ARTIKEL PILIHAN

GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Bacaan Menarik: Cerita | Dilema. Ini Kesedihan atau Kebahagiaan?

Written By Situs Baginda Ery (New) on Sabtu, 28 Desember 2013 | 23.58

http://bacaanmenarikku.wordpress.com/2013/08/22/cerita-dilema-ini-kesedihan-atau-kebahagiaan/
Sesuatu yang tidak pernah saya duga sebelumnya, Ternyata benar-benar saya lihat. Takdir dan kuasa Allah berkehendak atas ini. Dan saya mungkin bisa bersyukur atas apa yang saya lihat saat itu. Walaupun saya tidak dapat merasakannya. Namun hati seakan mampu dan peka untuk merasakan itu semua.
http://gambar.co/wp-content/uploads/2013/02/Bulan-dalam-ranting-555x416.jpg
Bulan puasa tahun lalu membawa kebahagiaan yang teramat indah bagi saya dan keluarga. Abah, Ibuk, saya, dan adek saya turut merasakan sebuah kabar baik yang membahagiakan ini. Bagaimana tidak? Ibuk sekarang tengah mengandung calon malaikat kecil di rumah kami yang sederhana. Benar-benar sebuah kabar yang tidak pernah saya duga sebelumnya. Alhamdulillah saya ucapkan kehadirat Allah yang telah memberi kenikmatan ini. Mengingat dulu sewaktu saya masih menduduki bangku sekolah dasar, saya benar-benar ingin memiliki adik kandung lagi. Ilham, adik pertama dan satu-satunya yang saya miliki dulu, memiliki keterbelakangan mental yang disebut autisme. Entahlah bagaimana adikku bisa mengalami gangguan seperti itu sehingga membuatnya tidak terlalu paham tentang isi hidup ini. Saya menyanyanginya waktu itu. Amat sangat sayang sekali. Sekaligus bersyukur karena saya sebagai anak pertama tidak mengalami apa yang Ilham alami sampai sekarang. Meskipun demikian saya tetap merengek kepada Ibuk untuk ingin adik baru. Hitung-hitung ingin membuat rumah menjadi lebih ramai lagi dengan sepasang orang tua dan tiga orang anak. Sayang impian saya untuk mempunyai adik baru ketika itu kian pupus. Ibuk tidak mau. Sibuk menjadi alasan beliau karena memang ketika itu orang tua saya mengejar karir mereka di bidang kewirausahaan. Apa lagi untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Dan memang dengan umur sebatas menduduki bangku sekolah dasar, saya masih belum bisa mengerti.
Makin lama impian saya untuk memiliki adik kandung lagi hilang. Saya sedikit kebingungan akan Ilham yang tidak bisa sedikitpun diajak untuk mengobrol apapun. Meskipun sesayang apapun, saya makin lama makin bosan saja. Akhirnya tercipta jurang kesenjangan diantara kami berdua. Kami mulai asyik bermain komputer dan laptop sendiri-sendiri. Tanpa adanya komunikasi karena memang Ilham tidak bisa di ajak bicara. Meskipun demikian ini tidak melunturkan rasa kasih sayang di antara kami berdua. Sebagai adik, Ilham benar-benar baik dan tahu siapa saya di matanya. Seorang kakak. Kadang jika membeli jajajn, ia tak lupa untuk membeli sepasang jajan. Satu untuknya sendiri dan satu untukku. Saya pun juga begitu. Membeli jajan sepasang. Kami saling berbagi dalam batin kami masing-masing. Walaupun yang tanpa di luar kami tidak pernah mengobrol. Tapi entahlah kasih sayang sudah tumbuh lama di batin kami masing-masing sejak dahulu.
15 tahun saya mendengar kabar kehamilan Ibuk. Yang memang pada hari=hari terakhir puasa Ibuk selalu mengeluhkan tentang kepalanya yang sering pusing, seakan ingin muntah, merasa lebih cepat lelah dari biasanya. Dan terakhir yang sedikit menakutkan bagi saya adalah ketika Ibuk terjatuh di lantai kamar mandi. Bukan terpleset. Semacam pingsan karena mungkin saking lelahnya. Dan baru diketahui melalui tes bahwa Ibuk ternyata mengandung anak ketiga. Calon adik kedua. Hehe
Berbulan-bulan tak terasa telah berlalu begitu cepat. Kebahagiaan kian terasa ketika mendekati bulan-bulan penghujung usia kandungan Ibuk. Hingga sesuatu memecah kebahagiaan kami selama ini menjadi kepingan-kepingan harapan yang tidak pasti adanya. Di usia kandungan yang ke delapan Ibuk mulai mengeluh lagi. Entah dadanya yang sesak sampai tidak bisa bernafas. Awalnya Abah mengajak Ibuk ke dokter kandungan. Dan seperti biasa dokter selalu menjawab bahwa kondisi Ibuk baik-baik saja. Dan bisa untuk melahirkan dengan normal. Ibuk kian bersemangat dengan kabar itu. Namun semakin penghujung usia kandungan Ibuk pun merasa lebih mudah lelah. Lelah sekali. Bahkan sampai tidak bisa bernafas.
Akhirnya Abah membawa Ibuk ke rumah sakit untuk pemeriksaan yang lebih intensif. Apa yang terjadi dengan Ibuk? Batin saya resah. Setahu saya Ibuk dulu sehat-sehat saja. Tidak pernah mengalami keluhan apapun. Ibuk memang gemuk. Dan mungkin keluhannya hanya pegal di kaki karena tidak kuat menahan beban beratnya terlalu lama. Dan sekali dipijat pun juga langsung baikan.
Dokter pun memberitahukan hasil analisanya kepada Abah dan Ibuk. Otot jantung lemah ternyata menggrogoti Ibuk pelan-pelan. Tanpa terasa. Bisa dibilang Ibuk menderita penyakit jantung. Penyakit yang selama sekian tahun ditakuti oleh semua orang walau hanya sempat mendengarnya saja. Tapi itulah yang terjadi. Jantung Ibuk melemah karena kehamilannya di usia tua. Yaitu 40 tahun.
Saya dengan santainya pulang sekolah. Saya tidak merasakaan perasaan sedikitpun saat bersalaman dan melewati Ibuk selepas pulang sekolah. Saya merasa semuanya baik-baik saja. Tidak ada masalah sedikitpun. Namun dugaan saya benar-benar salah besar. Ba’da maghrib Ibuk memanggil saya ke bawah. Ibuk menjelaskan bahwa beliau mengalami penyakit jantung lemah dan tidak mungkin untuk melahirkan secara normal karena resiko kematian ibu sekaligus anaknya. Ibuk akan menjalani operasi caesar di rumah sakit yang memiliki fasilitas lebih canggih untuk penanganan kondisi Ibuk selanjutnya. Dan mungkin semacam salam perpisahan, Ibuk menngucapkannya kepada saya sembari menangis. Dan saya masih seakan tidak percaya dengan apa yang dikatakan Ibuk.
Rumah sakit internasional Mitra Keluarga yang berada di Surabaya menjadi tujuan terakhir Abah dan Ibuk setelah bingung kemana lagi harus mendapat penanganan. Sebelum di beberapa rumah sakit lain, para dokter menolak ketika Abah menyodorkan laporan analisa tentang kondisi jantung Ibuk. Ini merupakan kondisi yang berbahaya dan terlalu beresiko untuk di lakukan. Di Mitra Keluarga akhirnya Ibuk melakukan operasi caesar. Melahirkan dengan jalan tidak normal. Kondisi jantung Ibuk sebenarnya parah. Baik normal maupun operasi resikonya hampir sama. Menuju kematian. Hanya saja operasi adalah pilihan terbaik dari yang terburuk untuk Ibuk. Walaupun itu juga bukan pilihan. Namun usaha tetap harus dilakukan. Untuk menyelamatkan nyawa Ibuk, dan adik baru saya.
Rabu, 20 Maret 2013, lahirlah dek Lia ke dunia. Tangisannya terdengar nyaring sewaktu di kamar operasi. Walaupun saya tidak tahu kondisi  yang sebenarnya karena saya hanya mendengarkan ceritanya. Hari itu saya sedikit stress dan bingung membayangkan apa yang terjadi pada Ibuk saya yang selama ini menyayangi saya. Kemarin Abah memang sempat menelepon untuk memberi kabar kepada saya bahwa besok Ibuk akan dioperasi. Dengan doa yang sesering mungkin saya panjatkan untuk Ibuk selama beberapa hari. Seharian Rabu saya kebingungan karena tidak ada kabar sama sekali dari Abah. Baik telepon maupun sms sepatah kata pun. Sampai keesokan harinya pada hari Kamis saya pun menjadi stress tidak karuan dan sampai menangis pada malamnya. Sampai-sampai saya nyaris tidak bisa tidur. Padahal besok masih ada materi pembelajaran untuk menghadapi UN SMP saya yang tinggal sebulan lagi.
Dan minggu depannya saya merasakan sukacita yang amat luar biasa. Ibuk pulang. Beberapa hari seakan beberapa tahun rasanya tidak bertemu Ibuk. Jangankan bertemu. Untuk mengetahui kabar beliau sekarang pun saya tidak sempat. Kepulangan Ibuk benar-benar membawa kebahagiaan yang tak terkira setelah menjalani operasi berat di rumah sakit jauh di luar kota. Terlebih dengan sesosok malaikat kecil yang digendong. Seakan sudah siap untuk meramaikan rumah dengan tangisannya. Dan bersyukur Alhamdulillah saya ucapkan. Karena ternyata Allah memang melihat dan mengetahui ketidaksiapan saya jika Ibuk sudah tidak lagi di samping saya.
Lia Ardhani Rusyda. Nama yang sudah saya persiapkan untuk sosok malaikat kecil itu. Sekarang sudah berumur sekitar lima bulanan. Dan alhamdulillah kondisi si bayi maupun Ibuk sudah membaik. Walaupun Ibuk harus minum dengan takaran cairan yang dibatasi, alhamdulillah sampai sekarang kondisi Ibuk kian membaik. Dan keceriaan memiliki anggota keluarga baru benar-benar kami rasakan. Yap. Bersyukur itu penting sekali ketika selesai melewati badai rintangan hidup yang nyaris tanpa harapan. Setidaknya kami bisa memiliki anggota keluarga baru tanpaaa kehilangan anggota keluarga lama. =)
23.58 | 0 komentar | Read More

Artikel Tentang Cinta: Kisah Cinta yang Berakhir Kesedihan

http://kisahku20.blogspot.com/2013/07/kisah-cinta-yang-berakhir-kesedihan.html
Hai Girl / Boy hari ini gue mau cerita tentang Kisah Cinta yang Berakhir dengan Kesedihan. Sebenarnya ini cerita masih ada sangkut pautnya dengan kisah cinta yang gue alami sekarang ..
Niatnya gue pengen berbagi kisah che ke temen gue tentang kisah cinta yang berakhir dengan kesedihan tetapi temen gue pasti bilang "aduhhhhh bosen deh dengernya pasti ini cerita ada sangkut pauitnya sama loe" ya udah abisnya gue bingung mau ngapain lagi di bulan yang penuh dengan hidayah ini, dari pada gue ngelakuin sesuatu yang gak jelas mendingan gue nulis aja di blog gue ini ..
http://4.bp.blogspot.com/-FINGu0mnxCQ/Tf2zP7PlTyI/AAAAAAAAAD8/m70psAsp5yA/s1600/berpisah.jpg
Okey gak usah tunggu lama lagi, jadi begini ceritanya ...

Berawal dari zaman gue yang masih duduk di bangku SMA, yaaaaa di zaman itu kan biasa lah anak muda lagi tren trennya pacaran. Tetapi kalau gue gak juga che, soalnya gue yakin jodoh udah ada yang atur kooo Allah. Disuatu ketika gue ketemu temen lama gue, dia membawa seorang temannya ya kita sebut saja namanya Iwan ..

Entah ada angin apa yang membuat mata gue tertujuh kepada dia, "dari mata turun kehati" kata-kata itu pas banget tuh buat gue yang saat itu gue alami. Akhirnya gue pun diperkenalkan dengan Iwan sama temen lama gue yaaa sambil berbincang-bincang maklum sudah lama gak ketemu. Perasaan gue rasanya senang bgt bgt bgt saat gue bisa kenal dia. Tiba-tiba dia minta nomor telepon gue tuh katanya che untuk tambah-tambah teman aja, yaaa dengan sponta gue kasih aja nomor handphone gue ke dia .. hehehe

Keesokan harinya di handphone gue ada panggilan telepon nomornya baru belum ada di kontak gue, ya udah gue angkat aja teleponnya. Tau gak ternyata itu telepon dari Iwan, gila rasanya gue pengen loncat dari gedung sakin senangnya. Tapi gak mungkin lah gila gue loncat dari gedung bisa-bisa gue mati entar .. hahaha itu kan cuma istilah aja.

