ARTIKEL PILIHAN

GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Letak Terompet Malaikat Israfil Berhasil Ditemukan Oleh Ilmuan

Written By Situs Baginda Ery (New) on Sabtu, 14 Mei 2011 | 20.37

“Sebelum kiamat datang, apa yang sekarang di lakukan oleh malaikat Israfil?” Mungkin yang ada di benak kita malaikat Israfil itu seperti sesosok seniman yang asyik mengelap terompet kecilnya sebelum tampil diatas panggung. Sebenarnya seperti apa sih terompetnya atau yang biasa juga dikenal dengan sangkakala malaikat Israfil itu?

Sekitar enam tahun silam sekelompok ilmuwan yang dipimpin oleh Prof. Frank Steiner dari Universitas Ulm, Jerman melakukan observasi terhadap alam semesta untuk menemukan bentuk sebenarnya dari alam semesta raya ini sebab prediksi yang umum selama ini mengatakan bahwa alam semesta berbentuk bulat bundar atau prediksi lain menyebutkan bentuknya datar saja.


Menggunakan sebuah peralatan canggih milik NASA yang bernama “Wilkinson Microwave Anisotropy Prob” (WMAP), mereka mendapatkan sebuah kesimpulan yang sangat mencengangkan karena menurut hasil penelitian tersebut alam semesta ini ternyata berbentuk seperti terompet.

Di mana pada bagian ujung belakang terompet (baca alam semesta) merupakan alam semesta yang tidak bisa diamati (unobservable), sedang bagian depan, di mana bumi dan seluruh sistem tata surya berada merupakan alam semesta yang masih mungkin untuk diamati (observable) (lihat gambar bentuk alam semesta dibawah).
Bentuk Alam Semesta
Di dalam kitab Tanbihul Ghofilin Jilid 1 hal. 60 ada sebuah hadits panjang yang menceritakan tentang kejadian kiamat yang pada bagian awalnya sangat menarik untuk dicermati.

Abu Hurairah ra berkata : Rasulullah saw bersabda :“Ketika Allah telah selesai menjadikan langit dan bumi, Allah menjadikan sangkakala (terompet) dan diserahkan kepada malaikat Isrofil, kemudian ia letakkan dimulutnya sambil melihat ke Arsy menantikan bilakah ia diperintah". Saya bertanya : “Ya Rasulullah apakah sangkakala itu?” Jawab Rasulullah : “Bagaikan tanduk dari cahaya.” Saya tanya : “Bagaimana besarnya?” Jawab Rasulullah : “Sangat besar bulatannya, demi Allah yang mengutusku sebagai Nabi, besar bulatannya itu seluas langit dan bumi, dan akan ditiup hingga tiga kali. Pertama : Nafkhatul faza’ (untuk menakutkan). Kedua : Nafkhatus sa’aq (untuk mematikan). Ketiga: Nafkhatul ba’ats (untuk menghidupkan kembali atau membangkitkan).

Dalam hadits di atas disebutkan bahwa sangkakala atau terompet malaikat Isrofil itu bentuknya seperti tanduk dan terbuat dari cahaya. Ukuran bulatannya seluas langit dan bumi. Bentuk laksana tanduk mengingatkan kita pada terompet orang – orang jaman dahulu yang terbuat dari tanduk.

Kalimat seluas langit dan bumi dapat dipahami sebagai ukuran yang meliputi/mencakup seluruh wilayah langit (sebagai lambang alam tak nyata/ghoib) dan bumi (sebagai lambang alam nyata/syahadah). Atau dengan kata lain, bulatan terompet malaikat Isrofil itu melingkar membentang dari alam nyata hingga alam ghoib.

Jika keshohihan hadits di atas bisa dibuktikan dan data yang diperoleh lewat WMAP akurat dan bisa dipertanggungjawabkan maka bisa dipastikan bahwa kita ini bak rama – rama yang hidup di tengah – tengah kaldera gunung berapi paling aktif yang siap meletus kapan saja.

Dan Allah telah mengabarkan kedahsyatan terompet malaikat Isrofil itu dalam surah An Naml ayat 87 : “Dan pada hari ketika terompet di tiup, maka terkejutlah semua yang di langit dan semua yang di bumi kecuali mereka yang di kehendaki Allah. Dan mereka semua datang menghadapNya dengan merendahkan diri.

Makhluk langit saja bisa terkejut apalagi makhluk bumi yang notabene jauh lebih lemah dan lebih kecil. Pada sambungan hadits di atas ada sedikit preview tentang seperti apa keterkejutan dan ketakutan makhluk bumi kelak.

“Pada saat tergoncangnya bumi, manusia bagaikan orang mabuk sehingga ibu yang mengandung gugur kandungannya, yang menyusui lupa pada bayinya, anak – anak jadi beruban dan setan – setan berlarian.”

Ada sebuah pertanyaan yang menggelitik, jika terompetnya saja sebesar itu, bagaimana dengan peniupnya dan bagaimana pula Sang Pencipta keduanya? Maha Besar Engkau Ya Allah, Allahu Akbar!
20.37 | 0 komentar | Read More

ADA TIPS BERMANFAAT DIMUSIM PANCAROBA

Written By Situs Baginda Ery (New) on Kamis, 12 Mei 2011 | 21.31

http://www.chinatour.com/photogallery/xinjiangshow/dry.jpg
Nihh ada beberapa TIPS BERMANFAAT DIMUSIM PANCAROBA yg membuat semua orang sering kelelahan dan kepanasan karena menghadapi suhu ekstrim yg bisa mengganggu aktivitas seluruh penduduk indonesia,salah satunya dapat membuat anda stress,dehidrasi dan bisa juga membakar kulit kita secara perlahan-lahan,hehe...
Sebelum memberikan Tipsnya saya akan mengenalkan pada anda apa itu musim Pancaroba bagi yang belum tahu silahkan baca,bagi yg sudah mengetahuinya silahkan langsung baca saja Tips-tips bermanfaat yg membuat anda tetap nyaman disaat musim seperti ini (Pancaroba)http://2.bp.blogspot.com/_CWnrx0LOzo8/S7weWEDTP-I/AAAAAAAAABk/aDRT7NA-nDE/s1600/senja_musim_kemarau.jpg

Pancaroba

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Pancaroba adalah masa peralihan antara dua musim utama di daerah iklim muson, yaitu antara musim penghujan dan musim kemarau. Dalam pranata mangsa yang dikenal di Pulau Jawa, pancaroba antara musim penghujan dan musim kemarau (biasa terjadi pada bulan Maret dan April) disebut sebagai mangsa (musim) marèng, sementara pancaroba antara musim kemarau dan musim penghujan (biasa terjadi pada bulan Oktober hingga Desember) disebut mangsa labuh.

Masa pancaroba biasa ditandai dengan tingginya frekuensi badai, hujan sangat deras disertai guruh, serta angin yang bertiup kencang. Pada masa pancaroba biasanya frekuensi orang yang menderita penyakit saluran pernafasan atas, seperti pilek atau batuk, relatif meningkat. Masa ini juga banyak ditandai dengan perilaku khas beberapa hewan dan tumbuhan. Pada masa marèng, umpamanya, tonggeret akan memasuki musim kawin dan mengeluarkan suara yang khas. Pada masa labuh, rayap akan mencapai tahap dewasa dan keluar dari liang di tanah sebagai laron.

Berikut Tips yang tetap membuat anda tetap nyaman dan santai pada saat suhu ekstrim sekarang:

http://kreatif9.files.wordpress.com/2010/03/jaket1.jpg

1.MEMAKAI JAKET.

Kalau anda sering beraktivitas diluar rumah pada siang hari apalagi pada tengah hari yg terik mataharinya sangat menyengat disarankan untuk memakai jaket,topi,celana panjang kalau bisa pakai juga sarung tangan,hehe...

http://nasyidmadany.files.wordpress.com/2010/03/air-putih.jpg

2.MINUM AIR PUTIH

Sering-seringlah meminum air putih dalam satu hari,minimal ya sekuat anda minumnya berapa kali,hehe,kalau bisa disaat panas jangan meminum air es karena itu dapat memicu haus yang cepat,kalau air putih akan menghilangkan dehidrasi.Air Putih sangat baik bagi tubuh dan kesehatan,air putih juga dapat memperlancar Buang Air Besar dan banyak manfaat lainnya,jadi saya anjurkan utk minum air putih sesering mungkin,hehe.

http://www.freefoto.com/images/9907/05/9907_05_20---Tree-and-green-fields_web.jpg?&k=Tree+and+green+fields

3.BERSANTAI DITEMPAT SEJUK

Maksudnya dimusim seperti ini anda sangat dianjurkan utk bersantai pada saat suhu ekstrim muncul biasanya pada tengah hari,bersantailah didekat pohon besar bisa juga duduk dibawah naungan pohon besar yang sejuk yg bs membuat anda tenang dan nyaman.Disarankan untuk menanam pohon didepan rumah atau dibelakang rumah,hehe,gak maksa saya,cuma nyaranin aja,hehe soalnya didepan rumah saya ada pohon besar,hehe jadinya sejuk kalau santai didekat pohon saya,hehe.

