GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Champ, Monster Danau/hanyalah sebuah Lagenda Amerika???

Written By Situs Baginda Ery (New) on Minggu, 08 Juli 2012 | 15.54

Champ adalah makhluk yang masih dikategorikan sebagai makhluk Cryptid. Sama seperti makhluk Cryptid lainnya, penjelasan mengenai makhluk tersebut tidak pernah memuaskan, atau secara jelas terbukti benar adanya.

Danau Champlain
Danau Champlain

Dinamakan sama seperti nama penemunya, Samuel de Champlain. Danau yang memiliki panjang ratusan mil ini terentang dari Kanada dan berlangsung menuju utara dan selatan antara Vermont dan New York. Sementara itu di beberapa titik, kedalaman danau mencapai 400 kaki (121.92 meters).

Samuel de Champlain

Ada karakteristik unik dari danau ini yang disebut Seiche. Seiche adalah pengalunan permukaan danau atau badan air yang kecil yang disebabkan oleh gempa-bumi kecil, angin atau oleh keragaman tekanan udara.


Seiche


Sejarah Champ

Selama eksplorasi di abad ke-17, Samuel de Champlain menuliskan bahwa dia melihat ular sepanjang 20 kaki dan setebal barel. Juga memiliki kepala seperti kuda. Namun, pernyataan ini diyakini adanya kesalahan pengutipan oleh Marjorie Porter dalam sebuah artikel di Vermont Journal. Dalam jurnal Champlain yang asli, lebih mendeskripsikan Gar Fish. Berikut jurnal Champlain:
"... there is one [fish] called by the natives 'Chaousarou', which is of various lengths; but the largest of them, as these tribes have told me, are from eight to ten feet long. I have seen some five feet long, which were as big as my thigh, and had a head as large as my two fists, with a snout two feet and a half long, and a double row of very sharp, dangerous teeth. Its body has a good deal the shape of the pike; but it is protected by scales of a silvery gray colour and so strong that a dagger could not pierce them."
Gar Fish
Laporan penampakan modern paling awal terjadi pada tahun 1819. Seseorang yang disebut "Capt. Crum" sedang berada di Bulwagga Bay mengaku melihat makhluk raksasa hitam berukuran sekitar 187 kaki, dan memiliki kepala datar seperti kuda laut. Menurutnya, kepala makhluk itu menyembul keluar dari danau setinggi lebih dari 15 kaki. Dengan penglihatan yang luar biasa Crum menyadari bahwa makhluk itu memiliki 3 gigi, mata besar berwarna putih, seperti simbol bintang berwarna putih di dahinya dan garis merah melingkar di lehernya (saya merasa aneh dengan 2 deskripsi terakhir dari Crum).

Penampakan Champ relatif tenang sampai 50 tahun berikutnya, sampai laporan raksasa tersebut muncul kembali di koran-koran sekitar tahun 1873. Berita ini menarik Perhatian Phineas Taylor Barnum, dia pun menawarkan $50.000 bagi yang bisa menangkap Champ hidup atau mati. meskipun imbalannya sebesar itu, tidak ada seorangpun yang mampu menangkap makhluk tersebut.

Phineas Taylor Barnum
Ciri Fisik Champ

Dari semua laporan penampakan Champ, berikut rangkuman tentang ciri fisik makhluk tersebut:

Panjang:
  • Antara 10-187 kaki.
Bentuk Kepala:
  • Datar atau bulat.
  • Bertanduk seperti rusa.
  • Kuping gajah.
  • Terdapat Mane (rambut yang biasa ada pada kuda).
  • Rahangnya seperti buaya.
Bentuk tubuh:
  • 1-4 punuk.
  • Melengkung hingga 5 gulungan.
  • Sirip.
  • Tubuh Mirip Ular.
Tipe Kulit:
  • Bersisik.
  • Halus.
Warna:
  • Kadang kusam kadang mengkilap.
  • Hitam.
  • Kepala gelap dan tubuh putih.
  • Hitam dan abu-abu.
  • Coklat.
  • Hijau lumut.
  • Perunggu kemerah-merahan.
  • Coklat gelap zaitun.
Mata:
  • Lempeng seperti piring.
  • Mata bercahaya.
Foto Champ

Foto Champ yang paling terkenal adalah foto yang diambil oleh Sandra Mansi pada tahun 1977.

Sandra Mansi
Sandra bersama tunangannya Anthony Mansi dan 2 orang anak dari pernikahan sebelumnya sedang mengendarai mobil di pantai utara danau Champlain dekat kota St. Albens. Sekitar siang hari mereka berhenti di sebuah tebing kecil menghadap ke danau.

Champ
Saat anak-anaknya bermain-main di sekitar pantai, Mansi melihat sesuatu di danau yang berjarak sekitar 150 yards. Awalnya dia berpikir itu adalah segerombolan ikan atau penyelam yang menggunakan SCUBA (Self Contained Underwater Breathing Apparatus). Tetapi, tiba-tiba kepala dan leher memecah permukaan air. Sang tunangan pun langsung bergegas membawa anak-anak keluar dari air dan Mansi langsung mengambil kamera Instamatic lalu mengambil gambar makhluk tersebut. Lalu dia pun terus memperhatikan makhluk tersebut kira-kira selama 4-7 menit, sebelum akhirnya makhluk itu pun berbalik dan kembali menyelam.

