ARTIKEL PILIHAN

GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

( Artikel Baru 2013 ) MISTERI CAHAYA ANEH DI SAMUDERA ATLANTIK: NASA Jawab Misteri Penampakan Cahaya Aneh di Samudra Atlantik

Written By Situs Baginda Ery (New) on Sabtu, 26 Oktober 2013 | 13.58


Liputan6.com, Ada yang aneh dalam peta Bumi yang dirilis Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) tahun lalu. Di tengah Samudra Atlantik, dekat perairan Amerika Selatan, terlihat kumpulan cahaya berwarna kuning -- yang terpantau dari luar angkasa. 
NASA Jawab Misteri Penampakan Cahaya Aneh di Samudra Atlantik
Mereka yang berpikiran imajinatif langsung berspekulasi, apalagi penampakan itu ada di wilayah yang tak dihuni. Di antaranya menduga, titik-titik cahaya tersebut adalah makhluk bawah air bercahaya yang perlahan menuju pantai dan akan mengakhiri semua manusia. Spekulasi lain, itu UFO bawah laut.
Namun, apa yang diungkapkan para ahli NASA lebih mengejutkan. Ternyata jawabannya sangat sederhana.




"Tak ada pemukiman di sana, tak ada api atau sumur gas," jelas NASA seperti dimuat Daily Mail, 25 Oktober 2013. "Namun, di sana ada banyak sekali perahu nelayan ." Perahu-perahu itu saling berdekatan.
Cahaya aneh itu terpantau Visible Infrared Imaging Radiometer Suite, sebuah program pada satelit Suomi NPP
Pertanyaannya, kok bisa lampu yang digunakan nelayan sampai terlihat dari luar angkasa?
NASA lalu menjelaskan mengapa para nelayan membawa lampu terkuat mereka ke Samudra Atlantik. Mereka memburu memburu Illex argentinus, spesies cumi-cumi pendek bersirip.
Cumi itu kerap ditemukan di lokasi yang berjarak puluhan sampai ratusan kilometer lepas pantai sekitar Rio de Janeiro ke Tierra del Fuego.
Cumi-cumi itu hidup 80-600 meter di bawah permukaan laut, mengonsumsi udang, kepiting, dan ikan.
"Sebaliknya, Illex dikonsumsi oleh ikan besar, ikan paus, anjing laut, burung laut, penguin ... dan manusia," kata NASA.
Para ilmuwan kali pertama menjumpai lampu-lampu itu di lautan di akhir 1970-an dan di awal 1980-an, saat mengompilasi peta Bumi di malam hari untuk kali pertamanya.
Untuk menarik plankton dan ikan yang jadi makanan cumi ke permukaan air, maka digunakanlah lampu superkuat -- yang menghasilkan sebanyak 300 kilowatt cahaya per kapal nelayan.
Cumi akan mengikuti mangsanya ke permukaan, memudahkan nelayan untuk menangkap mereka dalam jumlah melimpah.
Di Atlantik Selatan, warga Argentina dan Falklands memiliki hak eksklusif untuk menangkap ikan dan mahluk laut lain sampai 200 mil dari garis pantai. Namun keberadaan cumi-cumi itu juga menarik kapal lain di laut bebas.
13.58 | 0 komentar | Read More

Di Nusantara ini hanya ada dua SUMPAH yang baik dan diwujudkan dengan peluh keringat dan darah perjuangan: Sumpah P3 (Pemuda, Palapa, Pocong)

by: http://sosbud.kompasiana.com/2013/10/26/sumpah-p3-pemuda-palapa-pocong-600897.html
Di Nusantara ini hanya ada dua SUMPAH yang baik dan diwujudkan dengan peluh keringat dan darah perjuangan. Pertama adalah SUMPAH PALAPA yang menjadi pedoman Majapahit untuk menyatukan wilayah Nusantara. Lamun huwus kalah Nusantara, ingsun amukti palapa, lamun kalah ring Gurun, ring Seran, Tanjung Pura, ring Haru, ring Pahang, Dompo, ring Bali, ring Sunda, Palembang, Tumasik, samana ingsun amukti palapa. Di bawah pimpinan Sang Mahapatih Amangkubumu Gajah Mada, angkatan perang Majapahit mewujudkannya. Sumpah yang kedua adalah SUMPAH PEMUDA pada 28 Oktober 1928, sumpah yang mewujud sebagai berbangsa satu Bangsa Indonesia, bertanah air satu tanah air Indonesia, berbahasa satu Bahasa Indonesia.
http://1.bp.blogspot.com/_M4wkSFZ_tFw/TMgb_7mDGzI/AAAAAAAAAHI/vXbCEM82rFM/s1600/sumpah-pemuda.jpg
Selain kedua sumpah tersebut di atas, semua adalah sumpah sampah. Entah kebetulan atau tidak kata SUMPAH  sangat mirip dengan kata SAMPAH, hanya dibedakan oleh sebuah huruf vokal.

Sumpah jabatan yang diucapkan dengan kitab suci di atas kepala dan atas nama Tuhan Allah hanya sebuah seremoni, tidak ada getaran keillahian di situ. Seremoni pengambilan sumpah jabatan itu tidak berbeda dengan seremoni peresmian kafe dangdut atau peresmian mid night club. Dengan sumpah ini, kau resmi menduduki jabatan anu dan lakukan apa yang ingin kau lakukan. Dengan menggunting pita ini saya resmikan berdirinya kafe mid night club, berjogedlah sepuasnya. Sama kan?. Sumpah jabatan itu sangat mudah berubah menjadi sampah jabatan, belum setahun di jabatannya sudah korupsi.

