hari sangat baik. Mata kucing memiliki lapisan perefleksi cahaya yang disebut tapetum yang dapat berfungsi untuk memperkuat cahaya yang masuk retina.
  8. Cakupan pandangan kucing 185 derajat
  9. Kucing memiliki indera penciuman 20-80 juta sel olfactory, sedangkan manusia hanya 5-20 juta
  10. Denyut nadi kucing normal antara 110-170 denyutan per menit (jika anda ingin melakukan pengecekan denyut nadi lakukan di paha belakang di bagian sendi yang menghubungkan kaki dengan tubuh)
  11. Kucing menarik nafas sebanyak 20-40 kali per menit
  12. Suhu tubuh kucing normal 102 °F atau 38.8 °C
  13. Kucing kampung dapat lari dengan kecepatan 31 mile per jam
  14. Kucing memiliki system syaraf yang sangat sensitif.
  15. Kucing dapat melompat ke ketinggian 5 kali tinggi badannya.
  16. Setiap kucing memiliki nose pad yang sangat khas, sehingga tidak akan penah ada dua kucing yang memiliki sidik hidung yang sama
  17. Kucing merespon panggilan wanita lebih baik dari pada pria, mungkin karena suata wanita memiliki puncak yang lebih tinggi
  18. Orang yang alergi terhadap kucing pada umumnya alergi terhadap air liur kucing
  19. Telah dibuktikan secara ilmiah bahwa mengelus-elus kucing merupakan salah satu cara menurunkan tekanan darah kita.
  20.  Rata-rata umur kucing 15-16 tahun.
  21. Untuk menentukan kesetaraan umur kucing dengan umur orang, mulailah dengan 20 tahun sebagai umur tahun pertama kucing, kemudian tambahkan 4 tahun umur manusia untuk setiap umur tahun kucing. Sebagai contoh : Jika kucing anda berumur 4 tahun berarti umurnya setara dengan 20 tahun (untuk umur 1 tahun) ditambah 3 x 4 tahun,yaitu setara dengan umur 32 tahun pada orang.
  22. Kucing memiliki daya penciuman yang sangat baik. Ini adalah alasan mengapa kucing tidak akan menggunakan kotak sampah kotor. Dan mereka juga memiliki pendengaran yang bagus.
  23. Kucing benci bau parfum. Mereka juga membenci aroma jeruk dan lemon.
  24. Kucing menganggap daerah yang memiliki bau amonia sebagai daerah eliminasi. Jadi, tidak dianjurkan untuk menggunakan amonia untuk membersihkan bau urin kucing.
  25. Seekor kucing mengetahui perubahan dalam suasana hati Anda, dan kadang-kadang itu akan mempengaruhi kucing Anda.
  26. Di Indonesia, suara kucing sering ditulis dengan kata “Meong”. Dalam bahasa Inggris yang digunakan di Amerika, suara kucing sering ditulis dengan “Meow”. Di negara Inggris sendiri, suara kucing ditulis “Miaow”. Kalau bahasa Jepang sering ditulis dengan kata “Nya”.
  27. Kucing termasuk hewan yang sangat bersih. Mereka sering merawat diri dengan menjilati rambut mereka. Saliva atau air liur mereka adalah agen pembersih yang kuat. tapi dapat memicu alergi pada manusia. Kadangkala kucing memuntahkan semacam hairball atau gulungan rambut yang terkumpul di dalam perutnya.
  28. Kucing dapat menyimpan energi dengan cara tidur lebih sering ketimbang hewan lain. Lama tidur kucing bervariasi antara 12 – 16 jam per hari, dengan angka rata-rata 13 – 14 jam. Tapi tidak jarang dijumpai kucing yang tidur selama 20 jam dalam satu hari.
  29. Pintu khusus kucing (cat flap) yang biasa terdapat pada pintu rumah, ditemukan pertama kali oleh Sir Isaac Newton (penemu hukum gravitasi).
  30. Ekor kucing dipergunakan untuk menjaga keseimbangaan, terutama ketika sedang melompat atau berlari.
  31. Kucing memakan rumput dengan tujuan memperbaiki pencernaan dan membantu mengeluarkan rambut yang tertelan dan menumpuk di lambung.
  32. Kucing yang sehat mempunyai suhu tubuh 38°C – 39.5°C.
  33. Kucing betina matang secara seksual ketika berumur 6-10 bulan, sedangkan kucing jantan pada umur 9 -12 bulan.
  34. Rata-rata jumlah anak kucing dalam satu kelahiran adalah 2-6 ekor.
  35. Dengkuran kucing (purring) tidak selalu menunjukkan bahwa kucing dalam keadaan nyaman. Kucing juga akan melakukan hal yang serupa dan lebih keras pada saat dalam keadaan stres atau kesakitan
  36. Semua kucing memerlukan taurine dalam makanan untuk mencegah kebutaan. Kucing juga harus mengkonsumsi sejumlah lemak dalam makanan karena tidak dapat memproduksi lemak sendiri.
  37. Ketika seekor kucing menggosokkan badannya ke kaki atau badan anda, ia sedang menandai anda dengan baunya dan menyatakan anda sebagai pemiliknya.
  38. Rata-rata umur kucing yang hidup di luar rumah sekitar 3-5 tahun, sementara yang hidup didalam rumah dapat mencapai umur 16 tahun atau lebih lama.
  39. Rata-rata waktu tidur kucing sekitar 16 jam
  40. Kaki depan kucing mempunyai 5 jari dan 4 jari pada kaki belakang. Kucing yang lahir dengan 6 atau 7 jari pada kaki depan dan tambahan jari pada kaki belakang disebut polidaktil.
  41. Kucing dewasa mempunyai 30 buah gigi, 16 buah di rahang atas dan 14 buah di rahang bawah.
  42. Ada sekitar 9600 helai rambut tiap cm2 kulit bagian atas dan sekitar 19200 helai rambut tiap cm2 kulit bagian bawah.
  43. Lidah kucing tidak dapat merasa karena kurangnya sensor syaraf perasa di lidah. Manusia mempunyai sekitar 9000 sensor syaraf perasa di lidah, sedangkan kucing hanya mempunyai 473 buah. Nafsu makan kucing terutama dipengaruhi oleh bau bukan rasa makanan.
12.47 | 0 komentar | Read More

