GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Sebuah Rasa Cinta: Belajar Mencintai daripada Dicintai

Written By Situs Baginda Ery (New) on Jumat, 27 September 2013 | 12.54

by: http://id.amdhas.com/blogazine/post/belajar-mencintai-daripada-dicintai
Cinta bukan sekedar pemenuhan kebutuhan hubungan antar manusia. Namun, cinta adalah bagian dari kehidupan yang patut dijalani dengan penuh sukacita. Sebab di sana ada kebahagiaan yang bisa saling dibagikan, kebersamaan yang bisa saling disatukan, kegembiraan yang bisa terus di maksimalkan.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhRwRs4ed-xiA-cRltcGJ2tpmNvm6FrtxjD2OmlPoUgQZyRCe_6UMvpxdHMrXu6NvEi_8WcE5tBOjTpZnEhCdGnxxICSIQvEMchYYG1Ko06KfaFPDszh95Dnu6QdOzEAqOkBte_du9A-7A/s320/mawar2rose.jpg
Rasa saling mencintai seperti contohnya anak dengan orang tuanya, seseorang dengan pasangan hidupnya, adik dengan kakanya, teman dengan para sahabatnya, guru dengan muridnya, pimpinan dengan anak buahnya, keluarga dengan para tetangganya, bahkan manusia dengan alam semesta dan manusia kepada sang pencipta-NYA.
Arti cinta itu luas, cinta tidak bisa di ukur dengan materi tapi cinta hanya bisa di ukur dengan rasa didalam hati. Yang pada hakikatnya cinta mempunyai dua unsur yaitu mencintai dan dicintai. Arti mencintai adalah di mana cinta itu ingin di tumbuhkan atau cinta itu datang dan ingin dilaksanakan baik itu di dalam rasa manusia, hewan maupun tumbuhan. Sedangkan dicintai adalah hasil dari mencintai, yaitu dimana cinta tersebut datang kepada apa saja baik itu mahluk hidup dan juga benda mati.
Arti dicinta bahkan rasa dicintai akan hadir jika ada yang mencintai, sekarang saya akan membedakan cinta manusia dan cinta TUHAN. Karena jelas berbeda jika manusia di cintai belum tentu manusia tersebut dapat membalas cinta atau dengan kata lain mencintai. Beda halnya dengan TUHAN yang selalu mencintai umatnya meskipun ada sebagian umat-NYA yang tidak mencintai-NYA namun TUHAN tetap mencintai umatnya.
TUHAN selalu mencintai tapi kenapa manusia ada yang hanya ingin dicintai terlebih dahulu baru bisa mencintai. Yaps, itulah manusia tidak ada yang sempurna dalam memahami sebuah cinta. Karena pada hakikatnya cinta adalah memberi bukan hanya menerima, banyak manusia di dunia ini yang hanya berharap cinta itu datang dan pabila itu sudah datang barulah manusia tersebut akan berusaha mencintai.
Bisa disimpulkan banyak manusia yang inginnya hanya dicintai namun tidak berusaha untuk menumbuhkan rasa mencintai. Itulah sebabnya ada cerita malin kundang, ada cerita penghianatan, ada cerita perselingkuhan, ada cerita pembunuhan, ada cerita pemerkosaan, ada cerita korupsi, ada cerita penindasan dan bahkan ada cerita tentang kekufuran.
Ambilah contoh ketika seorang menusia yang miskin harta dan berdoa, lalu dengan doa dan usaha ia bisa menjadi kaya raya. Namun ketika kaya dia lupa akan segalanya bahkan lupa berdoa kepada TUHAN. Itu di sebabkan manusia tersebut hanya mengharapkan dicintai, coba kalau manusia tersebut sudah mencintai tuhannya. Maka dalam keaadaan apapun dia akan tetap berdoa meskipun dia kaya atau miskin.
Dalam artian disini mencintai adalah memberi bukan mengharapkan untuk diberi, karena pada dasarnya cinta itu bisa tumbuh dengan keikhlasan bukan karena keterpaksaan. Karena itu, teruslah kembangkan rasa saling mencintai. Manusia kepada TUHAN, anak dan orang tuanya, seseorang dengan pasangan hidupnya, adik dengan kakanya, teman dengan para sahabatnya, keluarga dengan para tetangganya, manusia dengan alam semesta.
Dengan semua itu akan muncul rasa saling pengertian dan saling kesepahaman. Dengan cara itu, akan muncul rasa saling dukung dan saling bantu sesama. Sehingga semua akan menyatu dalam kebersamaan cinta yang membawa rasa bahagia.
Cobalah renungkan sedikit saja makna dari artikel ini dan bertanyalah kepada diri masing-masing apakah anda dalam hidup ini selalu belajar mencintai? atau anda adalah seseorang yang hanya ingin dicintai? atau anda mengharapkan cinta itu datang barulah anda akan bisa mencintai?

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...