GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Hah! Orang Jepang Tidak Setrika Baju

Written By Situs Baginda Ery (New) on Kamis, 05 Desember 2013 | 14.46

1386206166838758955


by: http://luar-negeri.kompasiana.com/2013/12/05/orang-jepang-tidak-setrika-baju-616633.html
Setelah menikah, seperti biasa tugas rutin seorang istri adalah belanja, masak, membersihkan rumah, cuci baju serta menyetrikanya.
Tapi saya sempet ditegur oleh suami saya, karena heran melihat saya yang menyetrika baju dalam dan baju rumahnya.
Bukan hanya suami saja yang kaget, yang kena tegurpun lebih terkaget kaget ketika dijelaskan bahwa di Jepang, baju yang disetrika itu hanyalah kemeja kerja dan sapu tangan.
Waii waii senangnya saya, jadi bisa mengurangi tugas rumah tangga hehe tapi buat baju sendiri saya tetep setrika ah, malu kan dilihat orang kalau bajunya lecek.
Lalu saya pun pindah ke Jepang. Setahun menimba ilmu di Pondok Mertua Indah. Saya digembleng tentang cara hidup di Jepang, dari cara memilah sampah, belanja makanan, masak masakan Jepang, dan pekerjaan sehari hari yang biasa dilakukan kaum ibu di Jepang.
Banyak sekali keunikan yang saya temui yang berhubungan dengan urusan rumah tangga, salah satunya yaitu masalah cucian baju.
Di Jepang, baju yang sudah dicuci di mesin, lalu di jemur diluar. Karena rumah di Jepang tidak mempunyai halaman luas yang bisa untuk menjemur, biasanya jemur pakaian dilakukan di balkon di lantai dua. Jemur di balkon juga dilakukan oleh orang yang tinggal di rumah susun/apartemen/mansion.
Uniknya adalah baju yang sudah kering dijemur itu, kemudian langsung dilipat dan dimasukkan ke lemari baju.
Ketika saya menanyakan kepada ibu mertua tentang setrika baju, beliau hanya tersenyum dan mengatakan “…yah kalau kamu ada waktu dan tenaga, ya silahkan saja di setrika bajunya.”
Ternyata disini bukanlah hal yang aneh kalau baju yang sudah dijemur itu tidak kita setrika dahulu sebelum taruh dilemari baju. Dan bukan hal yang memalukan juga memakai baju tidak di setrika dan pergi keluar rumah.
Sibuknya seorang ibu mengatur pekerjaan rumah tangga, membuat skala prioritas dalam pekerjaan rumah tangganya. Karena tidak ada pembantu rumah tangga disini, semua pekerjaan, siapa lagi kalau bukan ibu yang mengerjakannya.
Apalagi ibu yang masih punya anak balita wah tidak terbayang repotnya mengerjakan semua tugas rumah tangga, ditambah lagi harus menyetrika baju di rumah
Jadi bisalah dimengerti bahwa urusan setrika baju, mereka selalu melewatkannya. Dan ternyata saya jadi terbiasa mengikuti cara praktis ini, bahkan tugas rumah tangga menjadi lebih ringan.
Walau tidak disetrika tidak begitu lecek dan kusut, eh kok bisa ya??
Ternyata jemuran baju yang di pakai disini pun berbeda dengan yang saya pakai ketika masih tinggal di Indonesis.  Di sini jemuran berbentuk segi empat terbuat dari besi atau plastik.
13862063601407429953
Jemuran segi empat ini disetiap sisi ada jepitannya, jadi jemur bajunya nanti, pada ujung-ujung baju, dijepit dari sisi kiri dan sisi kanan. Cara jemur seperti ini ternyata tidak membuat baju begitu kusut. Lalu setelah kering, langsung dari jemuran itu dilepas jepitannya, langsung dilipat.
Biasanya habis dijemur di luar, kalau sudah kering, lalu gantung dalam rumah, jadi sambil nonton TV atau jaga anak pun bisa sambil melipat baju. Sambil menyelam minum air :D
1386206293272550
Untuk baju yang susah dan butuh perlakuan khusus, tidak perlu susah-susah karena dry cleaning sudah kaya warung rokok di Indonesia, maksudnya mudah ditemukan dan bertebaran dimana mana.
Jadi teman-teman kalau sedang main ke Jepang, jangan kaget ya kalau di jalan lihat orang bajunya lecek dan kusut :)
Salam Hangat, weedy
Foto:doc pribadi dan taken from
http://www.amazon.co.jp/gp/aw/d/B000A7GAUC/ref=redir_mdp_mobile

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...