Sebuah Keanehan dan Keunikan: Pria yang Memiliki Miliki Hidung di Atas Dahi

VIVAlife - Seorang pria China memiliki dua hidung di wajahnya. Namun, hanya satu hidung yang dapat berfungsi, yaitu hidung yang terletak di dahi. Pria yang bernama Xiaolian itu mengalami kecelakaan mobil pada Agustus 2013.
 
Saat ini Xiaolian memiliki dua hidung di wajahnya.
Akibat insiden tersebut, hidung pria usia 22 tahun hancur dan tidak dapat berfungsi kembali. Dokter di rumah sakit Fuzhou, tempat ia dirawat, mengambil tindakan untuk membuat hidung baru, agar Xiaolian dapat bernafas, seperti yang ditulis Mirror.

Dengan menggunakan expender jaringan kulit, dokter membuat transplatasi hidung. Ahli bedah mengatakan, hidung buatan ini tetap dapat berkembang dengan baik karena dibantu oleh tulang rawan yang diambil dari tulang rusuk Xiaolian.

Meski memiliki dua hidung saat ini, nantinya Xiaolian akan memiliki satu hidung. Hidung di dahinya akan dipindahkan ke tempat aslinya, tentu jika hidung buatannya tersebut benar-benar berkembang dengan baik.
12.46 | 0 komentar | Read More

Fakta Menarik Tentang Beruang Kutub


by: http://bloggyenarie.blogspot.com/2011/06/fakta-mengejutkan-tentang-beruang-kutub.html
Apa yang anda ketahui tentang hewan bernama Beruang Kutub?, 
Beruang Kutub atau dalam bahasa Inggris: polar bear atau beruang es atau dalam nama ilmiahnya Ursus maritimus adalah mamalia besar dalam aturan marga keluarga biologi Ursidae. Dia termasuk spesies circumpolar yang terdapat di sekitar benua paling utara bumi, yaitu benua Artik dan termasuk beruang paling karnivora di antara keluarga beruang lainnya. Beruang kutub kadang-kadang juga diklasifikasi sebagai mammalia laut.

Tahukah anda ?, beruang kutub merupakan hewan menakjubkan yang hidup di kutub utara. Mereka memiliki bulu yang tebal, lebat, panjang dan halus sehingga mampu menahan udara yang dingin. Dengan indra penciuman yang sangat tajam, mereka dapat mengetahui adanya anjing laut meskipun bersembunyi dibawah lapisan salju setebal 1,5 m. Dengan bulunya yang berwarna putih, beruang kutub mampu mengelabui mangsanya karena seluruh badannya menyerupai putihnya salju.

Beruang kutub juga adalah perenang yang handal karena dapat berenang sejauh 60 mil tanpa berhenti. Mereka menggunakan tungkai depannya untuk berenang dan tungkai belakang sebagai kemudi. Kelenjar minyak pada kulitnya dapat meminyaki bulunya dengan baik sehingga tahan air dan membuat tubuhnya tetap kering selama berenang.
Pada musim panas di Kutub Utara terutama pada bulan Mei - Juni, bulu - bulu beruang yang tebal mulai rontok untuk menjaga suhu tubuh tetap stabil.

