GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Artikel Menarik Tentang Kanguru

Written By Situs Baginda Ery (New) on Sabtu, 28 September 2013 | 12.27

Foto Kangguru
by: http://faunague.blogspot.com/2013/05/informasi-tentang-kanguru.html
Kanguru atau Kangguru merupakan hewan mamalia berkantung (marsupial) asli Benua Australia. Ciri khasnya adalah kaki belangnya panjang, kaki depannya pendek, bergerak dengan melompat-lompat, dan memiliki kantung.
Asal-usul nama kanguru sendiri cukup unik. Adalah sebuah kesalahpahaman orang Eropa dalam mengartikan kata-kata orang Aborigin yang membuat binatang berkantung ini disebut kanguru. Pada saat itu ada seorang pelaut Amerika/Eropa tengah singgah di Australia. Dia melihat binatang yang unik dan bertanya kepada orang aborigin 'binatang apa itu?', dan orang aborigin menjawab 'Kang-Ga-Roo' yang artinya 'saya tidak mengerti'. Namun pelaut tersebut mengira nama binatang tersebut adalah Kang-Ga-Roo yang kemudian menjadi kanggaroo atau kanguru.
Rentang usia sekor kanguru sekitar 9 sampai 18 tahun. Meskipun ada juga beberapa yang bisa hidup hingga usia 28 tahun. Kanguru mampu begerak melompat dengan kecepatan hingga 70 km/jam. Bisa dibilang mereka adalah saingan terberat pocong dalam lomba balap karung. ^_^
Di dunia ini ada 3 spesies kanguru yaitu, Kanguru Abu-abu Timur, Kanguru Abu-abu Barat, dan Kanguru Merah. Kanguru Abu-bu Timur tersebar di daerah-daerah subur di Benua Australia bagian Timur. Sedangkan Kanguru abu-abu Barat penyebarannya di Australia bagian barat, bagian Selatan yang dekat dengan pantai, dan sekitaran Sungai Darling. Jumlah kanguru abu-abu sangat banyak, mereka hidup di daerah berumput, dan daerah hutan ekaliptus yang terbuka.
Kanguru Merah merupakan hewan marsupial terbesar saat ini. Tingginya bisa mencapai 2 m dengan berat tubuh mencapai 90 kg. Kanguru Merah biasanya hidup dalam sebuah kelompok besar. Kanguru jenis ini tidur di siang hari yang panas. Dan jika mereka tidak menemukan air, mereka akan mencari kelembaban dari tanaman. Selain itu , mereka tidak akan berkembangbiak jika tidak turun hujan dan tidak adanya tanaman baru.
Sebenarnya selain 3 spesies kanguru yang sudah disebutkan di atas, masih ada sekitar 60 makropod yang masih berhubungan dengan kanguru, seperti dorkopis, wallaby, kanguru pohon, wallaroo, Pademelon, dan Quokka.

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...