Banyak Manfaat menanam Pohon/Tanaman disekitar rumah,fungsinya membuat udara yang anda hirup jadi lebih sehat setiap harinya,hehe.

http://www.bee-health.com/media/images/articles/Menjaga_Kesehatan_Emosi_1.jpg

4.TAHAN EMOSI BERLEBIHAN

Emosi salah satu penyebab yang sering membuat anda pusing,tidak karuan dan kepanasan,karena orang emosi akan membuat dirinya panas karena dibakar rasa amarah yang besar,hehe,jadi cobalah utk sabar dan menahan emosi kita,seperti kita puasa gimana,hehe bisakan,dianjurkan utk tersenyum krn senyum adalah ibadah,tapi jangan senyum terus ntar dikirain orang gial lagi,wkwk.

http://4.bp.blogspot.com/_pggKWPD-tlk/TKV78J09uYI/AAAAAAAAAA8/evF2fbRqlEc/s1600/sujud.jpg

5.SHALAT DAN BERDOA

Jangan lupa utk Shalat dan Berdoa selalu kepada Allah SWT meminta agar ditenangkan hatinya,setelah Shalat biasanya hati itu sejuk dan tenang.

http://www.medantalk.com/wp-content/uploads/kepanasan2-300x216.jpg

6.JANGAN LUPA OLAHRAGA

Maaf,hehe bukannya saya utk menyuruh anda berolahraga pada saat suhu ekstrim sekalipun,hehe maksudnya Berolahragalah pada saat pagi/sore yg sejuk,seperti lari dan sebagainya yg dpt membuat anda berkeringat,manfaatnya sangat besar,setelah anda berolahraga lari dan setelah itu istirahat sejenak lalu mandi maka anda akan merasakan kesegaran badan dan kesejukan udara yg segar,saya telah mencobanya,hehe,bagi yg belum terbiasa berolahraga awalnya sih badan2 akan sakit semua,tapi pada hari berikutnya anda akan terbiasa dan merasakan manfaat besarnya,hayooo dicoba,hehe.

NIH ADA BONUS TIPS LAGI,HEHE

Tips Menjaga Kesehatan Di musim Pancaroba


Musim yang silih berganti di negara kita, dari musim panas ke musim hujan atau dari musim hujan ke musim panas, seringkali menimbulkan cuaca yang ekstrim. Sekalinya panas, panas banget, pas hujan deras banget. Tentunya tubuh kita akan kaget dengan adanya perubahan tiba-tiba yang ekstrim tersebut. Kalau tidak pandai-pandai menjaga kesehatan tubuh, aktivitaspun bisa terganggu.



untuk menjaga kesehatan tubuh agar tetap dalam kondisi fit, maka beberapa tips yang dapat diterapkan antara lain:

1. Cukup istirahat, inilah bagian terpenting dalam menjaga kesehatan tubuh. Jangan terlalu memaksakan diri, terutama dalam cuaca yang ekstrim. Ada baiknya beristirahat dulu sebelum memulai aktivitas baru. Dan selalu usahakan untuk cukup tidur.
2. Perbanyak minum air putih, karena tubuh kita mengandung 80% air, maka akan sangat baik tentunya kalau kita banyak meminum air putih, sehingga tidak akan mudah mengalami dehidrasi.
3. Makan makanan yang seimbang gizinya, dengan mengkonsumsi makanan yang gizinya seimbang, maka kebutuhan gizi dalam tubuh akan terpenuhi dan secara tidak langsung memperkuat sistem kekebalan tubuh kita terhadap penyakit.
4. Minum vitamin atau suplemen lainnya, pada saat tubuh sudah drop, menambahkan penguat dari luar merupakan solusi yang baik. Pengkonsumsian vitamin atau suplemen diharapkan mampu memperkuat sistem imun kembali, sehingga akan lebih tahan terhadap penyakit.
5. Berdoa, tidak pernah luput tentunya berdoa kepada Rabb agar diberikan kesehatan dan dijauhkan dari sakit. Karena sekuat apapun kita berusaha agar tidak sakit, namun apabila Rabb kita menghendaki kita sakit maka tiada daya bagi manusia. So, don’t forget to pray.
Silahkan dicopas sobat,jangan lupa cantumin sumbernya ya
sumber:eryevolutions






21.31 | 0 komentar | Read More

Google Peringati 117 Tahun Martha Graham

Written By Situs Baginda Ery (New) on Rabu, 11 Mei 2011 | 10.54

Logo Google hari ini tak biasa. Tampak gambar empat perempuan penari membentuk huruf-huruf Google berwarna hitam putih. Ya, hari ini Google doodle memang istimewa karena memperingati 117 tahun Martha Graham.

Google Peringati 117 Tahun Martha Graham:

Martha Graham merupakan sosok paling berpengaruh dan inovatif di bidang tari modern selama lebih dari 50 tahun. Ia dilahirkan di Pittsburgh - Pennsylvania, tetapi dibesarkan di California.

Pada usia 20, dia belajar tarian etnik primitif di Sekolah Denishawn, Hollywood, di mana sutradara Ted Shawn, yang mengenali bakat luar biasanya, menciptakan tari balet Xochitl tentang tema suku Aztek untuknya. Dari tahun 1923 hingga 1925, dia menari di Greenwich Village Follies dan tahun 1926 mengajar di Sekolah Musik Eastman. Di sanalah dia mulai mencari tahu bagaimana tarian bisa memberi hakikat pada sesuatu yang dia rasakan.

Graham meluncurkan kariernya sebagai penari dan koreografer bebas dalam debut solonya di 48th Street Theater - New York, yang membuat penonton terkesima dan takjub. Tidak seperti tari balet tradisional, gerakan Graham kaku, tegang dan nyaris sejajar dengan tanah, dan terdiri dari gerakan-gerakan luar yang bersemangat dari pusat tubuhnya untuk mengekspresikan emosi.

Martha Graham mendirikan Dance Repertory Theater dan dengan cepat membangun reputasi dengan memberikan latihan yang paling berat di bidang tersebut. Metode mengajarnya yang unik menekankan pada kontraksi dan pelepasan bagian-bagian tubuh yang berbeda dan menggunakan pernapasan yang berhubungan dengan gerakan.

Karya Graham dipusatkan pada pengalaman universal manusia dan dengan tema cinta, kematian serta siklus alami kehidupan. Dari tahun 1928 hingga 1938--yang disebutnya "periode baju panjang wol"-- dia membuat koreografi tentang tema protes seperti Revolt, Immigrant, Lamentation dan Primitive Mysteries.

Tahun 1932, dia menjadi penari pertama yang menerima beasiswa Guggenheim. Dia menciptakan sejumlah tarian yang diilhami oleh wanita-wanita ternama seperti Joan of Arc dan Mary, Ratu Skotlandia dan mengungkap kedalaman hati Emily Dickenson (Letter to the World, 1940) dan Bronte sisters (Death and Entrances, 1943). Drama dan mitologi Yunani menginspirasikan Cave of the Hearth (1946) tentang Medea; Night Journey tentang Ibunda Oedipus, Jocasta; dan tarian modern panjang yang pernah ditulis, Clytemnestra (1958). Setelah tahun 1938, dia menggunakan musik yang dengan sengaja disusun untuk mengiringi tariannya oleh komposer terkenal seperti Aaron Copland (lahir 1900) (Appalachian Spring, 1944), Gian Carlo Menotti (lahir 1911) dan Samuel Barber (1910-1981).

Graham, yang telah membuat koreografi 180 tarian dan menikmati karier aktif paling lama dari penari modern mana pun, pensiun dari panggung tahun 1969 untuk menjadi guru, dosen, dan direktur Martha Graham Center for Contemporary Dance di New York. Dia mendapatkan sejumlah penghargaan, yang meliputi Presidential Medal of Freedom tahun 1976. Dia meninggal di New York City pada usia 97 tahun. (opie, berbagai sumber)
10.54 | 0 komentar | Read More

suatucatatanperjalanan (JIN & TONIK)

Written By Situs Baginda Ery (New) on Selasa, 10 Mei 2011 | 20.41

cl, jaga bebaik ya lampu alladdin pak itam tu

Cerita pasal alladin dengan lampu ajaib ni, aku teringat masa aku kecik2 dulu. Kalau tengok cerita kartunnya, memang leka sungguh. Kalau tak salah aku lampu ajaib ni ada jin di dalamnya bila digosok. Apabila keluar jin ni mintalah apa yang kita suka , insyallah akan dikabulkan.

