GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Sisi Lain Persaingan Para Provider Telepon Seluler

Written By Situs Baginda Ery (New) on Minggu, 31 Maret 2013 | 19.07

http://ak8.picdn.net/shutterstock/videos/344566/preview/stock-footage-people-consultation-silhouette.jpg
Makin maraknya pasar telepon seluler menjadi ladang subur bagi tumbuhnya provider-provider jaringan seluler. Saat ini, lebih dari 8 provider seluler meramaikan pasar pulsa nasional, baik dari provider berbasis GSM maupun CDMA. Industri telekomunikasi nasional pun mulai mampu menarik investasi dari provider asing mulai dari perusahaan berlambang angka dan juga perusahaan telekomunikasi dari timur tengah.
Keramaian dalam pasar ini sangat terasa ketika terjadi hal yang lazim terjadi di pasar-pasar tradisional, yaitu perang tarif. Seorang pedagang dan pedagang lainnya saling bersahut-sahutan menawarkan dagangannya yang sering dilengkapi dengan layanan plus-plus. Perang tarif di pasar provider seluler bahkan sudah sangat ketat hingga angka tarif yang tertera pun jauh dari pemikiran orang normal. Bahkan, beberapa provider sampai menawarkan tarif pulsa hingga mencapai angka 0,000000… per detik. Dan hal yang cukup mengejutkan adalah pasar kompetisi seluler yang kini sudah bersaing langsung antara GSM dan CDMA. Sungguh sangat tidak dapat dibayangkan.
Sebagai konsumen, hal tersebut tentu sangat menguntungkan dimana konsumen semakin memiliki banyak pilihan. Namun bagi perusahaan provider, persaiangan tarif ini membuat pekerjaan mereka semakin berganda, khususnya divisi keuangan yang mengelola pendapatan yang nilainya Rp 0,0000….
Akan tetapi, jika dilihat dari sudut pandang teknologi, keberanian perang tarif yang dilakukan hingga angka desimal menunjukkan kehandalan sistem billing perusahaan dalam mendukung strategi perusahaan untuk bersaing dengan provider lain. Ketika perusahaan mengeluarkan produk-produk baru dengan tarif baru, seketika itu pula sistem billing akan menyesuaikan, mulai dari tarif ratusan ribu, hingga tarif nol koma rupiah. Sistem billing yang terintegrasi dengan baik akan mendukung reputasi perusahaan di mata konsumen terhadap janji tarif yang diberikan.
Teknologi sistem billing yang semakin berkembang tidak hanya memudahkan perusahaan untuk mendesain strategi, melainkan juga membantu perusahaan dalam pengelolaan sistem informasi akuntansi (Accounting Information System). Inovasi dalam sistem billing akan menjadi daya dukung bagi penguatan kontrol perusahaan, baik dalam internal control, general control, dan application control. Sistem billing yang baik akan meningkatkan keakuratan data dan informasi yang masuk dalam database perusahaan sehingga divisi-divisi lain di dalam perusahaan dapat mengambil keputusan yang lebih relevan.
Berdasarkan penelitian di salah satu anak perusahaan pemerintah yang bergerak di bidang penyediaan layanan internet via Right of Ways (ROW) jaringan listrik, bukan bisnis perusahaan yang menciptakan sistem billing, melainkan billing sistem-lah yang menciptakan bisnis. Melalui pengembangan pada sistem billing, perusahaan dapat menawarkan diversifikasi produk yang lebih beragam. Pengembangan sistem billing sangat mengakomodasi perusahaan untuk dapat menciptakan portofolio-portofolio bisnis baru yang memberikan kontribusi signifikan terhadap pendapatan perusahaan.
Keuntungan dari penerapan sistem billing yang baik akan memberi keuntungan berlipat. Sistem billing pun tidak hanya diperlukan oleh industri telekomunikasi saja, melainkan perusahaan-perusahaan yang khususnya melakukan proses pengelolaan piutang dalam aktivitasnya. Keandalan sistem billing akan membuat perusahaan menjadi lebih fleksibel dalam mengembangkan kompetensi utamanya dan meningkatkan kerjasama yang baik dengan pihak perbankan dan pemangku kepentingan lainnya.
sumber artikel: http://ekonomi.kompasiana.com/bisnis/2013/03/27/dibalik-adu-kuat-para-provider-telepon-seluler-546403.html

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...