GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Misteri Piring 700 Tahun di Sungai: KunoHeboh Piring Kuno Berusia 700 Tahun di Sungai

Written By Situs Baginda Ery (New) on Senin, 10 Maret 2014 | 20.26

KOTAWARINGIN TIMUR - Berniat mencari kayu tenggelam di dasar Sungai Mentaya Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, empat orang penyelam tradisional secara tidak sengaja menemumkan sebuah piring kuno. Piring antik ini diperkirakan telah berusia tujuh abad.
http://wahyusiswaningrum.files.wordpress.com/2012/11/tanda-seru-image.png
Sontak saja temuan ini membuat warga Desa Pelangsian, Kecamatan Mentawai Baru, Ketapang Sampit, heboh. Menurut Mistar Hadi, salah seorang penyelam yang menemukan piring kuno tersebut, awalnya dia dan rekan-rekannya mengira piring yang ditemukan hanya benda biasa. Namun setelah diperhatikan ternyata mirip piring kuno, karena setelah dilihat tertera tulisan tahun 1636.

Tampak pada bagian atas piring sebuah gambar dengan motif bunga yang mengelilingi piring. Di tengah-tengah piring juga terukir gambar beberapa rumah dan sejumlah orang yang sedang beraktifitas menggunakan sampan. Tergambar jelas kehidupan masyarakat pada masa itu melalui piring antik ini.

Selain itu pada bagian bawah piring juga tertera tulisan menggunakan tinta khusus bertuliskan wildrose dengan keterangan tahun pembuatan 1636.

Mistar mengaku, dia sempat mendapatkan tawaran dari salah seorang warga Tionghoa yang ingin membeli piring tersebut dengan harga ratusan juta rupiah. Namun dirinya menolak karena merasa piring tersebut bukan miliknya dan rekan-rekannya.

Sementara itu, Kepala Desa Pelangsian, Darmansyah, mengatakan, untuk sementara waktu piring antik ini diamankan oleh jajaran perangkat desa.

Mendapat kabar adanya temuan benda kuno, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kotawaringin Timur, Calon I Ranggon, langsung terjun ke lokasi penemuan. Dia penasaran sekaligus ingin membuktikan kebenaran kabar yang beredar bahwa piring tersebut berasal dari era Kerajaan Sampit.

Menurut dia, untuk mengetahui keaslian piring ini pihaknya akan mempelajari terlebih dulu kemungkinan piring ini tertimbun di dasar sungai atau tidak. Jika benar, maka ada kehidupan masa lalu di Desa Pelangisan. Namun jika diketahui piring hanyut dibawa arus sungai kemungkinan kehidupan masa lalu ada di selatan atau utara.

Calon menambahkan, mengingat piring tersebut merupakan benda bersejarah, maka Disbudpar akan mengoleksinya. Namun, apakah benda bersejarah tersebut akan dihibahkan atau tidak, semuanya diserahkan pada pihak yang menemukan.
(Norman Syah/Sindo TV/ful)
http://news.okezone.com/read/2014/03/05/340/950384/heboh-piring-kuno-berusia-700-tahun-di-sungai

0 komentar:

Poskan Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

YANG TERBARU DARI BAGINDAERY

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...