ARTIKEL PILIHAN

GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

KUMPULAN GAMBAR KEREN, WALLPAPER DAN POSTER DRAMA TURKI ANTV (KUALITAS GAMBAR OKE)

Written By Situs Baginda Ery (New) on Rabu, 03 Februari 2016 | 10.25

FATMAGUL ANTV












CANSU HAZAL ANTV









ANTARA NUR DAN DIA ANTV









EFSUN DAN BAHAR ANTV











CINTA ELIF ANTV








SHEHRAZAT ANTV








ABAD KEJAYAAN ANTV








GAMBAR DIATAS DICARI DARI GOOGLE DAN DIKUMPULKAN OLEH BLOG: bagindaery.blogspot.com
10.25 | 0 komentar | Read More

ANTV Gencar Promosikan Fatmagul, Apakah Sebagai Pengganti Cinta Elif

Tidak Ingin Membuat Penggemar Sinetron Turki Menunggu Lebih Lama, Kini Stasiun TV ANTV Siap Untuk Menayangkan Sinetron Turki Lainnya


Setelah berakhirnya kini pihak stasiun televisi Antv masih terus mencari sinetron yang pas untuk menggantikan sinetron Cinta Elif. Setelah lama mencari akhirnya pihak ANTV belum lama ini melirik salah satu sinetron Turki lainnya.

Menurut pihak ANTV yang pantas untuk menggantikan sinetron Cinta Elif adalah sinetron dengan judul Fatmagul. Fatmagul sendiri di negara aslinya Turki memiliki judul asli Fatmagul’un Sucu Neyang memiliki cerita romance dan dipadukan dengan perdebatan.

Di Negara Aslinya Fatmagul telah ditayangkan perdana pada 16 September 2010dan sinetron tersebut berakhir pada 21 Juni 2012 dengan total episode 80 Episode. Sinetron Fatmagul sendiri akan dibintangi oleh Engin Akyurek, dia adalah salah satu pemeran dari sinetron Cinta Elif.

Fatmagul sendiri menceritakan tentang salah seorang wanita yang memiliki nama Fatmagul Ketenci yang akan diperankan oleh Beren Saat, Fatmagul Kerenci merasa bahwa hidupnya sudah hancur dan tidak dapat diperbaiki kembali setelah dirinya diperkosa oleh tiga orang pria yang tidak dikenalnya. Fatmagul Ketenci juga terpaksa harus menikah dengan salah seorang yang telah memperkosanya tersebut yang bernama Kerim Ilgaz yang akan diperankan oleh Engin Akyurek.

Kerim sendiri sebenarnya tidak pernah memperkosa Fatmagul Ketenci, dirinya hanya mengawasi tempat yang dibuat teman-temannya untuk memperkosa Fatmagul Ketenci. Karena Kerim adalah orang yang paling penakut akhirnya dirinya dijadikan umpan oleh kedua temannya untuk bisa mencintai Fatmagul.

Fatmagul 2Namun setelah mengetahui bahwa Kerim adalah komplotan orang yang telah memperkosanya membuat Fatmagul Ketenci sangat membenci dirnya, namun Kerim tidak pantang menyerah untuk berusaha membuktikan cintanya kepada Fatmagul. Namun karena keterpaksaan yang datang menghampiri Fatmagul Ketenci, kemudian dirinya mengatakan siap jika akan dipersunting oleh Kerim.

Walaupun Kerim dan juga Fatmagul menikah dengan keadaan yang sangat terpaksa, namun seiring berjalannya waktu setelah Kerim dan juga Fatmagul Ketenci menikah justru Kerim semakin jatuh cinta dengan Fatmagul.

smeaker.com/
10.06 | 0 komentar | Read More

FATMAGUL ANTV (SEMUA TENTANG DRAMA FATMAGUL ANTV, RAHASIA SINOPSIS FATMAGUL ANTV)

Fatmagül'ün Suçu Ne? ( Apa Salah Fatmagul? ), Drama series yang terdiri dari 80 episode yang rilis ditahun 2010-2012 yang telah tayang di -/+ 50 negara dengan begitu respon yang baik. Dalam Drama series ini menceritakan seorang gadis korban pemerkosaan bergilir untuk mendapatkan suatu keadilan. Dimana para pelaku adalah orang terpandang pemilik Perusahaan terkenal.


berawal di suatu daerah pesisir di ildir, izmir di daerah izmir, fatmagul hidup bersama kakaknya Rahmi katenci dan istrinya Mukkades yang mempunyai seorang anak laki laki bernama Murat yang sangat dekat dengan Fatmagul. Mereka mempunya usaha susu.Petaka itu datang disaat Orang penting datang dari Istanbul ( Resat yasaran ) datang untuk mengadakan acara pertunangan anaknya yaitu Selim dan Meltem ( anak politisi Turaner).Dalam acara itu ekluarga Fatmagul membantu dibagian dapur.


Setelah acara pertunangan itu kerim ilgaz pun bersenang senang dengan ketiga temannya yang dari istanbul yaitu Selim ( yang malam itu bertunangan ) , Erdogan dan Vural dengan acara mabuk mabukan dan menggunakan obat obatan terlarang, disaat mereka berempat mabuk fatmagul lewat karena sehabis melihat mustafa yang pergi melaut. Kerim pun dengan mabuk menggoda fatmagul, dari situlah Erdogan , Selim dan Vural melakukan perbuatan biadab di kejadian itu kerim sedang pingsan. Di Pagi harinya fatmagul masih ditempat kejadian dalam keadaan kacau dan sekarat, nona meryem menemukanya dalam keadaan seperti itu dan kemudia dia menolong Fatmagul. saat polisi mengolah TKP disana meryem memberi kesaksian dan Mukkades pun juga ada disana dan tanpa sengaja mukkadespun menemukan cincin dan cincin pertunangan itu ternyata dia sadari adalah milik Selim yasaran< dia menyimpan cincin itu diam diam dan kemudian mukkades pun pergi ke rumah milik yasaran dan ingin bertemu tuan Resat yang saat itu sedang berkumpul makan malam dengan seluruh keluarga dan keluarga Turaner (meltem, turaner dan ender). mukkades pun mengancam resat dan itu membuat Resat yang belum tau kejadian itu marah dengan Selim dan saat dia menampar Selim meltem melihatnya tanpa sengaja tapi mereka semua berusaha menyembunyikan kejadian itu dari  Meltem dan keluarganya.


Kejadian itu menghancurkan kehidupan fatmagul dan kerim yang sangat merasa bersalah. Mustafa pun marah dan menganggap Fatmagul sebagai pelacur karena mendapat aib seperti itu pernikahan mereka pun gagal. berita tragedi itu pun membuat geger seisi kota. dan berkat campur tangan Pengacara keluarga yasaran, Munir diapun membujuk keluarga fatmagul untuk damai dengan memberikan sejumlah uang, tentu saja kakak ipar fatmagul akhirnya menyetujuinya. Dengan Alasan Harga diri fatmagul agar tidak di hina orang orang sekitar fatmagul harus menikah dengan Kerim, Dan fatmagul dibujuk untuk mau menarik gugatan dan menikah dengan Kerim agar tidak membawa Mustafa dalam masalah mereka mempengaruhi fatmagul dan menyakinkan Fatmagul bahwa Mustafa ingin membunuh para pelaku dan itu bisa membuat Mustafa dipenjara. tentu saja Fatmagul takut hal itu.kerim menerima tawaran itu ( tentu saja itu pemikiran dari pengacara Munir dan diapun mengaturnya dengan rapi).


kerim dan fatmagulpun menikah dan merekapun di beri sejumlah uang, dan Mustafa mendengar berita itu ditambah dia mendengar dari orang orang kalau fatmagul saat menjalin hubungan dengannya ternyata berhubungan dengan kerim, dan dia mendapatkan penjelasan dari kantor polisi bahwa fatmagul menarik gugatan karena mereka melakukannya suka sama suka.itu membuat mustafa marah dan ingin membunuh Fatmagul dan kerim karena merasa dihianati.



