ARTIKEL PILIHAN

GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Misteri kehampaan ruang dan waktu

Written By Situs Baginda Ery (New) on Sabtu, 25 Mei 2013 | 18.50

http://1.bp.blogspot.com/-kkSOZB56dHw/T-zVCMpQyHI/AAAAAAAABSg/RUBDoINIpEY/s1600/indahnya-malam-pertama.jpgantara belantika kehidupan manusia terselip makna yang jarang terungkap. manusia sering terjebak dalam kerangka kehidupan kaku, tanpa proses pemaknaan.
kehidupan duniawi menjadi sesuatu yang bebal, tidak bisa diganggu gugat. hanya terjebak setidaknya dapat menikmati segala macam label hedonisme. bukan menjadi sebuah kebutuhan untuk bertahan hidup, lebih diutamakan mencari gaya hidup dan menjadi yang paling baik diantara yang terbaik. dalam persepsi keunggulan material.
proses pencarian makna yang sulit terjamah oleh “duniaman” hanya menjadi selintas pandang semata. bukan untuk digugah, agar dapat tercapai pelepasan belenggu kegelapan ruang dan waktu.
manusia selama menjadi “duniaman” akan tetap menjadi objek kehampaan. selalu terusak oleh obsesinya sendiri. lingkaran-lingkaran yang tidak berujung pangkal akan selalu mengintari setiap sendi lika-liku manusia, baik dari segi sosial, material, psikologis, biologis dan sebagainya.
mengaca terhadap proses pewahyuan pertama muhammad, akan perintah tuhannya untuk membaca. yang terulang hingga tiga kali. setidaknya merupakan suatu anjuran yang patut dapat kita cerna hikmahnya. perintah pertama, mungkin ada keraguan atas apa yang diperintahkan. perintah kedua, ada sisi kebingungan atas diri sendiri dengan apa yang diperintahkan. dan perintah ketiga menjadi suatu penetapan terakhir, agar tidak terpaku terhadap apa yang mesti dibaca. sebab pemaknaan “baca” secara universal dapat diartikan sebagai proses komunikasi dari penterjemahan atas apa yang dilihat, diraba dan dirasa.
aktualisasi dari kebingungan atas suatu perintah tersebut dapat terwujud setelah penjelasan secara menyeluruh. yakni “bacalah atas nama tuhanmu yang telah menciptakan langit serta isinya termasuk manusia sebagai penghuninya. dan bacalah atas apa yang telah tuhan muliakan bagi manusia. yang telah dicontohkan dengan media-media kehidupan, seperti berbagai kejadian, ketetapan kehidupan (etc; mati dan hidup) dan dengan proses pengalamannya dapat menjadi suatu pengetahuan bagi manusia itu sendiri.
setelah pengejawantahan tersebut dapat terungkap, bahwa tuhan telah menulis berbagai skenarionya, sekaligus menjadi sutradara tunggal bagi keberlangsungan hidup manusia. manusia menjadi objek pemain utama dalam mengarungi kehidupan dunia.
teringat akan sebuah lagu yang menggambarkan bahwa dunia ini adalah panggung sandiwara, dengan berbagai sendi-sendi artistik ketegangan, keharmonisan, kesejukan dan lain sebagainya.
lalu apakah kita selaku pemain tidak bisa menggugah ataupun berekspresi terhadap peran yang kita lakoni, setidaknya kita dapat menjadi bumbu sebuah lakonan yang menarik. dan kita juga yang menjadi objek penderita dan kebahagiaan. semua itu merupakan hukum sebab akibat, yang telah diagendakan dalam skenario-Nya.
lalu apakah akan ada suatu keberujungan dari sebuah cerita? tentu ada, salah satunya adalah sebuah kematian. tetapi cerita akan tetap berlanjut dan akan terus berulang-ulang. baik dari kejadian, detail setiap kejadian terus menerus.
itulah ruang dan waktu yang tak berujung menjadi cikal bakal akan suatu kehampaan tanpa makna. tapi tak ada satupun yang tak bermakna, segalanya dapat mengandung suatu makna apabila kita mendengar, melihat dan merasakan atas apa yang telah tuhan anjurkan. ketiga hal itu tidak juga akan dapat menemukan makna jika tanpa pendorongan aspek intuisi yang terdalam, atas apa yang memang sebagai naluri manusia sebagai bekal untuk mengarungi kehidupan.
tetaplah ada kehampaan, dan terus menerus kehampaan. lalu apakah akan berujung kehampaan tersebut? salah satunya adalah jika kita mengintari lingkaran dan berhenti dalam satu titik tertentu tanpa melangkah dan juga bergerak baik dari segi fisik maupun non-fisik. itulah yang disebut dengan kematian. kematian dalam arti yang sebenarnya maupun kematian lainya, seperti pemikiran dan hasrat.
jadi selama ada dalam hidup selalu ada ruang dan waktu. tapi bagi para non-atheis, menjadi sebuah keyakinan tersendiri dan sekaligus motivasi tersendiri baginya bahwa, setelah perjuangan tanpa lelah dalam mengarungi kehampaan ruang dan waktu akan ada suatu anugrah tuhan bahwa segala kesengsaraan akan dibalas dengan kebahagiaan kelak, atas ketabahan dan kesabaran dan tetap mengingat akan diri-Nya.
seiring dengan hal itu bukanlah suatu kemunafikan bahwa manusia membutuhkan suatu materi sebagai penunjang kehidupan. jadi pembukaan mata, telinga dan hati, merupakan kunci utama dalam mengarungi kehidupan. agar tetap terjaga dari ketidaksadaran dan ketidaksabaran, atas suatu masalah hidup yang tidak berujung. mediasi atas pengejawantahan penyesalan dan kesedihan, dapat diperoleh berbagai cara baik itu dengan menuangkannya dalam bentuk karya seni, religi maupun hobi. tapi dibalik itu semua hanya sebuah hegemoni yang mengakar hingga ujung hidup manusia.
kerangka ini dibuat atas keluh kesah dari kejenuhan yang tiada akhir, tetapi jalan kematian bukanlah jalan terakhir, maupun jalan pintas. sebab jalur tersebut hanya berbentuk sebuah alternatif solusi.
18.50 | 0 komentar | Read More

Mencari Sebuah Ketenangan di Tengah Kesunyian Malam (ARTIKEL SPESIAL)

http://penulis165.esq-news.com/sites/default/files/2012/10/img/bulan-malam.jpgRenungan penuh hikmah, renungan hidup penuh manfaat, renungan hati penuh makna, renungan malam penuh tujuan, renungan harian penuh arti, renungan cinta menumbuhkan rasa cinta dan kasih sayang, renungan Islam penuh berkah, karena renungan adalah sarana yang tepat untuk introspeksi diri, karena renungan bisa sebagai motivasi hidup, dan untuk inilah aku tulisakan catatan renungan hidupku sebagai pengingat diri. Di keheningan malam ini, saat bulan purnama menyinari bumi, aku merasa ingin sekali menuliskan sesuatu tentang catatan renunganku saat sepertiga malam ini. Semoga catatan renungan ini banyak membawa hikmah dan manfaat untuk diri sendiri, keluarga dan tak lupa untuk sahabat-sahabatku. Dan sebagai pedoman hidupku bahwa renungan adalah awal dari petualangan dan perjalanan hidup, bukan sebagai akhir dari usaha dan ikhtiar kita.

Setiap orang akan berbeda dalam menyikapi berbagai gejolak hidupnya. Menyikapi hidup dan kehidupan terkadang gampang-gampang susah. Gampang untuk bicara, susah untuk dijalankan. Adakalanya kita bisa berpikiran jernih sehingga semuanya nampak indah, dan adakalanya hati kita dalam keadaan gelap sehingga keluh kesah pun tak dapat dihindari. Keluh kesah dan ketenangan silih berganti menyelimuti perjalanan hidup kita. Dan semuanya sudah menjadi hukum Allah bahwa kehidupan ini memang selalu berputar dan berpasang-pasangan, yang menjadikannya sebagai ujian, pelajaran, cobaan dan peringatan bagi orang-orang yang berpikir.

Manusia dengan perbedaan cara pandangnya, selalu menanti kehadiran masa-masa yang tenang sehingga bisa menjadikannya sebagai sebuah kebahagiaan dan ketentraman yang dalam. Masa-masa yang tenang ini akan sangat berdampak pada penjernihan akal dan pikiran manusia. Tetapi tidak sedikit pula manusia yang dapat merasakan ketenangan hati dengan tidak terpengaruh tempat dan waktu. Bagi mereka, suasana ramai maupun sepi, malam ataupun siang, semuanya sama karena sudah terpancar sinar ketenangan dan kedamaian dalam hatinya. Sungguh beruntung orang yang memiliki tipe seperti itu.

Lain dengan mereka, lain pula dengan diriku. Aku termasuk orang yang sangat menikmati kesunyian malam. Bagiku, suasana malam menjelang pagi adalah masa-masa yang selalu indah untuk aku nikmati, sungguh suasana yang sangat menenggelamkan segala kegelisahan dan kekacauan pikiranku. Teringat akan masa lalu yang penuh kebahagiaan bersama orangtua dan saudara kandungku, teringat akan masa kecilku saat bermain bersama sahabat-sahabatku, teringat masa penuh keceriaan bersama kawan-kawanku semasa sekolah. Terkadang semuanya membuat hati larut dalam kerinduan yang dalam.

Aku semakin percaya bahwa memang benar Allah memuliakan sepertiga malam terakhir bagi orang-orang yang hendak beribadah kepada-Nya. Saat itulah diri kita merasa sendirian kecuali Sang Khalik yang selalu terjaga dan menemani kita. Saat itulah diri kita merasa bukanlah apa-apa, terlalu kecil diri kita dihadapan Allah tetapi akan menjadi mulia bila kita mampu bertaqwa dengan sebenar-benarnya taqwa. Ketenangan dan kedamaian hatiku terasa memuncak manakala aku mendapatkan sepertiga malam yang penuh keberkahan dan ampunan-Nya. Tiada waktu yang paling indah bagiku kecuali di sepertiga malam terakhir itu.

Dan alangkah beruntungnya jika kita bisa memanfaatkan sepertiga malam itu untuk melakukan ibadah kepada Allah yang telah menciptakan kita, memohon ampunan-Nya serta mensyukuri atas segala karunia-Nya. Akan tetapi segala sesuatu yang berkaitan dengan ibadah, tentunya tidak akan pernah terlepas dari godaan syaitan laknatullah. Mereka menggoda manusia untuk malas bangun malam, mereka lebih menyukai manusia yang tertidur lelap dengan mimpi indahnya, mereka senang bila manusia tertidur pulas dengan selimut hangatnya. Itulah tipu daya syaitan laknatullah agar manusia tidak mengambil keuntungan besar dari sepertiga malamnya.

