GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

MASALAH KEJIWAAN ANAK: Analisa Bakat Psikopat pada Anak

Written By Situs Baginda Ery (New) on Selasa, 05 November 2013 | 19.39

13771630561659544387
sumber foto : www.nodeju.com

by: http://kesehatan.kompasiana.com/kejiwaan/2013/08/22/mengerikan-bakat-psikopat-pada-anak-585609.html
Analisa Bakat psikopat pada anak dan Bagaimana solusinya…?
Rio (bukan nama sebenarnya)  15 tahun, adalah anak yang di kenal cerdas disekolah, selain itu ia cukup aktif dalam mengikuti penelitian-penelitian ekstra kulikuler, meski ia agak tetutup dengan teman-teman yang lain tetapi ia cukup populer disekolahnya, kemudian terjadilah hal yang menggemparkan, yaitu saat rio dituduh telah memukul orang dengan martil, setelah di interogasi barulah rio mengakui bahwa ia memang ia yang melakukan hal tersebut, dengan alasan, karena ia pernah dipalak (dimintai uang) oleh si korban. Yang menjadi aneh adalah sikap rio yang dingin dalam mengeksekusi korban yang jauh lebih besar dari dirinya, ia menceritakan saat itu korban dalam kondisi tertidur kemudian ia memukulkan martil ke kepala korban, setelah itu rio pulang kerumah tanpa ekspresi dan rasa bersalah. beruntung nyawa korban dapat diselamatkan dan  keluarganya bisa diajak untuk berdamai.
Kisah diatas merupakan kejadian umum yang terjadi disekitar kita.
Bahkan yang lebih mengejutkan lagi berdasarkan informasi www.psychologytoday.com/ di Amerika Serikat Antara 1977 dan 1986, lebih dari 300 orang tua dibunuh setiap tahun oleh anak-anak mereka sendiri. Sungguh mengerikan…
Meski tidak semua psikopat itu menjadi pembunuh, tetapi pada kenyataan mereka selalu menjadi sumber masalah dikomunitasnya, oleh karena itu perlu ada pengetahuan untuk seluruh orang tua agar kita dapat menganalisa sejak dini perkembangan buah hati kita dan segera mengetahui jika ada sesuatu yang aneh dari kejiwaanya.
13771632081813586040
sumber foto : www.medicmagic.com
Amati Ciri-cirinya
Psikopat berasal dari kata psyche (jiwa) dan pathosi (penyakit). Secara harfiah, psikopat berarti sakit jiwa. Namun, psikopat tak sama dengan kegilaan (skizofrenia/psikosis), sebab seorang psikopat umunya disebut “Sosiopat”, karena prilakunya yang antisosial yang merugikan orang-orang terdekat tanpa empati sedikitpun, meski mereka menyadari seluruh perbuatannya.
Menurut penelitian, sekitar 1% dari total populasi dunia mengidap psikopati, alias gejala menjadi psikopat.
>> Berikut ciri-ciri psikopati pada anak:
Jenius menciptakan kebohongan yang sempurna
Sering berbohong. Jika ketahuan, ia tak peduli dan akan menutupinya dengan mengarang kebohongan lainnya, bahkan mengolahnya seakan-akan itu fakta.
Memiliki kemampuan menguasai emosi orang lain bahkan memanipulasinya.
Pandai melucu dan pintar bicara,  Pandai mengarang cerita yang membuatnya terkesan positif.
Lemah dalam mengontrol emosi dan mampu menyimpan dendam dalam waktu yang lama, menunggu ada kesempatan untuk membalas.
Impulsif dan sulit mengendalikan diri; emosi tinggi, tantrum, dan agresif. Mudah terpicu amarahnya oleh hal-hal kecil, mudah bereaksi terhadap kekecewaan, kegagalan, kritik, dan mudah menyerang orang hanya karena hal sepele, anehnya energinya seolah tak pernah habis hingga musuh benar-benar dipastikan hancur.
Cerdas, serta pandai memanipulasi ekspresi .
Persuasif dan memesona di permukaan, Tidak memiliki respons fisiologis yang normal; seperti rasa takut yang ditandai tangan berkeringat, jantung berdebar, mulut kering, tegang, gemetar bila melakukan kesalahan atau disaat sedih dan gembira, ekspresinya tidak terlalu kelihatan, Memiliki IQ datas rata-rata.