Tapi syaratnya, hanya boleh minta 3 kali sahaja permintaan tu. Maka kalau nak minta, fikirlah sehabis-habisnya . Pernah dulu ada ceritanya , seorang hamba Allah ni jumpa lampu ajaib ni dan minta yang bukan2 hingga dia menyesal tak sudah apabila kali ketiga dalam permintaannya, dia minta jadi seperti asal , akhirnya dia menjadi asal , tapi dia menangis dan meraung kerana betul2 dia jadi seperti asal dulu2 .Dah nak kena berkhatan semula hehehe
Versi cerita ni yg sebenar tak tahulah datang dari mana. Tapi ia merupakan cerita rakyat yang popular di seluruh dunia

Pak itam pun ada juga jin yang duduk kat dalam teko tu. Dia dijaga oleh 3 ekor binatang . Seekor gebu dan comel dan 2 ekor lagi dayangnya comel kemetot. Pak itam memang tak pernah pun gosok teko tu untuk meminta apa2 . Semalam lepas CL tunjukkan lampu aladdin pak itam yang dipinjam oleh Al Sawfah (tak pulang2 tau hehehe) untuk diletakkan di ruang hotelnya, pak itam pun teringatlah nak gosok teko pak itam tu, karang lama tak gosok , entah2 jin kat dalam tu sakit ke , hidup ke, mati ke

penjaga jin dalam teko tu

Pak itam memang tak tahu yang ada dalam teko tu jin jantan atau jin betina. Gosok punya gosok akhirnya keluarlah jin tu. Alamak , jin betina rupenya hehehe
Tapi pasal dah beratus tahun tak pernah gosok, maka jin tu pun dah agak tua dan berumur yang keluar

"Takpaleh, tua, pun tualah" bisik pak itam

jin betina yg dalam teko tu

Ingat, ada hanya 3 permintaan sahaja, lepas tu dah tak boleh lagi
Puas pak itam memikirkan , apa nak minta,karang salah mintak pulak , lain jadinya

"Mintak masakkan yang sedap-sedaplah, lagi pun dah tengahari ni "

Lalu pun pak itam pun berkata ,

"Hai jin , dengan izin Allah, kau masakkan aku kari ketam yang sedap "
"Bisa di atur pak rejeki" kata jin betina itu

"Aiks, ni mesti jin ni asal dari seberang "
rupa2nya jin asal dari santubong, sarawak hehehe jin abg sulong .

Lalu sekonyong-konyong terhidanglah semangkuk lauk ketam masak kari yang sungguh lazat di atas meja dan kami pun makanlah dengan sepuas-puasnya. hehehe

...

...

...

...

...

...






ketam masak kari


ketam ni bukan jin yang masak ya,
isteri ku yang masak
hehehe
20.41 | 0 komentar | Read More

Ulama Inggris Berikan Cara Agar Islam Diterima Dunia

Seorang wanita Muslim dengan menggunakan burqa tengah membaur dengan masyarakat Inggris di dalam kereta bawah tanah. (SuaraMedia Nesw)

Seorang wanita Muslim dengan menggunakan burqa tengah membaur dengan masyarakat Inggris di dalam kereta bawah tanah. (SuaraMedia Nesw)

LONDON (Berita SuaraMedia) - Seorang ulama Muslim terkemuka mendesak jemaahnya untuk menjangkau komunitas-komunitas lain untuk meningkatkan pemahaman antar umat beragama, sehingga Islam dapat diterima dengan baik.

Moalana Allamah Sheiykh Shahid Raza Naeemi OBE, ketua Dewan Penasihat Masjid dan Imam Nasional (MINAB), percaya langkah tersebut akan sangat membantu kohesi masyarakat.

Naeemi memuji Huddersfield Examiner untuk caranya yang mencakup komunitas yang berbeda di seluruh kota berkata: "Muslim harus lebih terbuka. Mereka harus membuka rumah-rumah mereka, lembaga-lembaga mereka, Masjid mereka, madrasah mereka. Mereka harus lebih transparan dan harus memiliki persahabatan secara pribadi dengan tetangga sebelah.''

Naeemi adalah salah satu Muslim yang paling senior di negara itu dan merupakan penasehat pemerintah.

Ia mengunjungi kantor Examiner setelah sesi tanya jawab mengenai kohesi komunitas di Gereja Quaker Scholes, Cleckheaton.

MINAB menyatukan semua kelompok-kelompok keagamaan yang berbeda dalam masyarakat Muslim Britania dan mewakili sekitar 1.300 Masjid seluruh Inggris.

Naeemi telah mengunjungi kelompok masyarakat, sekolah, gereja dan Masjid-Masjid di Inggris untuk mendengarkan keprihatinan rakyat tentang kohesi masyarakat.

Dia mengatakan sesi Scholes telah menyertakan pertanyaan-pertanyaan tentang perempuan Muslim yang menutupi wajah mereka, jilbab, integrasi dan ajaran-ajaran keimanan.

"Sebagai seorang Muslim, saya merasa menutup wajah itu tidak perlu karena hal tersebut tidak diwajibkan dalam Islam," katanya.

"Islam memberikan pedoman yang sangat jelas tentang kode gaun."

"Saya tidak dalam posisi untuk menuntut orang-orang apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan, tapi saya dapat mengungkapkan pendapat saya sendiri. Begitulah dalam masyarakat di mana kita hidup dengan begitu banyak masyarakat. Sebagai minoritas, kita harus memiliki kebijaksanaan."

"Ini adalah tanggung jawab kita untuk menjadi sefleksibel mungkin sehingga kita dapat diterima."

"Kami telah tinggal disini atas pilihan kita sendiri. Kami tidak dipaksa untuk tinggal di sini."

Naeemi setuju ada banyak persepsi negatif yang mengelilingi Islam tapi mengatakan ia optimistis keadaan akan membaik.

"Kita dapat hidup bersama,'' katanya. "Tidak ada alasan mengapa kita tidak bisa hidup bersama."

"Muslim secara historis hidup sebagai tetangga baik dengan orang-orang Yahudi dan Kristen di berbagai belahan dunia."

"Kita harus optimis dan tidak kehilangan hati kita."

Naeemi berkata melibatkan BNP dalam perdebatan publik adalah "pedang bermata dua", tapi mengatakan ia mendukung dialog dengan mereka yang melawan Islam dan berkata dia akan siap untuk bertemu dengan Nick Griffin.

Dia menambahkan: "Satu-satunya jalan maju adalah untuk menerima satu sama lain dan bergerak maju dengan persatuan dan harmoni.

"Tapi Muslim tidak boleh ditargetkan secara eksklusif.

"Saya sangat merasa bahwa Pemerintah tidak boleh terfokus hanya pada satu komunitas."

Dan ia mengatakan Harian Huddersfield Examiner adalah salah satu surat kabar terkemuka di seluruh negeri dalam cara laporannya mengenai keberagaman masyarakatnya.

Naeemi berkata: "Sebagai orang yang tinggal dan bekerja di London, saya telah mendengar banyak hal-hal baik tentang Harian Huddersfield Examiner dan upayanya untuk menjangkau semua masyarakat yang beragam dan berbeda yang menetap di Huddersfield.

"Saya juga cenderung untuk mengakses Harian Huddersfield Examiner dari internet."

"Kita semua hidup dalam zaman globalisasi yang berubah cepat dan kita semua adalah bagian dari komunitas global yang sangat besar."

"Bahkan kota suci Mekkah telah membuka outlet McDonald's dan KFC di hari ini. Tidak ada benua yang kebal dari perubahan ini.

Namun itu juga pertanda bahwa Islam sebenarnya juga dapat diterima di manapun. (iw/he) www.suaramedia.com

20.36 | 0 komentar | Read More

Muslim Kanada Berbeda Pendapat Tentang Makna Masjid

Dr Hashmi (tg) berdiri bersama para pendukungnya di depan Masjid Charlottetown. (Berita SuaraMedia) CHARLOTTETOWN, KANADA (Berita SuaraMedia) – Kaum Muslim yang menggunakan sebuah ruang bawah tanah di tengah kota Charlottetown sebagai Masjid merasa kecewa ketika seorang dokter setempat mengatakan bahwa tempat itu tidak cukup bagus.

Dokter Sefau mengatakan minggu lalu bahwa ia dan sekelompok warga Muslim telah meminta kepada pemerintah untuk membantu membangun sebuah Masjid "resmi" bagi umat Islam di P.E.I (Prince Edward Island – pulau Pangeran Edward).

Sohail Hashmi telah menawarkan ruang bawah tanah di Queen Street untuk melakukan sholat lima waktu selama lima tahun terakhir ini. Sekitar 80 orang menggunakan Masjid itu secara reguler.

"Jika anda mengenang masa Nabi Muhammad, Masjid yang sebenarnya kala itu hanyalah bangunan dengan dinding yang terbuat dari lumpur dan beratapkan ranting-ranting pohon," ujar Hashmi.

Dr. Suleiman Hashmi mengatakan bahwa populasi Muslim di P.E.I hanya sekitar 250 orang dan tidak cukup banyak untuk membutuhkan tempat yang lebih besar. Ia mengatakan bahwa kaum Muslim yang menggunakan Masjidnya merasa terganggu dengan pernyataan Sefau.

"Mereka benar-benar kecewa dengan pernyataan Sefau bahwa tidak ada Masjid di P.E.I, Kita harus membangun sebuah Masjid nomor satu, Kita tidak punya Masjid nomor satu," ujar Hashmi.

"Berhenti memohon pada orang-orang, lakukan yang ini dulu, buat Masjid ini menjadi Masjid yang sukses, kemudian kita tingkatkan dengan sumber daya kita sendiri."

Sefau tidak sendirian dalam seruannya untuk sebuah Masjid baru. Najmul, presiden Masyarakat Muslim P.E.I, mengatakan bahwa ia menghargai Hashmi yang mengijinkan orang-orang menggunakan ruang bawah tanahnya, namun akan lebih baik jika kaum Muslim memiliki tempat ibadah mereka sendiri.

Akhir Oktober lalu pemerintah provinsi menolak permintaan bantuan Sefau untuk membangun Masjid pertama di P.E.I.

Dr. Suleiman Sefau mengatakan bahwa profesional Muslim lainnya telah meninggalkan pulau itu karena tidak ada tempat bagi mereka untuk beribadah.

