GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Memilih Kurir yang Handal

Written By Situs Baginda Ery (New) on Sabtu, 08 Maret 2014 | 21.36

http://www.maribeliyuk.com/image/cache/data/stock-illustration-8954120-delivery-services-800x800.jpgDunia toko online sangat berkaitan erat dengan kehandalan kurir pengiriman. Keterlambatan pengiriman membuat konsumen kecewa dan membuat pengelola toko online berpikir ulang dalam menentukan kurir mana yang akan digunakan. Saat ini, kurir yang pernah saya gunakan jasanya adalah JNE, Tiki, POS, wahana, pandu logistic, dan pahala kencana. Selain kurir-kurir besar itu, kurir motor juga menjadi alternatif untuk pengiriman dalam kota.
Dari beberapa kali menggunakan jasa tersebut, berikut pengalaman dan curhat pribadi xixixi:
JNE
Toko OL yg saya kelola CLodaCLodi.com berbasis prestashop. Modul gratisan yang siap pakai adalah JNE. Dulunya TIKIJNE namun sekarang JNE dan TIKI menjadi dua kurir yang berbeda. Awalnya masih ragu-ragu dengan pelayanannya karena sebelumnya saya hampir selalu menggunakan Tiki.
Selang beberapa waktu menggunakan jasa JNE, saya merasakan memang JNE memiliki keunggulan layanan. Jenis paket yang lazim dipakai di dalam negeri adalah OKE, Reguler, dan YES. Clodaclodi.com padadasarnya menggunakan reguler. Dan bisa saja menggunakan jenis lain atau kurir lain sesuai permintaan konsumen.
JNE memberikan layanan tracking pergerakan barang melalui web-nya. Pemutakhiran datanya saya lihat berjalan baik. Ini bisa saya nilai dari data aktual setiap kali mengecek kiriman. Dengan demikian, baik saya pribadi atau konsumen bisa mengecek pergerakan kiriman barangnya. Enaknya lagi, ketika mau kirim barang kita tidak perlu mengisi formulir pengiriman karena sudah dibuatkan oleh stafnya.
TIKI
Dulu sekali, yang saya tahu tiki adalah kurir dengen kepanjangan titipan kilat. Kemudian menjadi TIKIJNE. Dan kini TIKI berdiri sendiri. Jenis layanan yang biasa dipakai adalah ONS dan reguler disamping layanan lain yang kurang populer seperti two day delivery service.
Secara umum mirip dengan JNE karena mungkin karena dulunya satu atap. Namun saya amati secara umum tarifnya sedikit lebih mahal dibanding JNE. Dari pengalaman, ada selisih antara 500 rupiah hingga 2000 rupiah.
Hanya satu keluhan untuk TIKI, ngisi formulirnya masih harus manual dan sendiri.
POS
PT.Pos Indonesia kini melayani juga jasa pengiriman barang, dokumen, atau barang apapun yg bisa dikirim dan masuk kontainer. Dengan pembaruan sistem yang komputerisasi, saat ini pun sudah ada fasilitas tracking/pelacakan di web posindonesia.
Secara umum layanan posindonesia bisa menjangkau sudut manapun di indonesia dengan harga yang relatif paling murah dari yang lain. Itu keunggulannya. Adapun keluhan saya dengan layanan pos adalah waktu pengiriman yang relatif lebih lama dan handling/penanganan yang kurang hati-hati.
Pandu Logistic
Saya menggunakan jasa pandu logistic untuk ambil barang dari distributor besar di surabaya. Layanannya ke seluruh indonesia. Dengan pengalaman di DHL, setidaknya kurir ini sudah memiliki web yang rapi.
Tarif pengiriman bisa sepertiga sampai setengahnya dari jasa kurir lain. Berdasar pengalaman, hal yang perlu diwaspadai adalah waktu pengiriman relatif lama. Pernah saya mengalami ketidakpastian hingga enam hari lamanya. Saya lacak di web tidak ada. Telpon ke cabang jakarta juga gelap soal kiriman tersebut. Saya telpon ke surabaya, tidak ada yang mengangkat.
Tapi sepertinya customer care yang beralamat info@pandulogistics.com masih aktif dipantau. Terbukti setelah enam hari menunggu kepastian, di hari keenam penantian akhirnya saya kirim email ke alamat tersebut. Dan alhamdulillaah, sore harinya kirimannya datang juga.
Wahana
Kurir ini masih konvensional dan belum mengoptimalkan web. Mungkin masih mengandalkan transportasi darat. Walaupun masih konvensional, untuk wilayah pulau jawa saya masih merasa puas dengan layanannya selain juga relatif murah.
Pahala Kencana
Pahala memanfaatkan bis regulernya untuk melayani paket kiriman. Masih agak konvensional karena web-nya belum optimal. Tarif ongkos kirim relatif murah. Namun sayang, pas saya cari-cari kantor agen di tangerang yang dulu di jalan Imam Bonjol telah tiada entah kemana. Sayangnya, agen tangerang masih terpampang alamat dan nomor telepon yang sama dengan ketika kantor itu masih ada.
Begitulah pengalaman dengan banyaknya pilihan kurir yang ada. Tulisan ini tidak ditujukan untuk mendiskreditkan kurir tertentu. Dan jika ada manajemen salah satu kurir di atas yang membaca tulisan ini, mohon dianggap sebagai masukan untuk meningkatkan kualitas layanannya.
Dan, akhir kata…
Terimakasih kurir semua…..^_^
http://akublogdanfulus.wordpress.com/2012/02/01/memilih-kurir-yang-handal/

0 komentar:

Poskan Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

YANG TERBARU DARI BAGINDAERY

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...