GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Bedanya Orang Bodoh dan Orang Pintar ( Bodoh dan Pintar di Kompasiana )

Written By Situs Baginda Ery (New) on Kamis, 26 September 2013 | 21.04

13675445531431622362
Gambar  : www.tumblr.com
artikel by: http://edukasi.kompasiana.com/2013/05/03/bedanya-orang-bodoh-dan-orang-pintar-bodoh-dan-pintar-di-kompasiana--556949.html
Ada sedikit pertanyaan ringan, apa bedanya orang bodoh dan orang pintar didunia maya dan di dunia nyata. Ternyata untuk membedakan antara orang bodoh dan orang pintar baik didunia maya, maupun didunia nyata, mempunyai tolok ukur dan cara yang berbeda.
Bila didunia nyata orang dapat menggunakan berbagai topeng kehidupan dan perisai menutup diri maka didunia maya orang dapat melakukan berbagai kebohongan.
Akan tetapi berbicara tentang bodoh dan pintar itupun ternyata harus dibatasi pengertiannya bukan termasuk keberhasilan dalam hidup, karena keberhasilan dalam hidup itu sangat dipengaruhi oleh faktor keberuntungan. Sehingga dimaksud dengan orang bodoh dan orang pintar dibatasi pada pengertian Kecerdasan Mental atau Intelektual (Inteliligence Quotient / IQ), Kecerdasan Emosional (Emosional Quotient / EQ) , dan Kecerdasan Spiritual (Spiritual Quotient /SQ) termasuk didalamnya kesempatan memperoleh informasi Pendidikan, yang diartikan dengan kesempatan menyelesaikan bangku pendidikan formal. Variable pendidikan formal masih sangat signifikan untk dimasukkan karena masih sempitnya kesempatan IQ,EQ dan SQ berkembang melalui pendidikan non formal, walaupun tidak menjadi batasan yang mutlak karena terbukti orang dengan IQ,EQ dan SQ yang tinggi dapat dengan mudah menyerap segala informasi ( ilmu ) yang berpengaruh terhadap pengembangan jati dirinya sebagai golongan orang pintar { berpikir logic (logis)/rational (rasional) dan ilmiah } secara otodidak.
Tidak bisa dipungkiri bahwa seseorang yang dapat meraih prestasi melalui pendidikan formal dengan penguasaan ilmu mencapai strata 1, strata 2, apa lagi strata 3, pasti sudah tersaring kualitas kecerdasannya diatas rata-rata. Pola pikir ini pula yang mendasari adanya standardisasi pendidikan melalui Ujian Nasional yang dihebohkan. Juga BRAND KEILMUAN ini yang mengundang munculnya manipulasi Brand Keilmuan, dimana ada Perguruan tinggi yang menyediakan jasa pelayanan Brand Keilmuan dengan menjual gelar. Nasabah, pembeli, pelanggan atau Klien Perguruan Tinggi macam ini biasanya adalah Golongan orang yang telah berhasil mencapai kelas kehidupan dalam jenjang dimana orang dihargai karena tingkat keilmuannya, sehingga Brand Keilmuan dirasakan menjadi wajib baginya.
Siapakah mereka ?
Pejabat Pemerintahan, Anggota Dewan Yth. , Pengusaha dan untuk saat ini ada yang menyakitkan adalah Profesi Guru. Sayang Brand Keilmuan tidak dibutuhkan dan untuk dipergunakan sebagaimana seharusnya akan tetapi hanya sebagai topeng penutup kekerdilan diri. Sekedar untuk PRESTISE,
Lepas dari semuanya , maka kembali kejudul tulisan ini, dimaksud dengan bodoh atau pintar tidak diukur dari sejauh mana orang mendapatkan pengakuan intelektual melalui jenjang pendidikan, akan tetapi diukur dari apa yang terpikir, yang diucapkan dan yang dilakukan apakah logis,rasional dan ilmiah apakah …O On.
Kalau didunia nyata, orang pintar dapat dilihat dari ucapan-ucapannya, perilakunya, maka bedanya didunia maya , lebih khusus lagi di KOMPASINA , orang pintar atau orang bodoh sangat jelas tampak dari tulisan-tulisan dan komentar-komentarnya. Di Kompasiana ini orang pintar memang bisa berlagak bodoh, tapi orang bodoh tidak akan bisa berlagak pintar. Itulah mengapa kita harus tetap PD di Kompasiana biarpun kita bodoh, karena siapapun tetap tidak tahu apakah kita bodoh sungguhan atau orang pintar yang berlagak bodoh.

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...