GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Cara Memperbaiki HardDisk: Memperbaiki hardisk Corrupt

Written By Situs Baginda Ery (New) on Kamis, 26 Desember 2013 | 11.47

http://blogger-marosblog.blogspot.com/2013/09/cara-memperbaiki-harddisk-memperbaiki.html
Apakah anda pernah mengalami Harddisk tidak terbaca atau corrupted pada Laptop atau Kumputer CP anda ? baik kali kita bahas dulu mengenai Tentang Hardisk yang sering corrupt dan biasanya muncul screnblu pada layar monitor Laptop atau komputer anda :

Kita akan bahas dulu cara memperbaiki, paling tidak menyelamatkan data yang tersimpan di dalamnya sobat tentunya tidak ingin datanya disapu bersih gara-gara hardisk rusak . Sebagai salah satu bagian dari kompunen komputer, hard disk memang salah satu hardware komputer yang cukup mahal harganya , Namun lebih mahal lagi jika ada data dalam salah satu "Partisi Hardisk" yang digunakan belum sempat di backup ternyata hardisk tidak bisa terbaca atau corrupt. Bisa bikin perut mulas dan kepala cenut-cenut kalau sampai data penting tersebut sampai hilang. hahahahaha.. !

Hard disk merupakan tempat di mana seluruh data termasuk Sistem Operasi (OS) apakah itu XP atau Operatin Sistem yang terbaru saat ini dan jadi populer Windows 8 , file-file program, semua file dan folder yang pernah kamu buat dan simpan selama memakainya. Jika kemudian karena sesuatu jal yang terkadang sulit diperkirakan penyebabnya semua data hilang. Kalau OS hilang atau rusak tinggal install ulang saja. Kalau film atau koleksi musik hilang,kalau file pekerjaan atau ‘karya’ atau Dokumen Penting kantor anda hilang bisa berabe jadinya olehnya itu pengetahuan tentang bagaiamana menangani Hard disk rusak!




selkumnya saya sudah posting tentang Bagaiman memperbaiki harddisk eksternal dan caranya tidak jauh berbeda bahkan hampir sama.

sebagai langkah awal dalam menagnai Hardisk yang terkena bedsector atau harddisk corrupt bisa menggunakan disk recovery utility, dan kalau langkah ini tidak berhasil, sobat bawa laptop atau PC kita ke toko untuk di ‘servis’ pakai garansinya dong hahahahaha.


berarti  kita bayar dong, ya iyalah hari gini ga ada yang gratis Bro kwkwkwkwk.

banyak kasus dalam hardisk terutama mengenai tingkat kerusakan dan penyebab kerusakan harddisk, yang menyedihkan ketika mereka gagal, kita tidak benar-benar tahu apa yang terjadi, tidak tahu cara mereka, tidak tahu apakah mereka sudah merecovery data dalam dalam harddisk, dan sebagainya. Apa benar sih kita tidak bisa sendiri menangani Harddisk Laptop atau PC kita sendiri, paling tidak bisa menyelamatkan data-datapenting kita 

Mau tahu seperti apa dan bagaimana "proses recovery data dalam hardisk"  itu? Mau kan? udah ketebak pasti mau... kalau tidak ngapain lanjutkan membaca sampai disini. hahahah..!

di minum dulu kopinya bro.  enjoi aja..!
 salah satu kasus, pada saat sudah hard disk tidak terbaca sama sekali, juga tidak bisa terbaca di BIOS , maka kemungkinan besar memang sobat sudah harus ganti hard disk Laptopnya . namun Tidak selalu seperti itu kawan. Tapi kalau sudah ada bad sector, maka buang saja hard disk itu. lalu telepon saya untuk mengambil hardisk yang sudah di buang hahahah... bercanda dulu bro;;;;;-) 

Langkah penyelamatan data di bawah ini mungkin tidak akan menyelamatkan hard disk kamu, tapi paling tidak kita coba untuk membuatnya terbaca satu kali saja supaya kita bisa ambil data tersimpan.
 

Cara menyelamatkan data di hard disk rusak

Sebelumnya, untuk diketahui, sebaiknya terlebih dahulu anda sambungkan harddisk anda sebagai harddisk external drive ke PC yang dalam kondisi normal, dan coba ikuti trik atau langka-langkah yang saya berikan berikut ini:


Jika muncul kotak dialog yang mengindikasikan atau memiminta drive anda itu perlu diformat, klik  saja “No”, artinya kondisi hardisk ini sangat krusial, dan kalau sampai sobat terlanjur sudah mengklik “Yes”, maka selesai sudah. selanjutnya akan sulit lagi, dan kalaupun sobat berhasil, hasilnya nantinya akan banyak data yang gagal atau corrupt.

Klik ‘Start’, pilih ‘My Computer’ atau ikon ‘Computer’. akan muncul drive dari hard disk yang baru kamu colokkan tadi. Klik kanan pada drive-mu, pilih ‘Properties’. Kalau ternyata tidak terbaca atau tidak mucul hard disk-mu, lompat ke langkah ke 5.

Nah, akan muncul window yang menampilkan propertinya. Klik pada tab ‘Tools’

Pilih ‘Check Now’ di bawah ‘Error Checking’ untuk mulai melakukan pemeriksaan error pada hard disk-mu. Centang pada window pop-up yang berisi pertanyaan apakah kamu mau Windows membetulkan error yang ditemukan. Centang juga pada kotak yang berisi ‘Scan for and attempt recovery of bad sectors’. Klik ‘Start’. Jika kemudian Windows memberitahu bahwa hard disk tidak terbaca dan perlu di format, klik ‘No’.

Kalau langkah-langkah tadi gagal juga, sekarang kita pakai command prompt. Klik ‘Start = ketik CMD  pada run’ atau ketik saja ‘CMD’ setelah klik ‘Start’.

maka di dekstop laptop sobat Akan muncul window dari Command Prompt seperti ini:


 
Jadi inget-inget "pelajaran DOS" waktu diwarkop sama teman-teman otak atik harddisk teman sendiri . Sekarang ketikkan nama dari drive kita yang rusak tadi dengan menambahkan tanda titik dua. Jadi misalnya hard disk yang rusak tadi ada di drive F, maka ketikkan ‘F:’ lalu tekan Enter. Karena hard disk itu rusak, maka biasanya akan muncul peringatan ‘The System Cannot Find the Drive Specified.

Inilah langkah kuncinya. Ketikkan ‘chkdsk’ di command prompt, tunggu beberapa saat sampai selesai proses deteksi error hard disknya. Biasanya cepat kog. Jika error-nya ditemukan, Windows akan menawarkan pilihan untuk memperbaikinya. Pilih ‘y’.N kalau mau di perbaikai pilih yes tapi kalau sudah tidak menginginkan harddisknya untuk di gunakan dalam Laptop sobat, saya sarankan pilih Y es juga, alasannya kita lanjutkan nanti yanh pada kelanjutan Artikel tentang Hardis dan cara penanganan harddisk rusak

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...