GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Sebuah Sisi Lain Andi Mallarangeng: Mengenang Andi Mallarangeng Kala di Istana

Written By Situs Baginda Ery (New) on Jumat, 18 Oktober 2013 | 15.13

13820729381501734162
Ilustrasi/Admin (Kompas.com)

by: http://politik.kompasiana.com/2013/10/18/mengenang-andi-malarangeng-kala-di-istana--601549.html
KPK akhirnya menahan Andi Malarangeng, kemarin. Penahanan dilakukan KPK setelah sekira satu tahun menetapkan status tersangka kepada mantan Menpora tersebut. Selama menyandang status tersangka, saya sesekali melihat Andi muncul di televisi. Namun, nada bicara dan pembawaannya jauh berbeda saat ia masih menjadi Juru Bicara Presiden.
Kebetulan, pada tahun 2007 hingga tahun 2009, saya ditugaskan oleh Harian Kontan untuk meliput di Istana Kepresidenan. Sebagai wartawan Istana, saya dan rekan-rekan jurnalis bertemu Andi nyaris setiap hari. Maklumlah, kala itu Andi adalah Jubir Presiden untuk urusan dalam negeri, sedangkan Jubir Presiden untuk urusan luar negeri adalah Dino Pati Jalal.
Bang Andi, begitu ia kami sapa, pembawaannya begitu berbeda dibandingkan Dino. Andi terlihat lebih santai, sedangkan Dino terlihat agak jaim, mungkin karena ia adalah seorang diplomat. Dari cara bicara, saat menjadi Jubir, Andi lebih ceplas-ceplos.Ia kerap memberikan statement yang to the point. Beda sekali dengan Julian Pasha, Jubir Presiden saat ini, yang terkesan sangat hati-hati dalam mengeluarkan pernyataan kepada wartawan.
Mudah-mudahan Kompasianer masih ingat saat Andi Malarangeng menyindir Jusuf Kalla, ia menyebut orang Makassar belum waktunya untuk jadi presiden. Ucapan Bang Andi ketika itu menjadi kontroversi. Mungkin, latar belakang Andi sebagai pengamat politik membuatnya sulit untuk jaim. Saat menjadi jubir ia terlihat begitu ekspresif. Oya, saat menjadi Jubir ia selalu menyapa para wartawan Istana dengan sebutan “bos”.
Selain dari gaya bicaranya, satu hal yang masih saya ingat dari Bang Andi adalah cara dia berjalan dan gerak tubuhnya. Menurut saya, Andi sangat berbeda dari juru bicara atau humas kebanyakan. Jalannya relatif cepat dengan gerak tubuh yang santai sekali. Berbeda dengan Dino yang cara jalannya terkesan diatur dan ditata betul.
Sohor sebagai Pengamat Politik
Cara bicara Andi yang ekspresif dan gerak tubuhnya yang terlihat santai, mungkin karena ia mengawali karir sebagai dosen dan pengamat politik. Dulu, saat Andi masih menjadi pengamat politik, setiap kali muncul di televisi kritiknya cukup lugas, dan analisis politiknya bernas.
Sewaktu belajar politik dan pemerintahan di Unpad, tahun 2000, saya cukup mengagumi Andi Malarangeng. Ketika itu, ia adalah salah satu pengamat yang cukup sering tampil di media, selain Arbi Sanit, Indria Samego, Indra Piliang, Sukardi Rinakit, Ikrar Nusabakti, dan beberapa pengamat lain.
Tapi, setahun terakhir, sejak ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK, Andi sangat berbeda. Ia tidak lagi ceplas-ceplos berbicara. Pembawaan dan gerak tubuhnya pun terkesan tidak lagi ekspresif. Wajar memang, sebab sengkarut Hambalang yang menderanya tergolong jumbo.
Namun, “perubahan” Andi ini berbeda dengan rekan lawasnya di Partai Demokrat, Anas Urbaningrum. Andi terkesan lebih pasrah, sedangkan Anas terkesan “melawan”.
Pagi tadi saya coba melayangkan sebuah pesan singkat ke nomor Andi Malarangeng, entah nomornya masih sama atau sudah berubah. Saya tulis: “Bang Andi bicaralah apa adanya seperti dulu saat masih di Istana. Semoga Anda dapat menemukan kebenaran di muka pengadilan”. Yohan Rubiyantoro, Wartawan Istana Kepresidenan 2007 – 2009.

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...