GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Tentang Negara Kanada, Negara yang Paling Diinginkan untuk Ditinggali di Dunia ( Cerita dari Kanada )

Written By Situs Baginda Ery (New) on Senin, 16 Desember 2013 | 16.26

by: http://luar-negeri.kompasiana.com/2010/12/03/kanada-negara-yang-paling-diinginkan-untuk-ditinggali-di-dunia-cerita-dari-kanada-322474.html
Gambar-gambar dibawah ini diambil dari google gambar oleh: bagindaery.blogspot.com
Mengapa ada golongan negara maju, negara berkembang, dan negara terbelakang? Dan sekarang saya tau bedanya karena saya beruntung dapat merasakan nikmatnya tinggal di negara yang kata orang adalah negara maju, Kanada.
http://4.bp.blogspot.com/-yGZLFG7Sn_I/TXJVsvA1vxI/AAAAAAAAAOQ/H87cDrkMsQw/s1600/ottawa-night.jpg
Saat saya menulis tulisan ini, mungkin sedang heboh-hebohnya kasus mafia pajak dengan aktor utama Gayus Tambunan, yang diduga menyelewengkan pajak hingga miliaran rupiah, bahkan dicurigai sempat kabur dari penjara untuk menonton pertandingan tenis di Bali. Namun saya tak hendak mengomentari tentang kasus di Gayus, tetapi ingin berbagi cerita tentang pajak dan cara pengelolaannya di Kanada.

Kanada memiliki 10 provinsi dan 3 teritori. Setiap provinsi dan teritori memiliki hak untuk menentukan jumlah pajak untuk setiap pembelian barang. Di Kota Truro tempat saya tinggal, adalah bagian dari Provinsi Nova Scotia, dan seluruh tempat di Nova Scotia dikenakan pajak sebesar 15%. Artinya setiap pembelian barang, belum termasuk pajak sebesar 15%. Contohnya, harga termurah untuk 1 gelas kopi yang pernah saya beli disini adalah CD$1, dengan pajak 15% akan menjadi CD$1.15 (1 dollar Kanada sekitar Rp 9.000). Harga 1 botol air mineral dengan isi 500 ml adalah CD$1. Kemudian biaya paling murah yang pernah saya keluarkan untuk 1 kali makan siang adalah CD$ 7. Sekali lagi, semuanya belum termasuk pajak. Khusus untuk harga BBM, sudah termasuk pajak dan untuk 1 liter premium adalah CD$1.13. Bayangkan, harga 1 gelas kopi lebih mahal daripada harga 1 liter premium.
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/c/c1/Halifaxnighttime.jpg/1280px-Halifaxnighttime.jpg
Setelah melakukan semacam survei pribadi, saya membuat kesimpulan pribadi yang tentunya akan saya pertanggung jawabkan secara pribadi. Kesimpulannya adalah, harga barang yang mahal dipengaruhi oleh tingginya pajak yang dipungut dari setiap penjualan barang. Kemudian dipengaruhi juga oleh biaya transportasi (mahalnya harga BBM), sehingga biaya produksi menjadi lebih tinggi dan mengakibatkan harga jual yang juga lebih tinggi. Artinnya, seluruh harga barang disini bisa dipastikan berkali-kali lipat lebih mahal dibanding Indonesia.

Negara yang Paling Diinginkan Untuk Ditinggali

Walaupun pajak yang tinggi dan harga barang-barang kebutuhan yang mahal, namun Kanada adalah salah satu negara yang paling diinginkan untuk ditinggali, merujuk data dari salah satu lembaga Perserikatan Bangsa-Bangsa/PBB. Menurut Badan Program Pembangunan PBB (United Nation Development Index/UNDP), ada perhitungan yang disebut Index Pembangunan Manusia (Human Development Index/HDI). HDI adalah pengukuran perbandingan dari harapan hidup, tingkat buta huruf, pendidikan, dan standar hidup untuk seluruh negara di dunia. Dari perhitungan inilah didapat hasil, mengapa ada golongan negara maju dan negara berkembang.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgcB76DhEi2T06Ieif6XRFX3x0N9T-vYZ6ePweLcFdFWcM2H4XXpr4VxPEuoui7C_3-pkWQnJsg2kxD7SpqUcmhDCNsBQ7Nm3O5KuPhdSLI0Oao9PC55DN4W2d9WPcehh_bZyRwxTAYmB0/s1600/Canada.jpg
Perhitungan ini mengacu pada pencapaian rata-rata sebuah negara pada 3 komponen dasar pembangunan manusia. Pertama, hidup yang sehat dan panjang umur yang diukur dengan harapan hidup. Kedua, pengetahuan yang diukur dengan angka tingkat baca tulis pada orang dewasa. Ketiga, standar kehidupan yang dihitung dari tingkat produk domestik bruto per kapita dan dapat dilihat dari kemampuan daya beli.