Baiklah, masih ada sumpah yang lain, sumpah setia pada perkawinan. Sama saja sebetulnya, dengan perselingkuhan maka sumpah setia dengan mudah berubah menjadi setia menjadi sampah. Selingkuh itu adalah turunan kata dari kata selangkang, sementara selangkangan mudah ditemukan. Di TV, di film, di Internet, di bis kota, di mall, di konser dangdut, di koran, di tabloid, baik pria dan wanita sama-sama ngangkang.

Sumpah agama sama juga, mudah menjadi sampah agama. Sumpah agama bagi laki-laki sangat mudah menjadi sampah karena bertemu gadis manis yang semampai berkulit putih hidungnya mancung dan bibirnya tipis merekah, teteknya laksana dua bukit kembar, nafsu. Sumpah wanita juga begitu, pria kekar tinggi dan atletis dengan tonjolan besar di selangkangan dapat mengubah sumpah wanita menjadi sampah. Iming-iming jabatan paling sering mengubah sumpah menjadi sampah.

Di negeri yang menyebut diri beragama, sumpah atas nama Tuhan Allah tidak lagi menggetarkan kalbu, tidak lagi menyentuh nurani lagi.  Sumpah atas nama Tuhan Allah itu tidak keluar dari hati atau nurani, tetapi sama seperti kentut yang keluar dari perut. Orang di negeri ini lebih takut terhadap “SUMPAH ATAS NAMA POCONG”  dari pada terhadap “SUMPAH ATAS NAMA TUHAN ALLAH”.

Apakah perlu semua sumpah diganti menjadi sumpah pocong?, astagafirullah …… apa kata dunia. Walau mungkin saja sumpah atas nama pocong memberikan hasil yang lebih baik, tapi amit-amit dah.

Pada peringatan hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2013, Saya bersumpah untuk tidak bersumpah. Lalu apa sumpahmu?.
13.55 | 0 komentar | Read More

3 Tahun Pasca Erupsi Merapi, Sengsara Membawa Nikmat ( Hari ini genap 3 tahun yang lalu, Merapi menyemburkan awan panas, material padat dan abu yang terbang jauh kemana-mana. Peristiwa yang yang sangat menggemparkan warga Yogya dan sekitarnya itu menjadi perhatian Indonesia dan dunia mengingat Merapi adalah salah satu Gunung Berapi yang teraktif di dunia )

by: http://wisata.kompasiana.com/jalan-jalan/2013/10/26/tiga-tahun-pasca-erupsi-merapi-sengsara-membawa-nikmat-600618.html
Tiga Tahun Pasca Erupsi Merapi, Sengsara Membawa Nikmat
Oleh : Sapardiyono.
1381761774529061712
sumber :koleksi pribadi, diambil di Masjid Petilasannya Mbah Maridjan



