GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

KAYA RAYA DENGAN ISLAM: KAJIAN SEDERHANA MENJADI KAYA RAYA SECARA ISLAM

Written By Situs Baginda Ery (New) on Kamis, 19 Desember 2013 | 18.31

by: http://edisuryono4567.blogspot.com/2013/08/kaya-raya-cara-islam.html

Andai ISLAM telah ada dihati, niscaya kekayaan itu mudah di raih
Tatkala ISLAM masih menjadi bayang dalam angan, semua hal akan menjadi kesulitan

ISLAM itu INDAH ketika rukunnya dijalankan, KAYA RAYA bukan hal yang haram,
karena ISLAM telah memberikan kemudahan cara untuk menggapainya :

1.       Mengucapkan kalimat SYAHADAT
Kalimat yang sangat syakral, mengakui ALLAH SWT  yang menurunkan AL QUR’AN sebagai TUHAN SEMESTA ALAM, PEMILIK HIDUP & MATI semua yang ada di alam, TEMPAT UNTUK BERLINDUNG, TEMPAT UNTUK  MEMINTA & TEMPAT UNTUK KEMBALI, sebuah pengakuan bahwa tidak ada yang lain ( syaitan, peramal, dukun, paranormal pun adalah makluk ciptaan ALLAH SWT, mereka bukan tempat untuk disembah dan di percaya).

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEggsi0f4UnOwZSHntFwtTZvo9vJ1jXopfuq8bdTOJTVFrDq0rUIuuat-R3wtb7oeIE1KjG8MZuomf-2TlOi-8cy4yHp9la3qfOnDNk4B9DGA8GeuX9daI4dJmAbnYUapnE0wFHsVYhgXcE/s400/24hartakarun.jpg
Dan mengakui bahwa MUHAMMAD SAW  yang meninggalkan HADISTS adalah rosul utusan ALLAH SWT, dimana rosullULLAH adalah penunjuk jalan kepada kebaikan, kebaikan dalam menjalani hidup dan kebaikan untuk meraih keselamatan di akhirat. RosullULLAHpun memberikan contoh perbuatan-perbuatan baik/benar “Shiddiq : Benar, berucap-bertingkah laku benar sesuai dengan Al Qur’an bukan karena nafsu semata”,” AMANAH : DAPAT DIPERCAYA  ucapan dan  janjinya benar dan dapat dipercaya, tidak terselip dusta apalagi janji/sumpah palsu yang terselip keingkaran”,  TABLIGH : MENYAMPAIKAN , menyampaikan kebenaran, yang buruk di benar di bilang benar dan yang salah dibilah salah, tidak mencampur adukan diantara keduanya”. “ FATHANAH : BIJAK, berlaku bijak dalam kehidupan, melakukan hal-hal yang haq dan bernasehat hal-hal yang benar”.

Kaidah Sederhana : Dengan bersyahadat sudah barang tentu kita meletakkan hati, jiwa raga ini hanya kepada Allah SWT, beramaliah dan beribadah hanya karena ALLAH SWT dengan tuntunan yang telah diberikan oleh Muhammad SAW. Demikian senantiasa kehidupan ini akan bergulir dengan ketentraman walaupun suka duka silih berganti sebagai ujian.

2.       Menjalankan SHALAT 5 WAKTU
Manusia dibekali ILMU dan NAFSU, demikian manusia sering lupa siapa jati dirinya, dengan mendirikan SHALAT yang telah di perintahkan melalui Muhammad SAW dengan ISRA MI’RAJ.  SHALAT 5 WAKTU adalah ibadah wajib, tidak boleh ditinggalkan, dimana ALLAH SWT akan menilai ibadah-ibadah lanjutan setelah SHALAT adalah ibadah yang saling kait mengkait dimana bagian-bagian ibadah itu yang akan membedakan siapa yang bertauhid, siapa yang ingkar dan siapa pula yang hanya munafiq. Bagi siapapun diantar ketiga golongan tersebut ALLAH SWT telah menyerukan apa PAHALA dan APA BALASAN SIKSA yang akan di berikan baik didunia ataupun kelak di akhirat.
SHALAT pula adalah bagian ibadah untuk menyampaikan DO’A meminta segala keinginan, permohonan dan harapan kepada ALLAH SWT, DO’A setelah SHALAT adalah DO’A yang di ijabah ALLAH SWT yang memiliki semua isi alam semesta ini. Sudah tentu ALLAH SWT akan mengabulkan DO’A yang Iklas, Khusu dan Baik untuk semua umatnya, soal waktu dan bentuknya ALLAH SWT Maha Tahu Yang Terbaik.

