GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

3 Tahun Pasca Erupsi Merapi, Sengsara Membawa Nikmat ( Hari ini genap 3 tahun yang lalu, Merapi menyemburkan awan panas, material padat dan abu yang terbang jauh kemana-mana. Peristiwa yang yang sangat menggemparkan warga Yogya dan sekitarnya itu menjadi perhatian Indonesia dan dunia mengingat Merapi adalah salah satu Gunung Berapi yang teraktif di dunia )

Written By Situs Baginda Ery (New) on Sabtu, 26 Oktober 2013 | 13.53

by: http://wisata.kompasiana.com/jalan-jalan/2013/10/26/tiga-tahun-pasca-erupsi-merapi-sengsara-membawa-nikmat-600618.html
Tiga Tahun Pasca Erupsi Merapi, Sengsara Membawa Nikmat
Oleh : Sapardiyono.
1381761774529061712
sumber :koleksi pribadi, diambil di Masjid Petilasannya Mbah Maridjan



Hari ini genap 3 tahun yang lalu, Merapi menyemburkan awan panas, material padat dan abu yang terbang jauh kemana-mana. Peristiwa yang yang sangat menggemparkan warga Yogya dan sekitarnya itu menjadi perhatian Indonesia dan dunia mengingat Merapi adalah salah satu Gunung Berapi yang teraktif di dunia. Warga setempat menyebutnya sebagai Wedus Gembel, karena gulungan awan panas yang disemburkan itu bergelombang mirip kulit rambut domba di kejauhan. Dari kejauhan awan panas itu memang hanya mirip dengan gulungan kulit rambut domba, namun jika dilihat dari dekat efeknya amatlah dahsyat. Awan panas yang bersuhu 600 sd 1.000 derajat Celcius dan material padat lainnya itu meluncur dengan kecepatan 60 km/jam telah meluluhlantakkan beberapa desa yan ada di kaki Gunung Merapi.
13817624221239370461
Koleksi Pribadi : Parkiran Wisata Volcano, ramai pengunjung.
Salah satu Dusun yang kemudian menjadi amat masyhur adalah Dusun Kinahrejo, Desa Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan Kabupaten Sleman. Dusun ini hancur lebur ditimpa awan panas dan material padat lainnya. Salah satu sebab mengapa Dusun Kinahrejo menjadi amat masyhur adalah adanya sosok Mbah Maridjan, juru kunci Gunung Merapi yang sudah sepuh namun gagah berani ini ikut tewas kala terjadi erupsi. Beliau menolak direlokasi saat itu dan menyerahkan dirinya, pasrah sepenuhnya kepada Tuhan. Tempat tinggal beliau inilah atau yang kemudian disebut sebagai petilasan inilah yang saat ini dijadikan obyek wisata volcano Gunung Merapi. Salah satu obyek wisata alam alternatif yang ada di Yogya yang sangat ramai dikujungi oleh para wisatawan dalam dan luar negeri.
13817630991234094955
koleksi pribadi : Kinahrejo tertinggi, 39 oang meninggal disini
Awalnya saya berpikiran bahwa, wisata volcano ini hanya bisa ditempuh dengan kendaraan-kendaaran jeep terbuka khas off roader, mengingat betapa banyaknya kendaraan tersebut berlalu lalang menawarkan jasa angkutan wisata ekstream. Tapi ternyata tidak, jalan menuju Dusun Kinahrejo sudah beraspal halus sampai dengan tempat terminal terakhir atau parkiran terakhir. Cuma memang jalan-jalan disekitar desa ini mudah rusak mengingat betapa tingginya frekuensi truk yang lalu lalang membawa pasir atau batu sebagai material bahan bangunan. Ini adalah rejeki pertama yang bisa dinikmati oleh warga Kinahrejo yaitu menjual bahan material bangunan yaitu pasir dan batu.
1381763423634907463
koleksi pribadi : sebagian wisatawan berjalan kaki
Saya sungguh takjub dan kaget tak menduga bahwa Dusun Kinahrejo yang bekas-bekas erupsinya masih jelas kelihatan disana sini sekarang begitu ramai pengunjung wisatawan. Tempat parkiran mobil dan motor yang disediakan sangat padat dan penuh. Tentu ini rejeki yang tidak sedikit bagi warga kinahredjo yan tidak pernah terpikirkan sebelumnya, sebelum memasuki areal wisata sekelompok penduduk setempat yang sudah terorganisir dengan rapi juga sudah sigap melayani dan kita diminta membayar semacam retribusi wisata, dan sekaligus ini adalah berkah keuntungan yang kedua.
1381763691590106264
koleksi pribadi: kronologi erupsi
Di sepanjang areal parkir sekarang tumbuh berbagai kios yang menjual berbagai pernak pernik tentang Gunung Merapi, seperti kaos, sandal, topi dan aneka kerajinan khas yogya lainnya. Serta banyak juga kedai-kedai makanan dan minuman bagi para wisatawan atau siapapun yang membutuhkannya. Jadi kita jika berkujung kesana tidak perlu kuatir dan tidak perlu membawa bekal yang berlebihan, bahkan bisa menikmati aneka masakan ataupun sekedar membeli cindera mata.
13817639031418286861
koleksi pribadi :Jeep disewakan seharga 250 ribu
Selanjutnya?….nah disinilah masalahnya.
Untuk menjangkau tempat semacam monumen di rumah tertinggi maupun di petilasan rumahnya Mbah Maridjan kita ternyata masih harus jalan mendaki kurang lebih 500 m. Bagi kita yang menyukai jalan-jalan mendaki sambil menikmati indahnya alam pegunungan dan tentu saja sambil berolahraga, tentu tinggal melanjutkan dan terus berjalan sekitar setengah jam. Tapi bagi kita yang kurang menyukai jalan terjal apalagi dibawah terik matahari jangan kuatir, masyarakat banyak sekali menyediakan jasa. Ada 3 jasa yang ditawarkan untuk mencapai dengan mudah, pertama menyewa atau mengojek dengan kendaraan trail KLX, menyewa Mobil Jeep Offroader, ataupun naik ojek biasa, artinya motor bebek biasa dengan jarak tempuh yang bisa mencapai rumah Mbah Maridjan.
