ARTIKEL PILIHAN

GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Misteriusnya Keberadaan Sphinx di Mesir

Written By Situs Baginda Ery (New) on Rabu, 11 Juli 2012 | 10.05


Cover of "The Message of the Sphinx: A Qu...
Cover via Amazon
Benarkah Sphinx di Mesir menyimpan misteri? Para Egyptolog dan sejarawan Mesir percaya kalau Sphinx di Mesir adalah hasil karya peradaban Mesir kuno, yang dibangun pada masa kekuasaan pharaoh Cheops, sekitar 2,500 SM.

Namun demikian, dalam buku "The Message of The Sphinx" karya Graham Hancock dan Robert Bauval, terungkap beberapa hal yang mengundang tanda-tanya mengenai sejarah sebenarnya dari Sphinx, antara lain:
  1. Pendapat mengenai dibangunnya Sphinx di Mesir oleh Cheops (Khafre/Khafra), disimpulkan berdasarkan fakta bahwa Sphinx di Mesir berada di area berdekatan dengan piramida-piramida besar , sehingga ia pasti dibangun pada masa yang berdekatan
  2. Tidak terdapat satupun referensi catatan pada masa dinasti Cheops yang menyatakan mereka membangun Sphinx di Mesir. Satu-satunya referensi tertulis adalah tanda pada bagian Sphinx yang memuat syllabyle "Khaf", yang kemudian diartikan sebagian Egyptologist berasal dari kata "Khaf-re". Berdasar kondisi ini, terdapat sebagian sejarawan yang keberatan, karena bentuk penulisan tersebut tidak mengikuti pola standar atribusi pada jaman tersebut, dimana nama Pharaoh yang berkuasa selalu dikemas dalam tanda elips yang dikenal sebagai "cartouche"
  3. Memang betul terdapat catatan-catatan yang menyatakan Sphinx di Mesir dan kuil-kuil terkait pernah digunakan dalam prosesi pemakaman para pharaoh, namun ini tidak berarti secara otomatis bahwa struktur-struktur tersebut dibuat untuk keperluan ini, atau untuk tujuan ini saja. -- Ini seperti menyatakan kalau gedung Manggala Wanabakti di dekat gedung DPR, Jakarta, dibangun untuk resepsi pernikahan, semata-mata karena para pejabat tinggi negara memilih untuk menggelar pesta pernikahan anak-anak mereka di sini (penulis)
  4. Ada pendapat yang menyatakan kalau Sphinx di Mesir sebenarnya dibuat pada masa yang jauh lebih tua dari perkiraan saat ini, berdasar pada jelasnya jejak-jejak erosi hujan pada bagian Sphinx yang lebih tua. Sedangkan berdasar perkiraan diketahui bahwa terakhir kalinya Mesir memiliki musim hujan adalah pada sekitar 7000 - 5000 SM, dengan demikian adalah mungkin Sphinx di Mesir dibuat oleh peradaban tak dikenal, yang hidup pada masa lebih tua dari 7000 SM
  5. Salahsatu blok dari kuil The Valley Temple of Khafre di sebelah utara Sphinx, yang para ahli perkirakan dibangun pada periode yang sama, dibuat dari blok batu berukuran 10 X 4 X 3 meter, dengan berat hingga 200 ton. Adapun peralatan paling canggih di dunia modern yang mampu mengangkat beban seberat ini pernah dibangun di Long Island, AS, untuk menempatkan sebuah boiler bagi instalasi nuklir. Bagaimanakah caranya peradaban Mesir kuno berhasil memindahkan batu seberat itu dengan kekuatan manusia semata? Dinyatakan bahwa tugas ini bisa dikerjakan dengan 1,800 orang menarik tali secara bersamaan. Namun secara realistis, tidaklah mungkin memposisikan blok batu tersebut ke tempatnya jika mengandalkan pada 36 baris yang masing-masing memuat 50 orang; barisan orang 36 meter panjangnya untuk menarik satu bongkah batu. Jikapun betul itu yang terjadi, pertanyaan berikutnya adalah, kenapa? Kenapa repot-repot menggunakan blok batu sedemikian besar, berat, dan membutuhkan sedemikian banyak tenaga, jika mereka bisa menggunakan blok batu berukuran normal yang memiliki berat hanya beberapa ton dan memiliki penampilan lebih menarik? Hal semacam inilah yang menimbulkan kecurigaan kalau desain dari The Valley Temple of Khafre itu sendiri tidak berasal dari manusia.
Bagaimana menurut anda? (byms)

10.05 | 0 komentar | Read More

Tradisi Berburu Kepala, Tradisi yang Pernah Ada dalam Suku Dayak


vivaborneoblog - Namanya Pak Had. Beliau adalah salah satu sesepuh keturunan Dayak Wehea di Slambing ini umurnya lebih dari 74 tahun. Pak Had adalah sosok Suku Dayak yang ramah dan suka mengantar pengunjung berkeliling Hutan Lindung Sungai Wehea, Kecamatan Muara Wahau, Kutai Timur Kalimantan Timur.

Salah satu yang bikin merinding tentang profesi Pak Had ini adalah ketika Pak Had mengakui bahwa dirinya pernah memakan otak manusia sewaktu ia masih muda dahulu. Ya, beliaulah saksi peradaban generasi di suku Dayak Wehea ini. Beliau pernah mengikuti tradisi menjelang dewasa, yaitu melakukan perburuan kepala manusia (Ngayau).

Asal usul kata ngayau umumnya terdapat kesepakatan di kalangan suku Dayak. Namun, kapan ngayau dimulai dan bagaimanakah sejarahnya, agaknya masih simpang siur dan sering muncul dalam berbagai versi. Hal itu disebabkan belum ada studi dan catatan sejarah mengenai asal mula ngayau secara detail dan kronologis.

Hanya ada catatan mengenai kesepakatan bersama seluruh etnis Dayak Borneo untuk mengakhirinya. Ini terjadi pada pada 22 Mei – 24 Juli 1894, ketika diadakan Musyawarah Besar Tumbang Anoi di Desa Huron Anoi Kahayan Ulu Kalimantan Tengah.

Benar adanya bahwa sebelum perjanjian Tumbang Anoi disepakati, terjadi praktik headhunting bahkan di kalangan sesama Dayak. Praktik ngayau antarsesama Dayak ini sukar dibantah dan memang demikianlah adanya. Dayak Jangkang misalnya, dahulu kala bermusuhan dengan Dayak Ribunt. Padahal, keduanya tidak berjauhan tempat tinggal.

Masuknya agama Katolik di tengah-tengah etnis Dayak, terutama dengan datangnya misi Katolik ke pulau Borneo di pengujung abad 18, membawa pengaruh baik. Perlahan-lahan ajaran Katolik tentang balas dendam mengubah cara pandang dalam ehidupan orang Dayak.

Ajaran Kristen yang radikal untuk tidak balas dendam dengan hukum “mata ganti mata, tulang ganti tulang” segera merasuk etnis Dayak. Ajaran cinta kasih ini menyadarkan masyarakat Dayak untuk segera menghentikan tradisi mengayau ini. Musyawarah ini dihadiri para kepala adat se-Kalimantan yang berkumpul dan bersepakat untuk menghentikan pengayauan antarsesama Dayak. Namun, pertemuan yang berbuah kesepakatan Tumbang Anoi sendiri diprakarsai pemerintah Hindia Belanda.

Kembali kecerita pak Had, menurutnya, tradisi perburuan kepala hanya dapat ditemui di Kalimantan ini sebagai sebuah tradisi sakral yang harus dilakukan para laki-laki yang baru beranjak dewasa dan ingin menikah. Biasanya, mereka dilarang tidur dan minum selama 12 hari sebelum melakukan perburuan kepala tersebut dimulai.

Saksi bisu berupa kerangka tengkorak kepala manusia bekas tradisi tersebut yang masih tersimpan di rumahnya. Namum, tradisi ekstream ini dihapuskan sejalan dengan perkembangan jaman. Mereka mengganti perburuan kepala manusia dengan berburu babi yang sering mengganggu tanaman pertanian mereka.