Segala kondisi adalah tantangan dan setiap masa adalah cobaan, namun di balik itu terdapat hikmah yang besar untuk orang-orang yang berpikir. Berpikir untuk menjawab semua tantangan, berpikir untuk teguh dalam menghadapi cobaan. Namun bagiku kesunyian malam tetaplah sebuah ketenangan yang sesungguhnya, penuh hikmah dan pahala. Lain orang lain pula cara mencari ketenangannya, dan aku selalu berharap mendapatkan ketenangan di kesunyian malam yang berujung kebahagiaan di panasnya siang.
18.47 | 0 komentar | Read More

KISAH MOTIVASI BUAT PARA ATLET BULUTANGKIS= Lilyana Natsir, berhenti sekolah demi bulutangkis

http://i.istockimg.com/file_thumbview_approve/16968349/2/stock-photo-16968349-badminton-silhouette.jpgLilyana Natsir merupakan salah-satu pebulutangkis top dunia yang dimiliki Indonesia.
Di usia 12 tahun, Lilyana Natsir meninggalkan bangku sekolah, demi menekuni bulutangkis. Kini dia salah-satu pemain terbaik dunia yang dimiliki Indonesia.
Menjelang siang, di antara bunyi pukulan raket dan teriakan para pemain pelatnas bulutangkis yang tengah berlatih di Cipayung, Jakarta Timur, Lilyana Natsir baru saja menyudahi latihan fisik.
Tangannya terlihat membersihkan kucuran keringat di keningnya. Napasnya naik-turun.
Di luar hari libur, seperti itulah kegiatan sehari-hari Liliyana Natsir, salah-seorang pemain ganda campuran terbaik dunia yang dimiliki Indonesia.
Torehan prestasi Lilyana (bersama pasangannya terdahulu Nova Widianto dan sekarang Tantowi Ahmad) di dunia bulutangkis, membuatnya dinominasikan sebagai pemain terbaik dunia 2011 versi Federasi Bulutangkis Dunia, bersama enam pebulutangkis putri dunia lainnya, pada Desember 2011 lalu
Perempuan kelahiran 9 September 1985 ini merupakan satu-satunya pemain Indonesia yang masuk nominasi tersebut, diantara lima pemain Cina dan seorang pemain Denmark.
"Hidup itu pilihan. Jadi, kita harus menerima resiko. Kita memilih olahraga, maka kita harus fokus, harus benar-benar serius, apapun hasilnya."
Lilyana Natsir
"Itu satu kehormatan buat saya," ungkap Butet, begitu dia minta disapa, kepada wartawan BBC Indonesia, Heyder Affan, usai latihan di pinggir arena latihan Pelatnas Bulutangkis, Jakarta Timur, Kamis (8/12) lalu.
"(Nominasi itu) sekaligus menjadi pacuan buat saya untuk memberi yang terbaik buat Indonesia," tambah perempuan kelahiran Menado, Sulawesi Utara ini.
Tentu saja, predikat nominator pemain terbaik dunia 2011 itu tidak begitu saja datang-datang tiba.
Sampai Desember 2011 lalu, Lilyana berada pada ranking empat pemain ganda putri terbaik dunia.
Sebuah proses panjang, tidak gampang, berliku, dan bahkan menuntut pengorbanan (“... Itu pilihan berat buat orang tua, (dan) buat saya sendiri,”ungkap Lilyana, ketika memutuskan berhenti sekolah pada usia 12 tahun, demi terjun total pada dunia bulutangkis) telah dilalui sosok Lilyana Natsir.

Berawal dari halaman rumah

Berawal dari halaman rumahnya di Menado, Sulawesi Utara, Butet mulai berkenalan bulutangkis.
Dia memang tumbuh dalam keluarga yang mencintai bulutangkis.
Bersama kakak serta sang ibu, sejak umur 9 tahun, Lilyana kemudian belajar mengayunkan raket.
Lilyana berlatih hampir saban hari ketika sang pelatih menyebutnya berbakat.
Melihat keseriusan putrinya, sang ibu, Olly Maramis, kemudian mendaftarkan Butet 'kecil' ke klub bulutangkis setempat, PB Pisok Menado.
Dalam perjalanannya, kalimat “anak ibu berbakat” akhirnya dilontarkan sang pelatih kepada ibunya, melihat penampilan Lilyana kala itu.
Sejak saat itulah, hidupnya berubah total. Latihan dan latihan, adalah kegiatan yang paling banyak menghiasai aktivitas kesehariannya.
“Tidak jarang setiap hari latihan,” kata Lilyana, suatu saat, mengenang perjalanan hidupnya.
Bisa ditebak, gabungan bakat dan latihan keras itu pada akhirnya membuahkan prestasi.
"Tidak jarang saya setiap hari latihan."
Lilyana Natsir
Pada sebuah kejuaraan di Menado, Lilyana menyumbangkan paling banyak medali emas untuk klubnya.
Dan, seperti menapaki tangga prestasi yang lebih tinggi, ketika usianya memasuki 12 tahun, Lilyana – atas keinginan pribadi dan dorongan keluarganya – akhirnya bergabung dengan klub bulutangkis Tangkas Alfamart, di Jakarta.
Jauh dari orang tua, pengalaman mandiri pada usia muda yang dilaluinya, kelak diakui oleh Lilyana ikut membentuk karakternya dalam bertanding.
“Di situlah yang bikin mental saya jadi kuat,” katanya, mengenang masa-masa yang digambarkannya begitu berat.

Pernah menangis

Pergulatan meyakinkan diri untuk tetap menekuni bulutangkis (di Jakarta) serta tekanan untuk kembali ke pangkuan ibunya di Menado, adalah masa-masa berat yang mesti dilalui Lilyana.
Semenjak 1997, dia memang tinggal di asrama klub Tangkas, Jakarta. Hanya sekali sepekan, sang paman mengajaknya menginap di rumahnya.
Bersama pasangannya Tontowi Ahmad, menyabet emas pada SEA Games 2011 lalu.
Sisanya, dia harus seorang diri untuk meladeni kebutuhannya sehari-hari, tanpa bantuan seorang ibu.
“Itu beban berat buat saya,” akunya terus-terang, mengingat kembali pengalamannya saat itu.
Padahal, saat masih tinggal bersama keluarganya di Menado, Lilyana mengaku “tidak pernah pisah dengan orang tua.. di mana ada orang tua, di situ ada saya”.
Karena itulah, ketika rasa kangen terhadap orang tuanya begitu memuncak, dan di sisi lain dihadapkan persoalan hidup, Lilyana mengaku pernah menangis.
Bahkan, seperti diutarakannya pada sebuah wawancara, ketika suatu saat ada kesempatan pulang ke Menado, Lilyana menolak kembali ke Jakarta.
"Ketika saya memutuskan berhenti sekolah, Itu beban berat buat saya."
Lilyana Natsir
Sang ibulah yang kemudian membujuknya (dengan sabar) agar anaknya kembali menekuni dunia bulutangkis di ibukota.
Seiring dengan perjalanan waktu, Butet – panggilan akrab ini mulai disematkan teman-temannya (yang sebagian besar dari suku Batak) di PB Tangkas -- pelan-pelan akhirnya mampu mengubah problem 'rindu orang tua' itu menjadi semacam “tantangan” yang harus dihadapi sekaligus “motivasi” untuk meraih prestasi.
(Selama menggeluti latihan di klub itu, Lilyana juga menemukan alasan kuat untuk bermain di sektor ganda, ketimbang tunggal, yang akhirnya berlanjut sampai kini).
Bertumpu pada pijakan seperti itu, diselingi raihan prestasi, Lilyana akhirnya terpilih masuk pelatnas bulutangkis di Cipayung, Jakarta Timur, pada 2002.

Berhenti sekolah

Tetapi bagaimana dengan sekolah Lilyana, ketika dia pindah ke Jakarta, dan sepenuhnya menyerahkan hidupnya pada bulutangkis?
Lilyana membenarkan dia berhenti sekolah – dan menganggap keputusan itu sebagai “pilihan berat” buat orang tuanya dan dirinya sendiri.
“Tapi, ya itulah, kayak banyak orang ngomong, nggak bisa (dalam mengerjakan sesuatu) kita jalan dua-duanya,” katanya, menjelaskan latar belakang keputusannya itu.
Di usia 12 tahun, Lilyana meninggalkan bangku sekolah, dan memilih total terjun ke dunia bulutangkis.
Ketika itu usia Lilyana 12 tahun. Berarti dia baru saja lulus sekolah dasar.
“Kita harus fokus salah-satu,” katanya, dengan nada tegas.
Tentu saja, menurutnya, pilihan itu dibuat didasarkan pertimbangan matang.
Pertama, dia merujuk nilai olahraga pada buku rapor sekolahnya. “Tidak hanya bulutangkis, basket, lari, dan olahraga lainnya, semua nilainya 9,” ungkapnya.
Lainnya, tentu saja bakat dan prestasi di luar sekolah yang diraihnya pada cabang olahraga bulutangkis. “Menurut saya, inilah dunia saya,” aku putri pasangan Beno Natsir dan Olly Maramis ini.
Dan ketika dia (dan kemudian didukung sepenuhnya oleh keluarganya) memutuskan berhenti sekolah, ada sebagian keluarga besarnya menyesalkan keputusan itu.
"Hidup itu pilihan. Jadi, kita harus menerima resiko."
Lilyana Natsir
“Sayang sekolah ditinggal, bagaimana masa depan(mu),” katanya, menirukan suara-suara itu.
Tetapi Lilyana bertekad untuk seratus persen menekuni dunia bulutangkis. Dan itu artinya dia harus berhenti sekolah.
“Hidup itu pilihan,” katanya, berfilosofi. “Jadi, kita harus menerima resiko.”
“Kita memilih di olahraga, (maka) kita harus fokus, kita harus benar-benar serius, apapun hasilnya,” papar pemain bertinggi badan 168cm ini, lebih lanjut.

Spesialis ganda campuran

Sejarah kemudian mencatat, Lilyana tumbuh menjadi pemain spesialis ganda – yang disegani.
Sempat bermain di ganda putri dengan berpasangan dengan Vita Marissa, namun sang pelatih Richard Mainaky menawarinya bermain di ganda campuran.
Dia lantas dipasangkan dengan Nova Widianto, semenjak 2004.
Rupanya, pilihan sang pelatih itu tidak salah. Buktinya, setahun kemudian, mereka meraih juara ganda campuran pada kejuaraan dunia di Amerika Serikat (2005).
Bersama Nova Widianto, Lilyana menyabet juara dunia bulutangkis 2005 dan 2007.
Di tahun 2007, Lilyana/Natsir kembali juara dunia ganda campuran, ketika kejuaraan itu digelar di Malaysia.
Secara khusus, pada ajang ini, Lilyana mengaku puas.
“Karena kami bisa mengalahkan pasangan Cina, Zheng Bo/Gao Ling,” ungkapnya, mengomentari lawannya yang dianggapnya sebagai 'paling tangguh', pada awal karirnya di berbagai turnamen internasional.
Di ajang SEA Games, pasangan ini tidak terkalahkan, semenjak SEA Games di Thailand (2007) hingga Laos (2009).
Dan setelah Nova menggantung raket, Lilyana mempersembahkan emas pada SEA Games 2011 di Indonesia. Kali ini dia berpasangan dengan Tontowi Ahmad.
Di berbagai ajang super series atau grand prix, kehadiran Lilyana dan pasangannya juga terus diperhitungkan.
Terakhir pada Grand Prix Macau Gold 2011 lalu, Lilyana/Tontowi Ahmad menjadi juara ganda campuran.

