GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Demokrasi itu ibarat Pizza ?

Written By Situs Baginda Ery (New) on Selasa, 27 Agustus 2013 | 13.32

by: http://politik.kompasiana.com/2013/07/20/demokrasi-atau-pizza-575053.html

Demokrasi atau Pizza?

Demokrasi itu ibarat Pizza. ini makanan asing yg harganya relatif mahal, meski demikian untuk perut orang indonesia ini hanya makanan “kecil” yg krg mengenyangkan. Salah2 kalo g cocok bisa diare yg makan.

Uniknya di Indonesia Demokrasi kita cenderung berkutat pada politik saja. Mulai dr Pemilu, Pilkada, Pilkades smp Pilkaret (pemilihan ketua RT). Namun krg berkembang dlm urusan ekonomi dan persaingan usaha.

Demokrasi kita berbiaya sgt mahal dan dirasa kurang efektif. bukan sekedar boros anggaran namun kerukunan masyarakat terganggu krn urusan pilih memilih ini. Tak terhitung jumlah korban yg berjatuhan. Jujur saja kondisi masyarakat kt tidak siap mengalami perubahan yg sgt drastis ini.
Demokrasi dijadikan ajang Kartel menitipkan benih u kepentingan korporasi kartel-kartel tsb. Karena kekuasaan dekat dgn korupsi dan kepentingan.
Hebatnya, Pemilu Legislatif kita mirip-mirip dgn pembukaan pendaftaran CPNS, semua berlomba2 daftar dan mencoba peruntungan. bahkan lbh gila karena sebagian besar bermodal nekad dan mirip anak-anak main lompat karet “tap jadi” kalo gagal ya sudah kalo menang ya bagus.
Bisa anda bayangkan DPR/D negara kita selama 5 tahun akan di isi oleh kartel, artis tanpa keahlian politik, pengusaha2, sisanya anggota lama yg sdh lumutan tak ganti-ganti. Produk hukum apa yg bs dihasilkan?
Atau Pilkada kt yg makin runyam. MK sibuk mengurus gugatan pilkada daripada mengurus JR UU yg kualitasnya kualitas karet. Anda bisa bayangkan kalau seorang Master Limbad mjd Bupati Tegal? Atau Arya Wiguna menjadi Bupati Kolaka? Alamak, apa yg terjadi pada daerah2 tsb? Atau bisa anda bayangkan negara kita diurus oleh seorang Farhat?
Kembali lagi ke Pizza, Roti Khas negeri menara Pisa, kalau memang kita lbh cocok makan pecel ayam ya makanlah dan buatlah negara kita mjd kuat dengan karakter bangsa ini.
Lihat negeri yg sdh ratusan tahun mengenyam demokrasi, USA yg mengaku menghargai HAM akan tetapi memata-matai seluruh warganya sendiri spt bocoran snowden baru-baru ini? Karena kebebasan yg tak beretika mengakibatkan kultur kita yg saling “tepo seliro” dan “tenggang rasa” mjd semakin terlihat primitif.
So, Solusinya apa?
Kita harus menghadirkan makanan khas negeri kita yg bermacam-macam ini. Sebuah sistem yg real dan tidak utopis. Mampu mengakomodir mayoritas penduduk kita. Demokrasi ala indonesia. Yg mengenal karakter bangsa kita dgn sgt baik.
Mungkin Pizza dgn bahan-bahan andalannya di racik mjd makanan lain dgn komposisi yg berbeda. Itu jika memang merubah pizza dirasa sulit. Jgn ikuti selera org luar, kita buat makanan yg mengenyangkan dan bagus dipandang, entah kt sebut Pizza atau Roti Canai. -fin

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...