dan kedua keluarga merekapun harus menjual semua properti untuk pindah ke istanbul. karena didesanya keluarga mereka sudah tidak diterima terutama kerim Hubungan kerim dan fatmagulpun sangat dingin, apalagi kadang Nyonya mukkades (kakak ipar fatmagul ) sering menggoda mereka dengan kata yang menyinggung. Namun fatmagul dekat sekali dengan nona meryam yang ahli herbal.mengetahui fatmagul dan kerim ke istanbul mustafa pergin ke istanbul untuk membalas dendam tentu saja sebelumnya dia di pengaruhi keluarga yasaran yang pura pura menenangkannya dan akan memberikan dia pekerjaan saat di istanbul walau pihak yasaran sedikit khawatir, dalam perjalanan ke istanbul mustafa berkenalan dengan asude mereka menaiki bus yang sama, Asude tertearik dengan mustafa dan menawari bantuan apa bila \mustafa di \istanbul butuh sesuatu dia siap membantu.setelah sampai diistanbul mustafa bekerja di perusahaan yasaran dia akan dikirim ke luar negeri untuk pekerjaannya
kehidupan mereka (FATMAGUL DAN KELUARGA) pun diistanbul tidak berjalan dengan baik, mereka menyewa sebuah rumah milik keluarga Emre yang menjadi teman baik kerim. kerimpun mencari pekerjaan dan mendapatkan pekerjaan di sebuah bengkel besi, padahal cita citanya adalah mempunyai bisnis besi sendiri karena kejdian tragis itu impiannya jadi hancur. nona meryem pun juga berusaha mencari sumber penghasilan dengan membuat herbal untuk di titipkan ke pasar. dirumah kontrakan merekapun Kerim tidur di sebuah gudang belakang rumah yang dia sulap menjadi kamar.



fatmagulpun akhirnya berusaha untuk bangkit dengan dukungan kak meryam dia pun mengikuti ujian untuk mendapatkan ijazah ( kalau diindonesia mungkin seperto kejar paket).
hidup merekapun penuh dengan konflik dan kejutan. fatmagul pun membuat sebuah restoran yang bernama Gul mutfagi yang bearti dapur mawar. dan merekapun memperkerjakan seorang mahasiswa bernama mehmet.
dirumah yang mereka kontrakpun mereka tidak dapat hidup normal karena terungkapnya kasus fatmagul semua orang mencibirnya dan akhirnya merekapun tinggal di rumah pengacara fatmagul. yaitu Tuan kadir. yang akhirnya menikah dengan nona meryem.



tentu saja hidup fatmagul dan hidup para pelaku penuh dengan ketakutan akan keberadaan mustafa yang ingin mencari siapa pelaku pemerkosa fatmagul.pertama dia ingin membunuh kerim, dan dia bekerja di rumah erdogan sebagai supir erdogan namun akhirnya dia tau bahwa erdogan, selim dan vural terlibat.
Vural yang mulai frustasipun akhirnya mencoba untuk bunuh diri dengan menabrakkan mobilnya namun dia berhasil selamat. dan akhirnya dia dibunuh oleh mustafa di tempat fatmagul diperkosa dan diwaktu yang sama asude lewat jalan tersebut .Setelah Vural emninggal kejadian jadi sangat kacau, Keluarga yasaran seperti kebakaran jenggot karena ibu Vural Ny.leman mengalami frustasi hampir gila , dia ingin mengungkap keberan bersama suaminya. namum suaminya tuan semsi meninggal disuatu kecelakan dan nyonya lemanpun mengalami gangguan jiwa


untuk diindonesia Fatmagu ditayangkan oleh VISION 2 DRAMA yang sekarang berubah nama menjadi FMN, channel berbayar dari indovision dan okevision
PARA PEMAIN
1. Beren Saat berperan sebagai Fatmagül Ketenci / Ilgaz, mantan tunangan Mustafa, korban pemerkosaan dari Erdogan Yasaran, Selim Yasaran dan Vural namli. Menikah dengan Kerim



2. Engin Akyürek berperan sebagai Kerim Ilgaz, Seorang Pandai besi yang di Asuh oleh nona meryem (Ebe Nine) sedari kecil karena ibunya bunuh diri dan mengira karena alasan ditinggal Ayahnya menikah lagi di Australia. menikahi fatmagul untuk melindungi Erdogan, Selim dan Vural atas arahan Munir


3. Kaan Taşaner berperan sebagai Erdoğan Yaşaran, keponakan Resat Yasaran, sepupu Selim dan anak dari NYonya Hilmiye dan Alm Rifat. hubungannya dengan Pamannya tidak terlalu baik karena masalah Saham Alm ayahnya, tapi dekat sekali dengan Selim dan vural mereka tumbuh bersama sejak kecil. Pelaku pmerkosaan terhadap fatmagul




4. Engin Öztürk berperan sebagai Selim Yaşaran, anak semata wayang Tuan Resat Yasaran dan Nyonya Perihan. Keponakan pengacara Munir dan Rifat Yasaran. Menikah dengan Meltem tapi kemudian bercerai karena Kasus fatmagul, pelaku pemerkosaan terhadap Fatmagul. dan menjalin hubungan dengan Ayse gadis yang mengantarkannya dan Erdogan melarikan diri ke Yunani


5. Buğra Gülsoy berperan sebagai Vural Namlı, Sahabat Selim dan Erdogan, Pelaku pemerkosaan terhadap fatmagul tapi dia mengalami gangguan psikologis setelah kejadian itu karena penyesalan. akrab dengan Asude, yang dia sewa hanya untuk menemani dan berkeluh kesah, anak dari Nyonya Leman dan Tuan semsi, tewas dibunuh Mustafa dengan batu atas permintaan sendiri, karena sempat bunuh diri setelah berusaha menemui Fatmagu untuk minta maaf, dengan menabrakan mobilnya namum selamat pada saat itu.


6.Fırat Çelik berperan sebagai Mustafa Nalçalı, mantan tunangan fatmagul yang terobsesi akan balas dendam kepada pemerkosa fatmagul termasuk kerim dan fatmagul. menikah dengan asude dan mempunya anak. menjalin hubungan cinta satu malam dengan meltem karena ingin balas dendam kepada keluarga yasaran.



7. Musa Uzunlar berperan sebagai Reşat Yaşaran, Presiden direktur yasaran Holding, ayah selim , suami Nyonya Perihan. paman Erdogan, kakak Rifat


8. Deniz Türkali berperan sebagai Perihan Yaşaran / Telci, istri resat walau akhirnya mereka bercerai karena kasus fatmagul. Ibunya Selim.



9. Murat Daltaban berperan sebagai Münir Telci, Adik nyonya perihan, pengacara keluarga yasaran, dan mempunyai hubungan terlarang dengan nyonya leman ( ibu Vural )



10. Sevtap Özaltun berperan sebagai Asu(de) / Hacer Ovacık / Nalçali, berkerja sebagai Wanita tuna susila,teman baik Vural dan samin, istri Mustafa.




11. Seda Guven berperan sebagai Meltem Alagöz / Yaşaran, anak poltisi Turaner algoz dan Noynya Ender. mantan istri selim



12. Sumru Yavrucuk berperan sebagai Meryem Aksoy / Pakalın ("Ebe Nine"), wanita yang merawat kerim, dipanggil ebe nine karena dia telat menikah demi merawat seorang anak ( kerim) dan akhirnya menikah dengan Tuan Kadir, pengacara fatmagul



13. Civan Canova berperan sebagai Kadir Pakalın. pengacara fatmagul, yang sempat resign menjadi pengacara karena istrinya meninggal dan akhirnya mau menangani kasus fatmagul , menikah dengan nona meryem. sebelumny fatmagul dan yang lainnya menumpang di rumah tuan kadir



14. Esra Dermancıoğlu berperan sebagai Mukaddes Ketenci, istri fahmi, kakak ipar fatmagul yang cerewet serta matre. ibu dari Murat ( bukan anak biologis Rahmi ) dan elif ( anak Rahmi )




15. Bülent Seyran berperan sebagai Rahmi Ketenci, Kakak fatmagul, suami mukkades, sedikit berbeda dengan orang lainnya ( sikap dan pemikirannya seperti anak anak ) sayang sekali dengan Murat walau akhirnya dia tau Murat bukan anak kandungnya

16. Veda Yurtsever İpek berperan sebagai Ender Alagöz. ibunya meltem

17. Aziz Sarvan berperan sebagai Turaner Alagöz, ayah meltem yang merupakan Politisi sukses akhinya bunuh diri, karena dijebak Erdogan dengan menuruh Psk untuk merayu Turaner kemudian di rekam untuk memeras