Che Iwan ngajak gue jalan che, yaaa mumpung hari libur ya gue mau aja. Dari pada boring ya udah gue mau aja. Langsung deh tampak pikir panjang gue siap-siap sebelum dia jemput gue setelah beres ya udah gue tunggu dia sambil nonton TV. Yaaaa BT juga che soalnya lama banget, tapi bukan salah dia juga che sebenarnya che salah gue, guenya aja yang kecepetan orang janjiannya jam berapa .. hehehe

Dikit dikit tengok jam dikit dikit tengok jam, gue merasa nie waktu lama banget jalannya. Lagi ngedumel dumelnya gue sama waktu yang jalannya lama akhirnya pangeran berkuda putih pun datang alias Iwan. Rasanya emmmmm gak bisa di ungkapin dengan kata-kata deh pokoknya senang bgt. Diperjalanan kami berbincang-bincang yaaa soal apa aja lah yang pengen di bahas, sampai bingung mau ngobrol apa lagi sama dia soalnya udah ke habisan kata-kata. Saat di samping Iwan rasanya jantung gue mau cobot.

Hari demi hari gue lewatin hari bersamanya, yaaa gue rasa che dia juga punya rasa yang sama seperti apa yang gue rasakan. Disuatu ketika dia memutuskan untuk menjadikan gue pacarnya dia, yaaa mumpung dia single dan gue single dan gue juga sayang sama dia akhirnya gue mau untuk jadi pacarnya ..
Yang gue rasakan pada saat itu gue sayang bgt sama Iwan dan berdoa semoga dia bisa selalu ada didekat gue selalu, begitu pun dia menginginkan hal yang sama. Berbulan bulan bertahun tahun kami jalanin hari bersama, susah senang pun kami alami. Terasa dunia milik berdua. hehehe.

Pada suatu ketika terdengar kabar yang tak sedap, Kalau dia selingkuh di belakang gue ... oooowwwwwhhh.
Sebenarnya che gak percaya udah kebal kuping gue dengar berita hal itu. Tetapi kali ini ada bukti yang kuat yang mengatakan kalau dia selingkuh. Dengan hati yang sakit ya seperti di cabik-cabik, diinjek-injek ah pokoknya sakit hati lah intinya . Saaakit bgt rasanya. Akhirnya gue memutuskan untuk menghubungi dia untuk mengatakan kenapa dia melakukan hal semua ini sama gue sambil mengeluarkan air mata yang tak kunjung berhenti seperti air terjun. Dia menyatakan kalau semua yang gue dengar itu semuanya bohong, Tetapi gue gak percaya karena gue sudah memegang bukti yang kuat ..

Cuaca disaat itu, malam ditaburi hujan yang deras ditambah sambutan petir yang melukiskan isi hati gue. Dikamar gue menyendiri sambil menangisi semuanya. Tiba-tiba ada yang ngetuk pintu rumah gue. Dengan spontan gue membuka pintu itu dengan badan yang lemas. Ternyata itu Iwan dengan pakaian yang basah karena cuacanya yang hujan sangat deras. Tetapi gue gak memperdulikannya dan gue minta dia pergi dari rumah gue dan gue menutup pintu dan meninggalkannya.

Gue kira dia sudah pergi ternyata dia menunggu di depan pintu rumah gue dengan tubuh yang menggigil. Gue juga manusia yang punya hati, gue merasa kasihan dengan dia, akhirnya gue membukakan pintu untuknya

lalu gue berkata "Sudah gila apa kamu ini kan hujan kenapa kamu gak pulang aja kalau perlu kamu pulang aja kerumah pacar baru kamu itu" dengan wajah yang kesal ditambah air mata yang tak kunjung berhenti.

lalu dia berkata "Semua ini tidak benar, aku di fitnah, aku dijebak. Mana mungkin aku melalukan ini semua kepada kamu. Jika aku tidak sayang kepada kamu, mana mau aku kerumah kamu dan menjelaskan semua apa yang terjadi semuanya. Aku  rela ujan-ujanan datang disini, motor ku mogok di jalan tapi aku tak perduli. Aku tinggal motor aku di jalan lalu aku lari kesini cuma ingin menyelaskan semuanya dan aku tak mau kamu mendengarkan semua perkataan orang yang menjelek-jelekan aku sampai-sampai kamu menangis" sambil memegang tangan gue dengan wajah seperti malaikat.

"ah ... bohong ini sudah ada buktinya" kata gue. "jika aku tak sayang dengan mu mana mungkin aku mau melakukan semua ini ke kamu" sambil menunjukan bukti jika semua itu tidak benar.

Akhirnya karena kasihan dengannya, akhirnya gue mempercayainya walaupun hanya 50 % che. Hari demi hari dia melakukan semua cara agar gue percaya dengan dia. Akhirnya gue pun percaya dengan dia sepenuhnya dan bukti bukti pun sudah mulai terbongkar jika dia tidak bersalah. hehehe kaya pengadilan aja yaaa ..

Gue tau kalau dia itu sayang sama gue, begitu pun gue, gue juga sayang bgt sama dia. Hari demi hari kami lewati banyak kenangan  yang tak bisa dilupakan bersama dia. banyak sekali kenangan yang tak kan bisa di lupakan. Iwan itu orangnya lucu dia tau bagaimana cara agar menghibur gue. Dia juga bukan hanya bisa di jadikan pacar, tetapi dia juga bisa sebagai teman, kakak, sahabat pokoknya dia tuh beda bgt orangnya tidak seperti orang-orang yang gue selama ini gue kenal ..

Tidak ada angin atau pun hujan tiba-tiba Iwan menghubungi gue, dia memberikan kabar yang membuat gue sakit hati lagi. Dia memberi kabar jika dirinya dijodohkan oleh orang tuanya dan dalam waktu singkat ini dia akan menikah dengan orang yang dipilihkan oleh orang tuanya. Ini semua bukan kemauan dia tetapi ini kemauan orang tuanya, dia tidak bisa menolaknya karena hal sesuatu. Gue juga tidak tau hal apa yang membuat dia tidak bisa menolaknya ..

Kami berdua merasa sangat kehilangan, tapi mau gimana lagi taktir sudah berkehendak. Mungkin kami tidak berjodoh. bertahun-tahun kami membina romansa cinta yang indah di tutupi dengan kenangan-kenangan yang tak bisa dilupakan laku di runtuhkan oleh hal tersebut.

Untuk hari terakhir kami memutuskan untuk bertemu. Walaupun gue tau pertemuan ini tidak akan merubah semuanya .. Yaaaa mau gimana lagi ya gue juga gak bisa berbuat apa-apa.

Kisah cinta gue dia akhiri dengan kesedihan. Walaupun begitu Iwan akan tetap menjadi pangeran berkuda putih di hati gue. Kenangan gue bersamanya tidak akan bisa dilupakan sampai kapan pun ..
Walapun begitu masih beruntung karena gue sama Iwan masih bisa berteman. Walaupun hanya status yang membedakan ..

So, Walaupun kisah cinta yang gue alami ini berakhir dengan kesedihan tetapi di hal ini gue juga mendapatkan pelajaran bahwa cinta tak meski memiliki. "Ku cintaimu tak berarti bahwa ku harus memilikimu selamanya" ...

Okey itu aja nie cerita yang pengen gue tulis di blog gue, ya kali aja blog yang gue tulis ini ada manfaatnya untuk semuanya
23.54 | 0 komentar | Read More

Artikel Inspirasi: 16 Cara Menggunakan Bahasa Tubuh yang Baik

http://www.akuinginsukses.com/16-cara-menggunakan-bahasa-tubuh-yang-baik/
Sesuai dengan artikel saya minggu lalu (Apakah Anda Melakukan 9 Kesalahan ini Dalam Percakapan?), kali ini saya akan membahas mengenai pentingnya menggunakan bahasa tubuh yang baik. Memperbaiki bahasa tubuh dapat membuat perbedaan yang besar ketika seseorang menilai kepribadian anda. Bahasa tubuh yang baik dapat menunjukkan bahwa anda memiliki kecakapan, daya pikat dan suasana hati yang positif. Sebagai contoh : jika anda sering tersenyum, anda akan merasakan lebih bahagia. Jika anda duduk dengan tegap, anda akan merasakan lebih energik. Jika anda melambatkan gerakan anda (tidak terburu-buru), anda akan merasakan lebih tenang.
bahasa tubuh

Secara garis besar, bahasa tubuh terdiri dari bagaimana cara anda duduk, cara anda berdiri, cara anda menggunakan kedua tangan dan kaki anda, serta apa yang anda lakukan ketika berbicara dengan seseorang.

Dibawah ini adalah beberapa bahasa tubuh yang perlu anda perhatikan ketika berbicara dengan seseorang :

1. Jangan silangkan kaki dan tangan anda.

Anda mungkin sudah sering mendengar bahwa menyilangkan tangan atau kaki dapat menunjukkan bahwa anda tertutup terhadap lawan bicara anda dan ini tidak menciptakan hubungan pembicaraan yang baik. Bukalah selalu posisi tangan dan kaki anda.

2. Lakukan kontak mata, namun bukan menatapnya.

Dengan melakukan kontak mata pada lawan bicara anda dapat membuat hubungan pembicaraan menjadi lebih baik dan anda dapat melihat apakah mereka sedang mendengarkan anda atau tidak. Namun juga bukan dengan menatapnya (terus menerus), karena akan membuat lawan bicara anda menjadi gelisah.
Jika anda tidak terbiasa melakukan kontak mata pada lawan bicara anda, memang anda akan merasakan ketidaknyamanan pada saat pertama kali. Namun lakukan saja terus dan anda akan terbiasa suatu saat nanti.

3. Buatlah jarak antara kedua kaki anda.

Memberi jarak antara kedua kaki (tidak dirapatkan) baik dalam posisi berdiri maupun duduk menunjukkan bahwa anda cukup percaya diri dan nyaman dengan posisi anda.

4. Santaikan bahu anda.

Ketika anda merasa tegang, anda akan merasakan juga ketegangan di kedua bahu anda. Biasanya terlihat dari posisi bahu yang sedikit terangkat dan maju ke depan. Cobalah untuk mengendurkan ketegangan dengan menggerakkan bahu anda dan mundurkan kembali posisinya ke belakang atau bersandar.

5. Mengangguk ketika lawan bicara anda sedang berbicara.

Mengangguk menandakan bahwa anda memang sedang mendengarkan. Namun bukan berarti anda mengangguk berlebihan (terus menerus dan cepat) layaknya burung pelatuk :) , karena anda akan terlihat seperti dibuat-buat.

6. Jangan membungkuk, duduklah dengan tegak.

Membungkuk menandakan bahwa anda tidak bergairah, dan tegak disini maksudnya adalah tetap dalam koridor santai, tidak tegang.

7. Condongkan badan, namun jangan terlalu banyak.

Jika anda ingin menunjukkan bahwa anda tertarik dengan apa yang disampaikan oleh lawan bicara anda, condongkan sedikit tubuh anda ke arahnya. Namun jangan juga terlalu condong karena anda terlihat seperti akan meminta sesuatu.
Jika anda ingin menunjukkan bahwa anda cukup percaya diri dan santai, condongkan sedikit badan anda ke belakang. Namun juga jangan terlalu condong, karena anda akan terlihat arogan.

8. Tersenyum dan tertawa.

Bercerialah, jangan terlalu serius. Santai, tersenyum bahkan tertawa jika seseorang menceritakan sesuatu hal yang lucu. Orang akan cenderung mendengarkan anda jika anda terlihat sebagai orang yang positif. Namun juga jangan menjadi orang yang pertama kali tertawa jika anda sendiri yang menceritakan cerita lucu nya, karena anda akan terkesan gugup dan seperti minta dikasihani.
Tersenyumlah ketika anda berkenalan dengan seseorang, namun jangan pula tersenyum terus menerus karena anda akan dianggap menyimpan sesuatu dibalik senyuman anda.

9. Jagalah posisi kepala anda tetap lurus.

Jangan melihat ke bawah ketika anda berbicara dengan seseorang. Anda akan terlihat seperti tidak nyaman berbicara dengan lawan bicara anda dan juga terlihat seperti orang yang tidak percaya diri.

10. Jangan terburu-buru.

Ini bisa berlaku untuk apa saja. Bagi anda yang mempunyai kebiasaan berjalan dengan cepat, cobalah sesekali untuk memperlambat jalan anda. Selain anda akan terlihat lebih tenang dan penuh percaya diri, anda juga akan merasakan tingkat stress anda berkurang.

11. Hindari gerakan-gerakan yang menunjukkan bahwa anda gelisah.

Seperti menyentuh muka anda, menggoyang-goyangkan kaki anda atau mengetuk-ngetuk jari anda di atas meja dengan cepat. Gerakan-gerakan semacam itu menunjukkan bahwa anda gugup dan dapat mengganggu perhatian lawan bicara atau orang-orang yang sedang berbicara dengan anda.

12. Efektifkan penggunaan tangan anda.

Daripada anda menggunakan tangan anda untuk hal-hal yang dapat mengganggu perhatian lawan bicara anda, seperti disebutkan dalam point 11 diatas, lebih baik anda menggunakan tangan anda untuk membantu menjelaskan apa yang anda sampaikan.

13. Rendahkan gelas minuman anda.

Seringkali kita berbicara dengan seseorang sambil memegang gelas minum di depan dada kita. Sikap ini agak kurang baik karena akan membuat ‘jarak’ yang cukup jauh antara anda dan lawan bicara anda. Rendahkan posisi gelas minuman anda, bahkan jika perlu anda memegangnya sampai di dekat kaki.