Kaidah Sederhana : SHALAT adalah ibadah untuk berpasrah bahwa kehidupan kita hanyalah milik ALLAH SWT,  mengingat bahwa TUHAN penguasa alam semesta dan akheratpun hanya ALLAH SWT dan tempat kita berdo’a meminta segala permohonan untuk semua hal kebaikan dan keselamatan hidup, yang InsyaALLAH akan dikabulkan karena ALLAH MAHA PENGASIH & PENYAYANG kepada hambanya yang bertawakal.




3.       BerZAKAT
BERZAKAT adalah memberikan REZKI yang berupa penghasilan pertanian, peternakan, pekerjaan, barang berharga dan hasil usaha lain-nya kepada fakir, miskin, pengurus zakat, memerdekakan budak, muallaf, orang yang tidak mampu membayar hutang, untuk berjihad dan musafir yang kehabisan bekal. Bagian ujian hidup adalah harta, dimana sebagian umat diberi kelebihan dan sebagian lainnya diberi sedikit. ALLAH SWT telah menentukan kepada umat yang hitungan REZKI/HARTAnya masuk nisab, barang siapa yang menunaikan dengan keiklasan tentu ALLAH SWT akan memberikan pahala, sebaik-baik pahala adalah pahala dari ALLAH SWT yang berlipat ganda dan ijabah ALLAH SWT terhadap do’a-do’a yang di sampaikan oleh para penerima zakat tersebut .
Siapapun yang mengira bahwa harta itu adalah segalanya akan sangat merugi, harta yang banyak tidak akan menyelamatkan kehidupan, karena semua manusia akan mati tanpa sedikitpun dapat membawa hartanya.

Kaidah Sederhana, menunaikan zakat harta pada hitungan yang telah nisab adalah kewajiban ibadah yang akan dibalas dengan pahala yang berlipat ganda oleh ALLAH SWT, zakat yang dinikmati oleh  para penerimanya tentu akan diiringi do’a-do’a mereka, do’a agar pemberi zakat di berkahi kesehatan, berlimpah rezki, berumur panjang dan selamat didunia & akhirat InsyaALLAH akan di ijabah. Dengan do’a-do’a tersebut InsyaALLAH pemberi zakat akan lebih tentram dan lebih kaya karena limpahan berkah dari ALLAH SWT.

4.       Menjalankan PUASA dibulan RAMADHAN
Puasa dibulan RAMADHAN adalah perintah langsung dari ALLAH SWT, dimana pahalanyapun hanya ALLAH SWT yang akan memberikan, puasa yang diniati untuk ibadah kepada ALLAH SWT dengan iklas dan sepenuh hati akan memberikan kenikmatan dan limpahan pahala. Ibadah puasa yang semata-mata hanya ikut-ikutan karena rasa takut/malu kepada orangtua, teman, tetangga atau barangkali hanya untuk ri’a bahwa hanya akan mendapatkan rasa lapar dan dahaga, apalagi sengaja meninggalkan puasa di bulan ramadhan adalah perbuatan dosa.

Kaidah Sederhana : Puasa dibulan RAMADHAN hukumannya wajib, demikian ALLAH SWT telah menjanjikan pahala yang berlipat kepada umat yang beriman (ISLAM) yang menjalankannya. ALLAH SWT MAHA TAHU apa yang tersirat dihati manusia. Melakukan dengan keiklasan dan sepenuh hati karena niat beribadah kepada ALLAH SWT akan di ijabah pahala yang sempurna, sehingga diperoleh kenikmatan hidup dan keselamatan diakhirat.

5.       Menunaikan ibadah HAJI
Panggilan ALLAH hanya 3 kali, yaitu : 1.Panggilan Untuk SHALAT 2. Panggilan Untuk Berhaji 3. Panggilan Kematian.

Panggilan kedua adalah panggilan berhaji, APABILA ENGKAU SUDAH MAMPU TUNAIKANLAH HAJI (kalau belum mampu hendaklah menyembelih hewan Qurban).
BerHAJI dengan niat beribadah kepada ALLAH SWT dengan sepenuh hati adalah sebaik-baik tamu yang di jamin ALLAH SWT akan dijamu dengan seluruh kebaikan dan pahala. ALLAH MAHA KAYA, tiada butuh sesuatu apapun dari manusia dan ALLAH PULA YANG MAHA PENGASIH & MAHA PENYAYANG. Arti dijamu ini sering diartikan secara dangkal, arti secara dalam adalah ALLAH SWT akan menjamu sampai akhir umur manusia ketika mereka menunaikan ibadah haji dengan Mabrur ( menunaikan semua rukun haji dan meningkatkan ibadah sepulang haji), ITU JAMINAN ALLAH SWT.