18. Mehmet Uslu bereperan sebagai Rıfat Yaşaran, ayah erdogan , suami Nyonya Hilmiye, dna sudah meninggal hanya tampil dalam bayangan Erdogan

19. Servet Pandur berperan sebagai Leman Namlı, Ibu Vural dan berselingkuh dengan munir, mengalami gangguan jiwa setelah vural meninggal dan kemudia bunuh diri setelah suaminya meninggal

20.Zühtü Erkan berepran sebagai Şemsi Namlı , ayah Vural dan tewas dalam kecelakaan mobil

21. Sacide Taşaner berperan sebagai Halide Nalçalı, ibu dari Mustafa , istri Tuan emin. meninggal karena sakit saat Mustafa dalam pejara



22. Toygun Ateş berperan sebagai Emin Nalçalı, ayah mustafa meinggal karena serangan jantung, dis ebabkan ulah Mustafa

23. Deniz Baytaş berperan sebagai Hilmiye Yaşaran, ibu dari Erdogan

24. Deniz Baytaş berperan sebagai Hilmiye Yaşaran, ibu erdogan , janda Almarhum Tuan rifat

25. Alper Saylik berperan sebagai samin, teman asude yang nanti menolong asude mengasuh anak asude, dulu adalah anak buah germonya Asude. ada rasa dengan Asude

26. Alper Kut berperan sebagai Ömer Akari, teman Tuan kadir, pengacara kerim

27. Emre Yetim berperan sebagai Emre, anak pemilik rumah yang sempat di Sewa Fatmagul, kemudian ikut wajib militer dan dan terkena tembak di kaki, jatuh cinta dengan Deniz, adik tiri kerem dari australia

28. Gözde Kocaoğlu berperan sebagai Deniz Ilgaz, Adik tiri kerim yang tinggal di Australia

29. Nilay Kaya berperan sebagai Gaye, Teman Meltem yang menjadi reutan antara Erdogan dan munir. Dia seorang penulis buku

30. Clare Frost berperan sebagai Kristen Norton, wanita asing yang menjadi Rekan kerja kerim yang menyukai kerim. sebelum Kerim bertemu dengan fatmagul, mereka mempunya hubungan singkat

31. Ata Yılmaz Önal berperan sebagai Murat Ketenci , keponakan fatmagul, anak mukkades, anak tiri fahmi, kakak Elif

32. Ali Yigit berperan sebagai Zeliha Mercanli, mantan pacar mukkades yang menjadi pengusaha makanan, Ayah kandung Murat

33. Bengü Ergin berperan sebagai Dr. Nil Yörgen, Dokter spesialis ortopedi yg pernah menangani Erdogan. Erdogan jatuh cinta padanya walau keudian dalam pelarianya ke yunani jatuh cinta kepada Ayse, namun Ayse memilih Selim


PRODUSER     : KEREM CATAY
SUTRADARA   ; HILAL SARAL
MUSIK              ; TOYGAR ISIKLI
PENULIS          ; Ece Yörenç
                            Melek Gençoğlu

dramaturkilover.blogspot.co.id
10.01 | 0 komentar | Read More

TENTANG CANSU & HAZAL SEASON 2: Gulseren-Cihan Makin Mesra, Siapa yang Ditembak Ozan?

SERIAL Cansu & Hazal dengan cepat mencuri perhatian pemirsa TV di Indonesia.
Data kepemirsaan tanggal 29 September menunjukkan serial yang tayang di ANTV ini berada di posisi 4 dengan TVR 3,3 dan TVS 15,3.
Sementara di ANTV Cansu & Hazal baru empat minggu tayang, di Turki serial berjudul asli Paramparca ini sudah masuk season 2.
Seperti beberapa serial Turki lain, episodenya sudah diunggah oleh pihak stasiun TV ke YouTube.
Sayang, tidak ada subtitle atau terjemahannya. Namun dari adegan, menebak dari bahasa tubuh, hubungan Gulseren dan Cihan semakin akrab.
Gulseren adalah ibu kandung Cansu, yang membesarkan Hazal. Sementara Cihan ayah kandung Hazal, yang mengasuh Cansu.
Di season 1 sudah dijelaskan bahwa rumah tangga Cihan dan Dilara tidak harmonis. Demikian pula Gulseren yang bertahun-tahun ditelantarkan oleh sang suami, Ozkan. Getar-getar cinta memang telah terasa sejak pertemuan pertama Gulseren-Cihan.
Pada promo episode 35, terlihat Gulseren dan Cihan semakin mesra. Diperlihatkan bagaimana Gulseren sudah tidak canggung bersandar di dada Cihan. Ada pula adegan yang menunjukkan keduanya berada dalam mobil yang sama.
Adegan lain yang mengejutkan, Ozan dengan wajah penuh emosi menodongkan pistol pada seseorang. Yang tak kalah mengejutkan adalah Keriman tinggal di rumah mewah keluarga Gurpinar dan membuat kekacauan.
Wah, sepertinya Cansu & Hazal akan semakin menegangkan di season 2-nya.
TABLOIDBINTANG.COM
09.55 | 0 komentar | Read More

Bocoran Sinopsis Antara Nur dan Dia Season 2 ( Sinopsis Drama Turki ANTV)


Serial "Antara Nur dan Dia" sudah selesai ditayangkan oleh ANTV hari Senin (18/1) lalu. Walaupun belum bisa segera ditayangkan, namun pihak ANTV sepertinya berniat untuk memutar "Antara Nur dan Dia" season 2. Lalu bagaimana cerita season 2 serial ini? 

"Antara Nur dan Dia" season 2 masih mengangkat kisah cinta segitiga antara Nur (Amine Gulse) , Iclal (Safak Pedekmir) dan Yigit (Tolgahan Sayisman). Di akhir season 1, Iclal diceritakan memergoki Yigit dan Nur sedang berciuman dan berakhir sampai di sini saja. Akhir ini membuat para penggemar penasaran dengan kisah selanjutnya. 

Di awal season 2, adegan ini memiliki kelanjutan yang dramatis. Iclal pingsan setelah syok menyaksikan suaminya (Yigit) dan Nur bermesraan. Iclal lalu ditolong oleh beberapa orang. Namun, keberadaan Iclal ternyata belum disadari oleh Yigit dan Nur. 

Bukannya mendatangi kerumunan orang itu, Yigit dan Nur justru memilih untuk masuk ke dalam kapal. Sementara itu, Iclal dibawa ke rumah sakit oleh orang-orang itu. Setelah sadar, Iclal kembali teringat dengan Yigit dan Nur yang masih berada di dalam kapal. 

Dengan segenap tenaga, Iclal memutuskan untuk kembali ke dermaga. Namun sayang, kapal yang ditumpangi oleh Yigit dan Nur sudah berlayar. Sontak, Iclal pun memanggil suaminya itu, tapi Yigit tak mendengar. 

Iclal bahkan rela menyeburkan diri ke laut demi mengejar kapal yang ditumpangi oleh suaminya itu. Wah, penasaran ya dengan kelanjutan serial "Antara Nur dan Dia"? Sementara ini, ANTV masih belum menentukan kapan "Antara Nur dan Dia" akan ditayangkan.

http://www.wowkeren.com/berita/tampil/00098888.html#ixzz3z3Ak022U
09.52 | 0 komentar | Read More

JANGAN TERLALU SIBUK DENGAN DUNIA

Allah Swt berfirman:

وَمَا الْحَيَاةُ الدُّنْيَا إِلَّا لَعِبٌ وَلَهْوٌ ۖ وَلَلدَّارُ الْآخِرَةُ خَيْرٌ لِّلَّذِينَ يَتَّقُونَ ۗ أَفَلَا تَعْقِلُونَ

“Dan tiadalah kehidupan dunia ini, selain dari main-main dan senda gurau belaka, dan sungguh kampung akhirat iti lebih baik bagi orang-orang yang bertakwa. Maka tidakkah kalian memahaminya?” (QS. Al An’am 32)

وَمَا هَٰذِهِ الْحَيَاةُ الدُّنْيَا إِلَّا لَهْوٌ وَلَعِبٌ ۚ وَإِنَّ الدَّارَ الْآخِرَةَ لَهِيَ الْحَيَوَانُ ۚ لَوْ كَانُوا يَعْلَمُونَ