14. Jangan berdiri terlalu dekat.

Dalam artikel saya : Bagaimana Mengetahui Seseorang Sedang Berbohong, saya sempat mengulas sedikit bahwa orang yang merubah posisinya menjadi terlalu dekat pada lawan bicaranya dapat menandakan bahwa ia sedang menyembunyikan sesuatu atau mempunyai maksud tertentu. Selain itu tentu saja akan membuat lawan bicaranya menjadi tidak nyaman. Jagalah selalu jarak ’privacy’ antara anda dan lawan bicara anda.

15. Berkaca.

Dalam buku-buku mengenai penjualan, saya sering menemukan tentang istilah berkaca ini. Pada intinya ketika 2 orang terkoneksi dan melakukan hubungan pembicaraan yang positif, mereka secara tidak sadar akan saling berkaca satu sama lain. Dalam arti anda akan sedikit meniru bahasa tubuh lawan bicara anda, begitu juga sebaliknya.
Anda dapat juga melakukan teknik berkaca yang proaktif (dengan sadar) untuk lebih meningkatkan kualitas hubungan anda dan lawan bicara anda. Sebagai contoh, jika lawan bicara anda sedikit mencondongkan badannya ke depan, anda dapat juga mencondongkan badan anda ke depan. Jika lawan bicara anda menaruh satu tangannya di atas meja, anda juga dapat melakukan hal yang sama. Namun tetap perlu diingat, jangan melakukan gerakan tiruan dengan jeda waktu yang sangat singkat dan hampir semua gerakan ditiru. Lawan bicara anda akan melihat suatu keanehan dan tampak seperti sirkus. :)

16. Jagalah selalu sikap anda.

Apa yang anda rasakan akan tersalur lewat bahasa tubuh dan dapat menjadi perbedaan yang besar terhadap kualitas hubungan anda dan lawan bicara anda. Tetaplah jaga sikap yang positif, terbuka dan santai.

Perlu diingat bahwa anda dapat merubah bahasa tubuh yang kurang baik, tentu saja selama anda memahami bahwa untuk menciptakan kebiasaan yang baru memerlukan sebuah proses. Jangan juga mencoba melakukan semua dengan sekaligus karena akan membuat anda bingung dan penat.

Fokus saja pada 2-3 bahasa tubuh yang menjadi prioritas anda dan perbaiki terus menerus selama 3-4 minggu. Setelah waktu tersebut anda akan menciptakan suatu kebiasaan yang baru. Kemudian anda dapat melanjutkannya lagi untuk 2-3 bahasa tubuh berikutnya.
23.49 | 0 komentar | Read More

Inspirasi untuk Kamu: 14 Tips Untuk Awet Muda

http://www.akuinginsukses.com/14-tips-untuk-awet-muda/
Anda tidak bisa melakukan apapun untuk mengurangi pertambahan usia anda. Namun, para dokter dan ilmuwan terus-menerus menemukan tindakan-tindakan yang bisa anda lakukan untuk membalikkan waktu dengan memfokuskan diri pada usia biologis dan psikologis anda. Usia psikologis anda adalah pengalaman subjektif mengenai seberapa tuakah anda menurut diri anda sendiri. Sementara usia biologis anda dapat ditentukan dengan mengukur beberapa faktor sebagai berikut :
• Tekanan darah
• Jumlah lemak dalam tubuh anda
• Batas indra pendengaran dan penglihatan anda
• Hormon
• Kepadatan tulang
• Ketebalan kulit
• Tingkat kolesterol
• Kemampuan gerak
awet muda

Lakukan 14 tips dibawah ini dan mulailah memutarbalikkan waktu.
1. Lenyapkan mitos menjadi tua berarti anda menjadi tak berguna

Ilmuwan berpendapat bahwa semakin anda mempercayai persepsi bahwa dengan semakin bertambahnya usia anda maka ketajaman anda semakin berkurang, maka hal itu akan benar-benar terjadi pada anda. Psikolog Becca Levy, Ph.D. dari Universitas Yale menyelidiki pengaruh psikologis pada pertambahan usia, khususnya pada bagaimana persepsi seseorang mempengaruhi kesehatan fisik dan mentalnya.

Meskipun melalui penelitiannya ia menemukan bahwa orang berusia lanjut yang memiliki pendapat negatif mengenai penuaan memiliki hasil tes yang lebih buruk dibandingkan dengan orang berusia lanjut yang memiliki pendapat positif seiring dengan bertambahnya usia. Sebagai contoh mereka berpendapat bahwa dengan bertambahnya usia maka mereka pun bertambah bijak. Levy juga menunjukkan bahwa dalam kebudayaan yang memiliki pandangan yang lebih positif terhadap penuaan dibandingkan dengan kebudayaan di Amerika Serikat atau di negara-negara barat lainnya, orang berusia lanjut mendapat nilai yang lebih baik dalam tes memori.

Sebagai tambahan, penelitiannya menunjukkan bahwa orang berusia lanjut dengan persepsi positif terhadap penuaan hidup 7,5 tahun lebih lama dibandingkan dengan orang yang memiliki persepsi negatif. Bahkan gangguan pendengaran juga dapat diprediksi berdasarkan persepsi orang tersebut.
2. Bersihkan gigi anda secara rutin

Penelitian menunjukkan hubungan antara penyakit periodontitis dan cardiovascular. Pertimbangkan hal ini: sebuah penelitian menunjukkan bahwa pria di bawah usia 50 tahun yang memiliki penyakit periodontal memiliki peluang 2,6 kali lebih besar untuk meninggal di usia muda dan peluang 3 kali lebih besar untuk meninggal karena penyakit jantung dibandingkan dengan pria dengan gigi sehat dan suka mengunyah permen karet. Penyebab utama periodontitis adalah kebersihan gigi yang buruk, dan dengan menyikat gigi setiap hari, menggunakan benang gigi, serta memeriksakan gigi anda ke dokter gigi secara rutin dapat mengurangi kemungkinan anda terkena penyakit ini.

Sebagai tambahan, membersihkan gigi dengan benang gigi dan penyumbatan pembuluh darah memiliki hubungan. Penelitian menunjukkan bahwa bacteria yang ditemukan pada plak gigi merupakan bakteri yang sama dengan yang ditemukan di timbunan lemak yang menyumbat pembuluh darah. Peneliti berspekulasi bahwa bakteri yang berasal dari mulut dapat memasuki pembuluh darah dan menyebabkan iritas dan penyumbatan pembuluh darah. (Sumber: www.realage.com).
3. Pertahankan sikap positif

Sejak tahun 1986, peneliti yang berasal dari Universitas Kentucky bernama David Snowdon meneliti 678 biarawati untuk menemukan rahasia otak, khusunya apa yang terjadi pada otak seiring dengan bertambahnya usia. Hasil penelitiannya yang dikenal dengan Penelitian Biarawati, berhasil menemukan cara-cara untuk hidup dengan kehidupan mental yang aktif seiring dengan pertambahan usia. Salah satu penemuannya adalah kondisi emosi positif pada usia dini akan membantu menghilangkan rasa cemas dan dapat memperpanjang usia. Faktanya, terdapat sebuah penelitian yang menunjukkan hubungan antara sikap seseorang dengan kesehatan fisik dan mentalnya.
4. Berolahraga

James M. Rippe, M.D merupakan seorang penulis ternama, cardiolog terkemuka, dan pendiri Rippe Lifestyle Institute. Ia menjelaskan bahwa jika anda melihat seluruh hal-hal berisiko tinggi yang menyebabkan kematian, satu hal yang paling mudah diprediksi adalah kesehatan anda. Sebagai tambahan, seorang berusia lanjut yang memiliki kesehatan jantung yang baik jauh lebih sehat dibandingkan dengan seseorang yang berusia muda namun tidak aktif secara fisik. Dengan meningkatkan aktivitas fisik anda, anda bisa memutar kembali jam biologis anda.
5. Me-manage stress

Penelitian menunjukkan bahwa antara 60 hingga 90% kunjungan ke psikiatris berhubungan dengan stress. Stress berhubungan dengan segala hal mulai dari flu hingga kanker. Gangguan jantung, hipertensi, darah tinggi, depresi, penyakit kronis, gangguan seksual dan kesuburan, serta diabetes semua disebabkan oleh stress. Untuk meningkatkan peluang anda untuk hidup lebih lama anda harus mengurangi kemungkinan anda untuk sakit, dan itu berarti anda harus mengurangi tingkat stress anda. Artikel berikut akan menujukkan anda cara-cara untuk mengurangi tingkat stress anda:
• 7 Cara Mengurangi Stress Hari Ini
• 17 Tips Mengatasi Stress Dalam Hidup dan di Tempat Kerja
6. Meditasi

Deepak Chopra, M.D., ahli dalam menemukan hubungan antara pikiran dan tubuh, dalam salah satu bukunya menyatakan bahwa penelitian orang-orang yang melakukan meditasi dapat memiliki usia biologis 5 hingga 12 tahun lebih muda dibandingkan denga usia kronologis mereka. Orang –orang yang melakukan meditasi memiliki tingkat hormon stress seperti cortisol dan adrenalin yang lebih rendah, dan mekanisme adaptasi mereka cenderung lebih kuat dibandingkan orang rata-rata.
7. Pertahankan kesehatan kulit anda

Tips ini tidak akan membantu anda untuk hidup lebih lama, namun selama anda berusaha untuk memperpanjang usia hidup anda, tidak ada salahnya jika anda berusaha untuk tampil sebaik mungkin. Amy Wechsler, ahli gigi, psikiater, dan penulis The Mind-Beauty Connection: 9 Days to Reverse Stress Aging and Reveal More Youthful, Beautiful Skin , menjelaskan bahwa retinoids dapat mengurangi keriput anda. Beberapa krim kecantikan mengandung retinoids, namun retinoids juga dapat ditemukan pada makanan, seperti wortel. Memakan wortel dapat membantu anda menjaga kesimbangan pH permukaan kulit anda, sedikit meningkatkan keasman kulit anda. Dan keasaman kulit anda akan membantu anda untuk menyingkirkan bakteri yang hinggap. Sebagai informasi tambahan, coklat dapat membantu anda memperbaiki tekstur, ketebalan, kadar air, dan aliran darah pada kulit anda.
8. Makan makanan yang banyak mengandung anti oksidan

Dr. Mehmet C. Oz, M.D., salah satu penulis buku Staying Young: The Owner’s Manual for Extending Your Warranty menunjukkan bahwa antioksidan merupakan makanan anti penuaan, dan salah satu makanan sumber antioksidan yang paling ia sukai adalah blueberry. Ia berkata bahwa, “Semua makanan berwarna gelap memiliki semacam zat antisoksidan yang dapat melindungi anda.” Makanan anti penuaan lain diantaranya brokoli, tomat, dan acai, buah kecil yang berasal dari hutan di Amerika Selatan yang sering ditemukan pada minuman jus di Amerika Serikat. Ia menyarankan anda makan 5 macam makanan yang mengandung antioksidan setiap harinya.
9. Makanlah banyak serat

Dr. Oz juga menjelaskan bahwa salah satu kunci untuk awet muda adalah menjaga kesehatan pencernaan anda. Dan untuk menjaganya anda memerlukan 25 gram serat setiap harinya. Serat bekerja dengan menjaga semua nutrisi yang anda makan dalam tubuh dan melepaskan nutrisi tersebut jika dibutuhkan. Serat dapat ditemukan dalam buah-buahan, sayuran dan makanan yang gandum. Cobalah tips berikut:
• Pilih makanan yang mengandung gandum sebagai sarapan atau kudapan.
• Cobalah nasi merah atau pasta yang terbuat dari gandum.
• Makanlah oatmeal untuk sarapan anda.
10. Cukup tidur

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Medis Chicago menemukan bahwa mempersingkat durasi tidur anda dari 8 jam menjadi 4 jam akan mempengaruhi kadar glukosa dan funsi endokrin anda kurang dari 1 minggu. Perubahan ini akan nampak seperti tahap awal jika anda terkena diabetes. Para peneliti juga menyimpulkan bahwa kekurangan tidur bukan hanya menyebabkan anda memiliki awal yang kurang prima setiap harinya, namun anda juga akan menjadi rawan terhadap beberapa penyaklit seperti diabetes, hipertensi, obesitas dan hilang ingatan.
11. Asahlah terus otak anda

Sejumlah data yang berhasil diungkap selama dua puluh tahun terakhir memastikan bahwa otak terus berkembang, mengembangkan neuron-neuron baru dan jaringan diantara neuron tersebut sepanjang hidup. Sebagai informasi tambahan, penyakit otak yang sering dihubungkan dengan pertambahan usia dapat dihilangkan dengan terus menstimulasi otak. Dr. Yakov Stern, Kepala Divisi Cognitive Neuroscience di Sergievsky Center, Universitas Columbia menyatakan bahwa “Individu yang terus menerus menstimulasi kehidupannya melalui pendidikan, pekerjaan, dan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan hobi, akan mengurangi kecenderungan terkena Alzheimer. Penelitian menunjukkan bahwa kemungkinan terkena Alzheimer berkurang sebesar 35 hingga 40%.”
12. Berhenti merokok

Dr. Rippe, yang telah anda sebutkan sebelumnya, juga menyatakan bahwa jika anda berusia 50 dan anda merokok, maka anda memotong 7 tahun usia anda. Sehubungan dengan penuaan, merokok membuat kulit anda menjadi keriput dan membuat anda terlihat lebih tua.
13. Minumlah anggur, secara teratur