Sefau pindah ke Charlottetown dengan istri dan ketiga anak laki-lakinya dua tahun lalu. Ia mengatakan bahwa keluarganya menyukai pulau itu, kecuali tidak adanya sebuah Masjid. Pada hari Jumat, kaum Muslim melakukan sholat Jumat di ruang bawah tanah Hashmi. Namun, Sefau menginginkan sebuah Masjid yang sesungguhnya.

"Kaum Muslim melakukan sholat lima kali sehari. Di tempat asal saya, Masjid juga berfungsi sebagai sekolah. Itu adalah tempat untuk belajar bahasa Arab, yang merupakan bahasa Al Quran. Masjid adalah bagian dari kehidupan kaum Muslim," ujar Sefau.

Komunitas Muslim di tempat itu telah mengumpulkan dana, ujar Sefau, namun membutuhkan empat hingga lima tahun lagi untuk mencapai jumlah yang dibutuhkan, USD 500.000, dan beberapa dari mereka tidak mau menunggu selama itu.

"Saya memiliki teman yang pindah dua bulan lalu," ujar Sefau.

"Dia adalah seorang radiologis dan dia pergi ke British Colombia (Kanada) hanya karena tidak ada Masjid di sini. Itu adalah alasan utamanya."

Sefau meminta bantuan dari pemerintah provinsi. Ia mengharapkan adanya pemotongan harga tanah atau mungkin penyewaan bangunan, namun ia diberitahu bahwa pemerintah tidak memberikan bantuan uang pada kelompok relijius.

Namun, pemerintah wilayah Pangeran Edward mengambil pendekatan yang berbeda. Walikota Brian Skakun mengatakan bahwa masuk akal secara ekonomi bagi kotanya untuk membantu kaum Muslim membangun Masjid pertama di area itu dengan memberikan mereka sepetak tanah.

"Kami ingin mendiversifikasi perekonomian kami, namun kami juga ingin mendiversifikasi dasar budaya kami dan itu akan membantu perekonomian dalam jangka panjang," ujar Sakkun.

"Jika komunitasmu tidak membangunnya, maka orang lain yang akan melakukannya."

Walikota Charlottetown David MacDonald mengatakan bahwa ia ingin bertemu dengan Sefau untuk melihat apakah kotanya dapat membantu pembangunan Masjid di wilayah tersebut. (rin/cbc) www.suaramedia.com

20.35 | 0 komentar | Read More

Ashim bin Amir dan Kisah Pasukan Berani Mati

Tatkala Sa’ad telah memutuskan niatnya untuk menyeberangi sungai dengan menaiki kuda dan mengerahkan seluruh kekuatannya dalam menaklukkan wilayah Madain, ia pun sadar bahwa dia harus mempunyai persiapan kekuatan energi yang super demi menguasai jembatan yang terletak di seberang sungai tersebut.

Dengan demikian sebagian besar pasukan muslimin yang menyeberang akan terlindungi (selamat).

Sa’ad berkata, “Siapakah yang akan memulai dan menjamin keselamatan kami semua dari serangan yang dilancarkan dari al- Furadh –nama tempat di arah seberang sungai– sehingga kita bertemu dengan musuh, agar mereka tidak mencegahnya keluar?”

Dengan suka rela Ashim mengajukan diri dan diikuti oleh 600 orang pasukan. Kemudian Sa’ad menjadikan Ashim sebagai pemimpin mereka. Pasukan tersebut mulai bergerak, sehingga tiba di tepi sungai Dajlah (Tigris).

Ashim berkata kepada pasukannya, “Siapa yang merasa tertantang bersamaku untuk menjadi orang pertama yang menaklukkan laut ini, sehingga kita mampu menyelamatkan al-Furadh dari seberang sana?”

Kemudian 60 pasukan berkuda itu bangkit, mereka inilah yang diberi nama Pasukan Berani Mati.

Ashim membagi pasukan berkuda menjadi dua bagian, pasukan berkuda betina dan pasukan berkuda jantan.

Ashim menuju pinggir sungai, kemudian menyeru kepada mereka yang masih ragu menyeberang, “Apakah kalian merasa takut menyeberangi air yang setetes ini?”

Kemudian beliau membaca firman Allah Ta’ala,

وَمَا كَانَ لِنَفْسٍ أَن تَمُوتَ إِلاَّ بِإِذْنِ اللهِ كِتَابًا مُؤَجَّلاً ….

‘Sesuatu yang bernyawa tidak akan mati melainkan dengan izin Allah, sebagai ketetapan yang telah ditentukan waktunya.’ (Al-Imran : 145).

Ashim memacu kudanya dan menerobos sungai, disertai pasukannya. Tatkala ia melihat pasukan berkuda musuh juga menerobos ke dalam sungai, maka mereka bertanding ditengah sungai. Lalu Ashim menyeru,

“Pasukan tombak, majulah, bidiklah mata.” Mereka bertempur dan saling menikam. Pasukan berkuda menguasai wilayah Persi, lalu kaum muslimin mengikuti mereka dan berhasil membunuh sebagian besar pasukan musuh. Sementara jika di antara musuh ada yang selamat maka mata mereka buta karena terkena tikaman. (ar/kisahmuslim)

20.33 | 0 komentar | Read More

Kisah Menyentuh Perjuangan dan Ketabahan Ummu Mahjan

Wahai ibuku… Wahai saudariku… Janganlah Anda meremehkan amal kebaikan sekalipun kecil, dan ketahuilah bahwa Anda diseru untuk menunaikan tanggung jawab Anda dengan mencurahkan segenap kemampuan dan banyak berkorban dalam rangka menegakkan bangunan Islam yang agung.

Janganlah sekali-kali anda mengelak dari tugas anda sekalipun hanya sedetik karena tipu daya musuh Islam terhadapmu. Mereka musuh-musuh Islam ingin sekiranya engkau menyimpang dari tugasmu yang mulia, dan mereka berupaya menjatuhkan semangatmu dalam berhidmat kepada Islam dan membina umat.

Janganlah… dan sekali lagi janganlah Anda mengelak dan mundur dari berkhidmat kepada Islam karena anda merasa lemah, tidak ada kemampuan untuk ikut andil dalam menguatkan masyarakat Islam, sebab sesungguhnya perasaan-perasaan seperti itu merupakan rekayasa dari setan jin dan manusia.

Maka di sini kami hendak menyuguhkan sebuah kisah seorang wanita yang lemah dan berkulit hitam. Kisah ini merupakan sebuah pelajaran bagi kaum muslimin dalam hal kesungguhan, ketawadhu’an hingga sampai pada puncak semangatnya.

Beliau seorang wanita yang berkulit hitam, dipanggil dengan nama Ummu Mahjan. Telah disebutkan di dalam Ash-Shahih tanpa menyebutkan nama aslinya, bahwa beliau tinggal di Madinah [Ibnu Sa’ad dalam ath-Thabaqat (VIII/414)].

Beliau Radhiyallahu ‘anha seorang wanita miskin yang memiliki tubuh yang lemah. Untuk itu beliau tidak luput dari perhatian Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam sang pemimpin, sebab beliau senantiasa mengunjungi orang-orang miskin dan menanyai keadaan mereka dan memberi makanan kepada mereka, maka tidakkah anda tahu akan hal ini wahai para pemimpin rakyat?

Beliau Radhiyallahu ‘anha menyadari bahwa dirinya memiliki kewajiban terhadap akidahnya dan masyarakat Islam. Lantas apa yang bisa dia laksanakan padahal beliau adalah seorang wanita yang tua dan lemah? Akan tetapi beliau sedikitpun tidak bimbang dan ragu, dan tidak menyisakan sedikitpun rasa putus asa dalam hatinya. Dan putus asa adalah jalan yang tidak dikenal di hati orang-orang yang beriman.

Begitulah, keimanan beliau telah menunjukkan kepadanya untuk menunaikan tanggung jawabnya. Maka beliau senantiasa membersihkan kotoran dan dedaunan dari masjid dengan menyapu dan membuangnya ke tempat sampah. Beliau senantiasa menjaga kebersihan rumah Allah, sebab masjid memiliki peran yang sangat penting di dalam Islam. Di sanalah berkumpulnya para pahlawan dan para ulama’. Masjid, ibarat parlemen yang sebanyak lima kali sehari digunakan sebagai wahana untuk bermusyawarah, saling memahami dan saling mencintai, sebagaimana pula masjid adalah universitas tarbiyah amaliyah yang mendasar dalam membina umat.

Begitulah fungsi masjid pada zaman Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam, demikian pulalah yang terjadi pada zaman khulafa‘ur rasyidin dan begitu pula seharusnya peranan masjid hari ini hingga tegaknya hari kiamat.

Untuk itulah Ummu Mahjan Radhiyallahu ‘anha tidak kendor semangatnya, sebab pekerjaan itu merupakan target yang dapat beliau kerjakan. Beliau tidak pernah meremehkan pentingnya membersihkan kotoran untuk membuat suasana yang nyaman bagi Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam dan para sahabat beliau dalam bermusyawarah yang senantiasa mereka kerjakan secara rutin.

Ummu Mahjan Radhiyallahu ‘anha terus menerus menekuni pekerjaan tersebut hingga beliau wafat pada zaman Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam. Ketika ia wafat, para shahabat Ridhwanullahi ‘Alaihim membawa jenazahnya setelah malam menjelang dan mereka mendapati Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam masih tertidur. Mereka pun tidak ingin membangunkan beliau, sehingga mereka langsung menshalatkan dan menguburkannya di Baqi‘ul Gharqad.

