GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Membahas Kembali Sebab "Mahabharata" Booming di Indonesia

Written By Situs Baginda Ery (New) on Selasa, 07 April 2015 | 15.04

SERIAL asal India bertajuk Mahabharata sukses membetot perhatian penonton di Indonesia. Serial yang tayang di ANTV saban tiap malam ini menjadi primadona tontonan baru di kala ketatnya persaingan stasiun TV dalam meraih simpati penonton.
Rating serial ini seringkali menembus 10 besar bahkan hingga 3 besar. Lantas apa sebenarnya yang membuat serial ini menjadi populer di tengah masyarakat saat ini hingga di lapak-lapak DVD juga beredar kaset dari serial India ini?
Tentunya ada kunci sukses serial ini. Termasuk masalah promosi serial ini, ANTV terbilang niat dengan menayangkan promo panjangnya hampir di setiap programnya. Selain dari promo yang bagus, berikut ini adalah beberapa kunci kesuksesan serial Mahabharata di Indonesia:
Mahabharata Hadir di Tengah Kemonotonan Program TV

Coba saja hitung berapa jumlah sinetron dan acara pencarian bakat yang tayang saat ini di TV kita? Atau lihat saja acara komedi sejenis YKS, Pesbukers hingga Opera Van Java yang menjamur di TV kita. Dari sejumlah tayangan sejenis tersebut, ANTV memberanikan diri menayangkan sesuatu yang berbeda di jam primetime.
Awalnya, Mahabharata tidak diplot tayang primetime karena embel-embel awal tayang di slot jam 11 siang. Namun jelang beberapa hari sebelum tayang, ANTV memindahkan jadwalnya ke slot primetime. Hasilnya? Sukses besar! ANTV berhasil menghadirkan tontonan alternatif yang berbeda. Tidak heran jika Mahabharata menjadi booming di masyarakat. Apalagi Mahabharata menjadi satu-satunya serial India yang tayang di TV Nasional saat ini.
Dubbing yang Pas
Sukses sebuah serial asing tidak lepas dari proses dubbing atau penyulih suaraan dari bahasa aslinya ke bahasa Indonesia. Istilah inilah yang kemudian dikenal dengan nama dubbing. Jika tidak di dubbing tentunya tidak mungkin berbagai karakter di serial ini tiba-tiba saja bisa berbahasa Indonesia.
Studio dubbing yang dipakai oleh ANTV untuk serial ini memang sudah profesional dalam proses pendubbingan. Sebelumnya, studio dubbing ini sudah banyak melakukan dubbing untuk program Drama Korea di Indosiar. Saat ini, selain menyetor ke ANTV, studio dubbing ini juga menyetor untuk Rajawali TV (nama baru dari B Channel) untuk drama Korea You Are The Best Lee Soon Shin. Untuk Anda penikmat drama Korea tentu sudah tidak asing dengan suara para dubber profesional yang mengisi suara untuk berbagai karakter dalam serial Mahabharata ini.
Cerita yang Pas, Visual yang Keren, Pemain yang Tepat

Hadir dengan durasi hanya sekitar 20 menit lebih per episodenya membuat cerita Mahabharata tidak bertele-tele dan langsung pada intinya. Setiap episode membahas sebuah masalah yang biasanya memang seru. Dalam setiap episode, biasanya hanya fokus pada satu cerita saja, jadi tidak heran jika penonton terikat untuk terus menyaksikannya. Konflik-konflik lain baru akan dibahas pada episode-episode selanjutnya.
Anda juga pasti setuju dengan visual efek yang keren dari serial India ini. Hal ini tidak terlepas dari makin canggihnya teknologi perfilm-an dan serial di India sana. Mahabharata juga diklaim menjadi serial India termahal yang pernah dibuat hingga sekarang ini.
Para pemain juga berhasil menghidupkan lakonnya dengan baik. Sehingga tidak heran jika dengan keterampilan akting dan wajah-wajah pemainnya yang memikat, penonton terhanyut dengan lakon pemain yang mereka mainkan.
Masih Tayang di India

Banyak yang protes ke ANTV kenapa durasi Mahabharata hanya 30 menit saja per harinya. Durasi asli Mahabharata memang hanya sekitar 20 menit per episode, jika ditambah dengan iklan, Mahabharata yang tayang di ANTV, pas berdurasi 30 menit lebih.
Sebagai salah satu program berating tinggi di ANTV, ANTV tentu juga ingin jika durasinya diperlama. Namun perlu Anda ketahui, serial ini sendiri masih tayang di India sana dan sudah memasuki episode 200 ke atas. 
Dari pihak di sana, ANTV disarankan untuk menayangkan Mahabharata hanya satu episode saja per hari. Karena tentunya, jika dalam sehari ANTV menayangkan banyak episode, maka jumlah episode di sana akan terkejar oleh ANTV. Karena di Star Plus India sendiri, serial ini juga hanya tayang satu episode per harinya.
Termasuk serial yang masih tayang di negeri asalmya, menjadikan serial ini menjadi fresh dan banyak diperbicangkan, Tidak heran jika karena ini, Mahabharata menjelma menjadi salah satu program yang paling banyak ditonton hingga sampai artikel ini dibuat.
Apakah Anda salah satu penggemar Mahabharata juga?

http://allaboutduniatv.blogspot.com/2014/05/tv-guide-apa-sebab-mahabharata-booming.html

0 komentar:

Poskan Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

YANG TERBARU DARI BAGINDAERY

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...