GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Nasihat Imam Husein as: Berbuat Baik Kepada Semua Orang

Written By Situs Baginda Ery (New) on Senin, 03 Maret 2014 | 16.51

Berbuat Baik Kepada Semua Orang

Ada seorang berkata kepada Imam Husein as, "Berbuat baik kepada orang yang tidak layak merupakan perbuatan yang sia-sia."

Mendengar itu Imam Husein as langsung berkata, "Tidak demikian! Berbuat baik sama seperti turunnya hujan yang mengenai orang baik dan buruk." (Tuhaf al-Uqul, hal 250)

Manusia tidak boleh berpikiran bahwa bila ia memberi sesuatu kepada orang yang berperilaku buruk, berarti perbuatan baiknya akan sia-sia. Sesuai dengan ucapan Imam Husein as, berbuat baik itu laksana hujan yang mengenai siapa dan apa saja dan mempengaruhi semua orang. Karena bila orang yang dibaiki itu merupakan hamba Allah yang layak dan baik, maka perbuatan baik kita sudah pada tempatnya. Tapi bila orang itu tidak baik, maka kita tetap mendapat pahala dari perbuatan kita dari Allah Swt.

Pada prinsipnya, salah satu cara untuk memperbaiki dan membimbing orang-orang yang tidak baik adalah lewat berbuat baik kepadanya. Dengan memberikan sesuatu atau berperilaku baik kepadanya dapat menarik perhatiannya kepada kita dan perlahan-lahan dapat diajak untuk berbuat baik. Dalam sejarah kehidupan Ahlul Bait as banyak dijumpai kejadian yang semacam  ini.

Sekaitan dengan pahala berbuat baik kepada masyarakat, Imam Husein as berkata, "Barangsiapa yang menyegerakan berbuat baik kepada saudaranya, maka keesokan harinya ia akan menyaksikan hasilnya. Orang yang membantu saudaranya karena Allah, maka Allah Swt akan membalasnya ketika ia membutuhkan sebelum orang lain membantunya dan menjauhkan musibah darinya. Sementara orang yang menghilangkah kegalauan hati seorang mukmin, Allah Swt pasti menghilangkah kegalauan dan masalahnya baik di dunia maupun di akhirat. Seseorang yang berperilaku baik dengan orang lain, Allah Swt akan memperlakukannya dengan baik pula dan Allah mencintai orang-orang yang berbuat baik." (Kasyf al-Ghummah, jilid 2, hal 29) (IRIB Indonesia / Saleh Lapadi)


Sumber: Pandha-ye Emam Hossein.

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...