GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Menjelajah Taipei ( Hal yang Menarik dari Taipei Ibukota Taiwan )

Written By Situs Baginda Ery (New) on Senin, 16 Desember 2013 | 16.35

by: http://www.ntnu.edu.tw/oia/multi/indonesian/exploringtaipei.html
Taipei adalah ibukota Taiwan yang terletak di Taiwan bagian utara yang merupakan pusat pemerintahan dan ekonomi sejak dahulu. Taipei adalah satu kota metropolitan yang bersifat internasional dengan populasi sekitar 2,6 juta penduduk, dimana terdapat gedung tertinggi di dunia Taipei 101 Tower berdiri di bagian timur kota ini. Taipei memiliki sistem transportasi MRT yang nyaman dan aman, kehidupan malam yang ramai, hidangan kuliner dari berbagai belahan dunia, pusat perbelanjaan terpadat diantara kota-kota besar di Asia, dan pertunjukan seni kelas dunia. Selain dari pada sisi kebudayaan modern, Taipei juga kaya akan kebudayaan tradisional, seperti National Palace Museum yang terkenal akan benda peninggalan dari dinasti-dinasti sebelumnya. Di dalam kota juga masih terdapat tempat-tempat bersejarah, jalanan kuno dan kuil-kuil kuno. Selain itu juga terdapat Taman Nasional Yang Ming Shan di pinggiran kota Taipei yang bersih dan indah, yang dijadikan sebagai objek wisata alam yang dibanggakan oleh masyarakat Taipei.
  • Iklim
  • Taipei seperti sebuah mangkok yang dikelilingi pegunungan, beriklim tropis, dengan tingkat kelembaban yang tinggi. Bulan Mei hingga September adalah musim panas, cuaca sangat panas. Musim dingin sangatlah singkat tetapi sangat dingin, biasanya diantara bulan Desember pertengahan hingga bulan Februari. Iklim Taipei susah diramalkan, ada kemungkinan suhu pada pagi hari 25℃, tetapi pada malam harinya turun hingga menjadi 15℃(59F).
  • Biaya hidup

  • Apabila biaya sekolah tidak diperhitungkan, biaya hidup di Taiwan per bulannya sekitar US$ 600-800(termasuk biaya makan, akomodasi, buku dan hiburan lainnya). Pada umumnya, biaya makan adalah sekitar NT$ 6,000~8,000(US$ 200-270) per bulan, sewa rumah(satu kamar)sekitar NT$ 6.000~10.000(US$ 190-325)per bulannya. Apabila dibandingkan dengan biaya hidup kota besar lainnya di dunia, biaya hidup di Taipei termasuk sangat lazim.
  • Valuta asing
  • Pada umumnya masyarakat Taiwan menggunakan uang tunai sebagai media transaksi. Mata uang Taiwan adalah NT$ (New Taiwan Dollar), penggunaan US$ untuk digantikan ke NT$ sangat mudah. Kartu kredit Visa dan Master Card juga sangat luas penggunaannya di Taiwan sebagai pengganti uang tunai, ada sebagian kecil mesin ATM yang mau menerima kartu kredit dan debit terbitan luar negeri. Apabila anda adalah pengguna metode ini, pastikan kredibilitas anda mencukupi. Nilai tukar NT$ ke US$ sekarang (2012) adalah sekitar 1:29. NT$ sebaiknya dibeli di Taiwan.
  • Pekerjaan
  • Jika dalam periode kuliah, mahasiswa asing ingin bekerja paruh waktu di Taiwan, maka majikan yang ingin mempekerjakan warg asing harus memohon surat izin bekerja yang sesuai dengan peraturan “hukum perekrutan no 43, 50, 68, 73. Setelah mendapat surat izin, mahasiswa baru boleh bekerja paruh waktu. Bagi yang melanggar hukum perekrutan no.43, yakni bekerja tanpa izin kerja, selain akan didenda NT30.000~150.000 seperti yang telah tertera dalam hukum no 68 ayat 1, juga akan dideportasi sesuai dengan hukum operasional pengendalian imigran asing no. 5.Setelah dideportasi, pelaku tidak boleh datang ke Taiwan dalam 5 tahun.
    1. Masa berlaku izin kerja maksimal 6 bulan. (Jika surat izin dimohon pada semester awal, maka surat izin kerja berlaku hingga 31 Maret tahun berikutnya, jika dimohon pada semester kedua, maka surat izin bekerja berlaku hingga 30 September tahun tersebut.)
    2. Selain liburan musim panas dan dingin, masa bekerja setiap minggu maksimal 16 jam.
    3. Jika melanggar peraturan yang disebutkan diatas, maka dapat membatalkan surat izin bekerja tersebut.
    4. Jika permohonan izin kerja tidak sesuai dengan yang peraturan yang telah ditentukan, maka orang yang mempekerjakan siswa tersebut, dapat didenda NT 30.000~150.000 sesuai dengan hukum perekrutan yang berlaku.
    5. Jika dalam periode masa izin kerja berlaku, siswa tersebut cuti kuliah, atau berhenti kuliah, maka surat izin tersebut harus dikembalikan ke Divisi Urusan Pelajar Internasional Bagian Kesiswaaan.
    Informasi lebih lanjut, silakan menghubungi Kantor Urusan Pelajar Divisi Internasional :Kantor Urusan Pelajar Divisi Pelajar Internasional
    Website:http://www.ntnu.edu.tw/oia/
    Tel :(02)7734-1275

    Informasi tentang peraturan seputar bekerja di Taiwan, anda bisa menghubungi “Departemen Tenaga Kerja Biro Perekrutan dan Pelatihan Kerja” Departemen Tenaga Kerja Taiwan
    Website:http://www.evta.gov.tw/
    Tel :(02)8590-2567

    Kantor ketenagakerjaan
    Website:http://www.bola.taipei.gov.tw/
    Tel :(02)27208889 atau 1999

  • Asuransi
  • Sesuai dengan peraturan “Prosedur Mahasiswa Asing Datang Belajar Di Taiwan”, maka saat registrasi harus melampirkan telah mendaftar Asuransi Kesehatan dan Kecelakan dari Luar Negeri dengan masa berlaku minimum 4 bulan atau pihak sekolah akan mewakili mahasiswa untuk mendaftar asuransi selama 4 bulan di Taiwan. Jika telah mengikuti program Asuransi Kesehatan Nasional, maka harus melampirkan dokumen identitas Asuransi. Jika bukti Asuransi dikeluarkan oleh pihak luar Negeri, maka harus dilegalisir oleh Perwakilan Kantor ROC di luar negeri terlebih dahulu.
    Untuk keterangan lebih lanjut silahkan menghubungi:

    0 komentar:

    Posting Komentar

    1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

    Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
    Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

    ( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

    Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

    Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
    Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

    Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
    Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

    BACA JUGA

    DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

    Ikuti situs Bagindaery

    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...