Tidak memiliki empati (respon) atas rasa sakit atau kedukaan orang lain.
Tidak punya rasa sesal dan rasa bersalah, sering menyangkal akibat tindakannya dan tidak memiliki alasan untuk peduli. Butuh stimulasi dan gampang bosan, Kurang empati terhadap perasaan keluarga dan teman sepermainan.
Memiliki egoisme tinggi
Egosentris dan menganggap dirinya hebat, Agresif, menantang nyali dan perkelahian, tidur larut malam, dan sering ke luar rumah. tidak mau bertanggungjawab, dan melakukan berbagai hal demi kesenangan belaka.
13771632751679512376
sumber foto : www.parent24.com
>> Faktor Penyebab
Faktor lingkungan fisik dan sosial yang berisiko mengembangkan seorang psikopat adalah perlakuan kasar dan keras dimasa kecilnya, penelantaran, perceraian orangtua, kesibukan orangtua, faktor pemberian nutrisi tertentu, serta kehidupan keluarga yang tidak mematuhi etika hukum, agama dan sosial.
Sedangkan lingkungan biologis menyangkut pola makan. Ternyata banyak faktor risiko juga terjadi pada penderita alergi dan intoleransi makanan. Belakangan terungkap, bahwa alergi menimbulkan komplikasi yang cukup berbahaya, karena alergi dapat mengganggu semua organ atau sistem tubuh anak, termasuk gangguan fungsi otak.
Akibat gangguan fungsi otak itulah, muncul gangguan pada perkembangan dan perilaku anak, seperti gangguan konsentrasi, gangguan emosi, gangguan tidur, impulsivitas, hingga memperberat gejala autisme dan ADHD (Attention Deficit and Hyperactivity Disorder).
Faktor penyebab pastinya hingga saat ini masih belum dapat diungkap jelas. Maka, tindak pencegahan optimal yang dapat dilakukan adalah sebatas mengenali faktor risiko sejak dini.
>> Metode analisa
Pengamatan terhadap anak-anak dalam rentang usia 6–13 tahun bisa mulai dilakukan. Beberapa penyimpangan perilaku pada mereka, harus diketahui dan dikenali orangtua.
Sejumlah penelitian lain menyebutkan, faktor lingkungan juga sangat berpengaruh. Lingkungan tersebut bisa berupa fisik, biologis, dan sosial.
13771644571763629973
sumber foto : www.youtube.com
Anak-anak ditempatkan dalam pencitraan resonansi magnetik (fMRI) Mesin fungsional yang menggambarkan area mana dari otak yang aktif dalam menanggapi rangsangan.
Sebagian kelompok, anak-anak dengan masalah perilaku yang serius cenderung menunjukkan aktivasi menurun pada area otak - terutama korteks cingulate anterior dan insula - yang sangat penting untuk empati untuk nyeri.
Dengan empati yang lebih rendah, mereka kurang reaktif terhadap rasa sakit orang lain. Ini bisa menjadi akar dari apa yang peneliti sebut “sifat tak berperasaan”.
Tidak ada anak yang harus diberi label psikopat, karena otak mereka dan pengalaman hidup masih berkembang dan, terutama jika diberikan intervensi, mereka mungkin tidak akan pernah berakhir psikopat, tapi ciri tidak berperasaan adalah masalah yang nyata.
>> Solusi
Perlunya tindakan terapi sistematis bagi anak yang terindikasi memiliki gejala psikopatik seperti :
1. Bimbingan mental spiritual (keagamaan) secara mendalam
2. Pembentukan karakter dan empati
3. Senantiasa di arahkan pada kegiatan-kegiatan sosial yang membiasakan mereka untuk senang dalam membantu sesama.
4. terapi terjitu tetap saja pada upaya kita membina keluarga yang harmonis dan penuh kasih sayang.
  • 1377163845337619785
    sumber foto : www.ocamagazine.com
Sebaliknya, anak yang dibesarkan penuh kekerasan  atau anak yang ditolak orangtuanya dan diperlakukan kejam oleh lingkungan, maka akan menciptakan seorang ” manusia monster ” dikemudian hari.
Jadi, waspadalah.
Data : dari berbagai sumber…

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...