GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Apa “Gaul” Menurut Islam? ( Banyak anak-anak muda zaman sekarang yang salah dalam penafsiran kata gaul )

Written By Situs Baginda Ery (New) on Sabtu, 31 Agustus 2013 | 23.18

by: http://bahauddinalfan.wordpress.com/2012/12/23/apa-gaul-menurut-islam/
Banyak anak-anak muda zaman sekarang yang salah dalam penafsiran kata gaul. Tetapi gaul yang saya maksudkan disini bukanlah gaul seperti di Kamus Bahasa Indonesia. Gaul menurut KBI adalah berteman. Sedangkan menurut anak muda, gaul adalah sesuatu yang good-looking, keren, cool, seksi dan lain-lain. Mereka bilang potongan-potongan rambut seperti mohawk, skin head, semir rambut, tindik dan lain-lain dianggap “gaul”. Mereka bilang anak-anak yang berpotongan tentara, celana dinaikkan, kacamata berukuran besar, dikaterogikan sebagai anak yang “culun”, “gak gaul”, bin “cupu”. Inilah penafsiran yang salah dimata anak-anak yang sholih-sholihah (termasuk penulis :D ). Karena apa?
Menurut anak gaul barang baik dianggap aneh, yang jelek dimuliakan. Contohnya nih, penulis pernah mengalaminya. Saat sahabat pondokku kuajak jalan-jalan ke suatu Mall, ia sedang memakai peci saat itu. Entah kenapa, banyak mata yang menyorot kami berdua. Mereka yang menyoroti kami pun berbisik-bisik membicarakan kami. Kami dianggap aneh oleh mereka.


Ini loh! Gaul ala Islam,.
:D
Apa yang salah dari kami? Toh, kami bukan pencuri, bukan orang nyasar, tapi kok dianggap aneh? Ini memang sesuai hadits Rasulullah bahwa anak muda zaman sekarang menganggap perkara yang baik, seperti akhlakul karimah, dianggap asing. Perkara yang “aneh”, seperti potongan rambut mohawk malah dianggap “gaul” mereka.

Maka dari itu, pakai saja prinsip “Gaul ala Islam”. Bagaimanakah? Yaitu dengan berusaha meneladani sikap-sikap yang positif dari sosok teristimewa se-jagat raya, Rasulullah. Menghormati yang tua, menyayangi yang muda, dan jutaan sikap positif lain dari Rasulullah. Kalau kita analogikan, jika kita ikut-ikutan anak muda yang gaul salah pengertian, otomatis kita akan kembali ke zaman jahiliyah, zaman kebodohan. Otomatis “anak muda yang gaul salah pengertian” pikirannya gak malah maju, tapi flashback ke alur sejarah yang penuh kebodohan. Sedangkan “Anak Gaul ala Islam” mengikuti alur majunya, yaitu keemasan Islam setelah adanya zaman kebodohan.

Katakan pada mereka bahwa “anak modern sejati” adalah anak yang gaul ala Islam. Yang mengikuti jalan yang lurus, jalan yang diridhoi Allah. Janganlah “gengsi” terhadap orang lain. Gengsi kalau nggak berangkat sekolah pakai mobil, gengsi kalau nggak punya HP, gengsi kalau nggak punya pacar. Udahlah, santai saja. Gak usah sok modern. Malah sikap-sikap gengsi itu yang nggak modern. Rasulullah pun tidak gengsi kalo nggak pakai baju mewah, beliau hanya berbajukan kain yang sederhana. Tapi, beliau tetap disanjung lho oleh kawan maupun lawan.

Be the “Gaul ala Islam” teenagers!

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...