Target olimpiade

Ambisi Lilyana untuk lebih memacu prestasi, kini dia arahkan sepenuhnya pada turnamen All England dan Olimpiade 2012 di London.
Dia menyebut All England -- salah-satu turnamen bulutangkis tertua di dunia -- sebagai impian lama yang dia idamkan.
"Karena, saat berpartner dengan Nova, (kami masuk) final sudah dua kali, semi final sudah dua atau tiga kali," katanya, bersemangat.
"Masa' saya nggak bisa juara..."
"Mudah-mudahan dengan motivasi saya yang lebih, dengan terakhir juara Macau Open 2011, dan saya masuk nominasi, ini tantangan buat saya, untuk tahun ada olimpiade, kasih medali emas untuk Indonesia."
Lilyana Natsir
"Tapi yang terpenting di depan saya adalah Olimpiade 2012 di London," tandas Lilyana, yang sejak 2002 terpilih dan bergabung di pelatnas bulutangkis di Cipayung.
Dalam Olimpiade 2008 di Beijing, Lilyana-Nova Widianto meraih perak, setelah ditaklukan ganda campuran Korsel, Lee Yongdae-Lee Hyojung.
Keberhasilan senior serta rekan-rekannya meraih emas pada ajang olahraga terbesar di dunia itu, pada tahun-tahun sebelumnya, juga menjadi motivasi tersendiri buat Lilyana.
"Karena selama ini tradisi emas olimpiade itu selalu dari bulutangkis, dari jaman Susi Susanti (tunggal putri), (ganda putra) Rexi Mainaky-Ricky Subagya, (tunggal putra) Taufik Hidayat, dan terakhir (ganda putra) Markus Kido-Hendra Setiawan," paparnya.
Sejauh ini hanya sektor ganda campuran yang belum menyumbangkan emas olimpiade untuk Indonesia.
"Mudah-mudahan dengan motivasi saya yang lebih, dengan terakhir juara Macau Open 2011, dan saya masuk nominasi (pemain terbaik 2011 versi Federasi Bulutangkis Dunia), ini tantangan buat saya, untuk tahun ada olimpiade, kasih medali emas untuk Indonesia".

Prestasi tidak menurun

“Saya merasa, (prestasi saya) nggak dibilang menurun kok,” tegas Butet, ketika saya menanyakan sikap sebagian masyarakat Indonesia yang menganggap prestasi bulutangkis Indonesia sekarang tidak sebagus para pendahulunya.
“Karena, dulu saya dan Nova, kasih banyak juara,” tandasnya. “(Dan) itu nggak gampang.”
Lilyana menolak anggapan jika prestasi bulutangkis Indonesia dianggap menurun belakangan.
Bahkan, saat mulai berpasangan dengan Ahmad Tontowi, pasangan ini sempat masuk rangking dua dunia.
“Padahal, saya baru berpasangan setahun,” tegasnya, seraya menambahkan, raihan prestasi mereka terbilang luar biasa dalam waktu relatif pendek itu.
Dia kemudian menyebut beberapa turnamen internasional bergengsi yang mereka taklukkan, belakangan.
“Itu satu prestasi yang nggak muda diraih seorang atlit,” tambahnya lagi.
Lagipula, menurutnya, setiap atlit telah berupaya semaksimal mungkin untuk meraih kemenangan tertinggi.
Karena itulah, “kita membutuhkan dukungan masyarakat.”
“Jangan di atas saja, baru dielu-elukan. Nanti pas jatuh, tambah dijatuhin,” kata Lilyana, dengan nada prihatin. “Kita butuh motivasi dari masyarakat.”

Menonjol tapi tidak merata

Meskipun demikian, Lilyana mengaku bahwa pada masanya Indonesia pernah merajai bulutangkis dunia – sehingga kehadirannya selalu dielu-elukan masyarakat Indonesia.
“Kita tidak pungkiri, senior-senior kita sangat berprestasi,” katanya.
Namun, imbuhnya cepat-cepat, sekarang situasinya berbeda.
"Kita tidak pungkiri, senior-senior kita sangat berprestasi. Tapi sekarang ini, persaingan lebih ketat. Jadi, secara nggak sadar, (prestasi bulutangkis) sudah merata."
Lilyana Natsir
“Sekarang ini, persaingan lebih ketat,” katanya, menganalisa.
Dia mencontohkan, negara Polandia, yang dulu tidak masuk 'peta bulutangkis dunia', “kini sudah bagus.”
“Jadi, secara nggak sadar, (prestasi bulutangkis) sudah merata,” tambahnya.
Menurut Lilyana, salah-satu faktor yang membuat kekuataan bulutangkis dunia kini relatif merata adalah: “... pelatih-pelatih kita (juga Cina dan Korea Selatan) banyak yang ke luar negeri.”
Tetapi, Lilyana menolak jika disebut pebulutangkis nasional Indonesia kini sepi dari prestasi.
“Sekarang ini mungkin ada yang menonjol, tapi satu atau tiga orang saja,” katanya. “Nggak menyeluruh”.

Mengapa Cina superior

Dalam wawancara yang berlangsung sekitar 40 menit itu, saya mengajukan pertanyaan khusus kepada Lilyana Natsir, yaitu “kenapa pebulutangkis kini Cina sulit dikalahkan...”
Jawaban meyakinkan pun muncul dari mulutnya. “Sebenarnya, faktor teknis, skill, Indonesia itu di atas.”
Pasangan Lilyana/Nova harus mengakui ketangguhan ganda campuran Cina Zhang Nan/Zhao Yunlei pada All England 2010.
“Tapi,” katanya, melanjutkan, ”Cina itu.. memang mungkin sudah dibentuk, atau memang faktor dari sananya, Cina itu punya kecepatan yang sangat cepat dan power yang sangat kuat.”
Karena itu, menurutnya, ketika pemain Indonesia mengedepankan skill, “(kita) kalah cepat, atau kalah kuat...”
Namun demikian, Lidya menerangkan, setelah ada perubahan pola penilaian dan perhitungan skor, faktor tenaga dan kecepatan Cina relatif tidak lagi dapat ditonjolkan.
“Nah, sekarang game 21, agak merata. Karena, game-nya singkat, dan jika (pemain) sana berbuat salah, kita (dapat) poin kan...”
“Jadi, kita adu skill, masih bisa,” jelasnya. “Tapi, kita harus tetap diimbangi power dan speed-nya.”

Resep taklukkan Cina

Selain keharusan menambah porsi latihan power dan speed, Lilyana menyebut faktor “mental bertanding” sangat dibutuhkan ketika menghadapi para pemain Cina.
Hal ini dia tekankan, karena mental sebagian pemain langsung jatuh ketika mengetahui calon lawannya berasal dari negara tirai bambu.
Butet mengaku, saat yunior dulu, nyalinya menjadi ciut setiap akan menghadapi pemain-pemain Cina.
"Tapi sekarang, mungkin karena pengalaman, dengan prestasi yang saya dapat, (setiap) saya ketemu Cina, malah saya harus lebih percaya diri."
Lilyana Natsir
“Tapi sekarang, mungkin karena pengalaman, dengan prestasi yang saya dapat, (setiap) saya ketemu Cina, malah saya harus lebih percaya diri,” katanya, bersemangat.
Selain itu, yang lebih penting lagi, menurutnya, adalah menyiapkan generasi penerus pebulutangkis Indonesia yang “bisa mendekati (prestasi) seniornya”.
Kehadiran pemain yunior yang mumpuni, lanjut Lilyana, dibutuhkan saat ini. “(Kehadiran mereka) bisa membantu.”
Selama ini, tambahnya, pemain-pemain yunior itu sudah kalah di tingkat awal.
Akibatnya, di babak berikutnya, para pemain Cina atau Korsel lebih tampil mendominasi.
“Jadi ibaratnya, (Cina atau Korsel) main kepung. Jadi, kita hari ini amin-amin bisa ngalahin Cina, besok ketemu Cina lagi. Ya, kita babak belur. Gitu loh...”

Pensiun untuk atlit

Ketika wawancara menyinggung masa depan atlit olahraga, Lilyana berulang-ulang meminta agar pemerintah memberikan pensiun seumur hidup kepada atlit berprestasi.
“Seperti di negara-negara maju,” ungkapnya, terus-terang. “Jadi, atlit (dapat) lebih tenang.”
Sekarang ini, lanjutnya, para atlit bulutangkis -- juga barangkali atlit cabang olahraga lainnya -- dipaksa memikirkan masa depannya setelah menggantungkan raketnya.
Lilyana Natsir meminta pemerintah memikirkan masa depan atlit, melalui program asuransi setelah mereka pensiun.
“Karena, nggak ada yang peduli dengan kita,” tandasnya.
Dia kemudian mencontohkan dirinya sendiri. “Sekarang banyak (orang) kenal saya... Setelah saya stop (main) bulutangkis: siapa elo, siapa kamu, dulu ya dulu. Sekarang ya sekarang. Orang nggak peduli...”
Lilyana lantas teringat nasib beberapa bekas atlit yang jatuh miskin, setelah pensiun dari dunia olahraga.
“Miris melihatnya,” katanya, lirih. “Padahal, dia pernah membawa harum nama Indonesia...”

Bulutangkis jalan hidup

Lalu apa yang Anda lakukan bila kelak menggantungkan raket?
“Saya harus pintar-pintar berinvestasi, pintar-pintar memenej keuangan saya, untuk masa depan,” kata Yana, panggilan akrabnya – selain Butet, tentu saja.
Dia membayangkan nantinya membuka usaha dari tabungan miliknya.
"Saya harus pintar-pintar berinvestasi, pintar-pintar memenej keuangan saya, untuk masa depan."
Lilyana Natsir
Tentu saja, Lilyana juga membayangkan dirinya bisa menjadi pelatih di Indonesia atau luar negeri.
Jadi, saat ini, Anda memandang bulutangkis itu seperti apa?
“Bulutangkis itu jalan hidup saya,” kata Lilyana, dengan nada tegas.
Itu dia tekankan, karena dengan menekuni bulutangkis, dia dapat berinvestasi di dunia properti, membeli mobil, serta dikenal banyak orang.
“Dan, ada kebanggaan saya bisa mengibarkan bendera Merah-Putih,” paparnya.
Karena itulah, demi menjalani hidup di dunia bulutangkis, Lilyana kini sepenuhnya berlatih serius dan mencetak prestasi sebanyak mungkin.
“Yang materi (hadiah atau bonus) itu mengikuti,” katanya, agak berdiplomasi, sekaligus menutup wawancara siang itu.
18.43 | 0 komentar | Read More

