GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Dewanya Mistik Cinta ( Mistikus Cinta Dewa 19 )

Written By Situs Baginda Ery (New) on Minggu, 02 Maret 2014 | 12.47

Aku ingat ketika pertama kali didengarkan lagu-lagu Dewa 19 oleh kakak sepupuku, ketika diriku masih berumur 7 tahun, kira-kira aku masih duduk dibangku kelas 1 Sekolah Dasar. Seingatku, lagu Dewa yang pertama kali ku dengar itu bejudul “Kangen”. Ketika itu Ari Lasso masih menjadi vokalis Dewa. Sepanjang dekade 1990-2000-an Dewa 19 memang menjadi perbincangan khalayak pecinta musik Indonesia, dimana-mana lagu Dewa 19 selalu diputar. Antusiasme masyarakat Indonesia kepada Dewa 19 terbukti ketika Album Bintang Lima memecahkan rekor sebagai album terlaris di Indonesia dengan penjualan hampir 2 juta keping.

DEWA 19 – BINTANG LIMA (2000)
Ah, aku tidak bermaksud menceritakan sejarah Dewa 19, itu cuma formalitas belaka.
Entah kenapa aku begitu menyukai tembang-tembang yang diciptakan oleh Ahmad Dhani itu. Otakku seakan didoktrinisasi oleh lirik-lirik lagunya yang begitu dalam. Candu itu muncul berbarengan dengan rasa penasaran yang membuncah “Hadeuh, kenapa aku jadi addicted begini ya?” .
Hingga sekarang ditahun 2013, lagu-lagu Dewa 19 macam Kangen, Mistikus Cinta, Risalah Hati, Satu, Cemburu, Dewi dll. masih saja menjadi santapan utama telingaku.
Bukannya aku mengkultuskan Dewa 19, tapi Dewa 19  memang sudah menjadi bagian dari diriku. Jika saja ada bagian tubuh yang bisa digambarkan seperti memori internal dalam diri seseorang, bagiku mungkin setengahnya sudah jadi milik Dewa 19.
Aku tidak tahu, mungkin itu multiplier efek dari masa kecilku yang sering dicekoki oleh sang sepupu dengan lagu-lagu Dewa 19, hingga aku jadi begitu fanatik dengan musik-musik Dewa 19.  Tapi bukan berarti aku menyalahkan ikhwal tersebut. Justru aku beruntung. Bahkan sangat beruntung dapat mengetahui dan menjadi saksi atas karya cipta musisi berkualitas Indonesia. Lain halnya jika aku terlahir ditahun sekarang, tahun-tahunnya Boyband dan Girlband plagiator yang cuma mencari popularitas saja, walau hanya dengan lirik-lirik lagu dangkal dan tak bermakna.
Aku tidak berbohong, coba saja anda renungi makna-makna yang terkandung dari lirik lagu Mistikus Cinta ini :
Ketika pertama kali …
Jiwamu ingin selalu dekat

Dengan jiwaku yang belum bisa


Menterjemahkan segala
Arti pertemuan ini …
Arti cumbu rayu ini …
Yang mungkin bisa memusnahkan

Kenyataan hidup yang terjadi

Ketika jiwamu … merasuk ke dalam

Aliran darahku dan meracuniku …

Ketika jiwamu … memeluk hatiku

Dan biarkan jiwaku … cumbui jiwamu

Ketika kamu aku, melebur menjadi satu

Dan hanya waktu yang mungkin bisa

Memahami apa yang terjadi…
Apa yang sedang kurasa … apa yang sedang kau rasa

Adalah cinta yang tak bisa

Dijelaskan dengan kata-kata…
Tidakkah itu begitu dalam?. Memang lagu ini mempunyai arti-arti yang berbeda bagi tiap-tiap orang yang mencoba menginterpretasikannya. Sejatinya, lagu ini adalah sebuah bentuk tasawuf, pencapaian kedekatan emosi seorang hamba manusia dengan khaliknya, sang pemilik jiwanya. Rasa cinta yang begitu dalam kepada Illahi, dan diwujudkan dengan cara mistik. Sebuah hal yang “astral” dan tidak dapat dilihat oleh manusia biasa.
Anda juga bisa mengartikan lagu ini sebagai wujud kecintaan seorang adam yang begitu dalam kepada hawa. Sebuah tembang romantis yang mengetarkan jiwa. Fikirkan saja apakah perihal ini bisa disamakan dengan sebuah cerita cinta yang bikin cenat-cenut? itu hal bodoh. Aku merindukan kehadiranmu kembali Dewa 19. Aku akui engkau memang Dewanya musik Indonesia. Tak bisa dipungkiri karya-karyamu memang tak akan lekang oleh waktu.
Tetaplah selalu ada, walau tak akan ada.

http://gemerlapparadoks.wordpress.com/2013/04/25/dewanya-mistik-cinta/

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...