Pernahkah anda mendengar bahwa wine merah secara teratur baik bagi kesehatan anda? Dr. Oz menjelaskan bahwa wine merah bermanfaat bagi kesehatan anda karena 2 faktor: alcohol dan resveratrol, yang mengandung kadar antioksidan tinggi yang berasal dari kulit anggur. Pembuat anggur menambahkan kembali kulit anggur supaya wine berwarna merah, namun mereka tidak menambahkan kulit anggur pada wine putih – sehingga wine putih tidak mengandung resveratrol. “Resveratrol menambahkan satu manfaat lebih,” kata Dr. Oz. “Resveratrol mengaktifkan sel dalam tubuh anda yang mencegah penuaan sel-sel anda… 80% dari manfaat meminum wine berasal dari alcohol, sementara 20% sisanya adalah resveratrol,” kata Dr. Oz. Kombinasi keduanyalah yang membuat wine merah sangat bermanfaat.” Ia menambahkan bahwa setiap orang sebaiknya meminum segelas wine merah setiap hari, meskipun beberapa pria hanya bisa meminum wine dalam takaran yang lebih besar karena pria dapat mencerna wine lebih baik dibandingkan wanita.
14. Dapatkan banyak cinta dan kasih sayang

Dr. Marian C. Diamond adalah salah satu ahli anatomi syaraf terkemuka di dunia. Ia melakukan penelitian menggunakan tikus muda untuk menentukan apakah keadaan lingkungan mempengaruhi pertumbuhan. Sebuah kandang yang diisi oleh 12 ekor tikus dipenuhi oleh berbagai alat yang bisa digunakan untuk bermain. Sebaliknya, kandang yang lain tidak diisi mainan sama sekali. Tikus-tikus yang kandangnya diisi dengan mainan dapat menyelesaikan tes lebih cepat dibandingkan dengan tikus yang diletakkan pada kandang tanpa mainan. Tikus-tikus tersebut juga menunjukkan kemampuan untuk memecahkan masalah dengan lebih baik.
Dr. Diamond ingin melakukan eksperimen yang sama menggunakan tikus yg lebih tua, dan dia memilih tikus-tikus berusia 600 hari, yang kurang lebih sama dengan 60 tahun usia manusia. Namun, beberapa ekor tikus meninggal menjelang usia 600 hari. Ia memutuskan untuk mencoba dan memperbaiki durasi usia tikus dengan menambahkan bahan tambahan dalam eksperimennya: kasih sayang. Daripada menempatkan tikus-tikus tersebut dalam kandang setelah dibersihkan, para ilmuwan yang terlibat dalam penelitian memelihara tikus-tikus tersebut, bahkan membawanya dalam jas lab mereka. Tikus-tikus tersebut hidup lebih lama dibandingkan dengan yang tidak dipelihara.
23.48 | 0 komentar | Read More

Inspirasi Hari Ini: Bagaimana Belajar Dari Kesalahan

http://www.akuinginsukses.com/bagaimana-belajar-dari-kesalahan/

belajar dari kesalahan
Tidak ada orang yang suka berbuat kesalahan. Namun jika anda ingin melewati hidup dengan baik, maka tidak ada jaminan bagi anda untuk tidak melakukan kesalahan. Jika anda dapat belajar dari kesalahan dengan tepat, maka anda akan mendapatkan bahan bakar baru untuk maju kedepan.

belajar dari kesalahan
Anda harus menyadari bahwa kesalahan adalah bagian yang penting dalam pengembangan diri. Jangan termenung terus dengan rasa bersalah dan penyesalan, pelajari bagaimana anda dapat belajar dari kesalahan-kesalahan tersebut.
1. Minta Maaf dengan Tulus dan Sungguh-sungguh

Jika anda telah melakukan kesalahan yang menyakiti/membahayakan orang lain, sangat penting bagi anda untuk segera meminta maaf dengan sungguh-sungguh. Pastikan bahwa itu adalah betul-betul suatu kecelakaan yang tidak akan terulang. Permintaan maaf yang baik akan mengembalikan tingkat kepercayaan orang tersebut pada anda.
Sebaliknya, jika anda tidak meminta maaf, maka kemungkinan besar orang tersebut akan menyerang anda.

Akan sangat efektif jika anda meminta maaf secara pribadi dibandingkan lewat surat atau email. Namun, begitu anda telah mendapatkan maaf, jangan sampai melakukan kesalahan yang sama lagi, karena itu adalah suatu kekonyolan dan sangat menjengkelkan. Segera perbaiki tindakan-tindakan anda.
2. Jangan Menjadi Seorang Yang ’Perfectionist’

Jika anda menjalani hidup dengan ketakutan untuk melakukan kesalahan, maka anda akan menghabiskan hidup anda dengan tidak melakukan apa-apa. Bukan masalah jika anda melakukan kesalahan, karena sekali lagi itu adalah bagian penting dari hidup agar anda terus maju. Semakin banyak tanggung jawab yang anda pikul, kemungkinan anda melakukan kesalahan pun semakin sering.

Jika anda selalu ingin merasa semuanya sempurna, selalu ingin menghindari kesalahan-kesalahan sekecil apapun, hal itu lama kelamaan akan membentengi diri anda secara psikologi dan anda menjadi tidak berani dalam mengambil resiko.
3. Jangan Membuang Waktu Dengan Mencari Pembenaran

Kita manusia mempunyai sifat alami untuk mencari pembenaran atas kesalahan-kesalahan yang kita lakukan. Ketika kita melakukan kesalahan, rata-rata reaksi pertama kita adalah menyalahkan orang lain.

”Ya, saya telah menabrak mobil di depan saya, tapi itu adalah karena teman saya yang selalu mengajak saya bergosip sehingga konsentrasi saya terpecah…”

”Saya tidak dapat menyelesaikan tugas sesuai jadwal karena komputer saya mengalami gangguan …”

Perlu anda ketahui, ketika kesalahan telah dibuat, atasan anda sama sekali tidak tertarik dengan pembenaran-pembenaran yang anda buat. Kita mencari pembenaran karena ego kita yang tinggi. Kadang-kadang, hal terbaik yang perlu diucapkan, sangat sederhana : ”Ya, saya telah melakukan kesalahan.”
4. Pahami Mengapa Kesalahan Tersebut Dapat Terjadi

Kesalahan-kesalahan dapat terjadi karena berbagai macam kesalahan. Untuk mencegah terjadinya kesalahan yang sama dua kali, anda harus memahami akar permasalahannya.

Sebagai contoh, anda seringkali berbicara dengan nada cepat dan marah; sering anda mengeluarkan kata-kata yang kurang baik. Anda harus mencari tahu apa yang menyebabkan anda marah pada saat itu. Mungkin anda merasa sangat lelah atau kepala anda sedang sakit. Jika anda melakukan kesalahan karena anda begitu lelahnya, cobalah untuk tidak tidur sampai larut malam. Jika anda merasa stress, carilah jalan untuk membuat anda relax.
5. Hindari Mengulang Kesalahan Yang Sama

Anda harus menghindari perasaan bersalah yang terus menerus karena telah berbuat kesalahan, namun pada saat yang sama, anda harus mencari jalan pemecahan dan melakukan tindakan perbaikan. Jika anda mengulang kesalahan yang sama, hal tersebut menunjukkan bahwa anda tidak mengalami suatu kemajuan dan menyebabkan kerugian/penderitaan yang berulang.

Seringkali kesalahan disebabkan oleh kebiasaan-kebiasaan yang buruk. Untuk mencegah kesalahan yang sama berulang, anda harus menghapuskan kebiasaan buruk tersebut. Hal ini memang tidak mudah dan membutuhkan usaha ekstra untuk merubah kebiasaan. Bagaimanapun, semakin cepat anda bisa merubah kebiasaan buruk tersebut, semakin cepat anda menghindari melakukan kesalahan yang sama.
6. Kesalahan Adalah Kesempatan Untuk Belajar

Dari kesalahan-kesalahan yang telah anda buat, tentu saja anda akan semakin berkembang dan bijak. Kesalahan-kesalahan, dalam hubungannya dengan keberanian mengambil resiko, merupakan sesuatu yang krusial untuk kesuksesan anda. Hal yang terpenting adalah melihat kesalahan sebagai batu loncatan untuk mencapai sesuatu yang lebih tinggi dan kehidupan yang lebih baik.
23.46 | 0 komentar | Read More

Tentang Stavolt: Tips Membeli Dan Memperbaiki Stavolt (Stabilizer Voltage)

http://awipunna.blogspot.com/2011/07/tips-membeli-dan-memperbaiki-stavolt.html

Tips Memperbaiki Stavolt

Tulisan ini untuk para pemula seperti saya, untuk para master, mohon dikoreksi jika ada yang salah


Sebelumnya saya sampaikan banyak terima kasih kepada beberapa teman saya di eFBi yang telah mengajari saya cara memperbaiki STAVOLT


Hampir di setiap rumah ada benda yang namanya STAVOLT , kecuali di rumah saya
Nah , bagi yang mengklaim STAVOLTnya sudah rusak/tegangan keluaran stavolt lebì kecil dari pada tegangan masukan , silakan siapkan beberapa peralatan penting ;

1. Obeng bunga/kembang, untuk lepas n pasang sekrup box stavolt

2. Solder+timah, untuk menyolder

3. AVO meter , untuk menguji komponen , juga untuk mengukur tegangan

4. Uang Rp. 10.000,- membeli komponen yang rusak (kalau ada yang rusak)

Kalau sudah siap , silakan buka tutup STAVOLT anda menggunakan obeng !

Coba nyalakan stavolt !
Seharusnya motor berputar sebentar menggerakkan engkol. Coba matikan lagi , seharusnya motor juga berputar sebentar menggerakkan engkol (berputar berbalik arah)

Jika pada saat stavolt dihidupkan motor tidak berputar menggerakkan engkol , matikan stavol , lalu putar engkol secara manual (pakai tangan) ke posisi tengah. Hidupkan lagi stavolt , motor harus berputar sebentar (jangan sampai mentok menekan switch) , jika engkol sampai menyentuh switch , kemungkinan besar salah satu transistor final short.
switch stavolt


Jika pada saat stavolt dihidupkan , tapi engkol tidak bergerak , kemungkinan juga transistor finalnya mati.

Transistor final ada 2 biji ; S8550 (pnp) , dan S8050
(npn).
transistor s8550

Stavolt menggunakan 2 biji transistor S8550 dan 2 biji transistor S8050 (jumlah transistornya ada 4).

Perhatikan jalur pada pcb , jika ada kaki basis transistor S8550 terhubung ke kaki basis transistor S8050 , itulah kedua transistor final yang biasanya rusak.
Silakan cabut transistornya menggunakan solder, terus dites menggunakan avo meter !

Jika transistor rusak , silakan ganti !
Cek juga kondisi dioda zener , jika rusak (tapi biasanya dioda zener jarang rusak) , ganti dengan yang masih baik !

Jika sudah diganti semua komponennya yang rusak , silakan hidupkan stavolt, jangan lupa baca "BISMILLAHIRRAHMAANIRRAHIIM" !
Jika engkol bergerak sebentar pada saat dimatikan, dan juga bergerak sebentar jika dihidupkan, bisa dipastikan stavolt sudah baik kondisinya.
Hidupkan stavolt lagi , ukur tegangan keluaran stavolt , jika kurang atau lebih dari 220 volt , silakan putar (pake obeng) perlahan trimpot (pada pcb) sampai tegangan keluaran stavolt menjadi 220 volt
stavolt pcb

selamat, anda sudah bisa memperbaiki stavolt



Tips Membeli Stavolt

Saya pernah diminta memperbaiki stavolt, ternyata setelah dibuka isinya cuma sejengkal pipa paralon yang diisi dengan seutas kawat spiral dan dicor menggunakan semen putih (saya menamakannya STAVOLT PALSU ).

Berikut 3 tips buat yang mau beli stavolt agar tidak sampai membeli stavolt palsu ;

1. Perhatikan stavolt yang akan dibeli , cari yang ada ventilasi udara pada bagian atas box stavolt.

2. Perhatikan juga tegangan keluaran stavolt yang akan dibeli , cari yang tegangan keluarannya ganda ; 110 volt dan 220 volt

3. Minta penjual stavolt menghidup matikan stavoltnya , harus ada suara berisik sebentar (kira-kira bunyinya kayak bunyi getaran hp jika ditaruh di atas meja) ketika dihidupkan, juga harus ada berisikna jika dimatikan. Jika tidak ada suara berisikna , sebaiknya jangan dibeli stavoltnya !

