GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Google Peringati 117 Tahun Martha Graham

Written By Situs Baginda Ery (New) on Rabu, 11 Mei 2011 | 10.54

Logo Google hari ini tak biasa. Tampak gambar empat perempuan penari membentuk huruf-huruf Google berwarna hitam putih. Ya, hari ini Google doodle memang istimewa karena memperingati 117 tahun Martha Graham.

Google Peringati 117 Tahun Martha Graham:

Martha Graham merupakan sosok paling berpengaruh dan inovatif di bidang tari modern selama lebih dari 50 tahun. Ia dilahirkan di Pittsburgh - Pennsylvania, tetapi dibesarkan di California.

Pada usia 20, dia belajar tarian etnik primitif di Sekolah Denishawn, Hollywood, di mana sutradara Ted Shawn, yang mengenali bakat luar biasanya, menciptakan tari balet Xochitl tentang tema suku Aztek untuknya. Dari tahun 1923 hingga 1925, dia menari di Greenwich Village Follies dan tahun 1926 mengajar di Sekolah Musik Eastman. Di sanalah dia mulai mencari tahu bagaimana tarian bisa memberi hakikat pada sesuatu yang dia rasakan.

Graham meluncurkan kariernya sebagai penari dan koreografer bebas dalam debut solonya di 48th Street Theater - New York, yang membuat penonton terkesima dan takjub. Tidak seperti tari balet tradisional, gerakan Graham kaku, tegang dan nyaris sejajar dengan tanah, dan terdiri dari gerakan-gerakan luar yang bersemangat dari pusat tubuhnya untuk mengekspresikan emosi.

Martha Graham mendirikan Dance Repertory Theater dan dengan cepat membangun reputasi dengan memberikan latihan yang paling berat di bidang tersebut. Metode mengajarnya yang unik menekankan pada kontraksi dan pelepasan bagian-bagian tubuh yang berbeda dan menggunakan pernapasan yang berhubungan dengan gerakan.

Karya Graham dipusatkan pada pengalaman universal manusia dan dengan tema cinta, kematian serta siklus alami kehidupan. Dari tahun 1928 hingga 1938--yang disebutnya "periode baju panjang wol"-- dia membuat koreografi tentang tema protes seperti Revolt, Immigrant, Lamentation dan Primitive Mysteries.

Tahun 1932, dia menjadi penari pertama yang menerima beasiswa Guggenheim. Dia menciptakan sejumlah tarian yang diilhami oleh wanita-wanita ternama seperti Joan of Arc dan Mary, Ratu Skotlandia dan mengungkap kedalaman hati Emily Dickenson (Letter to the World, 1940) dan Bronte sisters (Death and Entrances, 1943). Drama dan mitologi Yunani menginspirasikan Cave of the Hearth (1946) tentang Medea; Night Journey tentang Ibunda Oedipus, Jocasta; dan tarian modern panjang yang pernah ditulis, Clytemnestra (1958). Setelah tahun 1938, dia menggunakan musik yang dengan sengaja disusun untuk mengiringi tariannya oleh komposer terkenal seperti Aaron Copland (lahir 1900) (Appalachian Spring, 1944), Gian Carlo Menotti (lahir 1911) dan Samuel Barber (1910-1981).

Graham, yang telah membuat koreografi 180 tarian dan menikmati karier aktif paling lama dari penari modern mana pun, pensiun dari panggung tahun 1969 untuk menjadi guru, dosen, dan direktur Martha Graham Center for Contemporary Dance di New York. Dia mendapatkan sejumlah penghargaan, yang meliputi Presidential Medal of Freedom tahun 1976. Dia meninggal di New York City pada usia 97 tahun. (opie, berbagai sumber)

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...