GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Hal Menarik Tentang Interview di Bank

Written By Situs Baginda Ery (New) on Sabtu, 11 April 2015 | 16.42

https://jalius12.files.wordpress.com/2014/03/buat-apa.jpgSudah tiga bulan sejak terakhir kali gue bikin postingan, Bukan!! bukan karena gue malas ngetik atau malas berfikir. Hal ini lebih dikarenakan kesibukan gue saat ini yang jauh berbeda dengan kesibukan gue ketika masih berstatus sebagai guru di salah satu Sekolah Swasta di Bali. Trus sekarang gue udah gak kerja di sekolah itu lagi?? Yap... gue udah gak kerja di sana. bukann.. bukan karena gue di PHK bukan!! ini lebih dikarenakan tuntutan hidup. Hati nuurani gue mengatakan untuk mencari pekerjaan yang lebih layak dan sesuai dengan apa yang gue kerjakan. Karena akhirnya gue sadar, bahwa memang benar guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa yang setimpal. kalo benar-benar tanpa tanda jasa sih engga, hanya saja engga setimpal dengan apa yang udah guru berikan untuk murid dan sekolahnya. Dan memang penyesalan itu datang belakangan, gue amat menyesal dengan tikah laku gue pada guru-guru ketika masih jadi murid. Gue baru sdar setelah merasakan gimana rasanya jadi guru.
Trus kemana gue tiga bulan ini? kenapa gue gak sempet ngeblog lagi? Puji syukhur kehadapan Tuhan, jika kita ada kemauan yang kuat, usaha yang keras serta doa yang tiada henti. Maka Tuhan akan  selalu membukakan jalan untuk kita. Jadi singkat cerita, sekarang gue udah kerja di BANK BRI. Yap.. lulusan guru, jadi pegawai Bank. wtf! Kenapa bisaaaa >< ??? seperti yang gue bilang tadi, gak ada yang gak mungkin selama kita punya kemauan, usaha, dan doa.
Di postingan pertama gue di tahun ini, gue gak cuma pengen minta maaf karena lama gak ngepost dan BW, gue juga pengen share sesuatu yang mungkin akan bermanfaat nanti. Berdasarkan pengalaman gue wawancara di BRI, gue pengen share beberapa pertanyaan yang mungkin aja akan muncul jika lu nanti interview untuk mendapatkan pekerjaan dimanapun lu ngelamar.

ini lah pertanyaan-pertanyaan yang mungkin muncul saat interview :



Ceritakan tentang diri anda dan keluarga anda, kehidupan anda semasa kuliah dan jika sudah pernah bekerja maka ceritakan pengalaman berkerja anda.
Ini merupakan pertanyaan awal yang gue yakin dimanapun tempat lu melamar pekerjaan, pertanyaan sejenis ini PASTI akan muncul. Dan meski engga muncul sekalipun, lu sudah sepantasnyalah memperkenalkan diri dulu bro!

Caranya simple aja, cukup kemukakan beberapa hal penting seperti berikut :

Perkenalkan nama saya _________ , saya lahir di _____ pada tanggal _______ , saya adalah anak ke- _______ dari ________ bersaudara. Riwayat pendidikan saya, Sekolah Dasar di SD ______ dari tahun___ sampai tahun ____, SMP di _______ dari tahun____ sampai tahun_____, dan SMA di _____dari tahun____ sampai tahun_____. Kemudian saya melanjutkan Kuliah di Perguruan tinggi di ______Jurusan _____ . Saya kuliah selama ____ tahun. Pada masa kuliah saya aktif mengikuti organisasi-organisasi seperti ____ dan beberapa kegiatan kemahasiswaan. Pengalaman kerja saya adalah pernah bekerja di____ sebagai _____ selama ____ bulan. (jika belum ada pengalaman kerja katakan belum pernah bekerja). Demikian perkenalan dari saya, terimakasih.
Apa yang anda ketahui tentang BRI? dapet sumber darimana?
Untuk pertanyaan yang satu ini, mohon maaf banget sob, gue gak bisa bantu banyak. Yang bisa bantu lu banyak-banyak cuma mbah gugel sob. So, saran gue mending lu baca-baca dulu sob, sejarah BRI, trus produk-produk BRI apa aja. kan ada tuh kayak BRItama, BRIguna, SIMPEDES, dan masih banyak lagi sob. Dan inget sob, sebelum ditanya lu dapet sumber dari mana, mending lu deklarasikan dulu di awal sob, kayak gini. Menurut sumber yang saya baca di internet/koran/majalah BRI itu bla..bla..bla... (paparkan yang lu inget aja sob). Sebagai referensi mungkin bisa kunjungi web resmi nya BRI disini
Kenapa kok kamu mau kerja dibank?? kan jurusan kamu ****** !!

