GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Arti dan Makna Lagu-Lagu Dewa 19

Written By Situs Baginda Ery (New) on Selasa, 11 Februari 2014 | 20.15

Gambar preview ( Mencoba ) Mengartikan Arti Lagu Dewa 19
( Mencoba ) Mengartikan Arti Lagu Dewa 19
Disni saya sekedar mencoba menafsirkan sedikit beberapa lagu dari Dewa 19 menurut versi saya. Mungkin TCVers punya penafsiran lain tentang lagu Dewa, bisa kita diskusikan sama" .
________________________

MISTIKUS CINTA (terinspirasi dari Syekh EL Jallaludin Rumi)

Lirik : Ketika pertama kali jiwaMu ingin selalu. dekat dengan jiwaku yang belum bisa memahami segala. Arti pertemuan ini arti cumbu rayu ini. Yang mungkin bisa mengungkapkan kenyataan hidup yg terjadi.

Maksudnya: Seorang yg menempuh jalan menujuNya seakan-akan merasa bahwa ia yang menuju dan ingin mendekat kepada Nya, padahal sebetulnya DIA-lah yang mendekat dahulu sehingga orang tersebut berinisiatif untuk berjalan di JalanNya (karena pada hakikatnya semua intuisi , keputusan , tindakan adalah kehendakNYA, bukan kehendak orang/manusia).

Lirik : Ketika jiwaMu merasuk kedalam aliran darahku dan meracuniku. Ketika jiwaMu memeluk hatiku dan biarkan jiwaku cumbui jiwaMu

Maksudnya: Lalu pada saat kita mulai mantap di Jalan Nya, kita akan merasakan tahapan di mana kita menyadari KehadiranNya, maka di manapun kita berada ke manapun kita memandang di sanalah Wajah-Nya (itulah makna logo sampul album LASKAR CINTA). Pada saat itulah terjadi Mabuk Illahi/Ekstase/ KERACUNAN ILAHI.

Lirik : ketika kamu aku melebur menjadi satu. dan hanya waktu yg mungkin bisa memahami apa yg terjadi. apa yg sedang kau rasa. apa yang sedang kurasa adl CINTA yang tak bisa dijelaskan dgn kata-kata.

Maksudnya : Dan pada tahap terakhir perjalanan spiritual terjadilah apa yg orang bilang dengan Wahdahtuh Syuhud / PENYATUAN KESAKSIAN. Di situlah terwujud kalimat tertinggi / terindah LA ILAHA ILALLAH / tiada Tuhan selain Allah /YANG ADA HANYA ALLAH SATU. di sini nurani kita sudah memancarkan cahaya ILLAHI kembali seperti waktu kita terlahir ke dunia dan ruh kita benar-benar terbebas dari bisikan syetan. Yang dapat mencapai kondisi ini ya Rosululloh, Khalifah, wali, dan orang-orang seperti kita? wah jauh.
 


NONSENS

Tak ada kebenaran hakiki yang ada cuma hanya Kamu di sana dan akulah milik Mu
Keyakinan akan sebuah kebenaran
Bukanlah kebenaran kebenaran yang sejati
Bila tak benar diuji kebenarannya.

* KEBENARAN hakiki hanyalah milik NYA, kita sering dan bahkan selalu merasa benar cuma dari sudut pandang kita padahal sisi kebenaran sangat banyak. Nah…manusia yang memang sangat terbatas akalnya kadang tidak dapat menerima pernyataan TAK ADA KEBENARAN HAKIKI KECUALI MILIK TUHAN YANG HAQQ. Padahal kebenaran bagi kita belum tentu benar bagi mereka.




HADAPI DENGAN SENYUMAN

Hadapi dengan senyuman
Semua yg terjadi biar terjadi
Hadapi dengan tenang jiwa semua akan baik-baik saja
Bila ketetapan Tuhan telah ditetapkan tetaplah sudah
Tak ada yang bisa merubah dan takkan bisa berubah

# Danny  sebenarnya mengajak agar urusan dunia jangan dimasukkan ke hati, hidup adalah permainan. Hati ini hanyalah kita isi dengan CINTA kepada TUHAN saja. Maka akan ada DAMAI yg tercurahkan RAHMAT ALLAH.


Lirik : Relakanlah saja ini
        Bahwa semua yang terbaik
        Terbaik untuk kita semua
        Menyerahlah untuk menang

# sebetulnya memang kunci kemenangan dunia akhirat memang itu. Menyerah berserah diri memang inti sari Islam Mulia Raya, Islam kan artinya  berpasrah serah diri pada kehendak Nya. Karena segala keputusan itu hanya ALLAH yang pegang, bukan karena besarnya usaha kita atau doa kita yang terkabul. Berdoa adalah cara mendekatkan diri kepada ALLAH, ALLAH tetap memberi rahmat kepada orang yang tidak berdoa kepada-Nya kan?.



