GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Berita Terbaru Tentang Arnold Schwarzenegger: Cerdas Keuangan Bersama Arnold Schwarzenegger

Written By Situs Baginda Ery (New) on Sabtu, 09 November 2013 | 20.48

Ilustrasi/Admin (KOMPAS.com)

by: http://ekonomi.kompasiana.com/moneter/2013/11/09/cerdas-keuangan-bersama-arnold-schwarzenegger-609077.html
“I have plenty of money, unlike other Hollywood celebrities or athletes that haven’t invested well” – Arnold Schwarzenegger
Kecenderungan alami setelah memperoleh kekayaan bagi sebagian orang adalah meningkatkan gaya hidupnya. Terlebih mereka yang berasal dari ekonomi kurang beruntung, lebih rentan mengidap penyakit Orang Kaya Baru (OKB). Setelah mencicipi kekayaan baru, muncul dorongan melampiaskan masa lalu yang miskin: sekarang saatnya memanjakan diri dengan membeli rumah, mobil, tas impian dsb.
Bila Anda salah satu dari sebagian orang yang merasakan dorongan tersebut, belajarlah dari Arnold Schwarzenegger.
Masyarakat mengenal Arnold sebagai binaragawan, salah satu bintang laga Hollywood dengan bayaran tertinggi dan terakhir sebagai gubernur California. Namun tahukah Anda bahwa kesuksesan Arnold didukung oleh kemampuannya mengelola keuangan pada awal karirnya sebagai binaraga? Tulisan ini berdasarkan buku autobiografi Arnold yang baru habis saya baca, Total Recall: My Unbelievably True Life Story.
Sebenarnya banyak pelajaran hidup yang bisa dipetik dari Arnold, namun untuk tujuan artikel ini hanya sisi finansialnya yang dikupas.
Arnold lahir dari keluarga miskin di Austria pada tahun 1947. Melihat olah raga binaraga sebagai tiket keluar dari kemiskinan menuju Amerika, dia berlatih sangat keras yang akhirnya berbuah manis dengan memenangkan berbagai kontes binaraga lokal. Pada tahun 1968 Arnold diundang berlatih di Los Angeles pada usia 21 dibawah bimbingan Joe Weider.
Merasa sudah mencapai puncak karir binaraga selepas memenangkan kontes Mr. Olympia untuk ketujuh kalinya, Arnold mencari tantangan baru dan memutuskan akan menjadi seorang bintang Hollywood dengan ketenaran yang tidak kalah gemerlap dalam binaraga.
Di Hollywood dia bukan siapa-siapa dan harus memulai dari nol. Beberapa studio menawarkan beberapa peran namun kebanyakan ditolak karena perannya ‘kurang penting’. Mereka yang bercita-cita menembus Hollywood kebanyakan langsung menyambar tidak peduli sekecil apapun perannya, yang penting dapat dulu dan lagi pula mereka butuh uang untuk makan.
Tapi tidak untuk Arnold.
Arnold sanggup menunggu peran yang tepat karena sudah mantap secara finansial. Ini berkat pengamatan pada awal sukses karirnya sebagai binaragawan di Amerika. Dia melihat kebanyakan imigran langsung membeli rumah ketika kondisi finansialnya mulai menanjak. Namun Arnold memiliki visi American Dream yang berbeda. Dia tidak suka harus menggantungkan cita-citanya di tangan orang lain hanya karena halangan keuangan. Dari situ Arnold memutuskan ingin mantap secara finansial terlebih dahulu baru mengejar American Dream versi dirinya sendiri.
Setiap $1 yang diterima, diubah menjadi $3 lewat bisnis mail-ordering, menulis buku binaraga, kolaborasi film documenter, berjualan peralatan fitness, investasi properti bahkan pernah juga buka usaha bangunan bersama sesama binaragawan Franco Columbu.
Bila tipikal imigran membeli rumah bergaya McMansion setelah punya uang, Arnold memilih membeli satu gedung apartemen sebagai investasi. Alhasil Arnold berhasil menjadi jutawan pada usia 30.
Uang Untuk Jangka Panjang
Arnold sebenarnya rentan terjebak sindrom OKB (Orang Kaya Baru) mengingat masa kecilnya yang miskin. Tidak seperti selebritis-selibritis lain yang jatuh bangkrut karena berfoya-foya setelah mencicipi kekayaan, contoh mendiang Michael Jackson dan Mike Tyson. Arnold mengerti kekuatan lain uang.
Pada awal karirnya di Hollywood, kondisi finansialnya memungkinkan dia mengatakan tidak pada peran-peran kecil yang dinilai tidak akan membesarkan namanya. Setelah pundit-pundinya bertambah berkat berbagai film yang dibintangi sebagai peran utama, Arnold dengan enteng mengeluarkan beberapa juta dollar dari kocek sendiri untuk mendanai kampanye pemilihan gubernur California. Setelah terpilih Arnold memilih tidak menerima gaji gubernur sebesar $175,000 per tahun karena sudah berkecukupan, apalagi mengingat California sedang diambang kebrangkutan pada saat itu.
Tentu saja Arnold juga menggunakan uangnya untuk bersenang-senang. Tapi saya yakin dia tidak akan mengikuti jejak selebritis-selebritis bangkrut karena mengidap penyakit OKB.
Arnold pernah berkata: “money doesn’t make you happy. I now have $50 million but I was just as happy when I had $48 million” - Uang tidak membuat Anda bahagia. Saya sekarang punya $50 juta tapi saya sama bahagianya ketika memiliki $48 juta.
Dengan kata lain, uang hanyalah alat bukan tujuan akhir itu sendiri.  Uang berlimpah tidak akan membawa kebahagiaan dengan sendirinya, namun apa yang Anda gunakan dengan uanglah yang akan menentukan kebahagiaan Anda.
Uang sudah terbukti memudahkan Arnold melakukan ‘transformasi diri’ sepanjang karirnya. Kita mungkin tidak sekaya Arnold, tapi bolehlah kita mulai berpikir bagaimana uang yang sudah diperoleh memberi kita fondasi hidup yang mantap dalam jangka panjang.

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...