GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Sisi Lain Dunia: Perang Dunia 1

Written By Situs Baginda Ery (New) on Minggu, 05 April 2015 | 13.37

Pernah main game Entente?? pasti belum XD
game tersebut menceritakan tentang PD1 yang berlangsung di Eropa sebagai Theater Utama, gami ini bla bla bla, upss sorry OOT -_-
Oke, kali ini saya akan membahas tentang Perang Dunia 1.
A. Negara Yang Ikut Serta
perang dunia 1 (1914-1918) merupakan perang yang berlangsung dikawasan eropa sebagai theater utama, perang ini juga berlangsung di asia, namun dalam sekala kecil. perang ini melibatkan 2 blok, yakni blok poros (Central Power) yang diisi oleh Kerajaan Jerman, Kerajaan Otoman, dan Kerajaan Austria-Hungaria. sementara itu blok sekutu (Triple Entente) dikomandani oleh Britania Raya, Perancis, dan Kerajaan Rusia.

Dari gambar diatas kita bisa melihat bahwa terdapat 3 front, yakni front timur dan front barat. Front Barat di bawah sekutu dibawah komando Perancis dan Britania Raya melawan Kerajaan Jerman, sedangkan Front Timur Kerajaan Rusia kontra Kerajaan Jerman, Austria-Hungaria, dan Ottoman. untuk Front Selatan, sekutu dibawah komando Britania Raya memimpin yunani, serbia, dan Italia melawan blok poros.
B. Jalannya Peperangan
Front Barat
Peperangan di front barat berjalan sangat lambat namun sangat mematikan!!! perang di front ini dikenal dengan perang parit (Trench Warfare)

perang parit merupakan taktik terburuk bagi pasukan yang ingin melakukan operasi kilat (Blitzkrieg) selain teknologi dan persenjataan yang kurang memadai, taktik ini juga bersifat total defensive. Perang di front ini bersifat atrisi yakni perang penghabisan hingga titik darah terakhir “Siapa yang bertahan dia yang menang”. Perang di front ini berlangsung 4 tahun (1914-1918) yang akhirnya dimenangkan oleh pihak sekutu yang berhasil menjatuhkan kekaisaran jerman.
Front Timur
Perang yang melibatkan 140 divisi infantri dan 40 divisi kavaleri Kerajaan Rusia melawan 105 divisi infantri dan 22 divisi kavaleri Gabungan Austria-Jerman. berbeda dengan front barat yang menggunakan taktik parit. keadaan alam di rusia sulit untuk menetapkan taktik parit secara efisien dan efektif, karena luas dan bentang alam yang berbeda jauh dengan front barat (Perancis).

Pada front timur, rusia mengalami kekalahan karena terjadinya revolusi rusia yang menjatuhkan rezim Tzar dan digantikan dengan Soviet Russia. walaupun begitu tentara Jerman yang telah berperang di front ini di alihkan ke Front barat guna memperkuat front barat dari serbuan Amerika Serikat yang turut terjun ke Perang Dunia 1.
Front Selatan
Front yang terlibat adalah Italia dan negara negara Balkan
Denah Front Balkan

Denah Front Italia

Peperangan di front selatan tak berbeda dengan dua front sebelumnya yakni, Italia, Perancis, dan commonwealth melawan austria dan jerman, sedangkan front balkan lebih seru lagi,, Ottoman, jerman, austria di keroyok oleh Rusia, britania raya, dan beberapa negara balkan yang termasuk ke blok sekutu. salah satu operasi yang terkenal adalah pendaratan galipoli oleh pihak britania raya namun menjadi bencana militer terbesar pada zamannya.
Gambar Pendaratan Galipoli

C. Kesimpulan
Perang ini merupakan konflik manusia yang terburuk pada zamannya, konflik ini menelurkan beberapa paham yakni liberal, kapitalisme, komunisme, leninisme, nasional sosialis, fasis, dan militeris. terkotak-kotaknya bangsa jerman sehingga memicu dendam/revans akan kekalahan mereka pada pihak sekutu (yang nantinya akan menyebabkan perang dunia 2). perang ini mengubah taktik dan pemahaman militer secara mendalam
https://sebuahsisilain.wordpress.com/2013/06/02/perang-dunia-1/

0 komentar:

Poskan Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

YANG TERBARU DARI BAGINDAERY

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...