ARTIKEL PILIHAN

GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Efek Samping Pakai AC: Mau Sehat? Jangan Tidur Pakai AC!

Written By Situs Baginda Ery (New) on Sabtu, 05 Oktober 2013 | 20.27

by: http://www.tnol.co.id/psikologi-kesehatan/19870-mau-sehat-jangan-tidur-pakai-ac.html

Suhu yang kelewat dingin dan semburan udara yang langsung dari AC maupun kipas angin yang mengenai wajah, kepala, dan leher dalam waktu lama (misalnya saat tidur malam), bisa menyebabkan beberapa gangguan saraf.

Tidur pakai AC, bisa membuat tak bersemangat saat bangun tidur./ Foto: IstimewaTidur pakai AC, bisa membuat tak bersemangat saat bangun tidur./ Foto: IstimewaTidur dengan ditemani hembusan udara yang sejuk dari AC (Air Conditioner) memang membuat nyaman. Namun, sebuah penelitian oleh Lektor Fakultas Teknik Universitas Nasional Singapura, Wang Nuoxian, mengungkap bahwa tidur dengan menyalakan AC di malam hari dan menutup rapat semua jendela, dapat menyebabkan seseorang tidak bersemangat saat bangun tidur.
http://4.bp.blogspot.com/_iJa1fewgzT4/TBDSjXqIGFI/AAAAAAAAAXo/slPPO7qNITU/s320/freezing_man.gif
Penelitian ini telah dilakukan Wang Nuoxian selama dua tahun, dengan meneliti kebiasaan tidur 300 warga Singapura. Hasilnya, ketika sejumlah orang menyalakan AC dan menutup rapat jendela (dengan maksud menghemat listrik), hal ini justru bisa mengakibatkan akumulasi karbon dioksida di dalam ruangan, menyebabkan kepala mereka pusing berdenyut ketika bangun pagi, dan tidak bersemangat.

Selain itu, penelitian juga menemukan bahwa terdapat 4 diantara 10 orang yang mengalami masalah kekeringan kulit, saat tidur dengan menyalakan AC. Sedangkan orang yang tidur hanya dengan kipas angin tanpa menyalakan AC, tidak lebih dari 1 di antara 10 orang yang mengalami masalah yang sama.

Bisa sebabkan 'frozen shoulder' juga./ Foto: IstimewaBisa sebabkan 'frozen shoulder' juga./ Foto: IstimewaHal senada dikemukakan oleh Dr. Wendra Ali, Sp.S, spesialis saraf di RS Internasional Bintaro. Menurutnya, suhu yang kelewat dingin dan semburan udara yang langsung dari AC maupun kipas angin yang mengenai wajah, kepala, dan leher dalam waktu lama (misalnya saat tidur malam), bisa menyebabkan beberapa gangguan saraf.

Adapun berbagai gangguan yang akan dialami antara lain:

Bell's Palsy (Kelumpuhan Wajah Sesisi)

Penyakit ini menyebabkan terjadinya pembengkakan saraf wajah (saraf ke-7) pada satu sisi. Biasanya, penderita akan merasa salah satu matanya pedih ketika cuci muka, karena mata itu tak dapat dipejamkan.

Penderita juga sulit berkumur, mulutnya miring/mencong, bicaranya cadel, saat minum airnya akan meler, dan pengecapan lidah berkurang. Penemuan terakhir menunjukkan adanya kemungkinan infeksi virus yang terbawa oleh udara atau angin.

Penyakit ini sering dijumpai dan biasanya menyerang kaum remaja dan dewasa muda. Bila terjadi pada orang tua, harus dipikirkan pula kemungkinan gejala stroke. Bell's Palsy dapat disembuhkan bila cepat ditangani.

Terapinya bisa dengan obat anti-inflamasi/antiedema, antivirus, dan vitamin saraf. Penderita juga harus melakukan senam muka (facial exercise). Pasien biasanya akan pulih dalam waktu 1-6 minggu.

Tortikolis (Leher Tegang)

Penyakit yang sering disebut karena 'salah bantal' ini, biasanya terjadi saat orang bangun tidur. Penderita merasa lehernya kaku, tidak bisa menengok ke satu sisi, juga nyeri seperti disetrum bila dipaksakan bergerak.

Bila bicara atau batuk akan terasa sakit. Penyakit ini dapat diobati dengan suntikan pada titik-titik nyeri di leher serta pemberian obat antiradang. Bila perlu, bisa dilakukan terapi pemanasan.

Frozen Shoulder (Bahu Beku)

Penyakit ini biasanya timbul di saat bangun tidur pagi. Penderita tidak sanggup menggosok gigi dan menyisir rambut karena pergelangan bahunya terasa sakit bila lengan diangkat atau digerakkan.

Bila tidak diobati tentu akan membatasi pergerakan bahu, dan bila penyakitnya menahun perlu dilakukan tindakan operasi. Pengobatannya terdiri dari pemberian obat antiradang, antinyeri dan suntikan pada pergelangan bahu. Juga perlu terapi pemanasan ditambah latihan bahu.

Carpal Tunnel Syndrome

Carpal tunnel syndrome adalah penyakit dengan gejala kesemutan dan nyeri pada tangan terutama 3 jari pertama (ibu jari, telunjuk, dan jari tengah). Gejala akan lebih terasa pada malam hari dalam ruangan ber-AC. Gejala itu disebabkan adanya pembengkakan saraf yang melewati terowongan di pergelangan tangan.

Penyakit ini dapat disembuhkan bila cepat ditangani. Dokter Wendra menambahkan, suhu dingin AC berbahaya bagi penderita rematik. Pada penderita migren pun, AC bisa memicu kekambuhan.

Namun demikian, Wang Nuoxiang juga memberi cara penangkalnya. Jika ingin mencegah efek samping dari AC ini, caranya sangat mudah, yaitu ketika menutup jendela, sisakan beberapa celah agar udara segar bisa masuk ke kamar.
20.27 | 0 komentar | Read More