"Sekitar 2 atau 3 tahun yang lalu, ada salah satu pemuka adat yang meminta izin untuk meneruskan tradisi itu kembali, tapi di tolak mentah-mentah, ngeri juga kan kalo misalkan kepala saya yang diburu, saya juga kalo lagi trekking sama pak Had, saya pasti nanya dulu, 'pak kita teman kan? bukan musuh? gak berburu kepala saya kan?' ya takut aja pas di jalan saya malah jadi buruannya," begitu pengakuan Bang Kris, salah seorang pengunjung yang telah mengenal Pak Had.

Siapa sangka, atau dapat menjamin, jika pak Had yang sudah renta begitu sering dijadikan pemandu perjalanan di hutan lindung Wehea tersebut, tiba-tiba memenggal kepala tamu yang diantarnya karena memorinya tentang masa mudanya dulu. Staminanya Pak Had tidak kalah dengan yang masih muda, bahkan beliau lebih hebat dan lincah.

Kekuatannya hanya satu, yaitu rokok yang tidak pernah lepas dari mulutnya. Persediaan rokoknya disimpan dalam alat pancing yang beliau buat sendiri dari batang bambu dan bekas selongsong rokok, yang suka ia lingkarka dilehernya.

"Beliau tuh gak pernah pisah sama rokoknya, kayak ada lubang khusus di bibirnya untuk menaruh satu batang rokok. Lagi bicara saja, rokoknya tidak pernah ia pegang ditangan, tetep aja di sela kedua bibirnya. Bahkan saat tidur, beliau juga masih tetep ngerokok," jelas Pak Edi yang juga ikut mengunjungi Hutan Wehea. (Halida Agustini-Yul-Berbagai sumber)

10.03 | 0 komentar | Read More

Dayak Punan Yang Berselimut Misteri

Banyak cerita miring tentang suku Dayak Punan yang merupakan salah satu suku penghuni Kalimantan. Keberadaan suku Dayak Punan tersebar di seluruh wilayah Kalimantan. Suku Punan atau orang Punan merupakan salah satu suku yang paling tangguh. Baik saat berperang, berburu dan bertahan hidup di hutan serta merupakan suku yang penuh misteri hingga kini.

Diantara 400-an suku Dayak yang ada di Kalimatan , Suku Punan merupakan suku yang memiliki segala “kelebihan” diantara suku Dayak lainnya. Menurut catatan yang ada, Dayak Punan terbagi dalam seuluh suku, yaitu, Suku Punan Hovongan di Kapuas Hulu, Kalbar, Suku Uheng Kereho di Kapuas Hulu, Kalbar Suku Punan Murung di Murung Raya, Kalteng, Suku Aoheng (Suku Penihing) di Kalimantan Timur, Suku Punan Merah (Siau), Suku Punan Aput), Suku Merap, Suku Punan Tubu, Suku Ukit/Suku Bukitan/Suku Beketan dan Suku Bukat. Suku Punan Habongkot,Suku Panyawung , serta Suku Punan Kelay di Sungai Kelay, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

Dayak Punan juga tersebar di Sabah dan Serawak, Malaysia Timur yang menjadi bagian dari Pulau Kalimantan. Dayak Punan membagi dua golongan mereka sebagai orang Punan yang mengiuti anjuran pemerintah dan mau menerima peradapan dan sebagian lagi menyebut diri mereka Dayak Punan asli yang masih menjaga kultur dan aat mereka serta tida tersentuh oleh pembangunan.

Konon, orang Punan jaman dahulu sangat ditakuti oleh suku Dayak lainnya karena mampu berperang dengan baik. Sebagai “pemburu kepala” atau “ngayau” (dalam bahasa Inggris diistilahkan head hunter) orang Punan sangat ditakuti karena merupakan suku yang berani dan berilmu tinggi dan memenggal, memakan hati dan isi perut lawannya adalah hal yang lumrah mereka lakukan.

Selain sebagai suku yang handal berperang (dan tentunya dengan cara memenggal kepala lawannya), orang Punan juga dikenal merupakan pencari jejak (treckking) terbaik di alam. Jika banyak masyarakat desa yang tersesat atau kehilangan anggota keluarga di dalam hutan, biasanya msyarakat memanggil orang Punan untuk meminta bantuan untuk mencarinya. Imbalannya, sangat sederhana, mereka hanya meminta garam atau tembakau atau barang-barang kebutuhan sehari-hari. Sungguh menakjubkan, bukan!

Cara berpakaian orang Punan, sebagian beasr masih memanfaatkan kulit kayu dengan berbagai aksesoris hiasan seperti dari manik-manik dan dikepala mereka terikat kain layaknya sorban orang arab dengan hiasan layaknya kepala macan atau harimau. Kebiasaan memakan sirih juga menjadi ciri mereka.

Konon, orang Punan mampu berjalan dengan mudah diantara dahan-dahan pohon. Bahkan sebagian tidak menjejak di tanah, karena kelebihan ilmu gaib dan kemampuannya beradaptasi dengan hutan sebagai alamnya. Bahkan ada yang menyebut, bahwa orang Punan tidak makan garam sehingga tubuh mereka sehat, ringan dan lincah menerobos rimbunan pepohonan.

Sebagian besar suku Dayak memanfaatkan sumber hewani dari hutan. Begitu juga dengan orang Punan yang merpakan suku pemakan segala. Artinya mereka memakan binatang apa saja yang mereka temui di dalam hutan sebagai sumber protein. Daging ular, tikus tanah, berbagai jenis burung, biawak, kera dan lainnya merupakan santapan lezat selain babi dan rusa yang juga melimpah didalam hutan Kalimantan.

Cara hidup suku Punan juga masih menjadi misteri. Ada yang menyebut mereka tinggal di dalam goa-goa yang disekelilingnya terdapat sumber air dan hewan yang berlimpah. Tinggal di dalam goa juga akan memudahkan mereka mencari sarang burung wallet untuk ditukar (barter) dengan kebutuhan pokok.

Sebagian orang masih meyakini suku Punan berdiam diatas dahan-dahan pohon sebagai tempat tinggalnya. Hidup mreka ditopang oleh hasil hutan seperti rotan, damar, dan kayu gaharu yang memiliki nilai ekonomis tinggi.

Hingga ini keberadaan suku Punan yang belum tersentuh peradapan dan bantuan pemerintah daerah masih menjadi misteri. Karena bukan tidak mungin, didataran Kalimantan yang sangat luas ini masih ada suku-suku terasing dan primitif yang perlu bantuan dan sentuhan pembangunan. (yuliawan andrianto)
10.01 | 0 komentar | Read More

[Renungan] Bangunlah Jembatan, Bukan Tembok



Alkisah ada dua orang kakak beradik yang hidup di sebuah desa. Entah karena apa mereka terjebak ke dalam suatu pertengkaran serius. Dan ini adalah kali pertama mereka bertengkar demikian hebatnya.

Padahal selama 40 tahun mereka hidup rukun berdampingan. Saling meminjamkan peralatan pertanian. Dan bahu membahu dalam usaha perdagangan tanpa mengalami hambatan. Namun kerjasama yang akrab itu kini retak.

Dimulai dari kesalahpahaman yang sepele saja. Kemudian berubah menjadi perbedaan pendapat yang besar. Dan akhirnya meledak dalam bentuk caci-maki. Beberapa minggu sudah berlalu, mereka saling berdiam diri tak bertegur-sapa.

Suatu pagi, datanglah seseorang mengetuk pintu rumah sang kakak. Di depan pintu berdiri seorang pria membawa kotak perkakas tukang kayu.

"Maaf tuan, sebenarnya saya sedang mencari pekerjaan, barangkali Tuan berkenan memberikan beberapa pekerjaan untuk saya selesaikan," kata pria itu dengan ramah.