Walaupun mungkin tips saya tidak manjur 100% , tapi mudah-mudahan bisa sedikit membantu agar anda tidak membeli pipa yang dicor (stavolt palsu maksudku)
23.40 | 0 komentar | Read More

Tentang STAVOL: Mengenal STAVOL ( STAbilizer VOLtage ) dan Fungsi - Fungsinya Sambil Belajar

http://berabepoetra-gudangilmuelektronik.blogspot.com/2010/03/stavol-stabilizer-voltage.html
Haaai...!!! Salam jumpa untuk semua elektro maniak, Gimana kabarnya...? Sehat azaa kan...!!. Mohon maaf nih yaaa, baru hari ini bisa posting ke blog ini, maklum lagi sibuk aliaslagi uusahha baaang...!.
Pada postingan saya yang pertama ini, saya ingin mengulas masalah STAVOL, karena alat ini sering kita gunakan setiap hari, yang berfungsi sebagai penyetabil tegangan listrik untuk peralatan seperti komputer, kulkas, TV dan peralatan listrik lainnya. Sesuai dengan namanya STAVOL = STAbilizer VOLtage atau penyetabil tegangan.
Kadang kita sering bertanya, Kenapa sih kita harus pakai stavol segala...? Ribeeet...!!
jawabnya:.. Karena stavol berfungsi untuk menjaga peralatan kita agar tidak rusak dari akibat kekurangan konsumsi tenaga listrik. Contoh:..Kulkas di rumah kita sebaiknya tegangan listrik nya jangan sampai kurang dari 220V untuk menggerakkan kompressor, jika kurang dari 220V maka kulkas akan mengeluarkan suara...blleeg...bbleegg..blleegg, ini di sebabkan karena kompressor kekurangan tenaga listrik, atau contoh lain:.....CPU komputer sebaiknya jangan dihidupkan pada tegangan listrik kurang dari 220V, Karena Regulator power supply nya akan dipacu untuk menyalakan CPU, Hingga Transistor atau Triac di rangkaian regulator terlalu terbebani ( overload ), yang bisa menyebabkan kerusakan pada regulator power supply CPU kita,...Jadi ga bisaa chatting deehhh,..yaaa....kaaann..?. itulah sebabnya kita sering di sarankan/dianjurkan untuk menggunakan Stavol. Juga disebabkan beban puncak PLN di daerah kita Kab. Hulu Sungai Tengah, menurut penelitian saya, khususnya Kelurahan Barabai Darat, Desa Benawa Tengah, Batali Raya, Rasak, Desa Gambah, Pagat batu Benawa, Hantakan dan sekitarnya mengalami beban puncak sekitar pukul 17.30 WIT s/d 21.30 WIT, di beberapa titik, tegangan listrik hanya berkisar antara 170V - 200V. maka dari itulah sebaiknya kita menggunakan stavol agar peralatan kita aman dari resiko kerusakan. Ingaa...ingaaa... ini bukan promosi stavol...lhoo..! karena saya ga jualan stavol..mas..!
Stabilisai yang di maksud adalah, ketika tegangan listrik menurun, stavol secara otomatis akan menaikkan tegangan listrik ke nilai normal di 220V AC, dan begitu juga sebaliknya, ketika tegangan meninggi, secara otomatis stavol akan menurunkan tegangan ke voltase normal, sehingga kita sering mendengar bunyi ... treeet... treet dari stavol yang menggunakan motor stabilizer, yang menandakan stavol sedang bekerja. Stavol juga sering di gunakan pada genset, agar voltage yang di hasilkan dari genset stabil.


Kerusakan yang sering terjadi pada stavol, sering di jumpai putusnya FUSE atau SEKERING, sehingga stavol tidak berfungsi atau mati. Kerusakan seperti ini sering terjadi akibat kelebihan beban ( overload ) melebihi kapasitas stavol yang telah di tentukan, karena kapasitas stavol yang kita gunakan berkisar antara 500VA - 1000VA, atau juga dari akibat hubung pendek ( koorslet ) pada peralatan kita sendiri yang terhubung ke stavol, namun yang agak rumit kerusakan sering di akibatkan dari ausnya carboonbrush ( batu arang ), sehingga tegangan yang di hasil kan terputus-putus dan mengeluarkan percikan api pada kumparan stavol nya, sehingga kita sering menganggap stavol kita sudah rusak dan harus ganti baru lagi, sementara harga stavol kapasitas 500VA di pasaran berkisar RP 175.000, memang harganya masih terjangkau, tapi gimana kalau lagi bookee atau kanker alias kantong kering... hee.hhee..heee.. ! atau lagi malas pergi ke toko penjualnya karena lagi assyyiik chattiing amaaa...!! addaaa .... azzzeee...!!!

Berikut tips memperbaiki stavol seperti kerusakan tersebut di atas, tapi nntaaar duluuu...yaaa...!! sebelum kita bekerja, kita persiapkan dulu peralatannya. punya obeng gaa...?,klu ga punya pinjam dulu deeh..., trus gunting,sedikit kabel, kayaknya kita ga perlu solderan deh, cuman pisau cutter klu ga ada silet juga bisa, kuas cat yang baru,.. uudaah ...lengkaap.... beluuuum...? kalau udah lengkap berikut langkah - langkah nya:
Jika stavol ga bisa nyala, coba periksa dulu FUSE atau Sekering nya yang ada di depan, di bawah volt meter. jika masih punya cadangan sekering sebaiknya ganti sekering dengan yang baru, jika ga punya cadangan, kupas kabel yang telah kita siapkan tadi, ambil satu kawat dalam nya, nyalakan lilin untuk memanaskan kedua plat penutup sekering sampai terlepas, masukkan kawat tadi, lipat ujung kawat ke atas tabung kaca nya dan pasang kedua plat penutup tabung nya sambil di panaskan di atas lilin dan dorong ke arah tabung kaca.

kerusakan yang agak rumit adalah ketika stavol tidak normal atau lengan pengatur tegangan bergerak terus menerus dan mengeluarkan percikan api di kumparan trafo nya. cara mengatasi hal ini adalah sebagai berikut:
bersihkan kumparan trafo, dimana carboonbrush atau batu arang melewati jalur tersebut dengan kuas, kemudian bersihkan kawat tembaga dengan pisau cutter atau silet, hingga kawat tembaga nya terlihat bersih mengkilat pada jalur yang akan di lewati carboonbrush ( batu arang ).
longgarkan baut pengunci lengan pengatur tegangannya. dorong lengan pengatur tegangan ke arah dalam kumparan trafo, tahan sambil mengencangkan kembali baut penguncinya. jika carboonbrush sudah aus atau leset dan tidak menyentuh lagi ke kumparan trafo, sedangkan lengan pengatur tegangan sudah habis di dorong ke arah kumparan, sebaiknya ganti carbonbrush dengan yang baru.

by. "berabepoetra"
23.38 | 0 komentar | Read More

VOA-ISLAM: Antara Aliran Sesat Syiah, Ahmadiyah dan LDII Vs JIL

http://www.voa-islam.com/read/liberalism/2013/06/21/25394/antara-aliran-sesat-syiah-ahmadiyah-dan-ldii-vs-jil/#sthash.uA4PTTNn.dpbs

Kesan dari Memberikan Materi tentang Aliran Sesat dalam Penataran para Da’i

Oleh: Ustadz Hartono Ahmad Jaiz

Di tengah hiruk pikuk berita tentang mengamuknya aliran sesat LDII di Masjid Al-Hijri UIKA Bogor hingga mereka dilaporkan ke polisi, sedangkan MUI serta umat Islam bertekad agar kasus mengamuknya LDII di Masjid  itu diproses secara hukum hingga tuntas; saya diundang untuk memberikan materi dalam penataran para da’i.  Materinya adalah tentang aliran sesat.
Antara Aliran Sesat Syiah, Ahmadiyah dan LDII Vs JIL












Penataran diselenggarakan oleh yayasan di lingkungan Angkasa Pura II Cengkareng (Masjid Nurul Barkah) dengan peserta para da’i dari 5 kecamatan di sekitar Bandara Cengkareng Tengerang Banten. Tempat penataran atau diklat untuk para da’i ini di Bukit Emas, Wisma Angkasa Pura II, di Cimacan – Pacet  Cianjur Jawa Barat. Di daerah yang cukup sejuk itu saya diminta untuk menyampaikan materi tentang aliran sesat dan musykilat (problema) da’wah dan da’iyah (juru da’wah), Rabu 10 Sya’ban 1434H/ 19 Juni 2013.

Aliran sesat yang perlu dibahas tentu saja cukup banyak. Sedangkan waktu hanya satu setengah jam setelah ‘ashar ditambah tanya jawab setengah jam ba’da maghrib. Kemudian materi musykilat da’wah dilaksanakan ba’da ‘isya’ sampai hampir pukul 22.00 WIB.

Menurut panitia, sejak pagi para da’i itu sudah disuguhi materi secara maraton. Bahkan sampai menjelang jam yang harus saya isi pun mereka masih ditatar. Sehingga secara kemampuan fisik, tentunya para da’i itu sudah lelah pula.   Namun tampaknya mereka tetap segar dan bersemangat dengan pertolongan Allah, dan  lantaran kebanyakan mereka masih muda serta semangatnya pun tampak bagus, maka acara pun berjalan lancar. Alhamdulillah.

Sebenarnya membahas aliran sesat bukanlah masalah ringan. Perlu konsentrasi. Tidak bisa hanya menggunakan sisa-sisa tenaga yang sudah lelah. Oleh karena itu, selaku pembicara mesti harus menyajikannya dengan cara “ekstra”. Ustadz Jaya yang alumni Mesir memandunya dengan cukup familiar, hingga berlangsunglah pembahasan aliran sesat dengan lancar. Alhamdulillah.

Pada intinya, mereka diberi materi yang secara sekilas tampak ringan. Dibandingkanlah antara aliran sesat Ahmadiyah, Syi’ah, LDII, dan Liberal (sekulerisme, inklusifisme, pluralism agama, dan multikulturalisme).

Barisan sesat Ahmadiyah, Syi’ah,dan  LDII itu berlawanan secara total dengan faham sesat liberal. Yang satu pihak (Ahmadiyah, Syi’ah,dan  LDII) adalah ekstrim ketat, siapa saja selain golongannya maka kafir. Di lain pihak, yakni liberal (sekulerisme, inklusifisme, pluralism agama, dan multikulturalisme) adalah kebalikannya, yaitu golongan bahkan agama apa saja semuanya akan masuk surga. Jadi yang satu ekstrim ketat, sedang yang lain ekstrim longgar.

Namun ternyata mereka « bersatu » dukung mendukung. Hingga kaum liberal mendukung aliran-aliran sesat (yang justru pada hakekatnya adalah lawannya itu). Kaum liberal mendukung Ahmadiyah, padahal liberal itu sendiri dikafirkan oleh Ahmadiyah. Bahkan belum lama ini gurunya dedengkot liberal Ulil yakni Fran Magnis Suseno dari Pendeta Kristen Jesuit membela aliran sesat Syi’ah dan Ahmadiyah. Itulah bukti sebagaimana dalam Islam dikenal bahwa alkufru millah waahidah (kekafiran itu adalah agama yang satu/ sama).

Secara sifat pun aliran sesat itu ketika diperbandingkan, maka kesamaannya sangat kentara.  Ahmadiyah memiliki nabi (palsu) Mirza Ghulam Ahmad (1835-1908). Siapa yang tidak beriman kepadanya maka kafir.  Istilah nabi dalam Ahmadiyah itu kalau di Syiah namanya imam. Siapa yang tidak beriman kepada imam-imam syiah maka kafir. Demikian pula aliran sesat LDII. Istilah nabi atau fungsi dari nabi itu dipegang oleh yang mereka sebut Amir. Maka yang tidak berbaiat kepada amir LDII alias selain golongan LDII adalah kafir. (Itu sudah dibuktikan oleh mantan LDII dan FRIH-nya, di antara buktinya adalah pidato Ketua Umum LDII Abdullah Syam berisi tentang itu, menurut Adam dan FRIH. Dalam masalah kesesatan LDII ini, pihak pemimpin LDII sudah berkali-kali ditantang mubahalah, namun belum pernah terjadi. Apa itu mubahalah? Dalam Al-Qur’an dan Tafsirnya dijelaskan: Mubahalah (atau mula’anah, saling melaknat, pen) ialah masing-masing pihak di antara orang-orang yang berbeda pendapat, berdo’a kepada Allah dengan bersungguh-sungguh agar Allah menjatuhkan la’nat kepada pihak yang berdusta. Nabi mengajak utusan Nasrani Najran bermubahalah tetapi mereka tidak berani dan ini menjadi bukti kebenaran Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. _(Al- Quran dan Tafsirnya, Depag RI, 1985/ 1986 juz 1 hal 628).)

Dari perbandingan itu, maka dapat dilihat, aliran sesat yang tiga itu pada dasarnya mereka memfungsikan pemimpinnya secara ghuluw (berlebihan) hingga diposisikan seolah sebagai nabi. Hanya saja, yang terang-terangan adalah Ahmadiyah, meyakini Mirza Ghulam Ahmad sebagai nabi. Yang lain yakni syiah, lafal “nabi” atau yang difungsikan sebagai nabi itu disebut imam, tetapi disifati maksum. Tetapi fungsinya sama, yakni untuk mengkafirkan siapa saja yang tidak mengimani imam syiah. Namun karena hanya disebut Imam, maka umat Islam tidak mudah untuk langsung mengerti bahwa itu sesat (karena tidak disebut nabi). Jadi tipuannya lebih lihai dibanding Ahmadiyah.

Demikian pula LDII yang hanya menyebut pemimpinnya Amir, padahal pemfungsiannya hampir sama dengan Ahmadiyah walau tidak mengaku mendapatkan wahyu, hanya wajib manqul (pemaknaan ayat dan hadits wajib hanya menukil) kepada Amir mereka. Maka siapa saja yang ilmunya tidak manqul kepada Amir mereka dianggap tidak sah. Ini lebih rumit lagi bagi yang awam, sehingga kurang faham bahwa itu sesat. Padahal pada hakekatnya mirip Ahmadiyah hanya lebih lihai lagi. Ujung-ujungnya sama, mengkafirkan selain jamaahnya. Hanya saja cara-caranya berbeda-beda.