“Dan tiadalah kehidupan dunia ini melainkan senda gurau dan main-main. Dan sesungguhnyanakhirat itulah yang sebenarnya kehidupan, kalau mereka mengetahuinya.”(QS. Al Ankabut 64)

إِنَّمَا الْحَيَاةُ الدُّنْيَا لَعِبٌ وَلَهْوٌ ۚ وَإِن تُؤْمِنُوا وَتَتَّقُوا يُؤْتِكُمْ أُجُورَكُمْ وَلَا يَسْأَلْكُمْ أَمْوَالَكُمْ

“Sesungguhnya kehidupan dunia hanyalah permainan dan senda gurau. Dan jika kamu beriman dan bertakwa, Allah akan memberikan pahala kepadamu dan Dia tidak akan meminta harta-hartamu.” (QS. Muhammad 36)

اعْلَمُوا أَنَّمَا الْحَيَاةُ الدُّنْيَا لَعِبٌ وَلَهْوٌ وَزِينَةٌ وَتَفَاخُرٌ بَيْنَكُمْ وَتَكَاثُرٌ فِي الْأَمْوَالِ وَالْأَوْلَادِ ۖ كَمَثَلِ غَيْثٍ أَعْجَبَ الْكُفَّارَ نَبَاتُهُ ثُمَّ يَهِيجُ فَتَرَاهُ مُصْفَرًّا ثُمَّ يَكُونُ حُطَامًا ۖ وَفِي الْآخِرَةِ عَذَابٌ شَدِيدٌ وَمَغْفِرَةٌ مِّنَ اللَّهِ وَرِضْوَانٌ ۚ وَمَا الْحَيَاةُ الدُّنْيَا إِلَّا مَتَاعُ الْغُرُورِ

‘Ketahuilah, sesungguhnya kehidupan dunia itu hanya permainan dan suatu yang melalaikan, perhiasan dan bermegah-megah antara kamu serta berbangga-banggaan tentang banyaknya harta dan anak…” (QS. Al Hadid 20)

Keempat ayat di atas meskipun secara redaksional berbeda-beda, namun mengandung pesan yang sama, yakni penegasan sekaligus peringatan Allah Swt kepada para hambanya tentang hakikat kehidupan dunia agar manusia bisa memiliki pandangan yang jernih dan tepat tentang kehidupan dunia sehingga dapat mengambil sikap yang tepat dalam kehidupan dunia yang cuma sekali ini.

Pada ayat pertama, Allah Swt menggunakan lafazh “ma”..”illa”, yang merupakan alat pembatas (adlatul hasr) untuk membatasi hakikat kehidupan ini. Dalam tafsir Jalalain, kehidupan dunia dalam ayat itu maksudnya adalah “kesibukan dunia”. Ibnu Katsir dalam tafsirnya mengatakan “umumnya atau kebanyakannya” kehidupan manusia di dunia itu tidak lain hanyalah main-main dan senda gurau belaka. Sedangkan “daarul akhirat” menurut Imam Jalalain adalah surga yang tentunya lebih baik dari pada kesenangan kehidupan dunia bagi orang-orang yang bertakwa (yattaquun). Imam Jalalain mengatakan penggunaan huruf “ta” dalam lafazh “ta’qiluun” setelah huruf “ya” pada lafazh yataquun memiliki pengertian dorongan agar beriman adanya kehidupan akhirat yang hakikatnya lebih baik itu.kepada Allah adalah surga yang tentunya lebih baik.

Pada ayat kedua Allah membatasi hakikat kehidupan dunia dengan lafazh yang sama dengan “maa” ….”illa”,  hanya ada tambahan lafazh Hadzihi. Kehidupan dunia ini tidak lain merupakan senda gurau dan main-main belaka. Imam Ibnu Katsir mengatakan bahwa dalam ayat ini Allah Swt mengabarkan kepada kita tentang rendah dan hinanya kehidupan dunia serta tujuan-tujuan yang ada dalam aktivitas kehidupan itu hanyalah sekedar aktivitas senda gurau dan permainan belaka. Kehidupan dunia itu sementara dan ada akhirnya. Sekaligus Allah Swt menegaskan bahwa kehidupan akhirat adalah kehidupan yang sejati dan abadi. Ayat itu ditutup dengan kalimat “lau kaanuu ya’lamuun”, kalau mereka mengetahuinya. Menurut Ibnu Katsir, sekiranya mereka mengetahuinya tentulah mereka lebih mengutamakan yang kekal dari pada yang sementara ini. Kata Imam Jalalain, kalau mereka tahu, tentunya mereka tidak akan memiliki dunia dan meninggalkan aktivitas dunia seperti itu. 

Pada ayat ketiga Allah Swt menggunakan pembatan “innama” (hanyalah) untuk merendahkan urusan-urasan dunia dengan mengatakan bahwa hasil atau kesimpulan sema aktivitas dunia itu tidak lain hanyalah permainan dan sendau gurau belaka. Imam Ibnu Katsir mengatakan hal itu berlaku bagi semua kegiatan manusia di dunia dengan kekecualian, yakni kegiatan yang dilakukan dalam rangka mencari keridloaan Allah Swt. Kekecualian ini nampak dalam lanjutan ayat tersebut : “Jika kalian beriman dan bertakwa, maka Allah akan memberikan pahala kepada kalian.” Artinya, segala aktivitas yang dibangun atas daasar keimanan –termasuk iman kepada akhirat--, dan ketakwaan –sesuai dengan syari’at Allah--, dan dalam rangka mencari keridloan Allah itu tidak termasuk dalam kehidupan hina. Allah menegaskan bahwa diri-Nya Maha Kaya, yakni tidak meminta harta manusia sedikitpun. Dia hanya mewajibkan zakat dan menganjurkan shadakoh agar diberikan kepada saudara mereka yang faqir – miskin yang ini manfaatnya pun akan kembali kepada pemberi harta itu.

Sedangkan pada ayat keempat Allah Swt menggunakan pembatas “annamaa” (hanyalah) utnuk menyatakan kerendahan dan kehinaan dunia. Kehidupan yang hanya dipenuhi dengan permainan dan senda gurau yang melalaikan belaka. Lebih jelas lagi Allah Swt menambahkan bahwa dalam kehidupan seperti itu biasanya dipenuhi dengan perhiasan, bermegah-megah, dan berbangga-banggaan harta dan anak belaka. Kesibukan manusia hanya diseputar aktivitas untuk memenuhi tujuan-tujuan itu. Mereka pun lalai bahwa tujuan diciptakan manusia dan jin di dunia ini hanyalah untuk beribadah, sebagaimana firman-Nya dalam surat Adz Dzariat :56 : “wamaa kholaqtul jinna wal insa illa liya’buduuni.” Dan tidaklah Aku ciptakan jin dan manusia melainkan untuk beribadah kepadaKu. Mereka lalai dalam kesibukan itu. 

Lihatlah kesibukan yang terjadi dalam seluruh pesta permainan olah raga level dunia seperti olimpiade misalnya. Belum lagi kesibukan sebelumnya, dan tentunya dengan berbagai kebanggaan dan kegembiraan masing-masing tim yang disambut kedatangannya di negara masing-masing, merekapun telah ancang-ancang (melakukan berbagai persiapan yang jauh lebih terencana, lebih matang dengan harapan dapat memperbaiki dan memperoleh prestasi yang lebih baik, agar lebih gembira lagi!) untuk memenuhi jadwal hari-hari berikutnya dengan berbagai kesibukan seperti itu. Belum lagi tim-tim permaian olah raga lainnya, yang kini di berbagai negara telah terorganisir. Belum lagi permainan kesenian dan hiburan, baik yang diperlombakan maupun yang dipertontonkan (melalui festival-festival, peragaan busana, pemilihan ratu sejagad, dsb) melalui berbagai media, media cetak, elektronik maupun langsung. Yang kesemuanya itu tidak lain hanyalah memenuhi selera hawa nafsu manusia belaka 

Itulah tabiat manusia. Bahkan Al Qur’an merekam peristiwa yang mengambarkan tabiat yang mudah lalai itu, sebagaimana digambarkan Allah pada masa Rasulullah Saw saat beliau sedang berkhutbah Jum’at:

وَإِذَا رَأَوْا تِجَارَةً أَوْ لَهْوًا انفَضُّوا إِلَيْهَا وَتَرَكُوكَ قَائِمًا ۚ قُلْ مَا عِندَ اللَّهِ خَيْرٌ مِّنَ اللَّهْوِ وَمِنَ التِّجَارَةِ ۚ وَاللَّهُ خَيْرُ الرَّازِقِينَ

“Dan apabila mereka melihat perniagaan atau permainan, mereka bubar untuk mendatanginya dan meninggalkan engkau (Muhammad) (masih) berdiri (menyampaikan khutbah Jum’at).”  (QS. Jum’ah 11)

Oleh karena itu, Allah Swt memberikan peringatan dalam surat Al Munafiqun 9: 

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تُلْهِكُمْ أَمْوَالُكُمْ وَلَا أَوْلَادُكُمْ عَن ذِكْرِ اللَّهِ ۚ وَمَن يَفْعَلْ ذَٰلِكَ فَأُولَٰئِكَ هُمُ الْخَاسِرُونَ

“Hai orang-orang beriman, janganlah hartamu dan anak-anakmu melalaikan kamu dari mengingat Allah. Siapa saja yang berbuat demikian, maka mereka itulah orang-orang yang merugi.”

http://www.suara-islam.com/read/index/7684/Dunia-Ini-Permainan-Belaka
09.46 | 0 komentar | Read More

Sisi Lain Dunia: Kehidupan Dunia, Bagai Bunga yang Dipetik Kemudian Layu

Tahta, jabatan, wanita, keturunan, harta, benda, dan seterusnya. Keseluruhannya itu nampak begitu menggoda dan membuai normalnya jiwa manusia tergoda dan berhasrat untuk menggapai dan menikmatinya