"Oh ya, saya punya sebuah pekerjaan untukmu. Kau lihat ladang pertanian di seberang sungai sana. Itu adalah rumah tetanggaku, ah sebetulnya ia adalah adikku," jawab sang Kakak.

"Minggu lalu ia mengeruk bendungan dengan bulldozer lalu mengalirkan airnya ke tengah padang rumput itu sehingga menjadi sungai yang memisahkan tanah kami. Hmm, barangkali ia melakukan itu untuk mengejekku, tapi aku akan membalasnya lebih setimpal," keluh sang Kakak.

"Di situ ada gundukan kayu. Aku ingin kau membuat pagar setinggi 10 meter untukku sehingga aku tidak perlu lagi melihat rumahnya. Pokoknya, aku ingin melupakannya," lanjutnya dengan tegas.

Kata tukang kayu, "Saya mengerti. Belikan saya paku dan peralatan. Akan saya kerjakan sesuatu yang bisa membuat Tuan merasa senang."

Kemudian sang kakak pergi ke kota untuk berbelanja berbagai kebutuhan dan menyiapkannya untuk si tukang kayu.

Setelah itu ia meninggalkan tukang kayu bekerja sendirian. Sepanjang hari tukang kayu bekerja keras, mengukur, menggergaji dan memaku.

Di sore hari, ketika sang kakak petani itu kembali, tukang kayu itu baru saja menyelesaikan pekerjaannya. Betapa terbelalaknya ia begitu melihat hasil pekerjaan tukang kayu itu. Sama sekali tidak ada pagar kayu sebagaimana yang dimintanya.

Namun, yang ada adalah jembatan melintasi sungai yang menghubungkan ladang pertaniannya dengan ladang pertanian Adiknya. Jembatan itu begitu indah dengan undak-undakan yang tertata rapi.

Dari seberang sana, terlihat sang adik bergegas berjalan menaiki jembatan itu dengan kedua tangannya terbuka lebar.

"Kakakku, kau sungguh baik hati mau membuatkan jembatan ini. Padahal sikap dan ucapanku telah menyakiti hatimu. Maafkan aku," kata sang Adik pada Kakak nya.

Dua bersaudara itu pun bertemu di tengah-tengah jembatan, saling berjabat tangan dan berpelukan. Melihat itu, tukang kayu pun membenahi perkakasnya dan bersiap-siap untuk pergi.

"Hai, jangan pergi dulu. Tinggallah beberapa hari lagi. Kami mempunyai banyak pekerjaan untukmu," pinta sang kakak.

"Sesungguhnya saya ingin sekali tinggal di sini, kata tukang kayu, tapi masih banyak jembatan lain yang harus saya selesaikan," jawab si Tukan Kayu.

Sadarkah kita bahwa kita dilahirkan dengan dua mata di depan, karena seharusnya kita melihat yang ada di depan.
Kita lahir dengan dua telinga, satu kiri dan satu di kanan sehingga kita dapat mendengar dari dua sisi dan dua arah. Menangkap pujian maupun kritikan, Dan mendengar mana yang salah dan mana yang benar.
Kita dilahirkan dengan otak tersembunyi di kepala, sehingga bagaimanapun miskinnya kita, kita tetap kaya. Karena tak seorang pun dapat mencuri isi otak kita. Yang lebih berharga dari segala permata yang ada.
Kita dilahirkan dengan dua mata, dua telinga, namun cukup dengan satu mulut. Karena mulut tadi adalah senjata yang tajam , Yang dapat melukai, memfitnah, bahkan membunuh. Lebih baik sedikit bicara, tapi banyak mendengar dan melihat.
Kita dilahirkan dengan satu hati, yang mengingatkan kita. Untuk menghargai dan memberikan cinta kasih dari dalam lubuk hati.
Belajar untuk mencintai dan menikmati untuk dicintai, tetapi Jangan pernah mengharapkan orang lain mencintai anda dengan cara dan sebanyak yang sudah anda berikan.
Berikanlah cinta tanpa mengharapkan balasan, maka anda akan menemukan bahwa hidup ini terasa menjadi lebih indah.
SPACE
10.00 | 0 komentar | Read More

12 Mahluk Mitologi dengan Wajah & Paras Cantik Tetapi Mematikan (FULLVERSION)

Berikut adalah mahluk mahluk mitologi atau legenda (mitos) yang diklaim mempunyai wajah yang cantik yang sebagian besar mereka gunakan untuk memikat demi memangsa manusia.

1. Siren
Mahluk Mitologi cantik
Dalam mitologi Yunani, Siren atau "Seirenes" adalah makhluk legendaris, termasuk kaum Naiad (salah satu kaum nimfa yang hidup di air) yang hidup di lautan. Mereka tinggal di sebuah pulau yang bernama Sirenum Scopuli, atau menurut beberapa tradisi berbeda mereka tinggal di tanjung Pelorum, pulau Anthemusa, pulau Sirenusian dekat Paistum, atau di Capreae, yang mana semuanya adalah tempat-tempat yang dikelilingi oleh batu karang dan tebing.

2. Alkonost
Mahluk Mitologi cantik
Alkonost merupakan burung legendaris dalam mitologi Slavia.Memiliki tubuh seekor burung dengan kepala dan dada seorang wanita. Nama Alkonost berasal dari nama Alcyone demi-dewi Yunani diubah oleh dewa menjadi sebuah pekakak. Alkonost bertelur di laut-pantai kemudian menempatkan mereka ke dalam air. Laut tersebut kemudian tenang Beberapa hari dan hari ke enam atau ke tujuh di mana titik telur menetas, membawa badai yang sangat mematikan.

Alkonost tinggal di Nirvana namun masuk ke dalam dunia kita untuk menyampaikan pesan. Saat Alkonost menyanyi, suaranya sangatlah Indah dan siapa pun mendengar suara itu dapat melupakan semuanya.

Mereka menyanyikan lagu-lagu memikat hati yang membuat para pelayar yang mendengarnya menjadi terbuai sehingga kapal mereka menabrak karang dan tenggelam. Di indonesia juga disinyalir keberadaan mahluk ini, sama-sama pinter nyanyi namun sama sekali nggak mematikan, namanya pasti sudah Kamu tahu yaitu Siren Sungkan!!

3. Succubus
Mahluk Mitologi cantik
Dalam legenda abad pertengahan di Barat, succubus (plural succubi) atau succuba (plural succubae) adalah setan yang mengambil bentuk wanita cantik untuk merayu laki-laki (terutama pendeta) dalam mimpi untuk melakukan hubungan seksual. Mereka mengambil energi dari laki-laki untuk bertahan, sampai titik kelelahan atau kematian korban.

4. Medusa
Mahluk Mitologi cantik
Medusa pada awalnya adalah seorang perawan cantik dan merupakan pendeta wanita di kuil milik Athena. Namun suatu ketika ia diperkosa oleh Poseidon di dalam kuil Athena. Hal ini membuat Athena marah, ia pun mengubah rambut Medusa menjadi ular dan mengutuk Medusa sehingga siapapun yang melihat matanya, akan menjadi batu.

5. Ekidhna
Mahluk Mitologi cantik
Ekhidna adalah Drakaina dalam mitologi Yunani. Namanya berarti "wanita ular". Ekhidna disebut sebagai "Ibu dari Semua Monster". Ekhidna bersarang di sebuah gua yang disebut Arima. Hesiodos menggambarkan Ekhidna sebagai monster raksasa yang bersama pasangannya, Tiphoeus atau Tifon, melahirkan berbagai monster mengerikan di mitologi Yunani.

