GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Artikel Menarik: Pengalaman menjadi teller dan customer service

Written By Situs Baginda Ery (New) on Sabtu, 11 April 2015 | 16.22

https://dikapraditya.files.wordpress.com/2013/05/1ae2c-manfaatteknologiinformasidankomunikasi.jpg 
selamat pagi windamaki \(^_^)/
semoga harimu bermanfaat dan jangan lupa bayar zakat!
*abis gajian ceritanya*
baru ada ide menulis tentang pengalaman kerja di bank setelah tiga bulan pergi dari sana xD, abis dipikir-pikir seru juga sih kerja di bank x)). seru asal jangan lama-lama ajaa~~ etapi terserah sih xP
2 Januari 2012 tepatnya saya pertama kali kerja dan berkarir jadi teller di bank, yah anggap saja namanya bank muamalat (padahal memang bener kerja di situ..haha). ah sekalian cerita semuanya aja deh ya! awal desember 2011 saya mengajukan lamaran langsung ke kantor muamalat di bogor, sorenya ditelp sama bagian personalia bahwa saya harus menjalani tes tertulis keesokan harinya.
Seperti inilah tahapannya :
  1. Tes tertulis mengenai perbankan syariah dan pengetahuan dasar Islam. 16 orang.
  2. Psikotest di Jakarta. Tes pauli, deret angka, gambar, dan sebagainyah. Ternyata yang dari Bogor hanya tersisa 3 orang.
  3. Tes kesehatan di Prodia
  4. Interview sama 2 orang penanggungjawab bagian operasional. Prosesnya agak serem. Hahaha. Tapi kalo udah kenal sih baik banget :P. Tes tinggi badan (ternyata tinggi saya kurang), tes ngaji dan ditanya sedalam apa si kamu sama Islam, ditanya juga pergaulannya gimana. Saya jawab sejujur-jujurnya dan yakin banget gara-gara tes ini bakal langsung di blacklist. Hahahaa. Ternyata Allah berkata lain.
  5. Tes EPT di LIA. Pilihan ganda, essay, dan interview bahasa inggris. Aakk. Tinggal 2 orang. Saingan saya pun sangat-sangat enak diliat mukanya, gawat!
  6. Interview sama bos operasional. Ini lama banget dan super serem, eh ternyata pas udah kerja sih orangnya baik -____-. Acting doang ternyata.
  7. Interview lagi sama GM Bogor.. Sementara hati udah siap di bully, eh ternyata GM-nya super baiiikksssssss, rasanya ga pernah sebahagia itu pas di interview \(^_^)/
  8. Interview lagi sama bagian umum. Ditanya apakah kamu siap ditempatin di tempat yang jauh, di cileungsi atau di antariksa. (si winda lebay)
  9. Tandatangan kontrak! Yeeeyyy.. bisa punya uang buat jajan buku dan beli kue \(^_^)/
Pertama kali kerja langsung merasa terintimidasi. Ini pegawai bank atau peserta America’s next top model? (-__-)a customer service dan teller senior saya pada cantiks cakeps banget! I’m sick of this! (lebay lagih) Kalau ga percaya pada dateng aja ke muamalat bogor, saya ga bohong, serius~~
Hari kedua kerja saya jatuh jumpalitan sampe sepatu high heels saya patah (padahal baru beli, hiks!). Sebulan pertama kena tegur urusan make up, karena ga bisa pake, bahkan punya aja ngga. Atasan saya sampe shock pas tau saya ga punya lipstick. (Sebagai frontliner, make up adalah must-have-item)
Karena takut melanggar kode etik, hal-hal sakral tentang cs teller ga bisa saya kasihtau disini :P tapi saya bisa cerita hal-hal lain yang sebenernya ga penting. hahaha~~~
Kerja di depan itu kadang rame kadang sepi~. Kadang ada nasabah kadang ngga. Pas lagi ga ada nasabah biasanya kami (3 teller yang kerja bersebelahan, anggap saja namanya arif-winda-siti *padahal memang bener*) suka perperilaku aneh, haha~. misalkan bikin “english day” dengan kemampuan english kami yang sangat terbatas xD sampe si Arif stress sendiri dan bilang, “Ya Allah, gue teh S1″ xD.