Fakta Mengejutkan Tentang Beruang Kutub
Menurut pernyataan dari Lembaga Survei Geologi Amerika Serikat (USGS, dua per tiga populasi beruang Kutub akan punah pada pertengahan abad 21. Dalam beberapa dekade Kutub Utara (Artik) akan kehilangan lapisan es yang sangat besar. Para ahli bahkan memperkirakan bahwa 40 persen habitat beruang Kutub akan musnah pada tahun 2050.

Oleh karena itu, pada akhir tahun 1990-an, komunitas pengembangan kawasan masyarakat di Chocrane,Kanada, mendirikan The Polar Bear Conservation and Education Habitat and Heritage Village.Pusat rehabilitasi non-profit ini dibuat khusus untuk melindungi Beruang kutub. Dibuka selama 365 hari tanpa libur kepada semua masyarakat yang peduli dengan populasi Beruang kutub yang terancam punah, untuk mendapatkan pengetahuan, pembelajaran, serta pengalaman langsung merawat Beruang kutub.
12.39 | 0 komentar | Read More

Hal Menarik dari Kelelawar: 16 Informasi dan Fakta Unik tentang Kelelawar

by: http://www.amazine.co/23799/16-informasi-dan-fakta-unik-tentang-kelelawar/
http://3.bp.blogspot.com/_K8zIjtpesBw/S6tWegDTrgI/AAAAAAAAALc/32w_gYJsEIY/s1600/kelelawar.jpeg
Mitos vampir yang melekat pada kelelawar membuat binatang ini seakan ditakuti.
Kelelawar termasuk jenis hewan mamalia, seperti kucing, anjing, manusia, dan hewan lainnya.
Berikut adalah beberapa fakta dan informasi menarik tentang kelelawar yang perlu Anda ketahui.
1. Tidak seperti kepercayaan populer tentang hewan kotor, kelelawar adalah hewan yang sangat bersih dan secara teratur membersihkan tubuhnya.
2. Lebih dari 1000 spesies kelelawar telah berhasil diidentifikasi. Kebanyakan dari mereka memiliki ukuran sangat kecil.
3. Sebagian besar spesies kelelawar melahirkan satu anak tiap tahunnya. Berdasarkan ukuran tubuh, kelelawar merupakan mamalia yang bereproduksi paling lambat.
4. Kelelawar membantu dalam penyerbukan dan penyebaran makanan.
5. Kelelawar bisa hidup selama 20-30 tahun.
6. Kelelawar tidak buta, bahkan beberapa spesies memiliki kemampuan penglihatan amat baik.
7. Kotoran kelelawar yang ditemukan di gua-gua membantu menjaga ekosistem gua karena berfungsi sebagai sumber makanan bagi bakteri dan organisme lain.
8. Tidak seperti manusia, kelelawar istirahat pada siang hari. Mereka dapat ditemukan di tempat yang terisolasi dengan ciri menggantung kepala di bawah saat tidur. Sebagai makhluk malam, kelelawar mencari makanan pada malam hari.
9. Spesies yang berbeda dari kelelawar memakan jenis makanan berbeda. Beberapa kelelawar memakan ngengat, agas, kumbang, dan jangkrik.
Sementara yang lain makan serbuk sari, nektar, dan kelopak bunga. Beberapa spesies bahkan makan katak kecil, kadal, burung, dan ikan.
10. Kelelawar dapat menangkap serangga sambil terbang karena struktur membran sayap dan susunan otot dan tulang yang kuat.
11. Kelelawar vampir terkenal mau membagi makanan kepada individu lain yang sedang sakit atau kelaparan.
12. Substansi yang ditemukan dalam air liur kelelawar vampir digunakan untuk mengobati pasien stroke dan penyakit jantung pada manusia.
13. Seekor kelelawar Little Brown bisa makan sampai 1000 nyamuk dalam satu jam.
Hewan ini juga dikenal sebagai salah satu mamalia dengan usia terpanjang dengan mempertimbangkan ukuran tubuhnya. Kelelawar Little Brown bisa hidup hingga 40 tahun.
14. Kelelawar Little Brown mampu menurunkan detak jantung hingga hanya 20 denyut per menit dan bahkan bisa berhenti bernapas selama 48 menit saat hibernasi.
15. Kelelawar yang memakan katak mampu mengidentifikasi katak beracun dengan mendengarkan panggilan kawin katak jantan.
16. Kelelawar putih Honduras berwarna putih salju dan memiliki hidung serta telinga kuning. Kelelawar ini mampu membuat “rumah” untuk berlindung dari potongan daun.
12.36 | 0 komentar | Read More