Dalam Al-Quran, tepatnya Surat Thaha ayat ke-131, Allah Tabaraka wa Ta’ala berfirman,
وَلَا تَمُدَّنَّ عَيْنَيْكَ إِلَىٰ مَا مَتَّعْنَا بِهِ أَزْوَاجًا مِّنْهُمْ زَهْرَةَ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا لِنَفْتِنَهُمْ فِيهِ ۚ وَرِزْقُ رَبِّكَ خَيْرٌ وَأَبْقَىٰ
Dan janganlah kamu tujukan kedua matamu kepada apa yang telah Kami berikan kepada golongan-golongan dari mereka, sebagai bunga kehidupan dunia untuk Kami uji mereka dengannya. Dan karunia Tuhan kamu adalah lebih baik dan lebih kekal.”
Sementara itu Imam Al-Bukhari no. 1465 dan Imam Muslim no. 1052 meriwayatkan dari shahabat Abu Sa’id Al-Khudri –radhiyallahu ‘anhu-, ujarnya, “Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam duduk di mimbar sedangkan kami duduk di sekelilin beliau. Beliau bersabda,
إِنَّ مِمَّا أَخَافُ عَلَيْكُمْ من بعدي ما يفتح عليكم من زهرة الدنيا و زينتها
“Sesungguhnya di antara yang aku khawatirkan pada diri kalian setelah peninggalanku ialah dibukakannya bunga dunia dan pernak-perniknya untuk kalian.”
Pada ayat dan hadits tersebut di atas, kehidupan dunia diibaratkan sebagai bunga. Pertanyaaannya, apakah hubungan antara dunia dan bunga sehingga bunga dijadikan sebagaisample kehidupan dunia? Jawabannya dapat kita telaah sebagai berikut.
Ketika suatu tanaman yang hendak mengeluarkan buahnya, biasanya diawali dengan kemunculan bunga. Kadang kala bunga itu terlihat indah dan di saat lain terlihat begitu sangat menawan. Bahkan terkadang tidak sedikit orang yang memandangnya berhasrat untuk memetiknya dan dibawanya pergi. Namun tahukah kita sekiranya bunga tadi benar-benar dipetik sebelum berubah menjadi buah? Ternyata tidak akan berapa lama kemudian akan segera layu dan pada akhirnya akan dicampakan oleh sang pemetiknya. Memang jika masih berada di tangkai, terlihat begitu mempesona, namun jika diambil saat itu juga maka yang terjadi adalah malah justru menjadi layu, tak tahan lama. Berbeda ceritanya jika kita biarkan bunga itu terus berada di tangkainya sedikit agak lebih lama, tentu bunga tersebut akan berubah menjadi buah yang tidak saja indah dan menyejukkan pandangan jika dilihat, akan tetapi juga dapat dikonsumsi.
Dan gambaran dunia pun dapat dipastikan sebagaimana kisah bunga di atas. Kehidupan dunia itu terlihat begitu indah menawan di mata siapa saja yang melihat dan memandangnya. Tahta, jabatan, wanita, keturunan, harta, benda, dan seterusnya. Keseluruhannya itu nampak begitu menggoda dan membuai normalnya jiwa manusia tergoda dan berhasrat untuk menggapai dan menikmatinya. Akan tetapi sungguh, segala yang terlihat indah di mata itu sejatinya akan jauh lebih indah jika ditunggu sebentar saja nanti ketika datang kampung kekelan di akhirat. Adapun orang-orang yang terlena dan tergoda sehingga tak dapat menahan kecuali memetik dan menikmatinya, sungguh cepat ataupun lambat segala sesuatu yang dinikmatinya itu akan layu dan nampak suram dan bencana yang sangat mencekam. Demikianlah Allah menguji hamba-hamba-Nya agar dapat terlihat mana di antara mereka yang benar-benar jujur dan taat mematuhi segala titah-Nya, dan mana di antara mereka yang terburu-buru menikmati keindahan sebelum datang waktunya.
Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam pernah mengatakan, bahwa dunia itu laksana surga bagi orang kafir, dan penjara bagi orang mukmin (HR Muslim). Kenapa? Karena di dunia itu dipenuhi aturan-aturan yang sama sekali tak boleh diterjang. Ada halal-haram, ada perintah-larangan, ada ini dan itu. Kerap kali untuk menjalankan suatu perintah, harus meninggalkan beberapa perkara yang nampak indah dan di saat tertentu harus menelan rasa pahit. Seluruh perintah ini hanya akan dilaksanakn oleh orang-orang mukmin karena meraka bersabar dan yakin bahwa kehidupan sebenarnya yang terdapat berbagai kenikmatan hanya akan ada di akhirat, di dunia bukanlah tempat berfoya-foya dan leyeh-leyeh. Dalam sebuah kaedah agung disebutkan,
من تركَ شيئًا للهِ ، عوَّضهُ اللهُ خيرًا منه
Orang yang meninggalkan sesuatu karena Allah, pasti Allah akan menggantinya dengan sesuatu yang lebih baik untuknya
Sedangkan orang kafir terburu-buru dan tidak sabar menikmati kemewahan dunia yang tak ubahnya fatamorgana. Di dunia mereka berfoya-foya dengan disertai ejekan dan cemoohan pada orang-orang yang mau bersabar, kelak orang-orang kafir itu akan merasakan akibatnya. Ketika mereka sudah merasakan indahnya dunia, kelak di negeri kekal tak akan lagi merasakan indahnya surga. Nerakalah tempat teduh mereka.
Allah Ta’ala berfirman,
إِنَّ الَّذِينَ أَجْرَمُوا كَانُوا مِنَ الَّذِينَ آمَنُوا يَضْحَكُونَ * وَإِذَا مَرُّوا بِهِمْ يَتَغَامَزُونَ * وَإِذَا انقَلَبُوا إِلَىٰ أَهْلِهِمُ انقَلَبُوا فَكِهِينَ * وَإِذَا رَأَوْهُمْ قَالُوا إِنَّ هَٰؤُلَاءِ لَضَالُّونَ * وَمَا أُرْسِلُوا عَلَيْهِمْ حَافِظِينَ * فَالْيَوْمَ الَّذِينَ آمَنُوا مِنَ الْكُفَّارِ يَضْحَكُونَ * عَلَى الْأَرَائِكِ يَنظُرُونَ * هَلْ ثُوِّبَ الْكُفَّارُ مَا كَانُوا يَفْعَلُونَ
Sesungguhnya orang-orang yang berdosa, adalah mereka yang menertawakan orang-orang yang beriman. Dan apabila orang-orang yang beriman lalu di hadapan mereka, mereka saling mengedip-ngedipkan matanya. Dan apabila orang-orang yang berdosa itu kembali kepada kaumnya, mereka kembali dengan gembira. Dan apabila mereka melihat orang-orang mukmin, mereka mengatakan: “Sesungguhnya mereka itu benar-benar orang-orang yang sesat”padahal orang-orang yang berdosa itu tidak dikirim untuk penjaga bagi orang-orang mukminMaka pada hari ini, orang-orang yang beriman menertawakan orang-orang kafir,mereka (duduk) di atas dipan-dipan sambil memandang. Sesungguhnya orang-orang kafir telah diberi ganjaran terhadap apa yang dahulu mereka kerjakan.” (QS Al-Muthaffifin: 29-36).
Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman,
مَّن كَانَ يُرِيدُ الْعَاجِلَةَ عَجَّلْنَا لَهُ فِيهَا مَا نَشَاءُ لِمَن نُّرِيدُ ثُمَّ جَعَلْنَا لَهُ جَهَنَّمَ يَصْلَاهَا مَذْمُومًا مَّدْحُورًا* وَمَنْ أَرَادَ الْآخِرَةَ وَسَعَىٰ لَهَا سَعْيَهَا وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَأُولَٰئِكَ كَانَ سَعْيُهُم مَّشْكُورًا
Barangsiapa menghendaki kehidupan sekarang (duniawi), maka Kami segerakan baginya di dunia itu apa yang kami kehendaki bagi orang yang kami kehendaki dan Kami tentukan baginya neraka jahannam; ia akan memasukinya dalam keadaan tercela dan terusir. Dan barangsiapa yang menghendaki kehidupan akhirat dan berusaha ke arah itu dengan sungguh-sungguh sedang ia adalah mukmin, maka mereka itu adalah orang-orang yang usahanya dibalasi dengan baik.” (QS Al-Isra’: 18-19).
Dalam sebuah kaidah fikih disebutkan sebagai berikut,
مَنِ اسْتَعْجَلَ الشَّيْءَ قَبْلَ أَوَانِهِ عُوْقِبَ بِحِرْمَانِهِ
Orang yang terburu-buru melakukan sesuatu sebelum saatnya, akan diharamkan melakukannya (setelah datang waktunya).”
Contoh kongkrit selain orang kafir yang tak sabar menikmati dunia ialah seperti apa yang dikatakan oleh baginda Nabi Muhammad Shallallahu’alaihi Wasallam“Janganlah kalian memakai sutera, karena barang siapa yang memakainya di dunia, maka tidak akan memakainya di akhirat.” (HR Al-Bukhari-Muslim).
Walaupun ada dua kemingkinan maksud di atas, yaitu orang yang memakai sutera di dunia kelak di akhirat tidak akan masuk surge dan kemungkinan lain orang yang terlanjur memakai sutera di dunia kelak jika masuk surga tidak lagi mengenakannya.
Begitu pula dengan khamar dan banyak lagi contohnya.
Kaedah tersebut di atas bermakna luas dan umum. Seperti yang kita contohkan di atas, bahwa orang kafir telah mengambil keputusan menikmati keindahan hidup di dunia, padahal dunia bukanlah tempat berfoya-foya. Oleh sebab itu kelak di akhirat yang merupakan tempat kekal abadi yang sebenarnya tempat yang dijanjikan adanya nikmat agung, kelak mereka tak lagi dapat menikmatinya. Padahal jika mereka mau sedikit bersabar dengan meninggalkan hal-hal yang Allah murkai, mereka akan merasakan kenikmatan yang amat lebih indah dan nikmat.
Oleh sebab itu jangan kita merasa heran dengan keadaan orang-orang kafir di dunia. AllahTa’ala pernah mengatakan,
لَا يَغُرَّنَّكَ تَقَلُّبُ الَّذِينَ كَفَرُوا فِي الْبِلَادِ * مَتَاعٌ قَلِيلٌ ثُمَّ مَأْوَاهُمْ جَهَنَّمُ ۚ وَبِئْسَ الْمِهَادُ
Janganlah sekali-kali kamu terperdaya oleh kebebasan orang-orang kafir bergerak di dalam negeri. Itu hanyalah kesenangan sementara, kemudian tempat tinggal mereka ialah Jahannam; dan Jahannam itu adalah tempat yang seburuk-buruknya.” (QS Alu ‘Imran: 196-197).
Dunia memang laksana fatamorgana. Sepertinya megah, namun pada hakekatnya lemah. Menurut bahasa Arab, dunia berarti hina dan dekat. Hina karena harganya yang tak ada apa-apa dibanding akhirat. Dekat karena kedekatannya dengan kampung akhirat.
Allah ‘Azza wa Jalla berfirman,
وَمَا هَٰذِهِ الْحَيَاةُ الدُّنْيَا إِلَّا لَهْوٌ وَلَعِبٌ ۚ وَإِنَّ الدَّارَ الْآخِرَةَ لَهِيَ الْحَيَوَانُ ۚ لَوْ كَانُوا يَعْلَمُونَ
Dan tiadalah kehidupan dunia ini melainkan senda gurau dan main-main. Dan sesungguhnya akhirat itulah yang sebenarnya kehidupan, kalau mereka mengetahui.” (QS Al-‘Ankabut: 64).
Dia juga berfirman dalam surat Al-Hadid ayat ke-20,
