GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Bisnis Ikan Koi - Cara Beternak Ikan Koi - Belajar Bisnis Ikan

Written By Situs Baginda Ery (New) on Kamis, 09 Januari 2014 | 10.46

 
 
 
 
 
Ikan koi tidak pernah sepi dari peminat. Ini terbukti dari jumlah penggemar ikan koi yang semakin bertambah dari hari ke hari. Hal inilah yang mendasari mengapa bisnis budidaya ikan koi masih merupakan bisnis yang memiliki prospek yang sangat bagus dewasa ini. Oleh karena itu, bila kita ingin turut meraup untung di bisnis ini, kita harus bisa menguasai cara beternak ikan koi yang benar karena selain  besarnya keuntungan yang menggiurkan, beternak ikan koi juga memiliki resiko yang bisa dibilang tidak kecil.
 
Berikut ini adalah cara cara beternak ikan koi:
 
1. MEMILIH IKAN KOI YANG BERKUALITAS
 
Hal - hal yang harus diperhatikan dalam memilih ikan koi adalah: bentuk badan (memiliki perbandingan tinggi dan panjang 1:2,5 atau 1:3, bentuk punggung yang lurus, bentuk badan yang bulat tetapi tidak terlalu gemuk), gaya berenang (tenang dan kadang berlenggak lenggok dengan seimbang. Sirip dada dan sirip perut harus seimbang), warna dan pola warna (harus cemerlang, kontras, dan memiliki batas yang jelas antarpola warnanya), dan kesehatan (jangan memilih ikan koi yang lesu, diam saja di dasar kolam/permukaan air, tidak begairah untuk berenang, dan tutup insangnya bergerak cepat)
 
2. SIAPKAN KOLAM YANG MEMADAI
 
Kolam untuk beternak ikan koi haruslah sebuah kolam yang bersih. Untuk bentuknya bisa berupa persegi panjang ataupun bulat. Yang terpenting adalah jangan lupa untuk memperhatikan kualitas air dimana suhu air harus berkisar antara 24 - 26 derajat celcius, pH yang agak basa antara 7,2 hingga 7,4 , kandungan karbon dioksida maksimal 10 pp, dan kandungan nitrit maksimal 0,2
 
3. PEMBERIAN PAKAN
 
Jenis dan kualitas pakan yang kita berikan pada ikan koi akan berpengaruh pada tampilan warna ikan koi kita. Pakan yang baik untuk ikan koi adalah pakan yang mengandung protein hewani dan nabati serta memiliki kandungan multivitamin. Kebutuhan makanan ikan koi adalah sekitar 3-5% dari jumlah bobot ikan. 
 
4. MENGENALI ANEKA PENYAKIT DAN CARA PENANGGULANGANNYA
 
Ikan koi bukan termasuk ikan yang tahan banting. Sehingga akan sangat rentan terkena berbagai macam jenis penyakit. Oleh karena itu, supaya kita bisa langsung mengambil tindakan bila terjadi sesuatu dengan ikan koi kita maka kita akan bisa langsung menanganinya sendiri
 
5. PANEN
 
Panjang ikan koi yang sudah bisa dipanen adalah sekitar 20cm. Jangan lupa untuk memisah - misahkan ukuran panjang tubuh ikan koi pada saat panen sehingga memudahkan kita untuk menghitung hasil beternak ikan koin kita
http://carapedia.com/beternak_ikan_koi_info3052.html

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...