Kisah Seram: Kisah Kalong Wewe yang bisa Menculik Manusia

Perhutani balapulang
by: http://yudibatang.wordpress.com/2012/12/21/kisah-tetangga-hilang-dibawa-kalong-wewe-didesa-balapulang-tegal-jawa-tengah/ ]
Kisah tetangga, hilang dibawa kalong wewe diDesa Balapulang Tegal-Jawa tengah
Dulu sekitar tahun enampuluhan Desa Balapulang adalah desa kecil yang masih jarang penduduknya dan belum ada listrik, otomatis bila malam tiba suasana menjadi gelap terutama dikampung-kampungnya. Bagi orang yang mampu mereka menggunakan penerangan
pertamax7petromax, namun bagi yang kurang mampu menggunakan lampu templok aka lampu gantung aka lampu minyak. bagi yang tidak mampu sekali ya menggunakan obor dan memasuki waktu tidur obornya dimatikan dan gelap-gelapan. Jaman segitu masih banyak sekali “iswil-iswil” berlalu lalang (Iswil-iswil = berbagai macam lelembut dari bahasa Balapulangan) terutama diwaktu maghrib dan waktu subuh.
peta Balapulang
Suatu sore menjelang maghrib ada seorang tetangga bernama Wak mamad sedang berjalan pulang menuju rumahnya setelah seharian melakukan aktivitas kerja. wakmamad ini suka sekali menggunakan jaket yang berwarna hitam, pada jaman segitu udah top banget kalo laki-laki memakai jaket. Namun aneh! ketika sampai didepan rumah, wak Mamad terus berjalan dan seperti tidak mengenali rumahnya. Ada tetangga yang lain yang melihat wakmamad seperti berjalan digandeng tangannya oleh sesuatu yang berwarna hitam tinggi besar dan bersayap lebar, lalu sayapnya yang lebar seperti menutupi tubuh wak mamad dan dibawa terbang.. sitetangga tersebut ngerii ketakutan dan segera masuk rumah. Waktu memasuki malam dan yang ditunggu-tunggu belum juga datang gelisah istri wakmamad yang berprofesi sebagai penjual kelapa kupas. Hingga waktu berjalan sampai pagi, wak mamad belum juga pulang. Barulah gempar ketika sitetangga yang lain menceritakan bahwa dia melihat wak mamad berjalan digandeng “hitam-hitam” dan berjalan lurus melewati depan rumahnya kemudian dibawa terbang!!. Kabarpun tersiar dari mulut kemulut bahwa wakmamad hilang dibawa kalong wewe..hiii..
mothman
keluarga wakmamad bersama penduduk desa dibantu “orang pintar” mencari wakmamad dihutan jati desa balapulang. Oh..iya..Hutan jati Balapulang pada jaman segitu masih ngerii ..selain banyak iswilnya juga masih banyak binatang buas dan konon ada ular segede drum yang pernah makan orang. Setelah seminggu, barulah wakMamad ditemukan ditengah hutan namun didesa lain yang dekat perbukitan. kondisinya sudah memprihatinkan..badannya kurus dan bajunya sudah kotor dan lusuh sedang duduk tersandar dipohon jati yang penuh semak dan didepannya ada belatung, cacing dan kaki seribu ditaruh diselembar daun jati. konon wakmamad diberi makan binatang menjijikan oleh kalong wewe…hiii..
setan
Keluarga wak mamad dan penduduk desa bersuka cita karena wakMamad sudah ditemukan dalam keadaan hidup. Namun ketika dibawa pulang wakmamad seperti orang linglung tidak mengenali dirinya dan keluarganya. Setelah dirawat selama seminggu serta dipanggilkan “orang pintar”, lambat laun wakMamad mulai pulih dan bisa mengingat-ingat kejadian yang menimpa dirinya. WakMamad menceritakan dirinya dibawa terbang oleh sesosok mahluk yang menyerupai kelelawar yang sangat besar dan pandangan dia hanya gelap gulita. Setelah pulih, Orang pintar menyarankan agar baju, celana, jaket yang dikenakan wak mamad agar dibuang karena masih ada “bulu” kalong wewe yang menempel dipakaiannya. Namun wakMamad tidak mengindahkan saran orang pintar tersebut. Baju dan celananya dibuang tapi jaketnya tetap dipakai…katanya sayang kalau jaketnya dibuang..masih bagus. Sekitar dua minggu kemudian ketika wakMamad memulai aktifitasnya kembali dan mamakai jaketnya, Sejak saat itu pula wakMamad hilang tidak pernah ditemukan jasadnya hingga sekarang…hiii…
12.30 | 0 komentar | Read More

YANG TERBARU DARI BAGINDAERY

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...