Pagi harinya Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam merasa kehilangan wanita itu, kemudian beliau tanyakan kepada para sahabat, mereka menjawab, “Beliau telah dikubur wahai Rasulullah, kami telah mendatangi anda dan kami dapatkan anda masih dalam keadaan tidur sehingga kami tidak ingin membangunkan anda.” Maka beliau bersabda, “Marilah kita pergi!” Lantas bersama para shahabat, Rasulullah pergi menuju kubur Ummu Mahjan. Maka Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam berdiri, sementara para sahabat berdiri bershaf-shaf di belakang beliau, lantas Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam menshalatkannya dan bertakbir empat kali [lihat al-Ishabah dalam Tamyizish Shahabah (VIII/187)]

Sebuah riwayat dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, bahwa ada seorang wanita yang berkulit hitam yang biasanya membersihkan masjid, suatu ketika Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam merasa kehilangan dia, lantas beliau bertanya tentangnya. Mereka telah berkata, “Dia telah wafat.” Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Mengapa kalian tidak memberitahukan hal itu kepadaku?” Abu Hurairah berkata, “Seolah-olah mereka menganggap bahwa kematian Ummu Mahjan itu adalah hal yang sepele.” Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tunjukkan kepadaku di mana kuburnya!” Maka mereka menunjukkan kuburnya kepada Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam kemudian beliau menyalatkannya, lalu bersabda:

“Sesungguhnya kubur ini terisi dengan kegelapan atas penghuninya dan Allah meneranginya bagi mereka karena aku telah menyalatkannya.” [Lihat al-Ishabah(VIII/187), al-Muwatha’ (I/227), an-Nasa’i (I/9) hadits tersebut mursal, akan tetapi maknanya sesuai dengan hadits yang setelahnya yang bersambung dengan riwayat al-Bukhari dan Muslim.]

Semoga Allah merahmati Ummu Mahjan Radhiyallahu ‘anha yang sekalipun beliau seorang yang miskin dan lemah, akan tetapi beliau turut berperan sesuai dengan kemampuannya. Beliau adalah pelajaran bagi kaum muslimin dalam perputaran sejarah bahwa tidak boleh menganggap sepele suatu amal sekalipun kecil.

Oleh karena itu ia mendapatkan perhatian dari Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallamhingga ia wafat. Sehingga beliau menyalahkan para shahabat beliau Ridhwanullahi ‘Alaihim yang tidak memberitahukan kepada beliau perihal kematiannya agar beliau dapat mengantarkan Ummu Mahjan ke tempat tinggalnya yang terakhir di dunia. Bahkan tidak cukup hanya demikian namun beliau bersegera menuju kuburnya untuk menshalatkannya agar Allah menerangi kuburnya dengan shalat beliau. Wahai ibuku… wahai saudariku… tahukah Anda setelah ini apa yang dituntut dari Anda berupa andil yang telah Anda sumbangkan kepada agama dan umat? (ar/kisahmuslim)

20.32 | 0 komentar | Read More

ORANG ISLAM MEMELIHARA ANJING, BAGAIMANA HUKUMNYA?

Islam selalu meletakkan segala hal pada tempatnya yang seimbang dan benar sehingga tidak mengharamkan anjing. Akan tetapi, Islam membuat syarat-syarat khusus sehingga bibit penyakit yang mungkin dibawanya tidak menular kepada manusia. Di antara syarat-syarat tersebut adalah:
  • Anjing yang dipelihara harus anjing yang sudah terlatih, terdidik, bersih dan tidak terjangkit penyakit.
  • Memelihara bukan untuk kesenangan atau main-main.
  • Memelihara untuk tujuan tertentu, seperti untuk menjaga rumah atau untuk berburu,
  • Menyingkirkan anjing-anjing liar untuk berburu.

Tentang hal itu, Rasulullah saw bersabda,
Barangsiapa yang memlihara anjing bukan untuk menjaga gembalaan atau berburu, maka amalannya akan dikurangi setiap hari satu qirath (4/6 dinar).” (HR. Bukhari)

Adapun yang dimaksudkan dengan definisi anjing terdidik adalah jika si anjing diundang, maka ia akan datang; kalau dilepas untuk berburu, dia akan bertahan; dan kalau diusir , ia akan pergi. Walaupun definisi ini ada sedikit perbedaan di antara ahli-ahli fiqih dalam beberapa hal yang terpenting adalah pendidikannya itu dapat dibuktikan menurut kebiasaan yang berlaku.

Khusus untuk anjing yang dipelihara sebagai anjing pemburu, jika anjing itu memakan daging binatang buruannya, maka hewan hasil buruan tersebut-meski sempat disembelih- dikategorikan sebagai sisa makanan anjing. Oleh karenanya hukumnya adalah haram. Begitu juga saat melepas anjing untuk berburu tanpa menyebut asma Allah, hukumnya adalah haram. Hal ini disamakan dengan hukum melepaskan anak panah, tombak, pedang dan senjata lainnya.

Kalau kamu melepas anjing, kemudian anjing itu makan binatang buruannya, maka jangan kamu makan buruan itu sebab berarti anjing itu menangkap untuk dirinya sendiri. Tetapi jika kamu lepas anjing itu kemudian membunuh dan tidak makan, maka makanlah karena anjing itu menangkap untuk tuannya.” (HR. Ahmad)

bulu anjing menurut ahli fikih yang paling kuat hukumnya tidak najis, tapi air liurnya najis

Waspadai Bahaya Memelihara Anjing

Dalam hal tertentu Islam memang mengijinkan memelihara anjing. Akan tetapi, jika tidak cukup terdesak ada baiknya jika manusia tidak memeliharanya demi menjaga kesehatan dirinya dan lingkungannya. Perlu diketahui bahwasannya ada beberapa alasan penting yang menyebabkan batasan-batasan tentang kebiasaan memelihara anjing sangat perlu diterapkan. Secara ilmiah cacing-cacing berbahaya dapat lebih bertahan hidup jika berada dalam perut anjing, diantara jenis itu adalah:

  1. Cacing pita jenis Dibeld Cuninam yang menyebabkan kerusakan alat pencernakan, pankreas, dan kantong empedu, terkadang juga masuk ke hati menembus lambung serta menyebabkan radang prostat.
  2. Cacing Miletbisip. Telur cacing ini keluar bersama kotoran anjing. Jika berpindah ke manusia, akan membentuk kantong dalam otak sehingga mengakibatkan terganggunya otak, tidak mampu melihat, atau keseimbangan tubuh akan hilang.
  3. Cacing pita yang dinamakan Taenia akinoks, yang dapat berpindah dengan mudah dari dubur anjing ke mulutnya sehingga mulutnya akan tercemar ribuan telur-telur cacing. Jika berpindah ke manusia akan menyebabkan penyakit hepatitis. Penyakit ini menyerang daerah hati, paru-paru, limpa, pankreas, otak dan tulang belakang.

Karena alasan-alasan di atas itulah Rasulullah saw begitu mengkhususkan hidung dan mulut anjing sebagai tempat yang paling patut diwaspadai dibandingkan bagian-bagian tubuh yang lain. Cacing-cacing tersebut penuh dengan telur-telur yang telah dibuahi. Ketika sampai di lubang moncongnya, anjing akan merasa gatal dan menggaruknya dengan moncongnya. Dari sini penyakit dapat menyebar dengan mudah. Begitu mudahnya sampai-sampai Rasulullah saw menasehatkan agar mencuci wadah yang terkena jilatan anjing sebanyak tujuh kali dengan air bersih dimana salah satunya memakai debu (atau sabun). Sementara itu, mengenai bulu anjing menurut ahli fiqih yang terkuat hukumnya adalah suci. Tidak ada alasan menyatakannya najis. Bulu anjing tidak sama seperti bulu babi yang pada setiap helainya terdapat bibit penyakit karena di kulitnya ada parasit yang dinamakan Swine Erysipelas (pernah dibahas di topik bahaya daging babi bagi kesehatan). Satu-satunya yang menjadikan bulu anjing menjadi najis adalah karena bulu-bulu itu dikhawatirkan telah terkena air liurnya.

Anjing mungkin saja bukan satu-satunya hewan peliharaan yang mudah terjangkit penyakit sebagaimana kucing juga rentan terkena toksoplasma. Namun demikian, kita bisa menyimpulkan bahwa ditinjau dari sisi kesehatan, fisik anjing jauh lebih rentan pada penyakit ketimbang fisik kucing atau hewan peliharaan lainnya. Maka jika sekarang ini kita lihat jumlah klinik khusus anjing jumlahnya lebih banyak dibanding klinik khusus kucing sebaiknya kita tidak perlu lagi merasa heran.@

SUMBER:

Rasulullah Sang Dokter, Prof. Dr. Abdul Basith Muhammad Sayyid
Halal dan Haram, Syekh Muhammad Yusuf Qardhawi
Fikih Sunnah, Sayyid Sabiq
20.31 | 0 komentar | Read More

masuk surga karena memberi minum anjing

Re: [daarut-tauhiid] masuk surga karena memberi minum anjing

Ass.wr.wb
Yang saya baca kisah perempuan tidak baik(maaf, pelacur), ia melihat anjing yang
berjalan sangat kehausan dan mungkin anjing sangat jauh.Maka perempuan tersebut
melepas sepatunya dan turun kesumur mengambil air dengan sepatu
tersebut,kemudian diminumkan anjing tersebut.Karena berbuat baik kepada anjing
tersebut maka perempuan tersebut dirahmati Allah diampuni semua dosanya dan ia
diamasukkan kedalam surga.
Sebaliknya ada perempuan baik-baik,banyak beribadah.Ia memelihara seekor
kucing,kemudian ia melalaikan dan ia mati dalam keadaan terkurung.Sehingga ia
dimurkai Allah dan dimasukkan dalam neraka.
Wallahu a'lam bishshawab.

