GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Siwalan & Legen, Pelepas Dahaga Penambah Sperma ( Secara alamiah di musim kemarau (keadaan cuaca panas) seperti sekarang ini, umumnya orang lebih banyak mengonsumsi air minum dibanding pada saat musim hujan )

Written By Situs Baginda Ery (New) on Sabtu, 09 November 2013 | 20.17

1383973673646415847
Ini dia buah siwalan itu

by: http://wisata.kompasiana.com/jalan-jalan/2013/11/09/siwalan-legen-pelepas-dahaga-penambah-sperma-606513.html
Secara alamiah di musim kemarau (keadaan cuaca panas) seperti sekarang ini, umumnya orang lebih banyak mengonsumsi air minum dibanding pada saat musim hujan. Hal ini dikarenakan cairan tubuh banyak keluar dalam bentuk keringat akibat aktivitas keseharian.
Untuk itu tubuh kita secara otomatis membutuhkan cairan dalam jumlah cukup yang ditunjukkan dengan meningkatnya keinginan untuk minum atau upaya mengonsumsi bahan-bahan makanan lain yang banyak mengandung air seperti sayur-mayur dan buah-buahan.
1383973768732108057
Lebih dekat dengan buah siwalan
Ketika Anda melakukan perjalanan di beberapa daerah di Indonesia, khususnya daerah-daerah yang berada di sepanjang Pantai Utara Jawa Timur seperti Kota Gresik, Lamongan dan Tuban. Di sepanjang jalan beberapa daerah itu Anda akan menemukan karunia alam berupa buah dan air nira yang bisa menjadi pelepas dahaga alternatif selain air putih yang Anda bawa.
13839739901302263903
Di belakang pom bensin Situbondo ini juga ada pohon siwalan
Masyarakat setempat menyebutnya dengan nama buah “siwalan” dan air nira yang diperoleh dengan proses menyadap pelepah pohon siwalan itu dinamakan air  “legen”. Banyak pedagang siwalan dan legen yang bisa Anda temukan di pinggiran jalan daerah itu.
1383974158467644984
Duh segarnya siwalan ini
Ada juga masyarakat yang menyebutnya dengan nama buah “lontar” atau “ental”. Buah siwalan memiliki daging buah berwarna putih bening sedikit kenyal, manis dan berair. Bila agak tua daging buahnya lebih keras dan kenyal rasanya sepah. Sepintas rasanya mirip buah kelapa muda (Jawa=degan) atau buah kolang-kaling karena memang tanaman-tanaman itu termasuk dalam satu famili tumbuhan Monokotil (tumbuhan berbiji tunggal).
13839742681726992950
Pedagang siwalan dan legen di Gresik
Pohon siwalan mirip kelapa atau tanaman palem raja. Tingginya bisa mencapai puluhan meter. Usia produktif bisa mencapai puluhan tahun. Tanaman  yang bernama ilmiah Borassus flabellifer  ini memiliki daun yang lebar mirip kipas.
Buah siwalan dan air legen menjadi bahan makanan yang “pas” untuk dikonsumsi dalam perjalanan di saat musim panas seperti sekarang ini. Keduanya seolah menjadi bagian yang tak terpisahkan satu sama lain. Buah siwalan diyakini mampu melegakan tenggorokan yang kering akibat kehausan. Sementara itu air legen mengandung cairan isotonis yang sanggup menggantikan keluarnya cairan tubuh berupa keringat akibat perjalanan panjang yang sangat melelahkan itu.
13839743872051081919
Mengupas buah siwalan
Menurut para ahli gizi dan pangan, air legen yang manis itu ternyata mampu memperbaiki fungsi ginjal, mengatasi gejala impotensi dan meningkatkan produksi sperma. Makan buah siwalan dan minum air legen bagi sebagian orang mampu memulihkan stamina yang mulai menurun. Daging buah siwalan tua bisa juga dimanfaatkan untuk obat penyakit kulit.
13839744801258457174
Berdagang siwalan dan legen di pinggir usaha tambak warga Desa Cerme, Gresik-Jawa Timur
Dulu para pedagang legen menggunakan bejana panjang mirip bambu (Jawa=bonjor) untuk menjajakan air legennya. Sekarang jarang kita jumpai. Mungkin akan memberatkan penjualnya. Saat ini air legen dikemas dalam botol bekas air mineral berukuran 1,5 literan. Dan dipajang di atas mobil-mobil pick up di pinggir jalan lengkap dengan buah siwalannya. Sepintas terlihat lebih praktis tapi kualitas belum tentu terjamin.
Bila Anda kurang beruntung atau salah memilih maka buah siwalan tua yang akan Anda peroleh. Namun Anda tak perlu khawatir. Kandungan karbohidrat yang tinggi dari buah siwalan tua ini ternyata mampu “mengganjal” sementara perut Anda yang sudah mulai keroncongan. Makan beberapa buah siwalan tua setidaknya akan mengatasi rasa lapar selama berkendara.
13839746031930237560
Air legen yang dikemas dalam botol bekas air mineral 1,5 literan
Untuk mendapatkan buah siwalan dan air legen berkualitas baik ternyata tidak mudah. Biasanya sebagian orang mendatangi langsung petani (pemilik) pohon siwalan yang saat itu sedang panen. Dan ini jarang dilakukan karena harus mempunyai kenalan petani pohon siwalan. Berburu siwalan dan legen di pinggir-pinggir jalan harus memiliki trik-trik khusus.
Untuk buah siwalan mungkin jarang pedagang melakukan penipuan namun kecurangan yang sering dijumpai justru pada air legen yang sudah tidak “murni” lagi. Para pedagang itu telah mencampurnya entah dengan apa sehingga rasanyapun sudah berubah dan manisnya tidak alamiah lagi.
Air legen yang diperoleh dari penyadapan (Jawa=nderes) pelepah pohon siwalan berjenis kelamin jantan itu rasanya manis alamiah. Tidak ada rasa getirnya akibat pengaruh pemanis kimia dan tak tahan lama. Bahkan dalam hitungan beberapa jam saja akan mengalami proses fermentasi akibat aktivitas mikroba tertentu. Proses penyimpanan yang tepat akan membuat legen lebih awet. Memang sebaiknya segera dikonsumsi agar tidak kelamaan yang akhirnya menjadi “tuak” yang memabukkan itu.
1383974697797823308
Saat melancong ke Gresik memang asyik berburu siwalan dan legen. Apalagi musim kemarau seperti sekarang ini.
Terlepas dari kurang lebihnya buah siwalan dan air legen, yang pasti buah dan air nira ini sangat cocok dikonsumsi saat Anda melancong ke daerah-daerah di kawasan Pantai Utara Jawa Timur. Apalagi di musim kemarau seperti sekarang, buah ini seharusnya menjadi potensi alam yang tak terlewatkan begitu saja.

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...