Sebuah Keadilan Mati Suri dalam Pemberantasan Korupsi

http://images5.fanpop.com/image/photos/31800000/Lonely-Angel-angels-31826332-1024-768.jpgKeadilan merupakan hal yang teramat penting dalam setiap sendi peradaban Manusia, tanpa adanya keadilan, dapat dipastikan terciptanya  kehidupan yang pincang, dan melahirkan adanya diskriminasi. [1]
Ketika kita berbicara Keadilan dalam Hukum, dalam Perspektif Islam, salah satu makna Keadilan adalah Sama, yaitu Sama memutuskan Hukum kepada semua orang tanpa terkecuali.
Dalam Quran Surah An Nisaa’: 58 Allah Ta’ala berfirman:
Sesungguhnya Allah menyuruh kamu menyampaikan amanat kepada yang berhak menerimanya, dan (menyuruh kamu) apabila menetapkan hukum di antara manusia supaya kamu menetapkan dengan adil.
Kita semua, apalagi para penegak Hukum, harus berbuat adil meski orang yang bersangkutan adalah karib kerabat sendiri :
Dan apabila kamu berkata, maka hendaklah kamu berlaku adil kendatipun dia adalah kerabat[mu]). QS Al An’Am 152. [2]
Aristoteles, dalam karyanya Rhetorica, ia menjadikan Keadilan Hukum sebagai tujuan hukum itu sendiri, “Tujuan hukum menghendaki semata-mata dan isi dari pada hukum ditentukan oleh kesadaran etis mengenai apa yang dikatakan adil dan apa yang tidak adil”. [3]
Dari perspektif lain, Gustav Radbruch  menjadikan Keadilan Hukum sebagai prioritas Utama dari tiga nilai dasar yang menjadi tujuan Hukum ketika berbenturan dua azas lainnya, yaitu Kemanfaatan Hukum dan Kepastian Hukum. [4]
Beberapa bulan ini Suhu Politik dan Hukum Indonesia memanas dengan kasus tersangkanya Luthfi Hasan Ishaq (LHI), mantan Presiden PKS dalam kasus suap impor daging yang kemudian dikenakan TPPU,  Anas Urbaningrum (AU), mantan Ketum PD dalam kasus Korupsi Hambalang [5], serta Andi Malarangeng (AM), mantan Menpora yang juga terkena kasus Korupsi Hambalang) [6].
Secara kasat mata, baik yang pakar ataupun yang awam hukum, akan didapati perbedaan sikap KPK selaku Lembaga Penegak Hukum kepada ketiganya (LHI,AU,AM) dan juga kepada Pejabat lain.
La Ode Ida, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) berkata, “Terhadap politisi PKS, terkesan KPK dan media sengaja mempermalukan para pelakunya. Kepada kedua politisi PKS itu, KPK tak ada kompromi lagi. Mereka langsung ditahan”. Laode pun menunjuk acara Pagi Bersama Anas Urbandingrum di sebuah stasiun televisi swasta pada tayangan Jumat pagi tadi, terkesan menokohkan terduga koruptor dengan latar belakang rumah dan harta mewah. [7]
KPK sangat berani memeriksa Ketua Majelis Syuro PKS, memeriksa Presiden PKS, tapi sama sekali tidak berani untuk memeriksa Boediono, apakah karena beliau menjabat sebagai Wakil Presiden RI ? kita dapati statement dari Hidayat Nur wahid melalui inilah.com “Sangat disayangkan jika KPK berantas korupsi dipolitis. Kalau mengenai janjinya, kenapa KPK ragu menindak Boediono yang selama ini diduga terlibat,” [8]
Selain tidak berani memeriksa Boediono, KPK begitu ‘memanjakan’ Sri Mulyani hingga bela belain pergi ke Amerika untuk memeriksa Sri Mulyani, tapi kemudian KPK tidak mau “mengumbar” hasil pemeriksaan kepada Sri Mulyani dengan dalih bukan konsumsi publik. tapi kenapa kasus LHI KPK begitu mengumbar semuanya? baik yang “dirasa berhubungan” ataupun yang TIDAK berhubungan sama sekali? [9]
Pengacara LHI juga mempertanyakan ketidakadilan dari KPK “Contohnya salah satu menteri yang sudah ditetapkan sebagai tersangka sejak awal, namun hingga kini belum dilakukan penahanan. Saya wajar bertanya. Ini digerebek, diambil terus ga boleh pulang. [10]
Tidak hanya Pengacara LHI yang mempertanyakan ketidakadilan dari KPK, Pengamat Hukum dari Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta juga mempertanyakan hal yang senada. Ia mengatakan, dalam proses hukum itu semua orang harus sama perlakuannya. Tak perduli apakah seseorang tersebut orang biasa atau orang yang dekat dengan penguasa sekalipun.”Ada dua keadilan disini, kalau keadilan substantifnya itu ada di pengadilan. Kalau orang berbuat salah hukumannya berapa tahun, itu disebut keadilan substantif. Tapi kalau prosesnya, itu yang disebut keadilan prosedural. Keadilan itu harus obyektif dan bisa diuji oleh siapa saja dengan hasil yang sama,” ujarnya ketika dihubungi Sindonews”. [11]
Perlakuan KPK terhadap Ahmad Fathanah teramat berlebihan, semua transaksi semenjak 9 tahun lalu (tahun 2004) dibeberkan, tak peduli apakah uang AF halal atau haram.  Kenapa tidak pada kasus yang lain?. Kenapa pula hanya diarahkan kepada kaum perempuan saja? Menurut informasi dari KPK yang di-release situs tribunnews, hanya transaksi nomor 34 yang menyudutkan PKS tanpa pencantumkan tanggal transaksi. [12]
Tak ketingalan pula penilaian dari pengamat hukum dengan pertanyaan, “Saat menyidik kasus suap impor daging sapi yang menyeret PKS, KPK begitu menggelegar. Kata anak sekarang, cetar membahana. Namun untuk korupsi Hambalang, KPK terlihat sunyi senyap. Ini ada apa? Aneh sekali,” tutur pengamat hukum Margarito Kamis, kepada INILAH.COM [13]
Di sisi lain, kasus-kasus yang telah menyeret nama-nama besar dengan status yang sama tersangka, tidak ditahan dan tidak “dicolek” sampai saat ini, inilah mati suri-nya keadilan bagi penegak Hukum bernama Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).
Lembaga yang teramat disanjung dan dielu-elukan sebagai Harapan baru masyarakat yang belum mampu dan belum berani menegakkan Keadilan Hukum yang seutuhnya.
Tepat sekali apa yang dikatan Fahri Hamzah dalam salah satu tweet nya tertanggal 23 May 2013 :
“Lalu hukumnya mana? Keadilannya mana? Equality before the law mana? Mana filsafatnya? Kita manusia atau mesin?” [13]
Kita harus mendukung lembaga yang bertugas memerangi korupsi di Negeri ini, tapi kita juga sebagai publik harus mengkritisi bila terjadi ketidakadilan dalam proses penegakan hukum itu sendiri.
Sebelum benar-benar mati sebuah Keadilan Hukum, KPK harus berani menegakkan Keadilan dalam setiap proses Pemberantasan Korupsi, tanpa intervensi dari siapapun.
1. http://www.uin-alauddin.ac.id/download-8.%20KONSEP%20ADIL-%20Ambo%20Asse%20-.pdf
2. http://politeknik-lp3i-bandung.ac.id/index.php?option=com_content&view=article&id=884:perintah-islam-untuk-berlaku-adil-perintah-islam-untuk-berlaku-adil&catid=73:imtak&Itemid=178
3. http://statushukum.com/tujuan-hukum.html
4. http://statushukum.com/tujuan-hukum.html
5. http://nasional.kompas.com/read/2013/02/22/19193933
6. http://nasional.kompas.com/read/2012/12/06/19065844/KPK.Tetapkan.Andi.Mallarangeng.Tersangka.Hambalang.utm.source.WP.utm.medium.box.utm.campaign.Kknwp
7. http://nasional.kompas.com/read/2013/05/10/17573428/La.Ode.Ida.KP.Diskriminatif.terhadap.PKS
8. http://nasional.inilah.com/read/detail/1991961/abraham-samad-hanya-janji-belaka
9. http://polhukam.rmol.co/read/2013/05/23/111739/Hasil-Pemeriksaan-Sri-Mulyani-Bukan-Konsumsi-Publik!-
10. http://www.youtube.com/watch?v=gNyavEhyIrQ
11. http://nasional.sindonews.com/read/2013/04/10/13/736361/tak-tahan-andi-kpk-tak-adil-secara-prosedural
12. http://www.tribunnews.com/2013/05/23/ini-daftar-45-perempuan-yang-menerima-aliran-uang-ahmad-fathanah
13. http://nasional.inilah.com/read/detail/1991237/kpk-menggelegar-di-sapi-impor-sunyi-di-hambalang#.UaBNW8qZtVg
14. https://twitter.com/Fahrihamzah/status/337612649376399361
Riyadh, 25 Mei 2013
http://twitter.com/BungAji
sumber: http://hukum.kompasiana.com/2013/05/25/keadilan-mati-suri-dalam-pemberantasan-korupsi--563181.html
18.33 | 0 komentar | Read More