Hari ini genap 3 tahun yang lalu, Merapi menyemburkan awan panas, material padat dan abu yang terbang jauh kemana-mana. Peristiwa yang yang sangat menggemparkan warga Yogya dan sekitarnya itu menjadi perhatian Indonesia dan dunia mengingat Merapi adalah salah satu Gunung Berapi yang teraktif di dunia. Warga setempat menyebutnya sebagai Wedus Gembel, karena gulungan awan panas yang disemburkan itu bergelombang mirip kulit rambut domba di kejauhan. Dari kejauhan awan panas itu memang hanya mirip dengan gulungan kulit rambut domba, namun jika dilihat dari dekat efeknya amatlah dahsyat. Awan panas yang bersuhu 600 sd 1.000 derajat Celcius dan material padat lainnya itu meluncur dengan kecepatan 60 km/jam telah meluluhlantakkan beberapa desa yan ada di kaki Gunung Merapi.
13817624221239370461
Koleksi Pribadi : Parkiran Wisata Volcano, ramai pengunjung.
Salah satu Dusun yang kemudian menjadi amat masyhur adalah Dusun Kinahrejo, Desa Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan Kabupaten Sleman. Dusun ini hancur lebur ditimpa awan panas dan material padat lainnya. Salah satu sebab mengapa Dusun Kinahrejo menjadi amat masyhur adalah adanya sosok Mbah Maridjan, juru kunci Gunung Merapi yang sudah sepuh namun gagah berani ini ikut tewas kala terjadi erupsi. Beliau menolak direlokasi saat itu dan menyerahkan dirinya, pasrah sepenuhnya kepada Tuhan. Tempat tinggal beliau inilah atau yang kemudian disebut sebagai petilasan inilah yang saat ini dijadikan obyek wisata volcano Gunung Merapi. Salah satu obyek wisata alam alternatif yang ada di Yogya yang sangat ramai dikujungi oleh para wisatawan dalam dan luar negeri.
13817630991234094955
koleksi pribadi : Kinahrejo tertinggi, 39 oang meninggal disini
Awalnya saya berpikiran bahwa, wisata volcano ini hanya bisa ditempuh dengan kendaraan-kendaaran jeep terbuka khas off roader, mengingat betapa banyaknya kendaraan tersebut berlalu lalang menawarkan jasa angkutan wisata ekstream. Tapi ternyata tidak, jalan menuju Dusun Kinahrejo sudah beraspal halus sampai dengan tempat terminal terakhir atau parkiran terakhir. Cuma memang jalan-jalan disekitar desa ini mudah rusak mengingat betapa tingginya frekuensi truk yang lalu lalang membawa pasir atau batu sebagai material bahan bangunan. Ini adalah rejeki pertama yang bisa dinikmati oleh warga Kinahrejo yaitu menjual bahan material bangunan yaitu pasir dan batu.
1381763423634907463
koleksi pribadi : sebagian wisatawan berjalan kaki
Saya sungguh takjub dan kaget tak menduga bahwa Dusun Kinahrejo yang bekas-bekas erupsinya masih jelas kelihatan disana sini sekarang begitu ramai pengunjung wisatawan. Tempat parkiran mobil dan motor yang disediakan sangat padat dan penuh. Tentu ini rejeki yang tidak sedikit bagi warga kinahredjo yan tidak pernah terpikirkan sebelumnya, sebelum memasuki areal wisata sekelompok penduduk setempat yang sudah terorganisir dengan rapi juga sudah sigap melayani dan kita diminta membayar semacam retribusi wisata, dan sekaligus ini adalah berkah keuntungan yang kedua.
1381763691590106264
koleksi pribadi: kronologi erupsi
Di sepanjang areal parkir sekarang tumbuh berbagai kios yang menjual berbagai pernak pernik tentang Gunung Merapi, seperti kaos, sandal, topi dan aneka kerajinan khas yogya lainnya. Serta banyak juga kedai-kedai makanan dan minuman bagi para wisatawan atau siapapun yang membutuhkannya. Jadi kita jika berkujung kesana tidak perlu kuatir dan tidak perlu membawa bekal yang berlebihan, bahkan bisa menikmati aneka masakan ataupun sekedar membeli cindera mata.
13817639031418286861
koleksi pribadi :Jeep disewakan seharga 250 ribu
Selanjutnya?….nah disinilah masalahnya.
Untuk menjangkau tempat semacam monumen di rumah tertinggi maupun di petilasan rumahnya Mbah Maridjan kita ternyata masih harus jalan mendaki kurang lebih 500 m. Bagi kita yang menyukai jalan-jalan mendaki sambil menikmati indahnya alam pegunungan dan tentu saja sambil berolahraga, tentu tinggal melanjutkan dan terus berjalan sekitar setengah jam. Tapi bagi kita yang kurang menyukai jalan terjal apalagi dibawah terik matahari jangan kuatir, masyarakat banyak sekali menyediakan jasa. Ada 3 jasa yang ditawarkan untuk mencapai dengan mudah, pertama menyewa atau mengojek dengan kendaraan trail KLX, menyewa Mobil Jeep Offroader, ataupun naik ojek biasa, artinya motor bebek biasa dengan jarak tempuh yang bisa mencapai rumah Mbah Maridjan.
1381764100324226503
koleksi pribadi: tukang ojeg perempuan menunggu penumpang
Ssstt… jangan takut naik ojek disini. Karena semua tukang ojeknya adalah perempuan. Bayarnya cukup murah 20 ribu per orang ataupun kita bisa sewa motor mereka 30 ribu untuk berboncengan menuju lokasi. Tukang ojek perempuan tersebut ternyata juga sekaligus memerankan fungsi sebagai guide yang bisa menjelaskan kepada kita hal ihwal tentang tempat-tempat tersebut.
13817642812132924718
koleksi pribadi : motor trail yang disewakan
Jika kita mempunyai jiwa petualang, kita bisa menyewa motor trail dengan rute yang berbeda dan jalan yang tentu tidak beraspal. Jalur pendek selama 30 menit dengan sewa 50 rb. Ke Puncak Kinahrejo, Rumah Mbah Marijan dan Watu Tumpeng. Rute yang lebih lama selama 2 jam seharga 150 rb. Dengan trek Kali Opak, Batu Alien, Kali Adem dan Bungker Mini. Sedangkan trek terjauh selama 3 jam harga sewa sebesar 250 rb. Dengan rute Kali Opak, Kali Adem, Material Panas, Kali Gendol, makam Mbah Marijan dan bukit Glagah Sari. Dan cara yang lain adalah menyewa Jeep dengan tarif 250 rb untuk mengunjungi bungker meenelusuri Kali Opak.
  • 1381764488498615260
    koleksi pribadi: suasana di petilasan Mbah Maridjan
Di Petilasan Mbah Marijan kita bisa melihat, benda-benda milik Mbah Marijan dan keluarganya yang hangus terbakar awan panas, benda-benda itu sekarang dikumpulkan dan dijadikan semacam museum. Kita bisa berfoto-foto secara bebas disana. Benda-benda tersebut antara lain : 2 buah motor yang hangus terbakar, Mobil APV milik jurnalis yang ikut tewas kala mau menjemput Mbah Maridjan. Seperangkat alat gamelan, ada juga aneka mebeleair, spekaer masjid yang rusak dll. Oya ada juga tulang belulang sapi yang dibiarkan tetap dikandangnya. Sunguh luar biasa tempat ini sangat ramai.
1381764818984291125
koleksi pribadi:motor yang hangus terbakar
1381764951324489479
koleksi pribadi:mobil apv milik relawan dan jurnalis
Di petilasan rumah Mbah Marijan ini kita juga dapat melihat aneka upaya penghijauan di pinggir-pinggir Kali Opak. Ada beberapa nama tokoh beken yang sudah berkunjung disini dan menanamkan pohon, karena disampingnya selalu dituliskan siapa yang menanam pohon tersebut, yaitu antara lain Sri Sultan HB X, M.Yusuf Kalla, Menpora dan Menhut.
1381765245220191248
koleksi pribadi:dinilah mbah Maridjan ditemukan meninggal dunia
13817654341230299102
koleksi pribadi: seperangkat gemelan yang ikut hangus
Ada kejadian unik disini, kekuasaan Tuhan memang luar biasa jika memang sudah Berkehendak maka jadilah apa yang Beliau Kehendaki. Beberapa tanaman yang ditanam para tokoh tersebut menurutku tidak berkembang dan tumbuh secara baik, bahkan sebagian malah mati. Tapi di seberang Kali Opak yang berjajar ke arah lereng Gunung Merapi, dimana lahan-lahan itu tempat mengalirnya awan panas saat ini malah sudah terlihat hijau, pohon-pohon di kejauhan tampak meninggi yang kurang lebih ukurannya setinggi 2 meteran. Mereka berjajar rapi dengan ketinggian yang hampir seragam. Saya bertanya kepada penduduk setempat tentang jenis tumbukan apa yang ditanam disana kok bisa tumbuh dengan sangat bagus. Jawabnya sungguh diluar dugaan. Pohon-pohon itu tumbuh dengan sendirinya dan tidak seorangpun yang menanamnya. Meraka tumbuh secara alami, pohon itu pohon lokal yang bernama “SOGO”.Sayang saya tidak sempat menengok langsung pohon SOGO itu seperti apa karena lokasinya sangat jauh.
1381765653140366023
koleksi pribadi: penghijauan oleh para tokoh
1381765841898231458
koleksi pribadi: pohon Sogo di kejauhan yang tumbuh secara alami
Fenomena ini secara ilmiah sebetulnya juga dapat dijelaskan. Pohon SOGO adalah sejenis tanaman pioner sepertinya halnya pohon Talok, ia adalah tanaman yang yang mudah tumbuh di tempat-tempat yang sulit dan ekstream sekalipun. Cepat berkembang karena biji-bijiannya sangat lembut sehingga mudah terbawa angin dan memperoleh habitatnya. Atapun bisa saja buah-buah pohon Sogo adalah makanan burug-burung tertentu yang kemudian bijinya dibawa terbang dan kebetulan kotorannya jatuh dan tumbuh di areal-areal tersebut. Namun demikian butuh peenelitian lebih lanjut jika kita ingin memastikannya.
13817660251463233792
koleksi pribadi: bunga Edelweis yang dijual masyarakat
Setelah puas menghirup udara segar pegunungan yang adem dan menikmati pemandangan alam yang sangat indah sambil mengenang legenda yang seolah-olah hidup terus yaitu Mbah Marijdan. Mbah Maridjan terasa hidup terus karena suaranya yang menggelegar “ROSO” masih terus bisa kita dengarkan lewat iklan produk minuman sampai sekarang. (Saya berharap kontraknya juga masih dibayarkan untuk keluarganya…hehe.)
1381766423806977339
koleksi pribadi: aneka alat dapur, cobek dan munthu dari batu