AKU TETAPLAH AKU

Aku tetaplah aku begini
Kamu tetaplah kamu begitu
Aku tetaplah aku.

#ini sama aja ----> LAKUM DINUKIM WALIYADIN. Agamamu bagimu , agamaku bagiku bahkan bisa juga: Pemahamanmu bagi mu, pemahamanku bagi ku.


KULDESAK

Tolonglah TUHAN
beri petunjukMu jalan yg benar
menuju jalanMU agar tak tersesat dipersimpangan jalan


#Syair ini merupakan Doa Danny agar tidak tersesat karena ada hadist yang mengatakan bahwa di akhir jaman umat islam akan terpecah menjadi 73 aliran.



KOSONG

Kosong yang kini kurasakan
Kau terus membayangi aku
di dalam keramaian aku masih merasa sepi sendiri memikirkan Kamu
Kau genggam hatiku dan Kau tuliskan nama Mu



# ini menceritakan kondisi seseorang yang telah berada pada maqam/tingkatan mencintai ALLAH meski jasadnya berada dalam keramaian/aktivitas dunia tapi hatinya dalam hal ini ruhnya bahkan pikirannya selalu mengingat Allah, karena nama Allah sudah tertulis dan tertanam di hatinya.


HIDUP INI INDAH

Matahari menyinari seisi bumi
seperti Engkau menyinari ruh di dlm jasadku ini
selamanya seperti hujan Kau basahi jiwa yg kering
Hidup ini indah, bila aku selalu ada disisiMu
setiap waktu hingga aku hembuskan nafas yg terakhir dan kitapun bertemu.

# syair lagu ini dari doa, “ALLAAHUMMA NAWWIR QULUUBANAA BINUURI HIDAYATIKA KAMAA NAWWARTAL ARDHLO BI NUURI SYAMTIKA ABADAN ABADAN ABADAN BIROHMATIKA YAA ARHAMAR ROHIMIIN”.

Dhani mengingatkan penggemarnya agar selalu bersyukur kpd TUHAN setiap saat, karena Dhani mengetahui dalam ALQURAN sangat sedikit sekali umat yg bersyukur.

“Dan Ingatlah ketika Tuhanmu memberitahukan, jika kamu bersyukur, niscaya aku benar-benar akan menambahkan nikmat-Ku kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari nikmat-nikmat-Ku, sungguh azab-Ku sangat pedih”. (QS.Ibrahim,14:7)


JIKA SURGA DAN NERAKA TAK PERNAH ADA

Jika surga dan neraka tak pernah ada masihkah kau sujud kepadaNya
Apakah kita semua benar-benar sujud menyembah padaNya
Atau kita memang hanya takut pada neraka dan inginkan surga


#lagu ini juga diprotes oleh sebagian ulama, karena Danny dianggap menyebarkan aliran yang tidak mau surga dan neraka. Beberapa ulama memang berpendapat bahwa seorang hamba tidak akan bisa mencintai Allah, jadi hubungan manusia dengan Tuhan hanya sebatas ketaatan bukannya kecintaan. Jika kita mau berlogika, seorang direktur perusahaan akan lebih menyukai seorang pekerja yang motivasi kerjanya karena memang suka dan senang bekerja pada sang direktur daripada seorang pekerja yang motivasi kerjanya karena imbalan uang. Lagu ini merupakan refleksi Danny terhadap kenyataan umat islam di Indonesia, terhadap diri sendiri tentang CINTA-nya kepada TUHAN, terhadap kenyataan ajaran sebagian ulama yang hanya sebatas itung-itungan surga dan neraka serta antara dosa dan pahala.

Tidak sedikit ulama di Indonesia yang hanya mengajarkan agama sebatas pahala dan dosa, padahal dalam setiap niat sholat saja, umat selalu berniat “lillahi ta’allaĆ¢ karena Ridhlo ALLAH saja. Tapi kenyataannya, setiap amalan karena pahala semata.

TUHAN itu hanya satu dan bukan hanya milik orang islam, islam adalah agama untuk seluruh umat, ALLAH adalah TUHANnya seluruh umat. Danny menuliskan dengan ALLAH LORD OF THE LORDS Tuhan dari segala sesuatu yg disebut orang sebagai Tuhan ( pernyataan ini bagi orang yg tidak berpikir dgn akal, tentu akan menganggap bahwa Danny beranggapan bahwa TUHAN itu banyak, padahal Danny hanya melihat kenyataan bahwa Tuhan bagi setiap manusia itu satu tapi berbeda-beda bagi orang laen sehingga jika dihitung jadi banyak). Semoga kita tidak KHUFUR terhadap nikmat TUHAN.

http://www.thecrowdvoice.com/post/mencoba-mengartikan-arti-lagu-dewa-19-2631099.html

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...