GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Tips Diet: Cara Efektif Menurunkan Kolesterol

Written By Situs Baginda Ery (New) on Rabu, 25 Desember 2013 | 21.27

Kolesterol tinggi adalah salah satu penyakit yg banyak ditakuti, dan banyak diderita oleh masyarakat. Untuk mengobati penyakit tersebut dengan obat modern saat ini terdapat kendalatingginya obat, karena menggunakan bahan baku impor, apalagi ditambah adanya krisi yg berkepanjangan ini. Untuk itu tulisan ini mencoba memberikan alternatif pengobatan daritanaman asli Indonesia. Berikut ini beberapa tanaman obat yg bisa membantu menurunkankolesterol.Jati Belanda (Guazuma ulmifolia Lamk) Nama daerah untuk jenis adalah di Sumatra disebut sebagai jati belanda (melayu); di jawadisebut sebagai jati londo (jawa
tengah).
Tumbuhan ini berhabitus pohon, tinggi bisa  mencapai 20 m, ditanam sebagai pohon peneduh, tanaman pekarangan atau tumbuhan liar.Tumbuh pada daerah dataran rendah sampai ketinggian 800 mdpl.Daun tumbuhan ini dapat digunakan sebagai obat penurun kadar kolesterol dengankandungan kimia alkaloid, flavonoid, saponin, tanin, lendiri dan damar.cara meramu: 20 gram daun dan 1 gelas air, dimasak. lalu setelah dingin, disaring. Hasil saringan diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.Asem Jawa (Tamarindus indica L)Nama lain untuk tumbuhan ini adalah di Sumatra: bak me (aceh), acamlagi (gayo), asam jawa, kayu asam, cumalagi (minangkabau); di jawa disebut sebagai tangakal asem (sunda),acem (madura); di kalimantan disebut sebagai asam jawa; disulawesi disebut dengan asangjawi (gorontalo), camba (makasar), cempa (bugis).Daun tumbuhan ini dapat digunakan sebagai obat penurun kadar kolesterol tinggi dengan kandungan kimia saponin, flavonoid dan tanin.cara meramu: tumbuk 150-200 daun asam jawa, lalu campur dengan 1 gelas air matangpanas (200 ml), kemudian diperas, disaring dan diminum untuk satu kali minum. dianjurkanuntuk membuatnya 3 kali sehari.Tempuyung (Sonchus arvensis L)Nama lain untuk tumbuhan ini, di Jawa disebut dengan ga-ling, jombang, jombang lalakina,lempung, lampenas, rayana (sunda), tempuyung (jawa tengah).Tumbuhan ini berhabitus hebra semusim dengan tinggi bisa mencapai 2 m, tumbuh liar ditempat terbuka yg terkena sinar matahari atau sedikit terlindung, seperti ditebing, tepi saluran air, batu, tumbuh pada daerah dengan ketinggian 50-1650 mdpl.
Daun Tumbuhan ini dapat digunakan sebagai obat penurun kadar kolesterol tinggi dengan kandungan kimia saponin, flavonoida, politenol, alfa-lactucerol, beta-lactucerol, manitol,inositol, kalium, silika, taraksasterol.cara meramu: 3 lembar daun tempuyung dilayukan dan dimakan sebagai sayur atau lalap,dianjurkan untuk 3 kali sehari.Belimbing manis (averhoa carambola L)nama lain tumbuhan ini disumatra adala asom jorbing (batak), balimbing manih(minangkabau); dijawa disebut dengan balimbing amis (sunda), blimbing legi (jawa tengah);disulawesi disebut sebagai lembetua (gorontalo), lombituka gula (buol), bainang sulapa(makasar), balireng (bugis).Daun dan batang dari tanaman ini mengandung asam oksalat sehingga rasanya asam dan airperasannya dapat digunakan sebagai penghilang karatan pada logam.Buah tumbuhan ini dapat digunakan sebagai obat penurun kadar kolesterol tinggi dengankandungan kimia lemak, glukosa, protein, besi, kalsium, phospor, vitamin A, B, C.cara meramu: 2 buah belimbing manis diperas, lalu air perasannya diminum. dua perasanutnk satu kali minum, sehari minum 3 kali.
Kemuning (Murraya paniculata (L) Jack)nama lain untuk tumbuhan ini di sumatra adalah kemuning (melayu), kemunieng(minangkabau); dijawa dikenal sebagai kamuning; di Bali disebut kemuning; di NTB dikenal sebagai kemuni; disulawesi disebut dengan kamuning (manado), kamoni (bare) kamuning(makasar), palopo (bugis).Tumbuhan ini berhabitus pohon kecil (perdu), mempunyai variasi morfologis besar sekali,tinggi pohon bisa mencapai 8 m. Jenis ini tumbuh liar disemak belukar, tepi hutan atauditanam orang sebagai tanaman hias, tumbuh pada dataran rendah sampai ketinggian 400mdpl.Daun tumbuhahn ini dapat digunakan sebagai obat penurun kadar kolesterol dalam darahdengan kandungan kimia, tanin, flavonoid, steroid dan alkaloid.cara meramu: 20 gram daun kemunig direbus dengan 3 gelas air hingga tinggal tersisa 1gelas air, lalu tambahkan 1 sendok makan madu. Minum 3 kali sehari.Tumbuhan2 ini memang tidak menjamin seorang penderita untuk sembuh dalam waktu ygcepat, tapi paling tidak ramuan ini bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah penderita,dan yg pasti belum ditemukan efek samping dari ramuan ini. 

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...