Agar Tidak Insomnia Lagi: Tips dan Cara Mengatasi Insomnia

by: http://www.orinsis.com/cara-mengatasi-insomnia/
Insomnia atau gejala susah tidur adalah salah satu gangguan kesehatan yang kerap dialami oleh manusia modern belakangan ini. Insomnia sendiri merupakan sebuah gejala dimana seseorang mengalami kesulitan ketika hendak tidur pada jam-jam normal.
http://www.howardandrewjones.com/wp-content/uploads/2013/08/insomnia.jpg 
Penderita insomnia kerap mengalami kesulitan untuk menjaga agar tidurnya tetap nyenyak.
Insomnia biasanya disebabkan oleh faktor psikologis, namun faktor-faktor lain seperti terlalu sering begadang, stres karena pekerjaan, terlalu banyak mengkonsumsi minuman berkafein tinggi sebelum tidur, dan juga gangguan kesehatan lain juga dapat memicu terjadinya insomnia. Sebenarnya ada satu cara instan yang banyak dilakukan orang untuk mengatasi insomnia, yaitu dengan mengkonsumsi obat-obatan yang dapat merangsang tidur. Namun, seperti yang kita semua tahu, mengkonsumsi obat-obatan kimia pasti akan menimbulkan beberapa efek samping dan efek obatnyapun hanya akan bertahan dalam jangka pendek. Selain itu, terlalu sering mengkonsumsi obat tidur juga bisa membuat kita ketergantungan.
Untuk mengatasi insomnia secara jangka panjang dan untuk menghindari efek samping dari mengkonsumsi obat tidur, berikut akan saya sajikan 7 tips mengatasi insomnia tanpa obat sehingga insomnia kita derita akan berangsur-angsur menghilang secara alami.
  1. Singkirkanlah gadget jauh-jauh dari tempat tidur anda. Salah satu kebiasaan buruk masyarakat modern adalah sering membawa gadget ke tempat tidur sehingga kita tidak akan fokus untuk beristirahat. Selain dapat mengganggu tidur, radiasi yang dihasilkan oleh telpon genggam ataupun gadget lain ternyata juga dapat mengganggu fungsi otak dan dapat menurunkan fungsi organ-organ seksual.
  2. Konsumsilah makanan yang mengandung potasium dan magnesium tinggi seperti pisang dan kacang almond. Selain dapat membuat tidur anda lebih nyenyak, kandungan triptofan dalam buah pisang ternyata juga dapat menenangkan hormon otak sehingga anda bisa cepat tidur.
  3. Hindari bergadang dan tidurlah secara teratur. Terlalu sering tidur larut malam (bergadang) dan jadwal tidur yang tidak teratur bisa membuat anda kesulitan untuk tidur di malam hari. Selain itu, hindari juga tidur siang bila anda ingin mendapatkan durasi tidur yang lebih lama di malam hari.
  4. Cara keempat adalah dengan menggunakan terapi musik yang menggunakan brainwave. Musik Beta Gelombang otak atau Brainwave adalah alunan musik yang dibuat khusus untuk mengkondisikan otak agar berada pada kondisi alpha dan theta dimana kita akan merasa sangat rileks sehingga akan lebih mudah tidur. Anda dapat mendownload versi gratis dari musik-musik Brainwave ini dari internet atau membeli brainwave yang premium secara online.
  5. Lakukanlah meditasi dan latih pernafasan. Meditasi sudah dikenal sejak dulu sebagai salah satu metode relaksasi yang paling ampuh. Dengan bermeditasi, anda akan berlatih agar bisa melupakan permasalahan hidup dan memfokuskan diri pada satu titik di dalam pikiran anda, sehingga pikiran anda akan semakin jernih dan anda akan mendpatkan tidur yang lebih berkualitas lagi.
Cara lain untuk mengatasi insomnia adalah dengan rajin berolah raga. Kita tentunya sudah tahu jika olahraga dapat memberikan banyak sekali manfaat bagi kesehatan serta dapat mencegah berbagai macam gangguan-gangguan kesehatan termasuk gangguan tidur. Olahraga jogging adalah salah satu jenis olahraga yang dikatakan mampu meningkatkan kualitas tidur anda. Bagi anda penderita insomnia, disarankan untuk berolah raga di pagi hari dan sedikit olah raga ringan beberapa jam menjelang tidur.

Cara ketujuh sekaligus yang paling ampuh untuk mengatasi kesulitan tidur (menurut saya) adalah dengan membaca buku atau bacaan lain yang isinya sangat membosankan bagi anda sehingga anda akan cepat lelah dan langsung tidur. Cara ini sebenarnya tidak dianjurkan dan hanya khusus ditujukkan bagi anda yang sudah benar-benar menglami insomnia “akut”, karena tidur yang berkualitas adalah tidur disaat anda berada dalam kondisi rileks bukan karena lelah atau karena terpaksa. Sekian.
20.21 | 0 komentar | Read More

( Efek Samping Obat Tidur ) Efek Samping Pemakaian Obat Tidur

by: http://metropolitan.inilah.com/read/detail/2010349/efek-samping-pemakaian-obat-tidur#.UlADEFN_TBU

KESULITAN tidur bisa diakibatkan bermacam-macam. Seperti nyeri karena rhematik, encok, 
keseleo, migraine, batuk, pilek, ashma, bronchitis, gangguan emosi, stres dan perasaan cemas.
Untuk mengatasi faktor penyebab susah tidur yang paling aman adalah dengan memperhatikan waktu istirahat dan tidur yang cukup, serta teratur. Karena itu ketika kita sudah merasa lelah usahakan untuk istirahat, dan jangan memasakan diri dengan merokok, minum kopi atau obat perangsang.
Aturlah waktu tidur yang tepat, tentukan jam-jamnya dan hindari minum kopi dan minuman beralkohol pada malam hari. Karena bisa menimbulkan sulit tidur atau akan menganggu pola tidur.
Agar mudah tidur pada malam hari, usahakan pada siangnya banyak bergerak. Atau bekerja pisik sehingga tubuh menjadi lelah dan akhirnya badan terasa lelah..
Membiasakan minum obat tidur meski dalam dosis sedikit/kecil akan memacu untuk minum dengan dosis yang lebih besar atau tinggi. Hal ini akan mengganggu sistim pusat saraf yang pada gilirannya nanti kesehatan bisa memburuk.
http://www.mitrakesehatan.com/wp-content/uploads/2012/07/obat-tidur-percepat-kanker.jpg
Misalnya, nafas sering terengah-engah, tekanan darah tidak teratur, sakit kepala, serta kecanduan terhadap obat tersebut. Yang pada akhirnya dapat mengakibatkan nyeri kepala, mulut kering, pikiran kacau, gelisah, otot kaki lemas, gemetar, banyak berkeringat, dan sebagainya.
Disamping keadaan kondisi tersebut, efek samping dari obat bius dapat menimbulkan anestesis atau narkosa. Dimana seluruh perasaan dan kesadaran menurun, nafas tertekan, muntah, kontraksi jantung lemah, dan sebagainya.
Pemakaian obat nyeri setempat, seperti obat gatal, panas tinggi, rasa dingin, juga menimbulkan efek samping. Misalnya kokain, bisa mengakibatkan mati jaringan, prokain menyebabkan hypertensi, koleps, bahkan menjadi penyebab kematian, lidokain mengakibatkan rasa kantuk dan pritokain mengakibatkan metheglomoginemia dan sianosis.
Oleh karena itu jangan menggunakan obat tidur yang tidak dianjurkan oleh dokter. Jika sulit tidur cobalah rangsangisaraf-saraf bagian kepala dengan massage/pijatan. Cara ini aman dan alami tanpa menimbulkan efek samping.
20.18 | 0 komentar | Read More

Efek Samping Pil KB: Ini Dia Efek Samping Pil KB

Kita semua sudah tahu bagaimana kehamilan terjadi. Simpelnya, sel telur wanita bertemu dengan sperma lelaki. Oleh karenanya, alat-alat kontrasepsi biasanya berusaha menghalangi pertemuan ini. Salah satu cara ber-KB adalah dengan pil. Namun ternyata. Cara ini mempunyai banyak bahaya dibanding menfaatnya. 
Nah lho, apa saja bahayanya?

Sejak tahun 1960, ketika pil KB pertama kali marak di pasaran, para penggunanya sangat menyukainya. Namun seperti umunya obat-obatan, pil ini juga mendapat pro dan kontra. Pil KB terbuat dari hormone buatan yang mencegah kahamilan melalui kerjasama dengan hormone-hormon alami tubuh dalam emncegah pertumbuhan.
http://assets.kompas.com/data/photo/2008/08/14/164618p.jpg
Pil KB merupakan cara kontrasepsi yang paling banyak digunakan, diperkirakan lebih dari 75% wanita mengkonsumsinya.