perjalanan pulang dilanjutkan. Saya berhenti sejanak di beberapa kios cindera mata, mata saya luruh mengamati seonggok bunga yang sudah dirangkai amat cantik. Bunga itu bunga edelwies, bunga yang terkenal abadi karena tidak layu dan berubah warnanya yang selalu bersinar menampilkan keabadian. Bunga ini diperjual belikan secara bebas. Saya sangat ingin membeli, namun teringat bahwa bunga ini sesungguhnya sudah langka di habiatat asalnya dan hampir punah maka keberadaannya mestinya dilindungi dan tidak boleh dipetik apalagi diperjual belikan. Niat itu harus diurungkan. Para petugas Taman Nasioanal Gunung Merapi perlu mensosialisasikan lebeih jauh tentang ini. Monggo.

Kembali ke topik semula, luluh lantaknya Kinahrejo ternyata sekarang berubah membawa nikmat. Rejeki datang begitu banyak dan tak terduga-duga seelumnya. Kini Kinahrejo telah berubah menjadi Obyek Wisata yang ramai dikunjungi para wisatawan. Perputaran uang diperolehnya tentu juga amat besar mulai retribusi wisata, uang parkir, lapangan kerja karena jual makanan an aneka pernik oleh-oleh cindera mata, sewa motor 0jek maupun mobil dll. Dll. Pokoknya banyak.
Pertannyaan mendasar yang harus dipikirkan adalah kesinambungan dari obyek wisata ini. Besok andaikan tumbuh-tumbuhan yang ditanam lewat proyek penghijauan ataupun yang ditanam sendiri secara mandiri oleh rakyat, ataupun yang tumbuh alami telah sempurna menutup tanah Kinahrejo, maka wisata volcano Kinahrejo bisa saja kehilangan daya tariknya. Oleh Karenanya perlu upaya-upaya untuk tetap menjaga pesonanya. Silahkan direnungkan.
13.53 | 0 komentar | Read More

Inilah Peluang Berusaha di Indonesia dan Luar Negeri

by: http://ekonomi.kompasiana.com/wirausaha/2013/10/26/peluang-berusaha-di-indonesia-dan-luar-negeri-603853.html
Saya baru kembali dari perjalanan ke Malaysia selama 5 hari sejak tanggal 10 Oktober 2013 yang lalu.