Wass.wr.wb.

****** Original Message ******
FROM: sabilillah@...
SENT: Wed 11/01/2000 7:13 AM
TO:
al-fatihah@egroups.com,al-islam@egroups.com,albayan@egroups.com,daarut-tauhiid@e\
groups.com,dakwah@egroups.com,jihad@egroups.com,kajianet@egroups.com,karisma-itb\
@egroups.com,masyarakat-muslim@egroups.com,mushola@egroups.com,musholla@egroups.\
com,padhang-mbulan@egroups.com,sabili@egroups.com,shuffah@egroups.com,sufi-islam\
@egroups.com,surau@egroups.com,voi@egroups.com,yisc_al-azhar@egroups.com
SUBJECT: [daarut-tauhiid] masuk surga karena memberi minum anjing

>
>
>
>Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.
>
>
>
>Dari Abu Hurairah dari Nabi saw. bahwasanya ada seorang laki-laki melihat
seekor anjing yang makan
>
>lumpur karena sangatnya rasa haus. Maka laki-laki itu mengambil sepatunya (dan
memenuhinya) dengan
>
>air, sampai dia bisa memberinya minum hingga kenyang (dan melenyapkan rasa haus
anjing itu). Maka
>
>Allah memuji perbuatannya itu dan memasukkannya ke dalam surga. (Shahih
Bukhari)
>
>
>
>>>> Untuk memperoleh posting koleksi hadis-hadis shahih, kirim e-mail kosong
ke:
>
> hadis-shahih-subscribe@egroups.com
>
>
>
>Daftar kepustakaan posting hadis shahih akan anda terima setelah subscribe.
>
>
>
>Q.S.59 (Al Hasyr): 7.
>
> "Dan apa yang diberikan Rasul kepadamu maka terimalah dia; dan apa yang
dilarangnya
>
> bagimu maka tinggalkanlah."
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>===============================================================================\
==============
>
>Untuk berlangganan kirimkan e-mail kosong ke
daarut-tauhiid-subscribe@egroups.com
>
>
>
>Untuk berhenti kirimkan e-mail kosong ke daarut-tauhiid-unsubscribe@egroups.com
>
>(Jangan lupa me-reply e-mail konfirmasi yang dikirimkan sistem)
>
>
>
>Menuju Ahli Dzikir, Ahli Fikir, dan Ahli Iktiar
>
>===============================================================================\
==============
>
>
>
>
>
>
>

__________________________________________________________________
Make A Buck Or Two @ TheMail.com - Free Internet Email
Sign-up today at http://www.themail.com/ref.htm?ref=1483836
20.26 | 0 komentar | Read More

10 Orang yang Dijamin Masuk Surga

10 Orang yang Dijamin Masuk Surga

Al’Asyaratu almubasysyaruna biljannati

10 Orang yang dijamin masuk surga yang tercatat dalam “ARRIYADH ANNADHIRAH FI MANAQIBIL ‘ASYARAH” dari sahabat Abu Dzar Ra, bahwa Rosulullah Saw masuk ke rumah Aisyah Ra dan bersabda :

Wahai Asyah inginkah engkau mendengar kabar gembira?” Aisyah lalu menjawab, “tentu ya Rosullulah.” Lalu baginda Nabi Saw bersabda : “Ada sepuluh orang yang mendapat kabar gembira masuk surga, yaitu :

1. Ayahmu (Abu Bakar) masuk surga dan kawannya adalah Ibrahim;

2. Umar masuk surga dan kawannya Nuh;

3. Ustman masuk surga dan kawannya aku;

4. Ali masuk surga dan kawannya Yahya bin Zakaria;

5. Thalhah masuk surga dan kawannya Daud;

6. Azzubair masuk surga dan kawannya Ismail;

7. Sa’ad bin Abi Waqqash masuk surga dan kawannya Sulaiman;

8. Said bin Zaid masuk surga dan kawannya Musa bin Imran;

9. Abdurrahman bin Auf masuk surga dan kawannya Isa bin Maryam;

10. Abu Ubaidah Ibnul Jarrah masuk surga dan kawannya Idris Alaihissalam.”

Kesepuluh sahabat yang mendapat kabar gembira masuk surga tersebut adalah para pendahulu kita yang patut diteladani keimanan dan keshalehannya. Bagi Rosulullah Saw mereka adalah kawan dan pendamping setia dalam segala kesulitan dan kesempitan. Amal perbuatan, perilaku dan pengorbanannya merupakan teladan bagi umat manusia. Mereka tidak pernah absen dalam membela panji Islam dan tidak lupa bahwa tujuan utamanya adalah akhirat. Puncak ambisi mereka adalah keridhaan Allah dan Rosulnya dan mereka amat mendambakan datangnya saat-saat mendengar seruan Allah.

Orang–orang pilihan tersebut diibaratkan seperti Al Qur’an berjalan di muka bumi. Mereka adalah pemeraktek amaliah prinsip-prinsip kehidupan yang agung. Mereka adalah umat terbaik yang diciptakan Allah untuk manusia. Mereka telah lulus dari pendidikan kenabian. Semua itu dilakukan dengan daya upaya dan kemampuan Rosulullah Saw dengan kekuatan spiritual dan material yang optimal dan dengan dukungan serta taufik dari Allah Saw. Mereka telah dikerahkan pada tujuan dan sasaran yang mulia dan jelas, yaitu untuk menjadi suri teladan sepanjang masa, baik di waktu damai maupun di waktu perang, baik dalam segi akhlak, pergaulan , muamalah, manhaj, metode maupun dalam sistem kehidupan di dunia dan akhirat.

Mereka lah yang dikatakan muslim sejati, contoh dan teladan. Mereka adalah produk-produk hasil pendidikan madrasah kenabian.

Metode yang digunakan Rosulullah Saw dalam membangun pribadi muslim adalah “tauhid untuk berjihad dan berjihad untuk tauhid.”

Dalam waktu singkat Rosulullah berhasil membangun insan muslim atas tiga landasan, yaitu :

  1. Akidah yang kokoh dan kuat.
  2. Suri teladan yang baik.
  3. memilih orang yang cocok untuk mengemban tugas yang memadai.

Bagaimana sifat, sikap dan perilaku ke sepuluh sahabat tersebut akan dijelaskan dibawah ini satu persatu.

1. Abu Bakar Bin Abi Qohafah (Assidiq)

Abu Bakar assidiq adalah seorang quraisy dari kabilah yang sama dengan Rosulullah Saw. Abu Bakar mempunyai lima orang anak yaitu : Abdullah, Abdurrahman, Muhammad, Aisyah dan Asmaa (istri ibnul Awwam), beliau wafat pada tanggal 22 Jumadil akhir tahun 13 Hijriah dalam usia 63 tahun dan memangku jabatan khalifah selama dua tahun tiga bulan lebih 10 hari.

Abubakar assidiq adalah seorang pedagang yang selalu memlihara kehormatan dan harga dirinya. Ia seorang yang kaya harta, pengaruhnya besar dan memiliki akhlak yang mulia. Dari sebelum datangnya Islam, beliau sudah menjadi kawan akrab Muhammad Saw. Oleh karenanya sifat dan tabiatnya mirip dengan Muhammad Saw. Belum pernah ada yang menyaksikan beliau minum arak atau menyembah berhala. Abubakar assidiq juga tidak pernah berdusta, oleh karena itu tidak heran jika bila beliau berkawan erat dengan Rosulullah. Begitu pula dalam kemuliaan, profesi dan keturunan, sehingga tidak heran bila beliau menjadi khalifah pertama setelah Rosulullah Saw wafat.

Berikut adalah alasan mengapa Abubakar assidiq dipilih oleh Rosulullah sebagai salah satu dari 10 orang yang dijamin masuk surga.

· Abubakar assidiq telah meraih ketinggian budi dan kesempurnaan iman, hal ini disaksikan sendiri oleh Rosulullah dalam sabdanya:

“Jika ditimbang keimanan Abubakar assidiq dengan keimanan seluruh umat akan lebih berat keimanan Abubakar assidiq.” (HR. Albihaqi dalam asysiib).

Alquran pun banyak mengisyaratkan sikap dan tindakan Abubakar assidiq seperti pada Alquran surat : Al Lail: 5-7, Al Lail:17-21, Fushlat : 30 dan AtTaubah 40.

· Abubakar assidiq mengajak manusia kepada Islam. Ahli sejarah Ibnu Ishaq berkata : “ Setelah Abubakar memeluk agama Islam dan menyatakan keislamannya secara terbuka, dia mengajak orang-orang kepada Allah SWT.” Orang yang menerima ajakannya antara lain adalah : Azzubair ibnu Awwam, Ustman bin Affan, Thalhah bin Ubaidillah, Sa’ad bin Abi Waqosh dan Abdurrahman bin Auf.