Salah satu alasan seringnya digunakan pil KB karena merupakan yang paling sukses untuk ber KB. Dengan pemakaian yang tepat, rata-rata kesuksesan mencapai 99%. Konsistensi para pemakai dalan meminumnya, berat badan, dan antibiotika merupakan faktor yang mempengaruhi efektivitasnya.
Banyak keuntungan ber-KB dengan pil. Penyakit radang panggul (PID) yang dapat menyebabkan keridaksuburan dinyatakan jarang terjadi pada penggunanya. Para dokter menetapkan bahwa pil KB dapat mengurangi resiko kemunculannya hingga 50%. Menurut Ruberta Ness dari Universitas Pittsburg dan WebMD, wanita pengguna pil KB dapat mengalami penurunan resiko kanker indung telur sekitar 40%. Dengan catatan konsumsi 1-4 tahun.
Pil KB juga dihubungkan dengan adanya peredaan rasa sakit di penggul. Keuntungan potensial lain adalah naiknya kepadatan tulang. Namun, penelitian lebih lanjut sangat dibutuhkan untuk menentukan seberapa efektifkah pil KB dalam mencegah pengeroposan tulang secara keseluruhan. Mengkonsumsi pil KB selam 5 tahun atu lebih juga akan meningkatkan fertilitas. Namun dengan segala kenyamanan itu, pil ini juga punya daftar kekurangan.
Pertama, banyak bukti kuat menunjukkanadamnya hubungan kuat antara pil KB dengan kanker payudara.
Lebih dari 100 ribu wanita berpartisipasi dalam penelitian jangka panjang yang diadakan oleh para ahli epidemiologi di Institute of Community Medicine, Norwegia. Delapan tahu setelah dimulainya penelitian itu, lebih dari seribu wanita mengidap kanker payudara. 
Dibandingkan dengan wanita yang tak pernah mengkonsumsinya, peningkatan kanker payudara ini sebesar 26%. Wanita yang masih mengkonsumsi pil ini menghadapi peningkatan sekitar 58%.
Meskipun risiko pada wanita diatas usia 45 tahun secara signifikan lebih tinggi, jika penelitian ini benar, kemungkinan kanker payudara di segala usia yang dikaitkan dengan pil KB adalah 15 %. Menurut Asosiasi Kanker Amerika, perkembangan jaringan dada ditentukan oleh hormone. Sehingga menjadikan obat-obatan yang mengandung hormone potensial menjadi ancaman.
Pil KB telah dihubungkan dengan suatu peningkatan risiko terkena kanker leher rahim pada wanita yang deserang Human Papilloma Virus (HPV). Menurut perbandingan dari 28 penelitian yang berbeda, resiko kanker leher rahim 2 kali lebih besar pada wanita pengguna pil KB selama lebih dari satu decade, di banding yang tak pernah mengkonsumsinya.
Pil KB diduga juga telah meningkatkan resiko stroke. Hormone esterogen yang terkandung dalam pil KB, telah diketahui sebagai salah satu faktor yang menaikkan bintik-bintik gumpalan darah. Jika bintik-bintik ini terjadi di otak, maka itulah yang menyebabkan stroke. Penelitian menunjukkan bahwa resiko stroke bagi wanita yang minum pil KB, 2 kali lebih besar dibanding yang tidak.
Menurut Klinik Mayo, mengkonsumsi pil dalam jangka waktu lama dapat meningkatkan tekanan darah.
Juga, pil Kb telah dihubungkan dengan tingginya protein C-reaktif, suatu protein yang berhubungan dengan penyakit jantung. Pada sebuah penelitian baru-baru ini, wanita yang mengkonsumsi pil KB dinyatakan mempunyai protein ini 2 kali lebih banyak dalam darahnya, dibanding yang tidak. Pil KB secara potensial berhubungan dengan peradangan yang berkaitan dengan penyakit jantung. Bukti rinci tentang peningkatan resiko penyakit jantung akibat penggunaan pil ini,m saat ini kurang meyakinkan.
Pil KB juga berefek samping yang agak berat, diantaranya mual, hilang selera, sakit kepala, atau naiknya berat badan. Pada kasus yang jarang terjadi, wanita akan kelihatan berotot karena meningkatnya hormone testosterone yang disebabkan pil ini.
Penelitian yang sedang berlanjut, juga menyimpulkan bahwa penggunaan pil KB akan menurunkan gairah seksual wanita. Para penenliti berteori bahwa hal ini, mungkin berkaitan dengan rendahnya hormone seks prioa (androgen) pada kebanyakan pengguna pil ini.
Respon seksual wanita lebih besar dikarenakan hormone-hormon ini. Oleh karena itu, pil-pil yang mengandung sedikit hormone-hormon berpotensi menurunkan gairah seks wanita.
Masih ingin menggunkan pil KB? Atau ganti kontrasepsi? Sebenarnya semua cara-cara KB punya resiko yang tidak kecil. Dalam Islam juga tidak dibenarkan mencegah kehamilan, kecuali dengan alasan-alasan yang telah ditetapkan. Islam juga punya cara KB alami, tetapi tidak mungkin dilakukan terus-menerus. Kalu dipikir, bukankah anak termasuk rezeki, kenapa harus dihalangi?
[sumber: ummi]
20.15 | 0 komentar | Read More

Ketahuilah 10 Olahraga yang Dapat Membantu Cegah Kanker

KOMPAS.com — Salah satu penyakit yang masih menjadi momok adalah kanker. Ini karena kanker dapat berkembang dengan cepat dan mengakibatkan kematian. Meski demikian, kanker bisa dicegah, dan para ahli berpendapat cara terbaik untuk mencegah kanker adalah olahraga teratur.

Tidak hanya menjaga tubuh tetap aktif dan sehat, olahraga juga dapat menjauhkan penyakit berbahaya. Menurut para ahli, ada beberapa jenis olahraga tertentu yang efektif menghalau kanker, berikut di antaranya.
http://blog.kliktoday.com/wp-content/uploads/lari-2.jpg
1. Berjalan
Salah satu latihan terbaik mencegah kanker adalah berjalan. Ini karena berjalan dapat menjaga jantung dan pikiran dari stres. Maka berjalanlah paling tidak 30 menit setiap hari.

2. Joging
Joging atau berlari selama 45 menit adalah cara terbaik untuk menjauhkan risiko kanker. Joging akan membuat jantung berdetak dengan lebih cepat. Keringat yang banyak dihasilkan seusai joging juga dapat membantu menghilangkan racun-racun dari tubuh.

3. Berenang
Berenang merupakan olahraga yang dapat dilakukan oleh segala usia. Rutinlah berenang selama satu atau dua jam dan gaya hidup pun berubah menjadi lebih sehat.

4. Bersepeda
Bersepeda di pagi hari yang segar baik untuk paru-paru. Kegiatan tersebut akan membersihkan paru-paru dan menjauhkannya dari kanker.

5. Taichi
Taichi merupakan jenis bela diri asal China yang memperbaiki kesehatan melalui penggabungan gerakan yang lambat dengan teknik bernapas yang benar. Olahraga ini merupakan bentuk yang baik untuk mencegah kanker.

6. Mendaki
Mendaki membantu menghilangkan stres dan juga penyakit mematikan. Rutin melakukan olahraga ini membuat tubuh dalam bentuk terbaiknya dan penyakit pun enggan mendekat. Mendaki merupakan salah satu olahraga yang menurunkan risiko kanker.

7. Sepatu roda
Bermain sepatu roda merupakan latihan kardiovaskular dan dapat melatih keseluruhan otot dalam tubuh. Olahraga yang populer di kalangan anak-anak ini sebenarnya bisa dilakukan oleh segala usia.