Bagi saya perjalanan ke Malaysia ini merupakan perjalanan pertama kali. Memang saya sudah beberapa kali ke luar negeri, namun bepergian ke Malaysia merupakan pengalaman pertama.

Waktu mendarat pertama kalinya di KLCC, Kuala Lumpur (karena saya menggunakan pesawat Air Asia), saya bisa melihat betapa bandara KLCC (yang khusus untuk penerbangan LCC Low Cost Carrier) begitu bersih dan bebas dari percaloan.  Saya bisa melihat sistem informasi turis begitu lengkap dan mendetail. Kita tidak perlu takut calo dan sopir taxi yang nakal.  Airport (Bandara) LCC ini begitu terintegrasi dengan angkutan umum segala moda. Mau ke pusat kota, kita bisa memilih bus Bandara yang hanya kena RM 8 per orang. (Kurs RM 1 = Rp 3640. Jadi cuma sekitar Rp 30.000).  Dan perjalanan ke pusat kota bisa ditempuh dalam tempo sekitar 1 jam saja.
1382753497639180361
Dari pusat kota (KL Sentral), kita bisa memilih segala jenis angkutan. MRT sejenis MonoRail, LRT (light Rapid transport), dan lainnya. Belum lagi sarana bus nya yang begitu lengkap dan murah.  Makanan di Kuala Lumpur juga tidak terlalu mahal. Rata-rata sekitar RM 5 untuk sarapan / makan siang (sekitar Rp 18ribu).

Saat kunjungan saya ke Malaysia,  di Hotel tempat saya menginap, saya sempat menonton siaran berita terkait pernyataan Perdana Menteri Malaysia yang berniat menjadikan Malaysia sebagai Pusat bisnis yang nyaman bagi para pengusaha dan calon pengusaha.  Generasi muda didorong untuk menjadi Pengusaha dan didukung permodalan tanpa harus dengan Jaminan asset.  Benar-benar luar biasa.

Saya bandingkan dengan kondisi di Indonesia. Kita yang sudah lama berbisnis aja, jika tidak punya jaminan yang cukup dan melebihi nilai kredit, jangan bermimpi bisa dapat fasilitas pembiayaan bank.

Sewaktu bertemu teman lama di Malaysia, mereka cuma berkata bahwa kondisi berusaha di Malaysia berbeda jauh dengan kondisi bisnis di Indonesia. Di Indonesia, untuk berusaha harus punya perizinan yang harus terus dilengkapi. Beda dengan di Malaysia, mendaftar usaha bisa online dan murah. Sudah mirip dengan Singapura.  Pemula juga sulit mendapat dukungan pendanaan. Sedangkan di Malaysia, Pemerintahnya benar-benar memanjakan Pengusaha terutama pengusaha yang masih baru.

Pengusaha baru, rata-rata memanfaatkan rumah sebagai markas usaha mereka. Pemerintah Malaysia tidak melarang hal tersebut dan banyak saya temui pengusaha yang beroperasi dari rumahnya. Sewaktu saya tanyakan hal tersebut pada teman, saya mendapati bahwa di Malaysia tidak dikenal istilah surat domisili.  Saya jadi teringat sewaktu saya mendirikan perusahaan di Hongkong. Cukup kita datang ke Notaris setempat atau Corporate Secretary, kita bisa minta dibuatkan perusahaan baru atau bahkan membeli perusahaan yang sudah jadi (Shelf Company) dan biayanya cuma sekitar HK 3000 alias sekitar Rp 4 Jutaan. Ini perusahaan sudah lengkap dan tinggal beroperasi saja.

Bandingkan dengan biaya mendirikan perusahaan. Biaya aktenya saja mungkin sudah Rp 4 Jutaan (tergantung modal dasar dan modal disetor).  Biaya domisili perusahaan bisa mencapai Rp 1 Juta. Belum lagi ketentuan tidak boleh menggunakan domisili rumah tinggal, berarti harus menyewa ruko atau perkantoran, minimal sekarang sudah sekitar biaya extra Rp 25 Juta per tahun.

Di RRC, saya pernah mengecek, modal untuk mendirikan perusahaan : BEBAS. Bahkan 1 Yuan pun boleh. Jangan coba-coba lakukan hal tersebut di Indonesia, kecuali Anda siap dicuekkin oleh Notaris atau biro jasa atau Kantor Pendaftaran Perusahaan. Di RRC bahkan lebih bebas. Kita boleh menggunakan rumah tinggal untuk tempat usaha. beberapa rekanan bisnis saya malah berkantor di rumah susun alias apartemen. Omsetnya bukan ecek-ecek.  ratusan ribu dollar dan hebatnya semua dilakukan dan dikendalikan dari sebuah apartemen kecil di kota Shenzhen dan di kota Guangzhou.

Saya melihat efisensi birokrasi dengan memangkas peluang bertemu langsung - merupakan suatu niat Pemerintah Indonesia untuk menekan biaya perizinan. Pemerintah Singapura sudah menerapkan hampir sebagian besar perizinan hingga pendaftaran usaha bisa dilakukan secara online. Begitu sudah direspon konfirm, tinggal bayar biaya retribusi di bank yang ditunjuk. Sangat simple dan cepat. Tidak bertele-tele.