1381764100324226503
koleksi pribadi: tukang ojeg perempuan menunggu penumpang
Ssstt… jangan takut naik ojek disini. Karena semua tukang ojeknya adalah perempuan. Bayarnya cukup murah 20 ribu per orang ataupun kita bisa sewa motor mereka 30 ribu untuk berboncengan menuju lokasi. Tukang ojek perempuan tersebut ternyata juga sekaligus memerankan fungsi sebagai guide yang bisa menjelaskan kepada kita hal ihwal tentang tempat-tempat tersebut.
13817642812132924718
koleksi pribadi : motor trail yang disewakan
Jika kita mempunyai jiwa petualang, kita bisa menyewa motor trail dengan rute yang berbeda dan jalan yang tentu tidak beraspal. Jalur pendek selama 30 menit dengan sewa 50 rb. Ke Puncak Kinahrejo, Rumah Mbah Marijan dan Watu Tumpeng. Rute yang lebih lama selama 2 jam seharga 150 rb. Dengan trek Kali Opak, Batu Alien, Kali Adem dan Bungker Mini. Sedangkan trek terjauh selama 3 jam harga sewa sebesar 250 rb. Dengan rute Kali Opak, Kali Adem, Material Panas, Kali Gendol, makam Mbah Marijan dan bukit Glagah Sari. Dan cara yang lain adalah menyewa Jeep dengan tarif 250 rb untuk mengunjungi bungker meenelusuri Kali Opak.
  • 1381764488498615260
    koleksi pribadi: suasana di petilasan Mbah Maridjan
Di Petilasan Mbah Marijan kita bisa melihat, benda-benda milik Mbah Marijan dan keluarganya yang hangus terbakar awan panas, benda-benda itu sekarang dikumpulkan dan dijadikan semacam museum. Kita bisa berfoto-foto secara bebas disana. Benda-benda tersebut antara lain : 2 buah motor yang hangus terbakar, Mobil APV milik jurnalis yang ikut tewas kala mau menjemput Mbah Maridjan. Seperangkat alat gamelan, ada juga aneka mebeleair, spekaer masjid yang rusak dll. Oya ada juga tulang belulang sapi yang dibiarkan tetap dikandangnya. Sunguh luar biasa tempat ini sangat ramai.
1381764818984291125
koleksi pribadi:motor yang hangus terbakar
1381764951324489479
koleksi pribadi:mobil apv milik relawan dan jurnalis
Di petilasan rumah Mbah Marijan ini kita juga dapat melihat aneka upaya penghijauan di pinggir-pinggir Kali Opak. Ada beberapa nama tokoh beken yang sudah berkunjung disini dan menanamkan pohon, karena disampingnya selalu dituliskan siapa yang menanam pohon tersebut, yaitu antara lain Sri Sultan HB X, M.Yusuf Kalla, Menpora dan Menhut.
1381765245220191248
koleksi pribadi:dinilah mbah Maridjan ditemukan meninggal dunia
13817654341230299102
koleksi pribadi: seperangkat gemelan yang ikut hangus
Ada kejadian unik disini, kekuasaan Tuhan memang luar biasa jika memang sudah Berkehendak maka jadilah apa yang Beliau Kehendaki. Beberapa tanaman yang ditanam para tokoh tersebut menurutku tidak berkembang dan tumbuh secara baik, bahkan sebagian malah mati. Tapi di seberang Kali Opak yang berjajar ke arah lereng Gunung Merapi, dimana lahan-lahan itu tempat mengalirnya awan panas saat ini malah sudah terlihat hijau, pohon-pohon di kejauhan tampak meninggi yang kurang lebih ukurannya setinggi 2 meteran. Mereka berjajar rapi dengan ketinggian yang hampir seragam. Saya bertanya kepada penduduk setempat tentang jenis tumbukan apa yang ditanam disana kok bisa tumbuh dengan sangat bagus. Jawabnya sungguh diluar dugaan. Pohon-pohon itu tumbuh dengan sendirinya dan tidak seorangpun yang menanamnya. Meraka tumbuh secara alami, pohon itu pohon lokal yang bernama “SOGO”.Sayang saya tidak sempat menengok langsung pohon SOGO itu seperti apa karena lokasinya sangat jauh.
1381765653140366023
koleksi pribadi: penghijauan oleh para tokoh
1381765841898231458
koleksi pribadi: pohon Sogo di kejauhan yang tumbuh secara alami
Fenomena ini secara ilmiah sebetulnya juga dapat dijelaskan. Pohon SOGO adalah sejenis tanaman pioner sepertinya halnya pohon Talok, ia adalah tanaman yang yang mudah tumbuh di tempat-tempat yang sulit dan ekstream sekalipun. Cepat berkembang karena biji-bijiannya sangat lembut sehingga mudah terbawa angin dan memperoleh habitatnya. Atapun bisa saja buah-buah pohon Sogo adalah makanan burug-burung tertentu yang kemudian bijinya dibawa terbang dan kebetulan kotorannya jatuh dan tumbuh di areal-areal tersebut. Namun demikian butuh peenelitian lebih lanjut jika kita ingin memastikannya.
13817660251463233792
koleksi pribadi: bunga Edelweis yang dijual masyarakat
Setelah puas menghirup udara segar pegunungan yang adem dan menikmati pemandangan alam yang sangat indah sambil mengenang legenda yang seolah-olah hidup terus yaitu Mbah Marijdan. Mbah Maridjan terasa hidup terus karena suaranya yang menggelegar “ROSO” masih terus bisa kita dengarkan lewat iklan produk minuman sampai sekarang. (Saya berharap kontraknya juga masih dibayarkan untuk keluarganya…hehe.)
1381766423806977339
koleksi pribadi: aneka alat dapur, cobek dan munthu dari batu

