GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

PELUANG USAHA DAN BISNIS 2013= Peluang Usaha Toko Buku

Written By Situs Baginda Ery (New) on Jumat, 26 Juli 2013 | 14.09

http://www.clickbookshop.com/graph/TBClick.jpg 
Minat baca masyarakat akan buku, semakin meningkat setiap harinya. Bahkan sudah mulai menjadi gaya hidup modern. Keadaan ini menjadi peluang usaha yang menguntungkan. Bisnis toko buku buku bisa berprospek cerah, tapi perlu dipelajari seluk beluknya.
Konsumen
Target konsumen bisnis toko buku adalah semua orang yang gemar membaca dan membutuhkan buku untuk meunjang aktivitasnya sehari-hari. Mulai dari anak-anak yang masih sekolah, para mahasiswa, para pegawai, ibu rumah tangga, serta berbagai kalangan masyarakat lainnya menjadi sasaran pasar bisnis toko buku.
Info Bisnis
Untuk memulai bisnis ini, yang terpenting Anda harus gemar membaca. Jadi Anda tidak terlalu merasa sulit menjalankan bisnis ini, karena dimulai dari apa yang Anda sukai. Selain itu dengan modal gemar membaca, Anda dapat menentukan macam-macam buku yang akan Anda jual. Sebab buku yang beredar saat ini dipasaran, memiliki jutaan judul dengan berbagai macam kategorinya.
Langkah selanjutnya yaitu menentukan lokasi usaha yang strategis, usahakan pilih lokasi yang dekat dengan keramaian. Jika memungkinkan, pilih lokasi yang dekat dengan sekolah, kampus atau di kawasan pusat perbelanjaan. Ciptakan suasana toko buku Anda senyaman mungkin, sehingga konsumen betah dan tidak segan untuk kembali lagi.
Pemasaran
Pemasaran bisnis toko buku dapat dilakukan melalui iklan di media massa, selain itu Anda juga bisa mengenalkan bisnis Anda dengan mengikuti berbagai pameran buku yang sering diadakan di dalam kota maupun kota-kota sekitarnya. Sedangkan untuk menarik minat para konsumen untuk berkunjung ke toko Anda, bisa dilakukan dengan memberikan potongan harga tertentu.
Promosikan juga melalui media online atau internet sehingga dapat berfungsi pula sebagai toko buku online. Jadi jangkauan pasar bisnis Anda lebih luas, bisa sampai ke negara lain.
Kelebihan Bisnis
Menjalankan bisnis buku terbilang tidak sulit, terutama bagi para penggemar buku. Apalagi minat masyarakat yang tidak pernah habis, menjadi salah satu kelebihan bagi bisnis ini. Selain itu modal yang diperlukan juga bisa disesuaikan dengan kondisi keuangan Anda. Bila Anda memiliki modal cukup besar, bisa membuka toko dengan modal buku yang dibeli secara tunai. Namun jika modal usaha Anda terbatas, tidak perlu berkecil hati. Karena Anda tetap bisa menjalankan bisnis ini dengan menjalin kerjasama dengan penerbit buku yang melayani sistem titip jual (konsinyasi).
Kekurangan Bisnis
Peluang bisnis toko buku juga memiliki kekurangan, omzet yang diperoleh biasanya mengalami pasang surut. Karena sesuai kebutuhan masyarakat akan buku, minat masyarakat meningkat pada tahun ajaran baru atau awal semester baru saja. Pada waktu-waktu itu, omzet yang diterima bisa meningkat hingga berlipat-lipat dari omzet hari-hari biasa. Selain itu untuk buku-buku best seller, tidak mau menerima kerjasama konsinyasi. Jadi untuk stok buku best seller, diperlukan modal tambahan untuk membeli tunai.
Kunci Sukses
Para konsumen lebih senang mengunjungi toko buku yang koleksi bukunya lengkap, harganya murah serta tempatnya nyaman untuk membaca. Semakin lengkap koleksi buku Anda, semakin banyak pula konsumen yang datang berkunjung. Selain itu berikan potongan harga tertentu, biasanya pada tahun ajaran baru banyak toko buku yang memberikan diskon tertentu untuk menarik minat konsumen. Dan yang terakhir, ciptakan seuasana toko buku yang nyaman bagi para penggemar buku. Semakin nyaman suasana toko Anda, semakin sering pula para konsumen kembali ke toko Anda.
ANALISA EKONOMI
Modal awal
Sewa Tempat/tahun                                        Rp 15.000.000
Stok buku                                                              Rp 15.000.000
Rak buku dan alat display                              Rp   4.000.000
Komputer dan printer                                     Rp   4.000.000
____________+
Total                                                               Rp 38.000.000
Penyusutan peralatan (rak buku,alat display, computer dan printer,
Selama pemakaian 2 tahun = 1/24 bulan x Rp 8.000.000,00 = Rp 333.300,00
Biaya Operasional
Belanja stok buku                                           Rp  8.000.000
Gaji pegawai 2x @800.000                      Rp  1.600.000
Transportasi                                                     Rp     900.000
Promosi                                                               Rp     500.000
Listrik                                                                   Rp     300.000
Penyusutan alat                                               Rp     333.300
___________+
Total                                                               Rp 11.633.300
Omzet per bulan
Dengan asumsi omzet per hari ± Rp 500.000
Omzet per bulan = Rp 500.000x 30    = Rp 15.000.000
Laba per bulan
Rp 15.000.000 – Rp 11.633.300         = Rp 3.366.700
BEP
( modal awal : laba bersih per bulan ) = ± 12 bulan
*) Surabaya Post 23 November 2010

1 komentar:

Toko Buku Bekas Online mengatakan...

Artikel yang sangat menarik. Berbisnia toko buku tidak hanya faktor keuntungan semata tetapi juga ada faktor sosial yaitu menjadi bagian dari mencerdaskan kehiduapan bangsa.

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...