Dengan cara perbandingan semacam itu, para da’I yang sudah seharian ditatar dari pagi itu ternyata tetap bersemangat sampai hampir pukul 22 malam.

Ketika malam itu pemberian meteri telah selesai, mereka pun menyalami pembicara dan para pemandu yakni Ustadz Jaya dan Ustadz Syauqi, lalu satu persatu berjalan menuju kamar masing-masing untuk istirahat. Waktu shubuh, para da’i itupun berjama’ah shubuh disertai para murid madrasah yang tampaknya mereka di gedung yang lain juga mendapatkan bimbingan dari gurunya sambil berekreasi di daerah yang sejuk itu di masa menjelang liburan sekolah.

Demikianlah sekelumit kesan dari menatar para da’i dengan materi tentang aliran sesat, di saat sedang ramainya masalah aliran sesat, di antaranya aliran sesat LDII sedang dilaporkan ke polisi karena mengamuk dan mengadakan perusakan di masjid Al-Hijri UIKA Bogor.

Antara Aliran Sesat Syiah, Ahmadiyah dan LDII Vs JIL

Kesan dari Memberikan Materi tentang Aliran Sesat dalam Penataran para Da’i
Oleh: Ustadz Hartono Ahmad Jaiz

Di tengah hiruk pikuk berita tentang mengamuknya aliran sesat LDII di Masjid Al-Hijri UIKA Bogor hingga mereka dilaporkan ke polisi, sedangkan MUI serta umat Islam bertekad agar kasus mengamuknya LDII di Masjid  itu diproses secara hukum hingga tuntas; saya diundang untuk memberikan materi dalam penataran para da’i.  Materinya adalah tentang aliran sesat.

Penataran diselenggarakan oleh yayasan di lingkungan Angkasa Pura II Cengkareng (Masjid Nurul Barkah) dengan peserta para da’i dari 5 kecamatan di sekitar Bandara Cengkareng Tengerang Banten. Tempat penataran atau diklat untuk para da’i ini di Bukit Emas, Wisma Angkasa Pura II, di Cimacan – Pacet  Cianjur Jawa Barat. Di daerah yang cukup sejuk itu saya diminta untuk menyampaikan materi tentang aliran sesat dan musykilat (problema) da’wah dan da’iyah (juru da’wah), Rabu 10 Sya’ban 1434H/ 19 Juni 2013.

Aliran sesat yang perlu dibahas tentu saja cukup banyak. Sedangkan waktu hanya satu setengah jam setelah ‘ashar ditambah tanya jawab setengah jam ba’da maghrib. Kemudian materi musykilat da’wah dilaksanakan ba’da ‘isya’ sampai hampir pukul 22.00 WIB.

Menurut panitia, sejak pagi para da’i itu sudah disuguhi materi secara maraton. Bahkan sampai menjelang jam yang harus saya isi pun mereka masih ditatar. Sehingga secara kemampuan fisik, tentunya para da’i itu sudah lelah pula.   Namun tampaknya mereka tetap segar dan bersemangat dengan pertolongan Allah, dan  lantaran kebanyakan mereka masih muda serta semangatnya pun tampak bagus, maka acara pun berjalan lancar. Alhamdulillah.

Sebenarnya membahas aliran sesat bukanlah masalah ringan. Perlu konsentrasi. Tidak bisa hanya menggunakan sisa-sisa tenaga yang sudah lelah. Oleh karena itu, selaku pembicara mesti harus menyajikannya dengan cara “ekstra”. Ustadz Jaya yang alumni Mesir memandunya dengan cukup familiar, hingga berlangsunglah pembahasan aliran sesat dengan lancar. Alhamdulillah.

Pada intinya, mereka diberi materi yang secara sekilas tampak ringan. Dibandingkanlah antara aliran sesat Ahmadiyah, Syi’ah, LDII, dan Liberal (sekulerisme, inklusifisme, pluralism agama, dan multikulturalisme).  

Barisan sesat Ahmadiyah, Syi’ah,dan  LDII itu berlawanan secara total dengan faham sesat liberal. Yang satu pihak (Ahmadiyah, Syi’ah,dan  LDII) adalah ekstrim ketat, siapa saja selain golongannya maka kafir. Di lain pihak, yakni liberal (sekulerisme, inklusifisme, pluralism agama, dan multikulturalisme) adalah kebalikannya, yaitu golongan bahkan agama apa saja semuanya akan masuk surga. Jadi yang satu ekstrim ketat, sedang yang lain ekstrim longgar.

Namun ternyata mereka « bersatu » dukung mendukung. Hingga kaum liberal mendukung aliran-aliran sesat (yang justru pada hakekatnya adalah lawannya itu). Kaum liberal mendukung Ahmadiyah, padahal liberal itu sendiri dikafirkan oleh Ahmadiyah. Bahkan belum lama ini gurunya dedengkot liberal Ulil yakni Fran Magnis Suseno dari Pendeta Kristen Jesuit membela aliran sesat Syi’ah dan Ahmadiyah. Itulah bukti sebagaimana dalam Islam dikenal bahwa alkufru millah waahidah (kekafiran itu adalah agama yang satu/ sama).

Secara sifat pun aliran sesat itu ketika diperbandingkan, maka kesamaannya sangat kentara.  Ahmadiyah memiliki nabi (palsu) Mirza Ghulam Ahmad (1835-1908). Siapa yang tidak beriman kepadanya maka kafir.  Istilah nabi dalam Ahmadiyah itu kalau di Syiah namanya imam. Siapa yang tidak beriman kepada imam-imam syiah maka kafir. Demikian pula aliran sesat LDII. Istilah nabi atau fungsi dari nabi itu dipegang oleh yang mereka sebut Amir. Maka yang tidak berbaiat kepada amir LDII alias selain golongan LDII adalah kafir. (Itu sudah dibuktikan oleh mantan LDII dan FRIH-nya, di antara buktinya adalah pidato Ketua Umum LDII Abdullah Syam berisi tentang itu, menurut Adam dan FRIH. Dalam masalah kesesatan LDII ini, pihak pemimpin LDII sudah berkali-kali ditantang mubahalah, namun belum pernah terjadi. Apa itu mubahalah? Dalam Al-Qur’an dan Tafsirnya dijelaskan: Mubahalah (atau mula’anah, saling melaknat, pen) ialah masing-masing pihak di antara orang-orang yang berbeda pendapat, berdo’a kepada Allah dengan bersungguh-sungguh agar Allah menjatuhkan la’nat kepada pihak yang berdusta. Nabi mengajak utusan Nasrani Najran bermubahalah tetapi mereka tidak berani dan ini menjadi bukti kebenaran Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. _(Al- Quran dan Tafsirnya, Depag RI, 1985/ 1986 juz 1 hal 628).)

Dari perbandingan itu, maka dapat dilihat, aliran sesat yang tiga itu pada dasarnya mereka memfungsikan pemimpinnya secara ghuluw (berlebihan) hingga diposisikan seolah sebagai nabi. Hanya saja, yang terang-terangan adalah Ahmadiyah, meyakini Mirza Ghulam Ahmad sebagai nabi. Yang lain yakni syiah, lafal “nabi” atau yang difungsikan sebagai nabi itu disebut imam, tetapi disifati maksum. Tetapi fungsinya sama, yakni untuk mengkafirkan siapa saja yang tidak mengimani imam syiah. Namun karena hanya disebut Imam, maka umat Islam tidak mudah untuk langsung mengerti bahwa itu sesat (karena tidak disebut nabi). Jadi tipuannya lebih lihai dibanding Ahmadiyah.

Demikian pula LDII yang hanya menyebut pemimpinnya Amir, padahal pemfungsiannya hampir sama dengan Ahmadiyah walau tidak mengaku mendapatkan wahyu, hanya wajib manqul (pemaknaan ayat dan hadits wajib hanya menukil) kepada Amir mereka. Maka siapa saja yang ilmunya tidak manqul kepada Amir mereka dianggap tidak sah. Ini lebih rumit lagi bagi yang awam, sehingga kurang faham bahwa itu sesat. Padahal pada hakekatnya mirip Ahmadiyah hanya lebih lihai lagi. Ujung-ujungnya sama, mengkafirkan selain jamaahnya. Hanya saja cara-caranya berbeda-beda.

Dengan cara perbandingan semacam itu, para da’I yang sudah seharian ditatar dari pagi itu ternyata tetap bersemangat sampai hampir pukul 22 malam.

Ketika malam itu pemberian meteri telah selesai, mereka pun menyalami pembicara dan para pemandu yakni Ustadz Jaya dan Ustadz Syauqi, lalu satu persatu berjalan menuju kamar masing-masing untuk istirahat. Waktu shubuh, para da’i itupun berjama’ah shubuh disertai para murid madrasah yang tampaknya mereka di gedung yang lain juga mendapatkan bimbingan dari gurunya sambil berekreasi di daerah yang sejuk itu di masa menjelang liburan sekolah.

Demikianlah sekelumit kesan dari menatar para da’i dengan materi tentang aliran sesat, di saat sedang ramainya masalah aliran sesat, di antaranya aliran sesat LDII sedang dilaporkan ke polisi karena mengamuk dan mengadakan perusakan di masjid Al-Hijri UIKA Bogor.
- See more at: http://www.voa-islam.com/read/liberalism/2013/06/21/25394/antara-aliran-sesat-syiah-ahmadiyah-dan-ldii-vs-jil/#sthash.uA4PTTNn.dpuf

Antara Aliran Sesat Syiah, Ahmadiyah dan LDII Vs JIL

Kesan dari Memberikan Materi tentang Aliran Sesat dalam Penataran para Da’i
Oleh: Ustadz Hartono Ahmad Jaiz

Di tengah hiruk pikuk berita tentang mengamuknya aliran sesat LDII di Masjid Al-Hijri UIKA Bogor hingga mereka dilaporkan ke polisi, sedangkan MUI serta umat Islam bertekad agar kasus mengamuknya LDII di Masjid  itu diproses secara hukum hingga tuntas; saya diundang untuk memberikan materi dalam penataran para da’i.  Materinya adalah tentang aliran sesat.

Penataran diselenggarakan oleh yayasan di lingkungan Angkasa Pura II Cengkareng (Masjid Nurul Barkah) dengan peserta para da’i dari 5 kecamatan di sekitar Bandara Cengkareng Tengerang Banten. Tempat penataran atau diklat untuk para da’i ini di Bukit Emas, Wisma Angkasa Pura II, di Cimacan – Pacet  Cianjur Jawa Barat. Di daerah yang cukup sejuk itu saya diminta untuk menyampaikan materi tentang aliran sesat dan musykilat (problema) da’wah dan da’iyah (juru da’wah), Rabu 10 Sya’ban 1434H/ 19 Juni 2013.

Aliran sesat yang perlu dibahas tentu saja cukup banyak. Sedangkan waktu hanya satu setengah jam setelah ‘ashar ditambah tanya jawab setengah jam ba’da maghrib. Kemudian materi musykilat da’wah dilaksanakan ba’da ‘isya’ sampai hampir pukul 22.00 WIB.

Menurut panitia, sejak pagi para da’i itu sudah disuguhi materi secara maraton. Bahkan sampai menjelang jam yang harus saya isi pun mereka masih ditatar. Sehingga secara kemampuan fisik, tentunya para da’i itu sudah lelah pula.   Namun tampaknya mereka tetap segar dan bersemangat dengan pertolongan Allah, dan  lantaran kebanyakan mereka masih muda serta semangatnya pun tampak bagus, maka acara pun berjalan lancar. Alhamdulillah.

Sebenarnya membahas aliran sesat bukanlah masalah ringan. Perlu konsentrasi. Tidak bisa hanya menggunakan sisa-sisa tenaga yang sudah lelah. Oleh karena itu, selaku pembicara mesti harus menyajikannya dengan cara “ekstra”. Ustadz Jaya yang alumni Mesir memandunya dengan cukup familiar, hingga berlangsunglah pembahasan aliran sesat dengan lancar. Alhamdulillah.

Pada intinya, mereka diberi materi yang secara sekilas tampak ringan. Dibandingkanlah antara aliran sesat Ahmadiyah, Syi’ah, LDII, dan Liberal (sekulerisme, inklusifisme, pluralism agama, dan multikulturalisme).  

Barisan sesat Ahmadiyah, Syi’ah,dan  LDII itu berlawanan secara total dengan faham sesat liberal. Yang satu pihak (Ahmadiyah, Syi’ah,dan  LDII) adalah ekstrim ketat, siapa saja selain golongannya maka kafir. Di lain pihak, yakni liberal (sekulerisme, inklusifisme, pluralism agama, dan multikulturalisme) adalah kebalikannya, yaitu golongan bahkan agama apa saja semuanya akan masuk surga. Jadi yang satu ekstrim ketat, sedang yang lain ekstrim longgar.

Namun ternyata mereka « bersatu » dukung mendukung. Hingga kaum liberal mendukung aliran-aliran sesat (yang justru pada hakekatnya adalah lawannya itu). Kaum liberal mendukung Ahmadiyah, padahal liberal itu sendiri dikafirkan oleh Ahmadiyah. Bahkan belum lama ini gurunya dedengkot liberal Ulil yakni Fran Magnis Suseno dari Pendeta Kristen Jesuit membela aliran sesat Syi’ah dan Ahmadiyah. Itulah bukti sebagaimana dalam Islam dikenal bahwa alkufru millah waahidah (kekafiran itu adalah agama yang satu/ sama).