Ekhidna kemungkinan adalah keturunan dari Tartaros dan Gaia, atau Keto dan Forkis. Tubuh bagian atasnya adalah wanita tapi bagian bawahnya adalah ular. Ekhidna juga sering digambarkan bersayap atau memiliki dua ekor. Suatu hari, Ekhidna dan pasangannya menyerang dewa-dewa Olimpus, Zeus mengalahkan mereka dan mengurung Tifon di bawah Gunung Etna. Namun, Zeus membiarkan Ekhidna dan anak-anaknya tetap hidup sebagai tantangan untuk para pahlawan. Ekhidna adalah monster yang awet muda namun tidak abadi. Ekhidna mati dibunuh oleh raksasa bermata seratus, Argus Panoptes.

6. Lilith
Mahluk Mitologi cantik
Lilith adalah iblis betina berasal dari Babilonia yang suka mencuri anak-anak manusia. Orang-orang Ibrani mengadopsi ini dan menganggap Lilith adalah istri pertama Adam yang sama-sama diciptakan dari tanah. Karena sama-sama dari tanah, Lilith menganggap posisinya setara dengan Adam. Adam menolak persamaan ini, dan Tuhan membuang Lilith jauh dari surga. Lilith bertemu dengan Lucifer dan dari hasil penyatuannya lahirlah jutaan iblis-iblis penggoda manusia.

7. Lamia
Mahluk Mitologi cantik
Lamia adalah monster setengah ular yang suka memakan bayi. Lamia awalnya adalah seorang ratu Libya yang cantik tetapi dia dimurkai oleh Hera. Menurut Diodoros Sikolos, Lamia terlahir sebagai perempuan yang cantik anak dari raja Belos dari Mesir dan sebagai cucu Poseidon dan Lybie. Setelah kematian ayahnya, dia menjadi ratu Libya Lamia disukai oleh Zeus dan mereka pun melakukan hubungan cinta.

Lamia melahirkan beberapa anak dari hubungan tersebut. Hera mengetahui hal tersebut dan membunuh semua anak Lamia. Lamia menjadi gila karena anak-anaknya mati dan kemudian mulai memakan anak-anak orang lain. Lama-kelamaan dia berubah menjadi monster.

8. Hamadriad
Mahluk Mitologi cantik
Hamadriad adalah makhluk supernatural yang tinggal di pepohonan dalam mitologi Yunani. Mereka adalah golongan khusus kaum Nimfa. Hamadriad lahir di pepohonan khusus dan memiliki hubungan yang sangat erat dengan pohon yang menjadi tempat tinggalnya. Jika pohon yang didiaminya mati, maka ia akan ikut mati. Karena itu, Driad dan para dewa akan menghukum siapa saja yang menyakiti pepohonan.. GO GREEN!!!

9. Empousa
Mahluk Mitologi cantik
Empousa adalah monster anak buah Hekate di dunia bawah. Dia sering dikelompokkan bersama makhluk-makhluk dunia bawah seperti Lamia dan Mormo.

Empousa adalah wanita cantik anak dari dewi Hekate dan Mormo. Dia menghisap darah pria ketika mereka sedang tertidur. Empousa digambarkan memakai sandal dari kuningan dan memiliki rambut api. Dalam perkembangan selanjutnya, Empousa dikenal sebagai makhluk yang dikirm oleh Hekate untuk berjaga di tepi jalan dan menelan orang yang lewat. Menurut Filostratos, Empousa berlari, bersembunyi dan meneriakkan kata-kata hinaan.

10. Sphinx
Mahluk Mitologi cantik
Sphinx adalah makhluk mitos dengan tubuh singa dan kepala manusia. Sphinx, dalam tradisi Yunani, memiliki paha singa, sayap seekor burung besar, dan wajah dan payudara seorang wanita. Dia adalah berbahaya dan kejam, mereka yang tidak bisa menjawab teka-teki nya mengalami nasib yang khas dalam cerita mitologis seperti mereka melahap utuh dan mentah, dimakan oleh rakasa kelaparan.

Berbeda dengan sphinx Yunani yang perempuan, sphinx Mesir biasanya digambarkan sebagai seorang pria (androsphinx). Selain itu, sphinx Mesir dipandang sebagai dermawan kontras dengan versi Yunani jahat dan dianggap sebagai wali sering mengapit pintu masuk ke kuil.

Teka Teki Sphinx adalah Apa yang Berjalan menggunakan empat kaki di pagi hari, dengan dua kaki pada siang hari, dan pada tiga kaki di malam hari?

Jawaban Teka-Teki Sphinx:
Seorang Manusia, Manusia merangkak Sewaktu bayi Menggunakan 2 kaki dan 2 tangan menjadi Empat alat berjalan, berjalan dengan dua kaki sebagai orang dewasa, dan berjalan dengan tongkat di usia tua.. 2 kaki, 1 tongkat = 3. Tentu saja, pagi siang, dan malam adalah metafora untuk waktu dalam (seseorang) hidup. Metafora seperti ini adalah umum di teka-teki. Odisseus memecahkan teka-teki dari Sphinx, dan Sphinx hancur sendiri.

11. Arachne
Mahluk Mitologi cantik
Arachne adalah seorang penenun Terbaik, Tersopan dan ter-ramah di Hypaepa, sebuah kota di Lydia. banyak pujian yg diberikan kepadanya, itu semua mempengaruhi Sifatnya dan akhirnya Arachne menjadi begitu sombong. Keterampilan sebagai seorang penenun yang ia mulai mengklaim bahwa keahliannya adalah lebih besar dari Athena, dewi kebijaksanaan dan perang serta seni menenun.

Athena sangat marah, setelah Kesombonganya itu melampaui Batas dan akhirnya dewi Athena merubah Arachne menjadi laba-laba. Karena Itu Arachne Berarti "laba-laba" dalam bahasa yunani. Cerita ini menunjukkan bahwa asal-usul tenun terletak pada tiruan dari laba-laba dan yang dianggap telah disempurnakan pertama di Asia.

12. Dziwozona
Mahluk Mitologi cantik
Dziwozona atau Mamuna adalah Gadis Iblis Rawa dalam mitologi Slavia dikenal sebagai jahat dan berbahaya. Paling berisiko menjadi salah satu Iblis setelah kematian yang dianggap Di Bunuh Seperti pembantu, Gadis baru mau menikah, Gadis hamil yang mati sebelum melahirkan, serta anak-anak terlantar. Kadang-kadang mereka membawa keluar Pria-Pria muda untuk menjadi suami mereka. Para Dziwozona memiliki payudara besar yang mereka gunakan untuk menyerang dan membunuh.
09.47 | 0 komentar | Read More

Senjata untuk membunuh Vampir di abad 19

Kisah tentang keberadaan vampir memang berasal dari abad 18 - 19, dan kisah tentang vampir kebanyakan berasal dari daratan Eropah. Berikut beberapa peralatan yang digunakan untuk membunuh vampir dari abad 19 yang sebagian dilelang untuk masyarakat.
Peralatan Untuk Membunuh Vampir Abad 19
(Vampire-slaying kit from 19th c. dari Rumania)
Peralatan Untuk Membunuh Vampir Abad 19
(Quack 19th cen. vamp-hunting kits dari Austria)

