GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Tidak ada yang tidak mungkin didunia, Bagaimana Gelar Tubagus dan Ratu Diperoleh?

Written By Situs Baginda Ery (New) on Kamis, 17 Oktober 2013 | 15.31

1381992498264577563
Ilustrasi/Admin (Kompas.com)

by: http://sosbud.kompasiana.com/2013/10/17/darimana-gelar-tubagus-dan-ratu-diperoleh-599597.html
Bagaimana Gelar Bangsawan Diperoleh
Pada acara ILC TVOne edisi Rabu, 16 Oktober 2013, dua narasumber yang cukup lama mengenal Haji Kasan, ayah Gubernur Banten Ratu Atut, yang menjelang akhir hayatnya dikenal sebagai Prof. Dr. (HC) Tubagus H. Chasan Sochib, mempertanyakan gelar Tubagus dan Ratu yang dipakai oleh Haji Kasan dan anak keturunannya.
  • Engkong Ridwan Saidi mantan politisi Partai Persatuan Pembangunan mengenal Haji Kasan sejak tahun 1970-an saat ia berkampanye bagi partainya. Engkong Ridwan menyarankan kepada juru bicara keluarga Ratu Atut untuk mencari tahu asal-usul Tubagus dan Ratu, gelar bangsawan Banten yang mereka pakai.
  • Benyamin Mangkudilaga, S.H., mantan Hakim Agung dan putra Banten asli lebih tegas menyatakan bahwa dulu H. Kasan orang biasa-biasa saja, tidak bergelar Tubagus. Salah seorang kerabat Benyamin Mangkudilaga disebutkan besanan dengan Haji Kasan, saat itu ya biasa-biasa saja (tak bergelar Tubagus maksudnya).
Gelar Tubagus dan Ratu dikenal sebagai gelar para keturunan bangsawan Banten. Mestinya penyandang gelar Tubagus dan Ratu mempunyai catatan silsilah keluarga yang mencatat asal-usul keluarga mereka dan asal-usul bangsawan yang menjadi nenek moyang yang menurunkan gelar Tubagus dan Ratu, syukur-syukur garis keturunan itu berhulu pada Maulana Hasanuddin, Sultan pertama Kerajaan Islam Banten.
Apa yang dilakukan oleh seorang jawara berpengaruh untuk mengklaim dirinya dan keturunannya pantas bergelar Tubagus (untuk laki-laki) dan Ratu (untuk perempuan) dalam sejarah Indonesia bukan hal baru. Jauh sebelumnya di Jawa Tengah kita mengenal seorang pemuda sakti mandraguna bernama Joko Tingkir, seorang pemuda biasa yang meniti karier dari prajurit tamtama Kerajaan Demak dan akhirnya melalui perkawinannya dengan salah satu putri Sultan Trenggono masuk ke lingkungan bangsawan istana sebelum akhirnya dinobatkan menjadi Sultan Hadiwijaya, penguasa Tanah Jawa.
Sebelum Joko Tingkir, ada lagi kisah sejarah di Jawa Timur, orang biasa yang menjadi bangsawan dan raja sebuah kerajaan. Siapa lagi kalau bukan Ken Arok? Dengan kelebihannya dalam keberanian dan olah kanuragan ia menjadi Raja Singasari setelah membunuh Raja Tunggul Ametung. Ken Arok mengambil alih tahta kerajaan sekaligus menyunting Ken Dedes, Janda Tunggul Ametung, sebagai permaisurinya.
Ilmu, Ngelmu dan Wahyu
Antara Haji Kasan, Joko Tingkir, dan Ken Arok, ketiganya mungkin mempunyai satu kesamaan, berilmu, ngelmu dan ketiban wahyu keraton, seperti saya baca dalam novel Karebet vs Penangsang, karangan Wawan Susatya:
  • Sama-sama ngelmu, orang yang dianggap sakti mandraguna pada zamannya. Bukan hanya kekuatan fisik, mungkin juga ketiga orang ini memiliki kelebihan dalam hal olah batin yang sangat diperlukan untuk merebut pengaruh di lingkungannya.
  • Sama-sama berilmu, artinya secara rasional ketiga orang ini cukup cerdas memanfaatkan situasi dan kondisi untuk mengangkat derajatnya sebagai pemimpin di lingkungannya. Dengan kelebihan ilmunya dibanding orang-orang di sekitarnya, mereka juga menjadi orang berharta dengan kelebihannya menguasai akses ke sumber pendapatan di sekitarnya.
  • Wahyu Kraton, sebenarnya untuk ukuran zaman sekarang merupakan sesuatu yang irasional, namun pada zaman kuno, misalnya pada Joko Tingkir dan Ken Arok, mereka diyakini telah ketiban cahaya wahyu kraton. Untuk Haji Kasan mungkin wahyu kraton ini tak ada, karena zaman sudah berubah.
Ganti Nama Belakang di Jawa Barat

Di Jawa Barat bagian timur selatan, saya perhatikan ada kebiasaan mengganti nama atau menambahkan nama belakang dengan nama yang lebih berwibawa, yang bernuansa menak atau bangsawan. Tahun 1970-an mahasiswa tingkat akhir di sebuah Perguruan Tinggi Pertanian saya perhatikan banyak yang menambah nama baru di belakang nama aslinya, sehubungan dengan keberhasilannya meraih gelar sarjana. Misalnya seseorang bernama Yahya Untarya menjadi Yahya Untarya Puradireja atau Kurhaedi menjadi Kurhaedi Astrawinata.
Mengganti nama belakang dengan nama berbau bangsawan juga terjadi pada orang-orang yang sukses dalam karirnya.  Seorang pejabat yang sukses dalam kariernya misalnya semula bernama Muhammad Amrin, berganti nama menjadi Amrin Wirakusumah.
Apakah penyandang nama belakang berbau bangsawan itu benar-benar keturunan bangsawan atau menak Sunda zaman dulu? Apakah pak Haji Kasan benar-benar seorang Tubagus?  Wallahualam.
What’s in a name? that which we call a rose
By any other name would smell as sweet

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...