Instamatic
Yang luar biasa dari foto ini adalah, para ahli tidak menemukan adanya bukti bahwa Sandra merekayasa foto tersebut. Dan foto ini bukti paling kredibel untuk penampakan monster danau.

Rekaman Champ

Dilaporkan oleh ABC news, di musim panas tahun 2006. Video ini diambil oleh 2 orang nelayan menggunakan kamera digital. Sebelumnya mereka adalah para skeptis soal Monster danau Champ ini.
"It was as big around as my thigh," Kata nelayan Petrus Bodette.
"I'm 100 percent sure of what we saw. I'm not 100 percent sure of what it was."
Rekannya, nelayan Dick Affolter mengatakan mereka tidak melihat seluruh badan makhluk itu.
"What we saw always stayed at the surface and parts of it would come above the water, like the back of the nose or the head".

Seperti dalam foto Mansi yang tidak direkayasa. Setelah pemeriksaan oleh 2 orang pensiunan FBI analis forensik gambar, Gerald Richard mengatakan:
"I can't find anything in there that would suggest or indicate to me that this has been fabricated or manipulated in any way. However, there's no place in there that I can see actually see, an animal or any other object on the surface."
Bukti Keberadaan Champ

Semua teori keberadaan Champ, tidak pernah secara meyakinkan terbukti. Pembuktian hanya dari beberapa orang yang mengklaim bahwa mereka tidak berbohong dan benar-benar melihat makhluk tersebut.

Walaupun begitu, ada beberapa faktor yang perlu dipertanyakan, tapi hal ini tidak akan menyangkal eksistensi keberadaan makhluk tersebut:
  • Tidak ada makhluk hidup tunggal yang terbukti memiliki jangka waktu hidup 1000 tahun.
  • Dengan pengecualian makhluk ini bersel 1, tidak ada hewan yang mampu secara konsisten ber-reproduksi sendiri.
Kedua fakta itu artinya, jika ada Champ. Maka harus lebih dari satu. Para ilmuwan mengatakan paling tidak sedikitnya diperlukan 500 kawanan makhluk ini untuk mempertahankan populasi yang sehat dari waktu ke waktu.

Lagipula, tidak ada bangkai terdampar di pantai atau jejak biologis Champ lainnya atau pendahulunya yang pernah ditemukan. Joseph Zarzynski, penulis "Champ: Beyond the Legend". Pencari monster danau selama 20 tahun dan berakhir di tahun 90-an. Pada satu titik dia menggunakan scan sonar dan robot bawah air. Sementara itu beberapa sonar mencatat kerlip menarik. Tapi tidak ada jejak monster itu pernah ditemukan. Zarzynski mengaku:
"The definitive thing to have is a carcass."
Champ: Beyond the Legend
Joseph W Zarzynski
Legenda atau Leviathan?

Jika raksasa danau Champ tidak benar-benar hidup, lantas apa yang orang lihat berabad-abad lalu?

Leviathan
  • Samuel Champlain melaporkan ikan besar yang mungkin itu hanya Gar Fish atau Sturgeon.
Sturgeon
  • Penampakan pada akhir tahun 1800, dijelaskan bahwa makhluk tersebut seperti batang kayu. Bahkan penampakan pada tahun 1954 menggambarkan makhluk tersebut seperti tiang telepon.
  • Teknisi Margasatwa Jon Kopp menyaksikan makhluk seperti ular bergelombang kearahnya. Namun dia sadar bahwa itu hanyalah setengah lusin berang-berang yang menyelam lalu muncul ke permukaan air menciptakan efek ilusi.
  • Sekelompok orang yang sedang menaiki perahu percaya mereka melihat penampakan Champ, setelah pemeriksaan lebih dekat apa yang mereka lihat adalah batang pohon yang setengah terendam air (mungkin ini pareidolia). Batang pohon tersebut panjangnya sekitar 40 kaki dan memiliki akar seperti kepala monster.
Dinosaurus atau makhluk yang terancam punah?


Beberapa pendukung Champ percaya makhluk ini mungkin dinosaurus yang disebut Plesiosaurus. Ini jenis yang sama seperti Nessie.

Seorang Cryptozoologist Roy Mackal, mengunjungi danau Champlain pada tahun 1981. Dia berteori bahwa makhluk ini mungkin Basilosaurus (dikenal juga sebagai Zeuglodon). Ikan paus primitif yang mempunyai bentuk tubuh panjang seperti ular. Alasan ini diperkuat karena beberapa fosil dinosaurus punah ditemukan di dekat Charlotte, Vermont.

Roy Mackal
Basilosaurus
Entah hidup, punah atau mitos. Champ adalah salah satu hewan Cryptid yang dilindungi oleh hukum. The Vermont House Representatives mengeluarkan HR pada tanggal 19 April 1982 tentang perlindungan terhadap Champ.
"from any willful act resulting in death, injury, or harassment."
Tahun berikutnya pun New York State Legislators melakukan hal yang sama.

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...