GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

HUKUM QOZA’ ( Mencukur Rambut Kepala Tidak Rata ) DALAM ISLAM

Written By Situs Baginda Ery (New) on Rabu, 16 Oktober 2013 | 11.58



Dijawab oleh: Muhammad Wasitho Abu Fawaz
20130109-114656.jpg

by: http://abufawaz.wordpress.com/2013/01/09/hukum-qoza-mencukur-rambut-kepala-tidak-rata-dalam-islam/
Masalah 14: HUKUM QOZA’ (Mencukur Rambut Kepala Tidak Rata) Dalam Syari’at Islam
Tanya:
Assalamualaikum, akhir2 ini sering liat potongan rambut anak yg gak rata, ada bagian yg” dipitakin” ada bag yg lebih tinggi dr yg lain..jd seperti beralur…sy pernah baca hadist yg kira2 bunyinya melarang mencukur rambut tidak rata? Krn menyerupai org kafir…kl benar adanya bs dijelaskan hadist aslinya dan apakah contoh rambut diatas termasuk didalamnya, terima kasih
Jawab:
وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ
Bismillah. Memang benar mencukur rambut secara tidak rata atau disebut dengan Qoza’ (yakni sebagian rambut kepala dicukur dan sebagian yg lain dibiarkan) adalah trmasuk perbuatan yg dilarang dlm syariat Islam. Dan para ulama telah mnyatakan bhwa hal tsb hukumnya makruh. Berikut ini akan sy sebutkan hadits yg melarangnya:
عَنِ ابْنِ عُمَرَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – نَهَى عَنِ الْقَزَعِ
Dari Ibnu Umar radhiyallahu anhu, ia berkata: “Rasulullah (shallallahu alaihi wasallam, pent) melarang Qoza’ (yakni mencukur sebagian rambut dan membiarkan sebagian lainnya, pent).”. (HR. Bukhori V/2214 no.5577 bab Al-Qoza’, dan Muslim III/1675 no.2120, bab Karohatu Al-Qoza’).
Dan di dalam hadits lain, diriwayatkan dari Ibnu Umar Radhiyallahu anhu, dia berkata:
رأى النبي صلى الله عليه وسلم صبياً قد حلق بعض شعر رأسه وترك بعضاً فقال: (احلقه كله أو دعه كله)
“Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam melihat seorang anak yang dicukur sebagian rambut kepalanya dan dibiarkan sebagian yang lain, maka beliau melarang perbuatan mereka itu dengan bersabda: “Cukurlah seluruhnya atau biarkan saja seluruhnya.” (HR. Ahmad II/88, Abu Dawud no. 4195, dan An-Nasa-i no.5048).
Imam An-Nawawi rahimahullah berkata: “Para ulama telah sepakat secara ijma’ akan makruhnya hukum qoza’ kecuali jika ada keperluan seperti pengobatan atau bekam.”
Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullah berkata: “Dan ini termasuk kesempurnaan kecintaan Allah azza wajalla dan Rasul-Nya shallallahu alaihi wasallam terhadap sikap adil. Karena sesungguhnya Dia senantiasa memerintahkan keadilan sekalipun dlm urusan pribadi seseorang. Dimana Allah telah melarangnya mencukur sebagian rambut kepalanya dan membiarkan sebagian rambut yang lain (tanpa dicukur). Sebab yg demikian itu trmasuk bentuk kezholiman trhadap (kulit) kepala, yaitu dengan membiarkan sebagiannya tertutupi rambut dan sebagian yg lain terbuka.” (Lihat Tuhfatul Maudud hal.64).
Jadi apa yg ibu gambarkan di atas termasuk dlm makna Qoza’. Sy punya beberapa gambaran / foto Qoza’ yg dijelaskan oleh ibnul Qoyyim rohimahullah. Tapi إِنْ شَاءَ اللّهُ Allah akan sy muat di dlm blog dakwah berikut ini. http://abufawaz.wordpress.com.
Demikian jawaban yang dapat kami sampaikan. Smg menjadi tambahan ilmu yg bermanfaat bagi kita semua. :)
(Sumber: BlackBerry Group Majlis Hadits, Chat Room Tanya Jawab)

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...