GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Wisata Menarik: Menelusuri Keindahan Jejak Kamandaka di Kota Lanting

Written By Situs Baginda Ery (New) on Rabu, 25 Desember 2013 | 11.29

1387932369207117509


http://wisata.kompasiana.com/jalan-jalan/2013/12/25/menelusuri-keindahan-jejak-kamandaka-di-kota-lanting-622577.html
Diorama-diorama didalam goa - Dok. Pribadi
Tanah jawa memang mempunyai banyak mitos dan cerita rakyat yang seru dan unik untuk di ulas, kekayaan budaya Indonesia memang tak pernah ada habisnya terutama di Pulau Jawa, tepatnya di Kebumen Jawa Tengah. Ya, Kebumen yang dikenal dengan makanan khas nya yaitu Lanting, mempunyai cerita rakyat yang patut untuk di simak, yaitu legenda Raden Kamandaka di Goa Jatijajar. Goa Jatijajar yang terletak di sebelah barat Kota Kebumen ini mempunyai cerita mitos yang sangat menyedot perhatian para wisatawan. Goa ini mengisahkan cerita legenda mengenai Raden Kamandaka atau yang kita kenal sebagai Lutung Kasarung. Namun tidak banyak yang mengerti bagaimana membaca kisah lewat diorama-diorama tersebut, dikarenakan kurangnya pengetahuan yang diberikan kepada pengunjung. Jadi alangkah baiknya kita minta didampingi oleh pemandu wisata saat berkeliling menikmati keindahan tempat wisata ini.
1387933412412714462
Diorama-diorama didalam goa - Dok. Pribadi
Goa Jatijajar memang benar-benar menawarkan keindahan yang mampu memukau mata kita, bagaimana tidak, Goa yang biasanya pengap dan gelap gulita tak berlaku di Goa Jati Jajar ini. Di dalam Goa Jatijajar kita akan melihat lampu-lampu yang terang benerang sampai pintu keluar. Anak tangga yang dibangun secara modern membuat para pengunjung santai menikmati setiap sudut Goa. Bebatuan stalagtit dan stalagmit, juga pilar atau tiang kapur menambah keindahan Goa dengan airnya yang masih mengalir dan menetes dari ujung-ujungnya. Sinar matahari pun tak kalah indahnya, menerobos masuk kedalam gua dan memberikan kesan indah tersendiri.
1387932528779112491
Diorama-diorama didalam goa - Dok. Pribadi
Patung-patung berwarna putih berukuran manusia benar-benar sempurna untuk mempercantik isi Goa, patung tersebut adalah patung-patung yang mengkisahkan tentang Raden Kamandaka pada jaman dahulu ketika di Goa Jatijajar. Keindahan pun tak berhenti sampai disitu, ketika menuruni anak tangga mata kita akan di manjakan dengan adanya sumber mata air yang mengalir deras dari dalam Goa, salah satu sumber air, yaitu sumber air sendang mawar yang berwarna merah muda konon dipercaya oleh masyarakat sekitar bisa menjadikan awet muda bagi yang meminum dan membasuh mukanya, namun itu hanyalah mitos saja.
1387933213720100030
Sumber Air Sendang Mawar - Dok. Pribadi
Keluar dari pintu Goa mata kita pun akan di manjakan lagi dengan terdapatnya pasar seni yang menawarkan kerajinan-kerajinan dan makanan khas Kebumen. Sepanjang jalan pintu keluar para pedagang akan menyapa dan menawarkan barang dagangannya dengan menggunakan bahasa yang sangat unik, yaitu bahasa jawa ngapak yang membuat pengunjung tertawa mendengarnya. Ini pun merupakan ciri khas orang Kebumen yang memang notabene masyarakat sekitar menggunakan bahasa ngapak sebagai bahasa sehari-hari mereka. Mengingat batu-batuan yang ada di Gua Jatijajar ini sudah sangat tua, maka di muka Goa dibangun patung binatang purba dinosaurus sebagai simbol kepurbakalaan nya. Dari mulut patung tersebut, mengalir air dari Sendang Mawar yang kerap kali airnya digunakan anak-anak kecil untuk berenang atau bermain.
13879330721961431611
Patung Dinosaurus - Dok. Pribadi
Perlu diketahui untuk mencapai goa ini, kita harus menaiki anak tangga terlebih dahulu sebelum sampai dimulut goa, yang tingginya minta ampun nan melelahkan. Pulang dari sini, kami yakin langsung cari tukang pijat untuk menghilangkan rasa lelah di kaki akibat mendaki. Namun, semuanya akan terbayarkan ketika kita hendak memasuki goa yang dipenuhi dengan keindahan-keindahan purbakala didalamnya. Namun, sayangnya didalam goa terdapat banyak tulisan dan coretan oleh tangan-tangan tak bertanggungjawab yang membuat pemandangan sedikit terganggu. seharusnya kita melestarikan peninggalan-peninggalan sejarah agar tetap terjaga dengan baik.
1387933623750768320
Situasi didalam Goa

13879336721270482233
Situasi didalam Goa
13879337271997347071
Situasi didalam Goa
1387933776970905824
Situasi didalam Goa
13879338251674061896
Situasi didalam Goa

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...