Secara sifat pun aliran sesat itu ketika diperbandingkan, maka kesamaannya sangat kentara.  Ahmadiyah memiliki nabi (palsu) Mirza Ghulam Ahmad (1835-1908). Siapa yang tidak beriman kepadanya maka kafir.  Istilah nabi dalam Ahmadiyah itu kalau di Syiah namanya imam. Siapa yang tidak beriman kepada imam-imam syiah maka kafir. Demikian pula aliran sesat LDII. Istilah nabi atau fungsi dari nabi itu dipegang oleh yang mereka sebut Amir. Maka yang tidak berbaiat kepada amir LDII alias selain golongan LDII adalah kafir. (Itu sudah dibuktikan oleh mantan LDII dan FRIH-nya, di antara buktinya adalah pidato Ketua Umum LDII Abdullah Syam berisi tentang itu, menurut Adam dan FRIH. Dalam masalah kesesatan LDII ini, pihak pemimpin LDII sudah berkali-kali ditantang mubahalah, namun belum pernah terjadi. Apa itu mubahalah? Dalam Al-Qur’an dan Tafsirnya dijelaskan: Mubahalah (atau mula’anah, saling melaknat, pen) ialah masing-masing pihak di antara orang-orang yang berbeda pendapat, berdo’a kepada Allah dengan bersungguh-sungguh agar Allah menjatuhkan la’nat kepada pihak yang berdusta. Nabi mengajak utusan Nasrani Najran bermubahalah tetapi mereka tidak berani dan ini menjadi bukti kebenaran Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. _(Al- Quran dan Tafsirnya, Depag RI, 1985/ 1986 juz 1 hal 628).)

Dari perbandingan itu, maka dapat dilihat, aliran sesat yang tiga itu pada dasarnya mereka memfungsikan pemimpinnya secara ghuluw (berlebihan) hingga diposisikan seolah sebagai nabi. Hanya saja, yang terang-terangan adalah Ahmadiyah, meyakini Mirza Ghulam Ahmad sebagai nabi. Yang lain yakni syiah, lafal “nabi” atau yang difungsikan sebagai nabi itu disebut imam, tetapi disifati maksum. Tetapi fungsinya sama, yakni untuk mengkafirkan siapa saja yang tidak mengimani imam syiah. Namun karena hanya disebut Imam, maka umat Islam tidak mudah untuk langsung mengerti bahwa itu sesat (karena tidak disebut nabi). Jadi tipuannya lebih lihai dibanding Ahmadiyah.

Demikian pula LDII yang hanya menyebut pemimpinnya Amir, padahal pemfungsiannya hampir sama dengan Ahmadiyah walau tidak mengaku mendapatkan wahyu, hanya wajib manqul (pemaknaan ayat dan hadits wajib hanya menukil) kepada Amir mereka. Maka siapa saja yang ilmunya tidak manqul kepada Amir mereka dianggap tidak sah. Ini lebih rumit lagi bagi yang awam, sehingga kurang faham bahwa itu sesat. Padahal pada hakekatnya mirip Ahmadiyah hanya lebih lihai lagi. Ujung-ujungnya sama, mengkafirkan selain jamaahnya. Hanya saja cara-caranya berbeda-beda.

Dengan cara perbandingan semacam itu, para da’I yang sudah seharian ditatar dari pagi itu ternyata tetap bersemangat sampai hampir pukul 22 malam.

Ketika malam itu pemberian meteri telah selesai, mereka pun menyalami pembicara dan para pemandu yakni Ustadz Jaya dan Ustadz Syauqi, lalu satu persatu berjalan menuju kamar masing-masing untuk istirahat. Waktu shubuh, para da’i itupun berjama’ah shubuh disertai para murid madrasah yang tampaknya mereka di gedung yang lain juga mendapatkan bimbingan dari gurunya sambil berekreasi di daerah yang sejuk itu di masa menjelang liburan sekolah.

Demikianlah sekelumit kesan dari menatar para da’i dengan materi tentang aliran sesat, di saat sedang ramainya masalah aliran sesat, di antaranya aliran sesat LDII sedang dilaporkan ke polisi karena mengamuk dan mengadakan perusakan di masjid Al-Hijri UIKA Bogor.
- See more at: http://www.voa-islam.com/read/liberalism/2013/06/21/25394/antara-aliran-sesat-syiah-ahmadiyah-dan-ldii-vs-jil/#sthash.uA4PTTNn.dpuf
21.23 | 0 komentar | Read More

Tentang Ciuman: Ciuman dalam Pacaran: antara fakta dan mitos

http://pacaranislami.wordpress.com/2008/08/28/ciuman-dalam-pacaran-antara-fakta-dan-mitos/   
Sahabatku… pacaran adalah salah satu perbuatan yang mendekati zina yaitu zina mata, zina tangan, zina hati, zina kaki, zina mulut, dll. Kamu dapat berdalih bahwa bisa kok terbebas dari zina-zina itu ketika pacaran. Tetapi remaja jaman sekarang gitu loh!!. Kalau nggak pegangan tangan atau ciuman maka akan disebut ketinggalan jaman.
http://images.wikia.com/bodohpedia/ms/images/1/11/Sensor.png
Masak, gitu sih? Ayolah kita analisis.

Istilah pacaran berasal dari kata “pacar” yang mendapat imbuhan “-an”. Kata “pacar” berasal dari bahasa Kawi (Jawa Kuno). Artinya: “calon pengantin”. Kata ini kemudian mendapat akhiran “-an” yang bermakna kegiatan. Jadi, pacaran adalah aktivitas persiapan menikah.

    Gimana kalo pacarannya ditujukan untuk having fun, ikut-ikutan teman, biar keren, biar gaul, tanpa ada niatan sama sekali untuk menikah?

Yach, kalo gitu sih pacarannya menyimpang dari pengertian yang sesungguhnya. Coba deh, kita bandingin ama shalat. Menurut tuntunan aslinya, tujuan shalat adalah mengingat Allah. (Lihat QS Thaahaa [20]: 14.) Gimana kalo shalatnya ditujukan untuk sok alim, tanpa ada niatan sama sekali untuk mengingat Allah. Kalo gini sih shalatnya menyimpang dari pengertian yang sesungguhnya.


Begitu pula kalo pacarannya disertai dengan “mendekati zina”, seperti ciuman. Ini pun tergolong menyimpang. Sebab, pacar itu ‘kan baru sebatas calon pengantin. (Sekali lagi, ingatlah arti kata “pacar” dalam pengertian aslinya.) Nanti kalau sudah jadi pengantin, maksudku sudah terjadi akad nikah antara kedua pihak, baru deh kita boleh ciuman sepuas-puasnya.

    Terus, apakah pacaran tanpa mendekati zina itu bukannya sekadar dalih untuk membela diri?

Yeeii…. Mau mengikuti jalan yang islami kok dibilang dalih. Enak aja! Mestinya kita dukung, dong! Jangan malah memelihara prasangka buruk! Apa nggak takut dosa lantaran prasangka buruk? Nggak lucu deh bila kita hendak mencegah orang lain berbuat dosa (dengan mendekati zina) tapi diri kita sendiri malah mengundang dosa (dengan menyebarluaskan prasangka buruk). Ironis gitu loh!

    Bukannya pacaran tanpa ciuman itu ketinggalan zaman?

Memang, pacaran ala Nabi Muhammad saw. dan Khadijah r.a. tidaklah disertai dengan ciuman atau pun perbuatan nista lainnya. Begitu pula pacaran ala Ibnu Hazm al-Andalusi dan ala Ibnu Qayyim al-Jauziyyah. Semuanya terjadi pada berabad-abad yang lalu. Kalo mengikuti teladan beliau-beliau itu dibilang ketinggalan zaman, biar deh. Biar kuno, asal selamat (dunia-akhirat).

Lagian, hasil penelitian ilmiah yang obyektif (bukan prasangka yang subyektif) menunjukkan bahwa sebagian besar remaja kita yang pacaran di zaman sekarang ini melakukannya tanpa ciuman. Jadi, pernyataan “pacaran tanpa ciuman ketinggalan zaman” itu merupakan mitos yang tidak sesuai dengan kenyataan.

    Nah, kini sikap kita terhadap mitos terserbut sebaiknya gimana?

Jika kita turut menyebarkan mitos tersebut, maka kita berdosa lantaran menyebarkan prasangka buruk yang tidak sesuai dengan kenyataan. Sebaliknya, berusaha mengenyahkan mitos jelek tersebut insya’ Allah akan membuahkan pahala dari sisi Allah SWT. Sebab, para pelaku pacaran akan semakin termotivasi untuk tidak lakukan ciuman (atau pun perbuatan nista lainnya), apalagi sampai kecanduan ciuman pacar.

Nah, mau menambah dosa atau pahala?
20.42 | 0 komentar | Read More

Tentang Keperawanan: Masih perawankah bila sudah bercumbu?

http://pacaranislami.wordpress.com/2008/06/26/apakah-masih-perawan-bila-sudah-bercumbu/
   Aluww dokter, saya nita cwe 20 th saya tinggal di Jogja, saya baru saja putus sama pasangan saya 6 bulan yang lalu, saya putus gara-gara dia berbuat yang tidak senonoh pada saya.

    Kemarin waktu dia ajak saya liburan ke gunung dan sempet nyewa 1 kamar di villa (karena kamar tinggal 1 otomatis saya mau sekamar dengan dia) kami sempet berhubungan tapi saya tidak sadar pada waktu itu. Waktu saya sudah naik ke ranjang karena uda benar-benar cape naik gunung, tiba-tiba libido dia naik dan berusaha untuk menerkam saya, padahal saya berpakaian lengkap tidak telanjang. Yang ingin saya tanyakan apakah semua cwo kalo udah liat
    cewe nafsunya akan seperti itu dok?

    Pada waktu itu karna terlalu cape saya sempat tak sadarkan diri, tapi pasangan saya berusaha untuk membuka pakaian saya dan sempet mencium dan mengigit puting payudara saya, bahkan esok harinya puting saya merasa sakit dan berubah warna menjadi coklat kehitaman. Apakah ini berdampak buruk bagi saya dok? Apakah saya masih virgin?

    Setelah dia mencium puting saya, kemudian tangannya berusaha untuk memegang kelamin saya bahkan tangan dia sempat menjambak rambut di kelamin saya, untungnya dia ga sempet memasukkan jarinya ke dalam Miss V saya. Apakah saya bener-bener masih virgin ato ga dok? Tolong penjelasannya, terima kasih……


    yn

Jawaban dr. Ferry di Astaga.com:

Untuk Yn……

makanya bukan hanya untuk kamu, tapi juga untuk semua remaja yang belum menikah, sebaiknya kalau berpacaran, lakukanlah pacaran yang sehat. Jangan pernah berdua-dua saja di satu tempat yang epi , karena seperti yang sering disebut, pasti ada setan disana, dan tentu saja mereka akan selalu mencari jalan agar kalian berbuat dosa.
http://chemistrahmah.blogdetik.com/files/2013/08/8f26533b858579b058a786f974393aa1_perlukah-tes-keperawanan.jpg
Berpacaran itu maksudnya adalah untuk saling mengetahui baik buruknya pasangan kita , jadi hindari hal hal yg negatif . Kalau saya menangkap dari cerita kamu ya tentu saja kamu masih perawan, dalam arti kata kamu belum pernah melakukan hubungan seksual secara langsung. Tapi perlu diketahui kalau sampai ada benda apapun itu termasuk jari yang masuk kedalam Miss V maka selaput dara dapat rusak dan robek.

Dr. Ferry
20.40 | 0 komentar | Read More

Kecanduan masturbasi: Cara mengatasinya

http://pacaranislami.wordpress.com/2008/09/03/kecanduan-masturbasi-cara-mengatasinya/

ustadz tolong saia ustadz sebelum saia terus melakukannya… berdosakah saia bila saya melakukan hal ini: bila saia kangen sama pacar saia berimaginasi bahwa bantal guling atau kasur seolah pacar saia. sehingga saia memeluk, mencium, ‘mestubui’, aneh memang tapi itulah yang saia lakukan. saia merasakan kepuasan tersendiri saat melakukannya, bahkan sampai ‘tumpah’ dan mesti mandi besar. saia melakukan hal tsb tentunya karena tidak berani melakukan dengan pacar saia. sekian…terimakasih ustadz.

Mengenai hukum onani/masturbasi, sebagian besar ulama mengharamkannya. Sebagian ulama seperti Imam Hanbali dan Ibnu Hazm menghalalkannya. Sedangkan ulama-ulama Hanafiah membolehkannya dalam keadaan “takut berbuat zina” dan “tidak mampu kawin”. (Lihat Halal dan Haram dalam Islam.)

Di sini aku tidak hendak memperdebatkan hukumnya. Aku lebih tertarik untuk mengemukakan solusinya. Cara-cara untuk mengatasi kecanduan masturbasi itu diantaranya sepuluh langkah berikut ini.

1) Yang terpenting, yakinlah bahwa kau mampu mengatasi masalah ini. Kau sudah mampu menahan diri untuk tidak berzina dengan pacarmu, tentulah kau juga mampu menahan diri untuk tidak membiasakan diri melakukan onani.

