GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Persiapan Menjelang Kematian: Al-isti’daadu liyaumirrahiil (PERSIAPAN MENJELANG KEMATIAN)

Written By Situs Baginda Ery (New) on Selasa, 31 Desember 2013 | 21.12

Persiapan Menjelang Kematian
“Berbekallah dan sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah Taqwa dan bertaqwalah kepada-Ku, hai orang-orang yang  berakal.” (Al-Baqarah: 197)
Bayangkan ada sebuah gambar, dimana di gambar tersebut terdapat sebuah taman yang indah. Ada menara tinggi di sisi kiri taman. Ketika kita melewati taman itu, ada sebuah godaan yang meminta kita datang ke menara yang tinggi itu, padahal godaan itu sebetulnya hal yang dilarangan. Apakah kita pergi ke menara tinggi itu?
Itulah analogi kehidupan. Ketika Allah sudah memerintahkan dan membuat larangan pada umat-Nya, tetapi umat tidak mengikuti perintah, maka Allah murka. Padahal jelas-jelas Allah menjanjikan syurga bagi umat-Nya apabila selalu mengikuti perintah dan menjauhi larangan.
Dalam Surat Al-Baqarah:197 di atas, kita wajib untuk bertaqwa pada Allah. Jika kita tidak bertaqwa, itu artinya kita tidak menggunakan otak kita. Apa itu makna taqwa? Menurut imam Ali Bin Abi Thalib RA, ada 4 makna taqwa, yakni  Al-Khaufu Minal Jaliil, Wal ‘amalu Bittanziil, Warridhoo Bil Qaliil, dan Wal Isti’daadu Liyaumirrahiil.
http://wansyur90.files.wordpress.com/2011/07/malam-gelap-jiwa.jpg
Setiap orang bertaqwa, pasti mengerti akan tujuan hidup ini. Dunia bukan akhir hidup. Masih ada kehidupan yang kekal di akhirat nanti. Oleh karena itu, orang bertaqwa mengerti makna kehidupan di dunia ini, yakni sebagai tempat kita Transit dalam sebuah perjalanan. Syurga adalah tujuan akhir orang yg Beriman. Lalu dunia merupakan ladang amal untuk Kebahagiaan dunia dan akhirat. Terakhir, bagi orang bertaqwa mengerti bahwa dunia ini semu, sementara dan menipu bagai fatamorgana.
Oleh karena dunia hanya sementara, maka kita perlu mempersiapkan diri untuk kematian, menuju alam yang kekal. Lalu bagaimana persiapan kita menuju akhirat? Kebanyakan manusia terlena, lupa, dan pada akhirnya terlambat. Padahal surat Al-‘Araf(7):34 jelas-jelas menyebutkan: “Tiap-tiap umat mempunyai batas waktu, maka apabila telah datang waktunya tidak dapat mengundurnya barang sesaatpun dan tidak dapat pula memajukannya. “
Surat Al-‘Araf di atas memberitahu pada kita kita selalu beribadah dalam kondisi apapun, agar mendapatkan ridho Allah. Kita pun wajib berdoa agar istiqomah. Dengan begitu, Insya Allah kita akan wafat dalam keadaan husnul khatimah. Jangan sampai kita menyesal, karena belum memiliki bekal di akhirat, sebagaimana yang dituliskan dalam Al-Qur’an surat Al-Mu’minum ayat 23 ini:
“(Demikianlah keadaan orang-orang kafir itu), hingga apabila datang kematian kepada seorang dari mereka, dia berkata :”Ya Tuhanku kembalikan aku (ke dunia).” Agar aku berbuat AMAL yg Sholeh terhadap yang aku tinggalkan.” Sesekali tidak. Sesungguhnya itu adalah perkataan yg diucapkannya saja. Dan dihadapan mereka ada dinding sampai hari mereka dibangkitkan.” (Surat Al-Mu’minun 23:99-100)
http://anarufaidahphay.wordpress.com/2012/05/06/al-istidaadu-liyaumirrahiil-persiapan-menjelang-kematian/

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

YANG TERBARU DARI BAGINDAERY

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...