Peralatan Untuk Membunuh Vampir Abad 19

Peralatan Untuk Membunuh Vampir Abad 19

Peralatan Untuk Membunuh Vampir Abad 19
09.44 | 0 komentar | Read More

Misteri Laut Setan di Jepang

http://angkatigabelas.blogspot.com/
Sebenarnya,ada suatu perairan di Jepang yang sangat berbahaya bagi aktivitas pelayaran dan penerbangan,sama bahaya dengan Segitiga bermuda/Bermuda Triangle yaitu Japan Devil’s Sea/Laut Setan.
Perairan ini adalah merupakan daerah lautan tenang di Laut Pasifik, 100 KM sebelah selatan Tokyo, yang terletak diantara pulau Ivojima dan Pulau Miyake,tetapi kurang begitu terkenal dibanding Segitiga Bermuda, barangkali karena letaknya yang jauh dari daratan Jepang.
Sementara itu Segitiga Bermuda sangat akrab bagi kalangan pelaut Amerika, yang pada gilirannya menelan banyak kapal dan pesawat.
Kendati demikian,Laut Setan dekat daratan Jepang itu juga bertanggung jawab atas hilangnya beberapa kapal dan pesawat. Antara tahun 1950 dan 1954, didaerah ini telah hilang tidak kurang dari 9 kapal besar tanpa meninggalkan bekas. Pemerintah Jepang sangat menaruh perhatian terhadap daerah ini,dan mengumumkan bahwa ia merupakah daerah berbahaya dan tidak boleh didekati. Pada tahun 1955 pemerintah Jepang mengirim ekspedisi dengan membawa sejumlah pakar menuju daerah tersebut dengan menggunakan kapal Kawamaru. Malangnya Kawamaru lenyap tanpa pesan.
Seorang sarjana Amerika,Ivan Sanderson,yang sangat tertarik dengan semua keanehan tersebut,berusaha melihat letak Segitiga Bermuda dan Japan Devil’s Sea dalam peta. Ternyata dia melihat bahwa kedua daerah tersebut terletak persis digaris bujur antara 30 dan 40 derajat sebelah utara khatulistiwa,luasnya hampir sama
http://angkatigabelas.blogspot.com/
Melalui kesimpulan ini Sanderson melanjutkan pengamatannya pada hal-hal lainnya, dan dia menemukan bahwa terdapat 12 daerah di dunia ini yang sejenis dengan itu. Dua diantaranya di kutub utara dan kutub selatan, sedang sepuluh lainnya terbagi dalam dua jajar, jajaran pertama terletak pada garis bujur 40 derajat sebelah utara, dan jajaran kedua terletak pada garis bujur 40 derajat sebelah selatan khatulistiwa.
Masing-masing tempat terpisah sekitar 72 derajat pada garis lintang. Tempat-tempat tersebut disamping didua kutub utara dan selatan, antara lain adalah dua daerah yang terletak didaratan. Satu di uatara Gurun Pasir Besar Afrika, dan satu lagi di daerah pegunungan barat laut India.
Sanderson mengamati bahwa sebagian besar daerah tersebut memiliki kemiripan satu sama lain, antara lain, dalam letaknya yang berada dikawasan yang mana bertemu arus panas dan dingin, dan bahwasanya tempat2 tersebut dipandang sebagai titik-simpul, karena ia mengarahkan arus air atas dan bawah pada arah yang berlawanan, dan dengan suhu yang berbeda tersebut, dapat menimbulkan gelombang magnetic yang menjadi biang keladi bagi semua kecelakaan itu.Akan tetapi teori Sanderson ini tidak dibangun atas suatu dalil.
Tidak ada suatu apapun yang membuktikan bahwa pertemuan dua aliran air yang berlawanan arah dan dengan suhu yang berbeda dapat menghasilkan gelombang magnetis didalam bumi.
Selain itu, teori Sanderson juga tidak menginprestasikan cara kerja “Kuburan Setan” yang terletak didaratan.Yakni,dua dikutub utara dan kutub selatan, yang ketiga disebelah utara Gurun Besar Afrika, dan yang keempat di pegunungan barat-daya India.
Lebih jauh lagi,teori tersebut gagal menjawab pertanyaan,mengapa kapal-kapal yang menjadi korban ditempat-tempat seperti itu ditinggalkan penumpangnya begitu saja, dan kemana pula mereka pergi? Lalu, peristiwa apa pula yang kelihatannya demikian menakutkan mereka,sehingga mereka meninggalkan kapalnya?
09.43 | 0 komentar | Read More

9 Binatang Mitologi Dunia yang Melegenda (ADA?/TIDAK?)

Karena merupakan mitologi, jadi kemungkinan ada masih dipertanyakan. Walaupun begitu, keyakinan dan kepercayaan yang berkembang di masyarakat meyakini bahwa sesungguhnya binatang dibawah ini benarlah adanya. Dan berikut 9 Binatang Mitologi Dunia yang melegenda.

1. Cerberus
Binatang Mitologi
Cerberus adalah anjing raksasa berkepala 3 yang menjaga pintu masuk ke Hades. Cerberus adalah anak dari Typhon dan Echidna. dalam legenda Yunani disebutkan bahwa Orpheus, Aeneas dan Odysseus mampu melewati Cerberus dan masuk ke dunia bawah atau Hades.

2. Pegasus
Binatang Mitologi
Pegasus adalah seekor kuda yang memiliki sayap putih lebar. Dalam mitologi yunani disebutkan bahwa pegasus lahir dari darah Medusa saat Perseus memenggal kepalanya. Disebutkan juga bahwa Pegasus ditunggangi oleh Bellerophon untuk melawan Chimera.

Dijinakkan oleh Bellerophon dan melayaninya di gunungnya selama petualangannya termasuk ketika Bellerophon membunuh Chimera. Ketika Bellerophon ingin menerbangkan Pegasus ke gunung Olympus, dia dihempaskan oleh Zeus. Tetapi Pegasus tetap terbang dan berhasil tiba di gunung Olympus. Di sinilah Pegasus menghabiskan hari-harinya dengan membawakan petir untuk Zeus.

3. Phoenix
Binatang Mitologi
Phoenix adalah burung legenda yang mirip seekor elang tapi memiliki warna merah menyala seperti api yang terbang di angkasa. Phoenix disebut berasal dari matahari. Phoenix adalah burung api mitologi dari Mesir kuno dimana digambarkan sebagai burung yang mati oleh api dan dilahirkan kembali dari api.

Biasanya digambarkan mempunyai bulu emas dan merah. Pada akhir kehidupannya, Phoenix diceritakan membangun sarang dari ranting kayu manis dimana kemudian terbakar. Burung musnah oleh api tapi kemudian Phoenix baru yang masih muda muncul dari api yang sama. Diyakini masa hidup Phoenix adalah 500-1461 tahun. Airmata Phoenix dipercaya bisa menyembuhkan luka.

4. Buraq
Binatang Mitologi
Buraq adalah mahluk mitologi yang berasal dari arab. buraq dipercaya membawa nabi Muhammad SAW hijrah dari masjidil haram ke masjidil aqsa kemudian terbang ke langit ke 7 untuk menerima wahyu kitab suci Al-Quran hanya dalam semalam. peristiwa ini dinamakan Isra Mi’raj.

Buraq merupakan seekor binatang yang rupanya seperti kuda. ukurannya sedikit lebih kecil daripada kuda tapi lebih besar dari keledai. lariannya secepat kilat. Buraq akan memanjangkan kaki belakangnya ketika ia mendaki manakala akan memanjangkan kaki depannya pula apabila ia menurun. menggerak-gerakkan telinga dan kakinya adalah kebiasaan buraq. di samping rupanya yang cantik, terdapat sayap pada kedua pahanya yang membantu kecepatan lompatannya.

5. Dragon/Naga
Binatang Mitologi
Dragon atau naga adalah hewan dengan ukuran yang sangat menakjubkan. Mereka berbentuk reptil dan terkadang memiliki beberapa kepala dan dapat menghembuskan nafas api. Naga dipercaya dapat ditaklukan lewat musik. Naga juga disebut-sebut sebagai dewa oleh beberapa suku.

6. Chimera
Binatang Mitologi
Chimera mempunyai 3 kepala, yaitu singa, kambing dan ular. badannya juga merupakan campuran dengan badan bagian depan singa, tengah kambing, dan ular untuk ekornya. dia mengeluarkan napas api. dia memporak-porandakan Lycia, membunuh sapi dan membakarnya sampai akhirnya ia dibunuh oleh Bellerophon.

7. Kirin
Binatang Mitologi
Kirin atau Qilin adalah mahluh setengah naga setengah kuda, pada awalnya berasal dari mitologi China namun tersebar ke seluruh asia timur. Hewan nyata yang dianggap ‘mendekati’ kirin adalah jerapah, konon jerapah pernah dianggap sebagai Kirin.