اعْلَمُوا أَنَّمَا الْحَيَاةُ الدُّنْيَا لَعِبٌ وَلَهْوٌ وَزِينَةٌ وَتَفَاخُرٌ بَيْنَكُمْ وَتَكَاثُرٌ فِي الْأَمْوَالِ وَالْأَوْلَادِ ۖ كَمَثَلِ غَيْثٍ أَعْجَبَ الْكُفَّارَ نَبَاتُهُ ثُمَّ يَهِيجُ فَتَرَاهُ مُصْفَرًّا ثُمَّ يَكُونُ حُطَامًا ۖ وَفِي الْآخِرَةِ عَذَابٌ شَدِيدٌ وَمَغْفِرَةٌ مِّنَ اللَّهِ وَرِضْوَانٌ ۚ وَمَا الْحَيَاةُ الدُّنْيَا إِلَّا مَتَاعُ الْغُرُورِ
Ketahuilah, bahwa sesungguhnya kehidupan dunia ini hanyalah permainan dan suatu yang melalaikan, perhiasan dan bermegah-megah antara kamu serta berbangga-banggaan tentang banyaknya harta dan anak, seperti hujan yang tanam-tanamannya mengagumkan para petani; kemudian tanaman itu menjadi kering dan kamu lihat warnanya kuning kemudian menjadi hancur. Dan di akhirat (nanti) ada azab yang keras dan ampunan dari Allah serta keridhaan-Nya. Dan kehidupan dunia ini tidak lain hanyalah kesenangan yang menipu.
Maka manakah yang akan Anda pilih di antara keduanya? Akhirat yang telah disiapkan azab dan siksa yang pedih bagi orang-orang yang lebih mementingkan dunia daripada akhirat, ataukah ampunan dan keridhaan dari Allah ‘Azza wa Jalla bagi orang-orang yang lebih mementingkan akhirat daripada dunia?
Imam Ahmad meriwayatkan dari hadits Al-Mustaurid bin Syaddad –radhiyallahu ‘anhu-, bahwasannya Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda, “Sungguh, tempat cambuk kalian di surga lebih baik daripada dunia seisinya.”
Imam Muslim meriwayatkan dari hadits Al-Mustaurid bin Syaddad pula, RasulullahShallallahu’alaihi Wasallam bersabda, “Dunia dibandingkan akhirat hanya seperti salah seorang di antara kalian yang memasukkan jari tangannya ke dalam lautan. Perhatikanlah apa yang dibawa oleh jari itu?!”
Pada suatu kesempatan Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam pernah berjalan di kerumunan pasar melewati bangkai anak kambing yang telinganya kecil. Lantas beliau Shallallahu’alaihi Wasallam mengangkatnya dengan memegang telinganya seraya bersabda, “Siapa di antara kalian yang mau membeli ini seharga satu dirham?”
Para shahabat menjawab, “Kami tidak ingin membelinya seharga apapun. Apa yang bisa kamu perbuat dengannya?”
Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam mengatakan, “Apakah kalian ingin memilikinya?”
Para hadirin menjawab, “Demi Allah, sekiranya masih hidup pun cacat, bangkai itu bertelinga kecil, lalu bagaimana lagi ketika ia sudah menjadi bangkai?”
Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda, “Demi Allah, dunia itu lebih hina di sisi Allah daripada bangkai itu di pandangan kalian.” (HR Muslim, dari Jabir –radhiyallahu ‘anhu-)
Imam Muslim meriwayatkan dari hadits Anas bin Malik –radhiyallahu ‘anhu-, ujarnya, Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda,
يُؤْتَى بِأَنْعَم أَهْلِ الدُّنْيَا مِنْ أَهْلِ النَّارِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ ، فَيُصْبَغُ فِي النَّارِ صِبْغَةً ، ثُمَّ يُقَالُ : يَا ابْنَ آدَمَ؛ هَلْ رَأَيْتَ خَيْرًا قَطٌّ؟ هَلْ مَرَّ بِكَ نَعِيْمٌ قَطٌّ؟ فَيَقُوْلُ: لَا وَ اللهِ يَا رَبِّ.
وَ يُؤْتَى بِأَشَدِّ النَاسِ بُؤْسًا فِي الدُّنْيَا مِنْ أَهْلِ الْجَنَّةِ، فَيُصْبَغُ صِبْغَةً فِي الْجَنَّةِ، فَيُقَالُ لَهُ: يَا ابْنَ آدَمَ، هَلْ رَأَيْتَ بُؤْسًا قَطٌّ؟ هَلْ مَرَّ بِكَ شِدَّةٌ قَطٌّ؟ فَيَقُوْلُ: لَا وَ اللهِ، مَا مَرَّ بِي بُؤْسٌ قَطٌّ، وَ لَا رَأَيْتُ شِدَّةٌ قَطٌّ.
“Pada hari kiamat akan dihadirkan orang yang paling merasakan nikmat di dunia dari kalangan penduduk neraka. Kemudian ia dicelupkan sekali ke dalam neraka lantas ditanyakan padanya, ‘Hai manusia, apakah kamu pernah melihat kebaikan, apakah kamu pernah merasakan kenikmatan?’
Ia menjawab, ‘Tidak, demi Allah wahai Rabb-ku.’
Dan dihadirkan orang yang paling sengsara di dunia dari kalangan penduduk surga lalu dicelupkan ke dalam surga dengan sekali celupan. Ditanyakan padanya, ‘Wahai manusia, pernahkah kamu melihat satu penderitaan? Pernahkah kamu merasakan kesulitan?’
Ia menjawab, ‘Tidak, demi Allah, aku tidak pernah merasakan penderitaan sama sekali dan aku tak pernah melihat adanya kesulitan sedikitpun.’”
Demikianlah. Seorang muslim seharusnya benar-benar menyadari betapa dunia hanya negeri yang penuh dengan fatamorgana. Dunia bukanlah tempat bersenang-senang dan beristirahat. Dunia merupakan kampung mencari bekal. Sebaliknya, akhiratlah tempat memetik buah amal. Jika perbuatan yang diusahakan di dunia baik, tentu balasan di akhirat pun akan baik, dan demikian sebaliknya.
Imam Al-Bukhari dan Imam Muslim melaporkan dari Anas bin Malik –radhiyallahu ‘anhu-, bahwasannya Rasululullah Shallallahu’alaihi Wasallam pernah mengatakan,
اَللهُمَّ لَا عَيْشَ إِلَّا عَيْشَ الْآخِرَةِ
“Ya Allah, tidak ada kehidupan kecuali kehidupan akhirat.”
Kemudian mari kita melihat kehidupan para suri tauladan kita yang benar-benar menyadari betapa dunia tak ada harganya sama sekali jika tidak dimanfaatkan sebagai kampung mencari bekal akhirat. Mereka menanggap bahwa harta bukanlah segalanya sehingga mereka tidak begitu berhasrat mengumpulkannya dan bahkan jika sudah di tangan, mereka begitu antusias untuk segera mengalihkantangan.
Ini dia Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam pernah menyatakan, “Seandainya saya memiliki emas sebesar gunung Uhud tentu aku bergembira manakala tidak sampai tiga hari pada emas itu aku tidak memilikinya sedikit pun kecuali beberapa dinar yang aku simpan untuk keperluan hutang.” (HR Al-Bukhari-Muslim).
Sehingga ‘Amr bin Al-Harits menceritakan, “Ketika Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam wafat, beliau sama sekali tidak meninggalkan dinar, dirham, budak laki-laki, budak wanita, atau apapun kecuali keledai yang beliau kendarai dahulu, senjatanya, serta tanah yang sudah beliau wakafkah untuk ibnu sabil.” (HR Al-Bukhari)
Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam sendiri ketika hidupnya tidak pernah menolak orang yang menengadahkan tangan padanya. Sehingga saat tidak ada lagi tersisa harta di tangannya, beliau menyampaikan uzur.
Adalah dua puteri Abu Bakar Ash-Shiddiq –radhiyallahu ‘anhu– yang masing-masing bernama Asma’ dan ‘Aisyah memiliki kebiasaan bersedekah yang luar biasa. Bedanya jika Asma’ tidak pernah sabar melihat harta yang ada di tangannya, sementara ‘Aisyah biasa mengumpulkan hartanya terlebih dahulu hingga banyak baru kemudian beliau sedekahkan.
Maka celakalahh bagi mereka yang masih mengagungkan dunia. Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam pernah menegaskan, “Celakalah hamba dinar dan hamba dinar, (celakalah) hamba qathifah (pakaian yang dihiasai renda-renda yang bergelantung-pent) dan khamishah (selimut persegi empat-pent).” (HR Al-Bukhari).
Dan perlu diketahui bahwa harta kesenangan di dunia hanya ada 3, yaitu apa yang dimakan kemudian lenyap, apa yang dipakai hingga rusak, atau apa yang disedekahkan sehingga kekal lestari. Demikian yang Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam terangkan sebagaimana yang diriwayatkan oleh Shahabat ‘Abdullah bin Asy-Syikhkhir –radhiyallahu ‘anhu– dan direkam oleh Imam Muslim dalam Shahih-nya.
Sungguh indah sya’ir yang dibawakan Imam Abu Zakariya Yahya bin Syaraf An-Nawawi dalam muqaddimah Riyadh Ash-Shalihin min Kalam Sayyid Al-Mursalin,
إِنَّ لِلهِ عِبَادًا فُطَنَا *** طَلَّقُوْا الدُّنْيَا وَ خَافُوْا الْفِتَنَا
نَظَرُوْا فِيْهَا فَلَمَّا عَلِمُوْا *** أَنَّهَا لَيْسَتْ لِحَيٍّ وَطَنَا
جَعَلُوْهَا لُجَّةً وَ اتَّخَذُوْا *** صَالِحَ الْأَعْمَالِ فِيْهَا سُفَنَا
Sesungguhnya Allah memiliki beberapa hamba yang cerdik,
mereka menceraikan dunia karena khawatir bencana
Mereka merenungkan isi dunia, ketika mereka mengetahui bahwa dunia bukanlah tanah air orang yang hidup
Mereka pun menjadikannya laksana samudera dan menjadikan amal shalih sebagai bahteranya
Al-Hafizh An-Nawawi –rahmatullah ‘alaih– mengatakan, “Jika keberadaan dunia adalah seperti yang telah saya kemukakan tadi, dan status kita serta tujuan kita diciptakan adalah seperti yang telah saya sampaikan (untuk mengabdi pada Rabbul ‘alamin), maka sudah semestinya bagi setiap mukallaf membawa dirinya ke jalan orang-orang pilihan dan menepaki jalan orang-orang yang memiliki akal, nalar, dan pikiran.”
Setelah kita mengetahui penjelasan ringkas di atas, sadarlah kita bagaimana seorang mukmin hanya akan bersenang-sedang dan menikmati jerih payahnya di dunia yang penuh dengan duri-duri dan jalan-jalan terjal. Apatah lagi tidak sedikit orang yang mencemooh dan menghina mereka yang terkadang berpenghidupan serba kekurangan, menurut mata telanjang. Padahal sungguhnya kebahagiaan dan kekayaan dalam artian cukup itu hanya ada dalam hati, bukan harta, tahta, wanita, dan keturunan. Sebab betapa kita sering mendengar tidak sedikit orang yang memiliki kekayaan hebat; istana megah, kendaraan mewah, penampilan wah, namun kehidupannya berakhir dengan bunuh diri. Jika memang itu kebahagiaan, lantas mengapa mereka bunuh diri?!
الدُّنْيَا سِجْنُ الْمُؤْمِنِ وَ جَنَّةُ الْكَافِرِ
“Dunia itu penjara bagi orang mukmin dan surga bagi orang kafir.”
Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala memberikan kita kekuatan untuk terus istiqamah menjalankan segala bentuk titah-Nya dan menjauhi sejauh-jauhnya apa yang menjadi larangannya. Wallahua’lam. []