Mudah-mudahan kelak di Indonesia bisa lebih menerapkan efisiensi birokrasi dan perizinan sehingga kondisi berusaha di Indonesia bisa lebih kondusif.
13.48 | 0 komentar | Read More

Negara Siaga Satu “Perang Cyber” ( Telah lama terjadi Cyber War dengan modus “Silent Operation” sadapan asing terhadap informasi vital Negara )

by: http://teknologi.kompasiana.com/internet/2013/10/26/negara-siaga-satu-perang-cyber-603856.html
Telah lama terjadi Cyber War dengan modus “Silent Operation” sadapan asing terhadap informasi vital Negara, bagaimana diungkap mantan presiden mexico yang emailnya diretas, protes pemerintah perancis terhadap sadap ilegal kurang lebih 2 juta ponsel warganya dan terakhir oleh jerman yang merasa keamanan jalur informasinya diusik,  kecurigaan mengarah pada agen rahasia amerika (NSA) ini bukti terjadinya navigasi untuk melakukan mapping informasi dengan bermacam kepentingan.

Indonesia beberapa waktu lalu mencurigai penyadapan dilakukan otoritas negara tetangga kepada pesawat rombongan presiden, kendala cyber crime juga terjadi di dalam negeri, bagaimana seorang anak SMK mampu meretas blog pribadi kepala negara, miris memang saat bangsa lain telah jauh hari mempersiapkan keamanan informasi kita baru bahkan belum memulai itupun setelah ada impact, korea utara dan china merupakan negara paling menolak keras menggunakan produksi microsoft dan aplikasi online negara lain dan jreeeeng beberapa analisis membenarkan bahwa terdapat semacam keyloger pada windows 8 yang bisa digunakan sebagai jendela untuk mengintip isi komputer saat nyambung ke internet.
138275173123622161
Polarisasi konsumtif masyarakat menyebabkan begitu mudahnya menyebarkan data personal  ke internet sehingga terekam jelas di server jejaring sosial, file-file penting yang diunggah untuk convert ke format lain tanpa disadari telah memindah tangankan dokumen penting ke pihak lain, awarnes lemah tentang pentingnya informasi ini berlangsung secara massal.

Masih ingat rujukan  pentingnya informasi ? ya… “Barang siapa menguasai informasi maka dia akan menguasai Dunia” namun trend saat ini mengalami gerak pacu lebih ekstrim dengan menambahkan proposisi “… Dan siapa yang bisa mengendalikan informasi maka bisa menentukan opini” tidak usah jauh, perang urat syaraf ormas kecil di duren sawit dengan partai sebesar demokrat, bunda puteri yang kian samar, pencitraan melalu media, dst dimulai dari komunikasi dimana supply awalnya adalah informasi.

Informasi bisa membentuk konstruksi berfikir setelah terjadi interaksi sehingga opini bisa membalikkan keadaan hitam jadi putih, baik jadi buruk begitu sebaliknya. Ini hanya sekelumit petaka kecil yang diakibatkan si mistikus “informasi” ditingkat low level,  bagaimana dengan lalu lintas informasi yang terjadi di internet wuiiiiih ngeri-ngeri sedap, email, facebook, twitter, begitu juga dengan apps messanger blackberry, line, whats up, dll dapat dengan mudah mencetak detail pertukaran dan komunikasi data si pengguna, lagi pula kebanyakan kantor dan infrasruktur teknologi yang digunakan bertempat di negara bukan indonesia.

Di atas adalah gambaran sisi penyedia layanan aplikasi internet,  kalau devicenya? lebih edan lagi. Saat ini penggunaan device untuk online sudah bergeser dari pc ke laptop ke notebook lanjut ke tablet pokoknya berujung di smartphone, kecanggihanya punya akselerasi fantastis waktu ke waktu sekedar diketahui smartphone yang menggunakan teknologi 2g, 3g, hsdpa dan kakak-kakaknya sangat mungkin disadap karena gelombang radio yang digunakan adalah milik global dan bisa digunakan bersama. Kecuali bagi pemilik hp jadul bebasis mono.

Nah, Apa yang mesti dilakukan? segera lakukan migrasi dengan kekuatan penuh disegala sektor tidak peduli pemerintah/swasta untuk menggunakan Open Source Software (OOS) dengan status URGENTLY!! karena teknologinya mandiri, berbiaya rendah dan mudah dikembangkan. Untuk membangun percepatan kapasitas SDM berikan kepada akademisi, praktisi, peneliti dan profesional TIK sebagai leader Training Of Trainer Masyarakat hingga kepelosok, kalangan terdidik masih punya semangat perjuangan & nasionalisme “Pengabdian pada Masyarakat” lagi pula ini menyangkut soal keilmuan dan lakon mereka, komunitas open source, relawan TIK bahkan hacker sekalipun juga dicetak dari dunia pendidikan.

Serangan balik ke malaysia dijagat maya juga dipelopori para akademisi meskipun gerakannya tidak terkoordinir cenderung sporadis dan anonim namun berhasil menciptakan kondisi yang tidak diduga lawan, termasuk kepada peretas bangladesh yang kemarin coba uji nyali bikin rontok puluhan site resmi .id besoknya counterattack dilakukan diseluruh penjuru maya tanah air dan mampu mengguling ratusan site resmi mereka, ini bukti bahwa komunitas underground anak negeri tetap punya nasionalisme meski harus berjuang dan melawan serampangan dan tidak terwadahi. Potensi SDM kita kuat!

Sekarang tergantung pemerintah sadar tidak bahwa kondisi Negara sudah siaga satu perang cyber dan akan melakukan aksi nyata bukan sekedar pidato dan memberikan arahan? Persoalan Keamanan adalah tanggung jawab seluruh elemen bangsa, sudah saatnya merah putih punya pasukan MAYA!