Dalam mitologi China, kirin adalah hewan suci yang memiliki sifat baik, namun kirin bisa menjadi hewan yang buas dan mengerikan saat terancam. Konon kirin hanya muncul di tempat-tempat yang dikuasai oleh penguasa yang baik dan bijaksana.

8. Kraken
Binatang Mitologi
Kraken adalah seekor monster yang digambarkan sebagai makhluk raksasa yang berdiam di lautan wilayah Islandia dan Norwegia. Makhluk ini disebut sering menyerang kapal yang lewat dengan cara menggulungnya dengan tentakel raksasanya dan menariknya ke bawah.

Kata Kraken sendiri berasal dari Kata “Krake” dari bahasa Skandinavia yang artinya merujuk kepada hewan yang tidak sehat atau sesuatu yang aneh. Kata ini masih digunakan di dalam bahasa jerman modern untuk merujuk kepada Gurita. Jika kamu pernah menonton film "Pirates of The Caribbean 2", sosok gurita ini muncul menghancurkan kapal-kapal laut.

9. Kappa
Binatang Mitologi
Mungkin kamu tidak terlalu kaget saat pertama kali melihat gambar makhluk ini. Bentuknya mirip setan kecil, sering juga disebut monyet air. Seekor Kappa memiliki lekukan di atas kepalanya dan lekukan itu dipenuhi air dari mata air asli. Jika air tersebut tumpah, kekuatan magisnya hilang.

Kappa biasanya minum darah, tapi itu tergantung apakah dia baik atau jahat. Kappa suka mentimun, dan apabila ada keluarga yang ingin dilindungi Kappa atau menghindari kesialan, mereka biasanya menulis nama mereka di mentimun dan melemparnya di kolam Kappa. Makhluk ini dikenal sopan dan selalu menepati janji.

Yang aneh dalam cerita Kappa di cerita rakyat Jepang adalah banyaknya versi Kappa yang berbeda. Ada Kappa bermata satu, Kappa berbulu, Kappa penakut, Kappa pendaki gunung dan bahkan pesta Kappa.
09.40 | 0 komentar | Read More

[Renungan] Karena Kamu lah adalah Tulang Rusuk-ku

Dada ini longar bila tanpa penyangga, dada ini akan terasa terhimpit bila tulang yang ada tak mampu mempu menopang desah nafas. Itulah tulang rusuk, tulang rusuk suami ada pada istri dan istri sebagai penopang kehidupan suami. Tak lantas beramarah bila rusuk itu kemudian susah untuk diluruskan, dan tak harus jenggah bila suami tak jua segera meluruskan. Yang dibutuhkan adalah pengertian, kesabaran dan saling memberi waktu untuk mengerti. Itulah hakikat cinta sejati pasangan suami-istri.
http://3.bp.blogspot.com/-zm08Ng7WCYA/Ts16JPq_bGI/AAAAAAAAHDg/2x6eJ5S_S_U/s1600/181779_135628173169321_100001664171721_218946_2590161_n.jpg
Karena Kamu Tulang Rusukku
Sebuah senja yang sempurna, sepotong donat, dan lagu cinta yang lembut. Adakah yang lebih indah dari itu, bagi sepasang manusia yang memadu kasih? Raka dan Dara duduk di punggung senja itu, berpotong percakapan lewat, beratus tawa timpas, lalu Dara pun memulai meminta kepastian. ya, tentang cinta.
Dara : Siapa yang paling kamu cintai di dunia ini?
Raka : Kamu dong?
Dara : Menurut kamu, aku ini siapa?
Raka : (Berpikir sejenak, lalu menatap Dara dengan pasti) Kamu tulang rusukku! Ada tertulis, Tuhan melihat bahwa Adam kesepian. Saat Adam tidur, Tuhan mengambil rusuk dari Adam dan menciptakan Hawa. Semua pria mencari tulang rusuknya yang hilang dan saat menemukan wanita untuknya, tidak lagi merasakan sakit di hati.”

Setelah menikah, Dara dan Raka mengalami masa yang indah dan manis untuk sesaat. Setelah itu, pasangan muda ini mulai tenggelam dalam kesibukan masing-masing dan kepenatan hidup yang kain mendera. Hidup mereka menjadi membosankan. Kenyataan hidup yang kejam membuat mereka mulai menyisihkan impian dan cinta satu sama lain. Mereka mulai bertengkar dan pertengkaran itu mulai menjadi semakin panas. Pada suatu hari, pada akhir sebuah pertengkaran, Dara lari keluar rumah. Saat tiba di seberang jalan, dia berteriak,

“Kamu nggak cinta lagi sama aku!” Raka sangat membenci ketidakdewasaan Dara dan secara spontan balik berteriak,

“Aku menyesal kita menikah! Kamu ternyata bukan tulang rusukku!” Tiba-tiba Dara menjadi terdiam ,

Berdiri terpaku untuk beberapa saat. Matanya basah. Ia menatap Raka, seakan tak percaya pada apa yang telah dia dengar. Raka menyesal akan apa yang sudah dia ucapkan. Tetapi seperti air yang telah tertumpah, ucapan itu tidak mungkin untuk diambil kembali. Dengan berlinang air mata, Dara kembali ke rumah dan mengambil barang-barangnya, bertekad untuk berpisah. “Kalau aku bukan tulang rusukmu, biarkan aku pergi. Biarkan kita berpisah dan mencari pasangan sejati masing-masing.”

Lima tahun berlalu. Raka tidak menikah lagi, tetapi berusaha mencari tahu akan kehidupan Dara. Dara pernah ke luar negeri, menikah dengan orang asing, bercerai, dan kini kembali ke kota semula. Dan Raka yang tahu semua informasi tentang Dara, merasa kecewa, karena dia tak pernah diberi kesempatan untuk kembali, Dara tak menunggunya. Dan di tengah malam yang sunyi, saat Raka meminum kopinya, ia merasakan ada yang sakit di dadanya. Tapi dia tidak sanggup mengakui bahwa dia merindukan Dara. Suatu hari, mereka akhirnya kembali bertemu. Di airport, di tempat ketika banyak terjadi pertemuan dan perpisahan, mereka dipisahkan hanya oleh sebuah dinding pembatas, mata mereka tak saling mau lepas.

Raka : Apa kabar?
Dara : Baik… ngg.., apakah kamu sudah menemukan rusukmu yang hilang?
Raka : Belum.
Dara : Aku terbang ke New York dengan penerbangan berikut.
Raka : Aku akan kembali 2 minggu lagi. Telpon aku kalau kamu sempat. Kamu tahu nomor telepon kita, belum ada yang berubah. Tidak akan ada yang berubah.
Dara tersenyum manis, lalu berlalu.
“Good bye….”

Seminggu kemudian, Raka mendengar bahwa Dara mengalami kecelakaan, mati. Malam itu, sekali lagi, Raka mereguk kopinya dan kembali merasakan sakit di dadanya. Akhirnya dia sadar bahwa sakit itu adalah karena Dara, tulang rusuknya sendiri, yang telah dengan bodohnya dia patahkan.

“Kita melampiaskan 99% kemarahan justru kepada orang yang paling kita cintai. Dan akibatnya seringkali adalah fatal”
09.36 | 0 komentar | Read More

(Cerita Horor)Sebuah Pengalaman Misteri di Gunung Bayan

Hay nama saya Rico, met kenal ya. Saya mau cerita tentang pengalaman misteri saya di Kalimantan Timur tepatnya di Kutai Barat Gunung Bayan. Kejadian ini tepatnya pada tahun 2007 silam, dimana saya berkerja di suatu perusahaan tambang.
http://www.jneil.com/airscapes/2002_nov/img/silhouette.jpg
Begini ceritanya, pada malam itu saya ditugaskan masuk malam, dimana dept.operation tempat saya berkerja lagi kekurangan orang. Sebagai orang baru saya punya inisiatif mengajukan diri untuk membantu team malam supaya semua pekerjaan bisa kita back up.

