GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Sharing Kisah Pengalaman Bekerja

Written By Situs Baginda Ery (New) on Sabtu, 11 April 2015 | 16.46


Mungkin sebagian pembaca blog ada yang pernah tahu tentang Nusantara Sakti Group disini saya ingin berbagi cerita selama saya bekerja sebagai pegawai dalam masa percobaan selama 3 bulan sebelum PKT (Pengangkatan menjadi Karyawatan Tetap) di Nusantara Surya Sakti. Nusantara Sakti Group adalah salah satu kumpulan beberapa perusahaan yaitu Nusantara Surya Sakti, Nusantara Sakti, dan NSC finance. Bagi anda yang pernah membeli kendaraan sepeda motor Honda maka anda mungkin pernah melihat ada dealer Honda yang bertuliskan Nusantara Surya Sakti maka disanalah tempat saya bekerja.
Diperusahaan ini saya bekerja sebagai seorang administrator yang bertugas membuat laporan dan mengupdate laporan. Jadwal kerja ditempat saya bekerja adalah mulai dari pukul 8.30-16.30 WIB pada hari senin - jumat dan pukul 8.30 - 16.00 WIB pada hari sabtu namun karena saya bekerja disalah satu cabangnya maka jadwalnya seperti itu namun jika bekerja dipusat atau Jakarta maka jadwal hari sabtunya adalah sekitar 8.30 - 13.00 WIB, yah bisa dibilang orang-orang cabang itu dituntut untuk rajin-rajin orangnya kalo dilihat dari jadwalnya. Belum lagi ternyata Dealer Honda juga buka pada hari minggu yang saya kurang tahu bukanya berapa jam karena saya belum mengalaminya. wuih wuih seolah seperti gak ada hari liburnya ya.

Aktivitas setiap pagi ketika masuk kerja yang dilakukan di Dealer Motor Honda adalah mengumpulkan para pegawai yang ada dikantor diruangan depan tempat pembayaran pembelian motor Honda dan showroom kendaraannya lalu 1 perwakilan HRD maju ditengah-tengah ruangan untuk mengatakan apakah ada pesan dari bagian bidang pekerjaan di Dealer Motor Honda umumnya yang disebutkan ditempat saya adalah bagian Dana Tunai, marketing, AHASS (Bengkel perawatan motor Honda), dan Piutang. Jika perwakilan dari bidang-bidang pekerjaan tersebut tidak ada pesan/informasi yang ingin disampaikan maka dilanjutkan dengan staff HRD tersebut meminta salah satu pegawai yang ada untuk memimpin doa bersama setelah berdoa kami selalu meneriakan Yell Yell yang katanya supaya lebih bersemangat yaitu N Nafas kami, S Semangat kami, S servis kami, NSS bla bla (krg seberapa dengar soalnya bilangnya bersama-sama dgn suara krg jelas). Setelah melakukan doa bersama, kami para pegawai kembali keaktivitas masing-masing sesuai dengan pekerjaan dan kesibukannya.

Di NSS untuk absennya dilakukan secara elektrik dengan cara memasukkan NIP (Nomor Induk Pegawai) dan meletakan jari di Finger Print dan memasukkan input kedalam komputer sampai anda benar-benar sudah terabsen. Absen tersebut dilakukan 2 kali yaitu pada saat masuk kerja dan pulang kerja, jika tidak absen pulang kerja maka ada potongan gaji.

Awalnya aku kurang tahu kenapa kok ada aturan ketat seperti penalti ketika menjadi SDP (Staff Development Program) dimana karyawan baru tersebut harus dilatih selama 1 tahun di Jakarta dan kemudian dikirim kesalah satu cabang NSS yang tersebar diseluruh Indonesia dengan gaji sekitar Rp 2.700.000 kalo gak salah dan melakukan kontrak kerja selama 3 tahun dimana jika mengundurkan diri sebelum 3 tahun maka harus membayar biaya penalti sebesar Rp 50.000.000. Menurut pamanku, alasan kenapa ada hal seperti itu adalah karena kemungkinan suasana kerjanya yang penuh banyak tekanan dan bikin pegawai tidak betah dan setelah aku mencobanya sendiri dengan masuk sebagai pegawainya ternyata hal itu benar adanya. Meski mungkin aku tidak betah dengan suasana kerjanya dan manajemen kerjanya namun tetap harus sedikit dibetah-betahin meski gak mood sekalipun.

Meski bekerja di Dealer Motor Honda sekalipun namun jika anda membeli sepeda motor di Dealer tersebut maka perlakuannya tetap sama seperti pembeli biasa artinya tidak ada potongan harga sama sekali karena kebijakan cabang adalah ketentuan yang sudah dibuat di Jakarta/kantor pusat. Hal itupun semakin menyiksaku ketika aku tahu kalo ketika liburan hari raya idul fitri ternyata tidak ada tambahan cuti bersama karena hari libur di Dealer adalah sama dengan tanggal merah artinya jika tidak ada tanggal merah artinya masih harus bekerja meski orang lain sedang menikmati liburan hari raya idul fitri. Gak bikin kesal gimana sudah suasana kerjanya membosankan dan lagi hari libur hari raya idul fitri gak ada siapa yang bisa betah.

Ditempat kerjapun rasanya aku sedikit bingung perbedaan antara diajari cara bekerja dengan diminta mengerjakan pekerjaan yang seharusnya bukan untukku tapi untuk orang yang mengajari padahal dia secara posisi bukan atasanku dan memintaku untuk melihatnya ketika sedang bekerja tanpa aku mengalami sendiri pekerjaan itu. Ditambah lagi kelihatannya posisi kerjaku kurang menguntungkan bagiku berdasarkan dari apa yang aku dengar yang artinya itu malah semakin membuatku jadi gak bersemangat dan tertarik untuk bekerja apalagi sebenarnya bukan bidangku bekerja dibidang admin karena pekerjaan admin itu butuh ketelitian, pembiasan, dan hati-hati karena berurusan dengan uang yang jumlah tidak sedikit salah salah bisa bukan menerima gajian malah dipotong gaji.

Ternyata aku bara sadar bahwa kita bisa bekerja dengan baik dan ingin bekerja disuatu perusahaan secara terus menerus adalah karena suasana kerja yang bersahabat dan membuat nyaman, jadwal kerja yang tidak mengekang pekerjanya, resiko dari pekerjaan tersebut serta gaji dan fasilitas yang sepadan.

Semoga ini menjadi pelajaran yang dapat diambil bagi pembaca blog dan semoga bermanfaat bagi anda.
http://udindss.blogspot.com/2012/07/berbagi-cerita-pengalaman-bekerja.html

0 komentar:

Poskan Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

YANG TERBARU DARI BAGINDAERY

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...