GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Tentang Musik Koplo: Psikologi Musik Koplo

Written By Situs Baginda Ery (New) on Minggu, 22 September 2013 | 21.03

by: http://filsafat.kompasiana.com/2013/06/08/psikologi-musik-koplo-566874.html
Dalam kajan musikologi mungkin jenis musik yang satu ini kurang diperhatikan oleh para pengamat, mengingat kurangnya publikasi di stasiun TV nasional. padahal di kalangan masyarakat bawah khususnya daerah pantura yang membentang dari Banyuwangi samapai ke daerah brebes musik koplo ini sangat populer dan digrandrungi.
Masyarakat di daerah Pantura seringkali menggelar pementasan musik ini untuk berbagi festifal kerakyatan seperti sedekah laut, peringatan hari besar kenegaraan, perkawinan, khitananan sampai untuk peringatan hari besar keagamaan.

Beberapa grup musik koplo yang terkenal di daerah Pantura antara lain seperti SERA, MONATA, HALMAHERA, PALAPA, RGS, dll. Konon bagi masyarakat yang menghendaki untuk menggelar pementasan musik dengan menampilkan grup-grup di atas memerlukan biaya sekitar 30 jutaan. Makanya hanya bos-bos besar ataupun paguyuban2 yang mampu untuk mengadakannya. sedangkan masyarakat dari lapisan menengah ke bawah cukup dengan organ tunggal jika menginginkan untuk mengadakan pagelaran musik tersebut.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi9lDB1JgFgehuIqtDvgEoc1275K8XC6WaRARcVM5fSmB9A5fKovw2P4v7EN7_V2jkYN0RSueeJRWwDCVnfC0K1SP3_u77yLQLTl2gvaH_-kcvzQzSGxhHj8plwPdfxnjdwJqkHCWdlivFG/s320/Lagu-Indonesia-Terbaru-dan-Terpopuler-Mei-2012.jpg
Hampir semua tipe musik bisa dibuat koplo, baik Dangdut, Pop, Campursari, Sampai lagu Regae. Musik yang konon pertama kali dipopulerkan di daerah Sragen ini memiliki ciri khas tersendiri, yaitu menkocok nada sehingga apapun tema lagu yang dinyanyikan baik suka ataupun duka akan dapat didengarkan dengan suasana hati yang gembira.
Terlepas dari kontrofresi sutuju atau tidak dengan musik yang satu ini, penulis melihat bahwa musik koplo merupakan sublimasi dari karakter psikologis masyakat kita. Proses modernisasi / pembangunan seringkali membuat masyarkat terpinggirkan sari struktur ekonomi, sosial, ataupun politik sehingga mereka hanya menjadi objek modernisasi.

Hal ini dapat kita lihat dengan masih banyaknya masyarakat yang hidup di bawah garis kemiskinan dan mengalami keterbelangan karena tidak mampu mengakses pendidikan. Akibtanya beban kehidupan semakin dirasa berat. Masyrakat tradisional bisa hidup dengan bersandar pada alam, namun untuk hidup hidup dizaman modern kita tidak mampu mengakses alam secara langsung. Modernisasi membuat pola struktur pada alam yang memaksa seseorang untuk memproses alam tanpa bisa langsung menggunakannya sebagaimana ketika kita hidup pada masyarakat tradisional.
Karena terlampau lama menghadapi himpitan hidup seperti ini, sementara dalam kondisi yang demikian itu mereka juga bisa menyaksikan secara langsung orang-orang yang hidup berlimpah sebab berkah dari modernisasi maka lambat laun tercipta pola mashokisme psikologis dalam dirinya. Dalam artian kebiasaan hidup dalam derita membuat mereka bisa semakin menikmati penderiaan itu. mashokisme psikologis ini mereka sublimasikan dalam segenap ekspresi kehidupan, dalam bidang seni khususnya seni musik sublimasi mashokisme ini diwujudkan dalam bentuk musik koplo. Musik yang akan selalu nikmat didengarkan tak peduli yang dinyanyikan itu lagu suka ataupun duka.

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...