Untuk memperkuat keyakinan diri itu, biasakanlah diri mengucap dzikir yang relevan, seperti: “Tetapi di sisi Allah-lah tempat kembali terbaik.” (QS Ali ‘Imran [3]: 14)

2) Cari tahulah apa saja keadaan-keadaan dirimu yang memicu dirimu membiasakan diri melakukan masturbasi. Misalnya, kau biasa bermasturbasi setiap kali merasa kesepian, bosan, atau tertekan (stres). Kalau memang begitu, waspadalah dirimu setiap kali berada dalam keadaan begitu.

Dalam keadaan begitu, tanamkanlah kembali keyakinanmu bahwa kau mampu menahan diri untuk tidak membiasakan diri melakukan onani. Atasilah berbagai keadaan yang tidak nyaman itu dengan solusi lain yang tidak bersifat seksual. Misalnya dengan cara berdzikir.

3) Temukanlah sebab-sebab mengapa kau mampu menahan diri untuk tidak berzina dengan pacarmu. Lalu berlakukanlah hal-hal yang relevan dengan kasus kebiasaan masturbasimu. Misalnya, kalau kau mampu menahan diri untuk tidak berzina dengan pacarmu karena kau menghargai dirinya setinggi-tingginya, maka hargailah juga dirimu sendiri setinggi-tingginya.

4) Hindari menyendiri! Selalulah bersama orang lain (yang tidak membangkitkan rangsangan seksual), kecuali bila terpaksa.

Bila terpaksa menyendiri, misalnya di kamar mandi, jangan berlama-lama! Lima menit sudah cukup.


Fabbriciuse learns masturbation

Fabbriciuse learns masturbation

Bila kau membutuhkan waktu yang relatif lama ketika menyendiri (misalnya di kamar mandi) lantaran berbagai aktivitas sekaligus, pisahkanlah aktivitas-aktivitas itu. Jadi, mandi, keramas, gosok gigi, dan lain-lain, hendaknya dilakukan dalam waktu yang tidak bersamaan.

5) Di tempat tidur, singkirkanlah jauh-jauh guling dan barang-barang lain yang dapat kau gosok-gosokkan ke alat kelaminmu. Selain itu, pakailah celana dan baju tertentu yang membuatmu sulit bermain-main dengan alat kelaminmu.

Setiap kali kau merasa nafsu birahimu memuncak di tempat tertentu (misalnya di kamar mandi atau tempat tidur), beranjaklah dari situ. Pergilah ke tampat lain. Temuilah orang-orang, ngobrollah tentang apa saja yang jauh dari rangsangan seksual.

6) Di mana pun, hindari pornografi atau pun yang semi porno. Jagalah pandangan mata dan pendengaran telingamu dari segala yang membangkitkan birahi.

7) Setiap kali bangun tidur, segeralah bangkit dengan penuh antusias. Jangan bermalas-malasan.

8) Sibukkanlah dirimu dengan berbagai aktivitas yang kau sukai dan jauh dari rangsangan seksual. Utamakanlah aktivitas yang dilakukan bersama orang lain.

Misalnya, kau suka membaca buku dan main catur. Ketika kau merasa nafsu seksualmu bangkit alias terangsang, lebih baik main catur bersama orang lain daripada membaca buku sendirian.

9) Sibukkanlah juga pikiranmu dengan berbagai hal yang kau sukai dan jauh dari rangsangan seksual.

10) Bila perlu, mintalah bantuan profesional dari ahlinya, seperti psikolog dan psikiater.
20.37 | 0 komentar | Read More

Artikel One Direction: Kelelahan, One Direction akan rehat di tahun 2014?

One Direction menjadi boyband asal Inggris yang sedang berada di puncak kesuksesan. Tak ayal mereka adalah salah satu boyband tersibuk di tahun 2013.

Mengingat hal tersebut, Zayn Malik, Niall Horan, Louis Tomlinson, Liam Payne dan Harry Styles dikabarkan merasa kecapekan. Sebelumnya, mereka memang habis menjalankan tur yang panjang.
One Direction fameflynet

"Anak-anak ini begitu kelelahan," ungkap salah satu narasumber seperti dikutip dari Entertainment Wise.

One Direction fameflynet

Oleh karenanya, untuk persiapan tur dunia di tahun 2014, yang menyambangi lebih dari 100 kota itu, One Direction dikabarkan tengah meminta izin untuk istirahat selama 3 bulan. Lebih lanjut, mereka akan kembali berlatih pada bulan Maret mendatang.

"Mereka telah mendekati manajemen untuk membuat kesepakatan. Dilihat dari kesuksesan mereka, hal (rehat) itu hampir dapat dipahami sepenuhnya. Itu semua bentuk hubungan yang baik," tambahnya.

Wah untung saja tidak rehat selama 1 tahun seperti Justin Bieber ya.

(ent/trn)

Sumber: Kapanlagi.com
12.46 | 0 komentar | Read More

( Artikel One Direction ) Wajib Baca! One Direction: The Official Annual

Kapanlagi.Com - Terasa sudah basi memang, tapi jika kamu directioners, segala sesuatu yang harus kamu ketahui tentang Harry Styles, Liam Payne, Niall Horan, Louis Tomlinson dan Zayn Malik wajib kamu baca di buku ini!

Tak perlu menghabiskan banyak waktu untuk melahap seluruh isi buku yang satu ini. Kamu cuma butuh waktu sekitar 10 menit untuk menuntaskan membacanya. Biografi singkat para personil One Direction disajikan dengan sangat jelas dan informatif sekali. Cerita dimulai dari bagaimana kelima remaja dipertemukan di ajang X-Factor sampai akhirnya membentuk One Direction.

Sebenarnya bisa dibilang ini bukan sebuah buku, melainkan album foto tentang segala sesuatu yang harus kamu ketahui mengenai One Direction. Sampulnya hard-cover dengan kertas yang berkualitas, sehingga setiap foto-foto di dalamnya tampak lebih nyata. Kamu bisa melihat foto-foto eksklusif yang belum pernah dipublikasikan, hanya di buku ini.

Mulai dari foto saat mereka manggung di tur X-Factor, foto backstage dengan pose unik, foto masa kecil, ramainya fans ketika menyambut mereka dan masih banyak lagi. Kompaknya persahabatan kelima remaja ini juga bisa kalian telusuri di buku 64 halaman ini.

Dari sana kalian akan mengetahui bagaimana sifat dari masing-masing personil One Direction. Louis yang lebih suka bercanda, Liam yang pendiam, Zayn yang awalnya pemalu, Harry pribadi yang hangat, serta Niall yang selalu membuat semua personil tertawa. Semuanya akan diulas di buku sederhana ini.

Bahkan jika kamu membayangkan bisa kencan dengan personil One Direction, ada baiknya kalian membaca tipe cewek idaman mereka melalui buku ini. One Direction besar karena penggemar, oleh karena itu mereka sangat-sangat menghargai fansnya. Beberapa sesi wawancara tentang 1D dengan penggemar juga akan sedikit dijabarkan di buku ini.

So, tunggu apalagi directioners? segera lengkapi koleksi buku One Direction-mu!
12.43 | 0 komentar | Read More

Tentang Keperawanan: Masih perawankah bila jari tangan masuk ke vagina?

http://pacaranislami.wordpress.com/2008/08/26/masih-perawankah-bila-jari-tangan-masuk-ke-vagina/
Assalamu’alaikum Pa Ustad. sebenarnya saya malu untuk bertanya, tapi saya memberanikan diri. saya br putus 1 bulan yang lalu dengan pacar saya, saya sudah pacaran selama 2 tahun. selama pacaran saya pasti ke rumahnya.setiap saya kerumahnya selalu orang tua ngertiin, bahkan ninggalin saya dan pacar saya di ruang tamu.dalam kesempatan itu saya selalu melakukan cumbu sampi horni, bahkan jari2 saya masuk ke Vagina pacar saya …. kejadian ini berlangsung slm 2 tahun. Apakah Cwe saya masih perawan Pa? Sekarang cwe saya sudah pindah ke lain hati, yang lebih menyakitkan hati adalah sekarang cwe saya pacaran lagi sama pria yang sudah beristri.
Jawaban M Shodiq Mustika:
Wa’alaykumus salam.
Ya, putus hubungan cinta memang menyakitkan. Apalagi bila hubungan itu sudah segitu lama, sampai dua tahun. Apalagi pula, sudah begitu dekatnya kalian dengan perbuatan zina.
Sebenarnya, dua bulan yang lalu aku sudah membicarakan kasus serupa. Namun, berhubung ini merupakan tema yang penting dan menarik, aku tak keberatan untuk menambahkan penjelasan.
Hanya saja, aku mau interupsi dulu.
Aku tidak sependapat bahwa orangtua yang membiarkan anaknya begitu saja tanpa pengawasan hingga mendekati zina dikatakan “penuh pengertian”. Seharusnya, yang benar-benar penuh pengertian ialah yang melindungi anaknya dari berbagai keburukan, termasuk perihal mendekati zina itu. “Hai orang-orang yang beriman! Jagalah diri kalian dan keluarga kalian dari api neraka. …” (QS at-Tahriim [66]: 6)
Demikian interupsiku. Kini, kujawab pertanyaanmu.
Prof. DR. Dr. Wimpie Pangkahila, Dokter Ahli Andrologi dan Seksologi, menjelaskan (Kompas Cyber Media, 10 Maret 2004):
Perawan tidaknya seorang wanita bukan ditentukan oleh utuh tidaknya selaput dara, melainkan oleh pernah tidaknya melakukan hubungan seksual. Artinya, wanita yang telah melakukan hubungan seksual disebut tidak perawan. Di pihak lain, wanita yang tidak pernah melakukan hubungan seksual tetapi selaput daranya robek karena melakukan masturbasi dengan memasukkan benda padat ke dalam vagina, tetap disebut perawan.
Yang dimaksud dengan hubungan seksual itu adalah masuknya alat kelamin pria ke alat kelamin wanita. Jadi, masuknya jari-jari ke vagina itu tidak menghilangkan keperawanan.
selaput dara dapat terkoyak seperti ini
Sungguhpun demikian, aktivitas tersebut BUKAN tergolong pacaran sehat. Sebab, disamping berdosa lantaran mendekati zina, perbuatan seperti itu dapat mengoyak selaput dara si cewek.
Terkoyaknya selaput dara itu dapat mengakibatkan perdarahan dan bisa pula tidak. Dokter Iwan menerangkan:
… selaput dara seorang wanita kondisinya berbeda antara satu dengan yang lainnya. Ada wanita yang memiliki selaput dara yang tipis sehingga apabila melakukan hubungan seksual akan lebih mudah pecah tetapi ada pula wanita yang memiliki selaput dara yang kuat sehingga akan tidak mudah pecah. Pecahnya selaput dara juga tidak harus melalui hubungan seksual saja, bisa juga melalui aktifitas olahraga, benturan, senam dan sebagainya.
Bentuk selaput dara yang dimiliki oleh satu wanita dengan wanita yang lainnya juga tidak sama. Jika ia memiliki selaput dara yang kaya akan pembuluh darah, otomatis jika selaput dara itu pecah akan terjadi pendarahan yang cukup banyak. Sebaliknya jika selaput dara tersebut tidak memiliki pembuluh darah otomatis ketika pecah juga tidak menimbulkan pendarahan. Jadi pendarahan pada saat hubungan seksual tidak bisa dijadikan tolak ukur menilai keperawanan seorang wanita, justru pendarahan bisa saja terjadi karena pengencangan atau ketegangan pada vagina yang sering disebut sebagai kelainan vaginimus pada saat hubungan seksual dan jika selama melakukan hubungan seksual tidak menimbulkan ketegangan pada vagina tetapi dapat menikmatinya bersama maka kemungkinan terjadi pendarahan sangat kecil bahkan tidak ada. So.. jangan heran jika ada wanita yang telah berulangkali melakukan hubungan seksual namun sama sekali tidak pernah mengalami pendarahan sama sekali.
Warta Medika menegaskan:
Hymen atau selaput dara bukanlah indikator mutlak keperawanan seorang gadis. Selaput dara bisa saja sudah robek tetapi si gadis masih perawan, atau sebaliknya, selaput dara tidak robek padahal si gadis sudah tidak perawan. Hal ini bisa terjadi karena definisi “tidak perawan” adalah pernah melakukan hubungan seksual dengan lawan jenis, tidak peduli apakah selaput daranya robek atau tidak.
Hymen adalah lapisan mukosa yang mengelilingi atau menutupi sebagian dari muara vagina. Lapisan tersebut, seperti halnya mukosa vagina, juga mempunyai pembuluh darah dan pembuluh saraf. Oleh sebab itu, robekan pada hymen seringkali diikuti dengan perdarahan dan rasa nyeri.
Pada saat seorang gadis baru memasuki usia sekolah, selaput dara masih tipis dan bahkan hampir tembus cahaya. Oleh karena itu, pada usia ini, selaput dara lebih mudah mengalami robekan, terutama akibat olahraga seperti berkuda, bersepeda, atau senam.
Setelah pubertas, akibat pengaruh hormon estrogen, hymen akan sedikit menebal dan berwarna merah muda. Tapi perlu diingat bahwa ketebalan, bentuk, dan elastisitas hymen berbeda-beda pada setiap wanita.
Demikianlah jawabanku atas pertanyaanmu. Jelas, bukan?
12.10 | 0 komentar | Read More

YANG TERBARU DARI BAGINDAERY

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...