perjalanan pulang dilanjutkan. Saya berhenti sejanak di beberapa kios cindera mata, mata saya luruh mengamati seonggok bunga yang sudah dirangkai amat cantik. Bunga itu bunga edelwies, bunga yang terkenal abadi karena tidak layu dan berubah warnanya yang selalu bersinar menampilkan keabadian. Bunga ini diperjual belikan secara bebas. Saya sangat ingin membeli, namun teringat bahwa bunga ini sesungguhnya sudah langka di habiatat asalnya dan hampir punah maka keberadaannya mestinya dilindungi dan tidak boleh dipetik apalagi diperjual belikan. Niat itu harus diurungkan. Para petugas Taman Nasioanal Gunung Merapi perlu mensosialisasikan lebeih jauh tentang ini. Monggo.

Kembali ke topik semula, luluh lantaknya Kinahrejo ternyata sekarang berubah membawa nikmat. Rejeki datang begitu banyak dan tak terduga-duga seelumnya. Kini Kinahrejo telah berubah menjadi Obyek Wisata yang ramai dikunjungi para wisatawan. Perputaran uang diperolehnya tentu juga amat besar mulai retribusi wisata, uang parkir, lapangan kerja karena jual makanan an aneka pernik oleh-oleh cindera mata, sewa motor 0jek maupun mobil dll. Dll. Pokoknya banyak.
Pertannyaan mendasar yang harus dipikirkan adalah kesinambungan dari obyek wisata ini. Besok andaikan tumbuh-tumbuhan yang ditanam lewat proyek penghijauan ataupun yang ditanam sendiri secara mandiri oleh rakyat, ataupun yang tumbuh alami telah sempurna menutup tanah Kinahrejo, maka wisata volcano Kinahrejo bisa saja kehilangan daya tariknya. Oleh Karenanya perlu upaya-upaya untuk tetap menjaga pesonanya. Silahkan direnungkan.

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...