Justru Di InTERNET Kita JAYA!
13.46 | 1 komentar | Read More

Kita Tantang Prabowo di Kasus HAM Munir ( Beberapa waktu lalu Prabowo mencoba mencari simpati publik dengan melakukan bantuan hukum kepada Tenaga Kerja Indonesia (TKI) terancam hukuman mati di Malaysia Wilfrida, untuk menunjukkan niatnya Prabowo bahkan rela merogoh uangnya untuk menyewa pengacara kondang Malaysia guna melakukan pendampingan terhadap Wilfrida, perbuatan kemanusiaan yang harus kita acungi jempol dari seorang calon Presiden 2014 nanti )

by: http://politik.kompasiana.com/2013/10/26/kita-tantang-prabowo-di-kasus-ham-munir-604939.html
Beberapa waktu lalu Prabowo mencoba mencari simpati publik dengan melakukan bantuan hukum kepada Tenaga Kerja Indonesia (TKI) terancam hukuman mati di Malaysia Wilfrida, untuk menunjukkan niatnya Prabowo bahkan rela merogoh uangnya untuk menyewa pengacara kondang Malaysia guna melakukan pendampingan terhadap Wilfrida, perbuatan kemanusiaan yang harus kita acungi jempol dari seorang calon Presiden 2014 nanti.

Aksi kemanusian yang dilakukan Prabowo jika kita ambil sisi positifnya memang sangat membantu Wilfrida dalam menghadapi kasus hukum yang menimpanya, jika itu murni dilakukan Prabowo untuk rasa kemanusian demi selamatnya Wilfrida dari hukuman mati. Tapi bagaimana jika itu hanya sebagai strategi politik yang dilakukan oleh Prabowo untuk mendapatkan pencitraan sebagai sosok yang peduli dengan nasib TKI, coba sediki kita lihat dari pengambilan kasus yang diambil dari aksi kemanusian Prabowo ini.
13827357432050134123


Kenapa Prabowo memilih kasus yang menimpa TKI jika ingin menyalurkan sisi Kemanusiaannya, bukankah masih begitu banyak kasus kemanusiaan yang terjadi di dalam negeri Indonesia, kenapa TKI?? kalau kita teliti kenapa ini dilakukan karena kasus TKI adalah kasus yang sangat terekspose oleh media tidak hanya didalam negeri saja tapi juga diluar negeri, kasus TKI adalah kasus yang melibatkan sedikitnya dua negara yang tentu akan menarik perhatian bagi dunia Internasional.

Seperti yang kita tahu Prabowo memiliki citra yang kurang bagus di mata Internasional, tuduhan terhadap Prabowo melakukan pelanggaran HAM berat dan akan melakukan kudeta tahun 1998, membuat nama Prabowo masuk daftar Blacklist di beberapa negara besar terutama Amerika Serikat (AS), Prabowo tidak pernah bisa membuat Visa AS karena selalu ditolak. kebutuhan Prabowo mendapat citra positif di mata Internasional sangat diperlukan, karena dia tidak mau mendapat ganjalan dari dunia Internasional ketika di bertarung di Pemilu Presiden 2014 nanti.

Sebenarnya niat Prabowo untuk membersihkan nama buruk akibat pelanggaran HAM yang dituduhkan kepada dirinya bisa dilakukan di dalam Negeri, ada kasus pelanggaran HAM yang sampai saat ini masi di ruang hitam penegakan hukum negeri ini, Pelanggaran HAM yang mengakibatkan terbunuhnya pejuang HAM Munir di pesawat yang membawanya ke Belanda, Munir meninggal setelah meminum racun Arsenic yang dimasukkan ke minumannnya.

Pendiri Kontras dan Imperasial ini terbunuh oleh konspirasi Inteligen, dengan tujuan menghentikan  niat Munir untuk meminta pertanggung jawaban atas pelanggaran HAM yang dilakukan oleh mantan Pejabat Tinggi Militer. Penyelesaian kasus pembunuhan Munir hingga saat ini hanya berhasil menetapkan eksekutor pembunuhan yaitu mantan pilot garuda Polycarpus sebagai pelaku Utama dalam aksi pembunuhan tersebut, tanpa bisa menyeret pelaku-pelaku Otak Pembunuhan yang harusnya paling bertanggung jawab atas terbunuhnya Pejuang HAM Munir.

Prabowo sendiri mungkin mempunyai sejarah kurang menyenangkan dengan Munir, Munir pernah melakukan penyelidikan terhadap kasus penculikan aktivis 1998 yang melibatkan tim Mawar dari kesatuan Kopassus, yang pada saat itu Prabowo sebagai Danjen Kopassus. akibat dari perjuangan Munir dalam mengungkap kasus itulah Prabowo pernah berhadapan dengan pejuang HAM Munir, yang akhirnya Munir bisa menyeret Anggota Tim Mawar untuk diadili di sidang Militer dan Prabowo dicopot dari jabatannya sebagai Danjen Kopassus.

Jika Prabowo berani dan benar-benar ingin menunjukkan kepedulian terhadap Hak Asasi Manusia yang dia tunjukkan pada saat membela Wilfrida di Malaysia, Prabowo mungkin bisa ikut membantu mengungkap apa yang sebenarnya terjadi dibalik terbunuhnya Munir, ada kepentingan apa Inteligen harus membunuh Munir, apa yang  akan diungkap Munir sehingga orang ini harus dihabisi. siapa saja orang-orang yang paling bertanggung jawab terhadap terbunuhnya Munir.