8. Menari
Salah satu bentuk olahraga yang baik untuk mencegah kanker adalah menari. Menarilah dengan musik favorit Anda setiap hari selama 30 menit untuk tetap sehat dan berenergi.

9. Yoga
Bentuk meditasi yang satu ini baik untuk pikiran, jiwa, dan tubuh. Latihan yoga juga mampu menghilangkan racun-racun dari tubuh dan menurunkan risiko kanker.

10. Tenis
Tenis merupakan olahraga terbaik untuk membuat tubuh Anda aktif. Olahraga ini membuat Anda berlari dan membakar kalori ekstra, serta menghilangkan racun-racun melalui keringat.
20.10 | 0 komentar | Read More

Artikel Tentang Cara Mencegah Kanker: Inilah 10 Cara dab Tips Jitu Mencegah Kanker

http://penyakitkanker.info/wp-content/uploads/2013/06/Kanker_3.jpgby: http://www.deherba.com/10-tips-jitu-mencegah-kanker.html
Mencegah kanker merupakan langkah yang terbaik sebab seperti ungkapan "mencegah lebih baik dari pada mengobati", pencegahan membuat suatu kerusakan tidak perlu terjadi.
Demikian juga untuk penyakit kanker, mencegah kanker jauh lebih baik dibandingkan mengobatinya. Untuk mencegah kanker, diperlukan pengetahuan mengenai apa saja penyebab kanker sehingga kita bisa menghindari atau menangkal kemungkinan timbulnya akar-akar kanker tersebut. Berikut ini sepuluh tips jitu untuk mencegah kanker.
  • Memeriksa resiko karena keturunanSalah satu penyebab kanker berasal dari faktor keturunan. Jika ada orangtua atau saudara yang menderita kanker, sangat mungkin kanker juga menyerang anggota keluarga lainnya. Untuk itu mengetahui ada tidaknya anggota keluarga yang pernah terkena kanker sangat penting sebagai upaya mencegah kanker.
  • Menghindari makanan yang diasap dan dibakarPenyebab kanker lainnya adalah makanan yang diasap, dibakar, atau diasamkan. Contohnya seperti ikan asap atau makanan yang diacar. Makanan tersebut beresiko menimbulkan kanker. Oleh karena itu menghindari atau mengurangi frekuensi mengonsumsi makanan tersebut menjadi keharusan untuk mencegah kanker.
  • Menjauhi alkoholSejak lama alkohol sudah sering disebut sebagai penyebab kanker. Untuk mencegah kanker, menghindari konsumsi alkohol merupakan langkah yang tepat.
  • Menghindari makanan dengan zat pewarnaBanyak makanan saat ini dicampur dengan zat pewarna agar terlihat menarik. Padahal kandungan zat pewarna itu sangat berbahaya bagi tubuh dan dapat memicu kanker. Untuk mencegah kanker, sebaiknya usahakan menghindari makanan yang menggunakan zat pewarna. Makanan yang menggunakan zat pewarna dapat diketahui dari warna makanan yang terlihat jauh lebih menarik dibandingkan warna aslinya.
  • Menghindari rokokSeperti alkohol, rokok juga menjadi sumber penyebab berbagai penyakit tak terkecuali untuk penyakit kanker. Meninggalkan kebiasaan merokok atau berupaya menjauh dari orang yang sedang merokok adalah upaya baik untuk mencegah kanker.
  • Menghindari makanan berlemakLemak menyebabkan banyak masalah dalam tubuh. Termasuk sebagai pemicu kanker. Untuk mencegah kanker, hindarilah makanan-makanan berlemak tinggi.
  • Makan makanan kaya seratBuah-buahan dan sayuran merupakan makanan kaya serat. Memperbanyak konsumsi makanan tersebut sangat baik untuk mencegah kanker.
  • Rutin olahragaBerolahraga merupakan cara yang baik untuk mencegah kanker. Sebab saat berolahraga, lemak dalam tubuh akan terbakar dan mempercepat metabolisme. Hal itu akan mencegah terjadinya kanker. Tidak harus berupa olahraga berat. Olahraga ringan seperti jalan sehat atau lari pagi bisa membantu mencegah kanker.
  • Konsumsi vitamin A, C, dan EVitamin A, vitamin C, dan vitamin E memiliki kandungan antioksidan yang sangat berguna untuk mencegah kanker.
  • Perilaku seks sehatTidak berganti-ganti pasangan dalam hubungan seks juga menjadi cara jitu mencegah kanker sebab timbulnya kanker juga dimungkinkan karena perilaku seksual yang tidak sehat.

20.07 | 0 komentar | Read More

Download kumpulan surah pendek juzz'ama

11.58 | 0 komentar | Read More

Download Kumpulan Surah-Surah Pendek Al-Qur'an

by: http://matabathin-dery.blogspot.com/2013/02/kumpulan-surah-surah-pendek-al-quran.html
Saya akan berbagi dengan apa yang sedang saya cari, kali ini saya mencari surah-surah pendek untuk dibaca pada saat shalat 5 waktu dan pastinya masih banyak diantara kita yang belum banyak menyimpan serta menghapal surah-surah pendek untuk shalat, maka dari itu saya berbagi dipostingan kali ini berharap dapat bermanfaat untuk sahabat sekalian.
Silahkan download pada link yang sudah saya sediakan untuk sahabat semuanya.


11.55 | 0 komentar | Read More

( Versli Lengkap ) DAFTAR TANAMAN OBAT INDONESIA : Khasiatnya, Manfaatnya, Fungsinya “Tanaman Obat Tradisional” Keluarga, Nama Latin Tanaman Obat, Gambar Tanaman Obat

