GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Berita Calon Presiden 2014: Prediksi Capres dan Wapres 2014 Mendatang

Written By Situs Baginda Ery (New) on Kamis, 17 Oktober 2013 | 15.55

by: http://politik.kompasiana.com/2013/10/17/prediksi-capreswapres-2014-599751.html
Rakyat Indonesia mau tak mau harus menentukan siapa pemimpin baru mereka mulai 2014 mendatang.  Ditengah hujatan tak henti-hentinya oleh sekitar 40% penduduk Indonesia yang tidak memilihnya di 2009 lalu, Presiden SBY mungkin tetap mempunyai peluang terbesar untuk dipilih kembali. Namun UU Dasar 1945 tidak memungkinkan hal tersebut.  Oleh karena itu harus ada kandidat presiden/wapres lain yang perlu kita pilih tahun depan.

Untuk itu, kita perlu pikirkan apa prioritas kita di tahun 2014-2019? Pemerataan, Pertumbuhan Ekonomi, atau Kepastian Hukum?
http://www.cvm.ncsu.edu/class/2014/images/2014.jpg
Tanpa menafikan calon-calon lain, jika pemerataan yang menjadi kebutuhan utama masa depan, kandidat terkuat adalah Jokowi atau Megawati. Kalau Pertumbuhan Ekonomi, adalah Dahlan Iskan. Sedangkan kepastian hukum  dijagoi oleh Machfud MD.  Kandidat ini sipil semua. Sehingga kandidat kuat untuk wapres cenderung yang ada pengalaman disiplin/militer.

Berkaca pada masa presiden yang cukup lama memerintah Indonesia. Bung Karno fokus pada “mangan ora mangan kumpul” atau pemerataan. Pak Harto mengejar pertumbuhan ekonomi, sedangkan SBY berusaha membentuk kepastian hukum.  Kontribusi presiden yang singkat masa pemerintahannya: Gus Dur, Pak Habibie, dan Ibu Mega adalah menjaga keutuhan NKRI. Tanpa beliau bertiga terakhir, Indonesia mungkin sudah pecah menjadi 9-12 negara kecil dan primordial.

Kembali ke calon pemimpin bangsa tahun 2014-2019, Jokowi atau Megawati mempunyai peluang besar terpilih jika memilih calon wakil presiden yang tepat, yaitu mampu fokus pada pertumbuhan ekonomi atau kepastian hukum. Ada beberapa pilihan cawapres: Jusuf Kalla, Ahok, Aburizal Bakrie, Hatta Radjasa, Gita Wiryawan, Abraham Samad, Yusril Ihza Mahendra, Prabowo Subianto.

Dahlan Iskan memerlukan cawapres yang mau fokus dalam pemerataan pembangunan dan kepastian hukum. Beberapa nama yang mungkin dipilih sebagai cawapres adalah: Anis Baswedan, Machfud, Prabowo Subianto, Edi Pramono Wibowo, Abraham Samad,Wiranto

Machfud MD butuh cawapres yang ahli meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan pemerataan sosial ekonomi.  Sehingga pilihan Machfud MD untuk cawapres seyogyanya antara lain Dahlan Iskan, Jusuf Kalla, Hatta Radjasa, Aburizal Bakrie,  Anis Baswedan,  dsb.

Jika yang maju hanya Jokowi/Megawati, Dahlan Iskan, dan Machfud MD; maka pasangan capres/cawapres di 2014 kemungkinan besar adalah: Megawati/Prabowo, Jokowi/Hatta Radjasa atau Jokowi/Abraham Samad, Dahlan Iskan/Wiranto atau Dahlan Iskan/Prabowo atau Dahlan Iskan/Abraham Samad, dan Machfud/Jusuf Kalla.  Kombinasi lain mungkin ada, namun perlu  usaha lebih keras selama beberapa bulan ke depan untuk dapat diterima masyarakat yang majemuk ini.

Siapapun yang terpilih, nampaknya hanya dapat fokus 2 dari 3 hal (pemerataan, pertumbuhan ekonomi, dan kepastian hukum), sehingga terbuka ruang yang lebar bagi partai oposisi di tahun 2014-2019 untuk berkontribusi dalam kehidupan demokrasi Indonesia yang luar biasa.

Semoga sukses dan hidup Indonesia!!!!

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...