Muchdi PR mantan pejabat BIN disebut sebagai otak pembunuhan Munir, Muchdi kita kenal mempunyai hubungan baik dengan Prabowo, bahkan Muchdi pernah menjadi Wakil Ketua Umum Gerindra, partai yang didirikan oleh Prabowo. kedekatan ini juga yang menyeret nama Prabowo sebagai orang yang dicurigai ada hubungan dengan kasus Pembunuhan Munir, ada kasus masa lalu Prabowo yang besar kemungkinan akan diungkap oleh Munir seperti ketika Munir mengungkap kasus penculikan yang dilakukan Tim Mawar.

Membantu dalam mengungkap apa yaang terjadi dibalik kasus pembunuhan Munir sangat bisa memperbaiki pandangan publik masyarakat Indonesia dan juga Internasional terhadap Prabowo, jika Prabowo berhasil mengungkap siapa saja orang-orang yang harus bertanggung jawab terhadap matinya Pejuang HAM Munir, itu sangat mungkin bisa membersihkan nama Prabowo dari tuduhan Pelanggaran HAM yang ditujukan padanya.

Butuh keberanian lebih Prabowo jika ingin mengungkap kasus pembunuhan Munir, tidak semudah aksi Prabowo yang langsung naik pesawat pribadi untuk bertemu Wilfrida di Malaysia, tidak semudah langsung menyewa pengacara paling kondang di Malaysia untuk mendampingi Wilfrida. Untuk kasus pembunuhan Munir mungkin Prabowo harus berhadapan dengan banyak hal, bahkan mungkin dengan kepentingannya sendiri.

Jika Ingin menjadi pahlawan kemanusian tidak perlu jauh-jauh ke Malaysia di negeri ini juga bisa, Mari kita tantang keberanian Prabowo untuk membantu menuntaskan kasus pembunuhan pejuang HAM Munir.

-JalanSatuSatu
13.44 | 0 komentar | Read More

“Memompa” Semangat dan Percaya Diri saat Menghadapi Kegagalan

Written By Situs Baginda Ery (New) on Jumat, 25 Oktober 2013 | 21.05

by: http://edukasi.kompasiana.com/2013/10/25/memompa-semangat-dan-percaya-diri-saat-menghadapi-kegagalan-604812.html
Setiap orang pasti pernah mengalami kegagalan, baik itu pedagang, pejabat, presiden bahkan salah satu tokoh penting di dunia ini yaitu penemu lambu pijar—Thomas Alfa Edison—pernah mengalami kegagalan beribu kali. Hanya saja yang membedakannya yaitu bagaimana cara menyikapi kegagalan tersebut.
Ada berbagai macam tipe manusia saat menghadapi kegagalan, seperti putus asa, tidak mau bangkit dari keadaannya, pesimis untuk menghadapi hari esok, bahkan ada pula yang terus menerus menyesali kegagalannya. Jika seseorang gagal sudah pasti merasakan sedih dan akhirnya prustasi karena hal itu wajar, akan tetapi orang tersebut harus segera bangkit untuk meraih apa yang dicita-citakannya.
Berdasarkan pengalaman penulis, saat mengalami kegagalan sebaiknya kita tidak berfikiran negatif, karena itu akan membuat diri kita menjadi cemas sehingga akan menimbulkan rasa pesimis dan semangat pun menjadi hilang. Lalu apa yang harus kita lakukan? Bagaimana cara memompa semangat saat menghadapi kegagalan?
Banyak cara yang lebih baik dan bermanfaat saat kita dihadapkan pada sebuah kegagalan. Di antaranya yaitu :
  • Selalu berpikir positif, merupakan salah satu cara untuk menjadikan kita lebih percaya diri. Apapun hasil yang kita dapatkan syukurilah. Karena itu merupakan jalan terbaik yang Tuhan berikan kepada kita, agar kita bisa lebih sabar dalam menjalani kehidupan.
  • Optimis dan yakin bahwa kita akan mendapatkan yang lebih dan lebih baik dari apa yang kita harapkan.
  • Tetap berusaha melakukan yang terbaik dan jangan pernah menyerah, karena pemenang sejati itu selalu bersahabat dengan rintangan.
  • Jadikan kegagalan itu sebuah pelajaran untuk melakukan yang lebih baik lagi.
  • Evaluasi diri dengan cara buatlah pertanyaan-pertanyaan apa yang menyebabkan kita gagal. Sehingga kita bisa mengetahui kelemahan-kelemahan dalam diri kita dan kemudian memperbaikinya.
  • Focus pada target, ingatlah pada hasil yang ingin kita capai.
  • Ambilah hikmah dari setiap kegagalan.
  • Berikhtiar dan berdoa, merupakan poin yang terpenting. Karena bagaimana pun juga Tuhan lah yang menentukan segalanya.
Kegagalan itu bisa diubah menjadi keberhasilan oleh mereka yang mau belajar dari kegagalan tersebut, oleh mereka yang terus berusaha dan pantang menyerah. ingatlah bahwa kegagalan bukan berarti kita tidak berusaha sungguh-sungguh, tetapi makna dari kegagalan yaitu kita perlu mengambil waktu yang lebih lama untuk mendapatkan keberhasilan.
21.05 | 0 komentar | Read More

YANG TERBARU DARI BAGINDAERY

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...