GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Tentang STAVOL: Mengenal STAVOL ( STAbilizer VOLtage ) dan Fungsi - Fungsinya Sambil Belajar

Written By Situs Baginda Ery (New) on Sabtu, 28 Desember 2013 | 23.38

http://berabepoetra-gudangilmuelektronik.blogspot.com/2010/03/stavol-stabilizer-voltage.html
Haaai...!!! Salam jumpa untuk semua elektro maniak, Gimana kabarnya...? Sehat azaa kan...!!. Mohon maaf nih yaaa, baru hari ini bisa posting ke blog ini, maklum lagi sibuk aliaslagi uusahha baaang...!.
Pada postingan saya yang pertama ini, saya ingin mengulas masalah STAVOL, karena alat ini sering kita gunakan setiap hari, yang berfungsi sebagai penyetabil tegangan listrik untuk peralatan seperti komputer, kulkas, TV dan peralatan listrik lainnya. Sesuai dengan namanya STAVOL = STAbilizer VOLtage atau penyetabil tegangan.
Kadang kita sering bertanya, Kenapa sih kita harus pakai stavol segala...? Ribeeet...!!
jawabnya:.. Karena stavol berfungsi untuk menjaga peralatan kita agar tidak rusak dari akibat kekurangan konsumsi tenaga listrik. Contoh:..Kulkas di rumah kita sebaiknya tegangan listrik nya jangan sampai kurang dari 220V untuk menggerakkan kompressor, jika kurang dari 220V maka kulkas akan mengeluarkan suara...blleeg...bbleegg..blleegg, ini di sebabkan karena kompressor kekurangan tenaga listrik, atau contoh lain:.....CPU komputer sebaiknya jangan dihidupkan pada tegangan listrik kurang dari 220V, Karena Regulator power supply nya akan dipacu untuk menyalakan CPU, Hingga Transistor atau Triac di rangkaian regulator terlalu terbebani ( overload ), yang bisa menyebabkan kerusakan pada regulator power supply CPU kita,...Jadi ga bisaa chatting deehhh,..yaaa....kaaann..?. itulah sebabnya kita sering di sarankan/dianjurkan untuk menggunakan Stavol. Juga disebabkan beban puncak PLN di daerah kita Kab. Hulu Sungai Tengah, menurut penelitian saya, khususnya Kelurahan Barabai Darat, Desa Benawa Tengah, Batali Raya, Rasak, Desa Gambah, Pagat batu Benawa, Hantakan dan sekitarnya mengalami beban puncak sekitar pukul 17.30 WIT s/d 21.30 WIT, di beberapa titik, tegangan listrik hanya berkisar antara 170V - 200V. maka dari itulah sebaiknya kita menggunakan stavol agar peralatan kita aman dari resiko kerusakan. Ingaa...ingaaa... ini bukan promosi stavol...lhoo..! karena saya ga jualan stavol..mas..!
Stabilisai yang di maksud adalah, ketika tegangan listrik menurun, stavol secara otomatis akan menaikkan tegangan listrik ke nilai normal di 220V AC, dan begitu juga sebaliknya, ketika tegangan meninggi, secara otomatis stavol akan menurunkan tegangan ke voltase normal, sehingga kita sering mendengar bunyi ... treeet... treet dari stavol yang menggunakan motor stabilizer, yang menandakan stavol sedang bekerja. Stavol juga sering di gunakan pada genset, agar voltage yang di hasilkan dari genset stabil.


Kerusakan yang sering terjadi pada stavol, sering di jumpai putusnya FUSE atau SEKERING, sehingga stavol tidak berfungsi atau mati. Kerusakan seperti ini sering terjadi akibat kelebihan beban ( overload ) melebihi kapasitas stavol yang telah di tentukan, karena kapasitas stavol yang kita gunakan berkisar antara 500VA - 1000VA, atau juga dari akibat hubung pendek ( koorslet ) pada peralatan kita sendiri yang terhubung ke stavol, namun yang agak rumit kerusakan sering di akibatkan dari ausnya carboonbrush ( batu arang ), sehingga tegangan yang di hasil kan terputus-putus dan mengeluarkan percikan api pada kumparan stavol nya, sehingga kita sering menganggap stavol kita sudah rusak dan harus ganti baru lagi, sementara harga stavol kapasitas 500VA di pasaran berkisar RP 175.000, memang harganya masih terjangkau, tapi gimana kalau lagi bookee atau kanker alias kantong kering... hee.hhee..heee.. ! atau lagi malas pergi ke toko penjualnya karena lagi assyyiik chattiing amaaa...!! addaaa .... azzzeee...!!!

Berikut tips memperbaiki stavol seperti kerusakan tersebut di atas, tapi nntaaar duluuu...yaaa...!! sebelum kita bekerja, kita persiapkan dulu peralatannya. punya obeng gaa...?,klu ga punya pinjam dulu deeh..., trus gunting,sedikit kabel, kayaknya kita ga perlu solderan deh, cuman pisau cutter klu ga ada silet juga bisa, kuas cat yang baru,.. uudaah ...lengkaap.... beluuuum...? kalau udah lengkap berikut langkah - langkah nya:
Jika stavol ga bisa nyala, coba periksa dulu FUSE atau Sekering nya yang ada di depan, di bawah volt meter. jika masih punya cadangan sekering sebaiknya ganti sekering dengan yang baru, jika ga punya cadangan, kupas kabel yang telah kita siapkan tadi, ambil satu kawat dalam nya, nyalakan lilin untuk memanaskan kedua plat penutup sekering sampai terlepas, masukkan kawat tadi, lipat ujung kawat ke atas tabung kaca nya dan pasang kedua plat penutup tabung nya sambil di panaskan di atas lilin dan dorong ke arah tabung kaca.

kerusakan yang agak rumit adalah ketika stavol tidak normal atau lengan pengatur tegangan bergerak terus menerus dan mengeluarkan percikan api di kumparan trafo nya. cara mengatasi hal ini adalah sebagai berikut:
bersihkan kumparan trafo, dimana carboonbrush atau batu arang melewati jalur tersebut dengan kuas, kemudian bersihkan kawat tembaga dengan pisau cutter atau silet, hingga kawat tembaga nya terlihat bersih mengkilat pada jalur yang akan di lewati carboonbrush ( batu arang ).
longgarkan baut pengunci lengan pengatur tegangannya. dorong lengan pengatur tegangan ke arah dalam kumparan trafo, tahan sambil mengencangkan kembali baut penguncinya. jika carboonbrush sudah aus atau leset dan tidak menyentuh lagi ke kumparan trafo, sedangkan lengan pengatur tegangan sudah habis di dorong ke arah kumparan, sebaiknya ganti carbonbrush dengan yang baru.

by. "berabepoetra"

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

YANG TERBARU DARI BAGINDAERY

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...