by: http://www.ibujempol.com/daftar-tanaman-obat-indonesia-dan-nama-latinnya/

Daftar Tanaman Obat Indonesia dan Khasitan/Manfaatnya Data tervalidasi oleh Tim CoData Indonesia pada tahun 2000
A
Adas
Adem Ati
Ajeran
Akar Manis
Akar Wangi
Alang Alang
Alpokat
Andong
Angsana
Anting-anting
Anyang Anyang
Apel
Aren
Asam Jawa
Awar Awar
B
Bandotan
Bangle
Baru Cina
Bawang Merah
Bawang Putih
Bayam
Bayam Duri
Belimbing Asam
Belimbing Manis
Belimbing wuluh
Beluntas
Benalu
Beringin
Bidara Laut
Bidara Upas
Biduri
Bligu
Blustru
Boroco
Brojo Lintang
Brokoli
Brotowali
Buah Makasar
Buah Nona
Buncis
Bunga Kenop
Bunga Matahari
Bunga Pagoda
Bunga Pukul Delapan
Bunga Tasbih
Bungli
Bungur
Bungur Kecil
Buni
C
Cabai Merah
Cabai Rawit
Cabe Jawa
Cakar Ayam
Calingcing
Ceguk
Cempaka Kuning
Cempaka Putih
Cendana
Cengkeh
Ceremai
Cincau
Ciplukan
D
Dadap Ayam
Dadap Serep
Dandang Gendis
Daruju
Daun DewaDaun duduk
Daun Encok
Daun Jintan
Daun Kentut
Daun Madu
Daun Sendok
Daun Senna
Daun Ungu
Delima
E
Ekor Kucing
Enau
G
Gadung
Gambir
Gandarusa
Gendola
Genje
Ginjean
Greges Otot
Gude
H
Halia
I
Iler
Inggu
J
Jagung
Jahe
Jamblang
Jambu Biji
Jambu Monyet
Jamur Kayu
Jarak
Jarak Bali
Jarak Ulung
Jarong
Jati Belanda
Jayanti
Jengger Ayam
Jeruk Nipis
Jeruk Purut
Jintan Putih
Jintan/Ajeran
Johar
Jombang
Jung Rabab
K
Kacapiring
Kaki Kuda
Kaktus Pakis Giwang
Kamboja
Kapas
Kapasan
Kapulaga
Kastuba
Katu
Kayu Manis (padang)
Kayu Putih
Kecubung
Kecubung Gunung
Kedelai
Keji Beling
Kelapa
Kelingkit Taiwan
Kelor
Kembang Bokor
Kembang Bugang
Kembang CoklatKembang Kertas
Kembang Pukul Empat
Kembang Sepatu Sungsang
Kembang Sore
Kembang Sungsang
Kemuning
Kenanga
Kencur
Ketepeng Cina
Ketepeng Kecil
Ketimun
Ki Tolod
Klabet
Kol Banda
Kompri
Kubis
Kubis Bunga
Kucing Kucingan
Kumis Kucing
Kunci Pepet
Kunyit
Kwalot
L
Lada
Landep
Landik
Legundi
Lempuyang Gajah
Lempuyang Wangi
Lengkuas
Lenglengan
Lidah Buaya
Lidah Ular
Lobak
M
Mahkota Dewa
Mahoni
Mamang Besar
Manggis
Mangkokan
Melati
Mengkudu
Meniran
Mimba
Mindi Kecil
Mondokaki
Murbei
N
Nampu
Nanas
Nanas Kerang
Ngokilo
Nona Makan Sirih
P
Pacar Air
Pacar Cina
Padi
Pala
Pandan Wangi
Pare
Patah Tulang
Patikan Cina
Patikan Kerbau
Pecut Kuda
Pecut Kuda
Pegagan
Pepaya
Permot
Petai Cina
Pinang
PisangPohon Merah
Portulaka
Poslen
Prasman
Pulai
Pule Pandak
Pulutan
Putri Malu
R
Rambutan
Rincik Bumi
Rumput Mutiara
S
Saga
Salam
Salvia
Sambang Darah
Sambang Getih
Sambiloto
Sambung Nyawa
Sangitan
Sangketan
Sawi Langit
Sawi Tanah
Secang
Seledri
Semanggi Gunung
Semangka
Sembung
Senggani
Sengugu
Sereh
Sesuru
Siantan
Sidaguri
Sirih
Sirsak
Sisik Naga
Som Jawa
Sosor Bebek
Srigading
Srikaya
T
Tahi Kotok
Tanduk Rusa
Tapak Dara
Tapak Kuda
Tapak Liman
Tasbeh
Tebu
Teh
Tembelekan
Tempuyung
Temu Hitam
Temu Kunci
Temu Putih
Temu Putri
Temulawak
Teratai
Teratai Kerdil
Tomat
Tunjung
Turi
U
Ubi Kayu
Urang-Aring
W
Waru
Wijaya kusuma
Wortel
Informasi ini terwujud atas kerjasama IPTEKnet dengan CODATA ICSU Indonesia
dan telah terealisasi pada tahun 2002http://www.iptek.net.id/ind/pd_tanobat/

Tanaman Untuk Ramuan Obat dan Nama Latinnya

A
Adas(Foeniculum vulgare Mill)
Alang alang (Imperata cyllindrica {L} Beauv)
Anting anting (Acalypha australis L)
Avokad (Persea gratissima Gaerth)
Andong (Cordyline fructirosa {L} A. Cheval)
Angco (Ziziphus jujuba Mill)
Arbenan (Duschesnea indica {Andr.} )
Asam Jawa (Tamarindus indica L)

B

Bangle (Zingiber purpureum Roxb.)
Brotowali (Tinospora crispa {L} Miers.)
Bunga Kenop (Gomphrena globosa L)
Bandotan (Ageratum conyzoides L)
Ban Zhi Lian (Scutellaria barbata D.Don.)
Bawang Merah (Allium cepa L var.)
Bawang Putih (Allium sativum L.)
Bayam Duri (Amaranthus spinosus)
Belimbing wuluh (Averrhoa bilimbi L.)
Beluntas (Pluchea indica {L} Less.)
Benalu Teh (Loranthus parasiticus)
Bidara Upas (Merremia mammosa {Lour})
Boroco (Celosia argentea L.)
Brojo Lintang (Belamcanda sinensis L DC.)
Bunga Matahari (Helainthus annuus L.)

C
Cabai Jawa (Piper retrofractum Vahl.)
Calincing (Oxalis corniculata L.)
Cakar Ayam (Selaginella doederleinii Hieron)
D
Dan Shen (Salviae milthiorrhizae Bunge)
Daun Kentut (Paederia scandens {Lour.} Merr.)
Daun Mint (Mentha arvensis L.)
Daun Dewa (Gynura segetum {Lour.} Merr.)
Daun Hia (Artemisia vulgaris L.)
Daun Jinten (Coleus amboinicus Lour.)
Daun Sendok (Plantago major L;)
Daun Ungu (Graptophyllum pictum {L} Griff.)
Delima (Punica granatum L.)

E
Ekor Kucing (Acalypha hispida Burm.f.)

G
Gadung China (Smilax china L.)
Gan Cao (Glycyrrhiza glabra L.)
Gempur Batu (Boreria hispida Schum.)
Gendola (Bassela rubra L.)
Ginkgo (Ginkgo biloba L.)
Gandarusa (Justicia genadrusa Burm F.)
Ginjean (Leonurus sibricus L.)
J
Jagung (Zea mays L)
Jambu Biji (Psidium guajava L.)
Jamur Kuping (Auricularia auricula)
Jarak Pagar (Jatropha curcas L.)
Jati Belanda (Guazoma ulmifolia Lamk)
Jeruk Mandarin (Citrus nobilis Lour.)
Jeruk Nipis (Citrus aurantifolia Swingle.)
Jukut Pendul (Kyllinga v-brevifolia Rottb.)
Jahe (Zingiber offichinale Rocs.)
Jamblang (Eugeniacumini {L.} Druce)
Jali (Coix lacryma-jobi L.)
Jamur Kayu / Ling Zhi (Ganoderma lucidum (Leyss.ex Fr) Karst.)
Jengger Ayam (Celosia cristata L.)
Jombang (Taraxacum mongolicum Hand-Mazz.)
K
Kaca Piring (Gardenia jasminoides Ellis.)
Kapulaga (Amomum cardamomum Auct.)
Kayu Manis ( indicum burmani (Needs.) Bl.)
Kembang Bugang (Clerodendrum calamitosum L.)
Kembang Coklat (Zephyranthes candida Herb.)
Kembang sepatu (Hibiscus rosa-sinensis L.)
Kembang Sore (Abutilon (L.) Sweet.)
Kembang Telang (Clitoria ternatea L.)
Kie Cie (Lycium barbaratum L.)
Ki Tolod (Isotoma longiflora Presl.)
Komprey (Symphytum officinale L.)
Kremek (Alternanthera sessilis R.Br.)
Krisan (Chrysanthemum morifolium Ram.)
Kunci Pepet (Kaempferia angustifolia Rosc.)
Kunyit Putih (Kaempferia rotunda L.)
Kaktus Gepeng (Opuntia dilenii (Ker-Gawl) Haw.)
Kejibeling (Strobilanthes crispus Bl.)
Kembang Pukul Empat (Mirabilis jalapa L.)
Kemuning (Muraya paniculata (L) Jack)
Kencur (Kaempferia galanga L.)
Ketepeng China (Cassia alata L.)
Krokot (Portulaca oleracea L.)
Kumis Kucing ( Orthosiphon aristatus BL. Miq.)
Kunyit (Curcuma longa L.)