Misteri Kasus Impor Sapi dan Momentum KPK

http://cinekatz.com/wp-content/uploads/2013/04/Dark-City-2.jpeg
Hampir tiap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap para pelaku korupsi. yang paling aktyal manakala KPK menyeret Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Lutfi Hasan Ishak (LHI) menjadi pesakitan karena diduga terlibat suap terkait impor daging sapi. Sampai dengan kasus yang menyeret LHI bila dicermati ternyata KPK selama ini terjerembab pada rutinitas menangkapi ‘orang’ (persoon) hal itu telah berlangsung semenjak KPK berdiri hingga saat ini. KPK sebagai lembaga penegak hukum yang memiliki kewenangan luar biasa (super body) belum satupun menyeret pelaku korupsi yang dilakukan oleh badan hukum/korporasi (recht persoon). Sebab jika hanya menyeret ‘orang’ korupsi nyatanya sampai hari ini bukannya berkurang malah semakin menggila. Bahkan banyak yang mengaggap hal mereka yang tertangkap KPK hanya sedang sial, karena di setiap lini negeri ini semua bisa dikorupsi. Di sisi lain kekayaan negara yang dikembalikan dari tangan koruptor jumlahnya tidak signifikan.
Oleh karena itu penerapan pidana korupsi bagi korporasi akan lebih efektif dalam pengembalian keuangan negara. Hal itu sejalan dengan UU No. 7 Tahun 2006 tentang Pengesahan United Nations Convention Against Corruption (UNCAC) 2003 yang lebih menekankan pengembalian keuangan negara, ketimbang pemenjaraan. Indonesia sebagai anggota PBB dan sebagai negara yang sudah meratifikasi UNCAC, mau tidak mau, suka tidak suka, baik dari tataran legislasi, perundang-undangan, penanganan tindak pidana korupsi harus mengacu pada UNCAC tersebut.
KPK Di Belakang Kejaksaan
Kaitannya dengan menjerat korupsi yang dilakukan oleh korporasi, agaknya KPK bisa dikatakan telah tertinggal satu langkah dengan penegak hukum lainnya, yaitu Kejaksaan. Penegak hukum dari Korps Adyaksa ini dalam sebuah kasus pengelolaan pasar di Banjarmasin berhasil menjerat sebuah korporasi. Bahkan saat ini putusan perkara tersebut sudah berkekuatan hukum tetap (inkracht) sebagaimana tertuang dalam putusan Pengadilan Tinggi Banjarmasin Nomor 04/PID.SUS/201 1/PT.BJM terhadap PT Giri Jaladhi Wana yang menguatkan putusan pengadilan tingkat pertama (PN Banjarmasin No. 812/Pid .Sus /2010/PN.Bjm).
Dalam amar putusan perkara tersebut PT Giri Jaladhi Wana divonis denda Rp. 1,3 Milyar beserta pidana tambahan berupa penutupan sementara PT Giri Jaladhi Wana selama 6 (enam) bulan. PT Giri Jaladhi Wana menjadi korporasi pertama di Indonesia yang divonis dalam perkara korupsi.
Penetapan PT Giri Jaladhi Wana sebagai tersangka berawal dari putusan inkracht empat terdakwa sebelumnya, termasuk di dalamnya adalah dewan direksi perusahaan tersebut. Keempat terdakwa itu adalah Direktur Utama PT Giri Jaladhi Wana, Stephanus Widagdo, Direktur Utama PT Giri Jaladhi Wana, Bonafacius Tjiptomo Subekti, mantan Walikota Banjarmasin Midfai Yabani, dan Kepala Dinas Pasar Kota Banjarmasin Edwan Nizar.
Memang aneh bila lembaga yang memiliki kewenangan sekuat KPK tidak memiliki political will atau minim keberanian menjerat korupsi yang dilakukan korporasi. Toh, instrumennya juga jelas-jelas ada sebagaimana dikonstruksikan dalam Pasal 1 ayat (1), Pasal 1 ayat (3) Pasal 20 ayat (1) maupun Pasal 28 Undang-Undang No. 31/1999 Jo. UU No. 20/2001.
Maka itu bila kelak Direksi PT Indoguna Utama Juard Effendi dan Arya Abdi Effendi terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan suap terkait impor daging sapi, KPK semestinya tak hanya berhenti dan puas dengan hanya memenjarakan ‘person-person’ tersebut, tetapi melanjutkan proses hukum menyeret PT Indoguna Utama sebagai korporasi bertanggungjawab karena juga ikut menikmati hasil suap. Bagitu pula terhadap Lutfhi Hasan Ishak (LHI), partai yang pernah dia pimpin juga perlu diperiksa sebagai institusi korporasi, supaya clear apakah uang suap yang disangkakan selama ini hanya beredar kepada oknum partai atau memang juga dimanfaatkan oleh partai sebagai lembaga.
Memang tidak mudah untuk memproses korporasi ke meja hijau dibanding menyeret orang-orang sebagai pelaku korupsi. Tapi disitulah KPK ditantang agar ‘otoritas’ super body serta dukungan terus menerus dari masyarakat yang dilekatkan pada lembaga anti rasuah ini tidak sia-sia. 
sumber: http://hukum.kompasiana.com/2013/05/24/kasus-impor-sapi-dan-momentum-kpk-memberangus-korupsi-korporasi-558911.html?utm_source=WP&utm_medium=box&utm_campaign=Khewp
18.27 | 0 komentar | Read More

Tidak Hanya “Fathanah Babes” Maupun “Sapi Liar”, Ternyata!

http://assets.kompas.com/data/photo/2013/05/18/0935136-fathanah-sefti-sanustika-maharany-suciyono-620X310.jpgOrang biasa seperti saya sebenarnya tidak berkapasitas memberikan analisa politik apa yang terjadi di PKS dengan LHI maupun hubungannya dengan AF.  Lagian saya juga kurang tertarik untuk pendekatan “curse the darkness”.  Tapi memang sejujurnya hingar bingar megadrama PKS di Kompasiana World, membuat saya berfikir dan mengikuti. Saling serang dan bela PKS Lovers dan Haters. Membuat saya catat di buku harian saja.  Apa sebenarnya penyebab utama?
Issue yang diangkat adalah Sapi dan “Fathanah Babes”.  Suatu kombinasi yang memang membawa para kuli kompasiana dan kuli media professional tidak kesulitan untuk membuat berita, opini, dan tanggapan. “Bad News is a Good News” konon itu rumus jurnalismenya.  Terjadi trend berita yang menarik bak sinetron telenovela sehingga masyarakat kurang bisa belajar dari masalah ini.  “Fathanah Babes” adalah bumbu cerita yang luarbiasa.  Sapi-sapi yang berkeliaran tidaklah kalah menarik alur ceritanya. Bayangkan dan renungkan kalimat ini:
Dalam dokumen Tempo, Fathanah menjelaskan maksudnya adalah semakin banyak Luthfi diberi uang, semakin giat pula mengurus kuota impor daging sapi (http://www.tempo.co/read/news/2013/05/23/078482633/Fathanah-Luthfi-Makin-Dikasih-Makin-Gila)
Heboh buka? Gila bukan?  Cewenya Jos, Uangnya Jos!  Tapi, itu belum komplet.  Itu belum semuanya.  Cerita utamanya adalah PEREBUTAN KEKUASAAN.   Iya KEKUASAAN!  Keinginan berkuasa menghalalkan segala cara Wanita, Uang, Ideologi, Agama, dll pada akhirnya hanya alat untuk menuju KEKUASAAN.
Perebutan Kekuasaan adalah tema utama dalam sejarah manusia.  Dalam setiap lakonnya selalu ada babes dan mammon (nama dewa uang dalam cerita kuno).  Demi supaya mendapatkan kekuasaan, semua dipakai termasuk umat yang tidak bersalah, masyarakat sederhana yang cuma tahu menjalani kehidupan dari hari kesehari.  Betapa kejamnya manusia yang disebut pemegang kekuasaan.
Padahal pemegang kekuasaan hanyalah BUDAK, atau HAMBA atau Karyawan dari pemilik. Dalam hal ini, people of Indonesia is the owner of Indonesia.  Pemimpin Bangsa harusnya tunduk dan menghormat terhadap People of Indonesia. Tapi ternyata Godaan Kekuasaan terlalu besar untuk ditahan. Keinginan untuk berkuasa sudah ada sejak hikayat Adam dan Hawa, dan menara Babel. Seharusnya kita semua sadar Kekuasaan Tertinggi adalah Kekuasaan Ilahi bukan posisi politik. Betapa tersesatnya manusia. Ternyata memang bukan sekedar “Fathanah Babes”  maupun “Sapi Liar”.  Komplit sudah, Wanita, Harta, dan Tahta!
Pendekar Solo
sumber: http://lifestyle.kompasiana.com/catatan/2013/05/25/tidak-hanya-fathanah-babes-maupun-sapi-liar-ternyata-563171.html
18.23 | 0 komentar | Read More

Antara Seks, Fathonah, Artis, PKS, dan Media

http://media.viva.co.id/thumbs2/2013/01/31/190334_ahmad-fathonah--orang-dekat-presiden-pks-luthfi-hasan-ishaaq_663_382.jpgApa yang anda pikirkan sekarang ketika mendengar kata seks? Saya memiliki asumsi bahwa seks dalam pikiran anda sekarang memiliki asosiasi dengan ahmad fathonah,artis, dan PKS. Kesimpulan dalam pemikiran saya seks itu menjijikkan, membosankan,dan bukan sesuatu yang indah dan sakral. Ini adalah hasil konstruksi yang dilakukan media dalam minggu-minggu terakhir. Panggungnya disiapkan oleh KPK.
Seks adalah hubungan yang agung, suci, dan sakral. AlQur’an membahasakannya dengan “malu-malu” yakni dengan istilah bercocok tanam. Jauh dari kesan vulgar. Seks memiliki dimensi biologis, psikologis, dan sosial. Dia bukan sekedar hubungan biologis tanpa makna. Di dalamnya ada kesenangan, kenyamanan, keamanan, dan dalam konteks spiritual bernilai ibadah. Kebutuhannya instinktif tapi implikasinya spiritual. Begitu seharusnya seks diterjemahkan. Secara sosial dia harus memberikan rasa nyaman,makanya dibingkai dalam bingkai pernikahan.
Ketika jaman semakin maju, era digital menelanjangi semuanya, dengan akses yang mudah menjadikan seks tak lagi sakral. Semua serba vulgar. Jika dulu kata “anu” saja sanggup menghadirkan imajinasi dan sensasi. Sekarang kata sevulgar apapun gagal menghadirkan sensasi dan mematikan imajinasi.
Apa kaitannya dengan PKS. PKS merupakan simbol agama dalam artian sempit. Apa yang dilakukan media sekarang menjadikan seks memiliki asosiasi yang negatif dengan agama. Seolah-olah bahwa seks itu tabu bagi orang yang belajar mengimplementasikan agama. Tujuan akhirnya: agama tidak usah mengurus urusan seksual. Ini bahaya liberalisasi hubungan seksual.
Dari sisi politik konstruksi ini sengaja dibentuk, karena masalah seks terbukti ampuh mengamputasi kekuasaan dan pengaruh. Bill Clinton adalah salah satu contohnya. Tentang hal ini sudah banyak yang membicarakan, dan saya tidak fokus pada hal ini.
Hadirnya artis berasosiasi bahwa nikmatnya hubungan seks tergantung pada paras un sich. Ini korupsi terhadap kenikmatan hubungan seksual. Hubungan seksual itu dapat dinikmati siapa saja, dengan paras bagaimanapun, dan kondisi spiritual seperti apapun. Hal ini disebabkan bahwa hubungan ini adalah kebutuhan dasar manusia. Secara jujur bertanyalah pada diri anda, apakah hubungan seksual anda sehat? Adakah orang lain dalam imajinasi seksual anda ketika berhubungan dengan pasangan yang sah?
Lalu apa kaitannya dengan fathonah? Ah dia cuman figuran saja. Sasaran tembaknya bukan dia. Dalam pandangan psikologis dia orang yang jika benar sering berganti pasangan hanyalah orang yang tidak bahagia dengan hubungan seksualnya. Rasa penasaran itu menjadi adiksi yang memberikan kenikmatan bukan prosesnya yang memberikan kenikmatan.
Segera matikan TV anda, tutup koran anda! Perlakuan KPK pada PKS yang dipertontonkan media dengan berbagai bumbunya tanpa anda sadari akan mengikis kenikmatan hubungan seksual anda (bagi yang sudah menikah). Ini adalah modus korupsi kebahagiaan. –sekedar catatan sore–
sumber: http://politik.kompasiana.com/2013/05/23/seksfathonahartis-pks-dan-media-562454.html
18.21 | 0 komentar | Read More

Kehebatan Jus Wortel Bagi Tubuh


 Buah wortel banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Pilihlah wortel yang renyah, rasa manis serta tidak banyak mengandung serat karena wortel kaya akan zat beta karoten, rata-rata sejumlah 12000 IU per 100 gram buah. Jumlah itu cukup memenuhi kebutuhan tubuh setiap hari sekitar 15000-25000 IU. Salah satu bentuk penyajian yang paling sederhana dengan di jus.

