GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Pentolan OPM Puncak Jaya Tewas dalam Kontak Senjata dengan TNI [ Aksi bakutembak antara aparat TNI dengan kelompok Organisasi Papua Merdeka (OPM) ]

Written By Situs Baginda Ery (New) on Kamis, 07 November 2013 | 13.11

1383768853328644267
Ilustrasi Admin/Shutterstock

by: http://regional.kompasiana.com/2013/11/06/pentolan-opm-puncak-jaya-tewas-dalam-kontak-senjata-dengan-tni-608353.html
Aksi bakutembak antara aparat TNI dengan kelompok Organisasi Papua Merdeka (OPM) Senin (4/11/2013) terjadi di depan Kantor Distrik Kota Lama, Mulia, ibukota Kabupaten Puncak Jaya, Papua. Satu pentolan dilaporkan tewas dalam peristiwa ini.
Aksi bakutembak itu berawal dari adanya informasi bahwa ada kelompok masuk kota. Kelompok itu berpapasan dengan satu regu TNI dari Yonif 753 Nabire yang sedang melakukan patroli rutin di Kota Mulia. Sesaat kemudian salah satu kelompok OPM menembak patroli TNI, namun tembakan itu tidak mengenai sasaran. Anggota TNI pun segera melakukan pengejaran dan menembak ke arah kelompokk OPM. Tembakan itu mengenai salah satu anggota OPM.
Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Christian Zebua membenarkan insiden bakutembak itu.
“Bakutembaki antara TNI dengan KSB (kelompok sipil bersenjata) di Mulia selain menyebabkan satu anggota KSB tewas juga berhasil mendapat satu pucuk senjata jenis FN,” kata Pangdam Cenderawasih Mayjen TNI Christian Zebua sebagaimana dikutip Antaranews.
Media online lokal Tabloidjubi.com melaporkan, korban tewas dalam peristiwa itu bernama Kiwo Talenggen.
“Pelaku yang meninggal dunia bernama Kiwo Telenggen, anggota TPN/OPM. Pelaku menembak dengan menggunakan pistol FN 46, dan ternyata pistol itu dulu milik TNI atas nama Kapten Logo,” kata Kabid Humas Polda Papua, AKBP Sulistyo Pudjo Hartono saat dikonfirmasi tabloidjubi.om.
Tiga Petinggi TPN OPM
Pudjo menuturkan, motif yang biasa terjadi di daerah pegunungan itu TPN/OPM berusaha memperkuat persenjataan. “Mereka berusaha perkuat persenjataan, cara merampas dengan menembak TNI atau Polri, ataupun yang lengah,” tegasnya.
Menurut Pudjo, di Puncak Jaya ada tiga petinggi antara lain, Tengahmati Enumbe, Puron Wenda dan Goliath Tabuni. Korban tewas di Mulia itu (Kiwo Telenggen) dari kelompok Yambi dibawah pimpinan Tengahmati Enumbe. “Kiwo Telenggen kelompok Yambi komandannya Tengahmati Enumbe yang merupakan anak buahnya GT,” katanya.
Sementara itu, Kapolres Puncak Jaya, AKBP Marselis Sarimin mengatakan situasi di Mulia saat ini seperti biasa, karena masyarakat sudah menganggap penembakan seperti itu sudah biasa terjadi.
“Kalau di atas itu begitu, selesai penembakan masyarakat seperti biasa. Masyarakat sudah terbiasa dengan situasi seperti itu,” kata Marselis.
Sumber : Antaranews,merdeka.com, tabloidjubi.co dan zonadamai.com

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...