L
Legundi (Vitex trifolia L.)
Lempuyang wangi (Zingiber aromaticum Vahl.)
Lengkuas (Languas galanga L. Stunz)
Lenglengan 5leucas lavandulifolia L.)
Lili(Lilium Sp.)
Lobak Putih (Raphanus sativus L.)
Leunca (Solanum nigrum L.)
Lidah Buaya (Aloe vera L.)
M
Mahkota Dewa (Phaleria macrocarpa Boerl.)
Mahoni (Swietenia mahagoni Jacq.)
Mawar (Rosa sinensis Jacq.)
Melati (Jasminum samblas L. Ait.)
Mirten (Malphigia coccigera )
Mengkudu (Morinda citrifolia L.)
Meniran (Phyllantus urinaria L.)
Miana (Coleus artopurpureus Benth.)
Mimba (Melia azadirachta L.)
Murbei (Morus alba Linn)
N
Nanas Kering (Rgoe discolor L Her. Hance)
P
Pacar Air (Impatiens balsamina Linn.)
Patikan China (Euphorbia thymifolia L.)
Patikan Kebo ( Euphorbia hirta L.)
Pare (Momordica charantia L.)
Patah Tulang (Euphorbia tirucalli L.)
Pepaya (Carica papaya L.)
Pinang (Areca catechu L.)
Putri Malu (Mimosa pudica L.)
Pegagan ( Centella asiatica L Urban.)
R
Rumput Bambu (Lopatherum gracile Brogn.)
Rumput Mutiara (Hedyotis corymbosa L.)
S
Saga (Abus precatorius L.)
Sambiloto (Andrographis paniculata {Burm.f. Nees.)
Sambung Nyawa (Gynura procumbens Backer.)
Salam (Syzygium polyanthus (Wight.) Walp.)
Sambang Darah ( Excoecaria cochinchinensis Lour)
Sangitan (Sambucus javanica Reinw.)
Secang (Caesalpinia sappan L.)
Selasih (Oimum basilicum L.)
Sereh / Serai (Cymbopogon nardus {L} Rendle)
Sidaguri (Sida rhombifolia L.)
Som Jawa (Talinum paniculatum Jacq.) Gaertn)
Srigading (Nyctanthes arbor-trisis L.)
Suruhan (Peperomia pellucida L Kunth.)
Sawi Tanah (Nasturtium montanum Wall.)
Semanggi Gunung (Hydrocotyle sibthorpiodes Lam.)
Sembung (Blumea balsamifera DC.)
Siantan (Ixora stricta Roxb.)
Sirih (Piper betle L.)
T
Tahi Kotok (Tagetes erecta L.)
Teh (Camelia sinensis {L.} Kuntze)
Tempuh Wiyang (Emilia sonchifolia {L.} DC.)
Temu Giring (Curcuma heyneana Val.)
Temu Kunci (Boesenbergia pandurata Roxb.)
Turi (Sesbania grandiflora {L.} Pers)
Tapak Dara (Catharanthus roseus {L.} G/Don)
Tapak Liman (Elephantopus scaber L.)
Teki (Cyperus rotundus L.)
Tempuyung (Sonchus arvensis L.)
Temu Hitam (Curcuma aeruginosa Roxb.)
Temulawak (Curcuma xantorrhiza Roxb.)
Temu Mangga (Curcuma mangga Val.)
Temu Putih (Curcuma zedoaria Rosc.)
Teratai (Nelumbium nucifera Gaerth.)
Urang Aring (Eclipta alba Hassk.)
W
Waru Landak (Hibiscus mutabilis L.)
Wortel (Daucus carota L.)
Wudani (Quisqualis indica L.)
Sumber : http://www.ibujempol.com/daftar-tanaman-obat-indonesia-dan-nama-latinnya/
11.50 | 0 komentar | Read More

( Versi Lengkap ) KUMPULAN DO’A, BACAAN, AMALAN WIRID & KEUTAMAAN DZIKIR PAGI DAN SORE | Cara Sholat Isyraaq (shalat ketika telah terbitnya matahari sekitar 15-20 menit)