· Keimanan Abubakar assidiq tanpa ragu, karena setelah Rosulullah mengajak Abubakar kepada Allah maka Abubakar langsung menerimanya tanpa ragu, oleh karena itu Rosulullah bersabda :

“ Tiada aku mengajak seorang masuk Islam, tanpa ada hambatan, keraguan, tanpa mengemukakan pandangan dan alasan, hanya Abubakar lah. Ketika aku menyampaikan ajakan tersebut, dia langsung menerimanya tanpa ragu sedikitpun.” (Dari kitab Albidayah Wannihayah)

· Sikap Abubakar mencerminkan kekuatan Iman, hal ini dibuktikan saat setelah peristiwa Isra’, orang yang mendustakannya mendatangi abubakar seraya berkata, ”Apakah kamu mendengar apa yang diceritakan kawanmu?” maka Abubakar tanpa ragu menjawab : “ Demi Allah kalau memang itu yang diucapkannya pasti benar. Dia (Muhammad) memberitahu aku bahwa berita-berita dari langit sampai ke bumi hanya dalam waktu satu jam, malam atau siang dan aku mempercayainya, sedang itu lebih aneh dari yang kalian herankan.”

· Kecintaan Abubakar kepada Rosulullah sangat besar, dan hal ini dibuktikan saat Abubakar dan Rosulullah pergi ke gua untuk menghindari kejaran orang kafir, maka Abubakar kadang berjalan di depan Rosulullah karena takut pengintaian orang kafir dari depan, dan kadang Abubakar berjalan di belakang Rosulullah karena takut ada lawan yang mengejar dari belakang karena bagi Abubakar lebih baik dia yang celaka dari pada Rosulullah. Begitu pula saat akan memasuki gua, abubakar meminta agar dirinya masuk ke gua lebih dahulu untuk mengamankan gua, setelah itu baru Rosulullah masuk ke gua. Karenanya Rosulullah pernah bersabda bahwa satu malam dari Abubakar adalah lebih baik dari seluruh keluarga Umar.

· Abubakar pernah membenarkan dan membuat Rosulullah tenang yaitu saat menghadapi perang Badar, saat itu Abubakar menghampiri Rosulullah dan berkata, ”Ya Rosulullah, tenangkan dirimu dan mantapkan hatimu. Sesungguhnya Allah pasti akan menepati janjiNya dan sekali-kali tidak akan mengecewakanmu. ”Maka setelah mendenagr pekataan itu hati Rosulullah menjadi mantap dan tenang, karenannya Rosulullah mengelarinya Assidiq yaitu orang yang selalu benar dan membenarkan Muhammad sebagai RosulNya.

· Abubakar tetap beriman kepada kebenaran Rosulullah di saat kaum muslimin lain meragukan sabda RosulNya.

· Abubakar memang patut masuk surga seperti sabda Rosulullah berikut ini :

Jikalau aku boleh menunjuk dari hamba-hamba Allah seorang Kholil (kawan kesayangan) maka aku akan menunjuk Abubakar seorang kholil, tapi karena kesetiakawanan, persaudaraan dan keimananlah sehingga Allah mengumpulkan kita bersama di sisiNya.” (HR. Bukhori dan Muslim)

2. Umar Ibnu Khattab (Al Faruq)

Umar berasal dari kabilah Quraisy, berasal dari suku Bani Hasyim. Semasa kanak-kanaknya umar menggembala domba milik ayahnya. Umar masuk Islam setelah mendegar bacaan Al Quran Khabab ibnul Aratt dan membaca surat Thaha.

Setelah umar masuk Islam, Umar menginkan agar dakwah tidak sembunyi sembunyi karena kita berada di jalan yang benar dan kaum kafir berada di atas kebatilan dan umar berjanji bahwa di tiap-tiap tempat yang pernah disebarkan kekafiran olehnya akan didatangi untuk menyebarkan keimanan. Dan Umar membuat hati orang kafir quraisy takut dan ciut sehingga Umar digelari Alfaruq (pembeda antara yang haq dan batil)

Berikut adalah alasan mengapa Umar termasuk salah satu dari 10 orang yang dijamin masuk surga :

· Keislaman umar adalah perintis, pembuka jalan, dan pendorong kaum muslimin menyatakan keislaman mereka secara terbuka. Dengan adanya Umar mereka berani melakukan shalat secara terang-terangan di depan masyarakat Quraisy tanpa takut diganggu.

· Hijrahnya Umar merupakan kemenangan, sebab dialah yang paling bersikap tegas terhadap kaum munafik di Madinah. Kepemimpinannya adalah rahmat, karena pada waktu itu kaum muslim benar-benar dapat menghayati kehidupannya. Oleh karena itu tidak heran jika Rosulullah Saw bersabda :

“ Sesungguhnya Haq adalah di lidah dan di hati Umar”

· Umar adalah orang yang pertama kali dalam banyak hal antara lain yaitu

a. Mendirikan baitul maal

b. Menulis tarikh dari hijrah atau tahun hijriah.

c. Menyunahkan Sholat Tarawih di masjid

d. Melakukan penyelidikan dan pengawasan pada malam hari.

e. Menghukum perbuatan mencaci maki

f. Menghukum dera delapan kali peminum arak.

g. Yang mengharamkan kaum mut’ah.

h. Melarang menjual budak wanita yang mempunyai anak.

i. Mengumpulkan orang-orang untuk sholat jenazah.

j. Memperluas kekuasaan ke wilayah-wilayah lain, baik Persia, Irak, Syam maupun Mesir.

k. Mengirim bahan makanan melalui laut merah dari Mesir ke Madinah.

l. Menetapkan faraidh (pembagian waris).

m. Menetapkan pengenaan zakat atas ternak kuda.

n. Menetapkan hakim-hakim di daerah-daerah.

o. Dijuluki amirum mukminin.

p. Menyediakan gudang yang berisi gandum bagi orang-orang yang kehabisan makanan.

q. Memperluas masjid nabawi dan menaburi tanahnya dengan batu kerikil.

r. Menciptakan uang logam.

s. Menggunakana pos untuk pengiriman surat-surat.

t. Mengngkat pejabat yang mengawasi harga-harga dan yang mengatur tata tertib kesopanan dan susila.

u. Membuat parit-parit dan jembatan-jembatan.

v. Mengirimkan pasukan penjaga di tempat strategis, mereka ini diberi nama alajnaad.

w. Mengangkat pejabat yang ditugasi khusus memantau berita-berita tentang para petugas di daerah dan menerima keluhan-keluhan mereka yang dikirimkan kepada khalifah. Petugas tersebut bernama Muhammad bin Maslamah.

· Umar mendapat pujian dari Rosulullah karena kecintaaan beliau sehingga beliau bersabda : “ Yang paling kokoh dalam agama Allah dari umatku adalah Umar”.

Rosulullah juga pernah bersabda seperti yang diriwayatkan Aisyah, “ Sesungguhnya setan setan meyingkir apabila bertemu dengan Umar.”

· Umar selalu mendekatkan diri kepada Allah dengan berzikir di tengah malam dan di penghujung siang. Setelah diangkat menjadi khalifah Umar selalu berdoa :

“ Ya Allah, sebagaimana engkau tahu, aku ini berwatak keras, oleh karena itu lunakanlah aku. Aku ini lemah ya Allah, maka kuatkan lah aku. Aku ini kikir , maka jadikanlah aku hambaMu yang pengasih, pemurah dan dermawan.”

3. Ustman Ibnu Affan (Dzunnurain)

Ø Ustman mempunyai sifat yang pemalu dan menurut Rosulullah itulah kelebihannya sehingga Rosulullah bersabda bahwa kelebihan para sahabat merupakan kelebihan mereka yang dapat dijadikan contoh :

“ Orang yang paling kasih sayang dari umatku ialah Abubakar, dan yang paling teguh dalam memelihara ajaran Allah adalah Umar, dan yang paling pemalu adalah Ustman. (HR. Ahmad, Ibnu Maajah, Alhakim, Attirmidzi)

Ø Ustman pernah mengatasi kesulitan air bagi kaum Muhajirin saat hijrah dengan membeli sebuah sumur milik orang Yahudi dan airnya digunakan untuk keperluan kaum muhajirin.

Ø Ustman merupakan orang yang berjasa dalam pembuatan mushaf Al Quran. Ustman membentuk panitia untuk mengumpulkan ayat-ayat yang telah ditulis di masa khalifah Abubakar yang diketuai oleh Zaid bin Tsabit. Al Quran tersebut kemudian dibukukan dan diberi nama “Al Mushhaf”.

Ø Ustman adalah seorang yang bertakwa, selalu bersikap wara’. Tengah malam tak pernah ia sia-siakan. Ia manfaatkan untuk mengaji Al Quran dan setiap tahun ia menunaikan ibadah haji. Bila sedang berzikir dari matanya mengalir air mata haru. Ia selalu bersegera dalam segala amal kebajikan dan kepentingan umat. Ia juga dermawan dan penuh welas asih, ia telah melakukan hijrah sebanyak dua kali, pertama ke Habasyah dan yang kedua ke Madinah.

Ø Para ahli sejarah menganggap masa Ustman merupakan jaman kemenangan kaum muslimin dan jaman penaklukan kekuatan-kekuatan Romawi, Parsi dan Turki.

4. Ali bin Abi Thalib

Ø Ali dilahirkan di dalam Ka’bah dan Allah telah memuliakan wajahnya (karramallahu wajlahu) untuk tidak bersujud kepada berhala-berhala yang ada di Ka’bah dan sekitarnya.