Jus wortel ternyata mengandung banyak vitamin nutrisi dan mineral. Jika Anda mengonsumsi jus wortel secara teratur. Anda bisa mendapatkan manfaat yang menyehatkan tubuh Anda. berikut ini adalah beberapa manfaat dari mengonsumsi jus wortel seperti yang dilansir Magforwoman.

Menyediakan vitamin

Wortel mengandung vitamin A, vitamin E, vitamin B dan beberapa vitamin lainnya. Vitamin A membantu menjaga kesehatan mata Anda dan vitamin E mengurangi kemungkinan kemandulan.

Mencegah kanker

Salah satu bahan utama dari wortel adalah beta-karoten. Setelah zat ini memasuki sistem pencernaan dan kemudian akan dikonversi menjadi vitamin A. Studi telah membuktikan bahwa beta-karoten mengurangi penyebab kanker akibat radikal bebas dalam tubuh kita. Manfaat minum jus wortel dapat meningkatkan kekebalan terhadap beberapa jenis kanker, termasuk kanker payudara dan kanker kulit.

Meningkatkan penglihatan

Salah satu manfaat dari jus wortel adalah membantu untuk meningkatkan penglihatan. Karena wortel mengandung dosis berat Vitamin A, membantu dalam meningkatkan penglihatan. Kekurangan Vitamin A dapat menyebabkan rabun senja dan gangguan penglihatan lainnya. Minum secara teratur jus wortel mencegah rabun senja. Jus wortel juga meningkatkan fleksibilitas sel dalam mata. Akibatnya, mata secara alami dapat menyesuaikan bila terkena perubahan pola cahaya.

sumber: http://jekethek.blogspot.com/2013/04/ini-dia-manfaat-jus-wortel-bagi-tubuh.html
18.15 | 0 komentar | Read More

Khasiat Kulit Buah Manggis Dan Daun Sirsak

Mungkin sebagian orang belum tau akan kandungan serta khasiat yang dimiliki kulit manggis dan daun sirsak, nah untuk itu di situs ini saya akan memberikan keterangan mengenai khasiat kulit manggis dan daun sirsak sebagai obat multikhasiat.
Khasiat kulit manggis dan daun sirsak ,-Indonesia memang rajanya segala tumbuhan, lebih dari jutaan ribu tumbuhan tumbuh di tanah indonesia dan dua diantaranya adalah kulit manggis dan daun sirsak. Namun di indonesia sendiri hanya sebagian orang yang mengetahui khasiat kulit manggis dan daun sirsak ini karena minimnya pengetahuan, bahkan ada pula yang menyepelakan kedua tumbuhan tersebut. Namun setelah di teliti oleh pakar-pakar ilmu kesehatan ternyata kulit manggis dan daun sirsak memiliki kandungan dan khasiat yang sangat luar biasa untuk mengobati dan menyembuhkan berbagai jenis penyakit kronis dan akut.
Berikut Kandungan Serta Khasiat Kulit Manggis Dan Daun Sirsak.
Khasiat Dan Kandungan Kulit Manggis.
Siapa yang tak kenal buah manggis yang enak dan segar, namun anda pasti tidak terpikir kalau manggis tidak hanya memiliki buahnya saja yang segar, siapa sangka kalau kulit manggis juga kaya akan khasiatnya. Manggis merupakan salah satu buah eksotik daerah tropis, buah manggis mendapat julukan “queen of fruits” yaitu ratunya buah tropis. Di balik keeksotikannya, manggis menyimpan berbagai manfaat yang luar bisa bagi kesehatan. Berbagai penelitian menunjukan kulit buah manggis mengandung zat antioksidan yang sangat kuat melebihi beberapa kali lipat dari kekuatan vitamin C dan E. Sehingga buah manggis memberikan berbagai khasiat untuk kesehatan dan kecantikan.
Buah manggis kaya akan vitamin B1, B2 dan C, serta kalsium, potassium, sodiumdan zat besi. Manggis juga mengandung XANTHONE, mangostin, garsinon, flavonoid, epicatechin, spingomyolinase dan gartanin. Dalam kulit buahnya, kandungan XANTHONE yang tertinggi, yaitu 40 persen. Dengan kandungan XANTHONE yang tinggi(123,97 mg/ml), dalam kulit buah manggis yang mana dapat membunuh penyakit dan memperbaiki sel yang telah rusak serta melindungi sel-sel di dalam tubuh. XANTHONE adalah substansi kimia alami, yang tergolong senyawa polyhenolic yang dapat digunakan sebagai zat untuk mengatasi berbagai penyakit. XANTHONE memiliki manfaat sebagai pengobatan untuk penyakit jantung, aterosklorosis (plak di pembuluh darah), hipertensi dan trombosis.
Buah manggis kaya akan vitamin B1, B2 dan C, serta kalsium, potassium, sodiumdan zat besi. Manggis juga mengandung XANTHONE, mangostin, garsinon, flavonoid, epicatechin, spingomyolinase dan gartanin. Dalam kulit buahnya, kandungan XANTHONE yang tertinggi, yaitu 40 persen. Dengan kandungan XANTHONE yang tinggi(123,97 mg/ml), dalam kulit buah manggis yang mana dapat membunuh penyakit dan memperbaiki sel yang telah rusak serta melindungi sel-sel di dalam tubuh. XANTHONE adalah substansi kimia alami, yang tergolong senyawa polyhenolic yang dapat digunakan sebagai zat untuk mengatasi berbagai penyakit. XANTHONE memiliki manfaat sebagai pengobatan untuk penyakit jantung, aterosklorosis (plak di pembuluh darah), hipertensi dan trombosis.
Kandungan antioksidannya yang tinggi membuat manggis dikatakan sebagai antikanker. Pasalnya, dapat mendorong sel kanker untuk melakukan apoptosis atau pemusnahan sel kankernya. Selain itu, sifat kulit manggis adalah antiproliferasi yaitu menghambat pertumbuhan sel kanker. Kanker yang dapat diobati oleh antioksidan kulit manggis ini adalah kanker payudara, kanker darah (leukimia), kanker lambung, kanker paru-paru, kanker kolon (usus besar) dan kanker hati. Kulit buah manggispun dapat dijadikan obat kemotherapi dan mengurangi dampak dari kemotherapi. XANTHONE juga dikatakan sebagai anti bakteri karena dapat menghambat pertumbuhan bakteri Mycobacterium tubercolosis (TBC) dan Staphylococcus aureus (bakteri penyebab infeksi dan gangguan pencernaan).
Khasiat Dan Kandungan Daun Sirsak.
Sirsak (Annona Muricata L) selain memiliki buah yang segar dan menyehatkan tubuh, ternyata memiliki daun yang dapat menjadi obat untuk penyembuhan penyakit kanker. Hasil dari penelitian secara ilmiah daun sirsak mengandung anopentosin A, anopentosin B, Anopentosin C, murikatosin acetoginin A, murikatosin B, murikapentosin, anomurisin E. Acetogenins di dalam sirsak inilah yang mampu melawan lebih dari 12 macam kanker diantaranya kanker paru-paru, kanker usus besar dan yang lainnya tanpa mengganggu sel-sel dalam tubuh manusia.
Berbagai Manfaat daun sirsak bagi kesehatan tubuh.

  • Menyerang dan mematikan sel kanker dengan aman (selektif) dari 12 tipe kanker yang berbeda, diantaranya kanker usus besar, kanker payudara, kanker serviks, kanker prostat, kanker paru-paru, dan kanker pankreas. Secara efektif secara alami, tanpa rasa mual, berat badan turun, rambut rontok, seperti yang terjadi pada terapi kemo.
  • Meningkatkan sistim kekebalan tubuh (imunitas) dan mencegah infeksi yang mematikan.
  • Memiliki daya kerja 10.000 kali lebih kuat dalam memperlambat pertumbuhan sel kanker dibandingkan dengan adriamicin dan terapi kemo yang biasa di gunakan.
  • Tidak seperti terapi kemo, kandungan alami daun sirsak secara selektif hanya membunuh sel-sel jahat dan TIDAK membunuh sel-sel sehat.
  • Meningkatkan stamina dan vitalitas.
  • Terbukti secara ilmiah, dan sudah dibuktikan juga oleh banyak penderita kanker sebagai solusi alami, aman, dan murah untuk mengobati kanker.

Kemampuan daun sirsak sebagai antikanker sebenarnya sudah berhasil di analisa oleh para ahli farmasi di Amerika pada medio tahun 1976. Berdasarkan data dan hasil penelitian, daya kerja zat anti kanker di dalam tanaman sirsak adalah 10.000 kali lebih kuat dalam membunuh dan memperlambat pertumbuhan sel kanker secara alami dibandingkan dengan Adriamycin dan Terapi Kemo yang biasa digunakan. Tidak seperti terapi kemo, sari buah ini secara selective hanya memburu dan membunuh sel-sel jahat dan TIDAK membahayakan/ membunuh sel-sel sehat.
Beberapa peneliti di Health Sciences Institute mengakui jika buah sirsak memberikan efek anti tumor/kanker yang sangat kuat, dan terbukti secara medis menyembuhkan segala jenis kanker. Selain menyembuhkan kanker, buah sirsak juga berfungsi sebagai antibakteri, antijamur (fungi), efektif melawan berbagai jenis parasit/cacing, menurunkan tekanan darah tinggi, depresi, stres, dan menormalkan kembali sistem syaraf yang kurang baik.
sumber: http://khasiat-kulitmanggisdandaunsirsak.blogspot.com/2013/03/khasiat-kulit-manggis-dan-daun-sirsak.html
18.08 | 0 komentar | Read More

Kehebatan Rujak Buah Ternyata Banyak Manfaatnya

Written By Situs Baginda Ery (New) on Rabu, 22 Mei 2013 | 13.58

http://1.bp.blogspot.com/_Wtv3_72xElA/SAIBsQKv-dI/AAAAAAAABEA/LvNQ0w0shqY/s400/rujak-buah.gifSiapa tak kenal dengan rujak, irisan berbagai macam buah-buahan yang disajikan dengan sambal gula merah. Rujak sering kali kita jumpai dijajakan oleh penjual keliling yang memakai gerobak. Berbagai macam buah seperti mangga, mentimun, kedondong, jambu air, bengkoang, nanas, pepaya, belimbing, dan lainnya sesuai dengan selera dipakai untuk bahan rujak. Dibeberapa daerah, komposisi dari buah-buahan yang dipakai untuk rujak tergantung dari musim buah. Sambal yang terdiri dari cabe merah dan gula merah dengan rasanya yang pedas membuat lidah ketagihan walaupun keringat bercucuran ketika memakan rujak.
Manfaat Makanan Pedas:
1. Menurunkan berat badan
Rasa pedas itu bisa meningkatkan metabolisme Anda. Studi menunjukkan bahwa senyawa utama dalam cabai, yaitu kapsaisin, memiliki efek termogenik yang bisa menyebabkan tubuh membakar kalori saat mengunyah selama 20 menit.

2. Menyehatkan jantung
Budaya mengonsumsi makanan pedas menyebabkan insiden serangan jantung dan stroke yang lebih rendah. Alasannya, cabai merah bisa mengurangi efek merusak dari kolesterol jahat, sedangkan kapsisin bisa melawan peradangan. Keduanya merupakan faktor risiko untuk masalah jantung.