by : http://fdawj.co.nr/ dan http://darussalaf.or.id/stories.php?id=100

Keutamaan Dzikir Pagi & Sore

Penulis: Buletin Dakwah Al Wala’ Wal Bara’ Bandung
http://aunurrofik.com/wp-content/uploads/manfaat-dzikir.jpg 
Sangat banyak ayat ataupun hadits yang menerangkan keutamaan berdzikir kepada Allah. Bahkan Allah dan Rasul-Nya telah memerintahkan dan menganjurkan kepada kita agar senantiasa berdzikir dan mengingat-Nya (lihat edisi 29/III tentang dzikir-dzikir setelah shalat wajib). Jangan sampai harta, anak-anak ataupun kegiatan duniawi melalaikan kita dari berdzikir kepada Allah.
يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا لاَ تُلْهِكُمْ أَمْوَالُكُمْ وَلاَ أَوْلاَدُكُمْ عَنْ ذِكْرِ اللهِ وَمَنْ يَفْعَلْ ذَلِكَ فَأُولَئِكَ هُمُ الْخَاسِرُونَ
“Hai orang-orang yang beriman, janganlah harta-harta kalian dan anak-anak kalian melalaikan kalian dari mengingat Allah. Barangsiapa yang berbuat demikian maka mereka itulah orang-orang yang rugi.” (Al-Munaafiquun:9)
Di antara dzikir-dzikir yang disunnahkan untuk dibaca dan diamalkan adalah dzikir pagi dan sore. Dzikir pagi dilakukan setelah shalat shubuh sampai terbit matahari atau sampai matahari meninggi saat waktu dhuha, kira-kira jam tujuh atau jam delapan. Adapun dzikir sore dilakukan setelah shalat ‘ashar sampai terbenam matahari atau sampai menjelang waktu ‘isya.
Banyak sekali keutamaan dzikir pagi dan sore sebagaimana yang dijelaskan di dalam hadits-hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Adapun bacaannya dan penjelasan tentang keutamaannya adalah sebagai berikut:
1. Membaca:
الْحَمْدُ لِلَّهِ وَحْدَهُ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى مَنْ لاَ نَبِيَّ بَعْدَهُ
Dibaca sekali ketika pagi dan sore. Dari Anas yang dia memarfu’kannya (sampai kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam), “Sungguh aku duduk bersama suatu kaum yang berdzikir kepada Allah setelah shalat shubuh sampai terbitnya matahari lebih aku sukai daripada membebaskan/memerdekakan empat orang dari keturunan Nabi Isma’il (bangsa ‘Arab). Dan sungguh aku duduk bersama suatu kaum yang berdzikir kepada Allah setelah shalat ‘ashar sampai terbenamnya matahari lebih aku sukai daripada membebaskan empat orang (budak).” (HR. Abu Dawud no.3667 dan dihasankan oleh Asy-Syaikh Al-Albaniy dalam Shahih Abu Dawud 2/698)
2. Membaca ayat kursi (Al-Baqarah:255)
Dibaca sekali ketika pagi dan sore. “Barangsiapa membacanya di pagi hari maka akan dilindungi dari (gangguan) jin sampai sore, dan barangsiapa yang membacanya di sore hari maka akan dilindungi dari gangguan mereka (jin).” (HR. Al-Hakim 1/562 dan dishahihkan Asy-Syaikh Al-Albaniy dalam Shahih At-Targhiib wat Tarhiib 1/273)
3. Membaca surat Al-Ikhlaash, Al-Falaq dan An-Naas.
Dibaca 3x ketika pagi dan sore. “Barangsiapa yang membacanya tiga kali ketika pagi dan ketika sore maka dia akan dicukupi dari segala sesuatu.” (HR. Abu Dawud 4/322, At-Tirmidziy 5/567, lihat Shahih At-Tirmidziy 3/182)
4. Membaca:
أَصْبَحْنَا وَأَصْبَحَ الْمُلْكُ لِلَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ، رَبِّ أَسْأَلُكَ خَيْرَ مَا فِيْ هَذَا الْيَوْمِ وَخَيْرَ مَا بَعْدَهُ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا فِيْ هَذَا الْيَوْمِ وَشَرِّ مَا بَعْدَهُ، رَبِّ أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْكَسَلِ وَسُوْءِ الْكِبَرِ، رَبِّ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ عَذَابٍ فِي النَّارِ وَعَذَابٍ فِي الْقَبْرِ
Jika sore hari membaca:
أَمْسَيْنَا وَأَمْسَى الْمُلْكُ لِلَّهِ … رَبِّ أَسْأَلُكَ خَيْرَ مَا فِيْ هَذِهِ اللَّيْلَةِ وَخَيْرَ مَا بَعْدَهَا وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا فِيْ هَذِهِ اللَّيْلَةِ وَشَرِّ مَا بَعْدَهَا …
Dibaca sekali. (HR. Muslim 4/2088 no.2723 dari ‘Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu)
5. Membaca:
اللَّهُمَّ بِكَ أَصْبَحْنَا وَبِكَ أَمْسَيْنَا وَبِكَ نَحْيَا وَبِكَ نَمُوْتُ وَإِلَيْكَ النُّشُوْرُ
Jika sore hari membaca:
اللَّهُمَّ بِكَ أَمْسَيْنَا وَبِكَ أَصْبَحْنَا وَبِكَ نَحْيَا وَبِكَ نَمُوْتُ وَإِلَيْكَ الْمَصِيْرُ
Dibaca sekali. (HR. At-Tirmidziy 5/466, lihat Shahih At-Tirmidziy 3/142)
6. Membaca:
اللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ، خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ، أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ، وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْ لِيْ فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ
Dibaca sekali ketika pagi dan sore. “Barangsiapa yang mengucapkannya dalam keadaan yakin dengannya ketika sore hari lalu meninggal di malam harinya, niscaya dia akan masuk surga. Dan demikian juga apabila di pagi hari.” (HR. Al-Bukhariy 7/150)
7. Membaca:
اللَّهُمَّ عَافِنِيْ فِيْ بَدَنِيْ، اللَّهُمَّ عَافِنِيْ فِيْ سَمْعِيْ، اللَّهُمَّ عَافِنِيْ فِيْ بَصَرِيْ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ. اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْكُفْرِ وَالْفَقْرِ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ
Dibaca 3x ketika pagi dan sore. (HR. Abu Dawud 4/324, Ahmad 5/42, An-Nasa`iy di dalam ‘Amalul Yaum wal Lailah no.22 dan Ibnus Sunniy no.69, serta Al-Bukhariy di dalam Al-Adabul Mufrad dan dihasankan sanadnya oleh Asy-Syaikh Ibnu Baz di dalam Tuhfatul Akhyaar hal.26)
8. Membaca:
اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ، اللَّهُمَّ إِنَّيْ أَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ فِيْ دِيْنِيْ وَدُنْيَايَ وَأَهْلِيْ وَمَالِيْ، اللَّهُمَّ اسْتُرْ عَوْرَاتِيْ، وَآمِنْ رَوْعَاتِيْ، اللَّهُمَّ احْفَظْنِيْ مِنْ بَيْنِ يَدَيَّ، وَمِنْ خَلْفِيْ، وَعَنْ يَمِيْنِيْ، وَعَنْ شِمَالِيْ، وَمِنْ فَوْقِيْ، وَأَعُوْذُ بِعَظَمَتِكَ أَنْ أُغْتَالَ مِنْ تَحْتِيْ
Dibaca sekali ketika pagi dan sore. (HR. Abu Dawud dan Ibnu Majah, lihat Shahih Ibnu Majah 2/332)
9. Membaca:
اللَّهُمَّ عَالِمَ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَاطِرَ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ، رَبَّ كُلِّ شَيْءٍ وَمَلِيْكَهُ، أَشْهَدُ أَنْ لاَّ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ نَفْسِيْ، وَمِنْ شَرِّ الشَّيْطَانِ وَشِرْكِهِ، وَأَنْ أَقْتَرِفَ عَلَى نَفْسِيْ سُوْءًا، أَوْ أَجُرَّهُ إِلَى مُسْلِمٍ
Dibaca sekali ketika pagi dan sore. (HR. Abu Dawud dan At-Tirmidziy, lihat Shahih At-Tirmidziy 3/142)
10. Membaca:
بِسْمِ اللهِ الَّذِيْ لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِي الْأَرْضِ وَلاَ فِي السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ
Dibaca 3x ketika pagi dan sore. “Barangsiapa yang mengucapkannya tiga kali ketika pagi dan tiga kali ketika sore, tidak akan membahayakannya sesuatu apapun.” (HR. Abu Dawud 4/323, At-Tirmidziy 5/465, Ibnu Majah dan Ahmad, lihat Shahih Ibnu Majah 2/332)
11. Membaca:
رَضِيْتُ بِاللهِ رَبًّا، وَبِالْإِسْلاَمِ دِيْنًا، وَبِمُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَبِيًّا
Dibaca 3x ketika pagi dan sore. “Barangsiapa yang mengucapkannya tiga kali ketika pagi dan ketika sore maka ada hak atas Allah untuk meridhainya pada hari kiamat.”
Boleh juga membaca:
… وَبِمُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَبِيًّا وَرَسُوْلاً
(HR. Ahmad 4/337, An-Nasa`iy di dalam ‘Amalul Yaum wal Lailah no.4 dan Ibnus Sunniy no.68, Abu Dawud 4/418, At-Tirmidziy 5/465 dan dihasankan oleh Asy-Syaikh Ibnu Baz di dalam Tuhfatul Akhyaar hal.39)
12. Membaca:
يَا حَيُّ يَا قَيُّوْمُ بِرَحْمَتِكَ أَسْتَغِيْثُ، أَصْلِحْ لِيْ شَأْنِيْ كُلَّهُ وَلاَ تَكِلْنِيْ إِلَى نَفْسِيْ طَرْفَةَ عَيْنٍ
Dibaca sekali ketika pagi dan sore. (HR. Al-Hakim dan beliau menshahihkannya serta disepakati oleh Adz-Dzahabiy 1/545, lihat Shahih At-Targhiib wat Tarhiib 1/273)
13. Membaca:
أَصْبَحْنَا عَلَى فِطْرَةِ الإِسْلاَمِ وَعَلَى كَلِمَةِ الإِخْلاَصِ، وَعَلَى دِيْنِ نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَعَلَى مِلَّةِ أَبِيْنَا إِبْرَاهِيْمَ حَنِيْفًا مُسْلِمًا وَمَا كَانَ مِنَ الْمُشْرِكِيْنَ
Jika sore hari membaca:
أَمْسَيْنَا عَلَى فِطْرَةِ الإِسْلاَمِ …
Dibaca sekali. (HR. Ahmad 3/406, 407, Ibnus Sunniy di dalam ‘Amalul Yaum wal Lailah no.34, lihat Shahiihul Jaami’ 4/209)
14. Membaca:
سُبْحَانَ اللهِ وَبِحَمْدِهِ
Dibaca 100x ketika pagi dan sore. “Barangsiapa yang membacanya seratus kali ketika pagi dan sore maka tidak ada seorang pun yang datang pada hari kiamat yang lebih utama daripada apa yang dia bawa kecuali seseorang yang membaca seperti apa yang dia baca atau yang lebih banyak lagi.” (HR. Muslim 4/2071)
15. Membaca:
لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ
Dibaca 10x. (HR. An-Nasa`iy di dalam ‘Amalul Yaum wal Lailah no.24, lihat Shahih At-Targhiib wat Tarhiib 1/272)
Atau dibaca sekali ketika malas/sedang tidak bersemangat. (HR. Abu Dawud 4/319, Ibnu Majah, Ahmad 4/60, lihat Shahih Abu Dawud 3/957 dan Shahih Ibnu Majah 2/331)
16. Membaca:
لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ
Dibaca 100x ketika pagi. “Barangsiapa yang membacanya seratus kali dalam sehari maka (pahalanya) seperti membebaskan sepuluh budak, ditulis untuknya seratus kebaikan, dihapus darinya seratus kesalahan, dan dia akan mendapat perlindungan dari (godaan) syaithan pada hari itu sampai sore, dan tidak ada seorang pun yang lebih utama daripada apa yang dia bawa kecuali seseorang yang mengamalkan lebih banyak dari itu.” (HR. Al-Bukhariy 4/95 dan Muslim 4/2071)
17. Membaca:
سُبْحَانَ اللهِ وَبِحَمْدِهِ: عَدَدَ خَلْقِهِ، وَرِضَا نَفْسِهِ، وَزِنَةَ عَرْشِهِ وَمِدَادَ كَلِمَاتِهِ
Dibaca 3x ketika pagi. (HR. Muslim 4/2090)
18. Membaca:
اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا، وَرِزْقًا طَيِّبًا، وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً
Dibaca sekali ketika pagi. (HR. Ibnus Sunniy di dalam ‘Amalul Yaum wal Lailah no.54, Ibnu Majah no.925 dan dihasankan sanadnya oleh ‘Abdul Qadir dan Syu’aib Al-Arna`uth di dalam tahqiq Zaadul Ma’aad 2/375)
19. Membaca:
أَسْتَغْفِرُ اللهَ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ
Dibaca 100x dalam sehari. (HR. Al-Bukhariy bersama Fathul Baari 11/101 dan Muslim 4/2075)
20. Membaca:
أَعُوْذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ
Dibaca 3x ketika sore. “Barangsiapa yang mengucapkannya ketika sore tiga kali maka tidak akan membahayakannya panasnya malam itu.” (HR. Ahmad 2/290, lihat Shahih At-Tirmidziy 3/187 dan Shahih Ibnu Majah 2/266)
21. Membaca:
اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ
Dibaca 10x ketika pagi dan sore. “Barangsiapa yang membaca shalawat kepadaku ketika pagi sepuluh kali dan ketika sore sepuluh kali maka dia akan mendapatkan syafa’atku pada hari kiamat.” (HR. Ath-Thabraniy dengan dua sanad, salah satu sanadnya jayyid, lihat Majma’uz Zawaa`id 10/120 dan Shahih At-Targhiib wat Tarhiib 1/273)
Inilah di antara dzikir-dzikir yang disunnahkan dibaca ketika pagi dan sore. Ada juga bacaan yang lainnya akan tetapi kebanyakan sanadnya dha’if sebagaimana yang dijelaskan oleh Asy-Syaikh Al-Albaniy dan Asy-Syaikh Salim Al-Hilaliy. Walaupun tidak menutup kemungkinan sebagiannya ada yang shahih.
Lafazh-lafazh dzikir ini belum diterjemahkan mengingat terbatasnya tempat. Bagi yang ingin melihat terjemahan dan keterangannya bisa dilihat dalam “Perisai Seorang Muslim: Doa dan Dzikir dari Al-Qur`an dan As-Sunnah”.