Ø Ali masuk Islam saat berusia 10 tahun setelah secara sembunyi-sembunyi melihat Rosulullah dan Khadijah melaksanakan Sholat.

Ø Ali merupakan satu-satunya orang yang menerima ajakan Rosulullah untuk mengikuti dan mendukung kepada Allah saat Rosulullah mengajak kaum Quraisy di depan Ka’bah.

Ø Ali merupakan orang yang pertama yang bersedia berkorban untuk Rosulullah Saw ketika sedang tidur di tempat Nabi Saw, pada waktu rumah beliau dikepung dan akan dibunuh menjelang hijrah ke Madinah.

Ø Ali dikenal sebagai orang yang tidak dapat dikalahkan oleh lawan, setelah berduel dan membunuh Amru bin Wudd saat perang Khandak.

5. Thalhah bin Ubaidilah (syahid yang masih hidup)

Ø Thalhah merupakan salah satu dari delapan orang yang pertama masuk Islam dimana pada saat itu satu orang bernilai seribu orang, Beliau masuk Islam melalui anak pamannya yaitu Abu baker assidiq RA.

Ø Thalhah mempunyai sifat murah dan dermawan yang patut diteladani. Dalam hidupnya Thalhah mempunyai tujuan utama yaitu bermurah dalam pengorbanan jiwa.

Ø Thalhah seorang lelaki yang gagah berani, tidak takut menghadapi kesulitan, kesakitan dan segala macam ujian lainnya. Ia seorang yang kokoh dalam mempertahankan pendirian meskipun ketika di jaman jahiliyah.

Ø Thalhah merupakan salah satu di antara mujahid yang melindungi Rosulullah dengan tulus ikhlas. Saat perang uhud ia melindungi Rosulullah dengan cara memeluk Rosulullah dengan tangan kiri dan dadanya. Sementara pedang yang ada di tangannya ia ayunkan ke arah lawan yang mengelilinginya seperti laron yang tidak memperdulikan maut. Maka sejak saat itu Thalhah dijuluki “Burung elang dari uhud”.

Ø Thalhah juga dijuluki “Thalhah si dermawan”, Thalhah si pengalir harta”, Thalhah kebaikan dan kebajikan”, karena Thalhah merupakan orang yang dermawan yang mendermakan uang, sandang dan pangannya. Ia pernah membagikan seluruh uangnya tanpa sisa sepeserpun kepada fakir miskin.

6. Azzubair Ibnul Awwam (pengikut setia Rosulullah Saw)

Ø Azzubair masuk islam pada usia 15 tahun dan hijrah pada usia 18 tahun setelah mendapat penganiayaan yang bertubi-tubi karena mempertahunkan keimanannya.

Ø Azzubair adalah prajurit dakwah yang selalu menyandang senjata untuk melawan orang-orang yang menghendaki gugurnya dakwah islamiah selagi dalam kandungan. Keimanannya telah tampak pertama kali pada perang Badar. Pada saat itu Azzubair berhasil mengalahkan Ubaidah yang pada saat itu memakai baju besi dengan menggunakan lembing yang diarahkan ke mata Ubaidah sehingga Ubaidah tewas.

Ø Rosulullah sangat merasa bangga pada Azzubair, dan ia bersabda :

“ Setiap Nabi mempunyai pengikut pendamping yang setia (hawari) dan hawariku adalah Azzubair ibnul Awwam.”

Kecintaan Rosulullah pada Azzubair disebabkan Azzubair merupakan seorang pemuda yang setia, ikhlas, jujur, kuat, berani, murah tangan dan telah menjual diri dan hartanya kepada Allah Swt.

Ø Azzubair merupakan orang yang pertama menyambut panggilan jihad, oleh karena itu Azzubair tidak pernah absent berjihad.

7. Abdurrahman bin Auf (pedagang besar yang sukses)

Ø Aburrahman bin Auf merupakan orang ke delapan yang pertama kali masuk islam dan orang kelima yang diIslamkan oleh Abubakar dan terjadi sebelum Rosulullah menetapkan rumah Alarqom bin abi alarqam sebagai pusat dakwah.

Ø Perang Uhud telah memberi bekas pada Abdurrahman, lebih dari dua puluh luka dalam tubuhnya dan salah satu lukanya menyebabkan beberapa giginya rontok sehingga mempengaruhi ucapan dan tutur katanya.

Ø Setelah menerima gangguan dan siksaan yang ganas, Abdurrahman hijrah ke Habasyah. Sekembalinya dari Habasyah ia mendapat gangguan dan gangguan itu semakin memuncak tatkala ia kembali hijrah ke Habasyah untuk kedua kalinya. Hijrahnya ini ia lakukan karena keadaannya sudah sangat tertindas.

Ø Sebagai seorang pedagang yang sukses dan kaya, Abdurrahman berlomba dengan Ustman dalam membiayai pasukan islam yakni dengan menyerahkan seperuh kekayaannya kepada Rosulullah Saw. Saat ajalnya mendekat, Abdurrahman berwasiat agar setiap kaum muslimin peserta perang Badar yang masih hidup diberi empat ratus dinar dari harta warisannya, dan ternyata peserta perang Badar yang masih hidup berjumlah 100 orang. Dia juga berwasiat agar sejumlah besar uangnya diberikan kepada ummahatul mukminin (janda-janda Nabi Saw).

8. Sa’ad bin Abi Waqash (orang pertama yang terkena panah fisabilillah)

Ø Sa’ad merupakan kabilah dari Zuhroh sama dengan ibu Rosulullah Saw dan Sa’ad anak paman Aminah (ibunda Nabi Saw).

Ø Sa’ad seorang yang teguh dan tahan menghadapi kekerasan dan penderitaan. Selama tiga tahun saat dikucilkan di Syi’ib Mekah, ia bersama Rosulullah makan daun daunan sehingga kotorannya seperti kotoran domba dan kedua sisi mulut mereka luka-luka akibat makan daun-daunan.

Ø Ibunda Sa’ad berang saat mengetahui Sa’ad masuk Islam hingga mogok makan dan minum, tapi Sa’ad tetap berpegang teguh kepada Islam, sekalipun ibunya kepayahan dan jatuh pingsan, sehingga dengan kejadiannya ini turunlah ayat Al ankabut : 8.

Ø Karya terbesar Sa’ad adalah tercapainya kemenangan yang gilang gemilang atas musuh mereka, tentara parsi dalam perang Alqodisyiyyah yang dasyat.

9. Said bin Zaid (salah seorang yang dicintai Allah)

Ø Nama lengkapnya adalah Sa’id bin Zaid bin ‘Amru bin Nufail bin Abduluzza bin Al’adwa. Said memeluk Islam sebelum Umar Bin Khattab. Istrinya adalah adik Umar yaitu Fatimah bintul khattab.

Ø Allah telah memberi hidayah kepada tiga orang tanpa melalui kitab atau Nabi mereka, yaitu kepada Zaid bin Amru bin Nufail, Abu Dzar Alghifari, Salman Alfarisi.

Ø Said adalah seorang pemberani, tidak takut celaan orang yang suka mencela selama dia di jalan Allah. Ia juga murah tangan dan dermawan, kuat menahan diri dari hawa nafsu dan termasuk orang yang dikabulkan do’anya. Banyak dari kalangan lemah dan miskin berkumpul di rumahnya untuk mencari ketentraman dan keamanan. Di rumah Said mereka memperoleh makanan penghilang lapar. Mereka juga mendapatkan keamanan dan ketenangan dari rasa takut.

10. Abu Ubaidah Ibnul Jarrah ( pemegang amanat umat dan amanat Rosulullah Saw)

Ø Rosulullah pernah bersabda :

“ Tiap-tiap umat ada orang pemegang amanat, dan pemegang amanat umat ini ialah Abu Ubaidah ibnul Jarrah.”

Ø Ketika perang Badar, Abu Ubaidah ikut memperkokoh dan membela kaum muslimin, sedang ayahnya berada dalam barisan kaum Quraisy yang musrik dan kafir dan dalam pertempuran tersebut Abu Ubaidah terpaksa membunuh ayahnya yang terus mendesak dan melawannya, walaupun hatinya terasa berat tapi ini dilakukannya demi menegakkan amanat Allah dan RosulNya.

Ø Pada saat perang Uhud Abu Ubaidah pernah mencabut besi tajam yang menancap ke dalam kedua sisi rahang Rosulullah dengan giginya sehingga gigi depannya tanggal. Peristiwa ini sangat mengharukan bagi Rosulullah dan Abubakar. Sejak itu Abu Ubaidah dikenal di kalangan kaum muslimin sebagai si ompong.

Ø Abu Ubaidah merupakan seorang yang memegang amanat, saat kaum Najran meminta Rosulullah untuk mengirim seseorang untuk mengajarkan hokum-hukum agama Islam maka Rosulullah menjawab, “Aku akan mengutus bersama kalian seorang yang benar-benar Amin, benar-benar Amin, benar-benar Amin .(beliau mengulangnya sampai tiga kali). Dan setelah itu Rosulullah mengutus Abu Ubaidah untuk pergi.

Sumber :

Al Quran Nur Karim

10 Orang Yang Dijamiin Masuk Surga, Abdullatif Ahmad ‘AAsyur, Gema Insani Press, 2006

20.24 | 0 komentar | Read More

YANG TERBARU DARI BAGINDAERY

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...