Gunung Sempu Yogyakarta, 20 Syawwal 1435 H
Penulis: Firman Hidayat bin Marwadi
Artikel Muslim.Or.Id
09.36 | 0 komentar | Read More

Artikel Terbaik Motivasi Kerja: 7 RAHASIA MEMBANGKITKAN SEMANGAT KERJA YANG SANGAT AMPUH

Apakah Anda merasa memerlukan membangkitkan semangat kerja yang mulai menurun? Banyak penyebab seseorang yang motivasi kerjanya mulai turun. Mulai dari ketidak puasan terhadap perusahaan atau atasan, lingkungan yang kurang menyenangkan, rekan kerja yang kurang kita sukai, termasuk kondisi ekonomi yang tidak juga beranjak.

Pertanyaanya, saat semangat dalam bekerja menurun, apakah kita mengikutinya? Kita biarkan semangat turun, akhirnya prestasi kita jeblok. Apakah ini akan baik? Atau membuat segalanya makin buruk. Anda bisa saja di PHK, bisa saja terjalin hubungan yang tidak baik, bahkan bisa mengganggu kesehatan. Emosi yang terus negatif akan mengganggu kesehatan.
Untuk itu, Anda harus segera membangkitkan semangat kerja Anda segera mungkin. Berikut ada 7 langkah bagaimana membangkitkan semangat kerja.

Langkah #1 Cara Membangkitkan Semangat Kerja Ingat Niat Kerja

Apa sich niat Anda bekerja?
Saya kita sudah banyak yang faham. Kerja memang mengharapkan gaji setiap bulan. Tapi untuk apa gaji itu? Untuk menafkahi keluarga. Dan ini adalah kewajiban, ini adalah bagian dari ibadah. Jadi, niat bekerja itu sesungguhnya adalah ibadah.
Jika niat ibadah, artinya kita bekerja bukan untuk atasan, bukan untuk perusahaan, bukan untuk rekan kerja. Semua itu hanya wasilah. Tapi sebenarnya kita bekerja untuk Allah. Ibadah itu untuk Allah, sehingga rasanya tidak layak kita bekerja sekedarnya.
Yuk, kita luruskan kembali niat kita bekerja sebagai salah satu ibadah. Untuk itu, maka tekadkan pada diri kita untuk bekerja lebih semangat lagi.

Langkah #2 Ingat Tujuan, Cita-cita, dan Harapan

Selain bekerja itu sebagai ibadah, bekerja juga sebagai jalan kita meraih tujuan, cita-cita, dan harapan kita. Apakah Anda memiliki cita-cita untuk meraih jenjang karir yang lebih tinggi? Tunjukan dengan semangat tinggi. Jika Anda ingin bekerja untuk mendapatkan gaji lebih besar, tunjukan dengan semangat yang tinggi.
Bahkan, jika Anda akan pensiun dalam beberapa tahun lagi, tidak ada salahnya bekerja dengan semangat tinggi sebagai contoh untuk generasi muda dan meninggalkan kesan positif bagi perusahaan dan rekan kerja Anda.
Mengingat tujuan, cita-cita, dan harapan Anda adalah salah satu cara membangkitkan semangat kerja.

Langkah #3 Untuk Siapa Saja Anda Bekerja

Cara selanjutnya membangkitkan motivasi kerja adalah dengan mengingat untuk siapa kita bekerja? Untuk keluarga bukan? Untuk mereka yang Anda sayangi dan menyayangi Anda.
Jangan kecewakan mereka dengan semangat kerja yang rendah. Justru Anda harus menjadi contoh bahwa Anda begitu semangat dalam bekerja. Sejauh mana semangat Anda, sadar tidak sadar, akan membekas di pikiran bawah sadar keluarga Anda. Anak-anak akan meneladani Anda.
Bagi Anda yang belum berkeluarga, mungkin Anda ingin membahagiakan orang tua Anda. Berbakti kepada orang tua adalah satu ibadah, bahkan ibadah dengan pahala yang besar. Sebaliknya, durhaka adalah dosa yang besar. Pantaskah kita bekerja dengan semangat yang lembek padahal untuk berbakti kepada orang tua?

Langkah #4 Sadari Apa Yang Menjadi Perusak Semangat Anda

Anggaplah Anda sudah semangat kembali dengan 3 langkah diatas. Mungkin Anda akan mengatakan, tapi …
Ya, ada banyak hal yang bisa merusak semangat kerja Anda seperti disebutkan diatas. Silahkan Anda sadari, apa saja sich yang merusak semangat Anda.
Apakah gaji yang kecil, tidak puas dengan perusahaan, tidak puas dengan atasan, kecewa dengan rekan kerja, bekerja tidak sesuai passion? Apa lagi?

Langkah #5 Renungkan Mana Yang Lebih Penting

Sekarang renungkan. Mana yang lebih penting, apakah niat ibadah ditambah cita-cita Anda ditambah orang-orang yang Anda sayangi atau perusak semangat Anda?
Saya yakin, ibadah karena Allah jauh lebih penting dibandingkan atasan yang cerewet. Saya yakin, cita-cita Anda untuk hidup lebih baik, jauh lebih penting dibandingkan rekan kerja yang usil. Orang-orang yang kita cintai pun, jauh lebih penting dari masalah apa pun yang ada.
Jangan sampai, hal-hal terpenting dalam hidup Anda dikalahkan oleh pengganggu-pengganggu itu.

Langkah #6 Yakinlah Bahwa Diri Anda Mampu

Yakinlah bahwa diri Anda mampu mengatasi, mampu bertahan, dan mampu menghadapi semua perusak motivasi Anda. Anda mampu, sebab Allah tidak akan membebani kita di luar kemampuan kita.
Pancangkan tekad dalam hati Anda, bahwa Anda TIDAK AKAN KALAH, demi ibadah kepada Allah, demi cita-cita Anda, dan demi orang-orang yang Anda sayangi.
Tekadkan dan yakinlah Anda mampu!

Langkah #7 Resapkan Ke Dalam Sanubari

Buatlah catatan renungan dari langkah 1 sampai langkah 6. Saya yakin, jika Anda mengikutinya Anda sudah semangat lagi. Namun, agar semangat itu lebih tahan lama, resapkan ke dalam sanubari Anda. Caranya adalah dengan membuat catatan-catatan dari langkah 1 sampai 6 yang membuat Anda semangat.
Dengan mencatat saja, itu akan lebih kuat tertanam dalam pikiran Anda. Apalagi jika Anda baca kembali pada kesempatan-kesempatan tertentu secara rutin.

Perusak-perusak Motivasi Itu Bisa Anda Atasi

Ada beberapa hal yang bisa merusak atau menurunkan motivasi kita saat bekerja. Jika Anda mengetahui teknik-tekniknya, semua itu bisa dengan mudah diatasi dan Anda bisa mendapatkan motivasi Anda segera. Apa saja penyebab-penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya? Saya sudah bahas di video Instant Motivation Weapon.

Penutup

Motivasi atau semangat jangan dianggap enteng. Saat motivasi Anda turun, kerja Anda jelek, maka ini bisa merusak karir Anda, bahkan saat Anda berniat akan pindah. Untuk itu harus segera dibangkitkan kembali, jangan dibiarkan dengan ketujuh langkah cara membangkitkan semangat kerja.

http://www.motivasi-islami.com/7-langkah-cara-membangkitkan-semangat-kerja-yang-ampuh/
09.29 | 0 komentar | Read More

YANG TERBARU DARI BAGINDAERY

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...