3. Menurunkan tekanan darah
Vitamin A dan C mampu menguatkan dinding otot jantung, sementara panas dari lada meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh. Kombinasi hal ini bisa menghasilkan sistem kardiovaskuler yang lebih kuat.

4. Mengurangi stres
Makanan pedas meningkatkan produksi hormon yang memberikan rasa menyenangkan, seperti serotonin. Hasilnya, makanan ini membantu mengusir depresi dan stres.
:
Upaya pengolahan buah-buahan menjadi rujak merupakan salah satu budaya leluhur yang harus dipelihara dan dipertahankan eksistensinya. Karena terbuat dari berbagai buah, rujak Indonesia dapat juga disebut sebagai fruit salad.

Dibalik sensasi pedasnya rujak ternyata mengandung berbagai macam serat maupun vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Buah-buahan yang dipakai sebagai bahan rujak merupakan sumber dari serat dan vitamin. Mulai dari vitamin A, B, C, D, E dan K terkandung di masing-masing buah, tergantung dari kita menentukan jenis buah yang akan dijadikan bahan. Variasi dari buah pun kita perlukan untuk mencukupi kebutuhan vitamin tubuh selain dari sayuran. Selain mengandung serat dan vitamin, buah juga mengandung antioksidan dan zat-zat lain yang dapat mengurangi berbagai jenis penyakit.
Bersama-sama dengan vitamin C dan E, vitamin A juga berperan sebagai: (1) antioksidan untuk memerangi radikal bebas, penyebab kerusakan sel dan proses penuaan, (2) menurunkan resiko terkena berbagai penyakit degeneratif (jantung, diabetes melitus, hipertensi, kanker, dan lain-lain), serta (3) menghaluskan kulit, (4) meningkatan sistem imunitas tubuh, (5) mendukung proses pertumbuhan yang normal, serta (6) penting untuk sistem reproduksi, yaitu meningkatkan fertilitas.
Buah-buahan juga mengandung berbagai mineral, seperti zat besi, selenium, seng, mangan dan sulfur, yang dewasa ini diakui perannya sebagai zat yang penting bagi tercapainya kesehatan tubuh yang optimal. Di dalam tubuh, vitamin dan mineral merupakan bagian dari enzim (sebagai koenzim) yang sangat diperlukan dalam menjamin kelancaran proses metabolisme tubuh secara normal.
Buah-buahan segar juga mengandung pigmen (zat pewarna alami), seperti karotenoid, flavonoid, dan klorofil. Karotenoid terdapat pada buah-buahan berwarna kuning oranye (belimbing, nanas, pepaya, mangga).

Karotenoid berpengaruh baik terhadap pencegahan kanker paru-paru dan tenggorokan akibat merokok. Flavonoid mempunyai peran sebagai antiperadangan, antialergi, antivirus, dan antikarsinogen. Sama seperti pada pigmen lainnya, klorofil (pemberi warna hijau pada buah-buahan) juga dapat berfungsi sebagai antioksidan dan antikanker.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa zat-zat minor pada buah-buahan dapat menurunkan risiko kanker yang terjadi di berbagai bagian tubuh. Pada buah-buahan ditemukan adanya asam klorogenat dan asam kafeat, sebagai zat antikanker yang cukup penting.
Dengan harga yang tak mahal maupun cara pembuatannya yang mudah, variasi dari serat dan vitamin sekaligus sensasi pedasnya dapat kita peroleh. Makanan asli Indonesia ini merupakan salah satu makanan sehat yang direkomendasikan. Jadi untuk menjaga kesehatan tubuh tak ada salahnya jika kita sering-sering makan rujak.
13.58 | 0 komentar | Read More

Inilah Manfaat serat dan vitamin dibalik pedasnya Rujak


Siapa tak kenal dengan rujak, irisan berbagai macam buah-buahan yang disajikan dengan sambal gula merah. Rujak sering kali kita jumpai dijajakan oleh penjual keliling yang memakai gerobak. Berbagai macam buah seperti mangga, mentimun, kedondong, jambu air, bengkoang, nanas, papaya, belimbing, wortel dan lainnya sesuai dengan selera dipakai untuk bahan rujak. Dibeberapa daerah, komposisi dari buah-buahan yang dipakai untuk rujak tergantung dari musim buah. Sambal yang terdiri dari cabe merah dan gula merah dengan rasanya yang pedas membuat lidah ketagihan walaupun keringat bercucuran ketika memakan rujak.

Dibalik sensasi pedasnya rujak ternyata mengandung berbagai macam serat maupun vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Buah-buahan yang dipakai sebagai bahan rujak merupakan sumber dari serat dan vitamin. Mulai dari vitamin A, B, C, D, E dan K terkandung di masing-masing buah, tergantung dari kita menentukan jenis buah yang akan dijadikan bahan. Variasi dari buah pun kita perlukan untuk mencukupi kebutuhan vitamin tubuh selain dari sayuran. Selain mengandung serat dan vitamin, buah juga mengandung antioksidan dan zat-zat lain yang dapat mengurangi berbagai jenis penyakit.
Dengan harga yang tak mahal maupun cara pembuatannya yang mudah, variasi dari serat dan vitamin sekaligus sensasi pedasnya dapat kita peroleh. Makanan asli Indonesia ini merupakan salah satu makanan sehat yang direkomendasikan. Jadi untuk menjaga kesehatan tubuh tak ada salahnya jika kita sering-sering makan rujak.
13.56 | 0 komentar | Read More

Rahasia Di Balik Lagu 'So Far Away' ( Misteri Dibalik Lagu 'So Far Away' - Avenged Sevenfold )

ngapaian ya? Daripada ngegosip gak jelas tentang cerita horror yang belum bisa dipastikan kebenarannya, gimana kalo aku ngajak kamu ngobrol tentang kematian, hal yang diakuti oleh banyak manusia. Tapi ini bukan kematian sembarangan loh. Ini kematian James Owen Sullivan. Benar kata pepatah,"Gajah mati meninggalkan gading, harimau mati meninggalkan belang", yang berarti seorang manusia meskipun sudah tiada lagi, akan selalu diingat jasa-jasa atau malah kesalahan-kesalahannya.




Siapa sebenarnya James Owen Sullivan ? Sengaja aku buat postingan ini karena terinspirasi langsung dari lagu band Avenged Sevenfold, yang didedikasikan buat mantan drummer mereka yang telah meninggal tahun 2009 silam. Cobak simak kutipan lirik lagunya berikut ini:

Sleep tight I'm not afraid
The ones that we love are here with me
Lay away a place for me
'Cause as soon as I'm done I'll be on my way
To live eternally


foREVer : Sumpah, mau mewek gua denger lagu ini !



Pertama kali dengar lagu ini, sikapku biasa aja. Tetapi setelah diceritakan seorang teman mengenai kisah dibalik lagu ini, langsung merinding bulu kudukku. Kemudian setelah diputar berkali-kali dan coba pahami maksud lagu ini, aku malah dibuat hampir nangis. Video klipnya yang diunggah bulan mei tahun 2011 lalu di youtube juga sudah menyedot 24,5 juta pasang mata. Itu belum termasuk video-video sejenis yang diupload oleh user lain.

Lalu, bagaimana lagu yang menceritakan tentang kematian seorang sahabat, dapat menghipnotis begitu banyak orang untuk mendengarnya ? Apakah ada pesan mistis dari lagu itu ? Biar anda nggak semakin penasaran, langsung aja dengerin lagunya berikut ini :

* Supaya lebih hikmat, maknai liriknya bait per bait dan coba rasakan apa yang meraka rasakan...



So Far Away : Tribute to The REV



Lagu ini dalam banget liriknya, mungkin karena diangkat dari real story kali ya, emosinya dapet, melodinya juga mampu imbangi kesakaralan liriknya. Walau aku baru denger lagu ini beberapa bulan terakhir (hihihi telat banget ya?), tapi nggak ada bosen-bosenya tuh dengerin. Beda banget dengan lagu-lagu boyband maho (Ups..!) yang booming akhir-akhir ini dan(menurutku loh..) hanya jual tampang, yang terkadang bawakan lagu-lagu cengeng, gak jelas asal muasalanya (bikin nek diperut aja xp ).

Lanjut dengan kisah dibalik lagu ini.Tapi seelumnya aku berpesan, ambil hikmahnya aja ya. Buang jauh hal-hal buruk dibalik kisah lagu ini.

Penulis lagu ini adalah Synyster Gates, gitaris Avenged Sevenfold. Selama karirnya lagu inilah yang pertama kali ia ciptakan. Lagu ini awalnya dibuat untuk mendedikasikan kakeknya yang meninggal saat bandnya mengadakan tour. Namun, karena dirasa cocok, maka saat peluncuran lagu ini dijadikan tribute untuk sahabatnya sedari kecil yang juga rekan sebandnya James Owen Sullivan atau lebih dikenal dengan The Rev.




Alm. James The REV Sullivan


The Rev atau James Owen Sullivan lahir pada 10 Febuari 1981 dan merupakan salah satu personel Avenged Sevenfold paling tua di band itu. The Rev sendiri adalah kependekan dari The Reverend Tholomew Plague yang merupakan nama yang ia pilih sebagai nama panggungnnya. Bakatnya sebagai drummer sudah terlihat sejak ia kecil. Dimana dia telah memperoleh sepasang tongkat drum sejak usianya lima tahun. Keudian dia menerima drum miliknya sendiri pada usia sepuluh tahun. Pada tahun 2009, dalam jajak pendapat dari beberapa drumer terbesar di dunia yang dilakukan oleh Majalah Rhythm, The Rev mendapat tempat sebgai drumer ke 41 terbesar sepanjang masa. Selain itu dia juga termasuk pemain Drum terhebat di dunia yg berada di urutan ke-9.

Ditengah prestasinya yang mulai gemilang, pada tanggal 28 Desember 2009 terdengar kabar mengejutkan bagi para penggemar Avenged Sevenfold. The Rev dikarbarkan meninggal, dan semua tidak menyangka dengan kematian mudanya yang dirasa terlalu cepat. The Rev Sullivan ditemukan tewas di rumahnya pada usia 28 tahun. Saat itu kemtiannya masih menjadi misteri. Butuh waktu sekitar setengah tahun untuk memperoleh hasil otopsi. Baru pada tanggal 9 Juni di tahun berikutnya diumumkan bahwa penyebab kematiannya adalah keracunan akibat penggunaan piskotropika yang dicampur - campur, atau sering juga disebut polydrug use atau "cross fading".

Dalam peperikasaan yang dilakukan pada jenazah The Rev ditemukan beberapa zat yang berbahaya seperti Oxycodone, Oxymorphone, Diazepam / Nordiazepam dan etanol. Oxycodone sendiri adalah penghilang rasa sakit yang biasanya digunakan sebagai pengganti kodein. Sedangkan oxymorphone adalah obat penghilang rasa sakit mirip dengan morfin. Kemudian Diazepam / Nordiazepam adalah obat kecemasan dan etanol adalah minuman keras dalam alkohol. Dalam penyelidikan juga ditemukan bahwa organ hati The Rev juga mengalami pembesaran yang tidak wajar.