Keutamaan Shalat Isyraaq

Dengan membaca dzikir-dzikir tersebut kita bisa mengamalkan sunnah yang lainnya yaitu shalat isyraaq (shalat ketika telah terbitnya matahari sekitar 15-20 menit). Hal ini dijelaskan dalam hadits Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, dia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
مَنْ صَلَّى الْفَجْرَ فِيْ جَمَاعَةٍ ثُمَّ قَعَدَ يَذْكُرُ اللهَ تَعَالَى حَتَّى تَطْلُعَ الشَّمْسُ ثُمَّ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ، كَانَتْ كَأَجْرِ حَجَّةٍ وَعُمْرَةٍ، تَامَّةٍ تَامَّةٍ تَامَّةٍ
“Barangsiapa yang shalat shubuh dengan berjama’ah kemudian dia berdzikir kepada Allah Ta’ala sampai terbitnya matahari lalu dia shalat dua raka’at, maka pahalanya seperti pahala berhaji dan ‘umrah, sempurna, sempurna, sempurna.” (HR. At-Tirmidziy no.591 dan dihasankan oleh Asy-Syaikh Al-Albaniy di dalam Shahih Sunan At-Tirmidziy no.480, Al-Misykat no.971 dan Shahih At-Targhiib no.468, lihat juga Shahih Kitab Al-Adzkaar 1/213 karya Asy-Syaikh Salim Al-Hilaliy)
Betapa besarnya keutamaan amalan tersebut! Selayaknya bagi kita untuk melaksanakannya semaksimal mungkin. Jangan sampai terlewat pahala yang begitu besar ini. Jangan sampai waktu kita terbuang untuk ngobrol kesana kemari yang sifatnya mubah sehingga hilanglah kesempatan mendapatkan pahala yang besar ini. Konsentrasikanlah setelah shalat shubuh dengan dzikir. Dzikir setelah shalat subuh dilanjutkan dengan dzikir pagi sampai selesai. Kemudian membaca Al-Qur`an atau muraja’ah hafalan sampai terbit matahari sekitar 15-20 menit. Setelah itu kita shalat dua raka’at yang diistilahkan dengan shalat isyraaq (jangan shalat ketika tepat matahari terbit, karena hal ini dilarang di dalam syari’at).
Janganlah waktu ini disibukkkan dengan urusan lain yang kurang penting. Kecuali amalan lain yang mempunyai keutamaan yang besar seperti ta’lim atau urusan lainnya yang sifatnya sangat urgen dan mendesak. Mudahan-mudahan kita mendapatkan pahala yang besar ini sebagaimana yang disebutkan di dalam hadits tersebut. Aamiin. Wallaahu A’lam.
Maraaji’: Hishnul Muslim karya Asy-Syaikh Sa’id bin ‘Ali bin Wahf Al-Qahthaniy, Shahih Kitab Al-Adzkar wa Dha’ifuhu, Syarh Riyadhush Shalihin bab Adz-Dzikr ‘indash Shabah wal Masa`, dan Al-Kalimuth Thayyib karya Ibnu Taimiyah.

11.48 | 0 komentar | Read More

YANG TERBARU DARI BAGINDAERY

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...