Tapi dari inilah semua kejadian berawal. Jam 3 sore saya pulang ke camp dengan maksud beristirahat, dan akhirnya saya tertidur pulas sampai jam 5 sore. Didalam tidur saya didatangin seorang wanita yang cantik banget dengan menggunakan busana/pakaian khas dayak. Kalau saya amatin sih dia seperti seorang putri gitu.. sampai akhirnya saya terbangun karena anak buah saya membangunkan saya.

Pas jam 5.30 saya ngerasa berbeda, bukan seperti biasanya. Saya punya perasaan yang aneh, saya ngerasa sepertinya akan ada sesuatu terjadi malam ini. Dalam perjalanan menuju area yang akan saya kerjakan, saya bersama crew saya bercerita tentang wanita.. dimana cerita crew saya agak kotor dan membayangkan hal2 lain nya..

Saya sudah mencegah mereka untuk tidak membicarakan hal yang tak sepatutnya, tapi 4 orang crew saya berkata "Bagus lagi kalau emank ada mas, kan kita bisa kecengin". Dalam perjalanan ke lokasi itu perasaan saya seperti ada yang aneh. Setibanya di depan pintu masuk lokasi dimana di daerah situ masih hutan belantara tiba2 mobil yang saya bawa mogok.

Pada saat mobil itu mogok saya memberanikan keluar untuk memeriksa mobil saya, hanya ditemanin 1 orang memegang senter dan 3 orang didalam mobil.. dan akhirnya saya memutuskan menunggu crew service untuk perbaikan.

Tepatnya jam 9.30 malam perasaan aneh dalam hati saya semakin terasa. Gak lama dari simpang jalan saya melihat seorang wanita yang saya tak bisa bandingkan kecantikan nya dengan wanita lain. Secara sadar saya melihat wanita itu terus mendekatin kami. Setelah sampai wanita itu bertanya, "Apa yang kalian lakukan disini?". Saya menjawab dengan sopan kalau mobil kami rusak. Terus saya ditanya, kamu gak takut ada apa disini, dan saya bilang selama niat hati saya baik ga akan ada yang ganggu. Tetapi ga tau kenapa semua crew saya lari terbirit-birit dan saya panggil mereka, "Kenapa kalian?". Tapi tidak dijawab. Kemudian saya bertanya2 dalam hati, kenapa mereka ya??

Tapi saya cuek aja, dalam hati saya berkata selama masih ada senter saya ngerasa aman. Gak lama wanita itu bertanya lagi, "Kenapa ya teman2mu?". Kemudian saya jawab, "Gak tau tuh dasar aneh". Selama perbincangan itu, saya ngerasa enjoy aja. Kami berbicara banyak, dari kerja sampai suku yang tinggal didaerah ini. Tapi anehnya saya ga ngerasa apa2, wanita itu cerita tentang kehidupan nya dia dan segala hal soal kehidupan suku nya. Saya hanya terkagum2 dengan cerita nya dan kecantikan dia tentu nya.

Gak lama tepatnya jam 11.00 malam akhirnya datang juga crew service, dan wanita itu pamitan ma saya sambil berkata kalau tuan nya suka sama saya. Saya dikasih foto sama dia seorang cewek dan anehnya foto itu adalah cewek yang saya mimpi kan sebelumnya. Pas saya menoleh kearah mobil yang datang, saya mau antar tuh wanita sebagai rasa terima kasih saya tetapi tiba2 dia hilang. Saya ngerasa aneh dan pegang kepala saya, sambil bertanya2 kemana wanita itu??

Gak lama saya mendengar crew service dan crew saya datang mendekat. Kalian semua pasti gak percaya dengan perkataan mereka. Dengan muka pucat crew saya berkata, "Pak Rico kenapa gak lari??". Kemudian saya bertanya, "Emank nya kenapa?". Akhirnya mereka cerita kalau wanita yang bicara dengan saya tadi setengah dari wajahnya rusak alias hancur dan kakinya tidak ada hanya setengah badan. Saya kemudian termenung dan mereka mengagetkan saya dengan pertanyaan "Mas Rico ga sadar ya tadi?". Terus saya ceritakan ke mereka kalau yang saya liat adalah sesosok wanita yang cantik dan keibuan. Saya bercerita tentang banyak hal dengan wanita itu, seolah mereka gak percaya dengan yang saya katakan. Karena mereka ga percaya, akhirnya saya tunjukkan sebuah foto, di foto itu ada foto seorang cewek dengan baju adat khas suku Dayak. Mereka semua terheran2 melihat foto itu.

Besoknya saya dibawa ke kepala suku Dayak disitu dan kepala suku itu menjelaskan kalau wanita itu adalah seorang putri Dayak, dan putri itu merupakan rebutan dari semua lelaki yang ada di kampung itu termasuk leluhur dari bapak kepala suku itu. Putri itu tidak menikah dan meninggalkan sukunya bersama dayang2 pergi kehutan dan tidak ditemukan lagi, dan wanita yang saya temukan itu adalah dayang dari putri itu.

Betapa saya kaget, tapi saya tetap berusaha tenang. Cerita ini tidak berakhir disitu saja, dan hari esok nya saya bermimpi lagi soal wanita itu dan dia berkata seandainya kamu lahir dijaman saya, saya gak akan kesepian seperti ini.. dan saya terbangun. Pada saat saya bangun, saya melihat dayang dan putri itu berdiri didepan saya. Dari hari itu mata saya bisa melihat hal2 gaib dan tak bisa membedakan yang mana bayangan yang mana yang asli.

Mungkin teman2 akan berfikir saya bohong, tapi inilah kehidupan di Kalimantan, antara dunia maya dan nyata begitu tipis karena masalah tahyul masih kental.

Saya akan menceritakan lagi beberapa kejadian aneh di beberapa lokasi saya kerja. Terima kasih all, saya bisa sharing pengalaman misteri disini. Maaf kalau tulisannya agak kacau.
source
09.30 | 0 komentar | Read More

ADAKAH MISTERI ULAR RAKSASA DI KALIMANTAN


a

Dear All,

14 Januari 2010 yang lalu, masyarakat Kutai Barat (Kubar), khususnya warga Mahakam Ulu, geger karena munculnya sepasang ular raksasa. Ular itu melintas di Sungai Mahakam.

Ukuran ular itu memang luar biasa. Diameternya sekitar 60 sentimeter dan panjangnya sekitar 40 meter. Ular raksasa itu terlihat di permukaan air di Riam Haloq, Kampung Long Tuyoq, Kecamatan Long Pahangai.

Ular raksasa yang diyakini masyarakat Suku Dayak sebagai naga itu terlihat pada Jumat (29/1). Saat itu sebuah longboat dari Long Bagun menuju Long Pahangai. Longboat tiba siang hari di Kampung Long Tuyuq, hulunya Riam Haloq. Saat itulah penumpang longboat melihat sepasang ular raksasa melintas di permukaan Sungai Mahakam dari arah berlawanan.

Karena takut diserang, pengemudi longboat segera menepikan longboat ke tepi sungai karena khawatir menjadi korban. “Ternyata kedua naga itu berjalan terus dan tidak merasa terganggu kehadiran longboat,” tutur Dodik, yang mendengar cerita dari keluarganya di Mahakam Ulu.

Kesempatan itu dimanfaatkan para penumpang untuk memotret sepasang ular itu menggunakan ponsel berkamera. Di wilayah Kubar sendiri foto ular raksasa itu telah tersebar dan masyarakat menjadi heboh.

Menurut seorang warga Kampung Lutan, Kecamatan Long Hubung, ada dua naga yang terlihat. Satu naga diyakini berjenis jantan karena memiliki dua tanduk. Naga lainnya betina karena tidak bertanduk. Kedua ular berkulit hitam dan memiliki empat kaki. Panjang tubuhnya sekitar 40 meter dengan diameter 60 sentimeter.