Kepergian drummer legendaris ini memukul telak personil Avenged Sevenfold lainnya. Bahkan diawal-awal kematiannya, band ini sempat diisukan bubar. Namun isu itu segera ditepis oleh Avenged Sevenfold dengan masuk dapur studio pada tanggal 17 Februari 2010 bersama dengan mantan drummer Dream Theater, Mike Portnoy, yang juga adalah salah satu drummer idola The Rev.

Walau posisinya dalam  Avenged Sevenfold saat itu telah digantikan oleh  Mike Portnoy, namun tidak serta merta membuat para personil lainnya melupakan kenangan indah bersama The REV. Terbukti dari video klip  yang telah anda tonton sebelumnya,  ekspresi para personil sangat terpukul dengan kepergian the REV, dan posisinya secara harfiah tidak akan tergantikan dalam band  Avenged Sevenfold . Bahkan jika anda teliti dengan video yang dibuat tahun 2011 lalu, beberapa personil rela menato tubuhnya dan menggunaka simbol-simbol untuk mengenang the REV.

Coba anda perhatikan, foto-foto ini saya ambil dari potongan video klipnya :

1. Tato di tangan vokalisnya, simbol tengkorak Avenged Sevenfold dengan gaya rambut THE REV.




* sekedar info, simbol Avenged Sevenfold adalah tengkorak botak bersayap.

2. Tato di leher, dengan tulisan "forever"





3. Tulisan di gitar




4. Tulisan di tali selempang bas



*kata 'REV', sengaja dibuat besar dalam kata forever

Bagaimana? sekarang anda sudah tambah yakin kan, tentang video klip lagu ini yang didedikasikan buat sahabat mereka alm. James The REV Sullivan. Begitulah dedikasi yang pantas buat seorang "Sahabat" yang dengan senang hati selalu menemani kita dalam suka maupun duka. Beda dengan (kebayakan) seorang kekasih yang mungkin saja akan dilupakan, saat tak berada di sisinya lagi. Tetapi tidak halnya dengan seorang sahabat yang namanya selalu abadi, sekali pun sudah pergi jauh...

* Terlepas dari kebiasan buruk THE REV yang justru menjemput ajalnya, angkat topi deh, buat kesetiaan para personil Avenged Sevenfold !

Ini liriknya :

Never feared for anything
Never shamed but never free
A life that healed a broken heart with all that it could

Lived a life so endlessly
Saw beyond what others see
I tried to heal your broken heart with all that I could

Will you stay ?
Will you stay away forever ?

How do I live without the ones I love ?
Time still turns the pages of the book its burned
Place and time always on my mind
I have so much to say but you’re so far away

Plans of what our futures hold
Foolish lies of growing old
It seems we’re so invincible
The truth is so cold

A final song, a last request
A perfect chapter laid to rest
Now and then I try to find a place in my mind

Where you can stay
You can stay awake forever

How do I live without the ones I love ?
Time still turns the pages of the book its burned
Place and time always on my mind
I have so much to say but you’re so far away

Sleep tight, I'm not afraid
The ones that we love are here with me
Lay away a place for me
Cause as soon as I'm done I'll be on my way
To live eternally

How do I live without the ones I love ?
Time still turns the pages of the book its burned
Place and time always on my mind
And the light you left remains but it's so hard to stay
When I have so much to say and you’re so far away

I love you
You were ready
The pain is strong enough despite
But I'll see you
When He lets me
Your pain is gone, your hands are tied

So far away
And I need you to know
So far away
And I need you to
Need you to know
13.46 | 0 komentar | Read More

Misteri dan Makna yang Tersimpan Dalam Lagu Dear God A7x

http://2.bp.blogspot.com/-VgbVyVr-TkQ/UJdETeK1oGI/AAAAAAAAAKo/RKMe7mjAci8/s640/dear_god_photosculpture-p153069890531287939qdjh_400.jpg
Avanged Sevenfold, band cadas yang terbentuk tahun 1999 di California ini bermula dari pertemanan di sekolah menengah atas saat itu. Dengan ciri khas musiknya yang hingar bingar ala metal, tak membuat para punggawa band ini terkesan ’selebor’ dan urakan terhadap jati dirinya sebagai manusia. Pemilihan nama “Avenged Sevenfold” pun tak lepas dari rujukan kisah dalam Alkitab tentang Cain and Abel seperti yang digambarkan dalam lagu “Chapter Four”.
Dengan sejarah nama dan lagu tersebut, band ini menampik kalau dibilang band ‘agamis’ karena secara umum band ini tetap menyuarakan tema-tema sosial masyarakat, kritik, dan tema umum lainnya. Meski genre yang dominan diusung adalah metal, namun dalam kreatifitas permainan musik mereka masih bisa kita dengar genre ballad, punk, hard rock, yang bisa dibilang ‘nyeleneh’ dari alur metal.
Terlepas dari itu semua, ciri khas ’scream’ yang sering ditonjolkan oleh M Shadows menjadi magnet kuat band ini. Bagaimanapun aransemen yang dimainkan, vocal M Shadows sangat melekat kuat menjiwai karakter lagu tanpa meninggalkan ciri khas ’scream’ yang ada pada dirinya. Saat didapuk untuk mengisi vokal dalam lagu The River-nya Good Charlotte pun ciri khas M Shadows juga terasa mempunyai daya tarik tersendiri di lagu ini meski genre yang tak biasa baginya.
Avenged Sevenfold dengan personel M Shadows (vocal), Zacky Vengeance (guitar), Synyster Gates (guitar), Johnny Christ (bass) banyak membuat aransemen-aransemen baru. (notes : belum ada bukti otentik apa hubungan M Shadows dengan M Charlie Van Houtten, hahaa)
Satu lagu yang menarik dan jadi hits ‘nyeleneh’ adalah lagu Dear God dari album keempat (self titled) Lagu ini terasa bagaikan oase sejuk di tengah hingar bingarnya lagu-lagu metal Avenged Sevenfold, baik dari segi musik maupun liriknya. Ciri khas musik country dan ballad 80an pun sangat dominan di aransemen Dear God ini. Sebagian pengamat (saya) mengartikan lagu ini menggambarkan tentang James “The Rev” Sullivan yang terbelenggu dalam candu narkotika. Bila ditarik maknanya dari keseluruhan lagu, maka akan bisa disimpulkan seperti berikut dibawah ini.
* * *
Lyrics “Dear God”
A lonely road crossed another cold state line
Miles away from those i love purpose hard to find
While i recall all the words you spoke to me
Can’t help but wish that i was there, back where I’d love to be
Oh yeah
Dear God
The only thing i ask of You
Is to hold her when i’m not around
When i’m much too far away
We all need that person who can be true to you
But i left her when i found her and now i wish i’d stayed ?
Cause i’m lonely and i’m tired
I’m missing you again, oh no
Once again
There’s nothing here for me on this barren road
There’s no one here while
The city sleeps and all the shops are closed
Can’t help but think of the times i’ve had with you
Pictures and some memories will have to help me through
Oh yeah
Some search, never finding a way
Before long, then waste away
I found you, something told me to stay
I gave in, to selfish ways
And how i miss someone to hold
When hope begins to fade
* * *
(tidak mengikat ‘translate’, lebih ke makna)
Kesendirian yang kulalui dalam hidupku
Begitu sulit kucari dan terasa jauh dari jalanMu
Meski banyak tanda kebenaran yang Kau tunjukkan padaku
Meski kini aku tak peduli
Tapi aku ingin kembali di jalanMu

Oh Tuhan
Bila boleh aku memohon
Aku ingin Kau tunjukkan kebenaranMu saat aku tersesat dari jalanMu
Telah banyak jalan yang Kau tunjukkan
Aku begitu mudah mengingkarinya
Hingga kini aku masih terjerumus

Aku terasing dari jalanMu
Saat jalanku menemui kebuntuan
Dan aku yakin tak ada yang abadi
Dunia yang berputar pun akan berhenti
Saat itulah aku bisa merasakan kehadiranMu
Petunjuk dan peringatan yang Kau berikan menyadarkanku

Bahwa aku tak pernah mau mengenalMu
Bahwa aku telah lama berkubang dosa
Bahwa inginkan kasihMu
Bahwa aku keras kepala akan perintahMu
Bahwa aku menginginkan petunjukMu untuk tetap memberiku jalan menuju “keabadian sejati”

* * *
Sekilas Dear God, semoga dapat memberi kita asa baru yang mampu menghidupkan hidup kita.
A7X
13.30 | 0 komentar | Read More

Misteri dan Makna lirik lagu Sembilan yang Berjudul Cemara

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/1/1a/CemaraNorfolk.JPG

Awalnya saya merasa lirik lagu band ini ngawur banget, gaje gitu tapi saya suka sama nadanya, yaudah saya dengerin aja tuh lagu, sampe akhirnya saya mulai ngerti maksud dari lirik itu setelah Pak Raden marah-marah sama pak ogah yang kepalanya gundul, sehingga menurut pak raden orang-orang ikut-ikutan nggunduli hutan gara-gara terinspirasi sama rambutnya pak ogah(dialog diujung lagunya), hehehe bingung ya, berikut ini liriknya:


Cemara – cemara kehidupan
Tudung raksasa bola api
Teduh syukur hanyut nikmat
Kini tiada .. kini tiada

Si Unyil :
Cemara – cemara kehidupan
Tudung raksasa bola api
Teduh syukur hanyut nikmat
Kini tiada .. kini tiada

Burung gereja tak lagi
Punya tempat bermain
Karena cemara Tuhan
Berganti negeri dongeng
Haiya iya Oooo…

Yaps seperti itulah liriknya, nggak nyambung kan??? Bingung saya juga maksudnya apa nih lagu,, ya itu tadi ternyata maknanya cukup bagus juga tema-nya tentang Go Green dan  ceritanya tentang efek penebangan liar, mari kita telusuri maknanya satu-satu
Cemara-cemara = hutan
Kehidupan = kehidupan manusia, satwa dan keseimbangan ekosistem
Tudung raksasa = atmosphere/lapisan ozon
Bola api = matahari
Teduh syukur = teduh dan nyaman bumi ini untuk ditempati/dihuni semua makhluk hidup
Hanyut nikmat = terbuai kenikmatan alam hingga akhirnya lupa untuk menjaga
Kini tiada- kini tiada = hutan-hutan sudah mulai digunduli bahkan penebangan liar terus-terusan yang bisa menyebabkan kepunahan
Burung gereja tak lagi punya tempat bermain = satwa-satwa sudah tidak mempunyai tempat habitat lagi akibat penebangan liar yang terus menerus dilakukan
Karena cemara Tuhan berganti negeri dongeng = bukan tidak mungkin Negara kita yang banyak memiliki hutan lindung dan diakui sebagai paru-paru dunia suatu saat nanti hanya ada di negeri dongeng atau hanya tinggal cerita saja.
sumber: http://agunklik.blogspot.com/2013/03/makna-lirik-lagu-cemara-9band-feat-si.html
13.17 | 0 komentar | Read More

YANG TERBARU DARI BAGINDAERY

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...