Menurut data terbaru tahun 2010, Kanada adalah negara dengan HDI tertinggi  ke 8 di dunia dan menjadi salah satu Negara yang paling diinginkan untuk ditinggali. Itu menurut perthitungan dari PBB. Sedangkan menurut pengamatan langsung yang saya alami adalah :

1. Semua orang yang tercatat sebagai warga negara Kanada dan tinggal di Kanada, mendapat biaya pengobatan gratis.

2. Gratis biaya pendidikan hingga tingkat sekolah menengah atas/High School.

3. Sarana transportasi yang memadai. Ada jalan yang disebut Trans Canada (seperti jalan tol di Indonesia), bebas hambatan dan gratis untuk dilewati. Rutenya mencakup dari pantai timur hingga pantai barat Kanada dan melintasi seluruh kota besar di Kanada. Sehingga perhitungan untuk jarak tempuh kendaraan di Kanada jika melewati jalan ini adalah 100 km dapat ditempuh dalam waktu lebih kurang 1 jam.

4. Orang-orang yang telah berusia diatas 65 tahun dan yang telah pensiun bekerja, akan menjadi tanggungan negara. Mereka akan mendapat uang setiap bulan dari pemerintah hingga nantinya meninggal dunia. Jumlahnya memang tidak sebesar gaji saat bekerja, namun jumlahnya lebih dari cukup untuk membiayai kebutuhan hidup sehari-hari.

5. Keluarga yang tergolong berpendapatan rendah, dapat memperoleh barang kebutuhan pokok dengan gratis. Ada sebuah tempat yang disebut food bank. Tempat ini menerima bantuan dari keluarga mampu berupa makanan dan uang. Keluarga yang berpenghasilan rendah dan tidak dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari, dapat mengambil makanan dari sini.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiVmo7s9j0LvsASi3JR0mEDkbk7uMAh3LyZmsG87U9BzAnqo_Jr_GfEj4fftdHs5qfShkJ1UIPIdmTix36IjCRMrXq2xNA9kx5xyAgQwUCr2v3xn-BFlsOZPCsvQHGxNH5XbredAgvPKJk/s400/Hutan+Kanada.jpg
Dari 5 alasan yang saya dapatkan, mungkin kita semua sepakat dan setuju mengapa Kanada menjadi salah satu negara yang paling diinginkan untuk ditinggali. Dari semua kemudahan itu, sebagian besar diantaranya ditopang oleh pendapatan dari pajak. Jadi walaupun pajak disini adalah 15%, tetapi sebanding dengan fasilitas yang diberikan oleh negara. Alangkah bahagianya jika pajak dibayarkan dan dikelola dengan sangat cermat.

Di Indonesia sedang hebohnya kasus mafia pajak. Ada yang bilang, pajak yang kita bayar diselewengkan penggunaannya. Ada yang bilang, percuma bayar pajak tapi ternyata dikorupsi, dan pernyataan negatif lainnya. Ada atau pun tidaknya kasus penyelewangnya pajak di Indonesia, percayalah sedikit banyak, pajak yang kita bayarkan membantu bertambahnya pendapatan negara. Dan kita hanya bisa berharap, semoga mereka yang berwenang, mengelola pajak yang kita bayarkan dengan baik. Tulisan ini saya dedikasikan untuk para pegawai pajak, selamatkanlah pajak yang kami bayarkan dari penyelewangan. Semoga dari setiap rupiah yang anda selamatkan, dibalas oleh Tuhan Yang Maha Kuasa dan semoga Dia memudahkan setiap jalan hidup anda.

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...