Teller itu bisa iseng :P. Nasabah yang baru dateng ngambil nmr antrian abis itu kan nulis slip dulu. Kalau tellernya bandel, pas mereka baru megang pulpen, antriannya udah kita panggil :B. JELASS hal ini bikin nasabah khawatir, nulis buru-buru, dan tergesa-gesa bilang ke security bahwa slipnya belum selesai ditulis (nyahaha). Biasanya saya yang kerjaannya iseng begini :P, sering diomelin juga sama teller kanan dan kiri. hahaha. Tapi gara-gara iseng begini nasabahnya jadi salah nulis mulu dan yang rugi jadi saya juga -__-
Teller itu harus teliti. Mungkin orang lain mikirnya hanya teliti di bagian hitung uang aja, padahal sebenernya harus teliti sama slip yang ditulis sama nasabah. Ada rumusnya, yaitu TNT NaNo (tanggal, nominal, terbilang, nama dan nomor rekening). Biasanya ada aja nasabah yang salah inget tanggal, atau salah nulis terbilang. Misalkan nominalnya Rp 50.000 tapi pas bagian terbilangnya ditulis “lima ribu rupiah”. Nah! teller itu harus zero defect, alias ga boleh ada kesalahan sedikitpun di bagian ini. Kalaupun ada, nanti dihitung oleh bagian audit, dan diumumkan di akhir bulan berapa dosa yang udah kita buat. Pokonya hal ini dampak buruknya bisa kemana-mana -_-. Makanya kalau jadi nasabah tolong ikut teliti juga ya T__T
NAHH.. Mumpung lagi cerita tentang nasabah yang kurang teliti, ada lagi nih nasabah yang memang sengaja ga teliti, mereka biasa disebut Mistery Shopper. Mereka mampu membuat kami—para frontliner—bete seharian. Hahaha. Mistery shopper itu kayak pacar, kerjaannya nyari kesalahan :P ga juga sih, yang jelas mereka ngitung berapa lama waktu antrian sebelum mereka dipanggil, si korban (alias frontliner yang “ga sengaja” kena jebakan) udah bener belom ngucapin greetingnya, ramah ga, lelet ga, make upnya maksimal ga, senyumnya berapa centi, de el,el. Biasanya si korban bisa tau kalau mereka lagi berhadapan dengan mistery shopper yang gagal misterius itu. Mistery shopper selalu mengulang pola yang sama, uangnya kurang, nulis slipnya salah mulu, mereka selalu ke ATM dan ke toilet, mereka nanya tentang perbankan syariah, dan yang paling nyentrik adalah… mereka ngerekam video pake kamera hp secara terang-terangan -___-. Ya ketauan lah! Walaupun ketauan banget kalau mereka dateng, mistery shopper tetap menjadi ancaman paling mengerikan untuk frontliner. Selamat yah you guys!
Nasabah jenis lain lagi? Adaa… Ada nasabah yang selalu bawa uang logam sampai berjuta-juta (kebayang ga teller ngitungnya gimana?), ada yang ngirim uang ke luar negeri mulu yang sebenernya makan proses agak lama di teller dan agak bikin teller bete dikit xP, ada yang pegennya dapet uang baru tanpa lipatan sedikitpun, dan ada juga yang nanya, “mbak sudah menikah? kebetulan saya lagi cari istri”. Saya cuma merinding dan bilang, “maaf pak, saya masih kecil”. itu jawaban konyol banget tapi memang seperti itulah yang saya rasakan xD
Mau cerita pengalaman jadi cs dan teller tapi malah ngomngin nasabah xD maaf yah you guys!
Pokonya di teller itu dapet pengalaman megang uang beratus-ratus sampe milyaran rupiah tapi ngomong sama nasabahnya sedikit banget. Kalo di cs berkutat dengan laporan yang banyak dan harus ngomong sama nasabah sampai bebusa walaupun entah nasabahnya ngerti apa ngga.
Pokonya kerja dua tahun menjadi teller dan 4 bulan menjadi customer service itu pengalaman yang cukup menyenangkan! \(^_^)/
https://windamaki.wordpress.com/2014/08/02/pengalaman-menjadi-teller-dan-customer-service-_/

0 komentar:

Poskan Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

YANG TERBARU DARI BAGINDAERY

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...