Pertanyaan ini khusus diperuntukan buat orang-orang kayak gue. Orang yang jurusanya gak nyambung samasekali sama urusan perbankan. Tapi justru disinilah letak tantanganya, kita dituntut untuk mampu membuat suatu alasan yang logis kenapa kita mau kerja di bank. Kadang orang malas untuk memikirkan alasan yang logis, padahal alasan itu benar-benar terjadi. Berikut alasan logis yang pernah terpikir di benak gue :
1. Pekerjaan saya yang sebelumnya belum memberikan penghasilan yang layak yang sesuai dengan apa yang sudah saya lakukan. Meskipun saya jurusan ****** tapi dengan umur yang masih muda, masih banyak hal yang bisa saya pelajari, termasuk hal-hal yang berhubugan dengan perbankan.
2. Saya mau bekerja di bank karena saya bukan tipe orang yang memilih-milih pekerjaan. Apapun itu pekerjaaanya, asalakan bisa saya pelajari untuk dilaksanakan, pasti akan saya laksanakan dengan sebail-baiknya. Prihal jurusan yang tidak nyambung, saya itu bukan penghambat. Sebab, sekalipun saya bekerja di tempat yang sesuai dengan jurusan saya, saya masih tetap harus belajar dari awal tentang pekerjaan di tempat itu, karena dunia kerja yang nyata, tidak sama dengan apa yang sudah kita catat di buku perkuliahan kita.
Kenapa sih kami harus menerima kamu? kelebihan kamu apa? kekurangan kamu apa?
Gue saranin sebelum lu melaksanakan interview, sebaiknya lu instrokspeksi diri dulu sob, karena pertanyaan kayak gini seringkali bikin kita blank harus jawab apa. Dan pastikan lu jawab pertanyaan ini dengan tegas. Karena tidak ada lagi orang lain yang lebih bisa menilai kita selain diri kita sendiri. Pastikan kamu memberikan jawaban yang bisa kamu berikan contoh di kehidupan nyata. Kalo jawaban gue sih simple aja. Kelebihan saya, saya orang yang rajin, suka bekerja keras, dan bertanggung jawab. Kekurangan saya, pendiam dan bicara seperlunya.
kamu udah punya pacar ga? dimana? uda berapa taun? kapan mau merrid? 
Yang udah punya, jawab jujur dan seperlunya aja..
Yang jomblo, langsung nyari pojokan aja
Jika kamu nanti diterima disini, apakah kamu siap bekerja dari pagi sampai sore? Bahkan sampai malam?

Jika kamu ragu bisa bekerja di BRI dengan jamkerja yang padat, maka lebih baik pendam jauh-jauh keinginan itu. Karena tentunya BRI hanya mencari orang-orang yang serius dan mau bekerja keras.
Jika kamu bekerja di BRI, maka waktu anda bersama dengan keluarga akan berkurang. apakah tidak apa-apa seperti itu?
Jawaban saya singkat saja seperti ini, daripada saya hanya diam saja di rumah, akan lebih baik saya jarang berada di rumah dengan alasan yang jelas. yakni "bekerja"! dan ketika ada waktu bersama keluaga, akan saya maksimalkan kualitasnya atau yang sering disebut (quality time).

Yang mana yang lebih anda pilih, keluarga apa karir anda??
Ini adalah tipe pertanyaan yang sangat jarang ditanyakan. Tapi beberapa teman yang saya ajak interview pernah ditanyakan pertanyaan ini. Dan tentu saja sangat JLEB pertanyaanya tersebut diatas.
Tapi tidak usah khawatir dan ragu untuk menjawab. Jika saya mendapat pertanyaan seperti itu, saya akan jawab seperti ini : Jika memang diharuskan memilih salah satu, maka saya akan memilih KELUARGA! Sebab, karir masih bisa kita cari lagi, sedangkan keluarga??? tentu saja tidak, karena keluarga kita tidak ada duanya.Percuma kita mendapatkan karir yang baik sedangkan tidak ada keluarga yang bangga dengan pencapaian kita. Percuma karir kita sukses apabila tidaka ada keluarga yang mendoakan agar karir kita tetap lancar. Jadi menurut saya keluarga tetap yang utama.


Berapa gaji yang anda inginkan jika diterima di BRI?
Saya tidak akan minta banyak kepada BRI, yang penting sesuai dengan beban kerja dan jam kerja diberikan kepada saya, dan saya yakin BRI sudah memiliki aturan untuk menghargai kinerja SDM nya. Terima kasih.
Yang terpenting dari semua pertanyaan itu bukanlah pada jawabanya. Tapi bagaimana cara anda menjawab. Berikut saran dari gue buat lu yang mau interview atau mungkin bakalan interview di masa yang akan datang :
  1. Saat masuk ruangan wawancara, pastikan anda mengetuk pintu dan mengucapkan permisi.
  2. Duduklah yang tegak dan sopan. jangan tegang!!!!
  3. Saat berbicara gunakan suara yang jelas dan sopan, dan inget... jangan alay!
  4. Pastikan anda mendengar inti pertanyaan dengan baik, jangan sampai penanya harus menanyakan ulang pertanyaannya. Apalagi kalo pertanyaanya cukup panjang, dah kebayang gimana jengkel nya dia sama lu sob.
  5. Jangan cengar-cengir gak jelas kalau sedang bicara.
  6. Berbohonglah seperlunya, itupun jika anda sudah profesional dalam hal berbohong XD
  7. Seusai interview pastikan anda berjabat tangan dan mengucapkan terimakasih kepada interviewer.
  8. Gunakanlah pakaian yang rapi dan bersih. pokoknya penampilan itu hal pertama yang dinilai deh..
Sekian aja dulu deh sharing gue, mudah-mudahan bermanfaat ya. Makasih Udah baca sampai akhir :)
http://toiletkepo.blogspot.com/2014/01/artikel-pertama-di-tahun-2014.html

0 komentar:

Poskan Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

YANG TERBARU DARI BAGINDAERY

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...