Ia menambahkan, sebelumnya di Long Tuyoq bahkan ada seorang warga dan anaknya yang sedang berburu babi, melihat ular raksasa tersebut. Saking kagetnya, sang anak sampai tidak bisa berbicara hingga kini.

Menurut kepercayaan masyarakat setempat, kemunculan naga bagi Suku Dayak adalah sebuah pertanda, yakni pemberitahuan akan turun hujan lebat yang diiringi banjir yang terjadi tiga hari setelah kemunculan ular raksasa. Hal itu lebih meyakinkan karena sejak Senin (1/2) hingga Rabu (3/2), air Sungai Mahakam meluap dan mengakibatkan banjir yang melanda beberapa kecamatan di sepanjang Sungai Mahakam. Di antaranya Long Bagun, Laham, Long Hubung, Long Iram, Tering, Melak, Muara Pahu, Penyinggahan, dan Mook Manaar Bulatn.

Sulit Akses
Kampung Long Tuyoq terletak di Kecamatan Long Pahangai. Memiliki luas 126,95 kilometer persegi dan dihuni mayoritas Suku Dayak Bahau Busang. Mereka tinggal di sepanjang Sungai Mahakam dengan mata pencarian sebagai petani tadah hujan, karet, vanili, berburu, dan penambang emas tradisional.

Long Tuyoq merupakan daerah yang terpencil sehingga akses menuju ke sana cukup sulit. Dari Samarinda jika menggunakan pesawat kecil DAS, membutuhkan waktu satu jam hingga di Datah Dawai. Setelah itu harus melanjutkan perjalanan dengan ketinting menuju hilir Sungai Mahakam, membutuhkan waktu sekitar dua jam. Jika menggunakan longboat, butuh waktu satu jam.

Sedangkan jika menggunakan kapal motor (taksi air) dari Samarinda menuju Long Bagun membutuhkan waktu dua hari. Dari Long Bagun dilanjutkan dengan menggunakan speedboat, tarifnya Rp 500 ribu per orang. Sedangkan longboat Rp 400 ribu per orang.

Butuh waktu 12 jam dari Long Bagun sampai di Long Tuyoq. Jalur sungai yang dilewati penuh tantangan dan risiko karena harus menghadapi keganasan riam-riam yang ada di sepanjang Sungai Mahakam. Riam yang dikenal paling ganas yaitu Riam Panjang dan Riam Udang, di sana terdapat batu-batu karang yang tajam serta pusaran air yang siap menelan perahu jika tak berhati-hati melintas. Di kanan-kiri Sungai Mahakam menuju Kampung Long Tuyoq ditumbuhi pohon-pohon besar seukuran tubuh kerbau.

Sebelumnya, pada Februari 2009 lalu, Kalimantan juga bikin heboh dunia, saat muncul sebuah foto udara yang memperlihatkan ular raksasa tengah melintas di sebuah sungai di Sarawak, Malaysia. Ular raksasa itu berenang di Sungai Baleh, Sibu, Serawak, bagian utara Kalimantan.

Sebuah foto ular raksasa terlihat berenang melenggak-lenggok di sebuah sungai tropis yang dikelilingi oleh hutan gambut. Ular berwarna hitam itu sangat besar, hampir memenuhi sungai yang terletak di tengah-tengah hutan rawa yang rimbun. Air beriak di kiri kanannya. Kabarnya, foto itu diambil dari sebuah helikopter, 11 Februari 2009 lalu.

Foto itulah yang menjadi perdebatan. Kalimantan memang memiliki ular-ular raksasa. Namun selama ini, ular yang besar yang baru ditemukan adalah sejenis sanca atau python atau masyarakat Kalimantan menyebutnya ular sawah, yang panjangnya belasan meter.

Namun ular yang terlihat di foto dan beredar luas di internet, termasuk Youtube itu, jauh lebih panjang dan besar dibanding temuan python. Diperkirakan panjangnya 100 kaki atau sekitar 33 meter.

Gambar tersebut diambil oleh anggota tim wilayah bencana banjir yang kemudian diterbitkan oleh Utusan Sarawak, sebuah koran lokal. New Straits Times di Kuala Lumpur juga memuat foto tersebut yang kemudian dirilis oleh The Telegraph, Inggris.

Ada juga yang tidak memercayai foto itu dan menganggapnya rekayasa semata. Hal ini karena terlalu jauhnya pengambilan gambar ular tersebut. Benar atau tidak, foto itu sudah membuat masyarakat di sekitar Serawak, khususnya Sibu, ketakutan. Sebab, sungai itu merupakan urat nadi transportasi masyarakat selama ini.

Berdasarkan legenda yang hidup di masyarakat setempat, memang dipercaya tentang adanya ular besar di kawasan tersebut yang bernama “Nabau”. Menurut kepercayaan, Nabau merupakan ular dengan panjang 80 meter dengan kepala naga dan tujuh lubang hidung. Masyarakat desa yang tinggal di Sungai Baleh Borneo memercayai makhluk mistik tersebut. Selain itu, masyarakat memang sering melihat ular-ular besar di kawasan itu.

Nah, bila kedua foto itu asli, apakah ular yang terlihat itu sejenis python atau anaconda? Hingga kini memang belum ditemukan adanya anaconda di Kalimantan.

Rekor ular terpanjang saat ini memang anaconda (eunectes) dari Amazon. Anaconda merupakan keluarga boa. Panjang anaconda yang terbaru ditemukan adalah 50 kaki, namun para ilmuwan percaya ada anaconda yang panjangnya 80 kaki, bahkan 100 kaki dari temuan kulit ular tersebut oleh sebuah ekspedisi ilmuwan Inggris tahun 1992. Dalam keluarga anaconda, menurut situs lingkungan Mongabay, yang terbesar adalah anaconda hijau (Eunectes murinus). Panjangnya mencapai 43 meter.

Python Asia adalah ular terpanjang kedua. Ilmuwan menyebutnya Asiatic Reticulated Python (Python reticulatus). Python terpanjang yang ditemukan di kawasan Kalimantan panjangnya 33 kaki, dan merupakan rekor dunia sanca terpanjang saat ini. Para ilmuwan percaya panjang python bisa mencapai 50 kaki atau sekitar 15 meter.

Bedanya, anaconda lebih langsing dan ahli berenang. Sementara python lebih gemuk dan hanya suka kelembapan, bukan di air. Anaconda menggigit mangsanya sampai mati sebelum menelan, sementara python menggunakan kekuatannya dengan membalut mangsa sampai tulang-belulangnya hancur atau tak bergerak lagi, kemudian ditelan bulat-bulat.

Awal Februari tahun lalu, para ilmuwan juga menemukan fosil ular seberat sebuah mobil kecil. Ular itu diperkirakan bisa melumat binatang seukuran sapi. Monster sepanjang 45 kaki bernama Titanoboa ini sangat besar dan hidup dengan memakan buaya dan kura-kura raksasa. Beratnya mencapai 1,25 ton. Ia biasa merayap di sekitar hutan-hutan tropis Amerika Selatan 60 tahun silam.


Foto ular raksasa Kalimantan yang lainnya diambil di dekat sebuah desa terpencil.

Mitos seperti Ular Raksasa di Kalimantan ini, hampir sama dengan beberapa mitos di Negara lainnya seperti Monster Lochness di Skotlandia, Bigfoot di Amerika Serikat dan Yeti di Pegunungan Himalaya.

Repoter Nyamuk melaporkan untuk MPiers

Sumber : Kompas.com
09.29 | 0 komentar | Read More

Keindahan Indonesia Di GOOGLE Earth

1. Sumber Cerita Rara Jonggrang

2. Monas Kebangaan Kita

3. Hutan di Kalimantan

4. Candi Borobudur

5. Pantai Kuta, Bunaken, Danau toba



6. Gunung Bromo

7. Lumpur Lapindo

8. Pegunungan Jaya Wijaya - Papua

9. Bandara Soekarno Hatta


09.26 | 0 komentar | Read More

YANG TERBARU DARI BAGINDAERY

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...