GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

( ARTI HIDUP ) Jenuh dan stress: sebuah proses hidup yang memang selalu terjadi

Written By Situs Baginda Ery (New) on Rabu, 02 Oktober 2013 | 18.43




by: http://tantristory.wordpress.com/2013/06/16/jenuh-dan-stress-sebuah-proses-hidup-yang-memang-selalu-terjadi/
Pernah mendengar lagunya Rio Febrian yang judulnya hampir sama dengan kata awal dari judul tulisan saya kali ini? JENUH.. Kalau dalam bahasa ketanahan atau bahasa bekennya adalah bidang Geoteknik bidang saya, disebut sebagai SATURATED SOIL.. suatu kondisi dimana pori-pori tanah terisi penuh oleh air. Nah,disini saya tidak akan membahas tentang kondisi tanah yang jenuh air.. (#kalau mau bahasan tentang kondisi tanah jenuh air yang mempengaruhi kekuatan tanah menahan beban bangunan diatasnya,mungkin bisa bergabung dikelas saya semester depan.heheeee…), tetapi saya ingin bercerita tentang kondisi Jenuh dalam kehidupan.. (ceilee bahasanyaa… hehe..).. ndak ada sangkut pautnya yah dengan lagunya Rio febrian.. (#ndak ada korelasi antara kalimat pembuka paragraf ini dengan inti dari tulisan saya..wkwkwk.. nevermind laah.. :p )
Tidak dapat dipungkiri bahwa semua manusia didunia ini pernah merasakan kejenuhan dalam hidupnya. Bukan hanya manusia, bahkan hewan dan tumbuhan mungkin saja merasa jenuh. Saya ambil contoh, anjing saya yang hanya sesekali dilepas rantainya untuk bebas berkeliaran, selalu merasa jenuh disiang bolong ketika harta karun makanan sudah habis (anjing saya punya kebiasaan mengubur sisa-sisa tulang makanannya sebagai camilan disiang bolong kalau dia lapar). Kalau tidak ada teman main, kalau tidak ada laler atau hewan-hewan yang lewat disekitarnya untuk dikejar, kalau sudah tidak ada barang-barang bergerak lain yang bisa dipakainya bermain, anjing saya pasti jenuh. Tapi agak wajar yah kalau anjing saja jenuh,karena dia ndak bisa buka labtop, baca novel atau jalan-jalan ke mall untuk menghilangkan jenuhnya..heeheee…
dan sekaraaaang.. saya jenuh sodaraaa sodaraaaa… Jenuh dengan beberapa aktifitas yang betul-betul membuat saya lelah dan kelelahan itu menumpuk dan terus ditumpuk dan akibatnya sayapun jenuh. Jenuh karena terlalu kelelahan.. heehee.. Kategori jenuh yang saya alami mungkin belum bisa digolongkan sebagai jenuh akut, tetapi akan bisa berangsur-angsur meningkat stadiumnya menjadi jenuh akut apabila saya tidak bisa mengendalikan “penyakit parah” ini. Bibit-bibit kelelahan saya bermula dari tahun lalu ketika beberapa pekerjaan dan beberapa kegiatan harus saya tangani dalam waktu yang bersamaan. terlalu banyak pekerjaan dan terlalu banyak kewajiban ditambah lagi masalah-masalah dalam ranah pribadi terus menghempas kehidupan saya..(ceilee bahasanyaa..beraaatt…). Sehingga sayapun kelelahan, hingga akhirnya sayapun merasa kejenuhan dengan aktivitas yang terlalu banyak. Terlalu berambisi kadang membuat siempunya ambisi menjadi kelelahan hingga akhirnya masuk ke fase kejenuhan.
Awalnya saya tidak menyadari bahwa “pengakit parah” ini bisa berdampak negatif pada saya. Ketika saya merasa jenuh dengan berbagai aktifitas yang menumpuk dan berbagai target yang harus dicapai, saya mengalihkan kejenuhan tersebut ke kegiatan yang lebih menyenangkan. Namun, setelah beralih sebentar,sayapun harus kembali ke kegiatan menjenuhkan tersebut. Hingga suatu ketika, sebuah surat hasil general check-up kesehatan menunjukkan bahwa metabolisme tubuh saya sedang kacau yang bisa jadi disebabkan oleh stress. Karena selama ini saya sangat menjaga pola makan saya dan saya rajin mengkonsumsi makanan yang diyakini menyehatkan. Sehingga dapat dipastikan bahwa stresslah biang kerok dari nilai merah “raport” general check up kesehatan saya. Hormon Adrenalin dan hormon kartisol dan hormon kartisol saya yang diproduksi ketika sedang stress menyebabkan metabolisme tubuh saya kacau. Hormon Norepinephrine yang diproduksi oleh kelenjar adrenal pada saat stress menyebabkan saya sulit tidur dan otak saya tetap terjaga untuk berpikir walaupun sudah lelah. Sehingga sinyal-sinyal kelelahan dalam tubuh saya bereaksi dan membuat beberapa ketidaknormalan dalam tubuh saya. Beberapa penyakit yang biasa diderita oleh manusia diusia senja sudah hingga ditubuh saya. Sehingga sayapun harus membatasi diri. Beberapa sumber stress dan sumber jenuh harus segera saya binasakan.
Beberapa ambisi juga harus diredam sementara, beberapa targetpun juga harus dikendurkan sementara. Jika tidak, saya pasti akan terus kelelahan, terus memaksakan diri dikala jenuh melanda sehingga mengalami stress berkepanjangan yang berakibat fatal pada tubuh saya. Memang saya menyadari bahwa stress dan jenuh adalah sebuah proses yang memang selalu terjadi pada setiap orang. Namun kita harus berhasil mengatasinya sebaik mungkin. Me-management stress sebaik mungkin sehingga tidak menggerogoti tubuh kita.
dan kali ini, saya mencoba bersantai mendengarkan musik klasik dan jazz yang memang saya suka, sambil blogging dan rencana melanjutkan membaca sisa novel saya… (#widiiiiwww padahal 2 bendel ujian belum selesai saya koreksi dan pekerjaan penting sudah menanti senin besoookk..#haduuuuwww# tuuuhh khan stress lagi..) haahaa.. sudah lah never mind.. let’s enjoy my life laah, santai seperti adik kecil dibawah ini duduk santai dibawah pohon.. :)

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...