RUKUN KELIMA ini tidak hanya untuk hamba yang bisa menunaikan haji, bagi hamba yang belum mampu  berhaji tetapi menyembelih hewan qur’ban pada hari raya Idhul Adha tentu akan dilimpahkan pahala yang berlipat ganda pula oleh ALLAH SWT. Daging qur’ban yang memberi kebaikan dan kebahagian bagi penerimanya akan jadi do’a yang indah, banyak perut yang menikmati tentu banyak hati yang mendo’akan. InsyaALLAH di ijabah oleh ALLAH TA’ALA.

Kaidah Sederhana : Berhaji memerlukan biaya yang besar, ALLAH SWT MAHA KAYA, siapa yang menunaikan dengan niat ibadah yang tulus akan menjadi tamu istimewa dan dijamu langsung oleh ALLAH SWT. ALLAH SWT tidak perlu harta dari manusia, suatu saat ALLAH SWT akan membalas  dengan berlipat-lipat pahala bahkan melimpahkan banyak harta kepada hambanya yang berhaji Mabrur.
Bagi hambanya yang menyembelih hewan qur’ban, tentu ALLAH SWT akan melimpahkan pahala kebaikan dengan kemakmuran maupun keselamatan hidup didunia & akhirat atas ibadahnya berbagi rezki terhadap sesame hamba.


Demikian kaidah sederhana KAYA MENURUT ISLAM, berSYAHADAT kemudian SHALAT membayar ZAKAT melakukan PUASA RAMADHAN berangkat HAJI adalah satu kesatuan, ALLAH SWT tidak pernah memberatkan hamba-hambanya, mana yang bisa di jalankan itulah bagian TAKDIR yang telah di siratkan.

Berupaya secara maksimal adalah bagian dari tawakal untuk mendapat kehidupan dunia dan akhirat yang sempurna.

Ada hak ALLAH SWT ada pula hak manusia, ketika berniat diantara kelimanya hanya untuk ALLAH SWT dengan kebulatan hati, itulah hak ALLAH SWT yang telah kita tunaikan, INSYAALLAH hak kita akan ditunaikan ALLAH SWT jauh lebih baik dari harapan dan do’a kita, ALLAH SWT pula akan memberikan yang terbaik  dari seluruh penjuru mata angin untuk kita yang bertauhid.

CARA MELAKUKAN IBADAH YANG BENAR :
1.       Niatkan untuk ibadah kepada ALLAH SWT, lakukan dengan iklas jangan ada sedikitpun rasa berat dan rasa takut, apalagi rasa kehilangan apabila beribadah dengan harta.
2.       Lakukan Ijab Qabul untuk menyerahkan ZAKAT, INFAQ & SADAQAH ( apabila melalui panitia) agar diberikan untuk yang berhak secara benar.

CARA UNTUK DAPAT MELAKUKAN IBADAH YANG SEKIRANYA MENURUT KITA TIDAK MAMPU
( ZAKAT/HAJI/Menyembelih hewan QUR’BAN) :

1.       ZAKAT/QUR’BAN : Niatkan untuk ibadah kepada ALLAH SWT Sisihkan setiap mendapat rezki sebesar apapun yang bisa disisihkan
Barangkali tahun ini belum banyak yang bisa di tabung, InsyaALLAH tahun depannya terkumpul menjadi banyak.
Dari rezki yang sudah ditabung InsyaALLAH menjadi rezki yang berkah dan terus bertambah. Apalagi ketika rezki tersebut sudah bisa disalurkan untuk ZAKAT atau digunakan membeli hewan qur’ban.  ALLAH SWT tidak melihat jumlahnya, tapi ALLAH SWT mencatat niatnya.

2.       BerHAJI : Niatkan untuk ibadah kepada ALLAH SWT, buka buku tabungan untuk berhaji, uang yang ditabung untuk ibadah Haji InsyaALLAH berkah dan bertambah sampai akhirnya tercukupi. Apabila sudah memiliki harta (rumah, kendaraan & harta lainnya) yang jumlahnya sudah lebih dari biaya berangkat haji sangat disarankan untuk mulai menabung keperluan haji.

Saudaraku semua, itulah kajian sederhana yang selama ini menjadi perjalanan hidup saya, barangkali banyak kekurangan dan tulisan yang tidak sempurna, mohon maaf karenanya.

Wassallam
H.Edi Suryono 28 Agustus 2013.

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...